BAJA MC F1 BARU BENIH CABE DARI PANAH MERAH


baja mc f1, cabe besar, benih baru, panah merah, jual harga promo, toko pertanian, toko online, lmga agro
Baru Benih Baja MC F1 Panah Merah

Baja MC F1 Baru Benih Cabe Dari Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual produk baru benih F1 hibrida. Juga ada pupuk, hormon, vitamin, pestisida, spare part dan alat pertanian. Harga promo dan bersaing.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Konsultasi cara menanam benih terbaru Baja MC F1. Kami didukung perusahaan pertanian terkemuka Panah Merah, Kapal Terbang, Bayer, Dupont dan lain-lain.

Online shop LMGA Agro mengajak kerjasama dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Siap kirim produk ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin sampai tujuan dan aman. Bekerjasama dengan jasa pengiriman barang JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain.

Baja MC F1 baru benih Cabe produksi dari Panah Merah. Isi kemasan 10 gram. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Baja MC F1 merupakan komoditi pertanian dengan nilai ekonomis tinggi. Setiap hari di pasar tradisional maupun pasar modern ( swalayan ), cabe dibutuhkan oleh masyarakat.

Deskripsi Benih Cabe Baja MC F1

Baja MC F1 adalah benih cabai dengan buah MC ( Merah cerah ). Benih produksi dari Panah Merah. Budidaya Baja MC F1 direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Memiliki ketahanan dari penyakit PCR, BWR dan cukup tahan GVR.

Tanaman Baja MC F1 dapat dipanen umur 80 HST. Bobot per buah sebesar 15 gram. Potensi hasil panen cabai Baja MC F1 sebanyak 18 – 20 ton/ha. Ketahanan penyakit, umur panen, bobot dan potensi hasil tergantung dari lingkungan. Dan juga perlakuan budidayanya.

Baja MC ( merah cerah ) F1 merupakan jenis cabai besar. Tipe pertumbuhannya tegak. Memiliki potensi hasil antara 1 – 1,5 kg/tanaman. Dalam 1 kilogram Baja MC F1 terdapat 70 – 80 buah. Panjang cabe besar Baja MC F1 14 cm dan diameternya 1.5 – 1,6 cm.

Umur panen Baja MC F1 bervariasi menurut dataran tempat tanam. Rata-rata panen saat umur 75 – 80 HST. Benih Baja MC F1 tahan dari penyakit Layu Bakteri. Selain itu busuk batang ( Phytopthora capsici ) ditambah cukup tahan dari Gemini virus

Baja MC F1 perlu diperhatikan pupuk P dan K. Saat fase generatif karena Baja MC F1 warna buahnya merah cerah. Maka pemupukan unsur P dan K tidak sama seperti cabe besar Baja.

Baca Juga : Hot Beauty Cabai Besar Merah Andalan Known You Seed

Cabe Merah Cerah Besar Baja MC F1

baja mc f1, jual benih f1, peluang usaha, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Benih Hibrida F1 | LMGA Agro

Cabe atau cabai merah ( Jawa : Lombok ) merupakan buah dan tumbuhan dari genus. Buah cabe digolongkan sebagai sayuran. Dimanfaatkan sebagai bumbu tergantung dari bagaimana menggunakannya.

Buah cabai rasanya pedas. Sangat populer di asia Tenggara sebagai bumbu dan penguat rasa makanan. Nama latin Baja MC F1 adalah Capsicum annum L. sayuran yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Cabe memiliki berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Baja MC F1 mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas. Antioksidan terbanyak ada pada cabe hijau. Baja MC F1 merah cerah mengandung Lasparaginase dan Capsaicin bermanfaat sebagai zat kanker.

Cabe merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak ditanam petani Indonesia. Karena manfaatnya besar, masyarakat ikut mencoba menanam tanaman ini di rumah mereka. Petani suka budidaya cabe karena harga jual cabe tinggi. Meskipun harganya sering fluktuatif naik turun.

Masyarakat bukan petani pun menyukai menanam tanaman cabe. Karena kadang harga sayuran ini tiba-tiba naik dan langka di pasaran. Sehingga masyarakat memilih menanam sendiri. Terpenting, sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Baja MC F1 mengandung zat Capsaicin bermanfaat mengendalikan penyakit kanker. Baja MC F1 merah besar mengandung vitamin C cukup tinggi.

Kandungan vitamin C-nya cukup untuk kebutuhan harian kita. Namun demikian mengkonsumsi jangan berlebihan. Untuk menghindari nyeri lambung di perut kita.

