Jual Cabe Besar HORISON Benih Hibrida Cap Kapal Terbang


cabe besar horison, cabai besar, jual benih hibrida, budidaya cabe, toko pertanian, lmga agro
Cabe Besar Horison cap Kapal Terbang

Jual Cabe Besar HORISON Benih Hibrida Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabe besar hibrida cap Kapal Terbang. Benih cabe besar HORISON kemasan 10 gram.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian seperti benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Benih cabe besar Horison produk  PT Bisi International, Tbk. Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier produk kebutuhan pertanian petani, dropship, reseller dan toko pertanian lainnya. Kami didukung pabrik pertanian besar yang memproduksi benih hibrida, pestisida dan alat-alat pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia, barang dijamin sampai tujuan dan aman. Bekerjasama dengan jasa pengiriman barang terpercaya JNE, Pos Indonesia, KI8 dan masih banyak lagi.

Cabe besar Horison dapat ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Perawatannya mudah dan dapat dipanen umur 75 – 78 HST. Cabe besar Horison warna buah merah cocok sekali dimanfaatkan untuk membuat bumbu masakan pedas. Warna merah cabe besar Horison dapat menjadi pewarna merah alami.

Cabe besar Horison kandungan gizi lengkap sehingga mempunyai sederetan manfaat besar pula. Cabe besar Horison merupakan salah satu komoditas sayur penting bagi masyarakat Indonesia.

Keberadaan cabe besar selalu dicari di pasar tradisonal atau supermarket. Karena itulah peluang usaha budidaya cabe besar Horison sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Karakteristik Cabe Besar Horison

Benih cabe besar Horison produk PT Bisi International, direkomendasikan untuk dataran rendah sampai tinggi. Perawatannya mudah, memiliki pertumbuhan sangat kokoh dan toleran penyakit layu.

Tanaman mempunyai banyak percabangan dan banyak bunga cepat menjadi buah. Cabr besar Horison toleran terhadap kekurangan Calsium.

Tanaman cabe besar Horison mudah terbentuk buahnya meskipun cuaca kurang baik. Cabe besar Horison memiliki panjang ± 16 cm dan diameter ± 1.5 cm. Kulit cabe besar Horison hijau saat muda dan berwarna merah, mengkilap saat sudah matang.

Cabe bertekstur cukup lentur sehingga tidak mudah rusak saat pengepakan dan pengangkutan jarak jauh. Umur panen 75 – 78 hari setelah pindah tanam dan memiliki potensi hasil ± 33 ton/ha.

Benih cabe besar Horison cap Kapal terbang kemasan 10 gram, kebutuhan benih per luasan 1 hektar sebanyak ± 125 gram. Jarak tanam sebaiknya adalah 60 x 60 cm.

Cabe besar Horison memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral. Yaitu antara lain :

  • Vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan dan baik untuk menguatkan imun tubuh.
  • Vitamin B6 berperan penting dalam metabolisme tubuh.
  • Vitamin K6 mempengaruhi pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal.
  • Pottasium membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Copper adalah elemen sisa antioksidan dan bermanfaat untuk kesehatan neuron dan tulang yang kuat.
  • Beta-karoten dalam cabe merah begitu masuk tubuh akan diubah menjadi vitamin A.
  • Mengandung carotenoids antioksidan dan baik untuk kesehatan tubuh.
  • Capsanthin yaitu sejenis carotenoid paling utama pada cabe merah. Zat ini bahkan ditemukan lebih dari 50% total carotenoids yang bermanfaat untuk melawan kanker.
  • Saat muda, cabe hijau mengandung banyak lutein yang baik untuk kesehatan mata.
  • Capsaicin, zat pemberi rasa pedas dan khas ada di semua jenis cabai. Efeknya bagi tubuh juga berrmacam-macam.
  • Synaptic acid adalah antioksidan sebagai anti kanker.
  • Ferulic acic adalah antioksidan untuk mencegah penyakit kronis.

