Usaha Kecil Menengah Bidang Pertanian Menjanjikan dan Menguntungkan


usaha kecil menengah, pertanian, toko pertanian, toko online, lmga agro, online shop, usaha bertani
Usaha Pertanian Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha Kecil Menengah Bidang Pertanian Menjanjikan dan Menguntungkan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian mulai benih F1 buah dan sayur, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Toko Pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier memberikan peluang untuk usaha kecil menengah secara online. Yaitu kerjasama bagi dropship, reseller dan online shop ( olshop ) produk pertanian. Kami didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka seperti PT BISI International ( benih cap Kapal Terbang ) dan East West Seed Indonesia ( benih cap Panah Merah ).

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yaitu JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lain. Barang cepat sampai dan dijamin aman.

Usaha kecil menengah banyak dipilih masyarakat karena dirasakan menguntungkan dan mudah dilakukan. Bagi seseorang yang tidak menyukai keterikatan waktu dalam bekerja, membuka usaha atau bisnis dipilih untuk mengais rezeki.

Peluang Bisnis Usaha Kecil Menengah

Bisnis menjadi hal menarik minat masyarakat akhir-akhir ini mulai dari anak muda hingga sudah usia senja. Mulai dari yang hanya lulusan sekolah dasar sampai lulusan sarjana, ingin mencoba bisnis.

Menjadi pengusaha kuncinya tidak boleh hanya berdiam diri dan bersantai-santai. Agar menjadi bisnis menjanjikan dan menguntungkan, menjalankan bisnis harus terus berusaha. Selalu bersemangat, terus berjuang dan bekerja keras. Selain itu juga tidak mudah menyerah hingga bisnis usaha kecil menengah menjadi sukses.

Indonesia tanahnya sangat subur dan hal ini menjadi modal untuk menjalankan usaha kecil menengah di bidang pertanian. Dari lahan yang kita miliki, lahan lalu diolah, ditanami benih berkualitas lalu perawatan hingga panen.

Usaha kecil menengah di bidang pertanian cakupannya luas dan banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita usahakan. Asalkan dapat ditanam sesuai dengan kebutuhan hidupnya seperti iklim, suhu dan kelembaban udara.

Pangsa pasar usaha kecil menengah bidang pertanian sangat luas. Karena hasil pertanian selalu dibutuhkan orang setiap hari dan permintaan bisa melonjak saat hari besar.

Dalam berbisnis kita dituntut untuk selalu kreatif agar tidak kalah dengan usaha-usaha baru. Usaha kecil menengah dianggap sebagai salah satu penggerak utama perekonomian tanah air. Bahkan usaha kecil menengah ini menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Usaha kecil menengah menyumbang sekitar 60% dari nilai Product Domestic Bruto ( PDB ). Usaha kecil menengah juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Semakin Dipercaya Petani Indonesia

Usaha Kecil Menengah Berkembang Pesat

usaha kecil menengah pertanian, toko pertanian, toko online, lmg agro, jual benih hibrida murah
JUAL BENIH MURAH | LMGA AGRO

Perkembangan usaha kecil menengah di Indonesia telah mengalami perkembangan cukup pesat. Namun masih saja beberapa orang kesulitan memilih usaha kecil menengah dan memang bisa mendapatkan untung bila dijalankan.

Kesulitan memilih usaha kecil menengah yang cocok, disebabkan oleh beberapa hal :

  • Kesulitan akan modal.
  • Kurang pengalaman dalam bidang usaha.
  • Kurangnya wawasan akan bisnis.
  • Tidak memiliki pengetahuan tentang cara marketing/pemasaran.

Seorang pebisnis tidak boleh gampang menyerah terhadap masalah dalam menjalankan usaha. Rintangan dan tantangan tidak boleh menjadikan kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis. Karena semua usaha pasti ada halangan dan tantangannya sendiri-sendiri.

Usaha pertanian atau usaha tani, adalah seorang pemilik lahan perorangan serta memiliki tenaga kerja. Usaha tani demikian masuk kategori usaha kecil menengah.

Usaha kecil menengah memiliki kriteria yaitu memiliki kekayaan bersih tidak lebih dari Rp 200 juta. Kekayaan tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Hasil penjualan tahunan paling banyak adalah sebesar Rp 1 milyar. Usaha kecil menengah berdiri sendiri, bukan anak atau cabang dari perusahaan yang dimiliki/dikuasai dari usaha besar.

