Usaha Pertanian Di Desa Menyenangkan dan Menjanjikan


usaha pertanian, toko pertanian, toko online, lmga agro, jual benih, harga promo
Usaha Pertanian di Desa Menjanjikan

Usaha Pertanian Di Desa Menyenangkan dan Menjanjikan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro lengkap dan harga promo. Tersedia benih, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian dengan harga bersaing.

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Konsultasi mengenai permasalahan di lapangan. Kami berpengalaman terpercaya sebagai supplier penyedia alat dan bahan pertanian. Kami mendapat dukungan dari pabrik pertanian benih, pestisida dan alat pertanian.

Pedesaan memiliki sumber daya alam potensial dengan kesejukan alamnya. Tanah di desa juga kebanyakan masih subur dan luas. Potensi demikian sayang sekali bila tidak dimanfaatkan. Masih banyak peluang usaha pertanian terbuka lebar. Tinggal keuletan dan kreatif dari pelakunya.

Kehidupan di desa dapat dimanfaatkan sebagai usaha pertanian. Yaitu berupa investasi jangka panjang dan sangat potensial. Sehingga usaha pertanian apapun bisa menghasilkan dan pasti menyenangkan.

Kenyamanan Usaha Pertanian di Desa

Di desa kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai petani. Penghasilan sebagai petani pastinya tidak tetap karena hanya mendapatkan uang saat panen saja.

Faktanya, meski memegang uang saat panen, masyarakat desa tetap bisa menjalani kehidupan dengan normal. Mereka tetap bisa bahagia dan menikmati hidup. Tidak banyak godaan kehidupan di desa.

Kehidupan di desa dikenal dengan sifat sosialnya yang tinggi. Bisa dilihat dari maraknya kegiatan kerja bakti atau gotong royong di desa. Antar tetangga juga saling mengenal sangat dekat. Saling sapa bila berpapasan di jalan sudah biasa terjadi di desa.

Kenyamanan lekat dengan kehidupan di desa yang jauh dari keramaian dan kemacetan seperti di kota. Di desa pemandangan persawahan, kebun bahkan juga hutan juga ada. Ketenangan dan kenyamanan kehidupan di desa menambah panjang umur kita.

Polusi udara tidak ada di desa dan masyarakatnya terbiasa makan langsung dari alam. Masyarakat desa tidak terbiasa bermalas-malasan dan berdiam diri. Baik usia telah lanjut maupun para pemudanya. Baik laki-laki maupun perempuan semua bekerja meskipun sedikit yang mereka peroleh.

Karena pendapatannya tidak pasti tersebut menuntut masyarakat desa untuk terus mengais rejeki. Menanam sayur-sayuran untuk dimasak sendiri setiap harinya. Merawat ternak untuk sewaktu-waktu dimanfaatkan seperti ayam, lele, bebek, angsa, kambing dan lain-lain.

Baca Juga : Budidaya Melon Pertiwi Anvi Potensi Panen Hingga 54 Ton

Membuka Usaha Pertanian di Desa

usaha pertanian, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Toko Pertanian Online

Pertanian merupakan kegiatan manusia dengan memanfaatkan sumber daya hayati. Kegiatan ini menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri atau sumber energi. Dan selanjutnya digunakan untuk mengelola kehidupannya sendiri.

Kegiatan budidaya tanaman dan bercocok tanam termasuk dalam memanfaatkan sumber daya hayati. Memelihara dan membesarkan hewan ternak juga termasuk kegiatan pertanian.

Ada banyak macam usaha pertanian mulai dari usaha modal kecil hingga besar. Juga ada usaha pertanian yang cukup dikerjakan di rumah. Petani juga berani untuk berinovasi dan menggunakan alat-alat modern. Mereka mau menerima perubahan terbaru untuk tujuan meningkatkan hasil produksi.

Untuk menjadi petani tidak harus mempunyai lahan dengan luas berhektar-hektar. Karena dengan luas tanah beberapa meter saja, usaha pertanian sudah bisa dijalankan. Bahkan bisa menerapkan pertanian modern seperti hidroponik.

Usaha pertanian di desa identik dengan persawahan dan tegalan. Petani umumnya menanam tanaman pangan seperti padi, jagung, ketela pohon dan kedelai. Tanaman lain seperti tanaman buah dan sayur dapat dilakukan setelah panen tanaman padi. Sistem tanam demikian disebut rotasi tanaman, yaitu menanam pangan lalu non pangan.

Usaha pertanian berikut ini menyenangkan untuk dikerjakan dan pastinya menguntungkan. Usaha pertanian ini layak Anda coba selain menanam tanaman pangan.

