Jual Benih Tomat Gustavi F1 Produk Baru Panah Merah


tomat gustavi, benih baru, panah merah, lmga agro, harga murah, terbaru, anti virus
Jual Benih Tomat Gustavi F1 Baru

Jual Benih Tomat Gustavi F1 Produk Baru Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo dan bersaing. Jual produk baru benih hibrida tomat Gustavi. Benih tomat Gustavi F1 adalah produk terbaru East West Indonesia ( EWINDO ). Merk dagang adalah Benih Cap Panah Merah.

Jual benih tomat Gustavi F1 adalah tomat anti virus terbaru anti virus hasil produksi dari Cap Panah Merah. Tanaman tomat Gustavi F1 yang dikombinasi dengan cara menanam tomat yang benar akan mengeluarkan hasil yang optimal.

Peluang usaha agribisnis menanam tomat Gustavi F1 sudah mulai banyak dibuktikan di pusat budidaya tomat di Indonesia. Gustavi F1 mempunyai kualitas terbaik untuk tomat sayur saat ini.

Tomat Gustavi F1 yang sudah tahan virus akan menjadi peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan bagi petani sayuran di Indonesia.

Varietas tomat Gustavi F1 terbaru dari East West Seed. Sehingga petani di pusat tanaman tomat baru mencoba sebagai skala usaha kecil. Butuh proses 2 – 3 tahun tomat Gustavi F1  bisa dikenal dan ditanam oleh petani hortikultura di Indonesia.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Juga tentang benih baru Tomat Gustavi F1 dan cara menanam tomat baik dan benar. Kami mengajak kerjasama bagi dropship, reseller, online shop, petani dan toko pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro didukung perusahaan pertanian terkemuka dan terpercaya. Mulai produk benih hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami siap kirim pesanan anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Tomat termasuk familia Solanaceae dan dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Walau disangka sayuran, namun tomat termasuk kategori buah-buahan. Tomat dapat dikonsumsi dalam berbagai cara.

Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh pun banyak sekali. Tomat berguna untuk mencukupi nutrisi tubuh hingga mencegah kanker. Tomat mengandung antioksidan alami yang bernama likopen.

Tomat Gustavi F1 Terbaru dari Panah Merah

Jual benih baru hibrida Tomat Gustavi F1 tahan dari virus Gemini dan Layu Bakteri. Ketingkatan benih sudah pada sangat tahan. Jual benih tomat Gustavi F1 direkomendasikan untuk dataran rendah sampai dataran tinggi.

Tanaman tomat Gustavi F1 mencapai tinggi antara 90 – 142 cm. Jual benih varietas Tomat Gustavi F1. Jual produk Cap Panah Merah dengan produksi per satuan luas adalah 48,73 – 67,48 ton/ha.

Jual benih Tomat Gustavi F1 kualitar terbaru mulai dapat dipanen umur 64 – 66 HST. Tanaman mulai berbunga ( fase generatif ) pada umur 32 – 35 HST. Jual benih tomat Gustavi rasa daging buah manis dan sedikit asam. Warna tomat Gustavi F1 saat tua merah dan saat muda hijau kekuningan. Bentuk tomat Gustavi berbentuk hati.

Dalam satu hektar, jumlah populasi menanam tomat Gustavi membutuhkan 20.833 tanaman. Kebutuhan benih tomat Gustavi F1 per hektar sebanyak 103 – 120 gram. Dalam satu tanaman menghasilkan tomat seberat 2,14 – 2,9 kg. Jumlah buah per tanaman menghasilkan sebanyak 36 – 46 tomat.

Tomat Gustavi F1 daya simpannya cukup panjang. Disimpan pada suhu 25 – 27 °C sanggup bertahan antara 7 – 8 hari. Buah juga cukup tebal dengan ketebalan buah 4,6 – 5,8 mm, buah tahan untuk distribusi jarak jauh.

Pastikan Anda mendapatkan dan membeli benih hibrida siap tanam pada toko pertanian terpercaya. Toko pertanian terpercaya hanya jual benih-benih bermutu dengan kualitas terbaik dan telah bersertifikat.

Baca Juga : Tomat Servo Menghipnotis Petani Sayur

Tanaman Tomat Gustavi F1

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae. Tomat adalah tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Siklus hidup tomat pendek dan dapat mencapai ketinggian antara 1 – 3 meter.

