USAHA KECIL-KECILAN DENGAN BERKEBUN SAYURAN DI RUMAH


usaha kecil-kecilan, usaha online, toko pertanian, jual benih hibrida, toko online, lmga agro
Berkebun Menanam Timun

Usaha Kecil-Kecilan Dengan Berkebun Sayuran Di Rumah. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung peluang usaha baru di bidang pertanian, berpengalaman sebagai supplier benih hibrida dan unggul buah – sayur. Menyediakan segala jenis pupuk, ZPT dan alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis membuka usaha kecil-kecilan berkebun sayuran di rumah. Juga bila Anda menemui permasalahan tentang bercocok tanam di lahan mulai dari pengolahan lahan, perawatan sampai panen.

Toko pertanian online LMGA Agro supplier untuk online shop, dropship, reseller, petani dan toko pertanian. Produk lengkap dengan harga promo dan Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman dibantu mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Usaha kecil-kecilan merupakan peluang bisnis usaha rumahan. Usaha kecil ini merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Dengan modal kecil, resiko juga cukup kecil. Untuk menuju usaha bisnis yang besar, mulailah dengan usaha kecil-kecilan dulu.

Usaha Kecil Peluang Bisnis Pemilik Modal Kecil

Ingin mempunyai usaha kecil-kecilan tapi modal hanya sedikit, tidak perlu ragu. Buat saja usaha kecil-kecilan dulu sebagai usaha rumahan. Bisnis usaha kecil-kecilan bisa dimulai dengan modal 1 juta saja dan resikonya juga kecil.

Peluang bisnis modal kecil sangat menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar. Usaha kecil-kecilan cocok bagi pemula yang ingin sukses di dunia wira usaha. Tentunya hal ini tidak lepas dari cara/strategi kita. Cara tepat usaha kecil-kecilan dengan cara menentukan target konsumen yang tepat.

Usaha kecil-kecilan berdiri dalam rangka mengkaryakan warga masyarakat untuk terus menggerakkan perekonomian bangsa. Menggerakkan ekonomi masyarakat baik di kota terutama di desa. Usaha kecil-kecilan juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

Usaha rumahan bentuk peluang bisnis modal kecil adalah sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas. Dengan kreatifitas inovatif akan mampu bersaing di era ekonomi global saat ini sampai masa datang.

Bergerak dalam usaha kecil-kecilan akan lebih tepat bila sudah mengetahui market yang dituju sehingga usaha kecil ini dapat bergerak cepat. Meski diawali dengan modal minim, namun usaha harus terus dilakukan guna menarik banyak konsumen. Apalagi kini usaha kecil-kecilan banyak sekali berdiri disekitar kita.

Perencanaan matang dan memilih jenis usaha kecil-kecilan harus tepat. Karena seringkali usaha bisnis sebelum berkembang mengalami gulung tikar karena kurang matang rencana pendiriannya.

Bagi yang baru belajar berwirausaha, sebaiknya mulai dengan usaha kecil-kecilan bermodal sedikit. Sehingga resiko yang ditanggung juga kecil. Tak sedikit orang terlilit hutang banyak ketika baru membuka usaha.

Kurangnya pengetahuan pada usaha bisnis yang dijalaninya menjadikan seseorang pelaku usaha gagal hingga mengalami gulung tikar. Faktor besar penyebab gagal juga kurangnya perencanaan. Meskipun hanya usaha kecil-kecilan, namun bila dikelola dengan baik dapat menghasilkan profit tinggi.

BUKA JUGA : BELANJA BARANG PERTANIAN MURAH, GRATIS KONSULTASI TANAMAN DI LMGA AGRO

Tips Membuka Usaha Kecil-Kecilan Untung Besar

usaha kecil-kecilan, usaha rumahan, toko online, toko pertanian, jual benih sayuran, lmga agro
Usaha Kecil-Kecilan Berkebun Cabe

Dalam memilih usaha kecil-kecilan, sebelumnya kita harus memiliki keahlian tentang usaha tersebut. Keahlian dapat dipelajari dan dilatih sebelumnya. Contoh usaha kecil-kecilan berkebun tentunya kita harus paham seluk beluk menanam tanaman.