Baca Juga : Melon Apollo Peluang Emas Petani Melon

Usaha Pertanian Menanam Rempah-Rempah

Rempah-rempah Indonesia sudah terkenal hingga ke manca negara. Dulu Indonesia dijajah karena rempah-rempahnya. Kini rempah-rempah Indonesia tetap dilirik untuk diimpor.

Rempagh-rempah menyebabkan masakan Indonesia sangat lezat. Rempah-rempah merupakan bumbu komplit. Tanaman rempah-rempah tumbuh subur di Indonesia dan jenisnya banyak sekali.

Menanam rempah-rempah cocok untuk dijadikan usaha pertanian menjanjikan. Dan pasti usaha pertanian ini akan menguntungkan karena disukai juga oleh pasar luar negeri.

Rempah-rempah digunakan dalam jumlah kecil sebagai pengawet atau perasa makanan. Aroma dan rasa dari rempah-rempah sangat kuat. Tanaman rempah yang banyak diusahakan adalah ketumbar, cengkeh, merica atau lada. Kayu manis, kencur, jahe, pala, bawang-bawangan, kemiri, jinten dan masih banyak lagi.

Usaha pertanian menanam rempah tidak butuh banyak perawatan. Tanaman ini bisa tumbuh di dalam maupun di luar ruangan, di pot atau di tanah. Usaha bisnis ini Anda harus tentukan tanaman mana akan ditanam. Sebagai awal, bisa mencoba menanam satu atau dua tanaman rempah dulu.

Bila Anda memilih menanam tanaman rempah di luar ruangan, perhitungkan iklim dan tanahnya. Anda harus mengetahui tanaman rempah apa akan cocok tumbuh di daerah tempat tinggal kita. Kebanyakan tanaman rempah membutuhkan sinar matahari langsung.

Cara menanam tanaman rempah di bedengan menggunakan jarak tanam 15 – 30 cm. Komposisi tanah dalam pot merupakan faktor penting usaha pertanian ini. Tanahnya tidah harus subur, memiliki pH netral. Tanah harus gembur dan drainase berjalan baik.

Usaha Pembibitan Menggunakan Benih Hibrida

Pembibitan merupakan usaha pertanian menyenangkan untuk Anda pilih. Usaha pertanian ini tidak membutuhkan lahan luas karena bisa ditanam di polybag plastik. Bibit banyak dicari baik oleh petani maupun masyarakat umum. Kebanyakan orang ingin menanam tanaman tertentu di pekarangan rumahnya.

Usaha pertanian pembibitan juga dapat dijadikan usaha rumahan bila mempunyai halaman agak luas. Sediakan jenis bibit paling sering dicari warga sekitar dan sesuaikan dengan modal yang ada.

Usaha pertanian pembibitan tidak dibatasi oleh masa kadaluarsa. Karena semakin besar bibit yang dijual maka harga jualnya pun ikut naik pula. Bibit sayur dan buah-buahan merupakan bibit paling dicari pembeli. Bibit mangga manalagi, mangga gadung, rambutan, alpukat salah satu bibit buah paling dicari.

Menjalankan usaha pertanian pembibitan seperti membangun kepercayaan bagi konsumen. Sekali pembeli merasa terpuaskan baik pelayanan maupun kualitas bibit maka akan loyal terhadap kita. Karena itu sebagai pemilik usaha, bangunlah reputasi dan kepercayaan pelanggan.

Benih hibrida banyak terdapat di toko pertanian. Bila tempat tinggal Anda jauh dari toko pertanian, sekarang banyak benih hibrida dijual secara online. Anda bisa mendapatkan benih hibrida lengkap hanya di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Benih merupakan awal dari pertumbuhan tanaman kedepannya. Bila dari awal benih sudah berkualitas maka saat disemaikan menjadi bibit pun akan tumbuh baik pula. Selanjutnya pembibitan juga akan berjalan dengan baik. Banyak pelanggan akan terpuaskan dengan kualitas bibit usaha kita.

Usaha Pertanian Budidaya Tanaman

Usaha pertanian dengan melakukan budidaya tanaman tetap dianggap menjanjikan sampai kapanpun selama masih dibutuhkan. Permintaan pasar akan kebutuhan pangan, sayur dan buah-buahan semakin tinggi. Masyarakat kini semakin sadar pentingnya kandungan gizi dari sayur dan buah-buahan.

Di desa, anda bisa melakukan usaha pertanian melakukan budidaya tanaman selain tanaman pangan. Ditambah bila Anda memiliki lahan cukup luas, dapat menjadi modal awal usaha. Beberapa tanaman dibawah ini usaha pertanian menguntungkan dan mudah dilakukan.

