CARA MENANAM KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE


kol f1 sumgreen, kubis f1 sumgreen, cara menanam kol, jual benih kubis, lmga agro
Benih Kol ( Kubis ) F1 SUMGREEN – Clause

Cara Menanam Kol F1 SUMGREEN – Clause. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih kol F1 SUMGREEN – Clause harga promo. Tersedia juga berbagai jenis pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis tentang cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause. Konsultasi juga mengenai permasalahan di lapangan mulai dari pembibitan hingga cara panen kol F1 SUMGREEN – Clause.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim segala pesanan Anda dengan aman dan dijamin sampai di alamat Anda. Kami supplier berpengalaman di bisnis online meliputi dropship, reseller, online shop dan toko pertanian. Didukung dari pabrik benih seperti BISI, EWINDO, BCA, Takii dan lain-lain.

Cara menanam kol F1 SUMGREEN direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. Benih kol F1 SUMGREEN – Clause tahan penyakit Soft Rot ( busuk lunak ), penyakit penting pada tanaman kol. Cara menanam kol mudah dan dapat dilakukan baik petani profesional maupun sekedar hobi berkebun.

DESKRIPSI KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE

Apa itu kol..? Kol merupakan sayuran dan termasuk dalam kelompok Cruciferous atau tanaman Cole. Nama latin kol adalah Brassica oleracea L. Tanaman kol masuk genus Brassica dan famili Cruciferae.

Kebanyakan orang menyebut kol dengan kubis, kobis atau kobis bulat. Kol atau kubis merupakan tanaman 2 tahunan. Kol ditanam sebagai tanaman sayur tahunan dan krop padat berdaun. Beratnya berkisar 0,5 – 4 kg, ada yang berwarna hijau, ungu, merah atau putih tergantung jenisnya.

Cara menanam kol F1 SUMGREEN cocok dilakukan di dataran rendah sampai menengah. Panen dilakukan pada umur 60 – 65 HST. Cara menanam kol F1 SUMGREEN merupakan jenis kol crop gepeng.

Ukuran crop kol F1 SUMGREEN adalah 11 – 15 x 18 – 21 cm. Warna crop hijau muda. Tekstur crop renyah dan agak manis. Berat crop kol F1 SUMGREEN sekitar 2 – 2,5 kg. Tahan penyakit soft rot ( busuk lunak ). Kemasan benih kol F1 SUMGREEN berat 10 gram.
Cara menanam kol F1 SUMGREEN merupakan jenis crop gepeng, besar dan keras. Crop tahan tunda panen dan tahan pengangkutan jarak jauh. Kebutuhan benih cara menanam kol F1 SUMGREEN sebanyak 150 gram/ha. Jarak tanam 60 x 60 cm.
Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause menghasilkan produksi panen 43 – 54 ton/ha dan jumlah populasi per hektar adalah 26.600 tanaman. Ciri utama kol adalah daun terluar memilki tulang daun besar dan tampak jelas.

BACA JUGA : GREEN NOVA TANAMAN KUBIS ANDALAN PETANI DATARAN TINGGI

KANDUNGAN NUTRISI TANAMAN KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE

Jenis kol ( kubis ) hijau cropnya keras tapi berdaun halus. Jenis ini adalah yang paling umum ditemui di pasaran. Kubis merah berdaun halus namun jarang dibudidayakan. Kol terdiri dari lapisan-lapisan daun.

Daerah dengan matahari bersinar panjang, crop kol dapat tumbuh jauh lebih besar. Kol banyak ditemui di benua Eropa sebelum 1000 SM. Dan pada abad pertengahan, kubis menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Tanaman kol rentan kekurangan unsur hara, serangan hama dan penyakit yang disebabkan bakteri dan jamur.

Sayuran jenis Cruciferous seperti brokoli, kol bunga, kol kubis dan lain-lain memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Hal ini karena golongan sayuran kelompok Cruciferous kaya zat-zat gizi penting bagi tubuh.