Baca Juga : Strategi Pengolahan Tanah Di Musim Hujan

Syarat Tumbuh Menanam Baja MC F1

Cabe atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan ( Solanaceae ). Secara umum, benih Baja MC F1 dapat ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Hal ini tergantung dari varietasnya.

Budidaya benih Baja MC F1 dilakukan di ketinggian tempat lebih dari 250 m di atas permukaan laut. Sampai 1200 m di atas permukaan laut. Luasan lahan yang cocok untuk menanam Baja MC F1 masih sangat luas. Namun menanam di dataran tinggi kenyataannya masih sangat terbatas.

Pengembangan untuk budidaya cabe diarahkan di ketinggian sedikit di bawah 800 m dpl. Apalagi bila air irigasinya sangat terjamin sepanjang tahun.

Baja MC F1 cocok ditanam di tanah kaya humus, gembur dan sarang. Tanah tidak tergenang air. Derajat keasaman tanah ( pH ) ideal antara 5 – 6. Budidaya cabe besar di lahan kering sebaiknya pada akhir musim hujan ( Maret – April ).

Namun bila ingin harganya tinggi, penanaman dilakukan bulan Oktober. Sehingga panennya bulan Desember.

Pertumbuhan optimun Baja MC F1 memerlukan iklim tropis hangat dan lembab. Kebutuhan suhu berkisar antara 18 – 32 °C.

Pembentukan buah Baja MC F1 maksimun memerlukan suhu 15,5 – 21 °C. Suhu <15 °C dan >32 °C menghasilkan buah yang kurang baik. Suhu tinggi di siang hari menyebabkan  tanaman layu dan bunga gugur.

Curah hujan tinggi dan iklim basah menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. Sebaliknya, curah hujan rendah menyebabkan tanaman terhambat pertumbuhannya. Juga mempengaruhi ukuran buah.

Intensitas curah hujan yang cocok untuk Baja MC F1 adalah 600 – 1250 mm/tahun. Cabe sensitif dengan terik matahari yang tinggi namun menghendaki penyinaran penuh sepanjang hari. Baja MC F1 juga rentan hujan deras dan cuaca mendung. Namun toleran terhadap naungan hingga 45%.

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Rawit Cakra Putih Harga Murah

Cara Menanam Cabe : Benih Baja MC F1

baja mc f1, mulsa grenjeng, jual harga promo, toko pertanian, alat pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Penutup Bedengan

Baja MC F1 memerlukan penyinaran matahari minimal 8 jam per hari. Rendahnya intensitas cahaya mempengaruhi orientasi kloroplas tanaman. Baja MC F1 kekurangan cahaya mengakibatkan tanaman menjadi lemah dan pucat. Pertumbuhan tanaman juga cenderung panjang.

Untuk panennya lebih cepat sebaiknya ditanam pada tanah lempung berpasir. Tanah yang lebih berat seperti tanah liat membuat Baja MC F1 lambat panennya. Tanah harus cukup bahan organik, unsur hara dan air. Tanah harus bebas gulma, nematoda dan bakteri layu.

1. Persemaian Benih

Cara menanam cabe 1 hektar membutuhkan bibit kurang lebih ½ kilogram. Tempat persemaian benih Baja MC F1 sebaiknya diberi naungan menggunakan jaring. Fungsi naungan menghindari terik matahari langsung, dari air hujan langsung. Juga untuk menjaga kestabilan suhu, menjaga dari tiupan angin dan menjaga kelembaban.

Arah persemaian benih bagusnya menghadap ke arah timur. Beikut ini tahapan proses persemaian benih Baja MC F1 :

    • Siapkan polybag ukuran 5 x 10 cm.
    • Buat media persemaian. Yaitu campuran tanah, sekam dan kompos ( 1 : 1 : 1 ). Benih yang sudah diberi perlakuan coating sebaiknya tidak diperam.
    • Masukkan media pada polybag sampai hampir penuh. Lalu tanam benih di kedalaman 1,5 cm. Tutup benih dengan tanah semai.
    • Perawatan persemaian benih yaitu penyiraman teratur 2x sehari, pagi dan sore. Untuk melindungi benih dari guyuran air, tutup permukaan media tanah dengan kertas koran.
    • Alat siram gunakan gembor karena keluarnya air perlahan sehingga tidak merusak benih.
    • Hari ke-7 bibit sudah mulai tumbuh. Bibit siap ditanam bila sudah muncul daun sebanyak 4 – 6 helai. Atau umur 1 – 1,5 bulan.

Baca Juga : Benih Panah Merah dan Tempat Belanja Online Murah

2. Pengolahan Tanah dan Cara Menanam

Persiapan tanah dengan cara tanah dibajak sampai kedalaman 40 cm. Taburkan pupuk kandang dosis 0,5 – 1 ton per 1000 m². Pupuk kandang dicampurkan tanah merata dengan cara digaru. Lalu dibiarkan 1 minggu.

Bila pH tanah belum netral, beri Dolomit sebanyak 0,25 ton/ha bila pH <5. Tanah terlalu asam menyebabkan tanaman cepat layu dan hasil panen tidak bagus. Selanjutnya, membuat bedengan lebar 100 cm. Parit antar bedengan lebarnya 80 cm.

Pasang mulsa plastik hitam perak pada bedengan. Lalu buat lubang tanam pada mulsa menggunakan alat pelubang mulsa bergerigi besi. Jarak lubang tanam 50 x 40 cm untuk single row. Jarak tanam 60 x 50 cm untuk double row dengan cara zig zag.

Biarkan selama 1 – 2 minggu sampai lahan tanam siap ditanami dan bibit sudah siap dipindah. Biasanya sambil menunggu lahan siap, petani melakukan proses persemaian benih.

Saat tiba bedengan telah siap ditanami, ambil bibit di polybag. Sobek plastik polybag dengan hati-hati. Masukkan bibit langsung ke lubang tanam. Lalu beri tanah untuk menutup akar bibit.

Lakukan penanaman bibit pada pagi atau sore untuk mencegah tanaman stress karena kepanasan. Penanaman bibit ke lahan dilakukan dengan cepat dan selesai dalam 1 hari.

Setelah bibit ditanam, tancapkan ajir atau turus dari bilah bambu segera. Bila dipasang turus saat tanaman besar dikhawatirkan turus dapat merusak akar saat ditancapkan. Siram bibit yang baru dipindahkan untuk menjaga kelembaban.

3. Perawatan dan Pemeliharaan Baja MC F1

Perawatan dan pemeliharaan Baja MC F1 cukup mudah dilakukan dan tidak rumit. Pemeliharaan tersebut antara lain :

  • Bila tanaman sudah tinggi, ikatkan ke turus. Ikatan menggunakan tali salaran khusus untuk mengikat tanaman.

  • Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore. Tanah harus tampak lembab terus. Jika lokasi lahan terdapat banyak air, gunakan sistem pengairan agar kelembaban tanah terjaga.

  • Pemupukan susulan pertama dilakukann setiap 2 minggu sekali. Dengan cara menaburkan pupuk NPK di sekitar tanaman. Lalu tanaman disiram.

  • 14 HST dipupuk NPK ( 25-7-7 ) ; 28 HST dipupuk NPK ( 25-7-7 ) ; 42 HST dipupuk NPK ( 25-7-7 ), NPK  (16-16-16 ), Kalsium dan KCl.
  • 56 HST dipupuk NPK ( 16-16-16 ), Kalsium dan KCl.

  • 70 HST dipupuk Kalsium dan KP ; 84 HST dan 100 HST dipupuk pupuk KP.

  • Lakukan penyiangan untuk membersihkan lahan dari gulma. Gulma dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Juga dapat mencuri unsur hara yang seharusnya untuk tanaman utama.

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman

Toko Pertanian Online, baja mc f1, obat pertanian, pestisida, toko pertanian, online shop, lmga agro
Pengendalian Hama Penyakit Tanaman

Pencegahan dan pengendalian hama penyakit tanaman merupakan usaha melindungi tanaman dari kerusakan. Kerusakan diakibatkan serangan hama dan penyakit dapat menurunkan hasil produksi. Keugian lebih parah dapat mengagalkan panen.

Pencegahan dilakukan dengan cara sanitasi lahan termasuk membersihkan sekitar tanaman dari gulma. Gulma merupakan pengganggu tanaman berfungsi sebagai vektor penyakit. Cara mencegah lainnya adalah membuat sistim irigasi dan drainase yang baik.

Lalat buah menjadi salah satu kendala dalam cara menanam cabe besar merah. Lalat buah bahkan sering menjadi penyebab gagal panen. Lalat buah menyerang buah cabe, dari luar sering tampak sehat dan utuh. Namun di dalamnya ternyata membusuk dan terdapat larva lalat.

Buah membusuk sering disebabakan serangan lalat buah Bactrocera carambolae. Gejala awal sering kali tak tampak jelas namun sebarannya masih terbatas di Indonesia. Lalat buah menjadi hama karantina paling ditakuti petani. Serangannya menghambat ekspor maupun produksi cabe.

