Usaha Sampingan Peluang Petani Menjadi Sukses


usaha sampingan, jual pupuk murah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Jual Pupuk

Usaha Sampingan Peluang Petani Menjadi Sukses. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro mengajak membuka usaha sampingan sebagai dropshipper dan reseller. Membuka peluang usaha bagi petani dan toko pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro jual murah dan harga promo. Benih F1 hibrida buah dan sayur tahan virus dan penyakit. Segala jenis pupuk, ZPT, pestisida ( fungisida, insektisida, herbisida dan lain-lain ) dan alat-alat pertanian.
LMGA Agro juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan hal-hal lain. Kami juga siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan cepat sampai. Kami bermitra dengan jasa pengiriman barang. Yaitu JNE, POS INDONESIA, KI8, TIKI dan lain-lain.
Setiap orang mempunyai keinginan punya bisnis atau usaha sendiri. Dan bila sebelumnya sudah mempunyai pekerjaan, maka usaha tersebut ingin tetap bisa dijalankan. Yaitu sebagai usaha sampingan.
Mempunyai bisnis atau usaha sebagai sampingan biasanya digunakan menghadapi persiapan masa tua nanti. Terutama bagi mereka saat tiba menghadapi masa pensiun. Masa tua saat pensiun energi Anda sudah berkurang jauh.

Alasan Mendirikan Usaha Sampingan

Mendirikan usaha sampingan bagi beberapa orang berguna untuk jangka pendeknya. Yaitu manfaatnya bila suatu saat pekerjaan atau usaha sebelumnya tidak menguntungkan lagi. Sehingga Anda tidak khawatir karena tetap ada penghasilan dari usaha Anda lainnya.
Di zaman modern ini, para pekerja baik swasta maupun ASN mencoba peruntungannya. Yaitu dengan mendirikan usaha sampingan. Orang-orang ini sudah memiliki penghasilan rutin. Namun ingin punya usaha kecil-kecilan sebagai sampingan saja.
Alasannya apalagi selain ingin menambah penghasilan dan mencari pengalaman. Alasan lain bisa jadi ingin mengisi waktu luang diantara rutinas pekerjaan setiap hari. Rutinas setiap hari seorang pekerja yang itu-itu saja tentu membosankan dan jenuh. Mereka ingin ada kegiatan lain, terasa santai tapi juga menghasilkan.
Alasan memiliki usaha sampingan tidak selalu ingin menambah penghasilan. Masih banyak latar belakang orang mempunyai usaha sampingan. Meskipun alasan yang berhubungan dengan uang sering menjadi alasan utama.
  1. Menambah Penghasilan

Alasan untuk menambah penghasilan merupakan alasan terbanyak. Alasan yang mendorong para pekerja kantor memiliki usaha sampingan. Terutama bagi mereka bergaji pas-pasan, usaha sampingan dipilih untuk mengejar penghasilan tambahan.
Usaha sampingan diyakini dapat menambah keuangan rumah tangga, membantu memenuhi kebutuhan hidup. Seperti kebutuhan keuangan untuk membayar cicilan dan biaya pendidikan anak. Hal ini tentu terjadi pada pasangan suami istri dan sudah mempunyai anak.
2. Memenuhi Target Keuangan
Ada juga alasan orang punya usaha sampingan karena cita-cita. Yaitu seperti cita-cita ada target punya mobil 2 tahun lagi. Dengan target keuangan tersebut, dia berusaha mempunyai usaha sebagai tambahan penghasilan. Penghasilan dari usaha sampingan disisihkan hingga mencapai target keuangannya.
3. Mengisi Kegiatan Saat Waktu Luang
Memiliki waktu luang, mendorong juga para pegawai kantor ( ASN ) memiliki usaha di rumah. Apalagi kini, era digital membuat bisnis usaha sampingan lebih mudah melalui internet.
Dengan memanfaatkan waktu luang dan ada internet, peluang usaha cepat mendapatkan hasil tambahan. Alasan daripada bengong tidak ada kerjaan. Lebih baik digunakan mendirikan suatu usaha yang menghasilkan. Dan juga tidak terlalu sulit mengerjakannya.
Waktu luang biasanya memilih saat hari sabtu dan minggu atau saat liburan panjang. Daripada uang dibuang-buang untuk liburan, lebih baik waktu libur dibuat mendirikan suatu usaha. Dan usaha ini bisa dikerjakan di rumah atau di mana pun.

4. Membuktikan Kemampuan

Usaha sampingan dipilih orang tidak selalu ingin mengisi waktu kosong atau menambah penghasilan. Ada alasan besar selain dari itu semua, yaitu ingin membuktikan kemampuan pribadi.
Ada beberapa orang ingin membuktikan bahwa dirinya bisa mempunyai usaha sendiri. Ingin membuktikan di depan keluarga atau pihak-pihak tertentu. Bisa jadi ini merupakan pemicu diri agar lebih sukses.
5. Persiapan Menghadapi Pensiun
Pegawai kantoran atau ASN pasti mengalami masa pensiun. Dan saat itulah mereka akan menjadi pengangguran. Sehingga banyak pegawai mempersiapkan diri menghadapi pensiun mereka. Mendirikan usaha sampingan dan mencari ide usaha. Serta target tahun depan usaha sudah berjalan.
6. Persiapan Usaha Untuk Anak
Banyak pemilik usaha senior, melirik mencari peluang usaha lain sebagai sampingan. Alasannya usaha tersebut dipersiapkan untuk warisan kepada anak jika kelak tua nanti. Alasan mulia ini juga bisa sebagai pemicu semangat memulai usaha sampingan.

Usaha Sampingan Petani di Desa

usaha sampingan, petani, budidaya tanaman, peluang usaha, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Pertanian menanam Cabe

Siapapun bisa mendirikan usaha sampingan, termasuk seorang petani di desa sekalipun. Karena menjadi petani bukan berarti tidak bisa meraih sukses. Kini, tak sedikit petani banyak yang sukses. Dan mampu melebarkan usahanya hingga ke luar negeri.

Wilayah agraris Indonesia untuk pertanian dan perkebunan sangatlah luas. Petani memiliki peluang besar untuk tetap berjuang di dunia pertanian. Bahkan memperluas lahannya dan menggunakan alat-alat pertanian modern. Atau dengan mencoba peluang usaha sampingan selain menjadi petani.
Namun juga tidak bisa dielakkan. Bahwa ada beberapa petani belum memiliki lahan pertanian luas dan modal besar. Masih ada petani belum beruntung lainnya menjadi petani sukses. Masih banyak petani merasa kesusahan bahkan untuk memenuhi kebutuhan meraka sendiri.
Petani dengan kondisi demikian, Pemerintah tetap membantu salah satunya dengan memberi bantuan keuangan. Petani mempunyai kelompok tani dan akan saling membantu agar bisa maju. Salah satunya dengan mendirikan usaha kecil di rumah yang berhubungan dengan dunia pertanian.

Menjual Benih Offline dan Online

Sebagai seorang petani, tentunya telah memiliki ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman. Mulai dari pembibitan, pengolahan tanah, penanaman bibit, pemeliharaan dan panen.
Ilmu pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendirikan usaha lain selain menjadi seorang petani. Usaha sampingan jual benih F1 hibrida dari pabrik terkemuka. Seperti benih cap Panah Merah, Kapal Terbang dan lain-lain.
Jualan benih bisa membuka toko offline di rumah atau sewa tempat. Ditambah bisa juga kita mencoba menawarkan secara online. Jualan benih secara online tidak membutuhkan modal banyak seperti toko offlinenya. Cukup dengan bekerjasama dengan suplier kredibel menjadi dropshipper atau reseller.
Toko offline menjual benih hibrida merupakan awal langkah mendirikan usaha sampingan. Bila ingin menyesuaikan modal maka jual benih sebagai langkah awal. Karena banyak petani membutuhkan benih berkualitas. Toko Anda mungkin bisa sangat ramai bila menjual benih F1 berkualitas.
Sebelum memulai usaha sebagai penjual benih, Anda harus survey pasar. Mengetahui benih apa yang sering dibutuhkan petani. Sebagai seorang petani juga, pastinya Anda akan paham dan lebih mengetahuinya. Carilah supplier pemasok benih yang bisa diajak bicara dan bekerjasama dengan baik.

Usaha Sampingan Penyedia Bibit Tanaman

usaha sampingan, pembibitan tanaman, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Sampingan Pembibitan

Sebagai seorang petani aktif, sediakan waktu luang membuat bibit tanaman buah dan sayur. Bibit-bibit ini nanti dapat dijual baik secara offline maupun online.

Usaha kecil di rumah dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong. Bisa juga Anda kerjakan bersama keluarga, istri dan anak-anak sambil mengajarkan tentang berkebun.
Sebelum memulai usaha sampingan menyediakan bibit tanaman, lakukan survey terhadap masyarakat setempat. Bibit apa paling laku dan dicari masyarakat sekitarnya. Kemudian Kita bisa mencari bahan dan alat untuk melakukan pembibitan.
Selanjutnya setelah berhasil membuat bibit buah/sayur, lakukan pemeliharaan secara rutin dan baik. Jangan lupa membuat brosur atau banner. Untuk memberitahukan bahwa Anda mendirikan sebuah toko pertanian jualan bibit di rumah Anda.

Dropship dan Reseller Toko Pertanian

Mendirikan toko pertanian lengkap secara mandiri membutuhkan modal besar. Namun menjadi dropship atau reseller dapat dipilih sebagai usaha sampingan. Karena kedua usaha tersebut tidak banyak membutuhkan modal. Dapat dilakukan baik secara offline maupun online.
Menjadi dropship maupun reseller kuncinya adalah cara Anda menawarkan ke konsumen. Penawaran harus semenarik mungkin hingga pelanggan mau mengunjungi toko dan membeli barang.
Menjadi dropship dan reseller toko pertanian. Yaitu menjual pupuk, pestisida sampai dengan alat-alat pertanian. Alat pertanian modern biasanya harganya sangat mahal. Hal ini kemungkinan terasa berat bagi pebisnis pemula dengan modal pas-pas an.
Agar usaha sampingan kita berjalan lancar, lebih baik bila mengikuti arah perkembangan zaman. Saat ini semua serba online, maka kenapa tidak kita manfaatkan membuka online shop. Salah satunya dengan menjadi dropshipper atau reseller.
Media sosial dan media online dimanfaatkan untuk marketing toko pertanian online. Selain mudah pemasarannya, mendirikan usaha sampingan toko online tidak membutuhkan modal besar. Toko online juga tidak perlu memikirkan tempat usaha atau sewa tempat.

Menjadi Blogger Pertanian

Menjadi blogger pertanian merupakan usaha sampingan yang mudah dilakukan oleh petani. Selain menerapkan ilmu pertanian di lapangan, blogger pertanian dapat membagikan ilmunya melalui tulisan.

Blogger adalah membuat tulisan lewat internet. Daripada membaca buku, koran atau majalah, masyarakat lebih suka mencari informasi ke google. Karena selain lebih praktis, di internet segala info mudah didapat.

Menjadi blogger pertanian sebagai usaha sampingan selain Anda mendapat pemasukan menjadi blogger. Anda juga akan menjadi pribadi mulia karena berkenan membagikan ilmunya ke banyak orang.

Usaha Sampingan Bisnis Tanaman Hias

Usaha sampingan ini cocok bagi penyuka hobi berkebun dan menanam tanaman hias. Jenis tanaman hias banyak sekali macamnya, terbagi menjadi dua. Yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.
Tentukan Anda memilih jenis mana dijadikan usaha sampingan ini. Tanaman hias daun banyak sekali jenisnya. Ada yang mudah pemeliharaannya dan ada yang sulit. Sebaiknya sebelum memulainya, lakukan survey mengetahui jenis-jenis tanaman hias.
Usaha sampingan menjual tanaman hias memiliki pangsa pasar luas. Tanaman ini banyak diminati baik pecinta tanaman maupun ibu rumah tangga. Tanaman hias daun sering dijadikan pilihan untuk menghias rumah maupun kantor. Merawat tanaman hias dapat menimbulkan rasa senang seseorang.
Tanaman hias bisa menjadikan ruangan atau tempat di sekitarnya tampak segar. Siapapun yang memandangnya merasa rileks hingga dapat menurunkan stress. Tanaman hias mampu mengurangi kecemasan dan membantu berpikir kreatif orang di dekatnya.
Banyak perusahaan atau kantor besar meletakkan tanaman hias disudut ruangan. Hal ini menjadi prospek bisnis sebagai usaha sampingan. Anda bisa menambah keahlian merancang taman. Yaitu taman untuk rumah, kantor atau pada resepsi pernikahan, pameran dan lain-lain.
Sehingga selain usaha sampingan menjual tanaman hias. Anda juga menambah keahlian sebagai konsultan taman. Sebagai petani, usaha sampingan ini bisa membuat Anda semakin sukses dan terkenal.

Usaha Sampingan Lain Petani di Desa

Usaha sampingan ini dapat petani lakukan dan tidak berhubungan dengan pertanian. Usaha sampingan juga bisa dilakukan istri dirumah. Yaitu saat suami bekerja sebagai petani di lahan. Dan si bapak dapat membantu setelah aktivitasnya selesai di sawah.
Usaha sampingan berikut ini bisa dilakukan oleh petani di desa, yaitu antara lain :
  • Membuka Warung Kecil-Kecilan
Warung dapat didirikan di teras rumah, menjual segala kebutuhan sehar-hari. Dapat juga ditambah menjual sayuran, tahu, tempe, bumbu-bumbu dapur dan lain-lain.
Sayuran segar seperti bayam, sawi, kangkung dapat diambil dari kebun sendiri di rumah. Sayuran lain seperti cabai, tomat, terong, kacang panjang juga hasil menanam di pekarangan.
  • Mendirikan Depo Air Minum Ulang
Kadang ada beberapa orang yang ingin lebih praktis mendapatkan air putih. Mereka ingin ada air putih cara praktis tanpa memasak di kompor. Atau karena kesibukan tidak sempat atau lupa memasak air minum.
  • Mempunyai Ternak Sebagai Investasi
Memelihara sapi atau kambing, populer dilakukan warga desa. Selain mereka sebagai seorang petani, mempunyai hewan ternak merupakan kebanggaan tersendiri. Tenang rasanya bila mempunyai hewan ternak karena bisa dijual bila ada kepentingan mendadak.
Hewan ternak lain yang biasa dipelihara lainnya adalah ayam kampung dan ayam petelur. Ayam dapat dimanfaatkan daging dan telurnya saat ada kepentingan seperti tahlilan keluarga.
  • Membuka Toko Sembako
Toko sembako dapat dijadikan usaha sampingan petani di desa. Menjual berbagai keperluan sehari-hari, makanan kecil untuk anak-anak sampai jual bensin botolan. Sekarang, di kampung atau di desa, mendirikan toko sembako banyak didatangi pembeli. Apalagi bila harga barangnya tidak terlalu mahal, barang komplit dan pelayanan kita ramah.

Peluang Usaha di Desa Makin Bervariasi

Peluang usaha di desa makin bervariasi hingga tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Peluang usaha di desa tidak berkutat di seputar usaha tani dan peternakan saja. Karena banyak peluang usaha menjanjikan bisa dijalankan di desa. Baik secara offline maupun online.
Semua peluang usaha ini kembali ke diri masing-masing. Segala bentuk usaha kecil-kecilan tersebut dapat dijadikan usaha sampingan selain pekerjaan tetap kita. Bagi Anda yang tinggal di desa agar bisa maju jangan seperti petani zaman dulu dulu. Sudah bekerja keras namun penghasilan keluarga tidak seberapa.
Jika kendalanya adalah modal maka banyak kini usaha sampingan modal kecil. Inti dari suksesnya sebuah usaha tidak tergantung besar kecilnya modal. Karena ada usaha bermodal besar namun karena pengelolaan yang buruk, usaha tersebut bangkrut.
Mendirikan suatu usaha meskipun hanya usaha sampingan, tetap perencanaan harus matang. Bahkan dengan modal kecil pun. Bila dikerjakan sunguh-sungguh dan perencanaan matang memberikan hasil besar.
Oleh sebab itu jangan hanya fokus ingin hasil besar. Namun bekerja keras dan nikmati setiap proses setiap harinya dalam menjalankan usaha sampingan. Dengan begitu, hasil memuaskan dapat kita nikmati.
Demikian artikel judul Usaha Sampingan Peluang Petani Menjadi Sukses. Hubungi nomer HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan berbagai keperluan bertani. Mulai dari benih berkualitas, pupuk, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian.
Segala kebutuhan untuk bercocok tanam dijual harga murah dan promo. Banyak produk terbaru dijual di toko pertanian online LMGA Agro. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian maupun usaha sampingan pertanian. Semoga bisa bermanfaat. Salam sukses…