Pupuk Organik Penjaga Ekosistem Lingkungan

Pupuk Organik Penjaga Ekosistem Lingkungan


Pupuk Organik Penjaga Ekosistem Lingkungan. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Peluang usaha pada bidang pertanian sudah banyak sekali bentuknya, mulai dari membuka toko pertanian hingga melakukan budidaya tanaman. Budidaya tanaman dijalankan oleh petani dengan memanfaatkan tumbuhnya benih hingga dapat dipanen hasilnya, hasil ini dapat berupa buah atau sayur. Dalam pelaksanaannya, budidaya tanaman perlu ditunjang beberapa item seperti pupuk dan pestisida yang tersedia di toko pertanian.

Pupuk merupakan komponen penting dalam melakukan budidaya tanaman, dengan dibedakan menjadi pupuk organik dan pupuk kimia. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat menyebabkan lingkungan menjadi tercemar dan ekosistem lingkungan menjadi tidak seimbang. Sedangkan penggunaan pupuk hayati mempunyai keuntungan dalam menjaga ekosistem lingkungan agar tidak tercemar.

Pupuk Organik Solusi Lingkungan Tetap Terjaga

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa – sisa tanaman atau hewan. Pupuk hayati ini dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Serta mengandung banyak bahan organik daripada kadar unsur haranya.

Budidaya tanaman juga sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan ekosistem yang terkandung didalamnya. Jika kondisi lingkungan rusak atau ekosistem yang tidak terjaga maka tumbuhan tidak akan tumbuh maksimal. Untuk membantu membuat ekosistem menjadi seimbang, maka penggunaan pupuk organik sangat cocok digunakan.

Pupuk organik berguna untuk memperbaiki struktur tanah karena mempunyai sifat yang unik. Pupuk ini dapat menggemburkan dan memberikan pori – pori pada tanah lempung yang dikenal mempunyai struktur yang padat. Serta membuat tanah berpasir menjadi lebih padat dan mampu menyimpan air untuk menunjang tumbuhnya benih tanaman.

Sebagai salah satu komponen penunjang pertumbuhan tanaman, pupuk organik juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman.

Nutrisi yang terkandung dalam pupuk hayati juga mencakup dari unsur yang bersifat makro maupun mikro. Sebagai contoh dari unsur makro terdapat nitrogen, fosfor, dan kalium, sedangkan unsur mikro terdapat zat besi, tembaga, dan tembaga.

Selain memiliki kelangkapan unsur makro dan mikro, pupuk organik juga dapat meningkatkan daya simpan air. Struktur dari pupuk hayati ini dikenal mampu menyerap air dan menyimpannya dalam pori – pori dan diserap oleh tanaman melalui akar. Air berfungsi untuk mempertahankan kelembapan lingkungan tanaman agar terhindar dari bahaya kekeringan.

Pupuk organik mengandung berbagai mikroorganisme didalamnya yang berfungsi untuk menambah mikroorganisme yang ada didalam tanah. Sifat dari pupuk hayati adalah dapat melembabkan tanah, dengan tanah yang lembab maka mikroorganisme dapat bertumbuh secara ideal. Mikroorganisme yang terdapat dalam tanah juga berfungsi menghasilkan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan Jenis Pupuk

Jenis Pupuk Organik Bagi Tanaman

Pupuk organik yang merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman. Penggunaan dari pupuk ini sangat bermanfaat dalam membantu daya tumbuh tanaman dan memberikan nutrisi pada tanaman. Selain memberikan nutrisi bagi tanaman, pupuk ini ramah terhadap lingkungan karena terbuat dari sisa sisa makhluk hidup yang telah diproses.

Setelah melalui proses pembuatan dengan memanfaatkan sisa sisa hewan atau tumbuhan, pupuk akan diaplikasikan ke tanah yang akan ditanami. Manfaat dari pemberian pupuk organik juga beragam, mulai dari menggemburkan tanah hingga merekatkan tanah berpasir agar mampu menyimpan air. Selain itu, pupuk hayati juga meningkatkan populasi mikroorganisme yang terkandung dalam tanah.

Pupuk organik memiliki beberapa jenis yang sudah beredar dan digunakan dalam budidaya tanaman oleh para petani. Sebagian besar jenis dari pupuk ini mempunyai bahan yang mudah ditemukan dan diproses oleh para petani sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan jenis pupuk hayati yang biasa digunakan oleh para petani dalam melakukan usaha budidaya tanaman.

Pupuk Hijau

Pupuk hijau merupakan pupuk organik yang berasal dari proses pelapukan tanaman seperti sisa panen ataupun tanaman yang sengaja ditanam. Tanaman yang bisa digunakan untuk pembuatan pupuk hijau adalah jenis leguminosa ( kacang – kacangan ) dan tanaman air. Kedua jenis tanaman ini memiliki kadar unsur hara nitrogen yang tinggi dan cepat terurai dalam tanah.

Cara penggunaan tanaman jenis leguminosa sebagai pupuk hijau bisa langsung diaplikasikan pada tanah sebagai pupuk. Sedangkan penggunaan tanaman air untuk pupuk hijau bisa dilakukan dengan membenamkan ke dalam tanah pada saat pengolahan tanah. Tanaman air juga banyak tumbuh secara liar di lahan persawahan.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang sendiri berasal dari kotoran hewan ternak seperti unggas, sapi, kerbau, dan kambing. Pupuk jenis ini biasanya dibuat sendiri oleh petani yang memiliki hewan ternak atau peternakan. Pembuatan dari pupuk kandang juga tidak memerlukan proses panjang, kotoran dari hewan hanya perlu didiamkan sampai kering dan matang.

Kandungan dari pupuk kandang meliputi unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan belerang. Unsur hara tersebut sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Selain mengandung unsur hara makro, pupuk kandang juga memiliki kemampuan untuk merangsang aktivitas biologi tanah.

Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan pupuk yang dihasilkan dari pelapukan bahan organik dengan melewati proses biologis dengan bantuan organisme pengurai atau dekomposer. Dekomposer memakan sisa sisa bahan organik sehingga nutrisi yang terdapat didalamnya akan secara bertahap keluar dan akan menjadi pupuk. Organisme yang biasa menjadi dekomposer ini antara lain bakteri, jamur, kapang, dan cacing tanah.

Teknologi secara bertahap juga mempengaruhi pembuatan dan produksi dari pupuk organik jenis kompos ini. Metode pembuatan serta varian dekomposer yang digunakan juga sudah beragam dan bervariasi. Sehingga jenis pupuk kompos juga makin beragam seperti pupuk bokashi dan pupuk organik cair.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pupuk organik cair stok lengkap dengan kualitas unggul harga murah. Serta jual varietas benih sayur dan buah dengan kualitas unggul harga murah. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai kendala dan masalah yang terjadi pada budidaya tanaman secara gratis.

Baca Juga : Kegunaan Pupuk Organik Untuk Budidaya Buah dan Sayur

Cara Membuat Pupuk Organik Kompos Secara Mandiri

Pupuk organik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mudah dalam mencari bahannya dan mudah dalam pembuatannya. Pupuk kandang bisa dibuat dengan memanfaatkan sisa limbah kotoran hewan peternakan yang didiamkan supaya matang dan siap digunakan. Pupuk hijau bisa dibuat secara mudah dengan cara digunakan secara langsung pada saat fase pengolahan tanah.

Sedangkan untuk pupuk kompos, bahan – bahan pembuatnya bisa memanfaatkan sisa hasil panen dan memanfaatkan sampah rumah tangga. Untuk membuat pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga juga harus memperhatikan jenis sampah yang digunakan. Tidak semua jenis sampah rumah tangga bisa digunakan untuk pupuk organik jenis kompos.

Persiapkan sampah organik yang akan dijadikan pupuk organik seperti sisa – sisa daun gugur, sayuran, dan sampah organik lainnya. Setelah dipersiapkan, sampah organik dipotong kecil untuk mempercepat proses pembusukan. Selanjutnya campurkan potongan sampah organik dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.

Setelah mencampurkan sampah organik dan pupuk kandang, siapkan setengah gelas larutan gula dengan menyesuaikan bahan yang ada. Setelah itu siapkan 10 ml larutan EM4, lalu campurkan larutan gula dan EM4 dengan campuran sampah organik dan pupuk kandang. Dalam mencampurkan bahan – bahan tersebut usahakan hasil akhirnya bahan menjadi basah dan lembab.

Setelah bahan dicampur, masukkan ke dalam wadah seperti bak penampungan, karung, timba bekas cat, atau plastik besar. Proses fermentasi dari pencampuran bahan hingga menjadi pupuk kompos perlu waktu 2 sampai 3 bulan. Untuk mempercepat proses fermentasi pupuk organik, maka setiap 2 minggu bolak balik bahan dan percikan air supaya tetap basah.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, pupuk kompos sebaiknya dibuat secara berkelanjutan. Karena jika pupuk kompos dibuat secara berkelanjutan dan periodik, sehingga sampah organik dapat bermanfaat dan tidak dibuang begitu saja. Lalu tanaman bisa tumbuh berkembang dengan baik dengan penggunaan pupuk kompos secara cukup dan teratur.

Baca Juga : Pupuk Kandang, Jenis dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Organik

Perkembangan dunia pertanian mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, sehingga petani juga sedikit demi sedikit mengalami perubahan perilaku pengelolaan tanaman. Mulai dari penggunaan benih yang sudah tahan virus hingga pupuk kimia. Seiring pupuk kimia yang sudah merajalela sehingga pupuk organik semakin dilupakan.

Padahal sebelum mengenal adanya pupuk kimia, pupuk organik lebih banyak digunakan oleh petani dalam budidaya tanaman. Pupuk hayati yang dipakai oleh petani sebelum mengenal adanya pupuk kimia diantaranya pupuk kandang dan kompos. Karena pada zaman dahulu petani selain memiliki budidaya tanaman juga memiliki hewan ternak.

Pemanfaatan pupuk hayati di budidaya tanaman memiliki keuntungan tersendiri bagi kelestarian lingkungan. Selain memiliki keuntungan dalam penggunaannya, pupuk hayati juga terdapat kekurangan. Dibawah ini adalah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pupuk organik.

Kelebihan Pupuk Organik

Keuntungan atau kelebihan dengan menggunakan pupuk organik pada budidaya tanaman adalah dapat meningkatkan produktivitas lahan. Produktivitas bisa meningkat dengan penggunaan pupuk hayati karena dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah. Selain meningkatkan unsur hara dalam tanah, juga dapat memperbaiki sifat, kimia, dan biologi lahan pertanian.

Harga pupuk organik yang beredar juga murah, dan sangat mudah didapat di alam serta membuatnya juga cukup mudah. Pupuk hayati juga memiliki kandungan unsur mikro lebih lengkap dibandingkan dengan pupuk kimia. Selain kandungan mikro yang banyak, pupuk organik juga memberikan kehidupan bagi mikroorganisme tanah.

Pupuk organik juga memiliki kemampuan untuk memobilisasi atau menjembatani unsur hara untuk dijadikan partikel ion yang mudah diserap tanaman. Pelepasan hara pada pupuk organik juga perlahan dan terus menerus untuk mencegah kelebihan suplai agar tanaman tidak keracunan. Serta menjaga kelembaban tanah untuk mengurangi tekanan dan struktur tanah pada tanaman.

Pupuk organik yang digunakan untuk budidaya tanaman juga memiliki keuntungan dapat mencegah erosi lapisan tanah. Kesuburan tanah juga akan terjaga dengan menggunakan pupuk hayati secara teratur. Serta memberikan manfaat bagi kesehatan manusia karena banyak kandungan nutrisi.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual pupuk organik cair unggul stok lengkap dengan harga murah. Serta menyediakan varietas benih sayuran dan buah unggul dengan harga yang terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi kendala dan permasalahan pada budidaya tanaman secara gratis.

Kekurangan Pupuk Organik

Selain memiliki kelebihan dalam pemanfaatannya, pupuk organik juga memiliki kekurangan jika digunakan dalam lahan pertanian. Penggunaan pupuk hayati jenis pupuk kandang masih mengandung beberapa benih tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Selain benih tanaman yang mengganggu, pupuk terkadang masih terdapat larva atau telur serangga yang dapat menjadi hama tanaman.

Kandungan unsur hara pada pupuk organik juga sulit diprediksi karena bahan pembuatnya juga memiliki beragam kandungan unsur hara. Proses respon pupuk organik juga lebih lambat dikarenakan pupuk organik bersifat low release. Penggunaan pupuk mikroba hasil bioteknologi juga masih jarang, sehingga jumlah mikroorganisme tanah kurang optimal.

Baca Juga : Kegunaan Pupuk Organik Untuk Budidaya Buah dan Sayur

Pupuk Organik Tersedia di Toko Pertanian Terdekat

Seiring kebutuhan pupuk kimia yang semakin meningkat, permintaan pupuk organik juga banyak dicari oleh para petani. Pupuk yang terbuat dari bahan organik ini juga harus diberikan secara seimbang bebarengan dengan pupuk kimia. Selain pupuk organik yang bisa dibuat sendiri seperti pupuk kandang dan pupuk kompos, juga terdapat pupuk organik cair.

Pupuk organik cair merupakan salah satu komponen pertanian berbentuk cairan pekat yang memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tanaman. Kebutuhan pupuk berbentuk pekatan ini juga sering dicari oleh petani sebagai penunjang tumbuhnya tanaman. Petani dapat dengan mudah mencari pupuk organik cair dengan mengunjungi toko pertanian terdekat.

Toko pertanian terdekat dari tempat tinggal petani tentunya menyediakan berbagai macam barang kebutuhan pertanian seperti benih tanaman. Selain menyediakan benih, toko pertanian akan menyediakan berbagai macam pupuk, mulai dari kimia hingga organik. Tentunya dengan tersedianya pupuk organik di toko pertanian terdekat akan memudahkan petani dalam mencari dan membelinya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro turut menyediakan dan jual pupuk organik cair kualitas unggul dengan harga murah. Serta tersedia varietas benih buah dan sayur unggul berbagai merk terpercaya dengan harga terjangkau. Selain benih dan pupuk, Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan peralatan pertanian dengan harga yang murah.

Baca Juga : Guna dan Fungsi Pupuk Organik Bagi Usaha Tanaman Kita

Demikian artikel tentang Pupuk Organik Penjaga Ekosistem Lingkungan. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang pupuk organik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.