Buah tomat tersusun dalam tandan-tandan. Buah tomat berdaging dan banyak mengandung air. Tanaman tomat dapat ditanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Kebutuhan lainnya adalah tanah harus gembur, pH 5 – 6 dan sedikit pasir. Tanah harus mengandung humus.

Tanaman tomat sangat peka tehadap kelebihan atau pun kekurangan zat hara. Terutama untuk unsur hara Nitrogen.

Waktu untuk menanam tomat yang ideal adalah sebelum musim hujan berakhir. Lebih baik lagi pada awal musim kemarau dan masih sedikit turun hujan.

Atau dapat juga ditanam pada awal musim hujan meskipun tingkat kegagalannya tinggi. Karena saat tersebut banyak serangan penyakit terutama menyerang daun dan buah. Saat tanam awal musim hujan banyak buah yang pecah.

Tomat mempunyai antioksidan alami yaitu likopen ( lycopene ). Likopen dapat membantu menangkal efek radikal bebas penyebab kanker. Banyak lagi antioksidan terkandung dalam tomat. Yaitu polifenol, naringenin dan chlorogenic acid.

Buah tomat rendah kalori dan lemak. Namun buah tomat kaya karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C. folat dan kalium. Melihat banyaknya kandungan gizi tomat maka manfaatnya pun besar sekali untuk kesehatan kita.

Baca Juga : Bahaya serangan Jamur Phytopthora Di saat Musim Penghujan

Manfaat Tomat Gustavi Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Untuk Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tomat dapat membantu mencegah kerusakan DNA dalam sel akibat radikal bebas. Inilah penyebab dari penyakit kanker. Konsumsi rutin tomat mencegah berbagai kanker berbahaya.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium dalam buah tomat dapat mengurangi Natrium ( garam ) sehingga tekanan darah dapat turun. Konsumsi tomat dan mengurangi asupan garam efektif menyembuhkan penderita hipertensi ringan.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah 

Kalium dan likopen pada tomat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Juga membantu menjaga kestabilan irama detak jantung. Kandungan gizi tomat efektif mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung ( stroke ). Terutama bagi penderita obesitas.

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Kita

Likopen mampu meningkatkan kemampuan kulit melindungi diri dari paparan UV sinar matahari. Ikut membantu menjaga kulit tampak awet muda. Vitamin C dalam tomat berfungsi sebagai perangsang kolagen.

Dapat mencegah timbulnya kerutan halus. mampu memperbaiki tekstur kulit seca menyeluruh.

Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan dalam tomat membantu mengurangi gejala mata lelah. Juga mengurangi risiko penyakit mata terkait penuaan.

Aman bagi Penderita Diabetes

Tomat mengandung serat yang baik, selain itu mengandung rendah lemak dan gula. Tomat merupakan makanan dengan tingkat indeks glikemik rendah. Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Tomat Dapat Mencegah Depresi

Kandungan nutrisinya berperan mengurangi risiko depresi. Mengkonsumsi rutin tomat akan jarang mengalami depresi.

Tomat Mencegah Sembelit

Tomat mengandung air dan serat tinggi. Sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar. Juga dapat menurunkan risiko sembelit dan mencegah dehidrasi.

Dapat Menjaga Berat Badan

Tomat memiliki kalori yang rendah namun kaya nutrisi. Sehingga bermanfaat menjaga berat badan. Cocok sebagai menu makanan bagi yang sedang diet. Tomat bermanfaat menurunkan berat badan.

Cara Persemaian Benih Tomat Gustavi

jual alat pertanian, tray semi, persemaian benih, toko pertanian, lmga agro
Tray Semai Persemaian Benih

Jual benih tomat Gustavi F1 bisa langsung ditanam karena benih telah bebas virus. Benih tomat Gustavi F1 tidak perlu direndam fungisida lagi. Ada beberapa cara menyemai benih di persemaian.

Pertama, benih tomat ditaburkan merata di permukaan bedeng. Lalu tutup dengan tanah tipis saja. Buat larikan semai sedalam 1 cm dan jarak antar larikan 5 cm. Taburkan benih merata dan jangan sampai saling tumpuk. Tutup benih tomat Gustavi F1  dengan tanah tipis saja.

Cara kedua,  benih ditanam pada lubang tanam sedalam 1 cm. Jarak antar lubang tanam adalah 5 cm. Tiap lubang tanam, dimasukkan 1 – 2 benih. Tutup lubang dengan tanah tipis saja.

