ZPT Sarana Pertanian Pendukung Budidaya Tanaman

ZPT Sarana Pertanian Pendukung Budidaya Tanaman


ZPT Sarana Pertanian Pendukung Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman sudah menjadi usaha pertanian yang mayoritas dikerjakan oleh pelaku usaha seperti para petani. Petani melakukan budidaya tanaman dengan memanfaatkan berbagai sarana pertanian seperti benih tanaman dan pupuk pertanian yang memiliki kualitas unggulan. Selain benih tanaman dan pupuk pertanian, terdapat sarana pertanian pendukung seperti zat pengatur tumbuh atau biasa disebut ZPT.

ZPT merupakan sarana pertanian pendukung budidaya tanaman yang mulai sering digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Para petani menggunakan ZPT guna meningkatkan kualitas tumbuh tanaman dan kualitas hasil panen menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan ZPT sekarang menjadi lebih mudah karena tersedia di toko pertanian terdekat.

ZPT Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Zat pengatur tumbuh atau biasa disingkat dengan ZPT merupakan zat yang berisikan beberapa hormon yang berguna meningkatkan kualitas tumbuh tanaman. Kualitas tumbuh tanaman merupakan hal penting yang bisa menentukan keuntungan penjualan hasil panen petani. Apabila keuntungan semakin meningkat maka kesejahteraan petani Indonesia bisa ikut meningkat.

ZPT atau biasa disebut hormon tanaman memiliki jenis yang berbeda – beda mulai dari giberelin, auksin, hingga sitokinin. Berbagai macam jenis hormon tanaman tersebut memiliki manfaat – manfaat tersendiri bagi kualitas pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan tanaman bisa lebih baik lagi apabila terdapat hormon tanaman didalamnya karena memiliki manfaat yang beragam.

Beberapa manfaat yang didapat dari zat pengatur tumbuh atau ZPT diantaranya dapat mempercepat proses perkecambahan. Proses perkecambahan merupakan proses dimana benih tanaman mulai bertumbuh hingga menjadi bibit yang siap ditanam pada lahan budidaya. Bibit tanaman yang memiliki fase perkecambahan baik berpotensi memiliki pertumbuhan yang baik pula hingga masa panen berlangsung.

Pembentukan bunga dan buah pada budidaya tanaman sebenarnya dapat berlangsung tanpa pemberian zat pengatur tumbuh atau ZPT. Pemberian ZPT pada tanaman juga berfungsi merangsang pertumbuhan bunga dan buah dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu pemberian zat pengatur tumbuh pada tanaman budidaya juga menunda pengguguran daun tanaman.

Pengaruh pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik karena pemberian zat pengatur tumbuh atau ZPT sebenarnya dipengaruhi kandungan fitohormon didalamnya. Fitohormon merupakan jenis hormon yang sebenarnya sudah terdapat dalam seluruh bagian tanaman dari akar hingga buah. Fitohormon memiliki fungsi sebagai pemicu pertumbuhan dan dapat merubah fisiologi pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kandungan fitohormon pada tanaman tidak sama dan berpengaruh pada kualitas pertumbuhan tanaman hingga masa panen tiba. Oleh karena itu perkembangan industri pertanian mulai menciptakan suatu bioteknologi bernama ZPT. Kualitas dan kuantitas hasil panen bisa lebih menguntungkan petani apabila memberikan dosis ZPT yang tepat dan tidak berlebihan.

Baca Juga : ZPT Penyedia Hormon Pertumbuhan Budidaya Tanaman

Jenis dan Manfaat ZPT Pada Budidaya Tanaman

zpt, giberelin, sitokinin, hormon tanaman, budidaya tanaman

ZPT atau zat pengatur tumbuh merupakan sarana pertanian yang dibutuhkan oleh budidaya tanaman agar memiliki kualitas pertumbuhan yang baik. Kualitas pertumbuhan tanaman yang baik akan menghasilkan panen yang memiliki keuntungan melimpah bagi pelaku usaha seperti petani. Namun ZPT memiliki beberapa jenis dan perlu diketahui oleh para pelaku usaha agar dapat menggunakannya secara tepat.

