Peluang Usaha di Desa Untuk Pertanian Maju dan Modern


peluang usaha di desa, jual benih sayuran, usaha jual sayuran, toko online, toko pertanian, lmga agro
Peluang Usaha Jual Sayuran

Peluang Usaha Di Desa Untuk Pertanian Maju dan Modern. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro jual harga promo segala kebutuhan pertanian mulai dari benih hibrida buah dan sayur. Segala jenis pupuk, ZPT dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian LMGA Agro melayani via online juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami juga membuka peluang usaha online shop, dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Kami telah berpengalaman sebagai supplier produk pertanian mendukung berbagai peluang usaha bidang pertanian.

Toko pertanian LMGA Agro secara online didukung oleh pabrik pertanian terkemuka seperti pabrik benih BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed, Buyer, Syngenta dan lain-lain. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lainnya.

Semakin majunya teknologi internet, semakin banyak pula peluang usaha berdiri dan sangat menjanjikan juga menguntungkan. Peluang usaha di desa sama beragamnya dan tak kalah dengan peluang usaha di perkotaan. Banyak usaha kecil bisa dijalankan di desa dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan.

Peluang Usaha Di Desa Bervariasi

Di zaman modern kini dengan kemajuan teknologi internet, peluang usaha di desa semakin banyak dan bervariasi. Mata pencaharian di desa memang identik dengan pertanian, perikanan dan peternakan. Pokoknya segala hal tentang pemberdayaan sumber daya alam adalah di desa letaknya.

Kemajuan internet, menjadikan peluang usaha di desa yang tadinya itu-itu saja berkembang baik secara offline maupun online. Di desa, penduduknya juga sudah akrab dengan istilah online, smartphone, jaringan internet bahkan wifi.

Sederet peluang usaha yang dulu hanya ditemui di kota, kini bisa dijalankan di desa. Hal ini juga karena kemauan besar dari warga desa untuk maju dan mau membuka peluang usaha kecil. Terutama anak mudanya yang berada di desa memiliki tekad untuk maju dan memajukan desanya. Menciptakan peluang usaha di desa masing-masing setelah kuliah di kota.

Seringkali memulai usaha terkendala masalah modal. Namun bila lebih bisa kreatif dengan ide-ide menarik, banyak peluang usaha kecil diawali dengan modal kecil. Memang untuk beberapa usaha mengharuskan modal awal yang besar. Namun demikian hal tersebut berbanding lurus dengan pendapatannya nanti.

Penting disini dalam menjalankan usaha adalah bukan besar kecilnya modal namun pengelolaan keuangan usaha yang baik dan benar. Sebisa mungkin jangan sampai bisnis yang telah dirintis lalu menjadi bangkrut karena pengelolaan uang yang salah.

Sebuah bisnis meski sebuah usaha kecil atau sampingan tetap harus dijalankan dengan perencanaan matang dan memberikan hasil besar. Tidak perlu fokus untuk untung besar, namun tekad untuk bekerja keras sambil menikmati proses menjalankan usaha bisnis kita. Nantinya bila hasil sesuai dengan keinginan, adalah bonus dari upaya keras yang telah kita jalankan.

Baca Juga : Bibit Buah Tomat Hibrida F1 Banyak Dicari Petani

Peluang Usaha Bidang Pertanian

peluang usaha di desa, jual benih sayuran, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha di Desa

Peluang usaha di desa memang identik dengan pertanian karena memang pertanian layak di lakukan di desa. Desa dengan banyak lahan terbuka, kondisi alam asri dan segar, jauh dari polusi asap kendaraan dan pabrik. Tidak ada bangunan tinggi menjulang dan bangunan pertokoan/mall.

Pertanian juga tidak asing lagi dengan masyarakat pedesaan. Karena di desa, penduduknya sebagian besar adalah petani. Pekerjaan petani tradisonal adalah menanam tanaman pangan seperti padi dan jagung. Hal tersebut juga disesuaikan dengan kondisi iklim setempat yang sesuai menanam tanaman tersebut.

Petani modern harus berani mencoba menanam tanaman selain tanaman padi dan jagung. Hal ini juga sesuai dengan penerapan teknis lapangan yaitu rotasi tanaman. Dari setelah menanam padi, musim tanam selanjutnya adalah menanam tanaman buah atau sayuran. Tujuannya adalah memutuskan rantai kehidupan penyakit dalam tanah.

Peluang usaha baru pertanian yang dapat dicoba di desa adalah :

  • Usaha menanam tanaman hidroponik.
  • Usaha menanam sayuran organik.
  • Usaha menanam jamur tiram.
  • Usaha menanam sayur dan buah ekonomis tinggi.
  • Usaha menanam tanaman obat-obatan.
  • Membuka toko pertanian.
  • Menjual bibit tanaman.

Baca Juga : Jual Benih Seledri Untuk Budidaya Seledri Hasil Tinggi

Peluang Usaha Menanam Tanaman Hidroponik

Peluang usaha tanaman hidroponik tidak banyak diusahakan oleh petani atau pebisnis pemula. Kemungkinan dirasa risikonya yang cukup tinggi. Karena menanam hidroponik tidak menggunakan tanah tetapi menggunakan media air.

Budidaya hidroponik dapat dilakukan di lahan sempit. Untuk peluang usaha di desa, dapat dijadikan usaha rumahan memanfaatkan pekarangan rumah bagi ibu-ibu rumah tangga. Modalnya kecil, lebih cepat panen, hasil tanaman lebih higienis namun harganya mahal. Menanam tanaman hidroponik biasanya memanfaatkan pipa paralon atau botol air mineral.

Tanaman hidroponik lebih disukai orang-orang kota karena mereka mengutamakan mengkonsumsi sayur higienis. Sayuran seperti ini bebas residu pestisida dan tanpa campuran bahan kimia. Sehingga peluang usaha tanaman hidroponik ini target konsumennya adalah warga yang tidak tinggal di pedesaan atau kampung.

Modal peluang usaha tanaman hidroponik sekitar Rp 8 juta sampai Rp 12 juta. Dipergunakan untuk membeli peralatan utama hidroponik seperti pompa air, tempat penampungan air, pipa, bibit tanaman, selang dan lain-lain.

Budidaya tanaman hidroponik hanya menggunakan media air dan oksigen. Pemberian pupuk juga lebih efisien dan tidak banyak. Kualitas dari sayuran/tanaman hidroponik lebih bersih dari tanaman budidaya secara konvensional. Sehingga harga jual tanaman hidroponik bisa mahal.

Tanaman hidroponik berharga jual tinggi karena tidak mengandung pestisida. Budidayanya dilakukan secara organik sehingga lebih menyehatkan untuk dikonsumsi. Beberapa masyarakat kini menyukai mengkonsumsi sayuran sehat dan tanpa racun kimia pestisida.

Peluang usaha tanaman hidroponik ini sangat ketat persaingannya. Karena hanya dengan modal kecil, di pekarangan rumah dan mudah dilakukan juga bisa berharga mahal. Pasaran juga cukup tinggi. Sehingga kita harus bisa meningkatkan kualitas tanaman kita agar dapat bersaing dengan usaha hidroponik lainnya.

Baca Juga : Green Super Benih Brokoli Andalan Petani dan Pedagang

Peluang Usaha Sayuran Organik

benih pare Opal F1, peluang usaha jual sayuran organik, jual benih sayur hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Sayur Cap Panah Merah

Sayuran organik juga kini semakin diminati masyarakat yang paham tentang kesehatan tubuh. Bukan saja diminati oleh masyarakat kota besar, kota-kota kecil juga banyak mencari sayuran organik untuk dikonsumsi setiap harinya.

Sayuran organik diminati karena cara budidayanya tanpa menggunakan bahan kimia baik pupuk maupun pestisida. Semua pemeliharaan tanaman dilakukan secara alami/organik. Meskipun harga jual sayuran organik lebih mahal tetapi minat konsumen tetap tinggi.
Sayuran organik merupakan sayuran yang dibudidayakan tanpa campuran bahan kimia seperti pestisda. Oleh sebagian masyarakat di perkotaan, pestisida sangat dihindari karena diyakini menyebabkan penyakit kanker atau keracunan makanan.
Cara pemasaran peluang usaha sayuran organik yaitu dengan membuat jaringan bisnis seperti kerjasama dengan supermarket dan restoran. Jika kita menjadi penyuplai kedua tempat besar tersebut, dipastikan usaha kita sukses.
Cara lain pemasaran peluang usaha sayuran organik adalah menjual secara online di media sosial dan bergabung di grup-grup pecinta sayuran organik. Jadikan itu target market kita dan sayuran organik kita bisa dijual kepada mereka.
Peluang usaha sayuran organik bisa dengan cara memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah. Media tanah yang digunakan harus subur mengandung zat hara mengandung berbagai macam mineral. Sekam padi, kotoran hewan yang sudah kering atau kompos dapat mendukung kesuburan tanah.
Pengendalian hama dan penyakit merupakan hal yang menantang untuk sayuran organik. Karena budidayanya tanpa penggunaan pestisida maka hama dan penyakit sewaktu-waktu bisa merusak tanaman.
Perawatan dan pengamatan intensif dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Pemakaian pestisida alami yaitu dari jahe, cabe maupun bawang merah penting dilakukan untuk perawatan sayuran organik.

Peluang Usaha Menyediakan Benih dan Bibit Tanaman

Menjual benih dan bibit tanaman dapat dijadikan peluang usaha di desa. Karena pasti banyak petani membutuhkan benih dan bibit di pedesaan. Benih sayur dan buah banyak diminati warga desa. Terutama benih hibrida tahan virus dan hasil panennya tinggi.

Peluang usaha jual benih hibrida F1 ini dapat juga Anda jual secara online dan dikirimkan menggunakan jasa pengiriman barang. Tawarkan produk benih Anda lewat media sosial seperti facebook, Instagram dan twitter.

Membuat bibit untuk dijual dapat dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal kita. Pembibitan harus dilakukan sebaik-baiknya agar mendapatkan bibit berkualitas bagus dan dapat dipercaya pelanggan.

Pelanggan yang sudah cocok membeli bibit pada satu tempat maka akan terus membeli di tempat yang sama. Jadi manfaatkanlah kebiasaan pembeli yang loyal seperti itu. Berikan bibit berkualitas baik dan melakukan perawatan intensif. Dengan cara ini, peluang usaha di desa jual bibit akan sukses dan maju.

Menjual bibit dapat Anda lakukan dengan menanam benih hibrida baik sayur maupun buah. Benih F1 sayur yang memiliki ekonomis tinggi dan mudah dilakukan adalah benih cabe, benih tomat, terong, selada dan sayuran lainnya.

Benih-benih berukuran kecil harus melalui penyemaian lebih dahulu. Sedangkan benih yang berukuran besar, bisa langsung ditanam di lahan tetap. Sedangkan bayam karena  umur panennya pendek maka tidak perlu disemaikan dulu.

Media untuk persemaian benih menjadi bibit adalah campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam ( 1 : 1 : 1 ). Untuk wadah persemaian adalah bak, tray semai, polybag plastik dan sebaiknya dinaungi agar tidak kena hujan dan sinar matahari langsung.

Baca Juga : Toko Pertanian Di Genggaman Petani Indonesia

Peluang Usaha Menjual Alat dan Perlengkapan Pertanian

peluang usaha di desa, usaha pembibitan, tray semai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Pembibitan di Tray Semai

Peluang usaha di desa dengan menjual alat dan perlengkapan pertanian cukup menjanjikan karena banyak dicari petani maupun bukan petani. Namun memang untuk menghadirkan alat-alat pertanian yang komplit butuh modal besar. Karena alat pertanian kini juga semakin lengkap dan mahal harganya.

Perlengkapan untuk budidaya pertanian lainnya adalah seperti mulsa plastik hitam perak, pelubang mulsa, tali salaran, tray semai, sprayer, alat kocor pupuk dan lain-lain. Sarana dan prasarana pertanian tersebut digunakan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman. Juga pemeliharaan tanaman menjadi lebih efisien.

Menjual alat perlengkapan pertanian ini dapat dilakukan dengan menjadi dropship. Dengan menjadi dropship, Anda tidak perlu stok barang dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk stok. Membeli alat pertanian pun bila ada pelanggan yang mau membeli. Dan dropship akan menghubungi suppliernya.

Supplier yang Anda pilih harus kredibel dan dapat dipercaya juga dapat bekerjasama dengan baik. Karena ini berhubungan dengan pelanggan yang berhubungan langsung dengan dropship, bukan dengan suppliernya.

Sprayer pertanian digunakan untuk menyebarkan atau menyemprotkan cairan pupuk, herbisida, pestisida dan cairan lain ke lahan. Petani lebih banyak mencari jenis sprayer manual yang dibawa di punggung. 

Di zaman modern ini, sudah banyak muncul jenis alat pertanian modern sprayer otomatis. Yaitu dengan menggunakan teknologi drone ( pesawat tanpa awak ). Alat tersebut dapat melakukan penyemprotan secara otomatis dan efektifitasnya sangat tinggi.

Toko pertanian LMGA Agro via online, tersedia perlengkapan menanam seperti tali salaran, plastik lembar, pH meter, knapsack sprayer elektrik CBA, dinamo pompa sprayer listrik dan lain-lain.

Baca Juga : Bayam Unggul Retina Daun Rimbun dan Tidak Mudah Berbunga

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Zaman modern kini, banyak peluang usaha rumahan di desa dan bisa membawa perekonomian warga desa melesat cepat. Kini di desa bukan lagi tempat tak terjamah teknologi dan identik kemiskinan.

Di desa, peluang kerja banyak sekali baik sebagai pengusaha mandiri maupun bekerja sebagai karyawan. Mendirikan usaha sendiri di desa banyak sekali prospek pekerjaanya dan cukup menjanjikan.

Perkembangan teknologi komunikasi termasuk jaringan internet salah satu kekuatan mendirikan peluang usaha di desa terutama usaha rumahan. Teknologi internet menjadikan desa setapak lebih maju sejajar dengan kota. Masyarakat desa tidak lagi ketinggalan pengetahuan sama dengan orang kota.

Selain usaha di bidang pertanian, di desa dapat dijalankan usaha seperti di perkotaan. Yaitu seperti :

  • Usaha membuka toko kelontong.
  • Usaha menjual pulsa elektrik baik voucer maupun perdana.
  • Usaha membuka salon.
  • Usaha membuka pertamini.
  • Usaha bengkel motor. Dan masih banyak usaha lainnya.

Peluang usaha di desa tak kalah ragamnya dengan usaha di perkotaan. Dan cocok dilakukan oleh setiap orang mulai anak muda hingga ibu-ibu rumah tangga.

Demikian artikel judul Peluang Usaha di Desa Untuk Pertanian Maju dan Modern. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga promo segala keperluan pertanian benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier untuk dropship, reseller, online shop, petani dan toko pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Semoga artikel kami bermanfaat bagi pembaca dan salam sukses…