Ide Bisnis Dari Berkebun Ini Menjadi Peluang Usaha Menjanjikan


ide bisnis, berkebun sayuran, jual benih sayur, harga promo, toko pertanian, lmga agro, online shop
Ide Bisnis Berkebun Mentimun

Ide Bisnis Dari Berkebun Ini Menjadi Peluang Usaha Menjanjikan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan dalam bercocok tanam dan berkebun. Benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Membantu Anda menyelesaikan permasalahan tentang cara berkebun. Juga segala permasalahan yang ditemui selama di lapangan.

Ide bisnis bisa ditemukan dimana saja. Penting kiranya dalam mewujudkan peluang usaha dengan selalu mencari ide kreatif. Tujuannya untuk meningkatkan usaha dan menambah pundi-pundi keuangan.

Melakukan kegiatan berkebun sayuran dan buah, banyak ide bisnis muncul dan cukup dengan modal kecil. Berkebun bisa jadi hanya sekedar hobi namun dari hobi yang kita cintai ini dapat dijadikan peluang usaha menjanjikan. Bahagia rasanya bila sambil mengerjakan hobi lalu kita mendapatkan tambahan keuangan.

Toko pertanian online LMGA Agro adalah ide bisnis untuk membantu petani. Adanya toko pertanian terdekat memudahkan petani atau para hobi berkebun mendapatkan kebutuhan mereka. Kebutuhan meliputi benih, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian untuk berkebun.

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier bagi petani dan toko pertanian terdekat. Kami mengajak kerjasama untuk dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman oleh jasa ekspedisi JNE, KI8, POS INDONESIA dan lainnya.

Ide Bisnis Kreatif Menuju Kesuksesan

Ide kreatif bisa merupakan ide bisnis dari pikiran sehat dan masuk akal. Seorang pebisnis atau pengusaha menjadi sukses bila mampu menemukan ide bisnis. Sebuah ide muncul dari seseorang yang memandang sesuatu hal positif. Tujuannya untuk mewujudkan mimpi dan memiliki harapan kuat untuk menuju sukses.

Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Namun itu semua perlu usaha untuk mewujudkan menjadi nyata. Sebuah ide bisnis bisa datang dari kebutuhan dan permintaan pasar.

Bila kita jeli melihat kebutuhan dan permintaan pasar, maka ide bisnis bisa muncul. Kemudian akan menjadi peluang bisnis untuk kita mulai. Ide bisnis melihat kebutuhan masyarakat bisa menjadi sangat dibutuhkan masyarakat.

Sehingga bila berhasil kita wujudkan akan menjadi peluang usaha menggiurkan dan menguntungkan. Bisnis bisa berjalan selama kebutuhan dan permintaan pasar tinggi.

Ide bisnis berdasarkan keahlian dan ketrampilan membuat kita berbeda dengan bisnis yang lain. Hal ini akan menguntungkan apalagi bila keahlian tersebut tidak banyak orang bisa.

Persaingan pun akan sedikit sekali. Demikian juga bila ide bisnis didasarkan ketrampilan kita. Ketrampilan yang ada bila dikembangkan akan menjadi suatu usaha menjanjikan di masa depan.

Ide bisnis berdasarkan hobi atau minat menjadi semacam booster untuk kita terus semangat menjalankan bisnis. Ide bisnis berdasarkan hobi membuat pelakunya selalu bersemangat dan betah dalam bekerja. Pengusaha tersebut juga menjadi fokus pada bisnis yang dijalankannya.

Ide bisnis karena jaringan atau relasi adanya tingkat kepercayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi kita maka semakin besar kesempatan dalam menawarkan produk kita.

Ide bisnis juga muncul karena meniru dan mengamati. Ide bisnis muncul dengan melihat bisnis yang sudah berjalan. Ide bisnis ini merupakan usaha paling mudah dilakukan. Mengamati kondisi lingkungan di sekitar kita bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Ide Bisnis Hobi Berkebun

ide bisnis, peluang usaha, berkebun sayuran, organik, toko pertanian, jual benih sayuran, lmga agro
Berkebun Sayuran Hobi Menguntungkan

Banyak ide bisnis muncul lewat hobi berkebun. Namun seringkali sulit direalisasikan karena kesibukan, ketersediaan lahan dan kurangnya pengetahuan.

Kegiatan berkebun dapat dilakukan dimana saja. Bagi yang tinggal di desa, bisa jadi banyak tempat bisa dikelola atau dieksplor.

Sedangkan bila tinggal di perkotaan, manfaatkan saja ruang-ruang sempit di rumah atau sekitarnya. Karena berkebun tidak harus di lahan luas namun bisa juga berkebun dilahan sempit.

Ide bisnis berkebun bisa dengan menanam sayuran, buah-buahan sampai tanaman hias. Asalkan perlu memperhatikan karakteristik masing-masing tanaman. Karena kebutuhan tiap tanaman berbeda, seperti iklim, ketinggian tempat dan jenis tanah.

Ide bisnis berkebun bila tekun menjalankannya akan menjadi ladang penghasilan menjanjikan. Paling tidak, hasil panennya selain dapat kita manfaatkan sendiri juga dapat dijual.

Ide bisnis berkebun cocok bagi ibu rumah tangga dan memiliki halaman luas. Tidak usah berkecil hati bila tidak ada lahan luas. Berkebun menggunakan media tanam hidroponik dapat dilakukan di lahan sempit.

Saat ini, konsumsi sayur dan buah-buahan sudah menjadi gaya hidup masyarakat luas. Kini mereka sudah memahami pentingnya sayur dan buah untuk kesehatan. Tentu saja hal  ini menjadi peluang usaha baru bagi hobiis berkebun.

Kegiatan berkebun perlu memilih dan mendesain area lahannya. Lahan harus dapat mendukung pertumbuhan tanaman. Seperti tanahnya subur, dekat sumber air, iklimnya sesuai dan sinar mataharinya cukup.

Baca Juga : Membuat Media Semai yang Baik dan Benar

Pemeliharaan Tanaman Dalam Berkebun

Jika menggunakan pot atau polybag pilihlah yang sesuai tingginya tanaman. Untuk pot agar menarik, pilihlah pot yang tepat dan memiliki nilai estetika. Karena bukan hanya menjual tanamannya namun bentuk pot akan menambah harga jualnya.

Tanah untuk berkebun harus cukup pupuk kandang dan komposnya. Tanah juga harus bersifat porous dan memiliki kapasitas penahan air yang baik. Pemberian pupuk harus menjadi perhatian.

Pupuk penting untuk menjaga pertumbuhan tanaman untuk tetap sehat. Setiap tanaman memiliki dosis pupuk yang berbeda-beda. Dan kita harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana budidaya masing-masing tanaman. Disarankan untuk memprioritaskan pemakaian pupuk organik agar terbebas dari bahan kimia.

Pengairan atau pemberian air tergantung dari jenis tanaman dan musimnya. Dalam berkebun, tips agar berhasil adalah selalu mengawasi kebutuhan air tanaman. Terlalu banyak dan terlalu sedikit airnya tidak baik karena dapat merusak tanaman.

Untuk memperluas jaringan dan relasi, kita perlu menghadiri suatu forum perkumpulan dan menjadi anggotanya. Yaitu forum berkumpulnya petani dan hobiis berkebun. Tempat berkumpul tersebut, kita akan mendapatkan tips berkebun dari orang-orang berpengalaman. Kita pun bisa sharing tentang permasalahan di kebun.

Baca Juga : Timun Harmony Tahan Virus, buah Hijau dan Tidak Pahit

Ide Bisnis Menjual Hasil Berkebun Organik

ide bisnis, sayuran organik, jual benih sayuran, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Sayur Kubis ( Kol ) F1

Hobi berkebun akan menghemat pengeluaran untuk membeli beberapa sayur dan buah. Sayur dan buah adalah kebutuhan sehari-hari. Seperti cabe, tomat dan sayuran lainnya kadangkala tiba-tiba bisa naik harganya.

Memetik sayur hasil berkebun sendiri tentu mengasyikkan dan tidak perlu repot-repot pergi ke pasar atau supermarket. Hasil sayuran berkebun sendiri secara organik membuat kita yakin bahwa sayur bebas dari bahan kimia berbahaya.

Bila memungkinkan, cobalah untuk menanam lebih banyak untuk kemudian bisa kita jual. Apalagi kemudian kita promosikan lewat media sosial dan memiliki label sayuran dan buah organik bebas residu kimia. Tentu hal ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan untuk masa depan.

Berjualan produk organik bisa menjadi ladang pemasukan kita. Pangsa pasar produk organik cukup tinggi. Karena kini banyak masyarakat memahami pentingnya sayur dan buah terutama bersifat organik.

Bila produk organik telah memiliki label dan brand tersendiri, maka dapat kita tawarkan ke supermarket atau restoran terdekat. Jenis sayuran dan buah organik antara lain brokoli, lobak, kacang panjang, sawi, jeruk, apel, mangga dan masih banyak lagi.

Untuk harga jualnya, produk dari berkebun organik lebih mahal dari sayuran dan buah yang dijual di pasaran. Karena produk berkebun organik lebih higienis dan dijamin aman untuk tubuh.

Baca Juga : Labu madu ( Butternut Squash ) Peacock F1, Buah Manis

Ide Bisnis Menanam Sayuran

Sayuran Brokoli

Benih brokoli hibrida cocok untuk ditanam di kebun sebagai sayuran sehari-hari. Brokoli adalah sejenis kol dengan banyak kandungan nutrisi penting. Jenis brokoli yang banyak ditemui adalah brokoli hijau.

Brokoli hanya hidup di daerah ketinggian 800 – 1000 m dpl. Namun kini dengan perkembangan teknologi, brokoli juga bisa ditanam di pot dan di dataran rendah. bahkan dengan sistem hidroponik dan media yang benar, budidaya brokoli dapat dilakukan.

Benih brokoli ( F1 ) Green Magic dari Sakata Seed Jepang. Umur panen 70 HST dan berat krop 0,7 kg. Hasil maksimal bila ditanam di ketinggian 1000 m dpl ke atas. Tahan penyakit bakteri dan akar gada.

Benih brokoli ( F1 ) Green Super dari Known You Seed. Hasil maksimal di dataran menengah sampai tinggi ( 700 – 1500 m dpl ). Suhu ideal 18 – 28 °C. Umur panen genjah 55 HST dan berat tandan bunga 600 gr tanpa daun. Tahan busuk daun dan jamur.

Baca Juga : Brokoli Green Super Krop Besar

Ide Bisnis Berkebun Sayuran Kacang Panjang

Di Indonesia, kacang panjang biasa dibudidayakan di musim penghujan. Namun kacang panjang juga bisa ditanam di musim kemarau. Hanya saja, di musim hujan, beresiko tinggi bila menanam cabe atau melon.

Kacang panjang lebih tahan bila ditanam di musim hujan. Hal ini bisa menjadi alternatif ide bisnis usaha pertanian kecil-kecilan tanpa keluar biaya perawatan. Tidak perlu ada tenaga kerja untuk penyiraman karena sudah ada air hujan.

Benih kacang panjang Kanton Tavi  Cap Panah Merah. Tahan virus kuning dan bakteri layu ( Bw ). Cocok ditanam di dataran rendah, panjang polong 67 cm. Umur petik 48 – 55 HST.

Benih kacang panjang Parade Tavi  Cap Panah Merah. Panjang polong 70 cm, buah keras dan tidak mudah gembos. Tahan virus kuning dan umur petik 40 HST.

Benih kacang panjang Katrina produk Bintang Citra Asia. Direkomendasikan di dataran rendah sampai tinggi. Panjang 70 cm, buah keras, mengkilap dan tidak mudah gembos. Tahan virus kuning dan dipetik umur 40 HST.

Baca Juga : Benih Kacang Panjang

Ide Bisnis Menanam Petsai ( Sawi Putih )

ide bisnis, jual benih, harga promo, toko pertanian, lmga agro
Benih Hibrida Sawi Putih

Petsai atau sawi putih juga dikenal sebagai Chineese Cabbage. Merupakan tanaman sayur daun famili kubis-kubisan. Sawi putih konon adalah sayuran asal  Tiongkok yang telah dibudidayakan sejak 2500 tahun yang lalu. Orang China atau Tionghoa menjadikan sawi putih bahan utama masakannya.

Hasil produksi maksimal bila ditanam di ketinggian 1000 m dpl dengan suhu 19 – 21 °C. Kelembaban udara antara 80 – 90% dan curah hujan ideal sekitar 100 – 1500 mm/tahun. Bila tidak terpenuhi kondisi tersebut, tanaman petsai masih tumbuh tetapi tidak subur.

Sawi putih harus melewati proses persemaian sebelum ditanam di lahan tetap. Gunakan media semai dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang matang. Perbandingan 3 : 1 atau 2 : 1.

Benih sawi putih F1 Nagaoka dari Takii Seed Jepang. Direkomendasikan ditanam di dataran menengah sampai dataran tinggi ( 500 – 1500 m dpl ). Tahan penyakit busuk hitam dan bercak daun. Umur panen 65 HST dan berat krop 2 kg. Rapat, kuat dan tahan pengangkutan.

Benih sawi putih F1 Eikun dari Takii Seed Jepang. Cocok untuk ditanam di dataran menengah sampai dataran tinggi ( 500 – 1500 m dpl ). Tahan busuk hitam dan bercak daun. Panen umur 65 HST dan berat krop 2 kg. Rapat, kuat dan tahan pengangkutan.

Benih sawi putih F1 Itto dari Takii Seed Jepang. Direkomendasikan ditanam di dataran tinggi. Tahan penyakit akar gada, dipanen umur 55 HST. Berat krop 1,5 – 2 kg/tanaman, rapat, kuat, padat dan tahan pengangkutan.

Ide Bisnis Dengan Berkebun Tanaman Hias

Ide bisnis berkebun tanaman hias cocok bagi yang senang berkebun tanaman hias. Menanam tanaman hias memang membuat hati tenang. Bila berhasil tumbuh dengan baik, setiap hari kita bisa menikmati keindahan tanaman hias. Baik keindahan bunganya maupun daunnya.

Selain memberikan ketenangan hati, berkebun tanaman hias bisa dijadikan peluang usaha menjanjikan. Berkebun tanaman hias menjadi ide bisnis untuk menambah penghasilan keuangan kita.

Salah satu bunga berpotensi untuk ide bisnis sukses adalah tanaman bunga mawar. Bila berhasil mengembangbiakkan dengan sukses dalam jumlah banyak, tangkai-tangkai mawar dapat ditawarkan ke toko bunga. Dalam bentuk buket, harga jual mawar bisa lebih mahal lagi.

Umumnya berkebun tanaman hias dilakukan di dalam pot. Medianya adalah campuran tanah dan pupuk organik ( kompos/kandang ). Pemberian pupuk organik dapat menambahkan mineral dan nutrisi pada media tanaman hias.

Berkebun tanaman hias ada yang ditanam langsung dari biji, anakannya atau yang lain. Perhatian dengan baik proses pembibitannya. Bila bibit sudah siap, maka dapat dipindah ke pot lebih besar. Penyiraman harus dilakukan dengan rutin.

Perawatan tanaman hias berupa penyiraman, pemupukan dan penyemprotan pestisida. Tanaman harus disiram rutin setiap hari sesuai kebutuhan tanaman.

Pupuk diberikan untuk membantu pertumbuhan tanaman hias. Gunakan pupuk organik kompos atau pupuk kandang. Tambahkan  pupuk kimia bila diperlukan.

Tanaman hias juga dapat terserang hama dan penyakit. Sehingga untuk mengatasinya, semprotkan pestisida sesuai jenis hama dan penyakit yang menyerangnya.

Ide Bisnis Membuka Kelas Berkebun

Terpikir untuk membuka kursus berkebun setelah bertahun-tahun menjadi pengusaha bisnis berkebun. Tujuan mulia adalah membagi keahlian dan pengetahuan tentang berkebun ke orang lain atau adik-adik yang ingin belajar. Skill cara menyampaikan ilmu juga dituntut mahir di ide bisnis ini.

Memberikan ilmu tentang cara berkebun dan bercocok tanam dapat dilakukan lewat video Youtube. Dari situ, kita akan mendapatkan keuntungan banyaknya orang yang melihat video tersebut.

Bila cukup punya waktu, buatlah kursus berkebun di rumah. Bisa diadakan di rumah atau lahan kebun kita jika memungkinkan. Tentunya kursus ini berbayar dan dapat dipromosikan lewat media sosial.

Baca Juga : Informasi Pertanian Praktis dan Gratis

Ide Bisnis Berkebun Peluang Usaha Menguntungkan

Hobi berkebun sungguh menguntungkan dan memiliki banyak manfaat. Keuntungannya membuat rumah kita tampak hijau dan sejuk. Berkebun sebagai pengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.

Berkebun dalam lahan sempit dengan cara menanam di dalam pot seperti tabulampot ( tanaman buah dalam pot ). Sistem tanam dalam pot diperlukan tanah gembur, kompos dan sekam dengan perbandingan rata. Media tanam harus bisa mengikat/menyimpan air dengan baik.

Selain menanam dalam pot, metode lain di lahan sempit adalah metode tanam vertikultur. Dari asal namanya, vertikultur adalah menanam memanfaatkan bidang vertikal. Cara menanamnya denagn bentuk bertingkat. Metode vertikultur cocok untuk menanam sayuran saja.

Sayuran untuk metode vertikultur di lahan sempit antara lain : kangkung, seledri, sawi, tomat, pakcoy, petsai dan masih banyak lagi. Sayuran ini nantinya bisa digunakan setiap hari atau bila ingin dijual maka harus menanam dalam jumlah banyak.

Demikian artikel Kami judul : Ide Bisnis Dari Berkebun Ini Menjadi Peluang Usaha Menjanjikan. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menjual semua kebutuhan bercocok tanam petani dan hobiis berkebun.

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih berkualitas, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Sebagai supplier berpengalaman, Kami didukung oleh perushaan benih dan pestisida terkemuka.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama JNE, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain. Semoga artikel Kami dapat menginspirasi sebagai ide bisnis dari berkebun dan menjadi peluang usaha menjanjikan. Selamat mencoba dan salam sukses…