Jenis jenis ZPT memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda bagi kualitas pertumbuhan tanaman. Terdapat beberapa ZPT yang memiliki manfaat dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman serta mempercepat perkecambahan pada benih tanaman. Selain terdapat banyak manfaat lain dari penggunaan ZPT pada tanaman yang bisa dibaca dibawah ini.

Auksin

Auksin merupakan jenis ZPT yang sering ditemukan pada bagian ujung batang dan akar pada tanaman budidaya. Zat ini sebenarnya bisa diproduksi sendiri oleh tanaman secara alami yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan pada tanaman budidaya. Selain itu zat auksin juga berfungsi untuk mengatur hormon lain yang terdapat pada tanaman.

Zat auksin sebagai jenis ZPT berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman agar lebih baik, termasuk pada masa awal pertumbuhan tanaman. Auksin memiliki fungsi untuk memanjangkan akar dan tunas pada benih tanaman seperti pada percobaan penumbuhan biji kacang hijau. Biji kacang hijau bisa lebih cepat tumbuh apabila ditempatkan pada ruangan yang minim sinar matahari.

Fungsi lain dari auksin sebagai salah satu jenis dari ZPT adalah dapat memaksimalkan pertumbuhan batang pada tanaman yang dibudidayakan. Kadar auksin yang mempunyai dosis tepat dan cukup akan berperan penting pada pemanjangan sel batang hingga dapat tumbuh maksimal. Hal ini bisa berakibat sebaliknya apabila konsentrasi zat auksin berlebihan yaitu menghambat pertumbuhan batang.

Pertumbuhan daun pada tanaman budidaya juga merupakan fungsi dari adanya produksi ZPT auksin didalam tubuh tanaman. Tumbuhnya daun ini memiliki dampak positif pada pertumbuhan tanaman karena dapat melakukan proses fotosintesis. Hasil nutrisi dari proses fotosintesis pada daun tanaman bisa disalurkan ke seluruh bagian tanaman untuk meningkatkan kualitas tanaman.

Hal yang selama ini dikeluhkan oleh para pelaku usaha dalam mengelola budidaya tanaman adalah rontoknya buah dan daun yang belum waktunya. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan ZPT auksin yang minim pada tanaman. Karena auksin mempunyai fungsi untuk membentuk dinding sel primer dan memelihara elastisitas dinding sel sehingga menghambat rontoknya daun dan buah.

Giberellin

Giberelin merupakan salah satu jenis ZPT yang terdapat pada semua jenis tanaman budidaya, karena memiliki fungsi yang hampir sama. Fungsi utama dari giberelin ini adalah mengatur perkecambahan benih tanaman hingga memicu tumbunya bunga pada tanaman budidaya. Zat giberelin pada tanaman juga dikenal dengan sebutan asam giberelat dan memiliki dua fase utama yaitu giberelin aktif dan nonaktif.

Fungsi yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman budidaya sebagian besar terdapat pada fase ZPT giberelin aktif. Giberelin aktif pada tanaman dapat mengontrol pertumbuhan tanaman seperti pertumbuhan kecambah pada biji tanaman dan perkembangan benih tanaman. Selain itu giberelin aktif juga berfungsi untuk perpanjangan batang, perluasan daun, dan perkembangan buah.

ZPT jenis giberelin merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tanaman budidaya, sehingga saat ini banyak dikembangkan untuk membuatnya secara sintetik. Pemberian giberelin pada tanaman bisa diaplikasikan pada bagian bawah tanaman untuk merangsang fotosintesis agar lebih berkualitas. Selain itu pemberian pada daun juga meningkatkan perkembangan daun menjadi lebih baik lagi.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual ZPT jenis giberelin unggulan dengan harga terjangkau. LMGA Agro juga menjual sarana pertanian lain seperti benih tanaman berbagai jenis, pupuk pertanian, dan pestisida. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai budidaya tanaman secara gratis tanpa dipungut biaya.

Sitokinin

Sitokinin merupakan jenis ZPT atau zat pengatur tumbuh yang terdapat pada tanaman dan berfungsi melakukan pembelahan sel di jaringan meristematik. Jaringan meristem atau meristematik adalah jaringan pada tumbuhan berwujud sekumpulan sel-sel induk yang aktif melakukan pembelahan sel. Jaringan ini mudah ditemukan pada bagian titik-titik tumbuh batang maupun akar.

Fungsi sitokinin sebagai zat pengatur tumbuh atau ZPT pada tanaman budidaya adalah dapat merangsang pembelahan sel pada tanaman. Pembelahan sel pada tanaman akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya menjadi lebih baik. Contoh pembelahan sel pada tanaman adalah pemanjangan batang, pertumbuhan akar, dan tumbuhnya daun tanaman budidaya.

Penyebaran nutrisi dari dalam tanah oleh akar tanaman juga menjadi lebih cepat dengan adanya ZPT jenis sitokinin. Nutrisi dari dalam tanah sangatlah penting bagi pertumbuhan tanaman karena menjadi makanan bagi tumbuhan. Nutrisi yang diterima tanaman juga akan mempengaruhi kualitas pertumbuhan dan hasil panen pada budidaya tanaman.

Pemberian ZPT jenis sitokinin pada budidaya tanaman juga berfungsi untuk menghambat proses penuaan pada hasil panen. Hal ini sangat bermanfaat bagi petani yang akan mengirimkan hasil panen ke luar kota dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu masyarakat sebagai konsumen juga lebih senang pada buah atau sayur yang bisa tahan disimpan lama.

Etilen

Etilen merupakan salah satu jenis ZPT yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan tanaman apabila digunakan dengan dosis yang tepat. Zat ini juga berpotensi menghambat pertumbuhan tanaman apabila digunakan dalam dosis yang berlebihan. Selain menghambat pertumbuhan, dosis berlebihan etilen dapat menyebabkan daun pada tanaman budidaya berguguran.

Manfaat yang ditimbulkan dari penggunaan ZPT etilen pada tumbuhan adalah dapat mempercepat proses pematangan buah. Mempercepat pematangan buah dapat menguntungkan petani karena bisa melakukan panen raya sebelum masa waktunya. Hal ini bisa mengurangi saingan ketika hendak dijual ke distributor maupun dijual langsung ke pasaran.

ZPT etilen juga memilki manfaat dan fungsi selain dapat mempercepat pematangan buah, yaitu dapat merangsang pertumbuhan bunga pada tanaman. Pertumbuhan bunga pada tanaman juga merupakan proses awal dari pembentukan buah pada tanaman budidaya seperti cabe dan tomat. Bunga yang telah melewati proses penyerbukan akan membentuk buah dan dengan berjalannya waktu dapat matang serta siap dipanen.

ZPT jenis etilen juga berfungsi untuk memperkokoh batang tanaman budidaya dan mengakhiri masa dormansi pada tanaman. Masa dormansi adalah masa dimana beberapa bagian tanaman muali berhenti tumbuh dikarenakan beberapa reaksi yang berasal dari lingkungan atau kimia. Masa dormansi ini bisa merugikan petani karena menghambat kualitas pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : Fungsi ZPT Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

ZPT Organik Mudah Didapat dan Dimanfaatkan

zpt, bawang merah, pertanian organik, pupuk organik, hormon tanaman, budidaya tanaman

Zat pengatur tumbuh atau ZPT merupakan hormon yang sudah ada pada tanaman dalam jumlah yang acak dan berbeda beda di setiap benihnya. Hal ini bisa ditunjukkan pada pertumbuhan tanaman dari benih yang sama dengan perlakuan sama namun memiliki kualitas tumbuh yang berbeda. Oleh karena itu pada zaman sekarang mulai banyak diciptakan beberapa ZPT sintetik guna mencukupi kebutuhan hormon pada tanaman.