Manfaat Cabe Besar Horison Untuk Kesehatan

cabe besar horison, cabai besar, jual benih hibrida, budidaya cabe, manfaat cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Cabe Besar

Penghilang Rasa Sakit

Cabe besar Horison akan merangsang pelepasan endorfin dan berperan sebagai penghilang rasa sakit. Endorfin menyebabkan ketergantungan. Rasa sakit yang mampu reda oleh cabe  antara lain herpes zoster, bursitis, neuropati diabetes, rematik dn kejang otot bahu. Sensasi rasa panas mampu membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Penurun Berat Badan

Capsaicin mampu mengurangi asupan kalori. Cabai mampu meningkatkan pembakaran lemak.

Detoksifikasi

Konsumsi cabe dapat membantu detoksifikasi gastrointestinal dlam pencernaan makanan. Serta membantu membuang zat-zat tidak terpakai oleh tubuh. Konsumsi cabe mampu meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh.

Kesehatan kardiovaskular

Konsumsi cabai bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Bila kita rutin mengkonsumsi cabai, level kolesterol dan trigliseridanya akan rendah. Dibandingkan seseorang yang tidak sama sekali makan cabai.

Mencegah Bisul Pada Lambung

Cabe terbukti dapat membantu membunuh bakteri dalam tubuh Anda. Cabai bemanfaat menstimulasi sel-sel yang melapisi lambung untuk mengeluarkan zat pelindung bagi lambung.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B6, asam folat, potassium dan beta karoten bermanfaat mencegah serangan jantung. Vitamin B dapat menurunkan level homocysteine. Bila level homocysteine tinggi dapat merusak pembuluh darah. Serta dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mencegah Risiko Kanker Usus Besar

Adanya kandungan vitamin C dalam cabe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Likopene, beta karotene dan asam folat mampu mengurangi risiko kanker usus besar. Asam folat baik untuk metabolisme tubuh kita.

Melancarkan Pernapasan

Vitamin A berkhasiat mengurangi radang paru-paru akibat asap rokok. Manfaat cabe membantu melebarkan salauran napas di paru-paru. Asap rokok mengandung benzopyrene yang bisa menghancurkan vitamin A dalam tubuh.

Baca Juga : Hasil Tinggi Cabai Keriting Laju F1

Cabe Besar Horison F1 Cap Kapal Terbang

Cabe atau disebut cabai memiliki nama latin Capsicum annum L. Masuk dalam golongan tanaman terung-terungan yaitu Solanaceae. Jenis dan tanaman cabe sangat banyak. Namun oleh petani, hanya beberapa jenis saja yang dibudidayakan secara meluas.

Di Indonesia, dikenal 3 macam cabe dan paling banyak diusahakan oleh petani. Di masyarakat juga dikenal beberapa jenis cabe hias dan tidak untuk dikonsumsi.

Cabe besar Horison merupakan komoditas pertanian penting di Indonesia. Secara umum, ada 3 golongan cabe besar yaitu cabe merah besar, cabe merah keriting dan cabe hijau.

Cabe merah besar berbentuk lonjong panjang dan ujungnya lancip. Kulitnya mulus dan agak tebal serta seperti dilapisi lilin.

Cabe merah keriting berbentuk panjang dan diameternya kecil. Ujungnya lancip cenderung runcing. Kulit buah tidak mulus, namun bergelombang dan keriting. Kulitnya relatif tipis.

Cabe hijau sebenarnya adalah cabe merah besar dan cabe merah keriting yang dipanen saat muda. Saat masih muda kulit berwarna hijau. Tujuan dipanen masih hijau kerena untuk mendapatkan hasil lebih cepat. Atau bisa karena lokasi tersebut sulit untuk dipanen matang/merah.

Daerah-daerah memiliki curah hujan dan kelembaban tinggi cukup sulit panen cabe kondisi  terbaik. Rasa buah cabe hijau tidak sepedas cabe merah, juga harganya pun lebih murah.

Cabe besar berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis dan subtropis. Kondisi iklim Indonesia cocok untuk budidaya cabe karena sinar matahari bersinar penuh. Cabe merah Horison tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 1400 meter dpl. Budidaya cabe merah di dataran tinggi masih bisa tumbuh namun produksi tidak maksimal.