Cara ketiga, benih langsung ditanam pada polybag. Polybag diisi media berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Setiap plastik polybag ditanam satu benih saja. Benih dibenamkan sampai kedalaman 1 cm. Kemudian benih disiram hingga cukup basah.

Pemeliharaan selama pembibitan antara lain paling penting adalah rutin menyiram benih sampai berkecambah. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore hari. Penyiraman menggunakan alat siram gembor dengan lubang air yang halus.

Bila ada rumput segera cabut menggunakan tangan kosong. Penyiangan dilakukan seperlunya dan tergantung dari kondisi media semai. Untuk menambah unsur hara, beri pupuk NPK secukupnya. Berikan setelah benih tumbuh bibit sampai siap ditanam di lahan.

Pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit di persemaian. Persemaian biasanya diserang oleh semut dan cacing tanah ( nematoda ). Sedangkan penyakit persemaian benih tomat  adalah jamur.

Pencegahan hama dan penyakit di persemaian dengan cara sterilisasi tanah. Dilakukan sebelum memulai persemaian benih. Sedangkan untuk memberantasnya dengan cara menyemprotkan insektisida ( hama ) dan fungisida ( jamur ). Bisa menggunakan Furadan 3 G, Dithane Histathion dan Antracol.

Baca Juga : Tray Semai Benih LMGA Agro Murah, Kuat dan Tebal

Cara Pemindahan Bibit Baru Tomat Gustavi F1

Pelihara bibit sampai siap untuk dipindahkan ke lahan tetap. Jual bibit tomat Gustavi F1 dipindahkan setelah berumur 30 – 45 hari. Saat tersebut, bibit mampu tumbuh di lahan dan daya produktivitasnya tinggi untuk berbuah.

Pilih bibit yang segar, tumbuhnya baik dan daun-daunnya tidak rusak. Bibit juga harus kuat, tegak berdirinya dan sehat. Waktu untuk pemindahan bibit adalah pagi atau sore hari. Saat cuaca tidak panas sehingga bibit tidak layu saat dicabut dari media semainya.

Lakukan cara-cara baik dan benar saat memindahkan bibit ke lahan. Pemindahan bibit yang tidak hati-hati mengakibatkan akar bibit rusak. Dan untuk selanjutnya, bibit tidak dapat tumbuh dengan baik bahkan bisa mati.

Ada 2 cara untuk memindahkan bibit. Pertama, sistim cabut dimana bibit dicabut pelan dan hati-hati. Sebelum bibit dicabut, basahi permukaan bedeng semai dengan air hingga basah. Sehingga proses pencabutan benih mudah dan akar tidak rusak.

Kedua, dengan menggunakan sistim putaran yaitu bibit diambil beserta tanahnya. Sebelum diambil tanahnya, agar mudah harus disiram air dulu sampai lembab.

Kedua cara menambil bibit diatas adalah persemaian benih yang dilakukan di bedeng persemaian. Sedangkan bibit di plastik polybag yaitu caranya media disiram dulu. Kemudian sobek plastik polybag dan keluarkan bibit beserta tanahnya. Untuk kemudian ditanam di lahan.

Baca Juga : Tomat TM Vista Generasi Baru di Dataran Tinggi 

Cara Pengolahan Lahan Menanam Tomat Gustavi

alat kocor, alat pertanian, toko pertanian, lmga agro, jual harga promo
ALAT KOCOR | LMGAAgro

Setiap proses pengolahan tanah budidaya tanaman harus memperhitungkan waktu seefektif mungkin. Karena pengolahan tanah ini dilakukan sambil mempersiapkan bibit di persemaian. Saat lahan siap untuk ditanami, bibit sudah cukup umur untuk dipindahkan ke lahan.

Dalam budidaya tomat Gustavi F1 lamanya pembibitan adalah 30 – 45 hari. Sedangkan pengolahan tanah untuk persiapan tanam adalah 21 hari. Agar tepat waktu, persiapan lahan dilakukan 1 – 2 minggu setelah benih disemaikan.

Ada 3 tahap persiapan dasar lahan menanam tomat Gustavi F1. Tahap pertama, dengan membalik agregat tanah sehingga tanah lapisan bawah terangkat ke permukaan.  Pengolahan tanah dilakukan dengan cara dibajak menggunakan hewan ternak atau dengan traktor.

Tanah diolah sampai kedalaman 25 – 30 cm. Setelah tanah dibajak, dibiarkan selama 1 minggu. Agar bongkahan tanah yang diolah tadi bisa kena angin, cahaya matahari. Juga terjadi proses oksidasi ( pemasaman ) zat-zat beracun dari dalam tanah.