Begitu pula dengan kol, mengandung banyak zat gizi penting. Diantaranya protein, serat, vitamin A, viamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin B9 dan vitamin K. Mineral dalam kol antara lain kalsium, potassium, zat besi, magnesium, mangan dan lainnya.

Tanaman kol ini dikenal juga sayuran yang bisa memicu gas dalam perut. Dapat menimbulkan perut kembung bagi beberapa orang yang mengkonsumsinya. Dibalik pengaruh menyebabkan perut kembung bagi beberapa orang tersebut, jangan terburu-buru menjauhi konsumsi kol. Karena Anda akan tidak dapat merasakan manfaat besar dari kol untuk kesehatan kita.

BACA JUGA : SUKSES BUDIDAYA KUBIS DENGAN KUBIS F1 INVESTOR

MANFAAT KOL DALAM CARA MENANAM KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE

Kol atau kubis segar banyak mengandung vitamin yaitu A, beberapa B, C, E dan K. Vitamin C-nya cukup tinggi dapat untuk mencegah skorbut  ( sariawan akut ). Mengandung vitamin A 200 IU, B 20 IU dan C 120 IU mgr.

Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa untuk merangsang pembentukan glutation. Merupakan zat untuk menon-aktifkan zat beracun dalam tubuh manusia. Namun demikian, kol juga mengandung sejumlah senyawa.

Senyawa tersebut dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung. Gas-gas tersebut kemudian dapat menimbulkan rasa kembung ( zat goitrogen ). Daun sayur kol mengandung kelompok glukosinolat menyebabkan rasa agak pahit.

Sayuran kol mengandung vitamin C yang tinggi. Membuat kol termasuk tanaman kaya akan antioksidan. Antioksidan bagi tubuh bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh ( proses detoksifikasi ). Darah dalam tubuh menjadi bersih karena bebas dari racun.

Kol mengandung sulfur dan glutamin bersifat anti-inflamasi cukup kuat. Bermanfaat meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi dan mengobati infeksi akibat serangan mikroba.
Kandungan serat kol cukup banyak sehingga baik untuk salauran pencernaan. Dapat pula mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.
Kol F1 SUMGREEN mengandung polifenol cukup tinggi. Polifenol bermanfaat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL ( kolesterol jahat ) dalam darah. Keberadaan LDL cukup tinggi dalam darah dapat mengancam kesehatan jantung kita. Bila kadar kolesterol LDL turun, resiko gangguan kardiovaskular menurun dan jantung bisa lebih sehat.
Manfaat kol juga dapat meningkatkan kesehatan otak. Kol mengandung yodium, antosianin dan vitamin K. Bermanfaat mempengaruhi kerja saraf dan penting untuk daya pikir dan konsentrasi otak kita. Asupan kol yang cukup bermanfaat mencegah terjadinya penyakit Parkinson, Alzheimer dan Demensia.
Kol mengandung glukosinolat sangat tinggi dimana memiliki sifat anti-karsinogenik. Yaitu dapat menghancurkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas inilah penyebab tubuh terkena berbagai penyakit kanker dalam tubuh. Glukosinolat dapat mencegah pula munculnya  tumor ganas.

SYARAT TUMBUH CARA MENANAM KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE

Kol atau kubis tersusun atas kelopak daun yang menyatu membentuk bulatan. Sehingga kol juga biasa disebut kol bulat. Di Indonesia, kol salah satu jenis sayuran paling populer dan banyak disukai masyarakat. Cara menanam kol dilakukan secara monokultur maupun polikultur ( tumpangsari ). Cara menanam kol tumpangsari dengan tanaman cabai atau kol dan tomat.

Selama ini, cara menanam kol di dataran tinggi dan berhawa sejuk. Sentra produksi kol di Indonesia merupakan daerah dataran tinggi seperti Malang, Dieng, Berastagi. Namun kini, cara menanam kol dapat dilakukan di dataran rendah. Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause toleran cuaca panas dan suhu tinggi.

Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause dilakukan di dataran rendah. Suhu dataran rendah siang hari cukup tinggi dan di malam hari suhu cukup rendah.

Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause menyukai jenis tanah lempung berpasir atau liat berpasir. Tekstur tanah gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik. Nilai pH tanah idealnya adalah 5,5 – 6,5.

Kol atau kubis memiliki nama latin Brassica oleracea merupakan sayuran tumbuh semusim ( annual  ). Artinya bahwa pertumbuhan vegetatif dan generatif ( berbunga ) tumbuh musim yang sama.

Tanaman kol mempunyai jenis cukup banyak namun jenis kol krop dan kol bunga ini paling banyak di budidayakan di Indonesia. Dari bentuk krop, ada 2 macam kubis yaitu kol bulat dan kol gepeng ( bulat agak pipih). Khusus untuk jenis kubis krop, dikenal 3 jenis yaitu :

  • Kubis putih, krop berwarna putih.
  • Kubis merah, warna krop merah-keunguan.
  • Kubis savoy, berdaun keriting atau disebut kubis keriting.

Kol masuk famili Brassicaceae, berupa tumbuhan berbatang lunak. Mulanya kol dianggap tumbuhan pengganggu ( gulma ), tumbuh liar di sepanjang pantai Laut Tengah. Kol juga dahulu tumbuh liar di karang-karang pantai Inggris, Denmark dan pantai Barat Perancis Utara.

CARA MENANAM KOL F1 SUMGREEN – CLAUSE

Pertumbuhan tanaman kol memiliki ciri khas membentuk krop. Pertumbuhan kol awal, ditandai pembentukan daun secara normal. Semakin dewasa, daun-daunnya mulai melengkung ke atas lalu hingga tumbuh sangat rapat.
Pada fase ini, Anda bisa menutup krop dengan daun-daun di bawahnya supaya warna krop semakin pucat. Bila ukuran krop sudah cukup besar, berarti kol siap dipanen.
Secara biologi, kol tumbuhan dwi-musim ( biennial  ) dan perlu vernalisasi untuk masa pembungaan. Vernalisasi ( suhu dingin ) penting untuk cara menanam kol agar kol tidak tumbuh terus tanpa berbunga. Setelah muncul bunga, kol akan mati.

Pengolahan Lahan Cara Menanam Kol F1 SUMGREEN – Clause

Bersihkan lahan dari gulma dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Kemudian tanah digemburkan dengan cara dibajak atau menggunakan cangkul ( manual ). Sampai kedalaman 20 – 30 cm.
Pengolahan lahan bertujuan memperbaiki tekstur tanah dan membuat tanah menjadi gembur agar kol dapat tumbuh maksimal. Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause sangat membutuhkan air. Namun cara menanam kol F1 SUMGREEN tidak menyukai tanah becek dan pemberian air berlebihan.
Sehingga perlunya cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause dibuat dalam bentuk bedengan. Adanya bedengan, air tidak menggenang bila turun hujan. Bedengan dibuat lebarnya ± 1 meter, tinggi bedengan 20 – 30 cm. Panjang bedengan disesuaikan luas lahan.
Pupuk dasar cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause harus tersedia secara optimal dalam tanah dengan jumlah cukup. Sehingga perlu pemupukan dasar, berupa pemberian pupuk organik ( kandang/kompos ) dan pupuk kimia ( TSP, KCl dan ZA ).
Bila pH tanah rendah ( masam ) maka perlu ditaburkan kapur Dolomit dan dosisnya sesuai kebutuhan. Kapur Dolomit sebaiknya ditaburkan bersamaan saat mengolah lahan atau segera setelah pengolahan lahan.
Cara pemberian pupuk dasar yaitu ditaburkan merata di atas bedengan, kemudian diaduk rata atau ditutup tipis dengan tanah. Dosis pupuk organik  sesuai ketersediaan pupuk, lebih banyak pupuk organik akan lebih baik.
Untuk pupuk kimia, perbandingan TSP/SP-36 : ZA : KCl adalah 2 : 2 : 1. Pemberian bersamaan dengan pupuk organik. Setelah selesai pemupukan dasar, biarkan lahan sekitar selama 2 – 3 minggu sebelum bibit kol ditanam.