Tanaman sayur dan buah dibawah ini dapat Anda coba. Juga sebagai alernatif mendirikan usaha pertanian menyenangkan dan menjanjikan. Tanaman-tanaman ini memiliki durasi panen cepat sehingga petani dapat segera mendapatkan untung.

Baca Juga : Cabai Columbus Tips dan Trik Memilih Serta Mendapatkan 

Usaha Pertanian  Budidaya Sayur Bayam

Tanaman bayam merupakan komoditi sayuran potensial. Setiap hari bayam ada di pasar dan dalam jumlah banyak. dalam waktu singkat, bayam ludes terjual oleh para pembelinya. Bayam mudah tumbuh bahkan banyak ditemui tumbuh liar di berbagai tempat. Bayam mudah pula perawatannya.

Dengan usaha pertanian sayuran segar ini pasti akan menguntungkan Anda. Selain cepat panen, cara panennya pun mudah. Ada yang dipotong bagian batang dan daunnya saja. Ada juga jenis bayam daun kecil yang dicabut sampai akarnya. Bayam berdaun kecil ini cocok bila dimasak sebagai sayur bening.

Persiapan tanam bayam dengan melakukan pencangkulan tanah sedalam 20 – 30 cm. Lebar bedengan 100 – 150 cm dan panjang disesuaikan luas lahan. Jarak antar bedengan 30 cm digunakan untuk saluran air.

Benih bayam hibrida disebar pada bedengan, lalu tutup dengan pupuk kandang. Tutupi dengan jerami tipis saja. Bila benih sudah berkecambah, singkirkan jerami.

Pemeliharaan berupa penyiraman rutin dan bersihkan gulma bila ada. Pemupukan dimulai saat umur 10 hari sesudah penyebaran benih. Pemupukan menggunakan Urea sebanyak 25 gram/10 m². Cara pemberian pupuk yaitu urea disebar merata atau bisa dengan cara dilarutkan dalam air. Lalu pupuk disiramkan.

Pemupukan kedua saat umur 20 hari. Banyaknya pupuk yang diberikan sama dengan pemupukan pertama. Dalam waktu 1 bulan, tinggi bayam mencapai 15 – 20 cm dan siap dipetik.

Waktu paling tepat panen adalah pagi atau sore hari. Saat tersebut suhu udara tidak begitu panas. Jika sudah siap panen, bayam harus segera di petik. Jika terlalu lama, jadinya tekstur bayam menjadi keras dan kurang enak.

Usaha Pertanian Menanam Cabai

cabe phoenix 55 f1, usaha pertanian, benih hibrida, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Hibrida Usaha Menanam Cabe

Cabe merupakan sayuran favorit dan banyak dicari. Perubahan harga beli sedikit saja sudah menghebohkan pelosok negeri hingga menjadi berita nasional. Cabe sangat bermanfaat sebagai penambah cita rasa pedas pada masakan. Harga cabe terkenal sangat fluktuatif dan tidak pernah stabil.

Harga cabe seringnya memang cenderung naik. Level kenaikannya bisa sangat tingi dengan tiba-tiba. Banyak petani karena hal ini selalu ingin mengeruk banyak keuntungan usaha pertanian budidaya cabe. Investasi modal dari benih, bibit dan perawatan terlunasi dari penjualan hasil panen cabe.

Benih cabe hibrida banyak sekali jenisnya, baik cabe rawit, besar maupun keriting. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dan hasil panennya tinggi. Setiap orang hingga leruh wilayah negeri ini membutuhkan cabe untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah menjadikan potensi penjualan cabe menguntungkan dan menjanjikan.

Cabe dapat ditanam juga di halaman rumah, di pot, polybag atau di petak tanah langsung. Petani dapat menanam cabe setelah panen padi, memanfaatkan lahan kosong. Atau bagi yang hobi berkebun, dapat menanam cabe di halaman rumah. Dapat ditanam dari benih hasil persemaian dulu atau membeli bibit cabe di pembibitan.

Pilihlah benih cabe berkualitas dan bebas penyakit. Sehingga nanti akan diperoleh bibit sehat pula. Selanjutnya perawatan cabe dapat dilakukan dengan mudah. Benih cabe terbaik dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai budidaya cabe yang baik dan benar.

Baca Juga : Benih Cabai Arimbi 85 Tahan Virus dan Hasil Tinggi

Usaha Pertanian Budidaya Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang gampang penanamannya dan perawatannya. Kuncinya hanya pada suplai air yang cukup. Kangkung dapat ditanam di sawah maupun tegalan.

Tanaman kangkung menguntungkan sebagai usaha pertanian. Kangkung juga mengandung gizi tinggi dan bermanfaat untuk tubuh kita. Karena itu, kangkung selalu ada di pasar dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat selalu habis terjual.

Usaha pertanian kangkung dapat dilakukan dengan luasan kecil yaitu sekitar 600 m². Kangkung dapat dipanen dalam waktu 21 hari. Perawatan kangkung cukup 2 jam/hari dan panennya dilakukan bergiliran. Sehingga produksi berkelanjutan dan pendapatan bisa tinggi.

Pemasaran sayuran kangkung sangat mudah karena dapat dijual langsung ke konsumen. Atau tengkulak yang mampu membeli kangkung petani dalam jumlah besar. Ada 2 jenis kangkung yaitu kangkung darat dan air.

Kangkung darat disebut juga kangkung cina  dan kangkung air tumbuh alami di sawah, parit atau rawa.  Kangkung darat tumbuh di lahan kering, batangnya kecil putih kehijauan. Daun tipis dan lunak, jika dimasak cepat layu.

Kangkung air tumbuh di daerah basah, batang lebih besar dan berwarna hijau gelap. Daun lebih lebar dan agak keras sehingga lebih lama layu bila dimasak.

Usaha Pertanian Tanaman Timun

Timun banyak dicari oleh pembeli baik dipasar maupun supermarket. Manfaat timun banyak dan memiliki kandungan gizi tinggi pula. Menanam timun cepat panennya, hanya butuh beberapa minggu saja. Alasan cepat panen inilah, petani memilih menanam timun setelah panen padi.

Timun lokal banyak dipilih petani untuk dijadikan usaha pertanian. Timun lokal kulit buahnya bergaris-garis hijau dan putih. Timun lokal tumbuhnya merambat seperti semangka, melon dan labu. Timun banyak disukai karena kandungan airnya banyak ( 90% ) cocok untuk mencegah dehidrasi.

Cara menanam timun dilakukan pada tanah tidak kering, sedikit basah dan gembur. Perawatan timun tidak banyak membutuhkan pupuk. Usaha pertanian budidaya timun sebaiknya dilakukan saat musim hujan berakhir. Saat tersebut dapat meningkatkan jumlah dan kualitas timun. Namun timun harus sering disiram.

Buah timun sebaiknya dipanen sebelum matang tapi jangan juga terlalu muda. Hal tersebut agar rasa timunnya tetap segar dan tidak pahit. Menanam timun harus disemaikan dulu. Gunakan benih timun hibrida untuk mendapatkan buah berkualitas dan hasilnya maksimal.

Benih hibrida dapat dibeli di toko pertanian. Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih timun hibrida, buah berkualitas dan tahan penyakit. Harga bersaing dan sedang promo.

Usaha pertanian menanam timun dapat ditanam secara organik maupun an-organik. Menanam timun organik, Anda tidak memberikan pupuk kimiawi. Namun diganti dengan pupuk kandang atau diberi bakteri pengurai.

Selain ditanam di tanah, Anda dapat menanam timun di pot atau polybag untuk kemudian bisa Anda jual. Pot atau polybag menggunakan ukuran besar dengan diameter sekitar 50 cm. Medianya berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan sama.

Baca Juga : Benih Timun Warrior F1 Tahan Virus

Usaha Pertanian Sayur Caisim

Caisim adalah sayuran sawi. Sawi banyak sekali manfaatnya untuk membuat masakan. Sayur caisim biasanya ditambahkan dalam makanan bakso, mie ayam dan lain-lain.

Menanam caisim mudah dan pertumbuhannya sangat cepat. Perawatan caisim tidak boleh terlambat memberi air. Caisim menjadi pendukung utama usaha kuliner terutama untuk masakan Cina. Sehingga peluang usaha pertanian menanam caisim sangat menjanjikan. Caisim atau sawi ini banyak terdapat di pasar juga supermarket.

Usaha pertanian menanam caisim di tanah lempung berpasir, gembur, subur dan mengandung bahan otganik. Tanah memiliki pH optimum 6 – 6,8. Lahan harus memiliki saluran irigasi dan drainase baik serta sinar matahari cukup. Idealnya lahan berada di ketinggian tempat 100 – 1000 m dpl.

Usaha pertanian menanam caisim dapat dipanen setelah 30 -35 hari sejak penanaman bibit. Cara panen caisim dilakukann dengan 2 cara. Satu, dengan cara memotong pangkal batang dengan pisau tajam. Kedua yaitu mencabut seluruh tanaman berikut akarnya. Jangan sampai terlambat panen caisim, karena akan tumbuh bunga dan caisim menjadi agak pahit.