Tidak perlu buru-buru mempunyai karyawan terlebih dahulu. Karena peluang usaha baru ini masih usaha kecil-kecilan. Usaha dapat kita kelola dulu sendiri dengan dibantu oleh keluarga di rumah. Butuh modal cukup besar untuk merekrut karyawan.

Meski sebuah usaha kecil-kecilan namun untuk buka – tutupnya harus pasti. Hal ini menyangkut penilaian pelanggan terhadap kita serius tidaknya usaha kecil-kecilan ini buka. Jangan sampai saat pelanggan mendatangi tempat usaha, ternyata sedang tutup. Sehingga mereka menjadi kecewa dan bisa jadi tidak datang lagi ke tempat usaha kita.

Dalam melayani pelanggan haruslah bersikap ramah meskipun kita sedang sedih atau kurang sehat. Namanya pembeli adalah raja, kita harus tetap mau menjawab semua pertanyaan atau kritikan dari pembeli.

Tetapkan harga produk usaha kecil-kecilan kita sesuai dan wajar. Jangan terlalu rendah dengan alasan agar banyak pelanggan tetapi untung kita sedikit. Bila harga terlalu rendah dapat menyebabkan image murahan pada barang kita. Penetapan harga disesuaikan dengan penjual lain pada barang yang sama dan tidak jauh dari modalnya.

Lokasi stretegis dan tepat menyebabkan banyak pelanggan datang ke usaha kecil-kecilan kita. Sebagai usaha rumahan, pastinya rumah kita harus dapat dijangkau pelanggan dan tidak sulit bila harus mencarinya. Akses jalan menuju tempat usaha juga mudah meskipun harus berjalan kaki.

Selalu jaga kualitas dari produk jualan usaha kecil-kecilan kita agar dapat bersaing dengan toko yang lain. Beberapa pelanggan malah tidak menghiraukan harga asal kualitas produk bagus.

BACA JUGA : HELIX CABAI HIBRIDA ANDALAN PETANI PESISIR PANTAI

Usaha Rumahan Berkebun Lahan Sempit di Rumah

Berkebun bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan. Kegiatan berkebun dilakukan di lahan luas itu sudah wajar. Tetapi bila berkebun di lahan sempit dan di pekarangan rumah, tidak kalah menyenangkan juga.

Bagi orang yang tidak memiliki lahan luas, hobi berkebun dilakukan dengan memanfaatkan kebun di rumah. Hobi berkebun dilakukan di lahan sempit dibelakang, samping atau depan rumah. Hal ini biasanya terjadi di daerah perkotaan.

Di pedesaan, berkebun menjadi hal lumrah dilakukan dan rata-rata memiliki lahan cukup luas untuk dimanfaatkan memelihara ternak dan berkebun. Berkebun digunakan untuk memanfaatkan lahan kosong di rumah atau mengisi waktu luang. Berkebun dapat dijadikan usaha yang menguntungkan di desa. Dari sekedar hobi berkembang menjadi usaha kecil-kecilan menjual bibit sayuran dan sayuran segar.

Pekarangan menjadi tampak hijau oleh tanaman-tanaman sayur hasil berkebun kita. Cara ini sekaligus memperkenalkan anak tentang macam-macam sayur dan cara perawatannya. Hasil dari berkebun sayuran bisa dipakai sendiri atau dijual dalam bentuk bibit atau sayuran segar.

Ide peluang usaha kecil-kecilan berkebun ini cocok bagi ibu-ibu rumah tangga untuk memanfaatkan waktu di rumah sekaligus menambah penghasilan. Dengan begitu, ibu-ibu jadi punya kegiatan positif lain sekaligus pengalaman baru menjadi seorang pengusaha.

