Pestisida Cegah dan Musnahkan Hama Budidaya Tanaman

Pestisida Cegah dan Musnahkan Hama Budidaya Tanaman


Pestisida Cegah dan Musnahkan Hama Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman menjadi usaha pertanian yang sering dilakukan oleh petani di Indonesia karena tingkat kesuburan tanahnya yang tinggi. Usaha pertanian budidaya tanaman dilakukan dengan memanfaatkan benih tanaman yang dirawat dari awal hingga masa panen tiba. Perawatan budidaya tanaman akan mengalami kendala ketika hama tanaman mulai menyerang dan membuat pertumbuhan tanaman terganggu.

Hama tanaman merupakan makhluk hidup yang berada di area budidaya tanaman dan siklus kehidupannya sangat bergantung dengan tanaman budidaya. Hal ini menyebabkan budidaya tanaman menjadi terhambat serta menyebabkan kerugian bagi petani. Cara penanggulangan dari hama tanaman ini bisa menggunakan pestisida organik maupun kimia.

Pestisida Minimalisir Serangan Hama Tanaman

Pestisida atau pembasmi hama adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu. Organisme pengganggu atau biasa disebut hama tanaman memiliki jenis yang berbeda-beda mulai dari jenis serangga hingga mamalia. Beberapa jenis hama disaat menyerang budidaya tanaman juga akan membawa virus yang menyebabkan penyakit pada tanaman.

Cara penanggulangan hama tanaman bisa dilakukan dilakukan dengan cara menanam benih tanaman yang memiliki ketahanan terhadap hama dan virus penyakit. Selain itu juga bisa menggunakan pestisida untuk membasmi hama tanaman yang merugikan bagi budidaya tanaman. Jenis obat hama juga bermacam-macam tergantung dari jenis hama yang menyerang budidaya tanaman.

Penggunaan pestisida pada budidaya tanaman dilakukan oleh petani untuk meminimalisir hingga membasmi serangan hama tanaman pada budidaya tanaman. Obat hama yang digunakan bisa berupa bahan kimia maupun bahan organik yang bisa diracik sendiri oleh petani. Racikan ini bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan untuk menciptakan obat hama organik.

Penggunaan pestisida oleh petani juga harus dilakukan secara benar dan tidak berlebihan agar serangan hama dapat diminimalkan dan dicegah. Meminimalisir serangan hama tanaman menggunakan obat hama akan membuat tanaman terlapisi bahan kimia dan pertumbuhan tanaman tidak terganggu. Hama tanaman akan secara bertahap akan berkurang dan petani terhindar dari kerugian.

Namun dalam beberapa kasus, para petani menggunakan pestisida secara berlebihan dan menyebabkan kerugian bagi budidaya tanamannya. Hal ini dikarenakan penggunaan pestisida secara berlebihan dapat mengakibatkan lingkungan budidaya menjadi tidak sehat dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Selain itu hama tanaman akan mengalami perubahan genetik pada generasi berikutnya dan membuatnya kebal terhadap pestisida.

Oleh karena itu, penggunaan obat hama pada budidaya tanaman harus dilakukan secara bijak dan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Pada prinsipnya pestisida hanyalah obat hama yang bersifat mencegah dan meminimalisir serangan hama tanaman pada budidaya tanaman. Pencegahan hama lebih lanjut bisa dilakukan dengan pembersihan rumput liar dan penutupan lubang yang berpotensi menjadi sarang hama.

Baca Juga : Formulasi dan Cara Penggunaan Pestisida

Hama Budidaya Tanaman Serta Pencegahannya

hama tanaman,wereng,ulat,budidaya tanaman,lmga agro

Hama merupakan makhluk hidup yang memiliki perilaku tidak menguntungkan bagi manusia dan cenderung hadir sebagai pengganggu. Hama pada budidaya tanaman terjadi sebagai proses alami lingkungan dalam menciptakan ekosistem baru hasil penanaman bibit tanaman. Lingkungan lahan budidaya akan menciptakan ekosistem yang berisikan beberapa makhluk hidup yang menguntungkan maupun merugikan.

Makhluk hidup merugikan yang dihasilkan dari penanaman bibit tanaman akan membuat para petani mengalami kerugian. Hama tanaman ini biasa dicegah menggunakan pestisida organik maupun kimia oleh petani. Namun dalam penggunaannya, para petani harus mengetahui jenis hama yang dihadapi seperti yang dijelaskan dibawah.

Hama Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat dari jenis mamalia yang sudah dikenal oleh petani sebagai makhluk perusak budidaya tanaman terutama padi. Hal ini dikarenakan tikus memiliki tingkat adaptasi dan mobilitas yang cukup tinggi sehingga menyulitkan para petani. Kerugian yang dihasilkan oleh serangan tikus ini bisa menyebabkan para petani mengalami gagal panen.

Pencegahan hama tikus bisa dilakukan dengan cara mencari lubang yang disinyalir sebagai tempat tinggal atau sarang tikus. Setelah lubang sudah diketemukan maka langkah selanjutnya adalah menutupnya dengan tanah dan mempersiapkan jebakan tikus didepan lubang. Jebakan tikus ini berfungsi untuk menangkap tikus apabila keluar dari lubang secara tiba-tiba.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan predator alami tikus yaitu ular sawah yang telah dijinakkan sebelumnya. Ular sawah akan membasmi tikus dengan cara memakannya dan membuat para tikus ketakutan dan akhirnya pergi dari ladang persawahan. Selain itu cara lain yang bisa digunakan untuk membasmi tikus adalah dengan memanfaatkan obat hama.

Pestisida yang bisa digunakan untuk membasmi dan menghentikan serangan hama tikus ini berasal dari jenis rodentisida yang dikhusukan untuk tikus. Penggunaan pestisida jenis ini bisa dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan makanan sebagai umpan di area sekitar persawahan. Setelah umpan dimakan maka racun didalamnya akan bekerja dan membuat mati tikus yang merugikan para petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual rodentisida unggulan dengan harga yang terjangkau. LMGA Agro juga menyediakan berbagai sarana pertanian lain seperti benih tanaman dan pupuk pertanian dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi mengenai kendala hama pada budidaya tanaman secara gratis tanpa dipungut biaya.

Hama Ulat

Ulat merupakan hama tanaman jenis serangga yang mempunyai bentuk kecil dan memanjang serta memiliki banyak jenis. Jenis ulat yang diketahui sebagai hama tanaman diantaranya adalah ulat buah, ulat tanah, dan ulat grayak. Hama tanaman jenis ini merugikan tanaman karena memakan beberapa bagian tanaman seperti daun dan batang tanaman.

Cara untuk mengendalikannya terhitung sebagai cara manual yang memerlukan ketelitian tinggi yaitu melakukan pengecekan pada area daun tanaman. Pengecekan ini bisa dilakukan secara efektif dengan mempekerjakan beberapa orang dalam satu lahan budidaya tanaman. Cara ini dilakukan dengan mengambil telur kupu-kupu yang biasanya terletak pada bagian bawah daun.

Cara selanjutnya untuk menanggulangi hama ulat pada budidaya tanaman adalah melakukan penggenangan air pada lahan budidaya. Cara ini dilakukan agar hama ulat tidak dapat naik menuju dan memakan daun tanaman. Hal ini juga membuat ulat mudah dibasmi oleh petani karena akan mengapung di permukaan air.

Apabila cara sebelumnya dirasa belum ampuh untuk membasmi hama ulat, maka penggunaan pestisida bisa menjadi cara terakhir. Pestisida yang digunakan bisa diambil dari jenis insektisida dengan dosis yang tepat agar tidak mengakibatkan efek kebal pada hama ulat. Obat hama jenis ini bisa didapatkan dengan mudah pada toko pertanian online maupun toko pertanian terdekat.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual insektisida untuk hama ulat dengan harga terjangkau. Insektisida yang tersedia dan dijual merupakan produk pestisida unggulan yang sudah teruji. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan varietas benih tanaman buah dan sayuran kualitas unggulan dengan harga terjangkau.

Walang Sangit

Hama selanjutnya yang dapat menyebabkan kerugian bagi para petani ketika melakukan usaha budidaya tanaman adalah walang sangit. Hama dari jenis serangga ini bisa dengan mudah dikenali karena memiliki bau yang tidak sedap dan bergerak dengan cara melompat. Walang sangit sering menyerang budidaya tanaman padi dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada bulir padi.

Pencegahan yang bisa dilakukan oleh petani adalah dengan menerapakan sistem penanaman bibit padi secara serempak. Hal ini dilakukan untuk membuat perkembangan hama walang sangit menjadi terhambat karena kurangnya pasokan makanan yang didapat. Selain itu melakukan tanam serempak juga meminimalisir bertumbuhnya rumput liar yang berpotensi menjadi tempat bertelur walang sangit.

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan musuh alami bagi walang sangit untuk mengurangi populasinya yaitu laba-laba. Laba-laba merupakan predator alami bagi walang sangit dengan cara menangkapnya dengan rangkaian jaring lalu memakannya. Selain itu penanaman jamur tertentu juga bisa mencegah walang sangit untuk menyerang budidaya tanaman.

Penggunaan obat hama jenis insektisida merupakan cara yang dilakukan oleh petani untuk mencegah dan membasmi hama walang sangit. Penggunaan pestisida jenis insektisida ini biasa dilakukan dengan cara disemprotkan pada budidaya tanaman. Hal ini dilakukan agar hama walang sangit bisa dicegah dan populasinya menjadi berkurang.

Wereng

Wereng merupakan jenis serangga yang memiliki banyak jenis seperti wereng coklat, wereng putih, dan wereng hijau. Hama jenis serangga ini pola penyerangannya pada tanaman padi tidak berbeda jauh dengan walang sangit. Perbedaanya adalah hama wereng menyerang tanaman padi dan berpotensi menyebabkan tanaman terkena penyakit.

Pengaturan pola tanam bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah serangan wereng pada budidaya tanaman terutama pada tanaman padi. Hal ini dikarenakan wereng tidak bisa menemukan makanan dan akhirnya populasinya menjadi terhambat. Selain itu perkembang biakkan wereng juga terhambat karena lahan bersih dari rumput liar.

Penggunaan predator bagi wereng juga merupakan cara efektif yang bisa digunakan oleh para petani dalam melindungi budidaya tanaman. Predator wereng bisa berasal dari beberapa jenis serangga seperti kumbang dan laba-laba. Beberapa serangga ini diharapkan dapat mengurangi populasi wereng ayng merugikan petani.

Penggunaan pestisida jenis insektisida juga menjadi pilihan para petani dalam mencegah serangan wereng pada budidaya tanaman. Hal ini dikarenakan obat hama mempunyai bahan yang membuat wereng menjadi tidak berdaya dan mati. Namun penggunaan pestisida juga harus sesuai dosis yang dianjurkan agar tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pestisida

Penggunaan Pestisida yang Baik dan Benar

pestisida,budidaya tanaman,pertanian,obat hama,lmga agro

Pestisida merupakan obat hama yang memiliki bahan baku yang sebagian besar merupakan campuran bahan kimia. Bahan-bahan ini apabila digunakan secara sembarangan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan merugikan bagi para petani. Untuk mencegah kerusakan lingkungan maka penggunaan dari pestisida ini harus dilakukan dengan baik dan benar.

Penggunaan pestisida dengan baik dan benar akan menghasilkan budidaya tanaman yang cukup aman dari serangan hama tanaman. Beberapa cara penggunaan obat hama dengan baik dan benar sudah tertera dengan jelas pada kemasan pestisida. Selain itu penggunaan obat hama yang baik dan benar juga bisa dilihat pada penjelasan berikut ini.

Kenali Hama yang Menyerang

Sebelum menggunakan pestisida pada budidaya tanaman sebaiknya kenali dahulu jenis hama apa yang sedang menyerang tanaman. Hal ini sangat penting dilakukan oleh petani dikarenakan setiap hama tanaman memiliki karakteristik dan cara penanganan yang berbeda-beda. Selain itu setiap hama tanaman memiliki kecenderungan lebih efektif pada salah satu bahan kimia pada kandungan pestisida.

Produk pertanian pestisida memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda walaupun masih dalam satu jenis pestisida yang sama. Hal ini merupakan inovasi dalam bidang pembuatan pestisida agar penggunaannya bisa lebih spesifik. Selain itu para petani juga bisa lebih cepat dan efektif dalam mengatasi serangan hama yang terjadi pada usaha budidaya tanamannya.

Bahan Aktif Pestisida

Pestisida sebagai obat pembasmi dan pencegah hama tanaman mempunyai komposisi yang berupa campuran dari beberapa bahan kimia. Setiap bahan aktif yang terkandung dalam pestisida memiliki fungsi untuk mengendalikan beberapa jenis hama tertentu. Sehingga pengetahuan petani mengenai bahan aktif pestisida juga harus cukup mumpuni guna menghindarkan budidaya tanaman dari serangan hama tanaman.

Pengetahuan petani akan bahan kimia pestisida dapat membantunya dalam mengelola modal usaha yang telah dikeluarkan untuk budidaya tanaman. Pengaruhnya dapat terlihat ketika pembelian pestisida dapat secara efektif langsung mengatasi permasalahan hama pada budidaya tanaman. Hal ini menjadikan petani terhindar dari pembelian sarana pertanian sia-sia dan pembengkakan biaya.

Penggunaan Variasi Pestisida

Pestisida memiliki variasi yang berbeda maupun masih dalam satu jenis yang sama, perbedaannya bisa terjadi pada cara kerja dan bahan aktifnya. Perbedaan pada bahan aktif pestisida berguna untuk menghindari hama tanaman memiliki sifat kebal terhadap racun hama. Apabila secara terus menerus menggunakan bahan aktif yang sama maka hama akan beradaptasi untuk menjadi kebal terhadapnya.

Hal ini tentunya akan merugikan bagi petani dikarenakan hama tanaman akan tetap hidup walaupun sudah disemprot pestisida. Pencegahan kekebalan hama tanaman terhadap pestisida bisa dilakukan dengan penggunaan pestisida secara bergantian. Bahan aktif dan cara kerja pada pestisida bisa berbeda namun tetap ampuh dalam membasmi satu jenis hama tanaman.

Membaca Petunjuk Produk

Hal penting yang hampir selalu diabaikan oleh petani adalah membaca petunjuk penggunaan pada produk pertanian yang sudah tertera pada kemasan. Petunjuk pemakaian merupakan rincian sederhana yang berguna bagi penggunaan semua produk pertanian termasuk pestisida. Rincian ini biasanya terletak pada bagian belakang bungkus produk pertanian seperti pestisida.

Didalam petunjuk penggunaan sudah tertera secara lengkap tentang bagaimana penggunaan pestisida secara benar pada budidaya tanaman. Dalam petunjuk penggunaan terdapat rincian bahan aktif yang digunakan hingga hama sasaran yang cocok dengan produk. Selain itu petunjuk penggunaan produk juga telah merinci tentang dosis yang harus dipatuhi oleh petani agar hasilnya bisa maksimal.

Baca Juga : Cara Menyimpan Pestisida yang Baik dan Benar

Demikian artikel tentang Pestisida Cegah dan Musnahkan Hama Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Pestisida ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.