Hama lain yang harus dicegah adalah serangan kutu daun Myzus persicae ( Hemiptera : Aphididae ). Salah satu hama penting budidaya cabe karena menyebabkan kerusakan hingga 80%.

Baca Juga : Benih Sayur Panah Merah Paling Cepat Laku

Benih Baja MC F1 Tahan Penyakit

Dibawah ini akan dijabarkan penyakit-penyakit penting yang biasa menyerang tanaman cabe besar. Hal ini hanya sebagai pengetahuan kita agar dapat mengenal dan waspada akan serangannya.

1. Virus Gemini

Tanaman yang terinfeksi Begomovirus atau virus kuning, menunjukkan gejala bermacam-macam. Yaitu diantaranya daun menguning, keriting dan ukuran daun lebih kecil. Umumnya tanaman yang terinfeksi virus Gemini akan menjadi kerdil. Ruas-ruas percabangan akan memendek.

Seringnya bila menyerang saat masuk fase Generatif ( muncul bunga ), bunga menjadi gugur.  Pengendalian dilakukan terhadap hama vektornya yaitu kutu kebul. menggunakan aplikasi insektisida berbahan aktif Abamectin, Tiametoksam, Metidation dan Diafentiuron.

2. Patek/Antrak ( Anthracnose )

Penyakit Patek disebabkan jamur Colletrotichum sp. Gejalanya adalah buah ada bercak cekung, busuk basah dan kering, berwarna hitam/oranye.

Lakukan pengendalian mekanis dengan membuang buah yang terinfeksi, menjaga sanitasi kebersihan lahan. Dan aplikasi fungisida berbahan aktif Kloratalonil,  Karbendazim, Propineb. Juga bahan aktif Heksakonazol, Asilbenzolars metyl, Flusilazol dan Panarimol.

3. Layu Bakteri ( Bacterial Wilt )

Penyakit ini disebabkan bakteri Ralstonia solanacearum. Gejala yaitu tanaman menjadi layu padahal masih tampak hijau. Pengendalian mekanis membuang tanaman terinfeksi.

Pemberian bakterisida dengan cara dikocor sesuai aturan pakai. Bahan aktifnya adalah Dazomet, Streptomycin sulfat, Asam Oksolinik. Juga bahan aktif Kasugamycine Hidroklorida dan Oksitetrasiklin.

4. Hawar Daun/Lodoh ( Phythopthora )

Disebabkan jamur Phythopthora capsici. Gejalanya, terjadi penyempitan pada batang. Batang seperti tercekik dan tampak berwarna hitam. Pengendalian mekanis dengan mencabut dan membuang tanaman terinfeksi.

Melakukan sanitasi lingkungan, drainase yang baik dan jarak tanam diperlebar. Penyemprotan gunakan fungisida berbahan aktif Dimetomorf, Folpet dan Kloratalonil.

Cara Pemanenan Cabe Besar Baja MC F1

Panen Baja MC F1 apabila buah sudah masak dan berwarna merah. Cara panen yaitu buah dipetik secara langsung. Baja MC F1 di panen umur 80 HST, panen pertama dapat dipanen umur 75 hSt. Panen berikutnya dilakukan 2 – 3 hari berikutnya.

Hasil produksi  tergantung dari ketinggian tempat dan cara perawatannya. Pemetikan dapat dilakukan sampai tanaman berumur 6 bulan. Terkadang malah lebih karena umur maksimal tanaman cabe adalah 2 tahun ( 24 bulan ). Jadi sekitar 20 kali kita dapat memanen tanaman cabe Baja MC F1.

Pada saat panen, usahakan buah tidak terlalu matang. Yaitu sekitar 80 – 90% tingkat kematangannya. Panen sebaiknya dilakukan pagi hari setelah embun kering. Agar buah nanti setelah dipetik tetap berukuran besar.

Cara memetik adalah dengan menyertakan tangkainya untuk menjaga kesegaran lebih lama. Buah yang bagus berbentuk ramping dan isinya padat. Baja MC F1 cabe besar benih baru dari Panah Merah yang tahan distribusi jarak jauh. Bentuk buahnya kokoh seperti Baja.

Demikian artikel Kami tentang : Baja MC F1 Baru Benih Cabe Dari Panah Merah. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo dan bersaing terbaru benih cabe Baja MC F1. Tersedia juga benih F1 buah dan sayur lainnya, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro online shop menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami didukung perusahaan pertanian seperti BISI, East West, Takii, Bayer, Dupont dan lain-lain. Kami membuka kerjasama bagi dropship, reseller, petani dan toko pertanian.

Kami siap kirim produk Baja MC F1 pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca. Selamat mencoba dan salam sukses