Pemasangan Mulsa Plastik Cara Menanam Kol

mulsa plastik, kol f1 sumgreen, cara menanam kol, alat pertanian, toko pertanian, lmga agro
Mulsa Platik Hitam Perak

Mulsa yang digunakan adalah Mulsa Plastik Hitam Perak. Sebelum pemasangan, lahan disiram hingga kondisi basah atau setelah turun hujan. Gunakan mulsa plastik cara menanam kol F1 SUMGREEN sesuai lebar bedengan.

Pemakaian mulsa memang lebih banyak membutuhkan tambahan modal dan ini tergantung dari kemampuan petani. Pemakaian mulsa bermanfaat menghambat pertumbuhan gulma dan memudahkan pemeliharaan.

Setelah mulsa plastik terpasang, saatnya membuat lubang tanam. Gunakan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro ) untuk mebuat lubang tanam dan lubang pupuk.

Jarak tanam dipilih sesuai musim. Bila cara menanam kol F1 SUMGREEN di musim kemarau, jarak tanam dibuat lebih rapat. Jika di musim hujan, jarak tanam dibuat lebih jarang. Jarak tanam lebih jarang agar lingkungan tidak lembab. Juga untuk meminimalisir serangan jamur dan bakteri. Jarak tanam cara menanam kol 70 x 50 cm, 60 x 50 cm, 40 x 50 cm dan 40 x 40 cm.

BACA JUGA : KUBIS SUMMER AUTUMN 633 KUBIS ANDALAN PETANI 

Cara Pembuatan Bibit Kol F1 SUMGREEN – Clause

Cara penyemaian menanam benih kol F1 SUMGREEN menggunakan polybag kecil ukuran 6 x 8 cm atau 8 x 10 cm. Persiapkan media semai dari campuran tanah dan pupuk organik perbandingan 2 : 1. Tanah dan pupuk diayak hingga halus, lalu dicampur hinga menyatu rata. Biarkan selama ± 1 minggu.

Setelah 1 minggu, media semai dimasukkan dalam polybag kecil yang sudah disiapkan. Selanjutnya benih dibenamkan dalam tanah sebanyak 1 – 2 benih/polybag. Tutup benih dengan tanah tipis.

Langkah selanjutnya adalah media semai polybag diberi air hingga basah. Bisa gunakan sprayer untuk menyiram. Gunakan sungkup untuk pembibitan, terbuat dari plastik putih/bening. Sungkup ini berguna agar benih cepat berkecambah dan dapat tumbuh serempak.

Biasanya 3 – 4 hari kemudian, benih sudah berkecambah. Bibit kol sudah siap dipindah tanam pada umur 25 – 30 hari setelah semai. Gunakan bibit segar, sehat, kuat, kokoh dan tumbuh normal untuk dipindahkan.

Cara memindahkan bibit ke lahan, yaitu plastik polybag di sobek dengan hati-hati. Jangan sampai media tanah rusak/pecah. Setelah berhasil bibit dikeluarkan, masukkan pada lubang tanam. Tambahkan tanah dan tekan pelan-pelan pada berdirinya bibit.

Setelah bibit ditanam, siram secukupnya sampai tanah basah dan agar bibit tidak layu. Waktu penanaman bibit sebaiknya pada sore hari. Penanaman dilakukan serempak dan selesai dalam satu hari.

Cara menanam kol F1 SUMGREEN dapat ditumpangsarikan dengan tomat. Cara tanamnya 2 baris kubis dan 1 baris tomat. Tomat ditanam 3 atau 4 minggu sebelum penanaman bibit kol.

Cara Pemeliharaan Menanam Kol F1 SUMGREEN – Clause

alat kocor, alat pertanian, toko online pertanian, lmga agro, kol f1 sumgreen
ALAT KOCOR | LMGAAgro

Penyiraman lebih sering dilakukan bila cara menanam kol di musim kemarau. Di musim hujan, cenderung penyiraman ditiadakan. Penyiraman dilakukan pada masa-masa awal tumbuh dengan menggunakan slang air. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore.

