Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun

Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun


Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Pertanian di Indonesia merupakan peluang usaha yang sering dipakai oleh petani untuk mencari penghasilan dan keuntungan yang berlimpah. Peluang usaha untuk sektor pertanian memiliki jenis yang beragam mulai dari budidaya tanaman hingga membuka toko pertanian. Dari beberapa jenis peluang usaha dari sektor pertanian, budidaya tanaman paling sering dipilih oleh petani karena keuntungan yang lebih menjanjikan.

Walaupun memiliki keuntungan yang menjanjikan, usaha budidaya tanaman memiliki kekurangan karena hama dan virus yang sering menyerang tanaman. Dampak dari serangan organisme pengganggu tanaman ini bisa menimbulkan kerusakan pada fisik tanaman maupun jaringan tanaman. Bila serangan hama tidak segera diatasi, maka hal terburuknya adalah budidaya tanaman menjadi gagal panen.

Jenis Hama yang Menyerang Budidaya Tanaman

Budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani dalam pelaksanaannya pasti akan mendapatkan serangan hama walaupun dengan intensitas yang berbeda. Serangan ini akan memberikan dampak bagi bagian tanaman mulai dari akar hingga buah. Bentuk dari serangan tersebut bisa bermacam – macam tergantung organisme pengganggu jenis apa yang menyerang.

Jenis dari hama yang menyerang budidaya tanaman sangat beragam dan setiap organisme dalam melakukan serangan dengan pola yang berbeda. Pola yang beragam tersebut bisa dilakukan dengan cara memakan bagian tumbuhan maupun menyerap nutrisi yang seharusnya diserap tanaman. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis dari organisme pengganggu tanaman yang sering mengakibatkan kerugian bagi petani.

Hama Tanaman dari Jenis Hewan

Hama jenis ini mayoritas dari species hewan yang sering menyerang tanaman untuk dijadikan makanan untuk kebutuhan nutrisinya sendiri. Jenis ini biasa mengkonsumsi bagian tanaman yang penting seperti daun dan buah. Dampaknya adalah pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan mengakibatkan para petani merugi.

Kerugian yang dialami petani adalah contoh dampak yang bisa dihasilkan apabila hama masuk dan menyerang lahan pertanian. Oleh karena itu para petani harus melakukan gerakan antisipasi yang dapat menghalau organisme pengganggu tanaman. Dibawah ini adalah beberapa contoh hewan yang sering menyerang lahan pertanian dan membuat petani mengalami kerugian.

Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat yang bisa dikategorikan sebagai hama tanaman karena sering menyerang tanaman yang sedang dibudidayakan. Tikus menyerang budidaya tanaman untuk memakan bagian biji dan anggota tubuh tanaman lainnya pada saat malam hari. Hal ini menyebabkan perkembangan tanaman menjadi terganggu dan petani mengalami kerugian.

Kerugian yang dialami para petani ini juga tidak lepas dari proses berkembang biak tikus yang tergolong cepat. Selain itu tikus memiliki daya adaptasi dan mobilitas yang tinggi sehingga menyulitkan petani untuk menghalau dan membasminya. Tanda apabila lahan budidaya diserang hama tikus adalah kondisi budidaya tanaman yang rusak.

Pencegahan awal yang bisa dilakukan oleh petani untuk mengatasi tikus adalah dengan menutup lubang yang terdapat di pematang sawah. Lubang ini biasa digunakan tikus untuk liang persembunyiannya. Selain itu penggunaan predator alami tikus seperti ular, burung hantu, dan kucing juga efektif digunakan oleh petani untuk mengatasi hama.

Cara lain yang biasa digunakan oleh para petani adalah dengan menggunakan pestisida jenis rodentisida atau memakai umpan beracun. Umpan beracun bisa dibuat dengan memanfaatkan irisan ubi jalar yang direndam dengan larutan fosfor. Langkah ini sebaiknya dilakukan secara hati – hati karena penggunaan umpan beracun juga membahayakan bagi hewan ternak.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan racun rodentisida unggulan untuk hama tikus dengan harga yang terjangkau. Racun rodentisida sangat ampuh untuk pembasmian hama tikus yang meresahkan petani. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala dan solusi serangan hama pada area budidaya tanaman secara gratis.

Wereng

Wereng adalah hama yang berasal dari jenis serangga dan biasa menyerang tanaman pada bagian daun dan batang. Serangan yang disebabkan wereng dapat terlihat dari daun dan batang yang berlubang dan bila dibiarkan akan mengakibatkan kematian pada tanaman. Beberapa cara bisa dilakukan oleh petani untuk menghalau serangan hama wereng agar tidak merusak lahan budidaya tanaman.

Pengaturan pola tanam perlu dilakukkan oleh para petani baik penanaman secara serentak maupun secara bergiliran. Tujuan dari penanaman secara bergilir adalah untuk memutus siklus hidup dari hama wereng. Hal ini menyebabkan populasi hama wereng menjadi berkurang dan menguntungkan bagi petani.