ZPT sintetik sudah mulai mudah didapatkan di toko pertanian terdekat ataupun toko pertanian online. Sehingga dalam budidaya tanaman para pelaku usaha bisa menumbuhkan benih tanaman dengan kualitas yang seragam. Namun dengan banyaknya ZPT sintetik bukan berarti di alam tidak terdapat bahan organik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi hormon tanaman.

ZPT organik bisa dicari dengan mudah disekitar lingkungan budidaya tanaman ataupun bisa dibeli di pasar tradisional terdekat. Lalu bisa dibuat secara mandiri oleh para petani, hal ini dikarenakan bahan-bahan organik juga memiliki kandungan hormon tanaman seperti giberelin. Beberapa bahan organik dibawah ini bisa dimanfaatkan dan diolah supaya menjadi ZPT organik untuk meningkatkan kualitas tumbuh tanaman budidaya.

Bawang Merah

Bawang merah merupakan tanaman umbi-umbian yang identik sebagai bumbu masakan dan selalu tersedia di dapur. Ternyata dibalik kegunaannya untuk membuat bumbu masakan, bawang merah juga berguna untuk dijadikan ZPT organik. Hal ini dikarenakan didalam bawang merah terdapat kandungan hormon auksin dan hormon giberelin yang termasuk dalam jenis-jenis zat pengatur tumbuh.

ZPT auksin dan giberelin pada bawang merah bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar pada benih tanaman. Aplikasi ZPT organik bawang merah bisa dilakukan dengan perendaman stek tanaman dengan ekstrak bawang merah atau mengoleskannya pada bagian tanaman. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara disemprotkan, hal ini berguna untuk pertumbuhan tunas dan daun pada tanaman.

Rebung Bambu

Bagian dari tanaman bambu yang sering dijadikan sebagai sayur untuk menemani nasi ini juga memiliki manfaat untuk dijadikan ZPT organik. Rebung bambu memiliki kandungan hormon giberelin didalamnya yang sangat bermanfaat bagi kualitas pertumbuhan tanaman budidaya. Untuk mendapatkan kandungan giberelin yang tinggi disarankan memilih rebung bambu dari jenis bambu tali.

Bonggol Pisang

Bonggol pisang juga memiliki kandungan dari salah satu jenis hormon tanaman yang berguna bagi pertumbuhan yaitu sitokinin. Sitokinin diketahui memiliki fungsi untuk meningatkan kualitas pertumbuhan tanaman agar lebih baik dan memperlambat proses penuaan pada hasil panen. Sehingga mempunyai daya simpan yang lebih lama dan kuat perjalanan jauh.

Tomat

Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman yang mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga banyak sekali budidaya tomat yang dikelola petani. Tanaman tomat juga termasuk dalam komoditas pangan yang peminatnya sangat banyak karena bermanfaat untuk industri maupun rumah tangga. Namun siapa sangka bahwa ekstrak buah tomat memiliki kandungan auksin, sitokinin, dan giberelin yang berguna untuk pertumbuhan tanaman.

ZPT organik dari buah tomat didapatkan dari olahan tomat yang sudah diekstrak dengan sedemikian rupa sehingga berbentuk cair. Aplikasinya ke budidaya tanaman juga cukup mudah hanya dengan menyemprotkannya ke bagian-bagian tanaman seperti akar, batang, dan daun tanaman. Khusus untuk metode penanaman stek, ekstrak buah tomat dioleskan ke titik tumbuhnya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih tomat kualitas unggul dengan harga terjangkau. Serta menyediakan sarana pertanian lain seperti pupuk pertanian dan ZPT unggulan dengan harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro siap mengirim produk pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa pengiriman terpercaya.

Baca Juga : Penggunaan ZPT Tanaman Padi

Demikian artikel tentang ZPT Sarana Pertanian Pendukung Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Zat Pengatur Tumbuh ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.