Suhu optimal pertumbuhan cabe merah adalah 24 – 28 °C. Suhu terlalu dingin, < 15 °C dan > 32 °C pertumbuhan akan terganggu. Di musim kemarau, agar tumbuh baik, cabe harus mendapatkan pengairan yang cukup. Curah hujan ideal berkisar 800 – 2000 mm/tahun dan kelembaban 80%.

Peluang Usaha Cabe Besar Horison

Tanaman cabe cukup sensitif terhadap cuaca, hama dan penyakit. Menanam cabe besar Horison memerlukan ketrampilan dan pengalaman khusus terutama dalam jumlah besar. Modal untuk budidayanya juga relatif besar.

Menurut pengalaman petani, risiko menanam cabe cukup tinggi. Inilah mengapa pada saat-saat tertentu pasokan cabe langka di pasaran. Kelangkaan pasokan cabe membuat harga komoditas ini melesat sangat tinggi. Hingga bisa menggemparkan perekonomian nasional.

Cabe besar Horison seperti layaknya komoditas cabe merah merupakan komoditas pertanian paling atraktif. Saat-saat tertentu, harga naik berlipat-lipat. Namun di kondisi lainnya bisa turun hingga tak berharga. Pada situasi inilah, peluang usaha cabe besar Horison menjadi tantangan tersendiri bagi petani.

Peluang usaha menanam cabe besar dihadapkan pada fluktuasi harga yang berubah-ubah. Selain itu, menanam cabe besar cukup rentan kondisi cuaca dan serangan hama. Sehingga ini menjadi tantangan. Karena bila produksi banyak dan disaat haraga naik, keuntungan juga bisa berlipat-lipat.

Jumlah penduduk Indonesia semakin meningkat dan pasti mempengaruhi jumlah kebutuhan bahan pangan seperti kebutuhan cabai. Sebagai negara dengan jumlah penduduk besar, kita harus berpikir keras dan kreatif.

Kini sudah banyak solusi dari masalah kekurangan cabai di pasaran. Diantaranya yaitu melakukan usaha menanam sendiri di rumah. Karena pada dasarnya, perawatan tanaman cabe mudah.

Asalkan kita selalu melakukan tahap-tahap budidaya dan perawatan cabe besar yang baik dan benar. Hal ini penting diketahui terutama peluang usaha cabe besar Horison bagi pemula.

Baca Juga : Cabai Inko 99, Tumbuh Sempurna di Dataran Rendah Hingga Tinggi 

Usaha Rumahan Pemula Menanam  Cabe Besar Horison

cabe besar horison, tray semai pembibitan, cabai besar, toko online, toko pertanian, alat pertanian, lmga agro
Tray Semai Untuk Pembibitan

Bagi pemula, ada beberapa tahapan dalam menanam cabe besar. Yaitu antara lain :

Memilih Lokasi Penanaman

Menanam di lokasi yang tepat pasti tanaman juga akan tumbuh subur. Cabai akan tumbuh subur dan baik bila semua kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Pengolahan Lahan yang Benar

Bila penanaman di lakukan di lahan kebun, maka pertama, bersihkan lahan dari rumuput-rumputan liar. Rumput dan tanaman yang sudah tidak dipakai, lebih baik disingkirkan. Cangkul tanah dan bolak balik hingga menjadi gembur.

Taburkan kapur Dolomit untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Tunggu kurang lebih 8 – 9 hari. Pemberian kapur ini dapat menaikkan ataupun menurunkan pH tanah. Selanjutnya, beri pupuk kandang  pada tanaman.

Pupuk kandang selain memberikan nutrisi untuk tanaman, sekaligus juga memperbaiki kesuburan tanah. Biarkan 5 – 6 hari agar pupuk meresap ke tanah. Selanjutnya bisa dibuat lubang tanam dan diamkan 1 minngu.

Penanaman Bibit

Penanaman bibit diawali memilih bibit berkualitas baik dan toleran penyakit/virus. Kita akan rugi bila memilih bibit salah dan kurang tepat karena hasilnya akan rendah nantinya. Bibit juga berasal dari benih yang berkualitas. Benih cabe besar Horison merupakan benih hibrida berkualitas.

Persemaian yang Benar

Persemaian menggunakan polybag berukuran kecil karena hanya digunakan untuk pertumbuhan bibit saja. Isi polybag dengan media dan jangan terlalu penuh. Benih direndam dulu menggunakan air hangat. Setelah itu, masukkan benih satu per satu ke polybag.

Semprot bibit menggunakan insektisida untuk mencegah serangan semut atau serangga lainnya. Tunggu sampai bibit tumbuh ± selama 1 minggu.

Persemaian tanpa polybag dilakukan di bedengan semai. Siram bedeng secukupnya dan buat lubang tanam berjarak 3 cm. Tanam benih dalam bedengan dan siram air secukupnya.

Baca Juga : Alat Siram Kocor, Hemat Praktis

Persemaian Benih Cabe Besar Horison

Persemaian cabe besar Horison sebaiknya menggunakan polybag ( baik dari plastik atau daun-daunan ). Persemaian ini harus dilakukan karena umumnya benih cabe hibrida harganya sangat mahal.

Bila langsung ditabur dan tidak menggunakan polybag, bisa jadi benih cabe saling bertumpuk. Sehingga tidak semua benih akan tumbuh bila berhimpitan.

Media di polybag menggunakan campuran tanah, arang sekan dan kompos atau pupuk kandang. Perbandingan 2 : 1 : 1. Atau bila hanya tanah dan pupuk kandang/kompos maka perbandingannya 1 : 1. Sebelum media dipakai, harus diayak hingga halus

Buat naungan di tempat persemaian untuk menghindari terik matahari dan kucuran air hujan langsung. Bila ada cukup biaya, tutup naungan menggunakan jaring pelindung hama atau serangga. Setelah itu, susun polybag yang sudah diisi media dalam naungan.

Rendam benih cabe dalam air hangat selama 3 jam dan pilih benih yang tenggelam. Lalu benih ditiriskan lalu dibenamkan dalam polybag 0.5 cm. Tutup benih dengan kompos halus. Lalu basahi sedikit media tanam agar kelembaban terjaga.

Penyiraman rutin saat persemaian setiap pagi dan sore hari. Bila benih baru dibenamkan, penyiraman dilakukan di atas kertas koran yang dibuat untuk menutup permukaan polybag. Penyiraman hingga basah. Setelah benih sudah berkecambah, kertas koran bisa dilepas.

Bibit siap ditanam di kebun tetap setelah 21 – 24 HST atau sudah tumbuh 3 – 4 helai daun. Dalam persemaian, lebihkan sebanyak 10% dari jumlah kebutuhan bibit. Kelebihan bibit 10% untuk penyulaman nanti.

Cara Pengolahan Tanah Cabe Besar Horison

Syarat tanah untuk cabe besar Horison adalah tanah gembur dan porositas baik. Pengolahan tanah dengan melakukan pembajakan tanah atau dicangkul sedalam 20 – 40 cm. Bersihkan permukaan lahan dari batu, kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Terlalu banyak gulma dapat mengganggu pertumbuhan cabe besar Horison nanti.

Buat bedengan lebar 1 meter, tinggi 30 – 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjangnya disesuaikan kondisi lahan. Agar mudah dalam perawatan, buat panjang bedengan maksimal 15 meter. Saluran drainase harus baik karena cabe besar Horison tidak tahan genangan air.

Budidaya cabe besar Horison menghendaki tanah memiliki pH 6 – 7. Tanah terlalu asam menyebabkan tanaman cabe merah tampak pucat dan mudah terserang virus. Tanah asam nudah ditumbuhi ilalang.

Untuk mentralisir pH tanah, berikan Dolomit sebanyak 2 – 4 ton/ha. Pemberian Dolomit yaitu saat pembajakan dan pembuatan bedengan. Selain itu, juga diberikan pupuk organik yaitu kompos atau pupuk kandang di setiap bedeng secara merata.

Kebutuhan pupuk organik sebagai pupuk dasar cabe besar Horison adalah 20 ton/ha. Tambahkan juga pupuk kimia Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Untuk semakin menekan serangan hama dan penyakit, bedengan dipasang mulsa plastik hitam perak. Konsekuensinya adal biaya tinggi namun manfaat mulsa plastik ini cukup besar.

Manfaat mulsa dapat mempertahankan kelembaban, menekan erosi, mengendalikan gulma dan menjaga kebersihan kebun. Biarkan tanah sampai 6 hari kedepan.