Tahap kedua, pengolahan tanah yaitu tanah digemburkan. Tanah dicangkul tipis-tipis sampai didapatkan tanah gembur dan remah. Sekaligus juga tanah diratakan. Setelah selesai sampai remah, biarkan selama 1 minggu. Sambil menunggu, lakukan persiapan persemaian benih.

Tahap ketiga, lahan yang sudah diolah tadi diberikan pupuk dasar. Diberikan pupuk kandang sebanyak 15 – 20 ton/ha. Berikan pupuk kandang yang sudah matang berbentuk seperti tanah. Setelah diberi pupuk kandang, tanah dicangkul kembali. Tujuannya untuk mencampurkan pupuk dengan tanah sampai rata.

Persiapan Tanam Bibit Tomat Gustavi

Setelah pengolahan tanah selesai dilakukan, selanjutnya tanah dibuat bedeng-bedeng. Bedeng dibuat membujur arah timur barat agar penyebaran sinar matahari dapat menyebar rata.

Selain membuat bedeng juga dibuat parit atau saluran air irigasi. Parit dibuat diantara bedeng-bedeng. Lebar bedeng dibuat berukuran 1 – 1,2 m, tinggi bedeng 30 cm dan panjang disesuaikan luas lahan.

Jika menanam tomat Gustavi F1 saat musim hujan maka tinggi bedeng dibuat 40 – 45 cm. Parit irigasi dibuat dengan lebar 20 – 30 cm dan kedalamnnya 30 cm. Sekeliling petak bedengan dibuat saluran pembuangan air. Lebar saluran air 50 cm dan dalamnya 50 cm.

Pengapuran adalah pemberian kapur pertanian, dilakukan saat persiapan lahan. Pemberian kapur bila pH tanah terlalu asam. Pengapuran diberikan sebelum bibit ditanam. Karena umumnya akar tanaman tidak kuat pengapuran langsung ke tanaman. Tanaman dapat mengalami gangguan pertumbuhan hingga kematian.

Bedeng diberi pupuk sebelum penanaman bibit tomat Gustavi. Dilakukan dengan 2 cara, pertama diberikan pupuk kompos atau kandang yang sudah matang. Tambahkan pupuk TSP taburkan secara merata ke seluruh bedengan.

Selanjutnya tanah dicangkul agar kompos dan TSP bercampur dengan tanah. Cara kedua, membuat lubang tanam dalamnya 15 cm dan diameter 20 cm. Lubang-lubang tanam kemudian diberi pupuk organik ½ kg ( saru genggam  ). Ditambah juga TSP sebanyak 5 gram.

Agar lebih efektif dalam pemeliharaan tomat Gustavi nanti, maka perlu dipasang mulsa. Gunakan mulsa plastik hitam perak sebagai penutup bedeng.

Baca Juga : Benih Tomat F1 Topan, Buah Besar dan Tahan Virus

Teknik Penanaman Tomat

Teknik penanaman tomat Gustavi ada 2 macam sesuai jarak tanamnya. Pertama adalah sistim dirempel, yaitu menggunakan jarak tanam 50 x 50 cm atau 60 x 60 cm. Membentuk bangun bujursangkar atau segitiga sama sisi.

Sistim ini dimaksudkan agar tunas tanaman dapat dipangkas sedini mungkin. Sehingga tanaman bisa memiliki satu batang saja tanpa cabang.

Kedua, pola tanam menggunakan sistim bebas. Yaitu menggunakan jarak tanam 80 x 100 cm; 80 x 80 cm dan 100 x 100 cm. Membentuk bangun bujursangkar, segipanjang atau segitiga sama sisi.

Atau menggunakan jarak antar barisan 100 cm dan dalam barisan 50 – 60 cm. Jarak tanam tersebut agar tanaman tumbuh banyak cabang besar dan dapat menghasilkan buah.

Sehari sebelum penanaman bibit, bedeng diairi agar kondisinya lembab/basah. Bedeng sudah tertutup mulsa plastik hitam perak. Buatlah lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. Alat tersebut bisa di beli di Toko Pertanian LMGA Agro.

Penanaman dan pemindahan bibit Tomat Gustavi dilakukan di musim kemarau maupun musim hujan. Mulsa plastik dapat mempertahankan kelembaban di musim kemarau.