Pemberdayaan hayati juga perlu dilakukan untuk mengatasi serangan hama wereng agar tidak merugikan petani. Hal ini dilakukan dengan cara menggunakan predator alami dari wereng. Predator alami dari serangga wereng ini adalah laba – laba, kepik Microvelia douglasi, dan kumbang Paederuss fuscipes.

Penggunaan pestisida jenis insektisida juga dinilai ampuh dalam membasmi populasi hama wereng yang menyerang lahan budidaya tanaman. Penggunaan insektisida dilakukan dengan cara disemprot ke bagian yang sering diserang oleh hama wereng. Insektisida pun harus digunakan dengan dosisi yang cukup sehingga efisien untuk membasmi serangan dari hama wereng.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan insektisida kualitas unggul untuk membasmi serangan wereng dengan harga terjangkau. Juga menyediakan berbagai kebutuhan pertanian unggulan dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai usaha budidaya tanaman secara gratis.

Walang Sangit

Walang sangit adalah salah satu keluarga dari species belalang yang mempunyai ciri memiliki bau yang menyengat. Hewan ini juga merupakan hama tanaman yang sering membuat petani mengalami kerugian karena membuat tanaman menjadi rusak. Walang sangit lebih sering menyerang tanaman padi dengan menghisap butir padi yang masih cair dan menjadikannya hampa.

Pengendalian hama walang sangit bisa dilakukan dengan cara melakukan penanaman secara serentak. Tujuan dari penanam serentak ini adalah untuk memutus rantai penyebaran walang sangit agar tidak menyerang tanaman. Selain itu mempermudah petani dalam melakukan irigasi pada lahan pertanian.

Pencegahan lain yang bisa dilakukan petani adalah dengan membersihkan sawah dari rumput liar yang tumbuh di sekitar lahan persawahan. Pembersihan ini bertujuan untuk mencegah walang sangit dapat berkembang biak. Selain itu penangkapan walang sangit secara manual dengan jala juga terbukti cukup efektif.

Bila serangan hama walang sangit masih masif dan merugikan petani cara terakhir ini bisa dikatakan sangat efektif. Cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan pestisida dengan jenis insektisida. Penggunaan bahan kimia ini juga harus sesuai dengan prosedur dan dosisnya agar walang sangit dapat diberantas secara efektif.

Baca Juga : Hama Budidaya Tanaman Membuat Petani Rugi

Organisme Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Organisme ini bisa digolongkan sebagai hama tanaman karena menimbulkan dampak negatif dan kerusakan pada tanaman yang dibudidayakan. Kerusakan yang ditimbulkan bisa terjadi karena penyakit yang disebabkan oleh patogen. Patogen ini berasal dari beberapa organisme yang sering tumbuh dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Organisme ini memiliki jenis yang beragam mulai dari jamur, bakteri, dan virus. Jenis – jenis ini menyebabkan timbulnya penyakit dan pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal serta beresiko menimbulkan kematian pada tanaman. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai jenis organisme yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.

Jamur

Jamur adalah organisme yang termasuk jenis tanaman yang tidak memiliki klorofil dan mempunyai bentuk seperti payung. Jamur memiliki banyak jenis yang beragam dan beberapa bisa dikonsumsi oleh manusia. Namun ada beberapa jenis jamur yang justru menjadi hama bagi tanaman yang sedang dibudidayakan.

Penyakit dari jamur ini bisa menyerang beberapa bagian tanaman mulai dari akar hingga ke bagian buah. Dampak yang ditimbulkan juga berbeda – beda namun bisa disimpulkan bahwa tanaman yang terkena hama jamur akan terganggu pertumbuhannya. Ciri yang terlihat pada tanaman bila terserang jamur adalah terdapat bercak pada bagian tertentu tanaman.

Pencegahan yang bisa dilakukan oleh petani untuk mengatasi tanaman yang terkena serangan jamur adalah dengan menggunakan fungisida. Fungisida merupakan jenis pestisida yang dikhususkan untuk membasmi jamur. Dengan pemakaian yang teratur dan sesuai dosisnya, tanaman akan terhindar dari serangan jamur.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual fungisida dengan kualitas unggul dengan harga yang terjangkau. Juga melayani konsultasi mengenai permasalahan dan kendala pada budidaya tanaman secara gratis. Toko Pertanian LMGA Agro siap kirim fungisida pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia.

Bakteri

Bakteri merupakan hama merugikan yang memiliki bentuk tubuh yang hanya bisa dilihat oleh mikroskop. Bakteri juga termasuk hama tanaman yang merugikan petani karena dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Bakteri dapat menyerang bagian tubuh tanaman mulai dari akar hingga daun tanaman.

Gejala yang ditimbulkan oleh serangan bakteri ini adalah lendir yang keluar dari bagian tumbuhan dan menjadikan tanaman membusuk. Serangan bakteri ini bisa diminimalisir dengan penggunaan bakterisida secara teratur dan sesuai dosisnya. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan bakterisida kualitas unggulan dengan harga terjangkau.

Gulma

Gulma adalah tanaman liar yang tumbuh di area perkebunan yang berpotensi menjadi hama atau pengganggu tanaman. Hal ini dikarenakan pertumbuhan gulma yang cenderung cepat dan mengakibatkan populasinya melebihi tanaman utama yang dibudidayakan. Bila populasi gulma melebihi tanaman utama maka akan menyebabkan kompetisi dalam penyerapan nutrisi dalam tanah.

Unsur hara dalam tanah dibutuhkan oleh tanaman utama untuk memperoleh nutrisi dan membantu pertumbuhan tanaman agar optimal. Bila terjadi kompetisi antara gulma dan tanaman utama, maka unsur hara yang diserap oleh tanaman tidak bisa maksimal. Selain itu gulma bisa menjadi tempat persembunyian bagi hama tanaman seperti walang sangit.

Jenis dari gulma juga beragam, mulai dari teki – tekian hingga gulma daun lebar. Beberapa jenis gulma memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga perlu bantuan ekstra dalam membasminya. Herbisida merupakan pestisida yang berguna untuk membasmi hama gulma dan beberapa jenis didalamya.

Penggunaan herbisida juga harus sesuai aturan dan dosis yang tertera pada kemasan agar tidak mencemari lingkungan disekitar lahan pertanian. Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan herbisida unggulan dengan harga yang terjangkau. Juga melayani konsultasi mengenai penanganan gulma yang terdapat pada budidaya tanaman secara gratis.

Baca Juga : Mengenal Hama dan Penyakit Utama Tanaman Semangka

Mengatasi Ancaman Hama Tanaman

Hama tanaman mempunyai resiko yang sangat tinggi apabila menyerang budidaya tanaman yang sedang dalam fase pertumbuhan. Resiko yang ditimbulkan dari serangan ini bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Selain itu petani menjadi rugi secara finansial karena penurunan kualitas hasil panen.

Kerugian yang dialami petani karena serangan hama pengganggu bisa diminimalisir dengan cara melakukan tindakan pencegahan awal. Pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara yang alami maupun menggunakan bantuan bahan kimia. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi ancaman hama tanaman pada budidaya tanaman.

Melakukan Penanaman Secara Serentak

Melakukan pola penanaman secara bersamaan atau serentak memiliki manfaat untuk mencegah hama tanaman mendapatkan pasokan makanan. Bila hama tanaman tidak mendapatkan nutrisi makanan, maka persebarannya tidak akan maksimal. Dari persebaran yang tidak maksimal membuat populasi hama pengganggu tanaman menjadi berkurang dan akhirnya steril dari hewan pengganggu.

Melakukan Penangkapan Hama Secara Manual

Cara ini merupakan langkah yang cukup melelahkan bagi petani karena harus melakukan penangkapan hama dengan alat pertanian. Walaupun melelahkan, cara menangkap hama manual ini cukup memberikan dampak bagi populasi hama pengganggu tanaman ini. Biasanya petani melakukan penangkapan secara manual pada waktu pagi hari dengan menggunakan jaring.

Selain menangkap hama secara manual, mengumpulkan telur hama pengganggu juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi populasinya. Cara ini dilakukan dengan melihat bagian bawah daun maupun pada batang tanaman. Selain itu membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang cukup lama.

Pemangkasan Bagian Tanaman

Melakukan pemotongan bagian tanaman seperti daun atau batang yang terkena penyakit adalah cara ampuh yang dilakukan oleh petani. Hal ini dilakukan dengan maksud menghentikan penularan penyakit atau organisme pengganggu tanaman. Setelah dipangkas, bagian tanaman yang terkontaminasi penyakit sebaiknya dibakar.

Menanam Jenis Tanaman Anti Virus

Budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani biasanya ditanami benih tanaman biasa yang tidak tahan akan virus dan hama. Untuk menghindari serangan virus, sebaiknya para petani melakukan penanaman dengan benih yang tahan virus. Benih tahan virus memiliki kekebalan tubuh yang berbeda dan lebih unggul dibandingkan benih biasa.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih sayur dan buah anti virus unggulan dengan harga terjangkau. Varietas benih buah dan sayur yang dijual merupakan produksi pabrik benih terkemuka di Indonesia. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan kebutuhan pertanian kualitas unggul dengan harga terjangkau.

Melakukan Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman adalah sistem pertanian yang dilakukan dengan cara melakukan penanaman benih secara bergantian. Cara ini dilakukan untuk memutus rantai persebaran hama pengganggu tanaman dan penyakit tanaman. Bila persebaran hama dan penyakit tanaman hilang maka petani selaku pelaku usaha tidak akan mengalami kerugian.

Menggunakan Pestisida

Cara terakhir yang perlu dilakukan oleh petani untuk memberantas hama dan penyakit adlaah menggunakan pestisida. Pestisida merupakan obat atau racun yang berfungsi membasmi hama pengganggu tanaman yang membuat para petani merugi. Walaupun ampuh membasmi para hama tanaman, penggunaannya harus sesuai dosis agar tidak mencemari lingkungan dan membuat organisme menjadi kebal.

Baca Juga : Cabai Pelita 8 Lebih Tahan Hama Penyakit

Demikian artikel tentang Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang hama tanaman ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.