Baca Juga : Cabai Keriting Hibrida Genjah, Iggo Cap Kapal Terbang

Persiapan Penanaman Bibit Cabe Besar Horison

alat kocor tanaman, cabe besar horison, jual alat pertanian, toko online, toko pertanian, lmga agro
Alat Kocor Tanaman

Persiapan penanaman yaitu bahwa lahan sudah siap untuk ditanami bibit. Bibit cabe besar Horison siap dipindah setelah umur 21 – 24 hari atau telah tumbuh 3 – 4 daun sejati.

Sehari sebelum penanaman bibit, bedengan yang sudah diberi mulsa, dibuat lubang tanam. Membuatnya menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli online di Toko Pertanian LMGA Agro.

Lubang tanam dibuat 2 baris dan jarak 60 – 70 cm. Lubang tanam dibuat zig-zag dan tidak sejajar. Tujuannya mengatur sirkulasi udara dan penetrasi sinar matahari. Diameter dan kedalaman lubang tanam adalah 10 cm. Sesuaikan dengan ukuran polybag semai.

Pemindahan bibit ke lahan dilakukan pagi dan sore hari serta harus selesai dalam satu hari. Penanaman pagi dan sore untuk mencegah bibit menjadi stress. Sebelum bibit ditanam, beri air pada lubang tanam dan media polybag sampai basah.

Cara menanamnya yaitu menyobek polybag dan mengeluarkan media bibit. Usahakan tanah tidak pecah ( ambrol ). Lalu masukkan pada lubang tanah yang sudah dibuat sebelumnya. Padatkan tanah menggunakan pupuk kandang atau tanah disekitarnya. Lalu siram air sampai basah.

Pemeliharaan Budidaya Cabe Besar Horison

Penyiraman, dilakukan terutama saat musim kemarau. Penyiraman menggunakan gembor atau lahan di-leb ( digenangkan ). Hati-hati saat tanaman masih muda dan belum kuat, penyiraman sebaiknya berupa kucuran air tidak terlalu besar. Penggenangan dilakukan 2 minggu sekali.

Amati perkembangan bibit yang baru ditanam sampai umur 2 minggu setelah pindah tanam. Bila ada bibit sakit, roboh atau mati segera lakukan penyulaman dari sisa bibit yang belum di persemaian. Penyulaman dengan cara mencabut tanaman lalu tanaman mati dibakar.

Budidaya cabe besar Horison, tanamannya kokoh. Namun ajir/lanjaran kadang diperlukan untuk menahan tegaknya tanaman, juga disaat sudah muncul buah.

Ajir atau lanjaran dibuat dari tongkat bambu. Ajir ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir pada hari ke-7 sejak bibit ditanam.

Bila ditancapkan saat tanaman besar, dikuatirkan ajir melukai akar tanaman. Luka dapat menjadi jalan masuknya penyebab penyakit. Setelah tanaman berumur 1 bulan, batangnya diikatkan ke ajir.

Perempelan atau pemangkasan dilakukan pada tunas cabe besar Horison. Perempelan dilakukan setelah umur 3 minggu di dataran rendah dan umur 1 bulan di dataran tinggi.

Pemotongan tunas yang tumbuh di ketiak daun dengan menggunakan tangan bersih. Perempelan terus dilakukan sampai terbentuk cabang utama, yaitu ditandai munculnya bunga pertama dan kedua.

Pemupukan susulan setelah penanaman bibit dilakukan tiap 2 minggu sekali dan minimal 8 kali sampai panen terakhir. Pupuk susulan ini diberikan dengan cara dikocor di lubang tanamnya.

Lebih efisien bila menggunakan pupuk organik cair. Siramkan 100 ml larutan pupuk per tanaman. Larutan pupuk organik cair tadi sebelumnya diencerkan dengan air. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK.

Pemeliharaan berikutnya adalah penyiangan gulma apabila diperlukan. Pengendalian hama dan penyakit juga cukup penting. Karena banyak kasus gagal panen karena serangan hama dan penyakit.

Hama dan Penyakit Tanaman Cabe

Seringkali terjadi kerontokan saat serangan hama dan penyakit. Bila ada gejala kerontokan, lakukan pemotongan di cabangnya. Karena pemotongan dapat mengurangi aktivitas hama menyebar ke bagian tanaman lain. Pemberian pupuk dapat membantu tanaman memulihkan diri dari serangan hama.

Hama Tanaman Cabe

Hampir semua hama yang menyerang tanaman terung-terungan juga menyerang tanaman cabe. Hama-hama ini menurunkan produktivitas tanaman hingga di tingkat tertentu menyebabkan gagal panen. Berikut jenis hama yang biasa menyerang tanaman cabe.

1. Hama Ulat

Ulat yang sering menyerang tanaman cabe adalah ulat grayak ( Spodoptera litura ). Ulat akan memakan daun sampai berlubang-lubang sehingga dapat mengganggu proses fotosintesis. Serangan parah, ulat grayak memakan habis seluruh daun hingga sampai tinggal tulang daunnya.

Jenis ulat lain yang menyerang cabe adalah Helicoverpa sp. dan Spodoptera exigua. Ulat jenis ini menyerang buah dan membuat lubang. Terjadi bail di cabe muda ( hijau ) maupun yang sudah matang.

Ulat biasanya bergerak di malam hari atau saat matahari teduh. Di siang hari yang terik, ulat bersembunyi di pangkal tanaman atau berlindung di balik mulsa. Sehingga hama ulat sering lolos bila disemprot di siang hari.

Pengendalian teknis : ulat diambil malam hari saat berkeliaran. Pengambilan ini harus serempak dan menyeluruh. Atau bisa juga memasang perangkap imago hama. Serangan hama ulat dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kebun. Yaitu dengan rutin menyiangi gulma di parit, lubang mulsa dan lain-lain.

Pengendalian kimia yaitu melakukan penyemprotan bila serangan sudah parah. Penyemprotan menggunakan insektisida dan dilakukan pada malam hari.

2. Hama Tungau

Hama tungau yang biasa menyerang tanaman cabe adalah tungau kuning ( Polyphagotarsonemus latus ) dan tungau merah ( Tetranycus sp. ). tungau jenis ini juga ditemui ada di tanaman singkong.

Gejala serangan menyebabkan daun mengeriting, menggulung ke bagian bawah seperti sendok terbalik. Daun menjadi tebal dan kaku sehingga menghambat pembentukan pucuk. Selanjutnya daun akan berwarna coklat lalu mati.

Pengendalian teknis dengan mencabut tanaman terserang parah. Untuk tanaman belum parah, dipotong bagian pucuk tanaman. Sisa tanaman yang terserang dibakar agar tidak menularkan ke tanaman lain.

Langkah pencegahan adalah areal penanaman jangan berdekatan dengan tanaman singkong. Selalu menjaga kebersihan, efektif mengurangi serangan tungau.

Pengendalian kimiawi bahwa tungau hanya bisa diberantas menggunakan akarisida bukan insektisida. Karena secara fisik, tungau berkaki 8 sedangkan serangga ( insect ) berkaki 4.

Baca Juga : Sayur dan Tips Sukses Budidaya Tanaman Sayur

3. Hama Kutu Daun

Hama kutu daun tanaman cabe adalah dari jenis Myzus persicae. Kutu daun menyerang dengan cara menghisap cairan daun. Lalu daun akan mengering dan permukaannya keriting.

Kutu daun bisa juga mengundang penyakit baik langsung maupun tidak. Kutu daun menjadi vektor virus, menghasilkan cairan berwarna kuning kehijauan. Cairan tersebut manis dan mengundang semut dan cendawan. Adanya cendawan menyebabkan jelaga warna hitam di permukaan daun.

Pengendalian teknis yaitu memetik daun-daun terserang lalu daun-daun tersebut dibakar. Budidaya cabe tidak berdekatan dengan tanaman semangka, melon dan kacang panjang. Selalu menjaga kebersihan kebun dan memakai mulsa plastik hitam perak dapat menekan perkembangan kutu daun.

Pengendalian kimiawi yaitu menggunakan insektisida mengandung fipronil atau difenthiuron. Paling efektif penyemprotan dilakukan sore hari.

4. Hama Lalat Buah

Lalat buah ( Bactrocera dorsalis ) menyerang tanaman cabe menyebabkan kerontokan buah. Biasanya buah tidak sempat dipanen sudah jatuh dan rontok karena serangan lalat buah. Apabila cabe dibelah tampak larva lalat.

Bila cabai yang rontok tidak disingkirkan maka larva didalam buah akar rontok menjadi pupa dalam tanah. Sehingga pupa akan tumbuh lama di tanah dan siklus akan terus berulang-ulang.

Pengendalian teknis dengan cara menyingkirkan buah cabae yang rontok kemudian dibakar. Lalat buah juga bisa berasal dari tanaman belimbing, pisang, jeruk dan lain-lain. Jadi sebaiknya hindari menanam berdekatan dengan tanaman tersebut.

Pengendalian kimiawi menggunakan perangkap lalat buah. Perangkap menggunakan atraktan mengandung methyl eugenol. teteskan obat pada kapas lalu kapas dimasukkan di botol bekas air mineral.

Pemasangan perangkap dilakukan setelah tanaman berumur 1 bulan. Bila serangan semakin parah, semprot menggunakan insektisida di pagi hari. Yaitu saat daun masih berembun dan lalat belum berkeliaran.

5. Hama Thrips

Serangan thrips menyebabkan daun ada garis-garis keperakan. Terdapat juga bercak-bercak kuning hingga kecoklatan. Tanaman menjadi kerdil dan bila dibiarkan daun akan kering dan mati. Thrips menyerang hebat di musim kemarau. Thrips juga berperan sebagai vektor virus dan mudah menyebar.

Pengendalian teknis dengan memanfaatkan predator alaminya seperti kumbang dan kepik. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dapat menekan perkembangan thrips. Rotasi tanaman juga terbukti dapat mengendalikan perkembangan thrips.

Pengendalian kimiawi yaitu melakukan penyemprotan bila serangan meluas. Insektisida berbahan aktif fipronil dan penyemprotan di sore hari. 

Baca juga : Perangkap Lalat Buah Yellow Trap Murah dan Efektif

Penyakit Tanaman Cabe

Penyakit tanaman cabe disebakan oleh virus, bakteri dan cendawan ( jamur ). Ada 6 macam penyakit menyerang tanaman cabe, yaitu :

1. Bercak Daun

Bercak daun disebabkan oleh jamur Cercospora capsici. Gejalanya ada bercak-bercak bundar berwarna abu-abu dan pinggirannya berwarna coklat. Serangan parah daun akan berwarna kuning dan akhirnya daun berguguran.

Bercak daun biasanya terjadi di musim hujan dimana kelembaban cukup tinggi. Penyakit menyebar saat jamur berupa spora lalu terbawa angin, air hujan, hama vektor atau alat pertanian. Biji cabe juga bisa menyimpan spora cendawan C. capsici.

Usaha pencegahan dengan menggunakan benih hibrida yang bebas penyakit. Menjaga jarak tanam tidak terlalu rapat agar tidak terlalu lembab. Pengendalian teknis yaitu memusnahkan tanaman terinfeksi ( dibakar ). Dan bila serangan menghebat, semprotkan fungisida.

2. Patek ( Antraknosa )

Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum capsici dan C. gloeosporioides. Serangan di fase pembibitan menyebabkan layu kecambah. Sedangkan serangan di fase dewasa menyebabkan mati pucuk.

Serangan di daun dan batang menyebabkan busuk kering. Serangan di buah menyebabkan buah busuk seperti terbakar. Penyakit biasanya terbawa di biji cabe. Pencegahan yaitu menggunakan benih hibrida tahan penyakit.

Pengendalian teknis dengan mencabut lalu membakar tanaman yang terserang. Serangan parah, lakukan penyemprotan fungisida.

3. Busuk

Ada 2 macam penyakit busuk pada tanaman cabe yaitu busuk cabang dan busuk kuncup. Busuk cabang disebabkan oleh Phytopthora capsici. Menyerang di musim hujan dan penyebaran sangat cepat.

Busuk kuncup disebabkan cendawan Choanosearum sp. Penyakit ini jarang dijumpai di Indonesia. Gejalanya, kuncup tanaman berwarna hitam dan lama kelamaan tanaman mati.

Penyakit busuk ini bisa dikendalikan dengan mengurangi dosis pupuk nitrogen ( Urea dan ZA ). Jarak tanaman tidak terlalu rapat agar sirkulasi udara berjalan lancar. Mencabut lalu membakar tanaman yang terinfeksi.

Serangan parah, lakukan penyemprotan menggunakan fungisida. Penyemprotan di musim hujan sebaiknya pilih fungisida berperekat.

4. Layu

Penyakit layu menjadi penyakit yang sulit dikendalikan pada budidaya cabe. Penyakit layu ini disebabkan oleh banyak jasad pengganggu tanaman. Yaitu disebabkan oleh banyak jenis cendawan dan bakteri.

Layu disebabkan jamur disebut layu fusarium. jenis cendawan penyebabnya cukup banyak yaitu Fusarium sp., Verticilium sp. dan Pellicularia sp. Jenis-jenis cendawan ini hidup di lingkungan masam.

Layu bakteri penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri ini hidup di jaringan batang. Pengendalian penyakit layu harus diamati lebih spesifik agar penanganannya tepat dan benar.

5. Bule atau Virus Kuning

Serangan virus kuning menyebabkan daun dan batang terlihat menguning. Penyakit ini disebut penyakit bulai/bule dan penyebabnya virus Gemini. Virus terbawa dari biji cabe dan ditularkan hama vektornya, yaitu kutu kebul.

Penyakit disebabkan dari virus sulit dikendalikan dengan pestisida. Pengendalian harus dilakukan sejak dini yaitu menggunakan benih toleran virus seperti cabe besar Horison. Bisa juga dengan mengendalikan vektor virusnya seperti kutu.

Meningkatkan daya tahan tanaman dengan pemupukan secara intensif. Menggunakan pupuk organik cair yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap. Tujuannya agar tanaman tumbuh subur dan tahan dari serangan virus atau patogen lain.

6. Keriting daun/Mosaik

Penyebabnya adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). Gejalanya tanaman tumbuh kerdil, warna daun belang-belang hijau tua dan hijau muda. Daun berukuran lebih kecil dan tulang daun mengunung.

Penyakit ini bisa menyebar dan menular ke tanaman lain akibat aktivitas serangga. Pengendalian kimia bertujuan menghilangkan serangga vektornya bukan penyakitnya. Agar penyakit tidak menular ke tanaman lain maka tanaman yang terinfeksi harus dicabut lalu dimusnahkan.

Menggunakan benih hibrida tahan virus dapat mencegah serangan penyakit ini. selain itu juga melakukan pemupukan secara baik dan benar.

Panen Cabe Besar Horison

Panen cabe besar Horison dilakukan umur 75 – 78 HST. Cara panen cabe besar adalah memetik beserta tangkainya. Bila ada cabe yang rusak harus segera dipetik agar tidak menular ke buah lainnya.

Waktu panen dilakukan pagi hari karena cabe besar di pagi hari bobotnya lebih berat dibandingkan panen di siang hari. Siang hari, cabe akan mengalami penguapan dan susut bobot buah. Cabe juga cepat busuk setelah dipetik di siang hari.

Memetik cabe jangan ditarik tetapi diputar searah jarum jam. Pilih cabe yang sudah tua/matang. Seringkali ditemui daun dan buah cabe rontok. Hal ini karena kelembaban tanah kurang, kadar air tanah rendah dan tanaman kurang kena sinar matahari.

Pemanenan cabe dilakukan berulang-ulang setiap 2 – 5 hari sekali disesuaikan kematangannya dan kebutuhan pasar. Buah cabe dipetik dengan tangkainya dapat memperpanjang umur simpan.

Demikian artikel kami dengan judul Jual Cabe Besar HORISON Benih Hibrida Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian. Lengkap, produk terbaru murah dan harga promo.

Semoga artikel tentang cabe besar Horison ini membuka menambah informasi dan wawasan tentang cabe besar benih terbaru cap Kapal Terbang ini. Peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan budidaya cabe besar Horison juga bisa dicoba. Selamat mencoba dan salam sukses…