Baca Juga : Terong F1 Hijau Kuat, Si Kuat Di Musim Hujan

Usaha Kecil Menengah Bisnis Jual Benih Sayuran

Benih hibrida sayuran saat ini banyak dicari orang baik itu petani sayuran maupun para hobiis berkebun sayur. Mereka para hobiis sayur menginginkan di pekarangannya tumbuh tanaman sayur. Tujuannya agar dengan mudah mengkonsumsi sayuran dari halaman sendiri.

Setiap tahunnya, permintaan komoditas hortikultura semakin meningkat terutama sayuran. Peningkatan permintaan benih sayur ini diperkirakan karena bertambahnya jumlah penduduk Indonesia. Sehingga pendapatan per kapita juga meningkat.

Kesadaran akan pentingnya buah dan sayur membuat masyarakat antusias membeli buah dan sayur. Sehingga permintaan sayur dan buah dari petani juga meningkat. Banyak masyarakat sadar bahwa tidak lagi makan nasi berlebihan. Lebih sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak serat dari buah dan sayur.

Benih sayuran dengan prospek cerah antara lain : kobis, cabe, tomat, terong, kacang panjang, bawang merah, bawang putih, timun dan bawang daun. Usaha kecil menengah benih sayuran masih sangat potensial untuk dikembangkan.

Benih yang dipasarkan sebaiknya benih hibrida berkualitas dan tahan virus. Menggunakan benih F1 menguntungkan bagi petani karena lebih efisien dalam pemeliharaan dan hasil panen juga tinggi.

Benih hibrida berkualitas yang sering dibeli orang adalah benih cap Kapal Terbang dan Panah Merah. Kedua jenis benih tersebut sudah dipercaya menghasilkan tanaman berkualitas.

Usaha kecil menengah benih sayuran dan buah dapat dijalankan baik dengan toko offline maupun online shop. Bila Anda sudah memiliki toko sendiri maka tinggal dijalankan secara online sehingga dapat memperluas pasar Anda.

Baca Juga : Menanam Kacang Panjang yang Baik dan Benar

Usaha Kecil Menengah Pembibitan Tanaman

usaha pembibitan, usaha kecil menengah pertanian, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Pembibitan Modal Kecil dan Menguntungkan

Usaha bertani masuk dalam kategori usaha kecil menengah. Usaha bertani ini tidak hanya dalam hal bercocok tanam. Usaha kecil menengah penyediaan bibit siap tanam juga layak dijadikan peluang bisnis.

Jualan bibit siap tanam bagus dan berkualitas banyak juga diminati petani maupun para hobiis berkebun. Bibit mulai dari bibit sayuran, buah dan tanaman hias.

Bibit banyak dibutuhkan petani karena merupakan kebutuhan utamanya. Bibit yang baik pertumbuhannya akan menghasilkan panen yang baik pula. Perawatan optimal pada bibit akan menghasilkan penampilan bibit yang baik. Pembibitan merupakan usaha kecil menengah menjanjikan karena banyak dicari petani maupun bukan petani.

Beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk usaha kecil menengah persemaian bibit, antara lain :

  1. Lokasi pembibitan sebaiknya harus strategis dan mudah dijangkau pembeli.
  2. Ada green house atau tempat dan diberi naungan plastik atau jaring untuk melindungi bibit dari turunnya hujan dan terik sinar matahari.
  3. Terdapat rak-rak atau tempat untuk meletakkan bibit. Bibit ditanam di polybag-polybag berbagai ukuran sesuai umur bibit.
  4. Sebaiknya bibit yang dijual sesuai kebutuhan penduduk setempat. Baik itu bibit sayuran, buah maupun tanaman hias.

Cara-cara membuat bibit :

  • Sistem ” kepelan ” yaitu media tanah untuk semai dikepel/dipadatkan menggunakan tangan. Dibuat bentuk bulat-bulat kemudian ditanam benih. Cara ini banyak di temui di Magelang dan dijual dengan harga murah.
  • Wadah bibit dari plastik bening/polybag. Media tanam dimasukkan kantong plastik lalu benih ditanam di dalamnya.
  • Benih ditanam di polybag hitam dan untuk menanam benih sayuran seperti terong, cabe, tomat, timun, bawang merah, labu, kol kubis, selada dan lain-lain.

Usaha Kecil Menengah Jual Bibit Buah Berkualitas

Indonesia memiliki wilayah sangat luas ditambah iklim tropis. Sehingga limpahan rahmat ini menguntungkan bagi pebisnis bibit buah. Kesuburan tanahnya memungkinkan untuk mengembangkan usaha kecil menengah bibit buah.

Permintaan bibit buah cukup besar terutama ditanam di kebun rumah. Banyak lahan di Indonesia cocok ditanami buah. Jenis bibit buah yang dapat dipilih untuk usaha kecil menengah pembibitan cukup banyak pilihannya. Pilihan disesuaikan kebutuhan pertumbuhan bibit meliputi ketinggian tempatnya.

Usaha kecil menengah pembibitan buah sudah lama dilakukan masyarakat Indonesia. Karena memang bibit tanaman buah dibutuhkan setiap waktu untuk memenuhi kebutuhan. Dulu, pengusaha pembibitan berkutat pada satu jenis saja. Pembibitan berupa benih buah paling laris yaitu durian, mangga dan rambutan.

Jenis bibit buah yang sering ditemui di usaha kecil menengah pembibitan adalah buah pepaya, pisang, jambu, lengkeng, semangka, manggis dan melon.

Usaha kecil menengah pembibitan buah tidak perlu lahan luas. Pembibitan buah sifatnya adalah usaha bersifat lebih efisien, cepat terjual, tidak basi dan untung maksimal. Petani pengusaha bibit menentukan harga tidak tergantung biaya produksinya.

Namun ditentukan berdasarkan ukuran bibit, kualitas dan tingkat kelangkaan di pasaran. Semakin besar ukuran bibit, harga semakin mahal.

Agar usaha pembibitan ini tetap eksis, jagalah mutu bibit selalu. Terutama keaslian dari indukan terbaik dan kualitasnya sama dengan indukannya. Pelayanan pembelian bibit dapat juga melalui online shop. Perhatikan tentang kedispinan pengiriman agar pelanggan puas.

Baca Juga : Cabai F1 Inko 99 Tumbuh Sempurna di Dataran Rendah dan Tinggi

Usaha Kecil Menengah Tanaman Hias

Beberapa hal perlu dipelajari dalam usaha kecil menengah tanaman hias agar menghasilkan budidaya optimal dan sukses.

  1. Mengenal jenis tanaman hias yang akan diusahakan. Banyak sekali jenisnya dan bisa dikembangkan untuk usaha kecil menengah. Namun kita harus memilih jenis apa cocok untuk dibudidayakan. Apakan jenis termasuk tanaman hias daun atau bunga. Kedua jenis ini sama-sama menguntungkan.
  2. Perlunya menyediakan lahan budidaya tanaman hias yang sesuai. Usahakan, luas dan lebar lahan/tempat pembibitan cukup untuk menampung bibit dan pengelolaannya. Jika tersedia lahan tidak terlalu luas, maka letaknya dibuat bersusun. Ruang tumbuh untuk pertumbuhannya harus cukup agar dapat tumbuh optimal.
  3. Mengetahui semua kebutuhan untuk pemeliharaan tanaman hias. Pemeliharaan dan perawatan mulai dari penyemaian sampai pemeliharaan. Pemeliharaan meliputi penyiraman, pemupukan, penggemburan, penyiangan dan pengendalian hama dan penyakit.
  4. Rawat tanaman hias dengan baik. Salah satu faktor keberhasilan usaha kecil menengah adalah bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Setelah penyemaian bibit, pertumbuhannya harus terus dirawat dengan baik. Tanaman hias berpenampilan cantik, daun segar, tidak tampak bintik-bintik penyakit atau rusak karena gigitan hama adalah paling banyak dicari.
  5. Tentang hama dan penyakit tanaman hias. Perlu dilakukan kontrol pertumbuhan bibit sambil melakukan perawatan. Pengamatan rutin terbukti dapat mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit lebih dini.
  6. Mengikuti trend tanaman hias di masyarakat. Sediakan lebih banyak tanaman hias yang sedang trend atau selalu dicari orang. Usaha membudidayakan jenis apa yang populer lainnya dan memberikan dampak kesuksesan luar biasa. Pastikan juga terdapat varian jenis lainnya untuk menambah keinginan membeli dari pelanggan.

Usaha Kecil Menengah Tanaman Herbal ( Obat-obatan )

Beberapa tanaman herbal dapat Anda budidayakan di pekarangan rumah sebagai obat-obatan. Dan sekaligus hasilnya dapat Anda jual sebagai bibit tanaman obat-obatan.

Usaha kecil menengah jual tanaman obat-obatan ini dapat diusahakan di belakang maupun depan rumah. Atau memanfaatkan kebun atau ladang sekitar rumah kita. Khasiat tanaman herbal adalah sebagai obat untuk kepentingan keluarga sendiri atau dijual sebagai usaha sampingan.

Tanaman obat-obatan ini juga bibitnya dapat dijual untuk ditanam di rumah-rumah tetangga sekitar kita. Sehingga setiap keluarga dapat mandiri dan memanfaatkan dari tanaman herbal yang mereka tanam. Cara ini akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Sejarah pengobatan menggunakan tanaman herbal sudah dilakukan sejak dulu. Di masyarakat, sudah dikenal tanaman herbal apa saja untuk bisa dijadikan obat. Seperti kencur, jahe merah, temulawak, cabai dan lain-lain.

Peluang usaha kecil menengah tanaman herbal ini cocok menjadi bisnis seseorang dengan hobi bercocok tanam. Hobi berkebun bila ditekuni bisa memberikan pendapatan cukup besar. Dan cukup dimulai dengan memanfaatkan pekarangan rumah kita.

Menanam tanaman obat-obatan bisa dilakukan di polybag, pot bunga atau kaleng-kaleng bekas. Sebaiknya sebelum budidaya menanamnya, tentukan dulu pola menanam yang pas. Tujuannya agar bibit bisa tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.

Hindari menggunakan pestisida dan herbisida agar tanaman tetap steril dan bebas residu bahan kimia pestisida. Dan tanaman tidak mengandung racun. Perhatikan dalam pemeliharaan tanaman. Dimulai dari pengolahan tanah, pembibitan, penyiraman, penyiangan, pengendalian hama dan penyakit, pemupukan sampai panen.

Usaha Kecil Menengah Sedia Alat-Alat Pertanian

Alat-alat pertanian juga banyak dibutuhkan petani maupun masyarakat umum. Alat-alat keperluan bercocok tanam yang sering dicari adalah :

  1. Tali salaran dari biji plastik alami sangat kuat dan tahan panas serta dingin. Tali salaran untuk tanaman tomat, cabe, kacang panjang, buncis, melon dan lain-lain.
  2. pH meter untuk mengukur keasaman pH tanah dan kelembaban. Dengan mengetahui pH tanah dan kelemababan, agar mudah mengaplikasikan kapur pertanian dolomit. Juga memudahkan memberikan dosis pupuk dasar dan susulan.
  3. Pelubang mulsa terbuat dari Stainless steel, terdapat besi yang ujungnya tajam dan runcing seperti gergaji.
  4. Mulsa plastik terbuat dari CPP Metalizing. Bagus dan kuat dalam memantulkan sinar matahari. Cocok untuk tanaman cabe, tomat, semangka, melon, kacang panjang dan lain-lain.
  5. Alat Kocor/Kempu terbuat dari bahan kuat dan tebal. Penggunaanya bisa menghemat waktu dan tenaga kerja.
  6. Stick Alat kocor siram/stick kempu. Bahannya tebal, ringan dan kuat. Alat ini berfungsi untuk mengatur keluarnya air/larutan dari dalam alat siram kempu.

Toko pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier  menyediakan berbagai keperluan bercocok tanam dan pasti dibutuhkan petani dan masyarakat hobi berkebun. Mulai dari benih hibrida buah dan sayur, berkualitas dan tahan virus. Kami menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian.

Hubungi di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami juga menerima layanan untuk berkonsultasi gratis tentang pertanian dan peluang usaha kecil menengah pertanian. Kami mengajak kerjasama secara online sebagai dropship, reseller dan membuka online shop untuk petani dan toko pertanian.

Demikian artikel kami judul : Usaha Kecil Menengah Bidang Pertanian Menjanjikan dan Menguntungkan. Semoga artikel bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang usaha kecil menengah di bidang pertanian. Selamat mencoba menjadi pebisnis dan salam sukses…