Bagi petani di desa, berkebun sayuran di rumah dapat menjadi usaha sampingan mereka. Berkebun sayur-sayuran menghasilkan bibit sayuran dan panen segar. Sayur hasil berkebun kemudian dapat dijual dari rumah kita. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan penduduk sekitar akan sayur-sayuran.

Biasanya sayur-sayuran memang dibutuhkan masyarakat setiap hari. Sayuran yang sering dicari seperti sawi, kol, selada, buncis, mentimun, terong, kacang panjang, tomat, cabe dan lainnya. Ide sederhana usaha kecil-kecilan dimulai dari berkebun lalu di jual dalam bentuk sayuran segar.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI KECIL NIRMALA CAP PANAH MERAH DIBURU PETANI

Berawal Dari Berkebun Menjadi Peluang Usaha Baru

usaha kecil-kecilan, peluang bisnis, toko online, toko pertanian, jual benih hibrida syuran, lmga agro
Usaha Kecil-Kecilan Berkebun Sayur

Meskipun usaha kecil-kecilan tapi tak menutup kemungkinan ada kesempatan berkembang menjadi usaha besar. Usaha kecil-kecilan berkebun berawal dari ingin memanfaatkan lahan kosong. Contoh usaha modal kecil untung besar bisa dimulai dari berkebun.

Sebelum memulai berkebun, kita harus mengenal karakteristik benih. Apakah tanaman sayuran tersebut cocok ditanam di daerah kita. Sesuaikan dengan iklim dan ketinggian tempat. Beberapa sayur ada direkomendasikan untuk dataran rendah sampai tinggi. Namun ada yang tidak cocok di dataran rendah.

Jangan meremehkan usaha kecil-kecilan dengan dikerjakan asal-asalan. Karena siapa sangka bila dijalankan serius dan tekun, contoh usaha kecil-kecilan dari  berkebun ini menjadi ladang rezeki menjanjikan di masa depan.

Hasil kebun dapat juga dijual di teras depan untuk ibu-ibu memasak sayur. Kemudian bisa berkembang menjadi pemasok sayur-sayur segar untuk swalayan atau depot/restoran besar.

Menikmati sayur dari hasil berkebun sendiri sangat memuaskan. Karena disamping kita bisa hemat, kebersihan juga akan terjamin. Kita bisa mengetahui pasti bahwa sayur kita aman dari residu bahan kimia berbahaya dan berlebihan.

Pasar penjualan juga dapat dikembangkan dengan menjual secara online. Usaha kecil-kecilan secara online dapat kita tawarkan melalui sosial media seperti facebook, twitter dan instagram. Apalagi bila kita menggunakan brand atau cap kemasan dari usaha kita. Kemudian didistribusikan ke supermarket atau restoran.

BACA JUGA : KUBIS SUMMER AUTUMN 633 KUBIS ANDALAN PETANI

Usaha Kecil-Kecilan Berkebun Bibit Sayur-Sayuran

usaha kecil-kecilan, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Online Jual Benih Hibrida

Beberapa sayur yang cocok sebagai usaha kecil-kecilan antara lain :

  • Sawi daging F1 NAULI, benih sawi daging cap Panah Merah dengan umur panen 30 HST. Cocok di dataran rendah – tinggi.
  • Sawi daging F1 GARDENA cap Kapal Terbang. Panen umur 30 HST dan cocok di dataran rendah – tinggi.
  • Sawi putih EIKUN dari Takii Seed Jepang. Cocok didataran menengah sampai tinggi ( 500 – 1500 m dpl ). Panen umur 65 HST.
  • Sawi putih F1 ITTO dari Takii seed Jepang. Cocok ditanam di dataran tinggi. Panen umur 55 HST dan tahan penyakit akar Gada.
  • Selada Brintik Unggul GRAND RAPIDS cap Panah Merah. cocok dataran rendah sampai menengah. Panen umur 35 HST.
  • Cabe keriting RED LAVA F1 dari Takii Seed. Cocok ditanam di dataran rendah-menengah.
  • Cabe F1 OR BEAUTIFUL 497 produk Oriental Seed. Umur panen 85 HST dan adaptasi baik di segala musim dataran rendah-tinggi.
  • Cabe rawit ORI 212 produk Aura Seed Indonesia. Cocok untuk dataran rendah dan segala musim. Umur panen 92 hst.
  • Tomat CORONA F1 cap Kapal Terbang. Cocok di dataran menengah – tinggi. Umur panen 60 hst.
  • Tomat MARTA F1 produk Cap Panah Merah untuk dataran tinggi. Umur panen 85-90 hst.
  • Timun F1 ZATAVY cap Panah Merah untuk dataran rendah – menengah. Panen umur 35-40 hst.
  • Kacang panjang KANTON TAVI dari Cap Panah Merah. Cocok untuk dataran rendah. Umur panen 48-55 hst.
  • Buncis LEBAT 3 cocok di dataran rendah sampai tinggi.
  • Buncis GRAND BAYU dari Bintang Citra Asia cocok di dataran rendah sampai menengah. Umur panen 45 hst.
  • Kubis dataran tinggi GREEN NOVA dari Takii Seed Jepang. Umur panen 85 hst.
  • Kubis dataran rendah SUMGREEN F1 dr PT Clause Indonesia. Umur panen umur 65 – 69 hst.
  • labu air F1 ORBIT dari BISI International, Cap Kapal Terbang. Untuk dataran rendah sampai menengah. Umur panen 44 hst.

BACA JUGA : TERONG HIJAU KUAT, BANYAK DICARI KARENA POTENSI HASIL TINGGI

Usaha Kecil-Kecilan Berkebun Menanam Sayur

Pertama, tentukan sayuran apa yang ingin diusahakan. Sayuran ini nanti juga dapat kita nikmati untuk sehari-hari. Beberapa sayuran memiliki adaptasi tinggi di semua musim. Namun kita perlu mencari tahu, sayuran apa yang baik tumbuh di daerah kita.

Dalam berkebun usahakan waktu panen berbeda-beda. Sehingga panen dapat dilakukan sepanjang waktu dan tidak diwaktu sama.

Umumnya sayuran membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari. Pastikan bahwa lokasi tanam kita mendapat sinar matahari cukup dan tidak ada naungan. Pilihlah juga lokasi dengan drainase baik dan tanahnya subur. Tanah yang mudah tergenang tidak cocok untuk ditanami sayuran.

Lebih efisien bila berkebun sayur dilakukan dalam polybag karena dapat meminimalisir kekurangan dari tanah. Beberapa sayur cocok ditanam di pot besar seperti tomat, cabe, kentang, timun dan lain-lain.

Bila ditanam dalam bedengan, sebaiknya kebun sayuran ditanam secara berbaris. Cara berbaris memudahkan kita mengamati satu per satu tanaman. Jarak tanam jangan terlalu rapat, agar mudah dalam menyiangi rumput, memberi pupuk, menyiram sampai panen nanti.

Gunakan pupuk alami yang bagus untuk mendapatkan sayuran organik. Pupuk alami juga dapat memperbaiki kesuburan tanah. Pemberian jerami atau tanah lapisan atas, dapat melindungi tanaman dari angin dan hujan lebat.

Sirami tanaman rutin setiap hari terutama pada mingu-minggu pertama. Gunakan alat siram dengan lubang air kecil dan jangan menyiram pada malam hari. Jagalah kebun untuk tetap rapi dan bersih.

Demikian artikel judul Usaha Kecil-Kecilan Dengan Berkebun Sayuran di Rumah. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan kebutuhan berkebun, benih-benih hibrida sayur dan buah. Pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro mendukung Anda membuka usaha kecil-kecilan dirumah dengan berkebun sayuran. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, TIKI, KI8, POS dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses…