Jual Benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida


jual benih F1 Prince 07, terong ungu hibrida, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih F1 Prince 07 Terong Ungu

Jual Benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08215222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga promo semua kebutuhan bercocok tanam bagi petani dan hobiis berkebun. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier segala kebutuhan pertanian seperti benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami didukung perusahaan benih dan pestisida terkemuka.

Toko pertanian LMGA Agro online shop siap kirim dan jual benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Jual benih F1 Prince 07 terong ungu hibrida dapat ditanam di dataran rendah samapai menengah. Tahan dari penyakit layu bakteri dan layu jamur, 2 penyakit utama pada tanaman terong.

Jual benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida merupakan produk dari PT Bisi International. Terong ungu benih F1 Prince 07 dapat ditanam di musim penghujan juga di musim kemarau.

Kandungan Gizi Terong Ungu

Sayuran terong ungu ( Solanum melongena ) banyak diolah masyarakat untuk menu masakan sehari-hari. Rasa terong ungu unik namun manfaatnya beragam, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan gizi terong ungu lengkap. Tidak hanya vitamin, terong ungu juga mengandung mineral dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Seporsi terong ungu ± 80 gram mengandung 20 Kalori, 3 gram serat, 1 gram protein dan 5 gram karbohidrat. Mengandung 5% folat, 5% kalium, 10% mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C dari rekomendasi konsumsi harian.

Dibalik kandungan gizi terong ungu yang bermanfaat besar, konsumsi terong ungu berlebihan dapat menimbulkan risiko tersendiri. Makan terong ungu berlebihan menimbulkan beberapa gangguan di tubuh kita. Salah satunya adalah gangguan proses penyerapan zat besi di tubuh kita.

Dalam buah terong mengandung komponen bernama nasunin bersifat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel. Jika kondisi tubuh kita tidak kekurangan zat besi maka dianjurkan tidak terlalu banyak makan terong.

Komponen lain dalam buah terong, yaitu solanin dapat memicu terjadinya inflamasi atau peradangan jaringan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut pengaruh soalanin, namun lebih baik kita waspada dan tidak mengkonsumsi terong terlalu banyak.

Komponen lainnya, oxalate dalam terong ungu bila terlalu banyak dikonsumsi dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Terong ungu juga tidak baik dikonsumsi berlebihan oleh orang dengan risko penyakit batu ginjal tinggi.

Baca Juga : Produk Benih Oriental Seed Mutu Terjamin

Manfaat Sayuran Terong Ungu Bagi Tubuh

  1. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Terong ungu mengandung serta, kalium, vitamin C dan B6 serta fitonutrien. Diyakin dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Terong ungu mengandung antocyanin, bermanfaat menurunkan risiko kematian penderita sakit jantung.
  2. Membantu mengontrol kadar gula darah tubuh. sertakan terong ungu dalam menu kita sehari-hari. Kandungan serat dapat menghambat penyerapan gula di tubuh. Bila penyerapan gula lambat maka kadar gula darah menjadi stabil.
  3. Dapat menurunkan berat badan karena terong ungu rendah kalori dan tinggi serat cocok untuk program diet.
  4. Dipercaya mampu mencegah kanker karena terong ungu mengandung polifenol yang bersifat anti kanker. Kandungan gizi dalam terong ungu dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  5. Membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Karena terong ungu mengandung asam klorogenik yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah.
  6. Manfaat terong ungu menjaga kesehatan organ hati. Karena kandungan antioksidan terutama antocyanin dapat melindungi organ hati dari serangan racun penyebab penyakit.
  7. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak kita. Antioksidan dalam terong ungu bermanfaat melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bermanfaat mencegah peradangan sel saraf dan membantu kelancaran aliran darah ke otak.

Jual Benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida

Deskripsi benih F1 Prince 07 adalah sebagai berikut :

  • Benih dapat ditanam di dataran rendah sampai menengah.
  • Tanaman tegap dan tahan penyakit layu.
  • Bentuk buahnya panjang dan silindris yaitu ± 25 cm, diameter ± 5,2 cm.
  • Buah berwarna ungu dan kelopak berwarna hijau.
  • Berat buah ± 230 g/buah.
  • Panen umur ± 60 hari setelah pindah tanam dan potensi hasil ± 3,5 kg/tanaman.
  • Kebutuhan benih 200 – 300 g/ha dan jarak tanam 70 x 60 cm.
  • Tanaman mencapai ketinggian sekitar 1 meter.
  • Tanaman buah terong ungu Prince 07 memiliki sifat tahan dari serangan layu jamur dan bakteri.
  • Jumlah buah/tanaman sebanyak 20 buah.

Terong ungu termasuk tanaman yang tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Sayuran ini digemari sebagai lalapan atau diolah untuk sayur lodeh bahkan digoreng tepung juga lezat.

Peluang usaha menanam terong ungu belakangan ini semakin meningkat. Karena orang semakin sdar kandungan gizi dalam sayuran terong dan banyaknya beragam menu masakan dari sayuran terong.

Permintaan terong di pasar meningkat dan harga jual cukup satbil sehingga masih terjangkau masyarakat luas. Sehingga membuat petani banyak tertarik untuk membudidayakan tanaman terong.

Cara menanam terong cukup mudah sehingga dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Budidaya terong yang cukup mudah ini bila diseriusi dapat menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Selain panen terong dapat dipakai sendiri, sisanya dapat dijual di pasar atau ditawarkan ke depot/warung makan.

Baca Juga : Jual Alat Kocor tanaman Murah Andalan Petani

Budidaya Terong Ungu Benih F1 Prince 07

jual benih F1 Prince 07, terong ungu, harga promo, toko pertanian, online shop, toko pertanian, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak

Tanaman terong cocok ditanam pada kondisi tanah berlempung pasir. Kisaran nilai pH 6,5 – 7. Tanaman terong menghasilkan produksi maksimal di kisaran suhu 22 – 30 °C. Tanaman terong membutuhkan sinar matahari cukup sehingga cocok ditanam pada musim kemarau.

Benih F1 Prince 07 dapat menjadi bibit berkualitas terong ungu. Banyak keistimewaan dari benih F1 Prince 07 ini mulai dari tanaman kuat dan kokoh. Perawatan tanaman mudah dan benih telah tahan dari penyakit layu. Hasil panen terong ungu F1 Prince 07 ini cukup tinggi.

Persiapan Lahan Budidaya Benih F1 Prince 07

Lahan bersih dari gulma, batu-batuan kecil dan sisa-sisa penanaman sebelumnya. Tanah dibajak sampai gembur. Selanjutnya buat bedeng lebar 90 -100 cm dan tinggi 20 – 25 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan luas dan kondisi lahan.

Sebelum lahan ditanami, cek pH tanah. Bila kurang dari pH 6 berikan Dolomit sebanyak 1 – 2 ton/ha. Biarkan selama 7 – 10 hari, setelah itu taburkan pupuk kandang atau kompos merata ke seluruh bedengan.

Selesai pemberian pupuk kandang, pasang mulsa plastik di permukaan bedeng. Kemudian buat lubang tanam dengan jarak tanamnya 70 x 60 cm untuk penanaman di musim kemarau. Jarak tanam 80 x 90 cm untuk penanaman di musim penghujan.

Baca Juga : Pengolahan Tanah Pada Budidaya Pertanian

Penyemaian Benih F1 Prince 07

Benih F1 Prince 07 harus disemaikan dulu sebelum ditanam di lahan tetap. Cara menyemai benih F1 Prince 07 dibuat di bedengan atau tray semai. Tray semai dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Tersedia ada beberapa jenis tray semai berdasar jumlah lubang tanamnya.

Persemaian benih F1 Prince 07 pada bedeng dengan lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Tanah bedeng adalah campuran tanah, arang sekam dan kompos perbandingan seimbang.

Cara menyemaikan benih F1 Prince 07 adalah dengan menaburkan benih langsung ke bedengan semai yang sudah disiapkan. Benih F1 Prince 07 disemaikan selama 25 – 30 hari. penanaman dilakukan sore hari ke lahan tetap.

Pilih bibit bagus dan sehat, vigor kuat dan daun berwarna hijau segar. Bibit ditanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan dan satu lubang satu bibit. Setelah bibit ditanam, siram dengan air hingga basah.

Pemeliharaan Budidaya Terong Ungu Prince 07 F1

jual benih F1 Prince 07, harga promo, terong ungu, toko pertanian, online shop, lmga agro
Pupuk NPK Untuk Budidaya Terong

Dalam budidaya terong ungu benih F1 Prince 07 pemeliharaan meliputi penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan susulan dan pemasangan ajir.

Penyulaman adalah mengganti bibit mati atau rusak dengan bibit baru yang sehat dan segar. Penyulaman dilakukan 15 HST dan tidak lebih dari itu agar panen bisa dilakukan bersamaan.

Penyiangan dilakukan agar tanaman tidak terganggu dari tumbuhnya gulma atau rumput liar. Penyiangan dilakukan secara manual dengan cara mencabut rumput langsung yang tumbuh dilahan menggunakan tangan.

Penyiraman dilakukan teratur terutama penanaman di musim kemarau. Juga untuk mencegah tanaman mengalami kekeringan. Penyiraman dilakukan pagi dan sore hari tergantung dari kondisi lahan dan tanaman.

Pemberian pupuk susulan dimaksudkan untuk menambah unsur hara bagi tanaman dan dengan harapan tanaman dpat berbuah banyak. Pemupukan dilakukan dengan cara ditaburkan. Namun bila menggunakan mulsa plastik, pupuk diberikan dengan cara dikocorkan.

Pemupukan pertama, pada umur 10 HST dan berikutnya diberikan setiap 1 minggu sekali. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK, TSP, KCl, ZA dan KNO3. Pemberian disesuaikan kebutuhan tanaman.

Pemasangan ajir bertujuan untuk menopang tanaman agar tidak roboh. Pemasangan ajir dilakukan setelah tanaman terong ungu F1 Prince 07 berumur 3 minggu setelah tanam. pemasangan ajir berjarak 5 – 7 cm dari pangkal batang.

Hati-hati saat menancapkan batang ajir, jangan sampai mengenai akar tanaman. Karena bila kena akar dan terluka maka akan mudah bakteri masuk lewat luka. Sehingga tanaman akan mudah terserang penyakit.

Ajir lalu diikatkan pada tanaman menggunakan tali salaran khusus untuk tanaman. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Budidaya Terong Di Polybag

Cara menanam benih F1 Prince 07 bisa juga dilakukan di dalam polybag, bila lahan kita tidak cukup luas. Menanam di polybag dapat kita lakukan di pekarangan rumah atau halaman belakang rumah kita.

Cara budidaya terong di polybag cukup mudah dan cocok untuk usaha berkebun ibu-ibu rumah tangga. Bisa juga sekaligus menjadi usaha rumahan menguntungkan dan menambah pundi-pundi uang kita.

Penanaman di polybag sebaiknya kita harus menyiapkan media tanam yang baik agar tanaman terong nanti dapat berbuah lebat. Media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Pertama, siapkan polybag atau pot yang ada lubang secukupnya di bagian dasarnya. Sebaiknya pakai wadah ukuran besar karena sekalian dilakukan penyemaian benihnya. Hal ini untuk mensiasati lahan yang tidak luas.

Pastikan bahwa tanah yang dipakai adalah tanah gembur dan kaya bahan organik. Setelah diayak halus, masukkan ke polybag/pot yang sudah siap sebelumnya. Media adalah campuran tanah dan sekam padi dengan perbandingan sama.

Kedua, buat lubang tanam setiap polybag dengan kedalaman 1 cm. Masukkan benih F1 Prince 07 dalam lubang dan tutup dengan tanah. Tanah ditepuk-tepuk agar cukup padat. Lalu siram air secukupnya dan penyiraman rutin dilakukan pagi dan sore. Tempatkan polybag di lokasi yang cukup terkena sinar matahari khususnya di pagi hari.

Ketiga, pemupukan budidaya terong ungu benih F1 Prince 07 di polybag yaitu menaburkan pupuk organik agar hasil bisa maksimal.

Keempat, lakukan pengamatan tanaman tanaman setiap harinya. Dimulai dari batang, daun sampai kondisi terong ungu Prince 07. Jika tampak ada yang busuk atau rusak, segera dibuang.

Kelima, bila ada gulma tumbuh segera cabut. Pasanglah ajir di dekat tanaman lalu diikat pada tanaman menggunakan tali salaran. Ajir terbuat dari bambu berfunsi untuk menopang batang terong agar tegak dan tidak roboh.

Baca Juga : Menanam Terong Yuvita Panah Merah

Jual Benih F1 Prince 07 Dapat Ditanam di Musim Kemarau

jual alat pertanian lengkap, jual benih f1 Prince 07, harga promo, terong ungu, toko pertanian, online shop, lmga agro
Alat Kocor Tanaman Praktis dan Murah | LMGA Agro

Musim kemarau bagi petani sayuran dan terong ungu juga, menjadi waktu yang sulit untuk bercocock tanam. Sumber air sulit didapatkan saat musim kemarau tiba. Namun tidak untuk terong ungu benih F1 Prince 07.

Justru pada musim kemarau, terong ungu dapat tumbuh dengan baik. Tanaman terong dapat tumbuh pada suhu udara antara 22 – 30 °C. Tanaman terong menyukai sinar matahari sepanjang hari.

Di musim kemarau, budidaya terong diawali dengan penyemaian benih. Siapkan tempat untuk menyemai yaitu serupa bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Media campuran dari tanah, arang sekam dan kompos ( 1 : 1 : 1 ).

Benih F1 Prince 07 disebarkan diatas bedeng semai lalu tutup dengan tanah tipis-tipis saja. Tutup bedeng dengan daun pisang atau karung goni basah. Bila pentup agak kering, siram dengan air agar kelembaban terjaga.

Benih F1 Prince 07 akan berkecambah pada hari ke-2 dan ke-3. Bukalah pentup benih tadi. Lakukan penyiraman setiap hari sampai umur 10 – 15 hari, bibit dipindahkan ke polybag. Kemudian setelah muncul 4 daun sejati, bibit dipindahkan ke lahan terbuka.

Persiapan lahan dengan cara lahan dicangkul sampai kedalaman 30 cm. Buat bedeng tanaman lebar 1 m dan tinggi 30 cm. Panjangnya disesuaikan luas lahan. Buat lubang tanam sebanyak 2 baris setiap bedeng. Jarak tanam 70 x 60 cm.

Sebagai pupuk dasar, taburkan kompos atau pupuk kandang di atas bedeng. Lalu aduk rata dengan tanah bedeng.

Mengenal Hama Utama Tanaman Terong

  1. Bekicot.

Hama ini menyerang tanaman muda. bekicot memakan batang dan daun terong. Bekicot aktif di malam hari dan banyak menyerang di lahan yang tidak bersih.

Pengendalian : memungut bekicot dimalam hari lalu dibuang jauh dari area. Lahan harus bersih dari rumput gulma dan sampah. Menaburkan nematisida sekitar tanaman seperti Furadan.

2. Ulat Grayak

Hama ini menyerang dengan makan daun terutama daun mudanya. Akibatnya daun menjadi rusak. Berlubang sampai tak tersisa. Tanaman menjadi gundul dan pertumbuhan terhambat.

Kerusakannya sangat cepat karena hama menyerang secara berkelompok dalam jumlah sangat banyak. Ulat grayak juga menyerang bunga dan buah muda sampai bunga menjadi rontok dan tanaman gagal berbuah.

Pengendalian : rotasi tanaman, lahan dibersihkan dari gulma dan penyemprotan menggunakan insektisida. Yaitu Curacron, Regent atau dan Prevathon.

3.  Pengerek Daun

Disebut juga dengan Oteng-oteng, merupakan kumbang daun. Memakan daun muda hingga berlubang dan habis seluruh daun tersisa tinggal tulang daunnya saja. Serangan parah menyebabkan tanaman mati.

Pengendalian : rotasi tanaman, gulma rumput-rumput dibersihkan dan penyemprotan Regent, Decis atau Curacron.

4. Lalat Buah

Lalat menyerang buah terongnya dengan cara menusukkan telur ke dalam buah. Telur nanti akan menetas dan menjadi larva. Larva-larva tadi akan menggerogoti daging buah hingga buah menjadi busuk lalu jatuh.

Pengendalian : rotasi tanaman, lahan bersih dari rumput-rumput liar, memasang perangkap lalat buah dan penyemprotan insektisida.

5. Ulat Tanah

Ulat tanah menyerang di malam hari. Menyerang daun, batang hingga buahnya. Daun yang diserang akan berlubang lalu rusak. Batang yang diserang menjadi terluka dan mudah patah. Bagian buah yang diserang pada tangkai dan kelopak buahnya hingga buah berlubang dan membusuk.

Pengendalian : lahan bersih dari rumput-rumput, rotasi tanaman, mengambili ulat lalu dimatikan. Semprot menggunakan insektisida Curacron atau Prevathon.

Baca Juga : Tips Menggunakan Pestisida yang Baik dan Benar

6. Kutu Kebul

Kutu kebul bergerombol dibalik daun muda dan tua. Bila di daun muda maka daun akan mengkerut, keriting dan tanaman menjadi kerdil. Adanya hama ini dapat dilihat bila tampak kutu berwarna putih, tampak benang-benang halus sperti kapas putih. Bila disentuh benang-benang akan beterbangan.

Pengendalian : rotasi tanaman, lahan bersih dari gulma dan semprotkan akarisida berbahan aktif abamectin. Yaitu Demolish, Agrimex, Alfamex atau Numectin.

7. Kutu Daun ( Aphids )

Hama Aphids menyerang daun muda dan pucuk tanaman dengan cara menghisap cairan daun. Akibatnya daun menjadi keriting dan pertumbuhan terhambat. Serangan dapat ditandai bila banyak semut dibagian pucuk tanaman.

Pengendalian : rotasi tanaman, membersihkan gulma dan penyemprotan akarisida yaitu Demolish, alfamex atau Bamex.

8. Ulat Pengerek Batang

Hama ulat ini menyerang batang dan cabang tanaman muda. Yaitu dengan cara memakan bagian dalam batang tanaman terong hingga tanaman menjadi layu dan mati. Ulat berasal dari larva lalat yang tinggal dalam batang lalu merusak bagian dalam batang.  Batang menjadi layu lalu mati.

Pengendalian : memasang perangkap lalat buah, kebersihan lahan dan penyemprotan insektisida berbahan aktif metomil. Insektisida lalu dicampur dengan insektisida lain berbahan aktif profenofos.

Mengenal Penyakit Utama Tanaman Terong

  1. Bercak Daun

Penyebabnya adalah cendawan Cercospora sp. Penyakit ini mengakibatkan timbul bercak coklat kehitaman di permukaan daun. Daun menjadi layu dan kering.

Pengendalian : pencegahan dengan menggunakan benih F1 berkualitas dan perwatan yang baik. Penyemprotan fungisida sesuai dosis anjuran.

2. Busuk Buah

Disebabkan oleh cendawan Phytopthora sp. menyebabkan buah memiliki bercak coklat kehitaman. buah lalu membusuk dan rontok.

Pengendalian : cara manual dengan memetik buah yang rusak dan dibuang jauh dari kabun. Penyemprotan menggunakan fungisida sesuai anjuran

3. Antraknosa

Disebabkan cendawan Gloesporium melongena. Permukaan daun terkena penyakit ini ada bercak coklat kehitaman, daun keriting dan menggulung.

Pengendalian : mencegah dengan menggunakan hanya benih F1 berkualitas. Melakukan penyemprotan fungisida sesuai anjuran.

4. Rebah Semai

Disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani dan Phytium spp. Menyerang tanaman terong saat di pembibitan hingga bibit menguning, layu dan mati.

Pengendalian : sanitasi kebun dan pemakaian benih berkualitas bebas penyakit. Dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida sesuai dosis anjuran.

5. Layu Bakteri

Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum. Penyakit ini mengakibatkan tanaman menjadi layu dan mati.

Pengendalian : sanitasi lahan, penggunaan benih hibrida berkualitas dan penyemprotan bakterisida sesuai anjuran.

Langkah membersihkan area tanaman dari gulma terbukti dapat menekan serangan hama dan penyakit tanaman. Karena gulma sering menjadi tanaman inang hama pengganggu.

Penyemprotan pestisida harus tepat sasaran dan menggunakan dosis yang tepat. Dosis berlebihan membahayakan lingkungan dan manusia. Juga menyebabkan resistensi hama pengganggu tanaman.

Panen Sayuran Terong Ungu Prince 07

Panen pertama pada budidaya terong ungu Prince 07 pada umur ± 60 HST sejak bibit ditanam. Selanjutnya panen dilakukan 4 – 7 hari sekali. Dalam budidaya terong, sekali musim tanam dapat panen sebanyak 13 – 15 kali panen bahkan bisa lebih.

Waktu tepat untuk panen adalah pagi dan sore hari. Buah terong dipetik bersamaan dengan tangkainya. Buah terong tidak dapat disimpan lama sehingga begitu dipetik harus segera dipasarkan.

Terong sudah dipanen lalu dikelompokkan berdasarkan ukuran dan kondisi kulit. Pengemasan harus dilakukan dengan hati-hati agar kulit terong tidak rusak.

Manfaat terong ungu bisa maksimal bila terong ungu dapat diolah dengan benar. Cuci bersih dan potong kedua ujung buah. Taburi dengan garam bila tidak menyukai rasa pahit pada terong.

Biarkan terong yang sudah ditaburi garam selama 30 menit. Penaburan dengan garam ini juga menyebabkan terong tidak banyak menyerap minyak bila digoreng. Bila akan diolah, cuci lagi terong agar masakan nanti tidak terlalu asin.

Demikian artikel kami judul : Jual Benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida. Hubungi di nomer Kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan budidaya tanaman bagi petani dan hobiis berkebun di rumah.

Produk lengkap dan harga bersaing. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang budidaya tanaman dan permasalahan di lahan. Kami siap antar pesanan Anda benih F1 Prince 07 terong ungu hibrida. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8, POS Indonesia dan lain-lainnya.

Semoga artikel Jual Benih F1 Prince 07 Terong Ungu Hibrida ini bermanfaat dan menjadi peluang usaha bagi Anda. Selamat mencoba cara menanam terong ungu baik di lahan terbuka maupun di polybag. Salam sukses…