Pemeliharaan dan Perawatan Tomat Gustavi

Penjarangan dan Penyulaman

Penyulaman adalah mengganti tanaman karena mati, rusak atau sakit ( abnormal ). Penyulaman dilakukan 1 minggu setelah penanaman bibit.  Bisa juga belum 1 minggu bila ada bibit yang harus diganti.

Penyulaman menggunakan bibit cadangan atau lebih dari jumlah bibit yang dibutuhkan. Caranya, cabut tanaman yang sakit/mati. Bersihkan dulu lubang tanam dan beri Furadan ½ gram. Perbaiki lubang tanam yang lama dan tanam bibit baru yang segar.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan seperlunya bila tampak ada gulma. Gulma bila dibiarkan akan menjadi pesaing dalam menyerap unsur hara tanah. Gulma juga bisa menjadi sarang hama dan penyakit.

Pembumbunan

Pembumbunan dilakukan dengan tujuan memperbaiki peredaran udara dalam tanah. Untuk mengurangi gas dan zat beracun dalam tanah. Sehingga akar tanaman menjadi sehat dan tanaman cepat besar.

Pembumbunan dilakukan untuk menggemburkan tanah dan dilakukan dengan hati-hati. Tidak terlalu dalam agar tidak merusak akar tanaman.

Penyiraman
Pemberian air untuk penanaman tomat Gustavi tidak terlalu banyak tapi juga tidak kekurangan. Pemberian air berlebihan menyebab tanaman tumbuh panjang. Tanaman tidak mampu menyerap unsur hara dan rentan kena penyakit.

Kekurangan air yang terlalu lama dapat mengganggu pertumbuhan. Buah kena pecah-pecah bila kekurangan air terjadi di masa pembentukan buah. Saat pembungaan menyebabkan kerontokan semua bunga yang muncul.

Pemasangan Ajir/Turus

Pemasangan ajir dimaksudkan agar tanam tidak roboh. Ajir terbuat dari bambu/kayu panjang 100 – 175 cm. Pemasangan ajir dilakukan sedini mungkin saat tanaman masih kecil dan akar masih pendek. Penancapan ajir berjarak 10 – 20 cm dari pangkal batang.

Ajir yang ditancapkan caranya bermacam-macam. Ajir dipasang tegak lurus atau ujung kedua ajir diikat membentuk segitiga. Agar tidak kena rayap, ajir diolesi minyak tanah atau ter.

Tanaman mulai diikatkan ke ajir saat sudh tinggi 10 – 15 cm. Diikat menggunakan tali salaran yang dapat dibeli di toko pertanian LMGA Agro. Model pengikatannya seperti huruf 8. Setiap tinggi bertambah 20 cm, tanaman diikat pada ajir lagi.

Pemangkasan dan Pemupukan Tomat Gustavi F1

Pemangkasan/Perempelan

Pemangkasan dilakukan pada tunas-tunas yang tumbuh di ketiak daun. Tujuannya agar tunas tersebut tidak menjadi cabang. Pemangkasan dilakukan seminggu sekali.

Perhatikan tinggi tanaman, jika tanaman tidak tinggi, tunas terakhir tidak dipangkas. Tujuannya agar tanaman tidak menjadi pendek.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pagi hari agar luka hasil pangkasan bisa cepat kering. Dipotong menggunakan tangan bersih, digerakkan ke kanan kekiri sampai tunas lepas. Jika tunas masih muda, mudah untuk dipotong.

Bila tunas terlanjur agak keras, pemotongan menggunakan gunting/pisau tajam dan bersih. Ketinggian tanaman dibatasi sampai dompolan buah mencapai 5 – 7 buah.

Pemupukan Susulan Tomat Gustavi F1

Pemupukan susulan bertujuan menambah unsur hara pada tanah. Juga untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman. Cara pemupukannya adalah :

  • Pemupukan susulan pertama setelah penanaman bibit dilakukan 1 minggu setelah penanaman. Berikan Urea dan KCl dengan perbandingan 1 : 1 setiap tanaman diberikan 1 – 2 gram. Ditaburkan mengelilingi tanamn pada jarak 3 cm dari batang tanaman. Kemudian tutup dengan tanah dan siram air hingga basah.
  • Pemupukan kedua setelah berumur 2 – 3 minggu dari penanaman bibit. Taburkan Urea dan KCl sebanyak 5 gram per tanaman. Berikan mengelilingi tanaman berjarak 5 cm dari batang dan sedalam 1 cm. Kemudian tutup dengan tanah dan sirami air.
  • Bila umur 4 minggu setelah penanaman bibit tampak belum subur, dapat dipupuk lagi. Yaitu berikan Urea dan KCl sebanyak 7 gram. Jarak pemberian 7 cm dari batang dan mengelilingi tanaman. Setelah itu tutup dengan tanah dan sirami air.

Baca Juga : Tomat Dataran Tinggi F1 Optima Buah Besar

Hama Dan Penyakit Tanaman Tomat

  • Ulat Buah ( Heliothis armigera ). Ulat meneyrang daun, bunga dan buah. Ulat membuat lubang pada buah hingga terinfeksi dan buah menjadi busuk. Pengendalian dengan cara ulat dikumpulkan dan dibakar. Penyemprotan menggunakan insektisida Diazinon dan Cymbush.
  • Kutu Daun ( Aphids ) hijau. Merupakan vektor ( penyalur ) virus sehingga tomat dapat terserang penyakit virus. Gejala serangan daun menjadi jelek, keriting, kerdil, melengkung ke bawah, klorosis dan rapuh. Pengendalian langsung kutu dimatikan dan bila serangan hebat lakukan penyemprotan.
  • Lalat Putih ( kutu kabut ) disebut demikian karena bila terganggu akan berhamburan seperti kabut. Serangan hama ini menyebabakan pertumbuhan terhamabat ( kerdil ). Daun mengecil dan menggulung ke atas. Pencegahan dengan selalu membersihkan kebun dari gulma dan memasang mulsa. Penyemprotan dengan Diazinon, Malathion dan lainnya.
  • Lalat Buah menyebabkan buah menjadi busuk. Pengendalian dimulai sejak pengolahan tanah. Tanah harus dibalik lalu dibiarkan kena sinar matahari selama 1 minggu. Sehingga pupa lalat akan mati kena sinar matahari. Buang buah yang busuk lalu dibakar.
  • Layu Fusarium melakukan infeksi lewat akar lalu menyerang jaringan pembuluh. Jaringan xylem yang terserang menjadi berwarna coklat. Dapat menghambat perjalanan air ke bagian tanamn sehingga daun layu dan menguning.
  • Bercak daun Septoria. Menyerang daun dan tanaman muda. Timbul bercak coklat muda, kelabu dan tepi kehitaman. Pengendalian yaitu selalu membersihkan lahan dari gulma. Cabut tanaman yang mati lalu dibakar. Lakuan rotasi tanaman dengan tanaman yang tidak satu famili.
  • Busuk buah Rhizoctonia. Gejala muncul bercak cekung kecil coklat tua. Bagian tengah seringkali retak. Pengendalian dengan cara sanitasi lingkungan, memakai mulsa plastik. Pemakaian ajir agar buah tidak kena tanah. Melakukan rotasi tanaman dengan tanaman bukan satu famili.

Tahap Akhir Budidaya Tomat Gustavi F1

Tahap akhir suatu budidaya adalah pemanenan. Jual benih tomat Gustavi F1 baru mulai panen umur 64 – 66 HST. Cara panen tomat Gustavi F1 dengan cara memuntir buah secara hati-hati. Pilihlah buah yang sudah matang dan langsung dimasukkan ke keranjang. Kumpulkan semua tomat yang dipanen di tempat teduh.

Pemanenan tomat bisa dilakukan berulang-ulang hingga 10 kali. Karena kemasakan tomat juga tidak bersama-sama. Pemetikan tomat dilakukan setiap 2 – 3 hari sekali tergantung kondisi tanaman. Pemetikan sampai buah tomat habis.

Demikian artikel kami judul : Jual Benih Tomat Gustavi F1 Produk Baru Panah Merah. Hubungi nomer kami 082141747141( telepon ) dan 08125222117 ( SM/WA ). Jual benih baru, Toko Pertanian LMGA Agro online shop terpercaya dan sudah berpengalaman. Harga promo dan bersaing.

Toko pertanian LMGA Agro jual beragam benih hibrida. Jual harga promo pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan cara menanam tanaman budidaya. Kami didukung pabrik pertanian terkemuka seperti BISI, East West, Takii Seed.

Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerjasama. Jual produk sebagai dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Siap krim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerjasama dengan jasa pengiriman barang JNE, TIKI, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lain.

Jual benih tomat Gustavi F1 baru dari Panah Merah. Harga promo dan bersaing. Selamat mencoba melakukan budidaya tomat. Salam sukses…