PUPUK NPK, MANFAAT DAN CARA PEMBERIAN PADA BUDIDAYA TANAMAN


pupuk anorganik, cara pemupukan, pupuk npk, jual pupuk, toko pertanian online, lmga agro
Pupuk NPK | LMGA Agro

Pupuk NPK, Manfaat dan Cara Pemberian Pada Budidaya Tanaman. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo benih buah dan sayur unggul dan hibrida. Benih dari berbagai macam varietas sesuai ketinggian tempat lahan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual jenis pupuk NPK, pupuk tunggal, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian mengenai permasalahan yang Anda temui selama bercocok tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro telah berpengalaman jual beli online, online shop, dropship, reseller dan toko pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda terutama beli pupuk NPK. Barang cepat tiba dan aman ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia.

Pupuk NPK hadir di masyarakat guna melengkapi kebutuhan para petani. Pupuk NPK memiliki banyak manfaat sehingga dapat menarik minat petani membeli pupuk. Pupuk NPK adalah pupuk majemuk. Pupuk NPK terdiri dari kandungan Nitrogen ( Urea ), Phosfat ( Phosfor ) dan Kalium ( KCl ).

PEMAKAIAN PUPUK NPK DI TENGAH MASYARAKAT

Sebelum ditemukan pupuk kimia/anorganik, dahulu petani banyak memanfaatkan bahan-bahan organik. Daun kering, sampah atau kotoran hewan ternak dimanfaatkan sebagai pupuk. Dan kini sering disebut sebagai pupuk organik.

Pemakaian pupuk organik dari bahan-bahan alami lebih bisa menghemat biaya pengeluaran. Pupuk organik cukup mudah dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan di sekitar kita.

Kemudian dibuatlah pupuk an-organik. Pupuk an-organik dibuat untuk menambahkan unsur hara jumlah banyak dan lengkap dibandingkan pupuk organik.

Pupuk kimia mengandung unsur hara lebih banyak dan lengkap. Sehingga tanaman dapat lebih baik pertumbuhannya. Tanah menjadi lebih subur pula. Pupuk an-organik hadir dengan berbagai macam pilihan diantaranya adalah pupuk majemuk, NPK.

Masyarakat mengenal adanya pupuk NPK Mutiara. Salah satu jenis pupuk mengandung sedikitnya 5 unsur hara makro dan mikro. Pupuk NPK Mutiara penting sekali bagi pertumbuhan tanaman.

Pupuk NPK Mutiara dibuat dalam bentuk butiran granul dan berwarna biru agak pudar. Pupuk NPK Mutiara dikemas dalam plastik.

Proses pembuatan pupuk NPK Mutiara biasanya menggunakan proses Odda. Yaitu pelarutan batuan fosfat dan menggunakan asam sitrat.

Harga dari pupuk NPK lebih mahal dari pupuk organik namun cukup laris dipasaran. Karena pupuk NPK diyakini memberikan banyak manfaat untuk kesuburan tanaman.

Hingga kini, pupuk NPK masih menjadi favorit petani. Pupuk NPK lebih efisien dibanding pupuk tunggal seperti Urea, KCl dan lain-lain. Pupuk NPK baik untuk pemeliharaan tanaman hortikultura terutama sayur dan buah.

Pupuk NPK bermanfaat menunjang pertumbuhan tanaman agar dapat menghasilkan buah dalam waktu tidak lama. Bagi tanaman sayuran, membuat daun lebih segar lagi. Batang tanaman tampak lebih hijau dan perakaran menjadi kokoh. Pertumbuhan bunga pun tidak mudah rontok.

CARA PEMBERIAN PUPUK NPK MUTIARA

pupuk npk, cara pemupukan, budidaya tanaman, toko pertanian online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Sudah banyak petani Indonesia menggunakan pupuk NPK MUtiara untuk menyuburkan tanaman. Namun, pemberian pupuk NPK ini harus sesuai dengan prosedur yang tepat. Sebaiknya bahwa pemberian pupuk NPK tidak berlebihan dari dosis anjuran.

Pemberian pupuk NPK  bisa dilakukan menggunakan 2 cara yaitu :

  • Sistem sebar langsung pada tanaman tanpa perlu diencerkan.
  • Sistem larutan, artinya pupuk diencerkan dulu dengan air kemudian diberikan ke tanaman.

Pupuk NPK adalah pupuk an-organik dan bersifat majemuk, artinya bahwa pupuk NPK mengandung lebih dari satu unsur. Pupuk NPK Mutiara bentuknya berupa butiran ( granul ) dan berwarna biru.

Kandungan unsur hara dalam pupuk NPK Mutiara antara 16% Nitrogen, 16% Fosfat ( P2O5 ), 16% Kalium ( K2O ), 0,5% Magnesium ( MgO ) dan 6% Kalsium ( CaO ). Pupuk NPK Mutiara karena begitu lengkap kandungan unsur haranya maka dikenal juga sebagai pupuk NPK 16-16-16.

Cara aplikasi pupuk NPK cair harus benar-benar sudah dikuasai baik oleh petani. Bagaimana tahapan pembuatan pupuk NPK, baik cara dilarutkan ataupun cara tebar ke tanaman.

Pengenceran sebanyak 2 liter pupuk NPK kedalam 8 liter air. Kemudian campuran pupuk dan air diaduk sampai menyatu. Pupuk NPK disiramkan ka tanaman. Takaran banyaknya yang diberikan ke tanaman adalah 200 ml pupuk cair.

Pemberian pupuk NPK dalam bentuk padat bisa kita sebarkan langsung ke tanaman. Sebagai catatan, khusus tanaman berbatang pendek ( timun, tomat, semangka ), takaran pupuk NPK sebanyak 0,1 kg.

BACA JUGA : CARA YANG BAIK DAN BENAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK BOKASHI ANTI LAYU

PUPUK NPK BERMANFAAT BAGI PERTUMBUHAN TANAMAN

Pupuk NPK bisa diberikan saat tanaman berumur cukup dewasa yaitu rata-rata sekitar 1 bulan keatas. Tanaman buah dikotil ( berkayu ) seperti jeruk, rambutan, mangga dan alpukat, pemberian pupuk sebanyak 1 kg per tanaman. Interval pemberian pupuk NPK dilakukan 2 bulan sekali.

Pemberian pupuk NPK tanaman sayur adalah sebanyak 2 genggam tangan. Lalu pupuk disebarkan secara merata mengelilingi tanaman. Takaran dosis tepat akan menyebabkan tanaman tumbuh subur dan hasil panen bisa melimpah.

Meski harga pupuk cukup mahal, namun petani meyakini bahwa pemupukan menggunakan pupuk NPK membuat tanaman subur. Hasil panen dapat maksimal. Takaran dosis pupuk NPK tepat akan menyebabkan pertumbuhan tanaman bisa lebih cepat pula.

Pupuk NPK Mutiara mengandung unsur mikro CaO dan MgO yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk NPK pada tanah bermanfaat menjaga keseimbangan antara unsur hara mikro dan makro tanah.

Proses aplikasinya ke tanaman cukup mudah sehingga dapat menekan biaya aplikasi pupuk. Pemberian pupuk NPK tanaman hortikultura sebaiknya diencerkan dengan air lalu dikocorkan ke tanaman. Cara pemberian seperti ini, dapat lebih efektif dalam pemeliharaan tanaman.