Begitu kol berumur 30 HST, penyiraman dilakukan dengan cara di-leb. Yaitu menggalirkan air pada parit hingga bedengan basah. Penggenangan bedeng dilakukan 3 hari sekali sesuai kondisi lingkungan.

Penyulaman atau mengganti bibit mati, tidak mau tumbuh atau mau tumbuh tapi abnormal. Penyulaman dilakukan dengan mengganti bibit baru yang sehat. Pengamatan atau kontrol tanaman harus rutin dilakukan. Penyulaman dilakukan paling terlambat sampai tanaman berumur 2 minggu setelah tanam.

Penyiangan yaitu membersihkan kebun dari gulma. Penyiangan dilakukan untuk menghindari terjadinya persaingan mendapatkan nutrisi antara tanaman dan gulma. Penyiangan juga dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit.

Gulma/rumput liar dapat menjadi tempat sembunyi ( inang ) hama dan penyakit berkembang biak. Pemakaian mulsa plastik hitam perak cara menanam kol dapat meringankan pekerjaan penyiangan.

Bila ada mulsa, mencabut rumput cukup dilakukan pada bagian paritnya saja. Untuk cara menanam kol selama satu musim, penyiangan dilakukan 2 – 3 kali. Penyiangan juga dapat sekaligus dilakukan penggemburan atau pembumbunan tanah.

Pastikan bahwa gulma dicabut hingga ke akarnya. Bila jumlah gulma banyak, gunakan herbisida untuk memberantas gulma tetapi sebelum tanam. Pemakaian herbisida yang tepat bagaimana, bisa Anda berkonsultasi pada Kami, Toko Pertanian LMGA Agro.

Pupuk susulan cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause pertama dilakukan pada umur 25 HST. Pemupukan dilakukan setiap 10 – 15 hari sekali. Pemupukan menggunakan pupuk kimia seperti Urea, KCl dan ZA dengan perbandingan 1 : 2 : 3. Banyaknya dosis pupuk disesuaikan kondisi tanaman.

Cara pemberian pupuk dilakukan menggunakan sistem kocor/larutan. Hal ini agar pupuk mudah dan cepat diserap akar, serta dapat menghemat pemakaian pupuk. Dosis pupuk susulan 50 kg/ha Urea, 100 kg/ha KCl dan 175 kg/ha ZA. 

Hama dan Penyakit Cara Menanam Kol F1 SUMGREEN

Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu kunci sukses cara menanam kol F1 SUMGREEN. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan lewat cara pencegahan. Yaitu sebelum tanaman diserang hama dan penyakit.

Pengendalian hama dapat dilakukan melalui kultur teknis dan penyemprotan pestisida nabati maupun kimia. Penyemprotan pestisida kimia sebaiknya saat serangan hama dan penyakit sangat parah. Dan penerapan kultur teknis sudah tidak bisa mengatasinya.

Hama yang sering mengganggu cara menanam kol antara lain ulat tanah ( Agrotis ipsilon hufn. ), ulat daun kubis ( Plutella xylostella L. ). Ada juga ulat krop kubis ( Crocidolomia binotalis zell. ) dan ulat krop bergaris ( Hellula undalis F. ).

Pencegahan dan pengendalian penyakit yaitu melakukan pergiliran tanaman. Cara menanam yang tepat adalah tidak menanam satu jenis tanaman secara terus menerus. Pencegahan dengan melakukan sanitasi lahan dan terakhir dengan penyemprotan fungisida atau bakterisida.

Jenis penyakit yang sering mengganggu cara menanam kol F1 SUMGREEN antara lain penyakit rebah semai, busuk daun, busuk hitam dan akar bengkak.

Pencegahan dengan rutin melakukan pengamatan tiap minggunya. Dimulai saat kol berumur 13 HST. Populasi hama tertinggi terjadi di awal musim kemarau. Bila ada bagian tanaman kol terserang, pangkaslah dan kumpulkan untuk kemudian di musnahkan/dibakar.