Usaha Pertanian Menanam Pare

Tanaman Pare atau Paria terkenal sebagai buah pahit namun bila dimasak akan lezat sekali. Meskipun rasanya pahit namun pare banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat Pare dapat merangsang nafsu makan dan menyembuhkan penyakit kuning.

Di pasar, permintaan buah Pare cukup tinggi. Sehingga petani tertarik untuk membudidayakannya karena harganya juga cukup tinggi. Masa panen Pare cepat dan cara budidayanya juga mudah. Dengan menanam Pare di lahan seluas ¼ hektar, petani sering sampai panen selama 3 hari. Sehingga dalam 1 bulan, panen sebanyak 10 kali. Saat panen tiba, pemetikan dilakukan rutin 3 – 4 hari sekali.

Perawatan tanaman pare mudah, terpenting tanah tidak kering dan sering mendapat air. Masa tanam terbaik antara bulan Maret – April. Maksimal di bulan Juni karena curah hujan masih cukup tinggi. Cook ditanam di daerah dataran rendah.

Kendala usaha pertanian ini adalah penyakit tanaman pare busuk buah. Penyakit tersebut  disebabkan karena lalat sebagai vektornya.

Usaha Pertanian Menanam Tomat

Tomat di pasaran sangat laris dan permintaanya tidak pernah surut. Meskipun harganya naik turun tapi masih sangat terjangkau oleh masyarakat. Manfaat tomat banyak sekali untuk masakan dan bagi kesehatan tubuh.

Menanam tomat tidak sulit, hanya perlu penyiraman cukup dan perlindungan dari serangan hama dan penyakit. Untuk pengendalian dari hama dan penyakit, petani melakukan penyemprotan pestisida. Hal tersebut dengan tujuan agar tanaman tumbuh baik dan hasilnya bisa maksimal.

Panen tomat bisa dilakukan berulang-ulang sehingga keuntungan juga berlipat-lipat. Usaha pertanian tomat bisa Anda jual ke pabrik industri juga. Seperti industri pembuat saos.

Usaha pertanian menanam tomat harus mementingkan kesuburan tanahnya agar mendapat hasil melimpah. Pilih lahan tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Tanah juga memiliki pH 7.

Menanam tomat harus melalui proses persemaian dulu. Pilih benih tomat berkualitas, baik dan tahan virus. Dapat dibeli di toko pertanian terdekat tempat tinggal Anda. Atau agar lebih efisien, kini banyak benih dibeli lewat online. Toko pertanian LMGA Agro jual benih tomat hibrida secara online.

Usaha Pertanian Menanam Kacang Panjang

Usaha pertanian ini cocok Anda coba di desa. Menanam kacang panjang mudah karena tidak membutuhkan lokasi yang pilih-pilih. Terpenting bagi kacang panjang adalah asupan airnya cukup setiap harinya.

Sayuran ini sangat laris di pasaran karena masyarakat suka mengkonsumsinya bentuk segar maupun olahan sayur. Umur panen kacang panjang cepat jika perawatannya tepat. Budidaya kacang panjang harus melewati proses persemaian benih dulu. Benih hibrida dapat dibeli di toko pertanian.

Pemeliharaan kacang panjang tidak rumit, meliputi penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan, pemangkasan dan pengajiran. Umur panen sekitar 45 hari setelah penanaman bibit.

Kacang panjang siap dipanen saat ukurannya sebesar pensil dan berwarna hijau. jangan tunggu kacang sampai berwarna terang. Itulah tanda bahwa kacang pangjang tua dan rasanya tidak enak.

Masih banyak tanaman sayuran buah lain dan bisa Anda pilih sebagai usaha pertanian di desa. Karena Indonesia kaya akan produk buah dan sayurnya. Usaha pertanian di desa ini dapat dilakukan baik lahan skala besar maupun sempit.

Telah banyak petani di desa berhasil dan memperoleh keuntungan dari hasil taninya. Inilah perlunya semagat kerja keras dan pantang menyerah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Demikian artikel dengan judul Usaha Pertanian di Desa Menyenangkan dan menjanjikan. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih, pupuk, pestisida dan lain-lain. Barang lengkap, harga bersaing dan promo.

Toko Pertanian LMGA Agro mendukung usaha pertanian di desa. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan tentang hal-hal seputar bercocok tanam. Kami siap kirim pesanan ke seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel usaha pertanian di desa ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan salam sukses…