MENGENAL MANFAAT PUPUK NPK BAGI TANAMAN

  • Manfaat pupuk NPK untuk mempercepat, memperbanyak, memperkuat dan memperpanjang akar tanaman. Pemupukan NPK menyebabkan akar tanaman mudah menyerap hara di tanah.
  • Manfaat pupuk NPK mencegah tanaman tumbuh kerdil.
  • Manfaat pupuk NPK mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  • Manfaat pupuk NPK yaitu meminimalisir bunga pada tanaman mengalami kerontokan sehingga banyak bunga nanti akan menjadi buah.
  • Manfaat pupuk NPK meningkatkan proses fotosintesis. Akibatnya pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  • Manfaat pupuk NPK dapat meningkatkan produksi buah.
  • Manfaat pupuk NPK sebagai pupuk anorganik dan mencukupi kebutuhan hara tanaman.
  • Manfaat pupuk NPK meningkatkan produktivitas tanaman.
  • Manfaat pupuk NPK meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit.
  • Manfaat pupuk NPK mengoptimalkan proses fotosintesis sehingga tanaman semakin tampak segar dan daun makin tampak hijau.
  • Manfaat pupuk NPK merangsang pembentukan bunga sampai pada mempercepat proses panen.
  • Manfaat pupuk NPK dapat merangsang pertumbuhan akar baru.
  • Manfaat pupuk NPK menguatkan batang tanaman sehingga tanaman tidak mudah roboh.
  • Manfaat pupuk NPK membuat ukuran umbi lebih besar, serta bagi ukuran buah dan biji-bijan ( kacang tanah dan sefamilinya ).

BACA JUGA : MENGENAL MANFAAT DAN JENIS PUPUK 

CARA PEMUPUKAN MENGGUNAKAN PUPUK NPK

pupuk npk, cara pemupukan tanaman, jual pupuk tanaman, toko pertanian online, lmga agro
Pupuk An-organik

Cara pemupukan menggunakan pupuk NPK, biasanya petani menyebarkan pupuk NPK saat pengolahan tanah. Sebelum pemberian pupuk, tanah tersebut harus sudah diolah hingga merata. Tanah sebaiknya tidak lagi berbentuk bongkahan-bongkahan.

Tanaman pangan di tegalan seperti tanaman jagung, kedelai atau sorghum, pupuk NPK diberikan pada parit-parit kecil disekitar tanaman. Jadi selain tanah diolah, dibuatlah parit kecil untuk tempat meletakkan pupuk NPK.

Tanaman pohon/perkebunan seperti kelapa sawit, cengkeh, apel, jeruk, mangga dan lainnya, pupuk NPK diberikan dekat tanaman. Caranya pupuk NPK diberikan yaitu mengelilingi batang pohon dibawah tajuk terluar.

Lingkaran tempat pupuk NPK diletakkan, dibuat kedalamannya sekitar 10 – 15 cm. Cara ini menyebabkan pupuk NPK cepat diserap akar tanaman. Lingkaran guludan tidak merusak batang pohonnya karena jaraknya sampai tajuk terluar.

Cara pemberian pupuk NPK tanaman sayuran yaitu menyebarkan pada lubang dekat tanaman dan jaraknya 5 cm dari tanaman. Pastikan lubang pupuk tidak terlalu dalam karena perakaran sayuran yang dangkal.

Pemupukan NPK tanaman hias yaitu pupuk NPK dilarutkan dalam air dengan dosis rendah. Kemudian pupuk disiramkan ke tanaman hias. Cara ini cocok pula untuk pemupukan NPK tanaman sayur.

APLIKASI PUPUK NPK UNTUK PUPUK DASAR DAN SUSULAN

Pemberian pupuk NPK Mutiara untuk pupuk dasar tanaman sayur buah seperti terong, tomat, cabe dan lain-lain. Cara ditaburkan ini secara merata pada bedengan. Setelah penaburan pupuk NPK, tanah dibalik-balik lagi dan diharapkan pupuk menyatu dalam tanah.

Pupuk NPK diaduk merata pada tanah dapat menyebabkan pupuk tidak mudah hanyut karena air atau saat tersiram air hujan. Pupuk NPK tidak akan mudah menguap saat terik matahari sehingga pemakaian pupuk bisa lebih efektif.

Cara pemberian pupuk NPK sebagai pupuk dasar pada tanaman sayur daun seperti kubis, sawi, selada dan lain-lain. Yaitu caranya pupuk NPK ditaburkan pada bedengan. Kemudian pupuk diolah bersama tanah, tanah dibolak balik lagi. Dosis pemberian tergantung dari tingkat kesuburan tanah.

Cara pemberian pupuk NPK sebagai pupuk dasar tanaman berumbi seperti bawang, kentang dan lain-lain. Yaitu pupuk NPK ditaburkan pada bedengan. Kemudian tanah dibiarkan selama 10 – 15 hari agar pupuk menyatu dengan tanah.

Sebagai pupuk susulan, pupuk NPK tanaman sayur dan buah diberikan setelah bibit dipindahkan ke lahan tetap. Yaitu diberikan sampai tanaman berproduksi. Tanaman sayuran buah seperti cabe, tomat, labu air, pupuk NPK diberikan saat umur 10 – 15 HST.

Pemberian pupuk NPK sebagai pupuk susulan adalah setiap 7 – 30 hari sekali. Cara pemberian pupuk yaitu pupuk NPK ditaburkan ke bedengan atau dikocorkan dalam bentuk larutan.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

PEMBERIAN PUPUK NPK CARA DITABUR DAN DIKOCOR

Tanaman sayur buah seperti tomat, terung dan lain-lain. Pemberian pupuk NPK cara ditabur, yaitu di sekeliling batang tanaman dan berjarak 10 cm dari pangkal batang. Pemberian cara ini biasanya waktu pupuk susulan.

Semakin bertambah umur tanaman maka jarak pemupukan semakin diperlebar. Hal ini menghindari keracunan tanaman dan akar tanaman menjadi busuk. Meskipun tidak sampai menyebabkan tanaman mati, bila jarak terlalu dekat dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Setelah pupuk NPK ditaburkan di sekeliling tanaman, selanjutnya lakukan pendangiran bila tidak ada mulsa. Tujuan pendangiran untuk menutup pupuk dengan tanah. Sehingga pupuk tidak cepat hanyut bila terkena air atau pupuk NPK tidak menguap ke udara. Pendangiran dapat pula sebagai usaha menghambat pertumbuhan gulma.

Pemberian pupuk NPK cara ditabur dapat dilakukan 20 – 30 hari sekali. Dan setiap kali selesai pemupukan NPK, lakukan pendangiran.

Aplikasi pupuk cara ditabur ini dilakukan saat kondisi tanah basah. Jadi sebelum diberi pupuk, tanah harus disiram dulu atau bisa setelah hujan turun.

Pemupukan susulan pupuk NPK cara dikocor. Cara dikocor artinya pupuk NPK dilarutkan terlebih dahulu dalam air pada dosis tertentu. Untuk pupuk NPK susulan pertama, melarutkan 1 kg pupuk NPK dalam 100 liter air. Pupuk lalu dikocorkan pada akar tanaman sebanyak 250 ml ( gelas aqua ) per batang tanaman.

Sesuai pertambahan umur tanaman, maka dosis pupuk NPK sistem kocor dinaikkan sedikit demi sedikit. Pemberian pupuk NPK cara dikocor dilakukan setiap 7 – 10 hari sekali. Hal ini karena sistem kocor membuat unsur hara pupuk mudah habis.

Sistem kocor menyebabkan akar tanaman langsung dapat menyerap  unsur hara bentuk larutan. Karena itulah, jarak pemupukan sebaiknya lebih pendek.

PEMUPUKAN SUSULAN  MENGGUNAKAN PUPUK NPK

budidaya sayuran, jual benih sayur, cara pemupukan, toko pertanian online, lmga agro
Budidaya Tanaman Sayuran

Tanaman sayur daun seperti kubis, bayam, selada dan lain-lain, pemberian pupuk NPK dapat dengan cara ditabur atau dikocor. Anda bisa memilih mana yang menurut Anda paling pas dan efektif sesuai kondisi lapangan.

Aplikasi cara ditabur bisa jadi efektif untuk tanaman sayuran tertentu, namun bisa tidak efektif untuk sayuran lain. Demikian juga bila cara dikocor. Hal ini tergantung jenis tanamannya, jarak tanam, umur tanaman dan luas lahan penanaman.
Penanaman sayuran kubis, sawi, brokoli, bawang daun umumnya memakai jarak tanam agak lebar. Jarak tanam agak lebar cocok sekali bila diterapkan aplikasi pupuk NPK cara ditabur.
Caranya yaitu pupuk NPK ditaburkan di sekeliling batang tanaman dengan jarak 10 cm dari pangkal batang. Bila jarak terlalu dekat menyebabkan pupuk dapat menjadi racun bagi tanaman.
Sebelum dipupuk, pastikan tanah dalam kondisi basah atau bisa setelah turun hujan. Setelah tanah dipupuk, siram kembali dengan air supaya pupuk cepat diserap akar tanaman. Perhatikan saat pupuk NPK ditabur, usahakan pupuk NPK tidak kena atau menempel pada daun dan pucuk tanaman.
Pemupukan tanaman sayur daun memang tidak terlalu efektif bila dilakukan dengan cara dikocor. Jenis tanaman sayur daun biasanya dibudidayakan secara luas sehingga pemupukan cara dikocor tidak akan efektif.
Pemupukan cara dikocor dapat memakan waktu lama dan butuh tenaga cukup banyak. Kecuali jika penanaman tanaman sayur dilakukan di pot/polybag dan jumlah tidak terlalu banyak.
Pemupukan NPK cara dikocor tepat bila diterapkan pada budidaya bayam dan kangkung. Karena biasanya menanam bayam dan kangkung menggunakan jarak tanam rapat. Jarak tanam rapat, sulit bila diterapkan pemupukan sistem tabur. Budidaya tanaman bayam dan kangkung, pupuk NPK diberikan 2 – 3 kali.
Dosis pupuk NPK diberikan sebanyak 2 – 3 sendok makan per 10 liter air. Pupuk dilarutkan dalam air sampai benar-benar larut. Kemudian disiramkan merata pada tanaman.

PUPUK NPK JUGA BAIK UNTUK PEMBIBITAN SAYURAN

Selain diterapkan untuk di lahan tetap, pupuk NPK dapat diberikan saat proses pembibitan tanaman sayur ( hortikultura ). Yaitu pada pembibitan cabai, tomat dan pembibitan tanaman sayuran daun. Pupuk NPK dapat diberikan di media semai atau setelah tumbuh bibit.
Syarat agar bibit di persemaian tumbuh sehat adalah media semai haruslah subur dan mengandung unsur hara cukup. Media semai yang sering digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kandang.
Pupuk NPK bisa ditambahkan pada media persemaian. Berikan pupuk NPK sebanyak 2 sendok makan per 10 kilogram media semai. Kemudian diaduk sampai tercampur rata dengan tanah.
Diamkan atau dinginkan sementara selama 7 – 10 hari. Letakkan pot berisi media di tempat teduh atau tempat yang terlindung dari curahan hujan langsung.
Selain diberikan pada media semainya, pupuk NPK juga dapat digunakan untuk memupuk bibit yang sudah tumbuh. Jika tampak bibit persemaian itu kurus dan seperti kekurangan unsur hara, maka berikan pupuk NPK.
Umur persemaian pendek seperti pada tanaman sayuran buah merambat ( labu air dan pare ), pupuk NPK tidak perlu diberikan. Karena umur semai pendek yaitu sekitar 5 -7 hari saja.

PUPUK NPK UNTUK FASE-FASE PERTUMBUHAN TANAMAN

budidaya cabai, pemupukan cabe, pupuk npk, jual benih cabe, toko pertanian, lmga agro
Budidaya Tanaman Buah Sayur

Pemupukan tanaman diberikan dalam dua fase yaitu fase pupuk dasar dan fase pupuk susulan. Pupuk dasar diberikan pada awal pengolahan dan persiapan lahan. Pupuk susulan diberikan setelah bibit dipindadahkan ke lahan tetap.

Tujuan ada pemberian pupuk di fase pupuk susulan adalah untuk mensuplai kebutuhan nutrisi tanaman. Agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang.

Pupuk susulan ini kebanyakan menggunakan pupuk an-organik  dan bersifat cepat diserap akar tanaman. Pupuk anorganik yang banyak beredar dipasaran adalah ZA, TSP, SP-36, KCl, Phonska, Mutiara dan lain-lain.

Pemberian pupuk anorganik ini akan berdampak buruk jika diberikan secara berlebihan. Jadi pemberian pupuk NPK harus pas sesuai kebutuhan tanaman.

Pemberian pupuk susulan menggunakan pupuk NPK terbagi menjadi 3 fase. Yaitu fase vegetatif ( pertumbuhan awal ), fase generatif ( pembungaan dan pembuahan ). Dan terakhir adalah pada fase pembesaran atau pematangan buah.

PUPUK NPK UNTUK FASE VEGETATIF TANAMAN

Fase awal pertumbuhan merupakan fase pertama diberikannya pupuk NPK pada tanaman. Fase ini juga disebut fase vegetatif. Pada fase vegetatif, sisitem imun tanaman belum terbentuk sempurna.

Pada fase vegetatif tanaman, kadar fitohormon seperti auksin, masih sangat tinggi. Akibatnya, laju pertumbuhan tanaman sangat pesat. Pada fase awal ini, unsur Nitrogen paling banyak dibutuhkan tanaman.

Fase vegetatif, sebenarnya tanaman rentan terserang penyakit karena sistem imun masih lemah. Pemberian unsur Nitrogen selain dapat menyuburkan tanaman, juga menyuburkan jamur dan bakteri patogen pengganggu tanaman.

Oleh karena itu, pemberian pupuk haruslah dalam dosis seimbang dan tidak berlebihan. Pupuk NPK, seperti Phonska dan Mutiara dapat diberikan setelah tanaman berumur 1 minggu.  Atau gunakan campuran pupuk tunggal yaitu pupuk ZA + SP-36/TSP + KCl dengan perbandingan sama.

Pupuk NPK atau campuran pupuk tunggal diambil sebanyak 1 gelas atau sekitar 300 cc dan larutkan dalam 25 – 30 liter air. Berikan ke tanaman dengan dikocorkan sebanyak 50 cc per tanaman.

Interval pemberian setiap 7 – 10 hari sekali. Pemupukan tadi dilakukan setelah tanaman disiram air atau setelah melakukan pengairan.

Pemberian pupuk mikro perlu diperhatikan. Pupuk mikro diberikan menggunakan sistem kocor maupun semprot ( bentuk pupuk cair ). Pupuk cair dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Pupuk cair diberikan hingga tanaman memasuki fase berbunga ( generatif ).

BACA JUGA : CARA MENANAM TIMUN PANEN MELIMPAH HINGGA 60 TON/HA

PUPUK NPK, PUPUK SUSULAN UNTUK FASE GENERATIF

Umumnya, setelah berumur 1 bulan, tanaman memasuki fase generatif. Saat mulai muncul bunga, unsur hara tanaman harus mulai ditata ulang. Pemberian unsur hara tidak disamakan jumlahnya, namun salah satu unsur diberikan dalam jumlah lebih banyak.

Pembentukan bunga, unsur Fosfor ( bentuk phospat ) dilebihkan jumlahnya dan unsur Nitrogen dikurangi jumlahnya. Pemakaian pupuk NPK masih bisa diperlukan, namun tambahkan TSP/SP-36 dengan perbandingan sama. Satu kilogram pupuk NPK + 1 kg pupuk TSP/SP-36.

Dalam hal ini, unsur N dan K tetap ada namun unsur P lebih dominan. Bila ingin menggunakan pupuk tunggal dan mencampur sendiri, yaitu pupuk ZA+ TSP + KCL dengan perbandingan unsur P lebih unggul. Yait perbandingan 1 : 3 : 1.

Larutan diberikan dakam jumlah sama yaitu pupuk sebanyak 1 gelas ( 300 cc ) dilarutkan dalam 25 – 30 liter air. Pupuk dikocorkan dalam lubang pupuk yaitu jarak 10 cm dari pangkal tanaman. Interval pemberian 7 – 10 hari sekali.

Pada fase generatif ini, pupuk mikro dalam pupuk cair, tetap diberikan. Pemberian pupuk cair unsur mikro ini dengan cara semprot/kocor.

PUPUK NPK, PUPUK SUSULAN UNTUK FASE PEMBUAHAN

Fase pengisian buah atau umbi adalah fase berikutnya setelah fase pembungaan. Pemberian pupuk NPK fase pembuahan juga harus ditata ulang sesuai kebutuhan tanaman. Pupuk NPK disesuaikan jenis tanaman.

Pada jenis tanaman sekali berbuah seperti semangka, melon, ubi, jagung dan lain-lain, unsur Kalium perlu ditingkatkan. Karena, tanaman fokus untuk membesarkan beberapa buah saja.

Unsur Kalium bermanfaat dalam pembesaran buah, meningkatkan kualitas buah dan rasa buah itu sendiri. Pupuk NPK dicampurkan dengan KCl, perbandingan 1 : 2. Bila menggunakan pupuk tunggal ( ZA, TSP dan KCL ) dicampur rata dan perbandingannya 1 : 1 : 3. Unsur Kalium diperbanyak.

Unsur N dan P dikurangi sehingga fokus tanaman hanya kepada pembesaran buah. Tanaman tidak fokus lagi untuk membentuk tunas maupun bunga. Pemangkasan juga berperan serta besar dalam mendukung pembuahan.

Ada lagi tipe tanaman yaitu lebih dari sekali panen, yaitu munculnya bunga dan buah saling susul menyusul, contohnya tanaman cabai. Pemberian pupuk mengandung unsur P dan K harus sama-sama ditambah. Unsur N bisa diturunkan dosisnya.

Bila menggunakan pupuk NPK, bisa ditambahkan pupuk TSP dan KCl dengan perbandingan 1 : 2 : 3. Perbandingan dosis pupuk demikian menjadi berimbang antara bunga baru dan buah sudah jadi.

Larutan diberikan dalam jumlah sama. Yaitu sebanyak 1 gelas ( 300 cc ) pupuk dilarutkan dalam 30 liter air. Kocorkan ke lubang pupuk dan berjarak 10 – 15 cm dari pangkal tanaman. Pemberian pupuk cair unsur mikro tetap dilakukan dengan cara disemprotkan ke daun.

BACA JUGA : BISNIS ONLINE PELUANG USAHA TERBAIK DI ERA DIGITAL INI

PROSPEK CERAH USAHA JUAL PUPUK NPK

Prospek cerah menghampiri usaha-usaha di bidang agribisnis saat ini. Mulai banyak pula pengusaha pemula berbondong-bondong memutuskan usaha agribisnis, seperti membuka toko pertanian.

Tentunya sebuah toko pertanian tidak afdol bila tidak menjual jenis pupuk, termasuk pupuk NPK didalamnya. Bisnis pupuk pertanian tidak pernah sepi dari konsumen.

Toko-toko pertanian mulai tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Baik dikota maupun di desa, pengusaha toko pertanian jual pupuk merasakan keuntungan yang cukup besar.

Permintaan pupuk tidak pernah sepi, karena kebutuhan petani akan pupuk juga cukup tinggi. Apalagi bila sudah mulai memasuki masa tanam, toko pertanian akan laris manis diserbu pembeli petani.

Untuk mendapatkan harga pupuk lebih murah dari pupuk dipasaran, maka Anda harus mencari supplier/distributor pupuk besar. Distributor pupuk adalah pihak yang mampu memberikan harga pupuk lebih murah.

Selanjutnya, setelah bisnis jual pupuk Anda berkembang pesat, Anda bisa menjadi seorang supplier juga.

Demikian artikel judul : Pupuk NPK, Manfaat dan Cara Pemberian Pada Budidaya Tanaman. Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro berpengalaman sebagai supllier untuk bisnis online, dropship, reseller, online shop, toko pertanian dan petani.

Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga promo berbagai varietas benih unggul dan hibrida buah dan sayur. Kami menyediakan pula jenis pupuk terutama pupuk NPK. Juga berbagai jenis pestisida, ZPT, pupuk cair dan alat-alat pertanian.

Toko Pertanian online LMGA Agro menerima juga layanan konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan di seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel tentang pupuk NPK, manfaat dan cara pemberian pada tanaman ini bisa bermanfaat. Salam sukses…

 

 

 

Iklan