Penyakit rebah semai/kecambahRhizoctonia solani Kuhn. ) terjadi saat pembibitan. Bila bibit kol terserang, segera dicabut kemudian segera disulam dengan tanaman baru dan sehat.

Pengendalian Hama Ulat Krop Cara Menanam Kol

Pengendalian hama dan penyakit sebaiknya menggunakan konsep Pengendalian Hama Terpadu ( PHT ). Konsep PHT lebih ramah lingkungan dan tanaman menjadi tidak banyak mengandung residu pestisida.

Ulat krop kubis ( Crocidolomia binotalis Zell. ) dapat dikendalikan dengan cara mengumpulkan ( memusnahkan ) telur, larva atau imagonya.

Pengendalian secara kimia dilakukan bila ditemui terdapat 3 paket telur pada 10 tanaman dan 5% tanaman sudah terserang. Pengendalian cara tersebut dapat menghemat dan menekan pemakaian pestisida 7 – 11 kali penyemprotan.
Gunakan insektisida berbahan aktif yang selektif dan efektif. Dapat Anda berkonsultasi ke Toko Pertanian Online LMGA Agro mengenai insektisida yang tepat untuk mengendalikan ulat krop kubis.

Pengendalian Hama Ulat Plutella xytostella Cara Menanam Kol

Pengendalaian hama ulat ini dapat dilakukan menggunakan cara teknis dan kimia. Cara mekanis yaitu mengumpulkan semua larva imago yang ditemukan lalu dimusnahkan. Cara kimia menggunakan pestisida selektif. Yaitu bila ditemukan sebanyak 5 larva setiap 10 tanaman atau 5% dari jumlah tanaman sudah terserang hama.

Rutin melakukan pengamatan dapat mengurangi pemakaian pestisida. Penyemprotan sebanyak 7 – 11 kali penyemprotan dan dosisnya 0,5 – 1 cc/liter tiap penyemprotan. Hama ulat kubis dikendalikan menggunakan Diazinon atau Bayrusil 1 – 2 cc/liter air. Interval penyemprotan 1  minggu sekali. Untuk ulat kubis Crocidolonia binotalis diatasi dengan Bayrusil  13 cc/liter air.

Hama ulat ini berukuran relatif kecil berkisar 5 – 10 mm dan berwarna hijau. Bila hama ulat diganggu, akan menjatuhkan diri menggunaan benang.

Gejalanya : menyerang daun muda hingga dewasa. Daun menjadi berlubang sampai tanaman menjadi abnormal. Serangan berat, ulat hanya menyisihkan bagian urat-urat daunnya saja.

Ulat tanah kol ( Agrotis ipsilonmemiliki ukuran 5 – 10 cm bisa lebih. Tubuhnya berwarna ungu kehitaman. Bentuk larvanya, berbentuk bulat kecil dan berwarna putih kekuningan.
Ulat tanah kol menyerang pangkal batang muda hingga tanaman menjadi abnormal. Kemudian kol menjadi rapuh, rusak lalu mati.
Kutu daun persik ( Myzus persicaeberukuran sangat kecil, hidupnya berkelompok di bawah permukaan daun atau pucuk daun. Kutu daun memiliki 2 bentuk, yaitu bersayap dan tidak bersayap. Kutu daun bersayap kebanyakan berwarna hitam. Kutu tidak bersayap warna tubuhnya ada yang merah, kuning dan hijau.
Serangan kutu daun menyebabkan daun menjadi keriput, berwarna kekuningan, daun menggulung. Pertumbuhannya menjadi lambat ( kerdil ).
Hama keong ( Achatina sp. ) berwarna hitam mengkilap, bagian tubuhnya terkadang ada lendir. Ciri khas hama keong adalah memiliki cangkang yang keras.
Serangan hama keong mengakibatkan daun dan batang berlubang, bergerigi dan tumbuh abnormal. Gigitannya meninggalkan bekas pada daun, menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat.

PENYAKIT BENGKAK AKAR CARA MENANAM KOL

Penyakit bengkak akar disebabkan oleh jamur Plasmodiophora brassicae. Serangan jamur menyebabkan daun-daun kol layu. Bila tanaman kol dicabut, tampak akarnya terjadi pembengkakan.

Beberapa hal untuk mencegah penyakit ini adalah :

  • Penggunaan benih kol varietas tahan penyakit. Seperti cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause.
  • Perlakuan benih menggunakan pestisida nabati, yaitu menggunakan ekstrak daun/umbi bawang putih 8% selama 2 jam.
  • Persemaian benih menggunakan media semai tanah berasal dari luar daerah endemis atau tanah lapisan bawah ( ± 40 cm ). Kemudian tanah dikukus atau diberi fungisida.
  • Pengapuran menggunakan Dolomit 2 ton/hektar dilakukan 15 hari sebelum tanam.
  • Mencabut dan memusnahkan tanaman muda yang terinfeksi.

PENYAKIT BERCAK DAUN CARA MENANAM KOL

Penyakit bercak daun Altenaria dapat dikendalikan dengan merendam benih dalam air panas ( 50 °C ) selama 15 menit. Penerapan jarak tanam yang agak lebar agar sirkulasi udara lancar dan lingkungan tidak terlalu lembab.

Langkah terakhir adalah penyemprotan fungisida saat kol belum membentuk krop. Serangan penyakit juga sudah melewati 10% dari total jumlah tanaman. Beberapa hal perlu diperhatikan saat penggunaan pestisida, yaitu :

  • Penyemprotan dilakukan bila sudah melewati ambang batas untuk tiap-tiap hama dan penyakit.
  • Pilihlah pestisida yang tepat dan efektif.
  • Tidak menggunakan pestisida campuran ( oplosan ) dari beberapa bahan aktif pestisida yang tidak sama.
  • Penyemprotan dilakukan secara berganti-ganti jenis bahan aktif untuk menghindari kekebalan pada hama dan penyakit.
  • Tidak dianjurkan untuk mengurangi atau melebihkan takaran dari dosis yang dianjurkan.
  • Waktu dan frekwensi penyemprotan dilakukan sesuai anjuran, disemprotkan pagi sekali atau sore/malam. Jarak penyemprotan tidak terlalu dekat karena menyebabkan residu kimia berlebihan pada tanaman. Hama dan penyakit juga bisa kebal.

PANEN DAN PASCA PANEN CARA MENANAM KOL

Cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause mulai dapat dipanen umur 60 – 65 HST. Ciri-ciri kol sudah bisa dipanen adalah krop bagian dalam terasa padat, krop terluar berwarna lebih tua dan melengkung keluar.

Cara panen menanam kol F1 SUMGREEN adalah kol dipotong dan diikutkan juga 2 helai daun hijau. Cara ini bertujuan untuk melindungi kol dari kerusakan. Daun-daun luar yang rusak harus dibuang, juga daun yang terinfeksi penyakit.

Kol F1 SUMGREEN hasil dipanen lalu dikumpulkan pada tempat teduh agar tidak layu dan tetap segar saat dijual. Setelah dipetik dan kol dikumpulkan sebaiknya tidak dilempar atau ditumpuk. Hal ini untuk menjaga kualitas hasil panen tetap baik.

Pemungutan hasil kol jangan sampai terlambat, karena krop akan pecah ( retak ) atau kadang-kadang bisa membusuk. Cir-ciri kubis siap panen dapat dilihat dari tepi daun krop terluar, bagian atasnya melengkung keluar. Berwarna agak ungu maka pertanda krop bagian dalam sudah padat.

Demikian artikel judul Cara Menanam Kol F1 SUMGREEN – Clause. Hubungi Kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus sms/wa ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga promo berbagi benih buah dan sayur. Tersedia pula pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian cara menanam kol F1 SUMGREEN. Kami telah berpengalaman dalam bisnis online, online shop, dropship, reseller, toko pertanian dan petani.

Kami sian kirim pesanan benih cara menanam kol F1 SUMGREEN – Clause ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Pesanan Anda dijamin aman dan cepat sampai bersama jasa ekspedisi mitra Kami seperti JNE, TIKI, KI8, POS dan lain-lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses…