Jual Benih Cabe Besar F1 Profit Cap Kapal Terbang


benih F1 Profit, cabe besar, jual benih terbaru, toko pertanian, lmga agro online
Benih f1 Profit Cabe Besar

Jual benih Cabe Besar F1 Profit Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan petani dan hobiis berkebun. Tersedia lengkap dan produk terbaru benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Kami menerima layanan konsultasi gratis cara menanam tanaman dan permasalahan di lahan. Permasalahan meliputi persiapan tanam, perawatan hingga pengendalian hama dan penyakit. Juga tentang benih cabe besar F1 Profit.

Jual benih cabe besar F1 Profit merupakan produk Cap Kapal terbang. Kemasan benih berat 10 g, benih hibrida dan berkualitas. Jual benih cabe besar F1 Profit telah bebas penyakit terutama penyakit layu bakteri. Produk terbaru dan memberikan hasil produksi tinggi.

Toko pertanian LMGA Agro siap jual benih cabe besar F1 Profit secara online ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan dijamin sampai tujuan. Kami berpengalaman menjadi supplier produk pertanian dan didukung perusahaan pertanian terkemuka.

Salah satunya adalah dengan jual benih cabe besar F1 Profit cap Kapal Terbang produk dari PT Bisi International. Siap kirim bersama jasa ekspedisi yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya.

Deskripsi Cabe Besar F1 Profit

Jual benih cabe besar F1 Profit Cap Kapal Terbang rekomendasi untuk ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Menanam cabe besar F1 Profit mudah merawatnya.

Pertumbuhan tanaman kokoh. Benih hibrida F1 Profit ini memiliki keunggulan toleran penyakit layu bakteri. Di artikel ini akan Kami jabarkan lengkap tentang penyakit layu bakteri.

Cabe besar F1 Profit memiliki panjang ± 18 cm dan diameternya ± 1,6 cm. Buah saat muda berwarna hijau gelap dan berubah menjadi merah saat matang dan tua.

Cabe besar F1 Profit umur panen yaitu 83 – 85 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil ± 26 ton/ha. Budidaya benih cabe besar F1 Profit membutuhkan 100 – 150 g benih untuk ditanam untuk per hektarnya. Jarak tanam terbaik yaitu 60 x 60 cm.

Cabe besar merupakan cabe merah dan masih satu famili dengan tomat dan paprika. Nama latinnya adalah Capsicum annum. Ada banyak jenis cabe di Indonesia selain cabe besar.

Kandungan Gizi Dalam Cabe Besar

benih F1 Profit, cabe besar, jual benih terbaru, harga promo, toko pertanian, online, lmga agro
Cabe Besar Banyak Manfaatnya

Dalam cabe besar mengandung banyak zat gizi. Jadi selain rasanya yang pedas, kandungan gizinya banyak dan baik untuk tubuh kita.

Cabe besar mengandung vitamin C tinggi. Manfaat vitamin C sebagai antioksidan yang baik untu menguatkan imun tubuh.

Vitamin B6 dalam cabe besar bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh.

Vitamin K6 cabe besar berpengaruh untuk pembekuan darah. Penting juga untuk kesehatan tulang dan organ ginjal kita.

Potassium baik untuk kesehatan jantung.

Cooper dalam cabe besar yaitu merupakan elemen sisa antioksidan. Manfaatnya untuk kesehatan neuron dan nutrisi bagi tulang.

Beta-karoten terdapat di cabe besar. Saat masuk ke dalam tubuh, beta-karoten ini akan diubah menjadi vitamin A.

Cabe mengandung karotenoid bersifat antioksidan. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Capsantin adalah jenis karotenoid paling utama di cabe besar. Besarnya hingga 50% dan bermanfaat melawan kanker.

Ada lagi karotenoid yaitu Violaxanthin banyak di cabe kuning ( jarang ditemui di Indonesia). Cabe hijau adalah cabe besar saat muda dan banyak mengandung lutein. Lutein baik untuk kesehatan mata.

Rasa pedas dan panas pada cabe karena mengandung capsaicin. Capsaicin semacam komponen aktif dan zat inilah penyebab cabe besar banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Cabe besar mengandung sypnatic acid dan ferulic acid. Keduanya merupakan antioksidan pencegah penyakit kanker atau penyakit kronis lainnya.

Vitamin C cabe besar 7 kali lebih banyak dari kandungan vitamin C pada jeruk. Vitamin A dan C adalah antioksidan. Bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga : Budidaya Cabai Red Kriss di Musim Hujan 

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Kita

Capsaicin dalam cabe bekerja dengan merangsang otak. Caranya yaitu mengeluarkan endorfin yang memberikan rasa puas saat kita memakan lalu menelan cabe. Inilah kenapa orang menjadi bisa ketagihan cabe.

Manfaat capsaicin dalam cabai mempengaruhi berat badan. Rasa pedas cabai dapat mengurangi nafsu makan sedangkan lemak cepat terbakar. Namun juga hindari makan cabai berlebihan hanya karena ingin kurus dan lemak terbakar.

Besar sekali manfaat capsaicin, zat antioksidan dalam cabe ini. Telah terbukti klinis manfaat cabai pengobat sakit nyeri. Capsaicin bekerja membantu meredakan nyeri otot, nyeri sendi pada penderita radang sendi. Cabe bermanfaat menghilangkan nyeri sakit migrain.

Konsumsi cabe rutin dapat menurunkan berat badan. Konsumsi cabe dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga menghasilkan pembakaran lemak lebih banyak. Hingga berat badan dapat turun.

Makan sesuatu yang pedas dapat meredakan pilek. Itulah efek dari capsaicin cabe bermanfaat mengurangi pembengkakan dalam hidung. Capsaicin mendorong hidung untuk mengeluarkan lendir sehingga pilek mereda.

Cabe bermanfaat menguatkan daya tahan tubuh. Bermanfaat untuk meredakan pilek yang disebabkan oleh flu.

Kandungan gizi dalam cabe diyakini dapat mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti koagulan ( penggumpalan darah ). Kerja cabe yaitu dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Serta menaikkan kadar kolesterol baik ( HDL ) tubuh.

Capsaicin cabe dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga cabe bermanfaat mencegah penyakit kanker. Namun hal ini juga perlu penelitian lebih lanjut.

Hanya dianjurkan untuk tidak makan cabe berlebihan. Karena capsaicin terlalu banyak dapat menimbulkan sakit perut dan diare.

Peluang Usaha Menanam Cabe F1 Profit

Peluang usaha menanam cabe besar sangat tinggi dan menguntungkuan. Petani cabe besar akan mendapatkan keuntungan besar apalagi bila harga kebetulan tinggi. Karena harga cabe besar juga cukup fluktuatif meskipun tidak seekstrim cabe kecil/rawit.

Cabe besar dimasyarakat sangat banyak gunanya terutama dalam mengolah masakan. Cabe besar juga dibutuhkan sebagai bahan baku industri besar. Seperti industri pembuatan saos sambal dan industri obat-obatan.

Daun cabe cukup ampuh mengobati luka sebagai obat luar. Buahnya juga bisa diramu sebagai obat. Semua jenis cabe digunakan sebagai bahan utama pembuatan saus sambal hijau, saus sambal merah, kecap pedas, bubuk cabe dan lain-lain.

Industri farmasi memanfaatkan cabai untuk bahan campuran pembuatan balsem, inhaler dan permen pengganti rokok. Bubuk cabe digunakan untuk mengganti peran lada sebagai pemancing selera makan. Bubuk cabe digunakan dalam pembuatan minuman ginger beer.

Manfaat bubuk cabe dapat sebagai obat penenang. Kandungan bioflavonoids didalam bubuk cabe dapat menyembuhkan radang akibat udara dingin.

Peluang bisnis menanam cabe tidaklah sulit. Pelaku pemula usaha pertanian menanam cabe tidak akan kesulitan dan harapan keuntungan tinggi juga cukup besar. Karena cabe merupakan kebutuhan pokok, terutama cabe besar sebagai pewarna merah alami masakan.

Rasa pedas cabe besar juga bisa diandalkan untuk menambah rasa pedas masakan. Cabe besar yang kulit buahnya keras dan kokoh banyak dipakai untuk hiasan makanan acara pesta.

Baca Juga : Cabai Keriting TM 999 dari TM Seeds

Penyakit Layu Bakteri pada Cabe

Cabe F1 Profit tahan dari serangan penyakit layu bakteri. Penyakit layu bakteri disebabkan patogen Ralstonia solanacearum. Patogen bakteri tersebut dapat hidup, tumbuh dan berkembang biak di dalam tanah.

Patogen penyakit ini diketahui dapat menyerang banyak tanaman, sekitar lebih dari 200 jenis tanaman. Seperti kentang, pisang, tembakau, cabe dan masih banyak lagi.

Penyakit layu bakteri sering datang saat musim hujan. Di musim hujan, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat hingga sampai 2 kali lipat.

Gejala serangan bakteri patogen ini yaitu : mula-mula terjadi kelayuan di bagian pucuk daun. Gejala ini mirip seperti gejala layu akibat cendawan Fusarium.

Daun-daun muda layu hingga pada ujung percabangan di waktu cuaca panas. Kemudian tanaman segar kembali di waktu malam dan cuaca sedang dingin. Hingga terjadi beberapa hari lalu tanaman layu dan mengering dengan warna daun tetap hijau.

Untuk membedakan layu akibat bakteri atau cendawan yaitu dengan melakukan pengecekan. Caranya dengan memotong bagian pangkal batang tanaman yang kena penyakit layu. Lalu celupkan batang ke dalam air.

Jika saat dicelupkan keluar lendir putih dari batang maka dapat dipastikan tanaman terserang layu bakteri. Bakteri masuk ke dalam tanaman melalui luka dan daerah perakaran di bagian tanaman. Adanya luka disebabkan serangan nematoda, siput dan serangan hama lainnya.

Bakteri ini dapat mengganggu dan menghambat sistem pengangkutan unsur hara dan air. Lalu akan menyebabkan tanaman layu dan mati.

Bakteri R. solanacearum berkembang sangat baik di lingkungan bersuhu 30 – 35 °C dengan kelembaban yang tinggi. Patogen dapat menyebar lewat tanah dan bertahan hidup di tanah. Hidup lama di sisa-sisa tanaman dalam jangka waktu lama.

Cara Pengendalian Penyakit Layu Bakteri pada Cabe

TOKO PERTANIAN, benih f1 profit, cabe besar, jual benih terbaru, harga promo, lmga agro, toko pertanian
TOKO PERTANIAN LMGA AGRO

Cara pengendalian penyakit layu bakteri dengan menggunakan bakterisida. Cara pemberian bakterisida dengan disiramkan di daerah dekat perakaran tanaman.

Pestisida hayati dapat direkomendasikan untuk mengendalikan penyakit layu bakteri. Pestisida hayati efektif dalam mengendalikan patogen penyakit layu bakteri. Selain itu pestisida hayati ramah lingkungan karena mengandung bahan bakteri baik ( probiotik ).

Pestisida hayati tidak akan mengganggu ekosistem dan meninggalkan residu di lahan kebun kita. Pencegahan dari penyakit layu bakteri dimaksudkan untuk meminimalisir serangan patogen.

Caranya antara lain : mencabut tanaman yang terserang penyakit. Lalu tanah bekas tanaman tadi tumbuh, semprot dengan pestisida. Lakukan pengontrolan tanaman secara intensif.

Pengaturan drainase pada lahan. Jangan sampai ada air menggenang di lahan agar patogen tidak menyebar. Kurangi pemakaian pupuk berkadar N tinggi.

Rotasi tanaman penting dilakukan untuk mencegah serangan penyakit layu bakteri. Rotasi tanaman dengan tanaman berbeda famili dengan cabe. Yang paling penting adalah pemakaian benih hibrida bebas penyakit layu bakteri. Yaitu Benih cabe besar F1 Profit.

Usahakan lahan selalu bersih terutama dari gulma. Tanah tidak terlalu lembab oleh karena jarah tanaman terlalu padat. Hindari mengocor pupuk langsung pada akar tanaman agar tidak menyebabkan luka di akar.

Bila diberikan pupuk kandang, pastikan pupuk kandang telah matang. Pupuk kandang belum masak menyebabkan bakteri berkembang baik. Karena pupuk kandang belum matang menaikkan suhu tanah akibat fermentasi bahan orgnik dalam pupuk.

Cara Penyemaian dan Pembibitan Cabe Besar F1 Profit

Cara penyemaian dan pembibitan bisa menggunakan polybag atau tray semai. Tray semai untuk pembibitan dapat di beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Bila persemaian cabe besar di bedeng, risiko benih tidak tumbuh cukup tinggi. Karena benih dapat saling menempel. Sedangkan harga benih cabe besar hibrida cukup mahal.

Media persemaian menggunakan campuran tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang ( 2 : 1 : 1 ). Bila tidak ada arang sekam, boleh menggunakan media tanah dan kompos saja ( 1 : 1 ). Sebelum dipakai, tanah dan pupuk diayak hingga halus lalu dicampurkan.

Pasanglah naungan untuk tempat persemaian benih. Tujuan naungan untuk menghindari terik matahari dan kucuran air hujan. Apabila cukup dananya, pasanglah jaring pelindung hama atau serangga. Susunlah polybag yang telah berisi media dalam naungan itu.

Masukkan benih dalam polybag sedalam 0,5 cm lalu tutup dengan kompos halus. Siram dengan air secukupnya sampai media cukup basah.

Perawatan selama pembibitan adalah penyiraman setiap hari di pagi dan sore hari. Saat benih belum berkecambah, tutup permukaan polybag dengan kertas koran. Lalu siramkan air diatas koran hingga koran basah.

Dalam 3 hari kemudian, benih akan berkecambah. Bukalah koran dan biarkan benih tumbuh tidak ditutupi koran. Penyiraman tetap dilakukan dengan hati-hati.

Awasi secara rutin pertumbuhan bibit sampai bibit siap dipindahkan ke lahan tetap pada umur 21 – 24 hari. Atau setelah tumbuh 3 – 4 helai daun. Untuk penyulaman nanti, lebihkan jumlah bibit sebanyak 10% dari kebutuhan lahan.

Cara Pengolahan Tanah Budidaya Cabe Besar

Sambil menunggu bibit tumbuh dan siap dipindahkan, lakukan pengolahan tanah di lahan. Budidaya cabe besar menyukai tanah gembur dan air mudah meresap dengan baik. Bajaklah atau cangkul tanah sampai kedalaman 20 – 40 cm.

Bersihkan lahan dari batu, kerikil dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Bila gulma cukup banyak dan sulit dibersihkan, dapat menggunakan herbisida sebelum dibuat bedengan. Taburkan kompos/pupuk kandang merata pada lahan lalu dibolik-balik hingga tercampur rata.

Cabe besar menyukai tingkat keasaman tanah pH 6 – 7. Tanah terlalu asam, daun cabe akan terlihat pucat dan mudah kena virus. Tanah asam juga mudah ditumbuhi ilalang.

Jadi untuk menetralkan, taburkan dolomit sebanyak 2 – 4 ton/ha. Dolomit diberikan saat pembajakan dan pembuatan bedeng.

Kebutuhan pupuk organik cabe besar sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan juga pupuk kimia Urea sebanyak 350 kg/ha dan KCl sebanyak 200 kg/ha. Biarkan selama 1 minggu agar pupuk meresap ke tanah.

Setelah dibiarkan selama 1 minggu, lahan siap dibuat bedeng-bedeng. Bedeng dibuat lebar 1 m, tinggi 30 – 40 cm dengan jarak antar bedeng 60 cm. Panjang bedeng disesuaikan dengan kondisi lahan dan untuk memudahkan perawatan buat panjang bedeng maksimal 15 m.

Saluran drainase antar bedengan dibuat dengan baik. Karena tanaman cabe besar tidak menyukai genangan air. Pasanglah mulsa plastik hitam perak agar budidaya cabe besar lebih intensif.

Buat lubang tanam sebanyak 2 baris setiap bedeng. Jarak tanam cabe besar F1 Profit adalah 60 x 60 cm. Lubang tanam dibuat secara zig-zag, tidak sejajar. Jarak tanam zig-zag dapat mengatur sirkulasi udara dan penetrasi sinar matahari menjadi baik.

Toko Pertanian LMGA Agro jual alat pelubang mulsa dan lubang pupuk. Alat tersedia dengan perbedaan diameter sehingga mempercepat pengerjaan dan lebih efisien.

Baca Juga : Jenis, Kegunaan dan Manfaat Mulsa Plastik Pertanian 

Cara Penanaman Bibit Cabe Merah F1 Profit

Penanaman bibit cabe besar F1 Profit ke lahan tetap dilakukan setelah bibit berumur sekitar 3 minggu. Saat tersebut bibit telah memiliki 3 – 4 helai daun permanen.

Penanaman bibit dilakukan pagi dan sore hari. Tujuannya untuk mencegah bibit menjadi stress setelah dipindahkan ke tempat baru. Usahakan penanaman selesai dalam satu hari dan ditanam serentak.

Cara menanam bibit dengan membuka atau merobek plastik polybag. Atau bila disemai di tray semai, bibit cukup diambil menggunakan tangan. Sebelum bibit diambil, siram dengan air agar mudah bibit diambil.

Lalu letakkan bibit di lubang tanam di bedeng. Pembuatan lubang tanam ini sehari sebelum pelaksanaan penanaman. Usahakan bibit beserta medianya tidak pecah. Setelah ditanam, siram dengan air secukupnya sampai basah.

Perawatan setiap harinya adalah rutin menyiram pagi dan sore terutama bila musim kering. Pemberian air bisa menggunakan alat siram/gembor atau di-leb ( penggenangan ). Lahan di-leb setiap 2 minggu sekali.

Segera ganti bibit yang baru bila esoknya setelah dipindah ada bibit yang mati atau layu. Penyulaman bibit ini dilakukan sampai umur 2 minggu setelah dipindahkan.

Bila ada rumput-rumput yang tumbuh, segera cabut menggunakan tangan. Tumbuhnya gulma dapat menimbulkan persaingan dalam menyerap nutrisi dari pupuk. Seringnya justru tanaman utamanya yang kalah bersaing dengan gulma.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Cabe Besar

tali salaran, alat pertanian lengkap, benih f1 profit, cabe besar, lmga agro, toko pertanian,
Tali Salaran Baik Untuk Tanaman

Pemasangan ajir. Pada budidaya cabe besar, ajir dari sebilah bambu dipasangkan untuk menopak tanaman agar tegak berdiri. Ajir ditancapkan dengan jarak ± 4 cm dari pangkal batang.

Ajir dipasangkan pada hari ke-7 sejak bibit dipindahkan. Bila tanaman sudah besar, saat ajir ditancapkan bisa mengenai akar dan menimbulkan luka. Luka di tanaman bisa menjadi pintu masuknya bakteri patogen penyebab penyakit.

Setelah tanaman cabe besar sudah berumur 1 bulan, batang diikatkan ke ajir. Pengikatan sebaiknya menggunakan tali khusus yaitu tali salaran. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Pemangkasan. Pada budidaya cabe besar, dilakukan pemangkasan dan dimulai setelah umur 3 minggu ( bila ditanam di dataran rendah ). Bila ditanam di dataran tinggi, pemangkasan mulai umur 1 bulan sejak dipindahkan.

Pemangkasan dilakukan pada tunas di ketiak daun. Pemangkasan menggunakan tangan bersih. Pemangkasan  dilakukan sampai terbentuk cabang utama yaitu ditandai munculnya bunga ke-1 dan ke-2.

Pemupukan susulan. Pada budidaya cabe besar pemupukan susulan setiap 2 minggu sekali atau minimal 8 kali hingga panen terakhir. Panen terakhir saat cabe besar tidak muncul lagi karena semakin bertambah umur, jumlah panen juga berkurang.

Pemberian pupuk dilakukan sengan cara sistem kocor di setiap lubang tanam. Paling praktis menggunakan pupuk organik cair.

Siramkan 100 ml larutan pupuk yang telah diencerkan ke setiap tanaman. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK pada campuran tersebut.

Baca Juga : Pupuk Kandang, jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Besar

Cabe besar merupakan tanaman yang harus dirawat dengan hati-hati dan spesial. Hama dan penyakitnya begitu kompleks. Petani cabe dituntut untuk belajar dan terus belajar agar sukses dalam budidayanya.

Pengamatan dan usaha pencegahan harus dilakukan dan bila terlambat maka serangan hama dan penyakit semakin sulit dikendalikan. Penanganan sejak dini terbukti mampu menekan serangan hama dan penyakit.

Setiap proses dimulai sejak di persemaian, persiapan lahan, penanaman, perawatan sampai panen tiba. Setiap proses tersebut harus dilakukan dengan serius. Meskipun bila sudah terbiasa akan mudah dilakukan.

Di bawah ini akan kami jabarkan hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabe. Tujuannya agar petani lebih mengenal dan dapat melakukan pencegahan lebih dini. Sehingga tidak banyak kerugian terjadi nanti.

Hama Tanaman Cabai

  1. Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Hama ini berwarna hijau, ukurannya kecil namun jumlahnya sangat banyak. Hama menyerang daun, tunas dan batang muda. Hama menyebabkan daun berlubang dan merusak tunas muda.

Bila serangan hebat dapat menyebabkan tanaman gundul dan menyisakan tulang-tulang daun. Pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Pengendalian : semprotkan Curacron, Regent, Prevathon atau Matador.

2. Thrips

Serangan Thrips menyebabkan daun mengeriting dan menggulung ke atas. Ukuran hama sangat kecil. Cara merusak dengan menghisap cairan pada daun. Serangan awal terjadi di pucuk daun/daun muda.

Serangan parah terjadi di musim kemarau. Hama thrips menjadi vektor pembawa virus dan mudah menyebar dengan cepat. Pengendalian dengan menyemprotkan insektisida Agrimec, Demolish, Pegasus dan lain-lain.

3. Tungau ( Tetranycus sp. )

Ada 2 jenis tungau yang menyerang tanaman cabe yaitu tungau kuning dan tungau merah. Tungau menyebabkan daun mengeriting dan menggulung ke bawah. Bagian bawah daun yang diserang akan berwarna kecoklatan.

Serangan hebat menyebabkan rontoknya daun. Pengendalian yaitu menyemprotkan akarisida ( racun tungau ) secara rutin. Yaitu Agrimec, Demolish, Bamex dan lain-lain.

4. Kutu Daun ( Myzus persicae )

Gejala serangan : daun mengeriting dan pertumbuhan terhambat. Kutu menyerang batang muda, daun dan tunas muda. Kutu menyerang dengan cara menghisap cairan pada daun hingga daun menjadi kering. Permukaan daun menjadi keriting.

Deteksi awal dengan rutin mengamati tanaman dikebun. Jika tampak banyak semut pada tanaman pasti kutu daun ada di situ. Pengendalian : semprotkan insektisida berbahan aktif abamektin, diafenthiuron atau fipronil.

5. Lalat Buah ( Bactrocera dorsalis )

Perangkap Lalat, Yellow Trap, LMGA AGRO, toko pertanian, benih f1 profit, cabe besar, jual benih terbaru
Perangkap Lalat buah Yellow Trap

Menyerang dengan cara menyuntikkan telur lalu telur akan menetas dan menjadi larva di dalam buah. Larva-larva di dalam akan menggerogoti cabe besar hingga buah busuk. Buah lalu jatuh dan rontok.

Tangkai buah menguning. Pengendalian yaitu membuat perangkap lalat buah. Penyemprotan lalat menggunakan Curacron, Regent, Santoat dan lain-lain.

6. Puru Akar

Menyebabkan tanaman layu dan roboh. Puru akar ini menyerang akar dan batang bagian bawah. Pengendalian dengan cara tabur Nematisida yaitu Curater, Furadan dan lain-lain.

7. Ulat Tanah ( Helicoverpa sp. dan Spodoptera exigua )

Ulat berwarna coklat atau hijau dan ukurannya besar ( sebesar pensil ). Ulat menyerang seluruh bagian tanaman, buah, batang dan daun. Buah lebih disukai oleh hama ulat.

Hama ini aktif di malam hari. Siang hari ulat bersembunyi di dalam tanah atau dibalik mulsa. Serangan hebat dapat merusak tanaman cabe seluas berhektar-hektar dalam semalam.

Pengendalian teknis yaitu menjaga kebersihan lahan dan di sekitar tanaman. Penyemprotan menggunakan Curacron, Matador, Prevathon dan lain-lain. Sebaiknya penyemprotan dilakukan di malam hari.

Penyakit Tanaman Cabai

  1. Bercak Daun

Penyakit ini mengakibatkan adanya bercak-bercak hitam dan bulat pada daun. Daun akan menguning lalu rontok. Penyakit ini disebabkan cendawan Cercospora capsici. Serangan terjadi bila kondisi lembab yang tinggi atau di musim hujan.

Penyebaran spora jamur yaitu oleh angin, air hujan dan manusia. Pencegahan dari bercak daun adalah menanam dengan jarak renggang agar kelembaban tidak tinggi.

Gunakan mulsa plastik hitam perak bila menanam cabe besar di musim hujan. Pengendalian menggunakan fungisida Antracol, Starmil atau lainnya.

2. Antraknosa/Patek

Gejalanya bibit layu saat di persemaian. Lalu mati atau mati pucuk. Pucuk batang mengering, busuk kering di batang dan daun dan busuk buah. Pada buah terdapat bulatan hitam seperti terbakar.

Penyakit disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici dan C. gloeosporioides. Pengendalian menggunakan fungisida sesuai dosis anjuran.

3. Layu Fusarium

Penyebabnya adalah jamur Fusarium sp., Verticilium sp. dan Pellicularia. Tanaman akan tampak segar di pagi hari dan sore hari, siang hari tanaman layu. Berlangsung terus berhari-hari hingga lalu tanaman mati.

4. Busuk batang dan Kuncup

Busuk batang disebabkan jamur Phytopthora capsici. Biasa menyerang di musim hujan dan kondisi kelembaban tinggi. Penyebaran sangat cepat.

Busuk kuncup disebabkan janur Choanosearum sp. Gejalanya kuncup berwarna hitam lalu lama-lama tanaman akan mati. Penyakit dapat diminimalisr dengan mengurangi pupuk Nitrogen ( Urea dan ZA ).

Tanamlah cabe besar dengan jarak yang renggang supaya sirkulasi udara lancar. Gunakan mulsa plastik terutama penanaman di musim hujan. Tanaman yang terserang, dicabut lalu dibakar jauh dari kebun.

6. Layu Bakteri

Disebabkan oleh bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri menyerang organ dalam tanaman, yaitu jaringan batang. Pencegahan menggunakan bakterisida.

7. Busuk Buah

Ada 2 macam busuk buah pada cabe besar. Yaitu busuk basah disebabkan oleh gigitan lalat buah. Dan ada busuk kering disebabkan serangan cendawan. Pengendalian berdasarkan penyebab dari busuk buah tersebut.

Bila disebabkan oleh lalat buah maka dikendalikan dengan membuat perangkap lalat buah. Pengendalian busuk kering dengan menyemprotkan fungisida. Buah ada bulatan-bulatan hitam dan ujung buah mengering.

8. Virus Kuning/Keriting Bule

Gejala serangan : daun dan batang menguning dan mengeriting. Penyebabnya adalah virus yang ditularkan dari kutu kebul dan kutu daun. Sehingga pengendalian dengan menyemprotkan insektisida ke hama vektornya. Pencegahan dengan menggunakan benih hibrida tahan virus.

9. Mosaik

Penyebabnya adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). Gejala serangan adanya warna daun belang kekuningan, pertumbuhan kerdil dan tulang daun menguning. Penyebaran penyakit dilakukan oleh serangga.

Pencegahan yaitu mencabut tanaman yang sakit dan penyemprotan terhadap serangga hama vektornya. Penggunaan benih hibrida bebas penyakit dan perawatan yang tepat.

Baca Juga : Toko Pertanian On Line Belanja Jadi Lebih Mudah

Pemanenan Cabe Besar F1 Profit

Panen cabe besar F1 Profit pada umur 83 – 85 hari setelah pindah tanam. Panen akan dilakukan berulang-ulang tergantung jenis varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan.

Panen kedua dilakukan setiap 2 – 5 hari sekali disesuaikan kematangan cabe besar dan keinginan pasar. Potensi hasil panen cabe besar F1 Profit adalah ± 26 ton/ha.

Cara panen dengan memetik langsung buahnya. Pilih buah warna oranye dan merah. Pemetikan sebaiknya pagi dan sore hari saat tidak panas atau turun hujan. Kemudian letakkan cabe besar hasil panen di tempat teduh.

Demikian artikel kami judul : Jual Benih Cabe Besar F1 Profit Cap Kapal Terbang. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro online shop menyediakan segala kebutuhan pertanian. Meliputi benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian LMGA Agro online shop jual benih cabe besar F1 Profit. Benih terbaru dan harga promo dan bersaing, benih produk Cap Kapal Terbang. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian dan permasalahan petani saat di lahan.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah indonesia. Kami dibantu jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos indonesia dan lain-lain. Semoga artikel  Jual benih cabe besat F1 Profit ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba budidaya cabe besar F1 Profit. Salam sukses…