JUAL BENIH KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1 – CLAUSE


kubis, kol, benih kubis sumgreen f1, jual benih, toko online, lmga agro
Benih Kubis ( Kol ) SUMGREEN F1

Jual benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 – Clause. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual harga murah benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dari PT Clause Indonesia. Jual harga promo benih, bibit buah dan sayur, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi secara gratis pertanian dan cara bercocok tanam. Cara menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mulai dari awal persiapan lahan, perawatan hingga cara panen. Kami melayani konsultasi tentang permasalahan yang Anda temui selama budidaya kubis ( kol ) SUMGREEN F1.

Sebagai supplier, Toko pertanian Online LMGA Agro berpengalaman melayani bisnis online, dropship, online shop, reseller, petani dan toko pertanian. Kami telah berpengalaman dengan didukung pabrik benih terkemuka di Indonesia. Juga jasa ekspedisi mitra kami seperti JNE, KI8, TIKI dan POS INDONESIA.

Benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 merupakan benih hibrida tahan penyakit. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Sebagai produk segar, kubis selalu dinanti masyarakat untuk diolah sebagai sayuran. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mengandung gizi lengkap dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh kita.

KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1 SAYURAN KAYA MANFAAT

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 merupakan sayuran yang mudah ditemui baik di pasar, warung hingga supermarket. Bagi beberapa orang, sayur kol ini dapat memicu perut kembung.

Bagi yang mudah kembung atau begah setelah makan kubis, konsumsilah seperlunya saja. Hal tersebut, demi mendapatkan manfaat dari sayur kubis ini.

Sayuran kubis, kol, kobis atau kobis bulat ( kelompok kultivar dari Brassica oleracea ) merupakan tanaman dua tahunan berwarna hijau. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ditanam sebagai tanaman sayuran, memiliki crop yang padat daunnya. Tanaman kol termasuk dalam genus Brassica dan famili Cruciferae.

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 merupakan sayuran daun berlapis-lapis. Kubis rentan terhadap kekurangan unsur hara, serangan hama, penyakit bakteri maupun cendawan.

Sayuran kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dapat dinikmati dalam bentuk acar, dikukus, direbus, ditumis maupun dimakan mentah bentuk segar. Sayuran kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat. Kubis ( kol ) memiliki varian jenis kubis berdasarkan warna crop, ada hijau, ungu, merah dan putih.

Sayuran dari jenis cruciferous seperti brokoli, kol, kubis dan lainnya memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan, sayuran cruciferous banyak mengandung zat gizi lengkap.

Beberapa kandungan gizi kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ini adalah protein, serat, vitamin ( C, K, B2, B6, B9, A ), kalsium, potasium, zat besi, magnesium, mangan dan lainnya.

MANFAAT SAYUR KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

kubis sumgreen f1, kol, jual benih kubis, menanam kubis, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Kubis ( Kol ) SUMGREEN F1

Konsumsi sayur kubis memang menghasilkan gas, namun dibaliknya terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ini untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit.

1. Manfaat kubis meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kubis mengandung vitamin, terutama yang berperan adalah vitamin C. Kandungan vitamin C membuat kubis mengandung banyak antioksidan.

Zat antioksidan ini bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh. Adanya antioksidan, tubuh mampu membuang zat-zat racun dari dalam tubuh. Sehingga darah dalam tubuh menjadi bersih, bebas dari racun.

2. Manfaat kol mampu mengobati peradangan dan infeksi. Karena kol mengandung sulfur dan glutamin bersifat antiinflamasi cukup kuat. Manfaat kol kubis SUMGREEN F1 bisa meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi dan lain-lain. Bermanfaat mengobati infeksi karena mampu melawan mikroba penyebab infeksi.

3. Manfaat kubis menjaga dan meningkatkan saluran pencernaan. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 banyak mengandung serat. Mampu mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Manfaat kol untuk menjaga kesehatan jantung. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mengandung polifenol tinggi dan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. LDL merupakan kolesterol jahat dan bisa mengancam kesehatan jantung bila LDL tinggi.

5. Manfaat kubis menjaga kesehatan tulang. Kubis mengandung kalsium, magnesium dan mineral lainnya dan manfaatnya berkaitan dengan tulang. Konsumsi kol mencegah terjadinya oestoporosis.

6. Manfaat kubis  meningkatkan kesehatan otak. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mengandung yodium, antosianin dan vitamin K dan bermanfaat mempengaruhi kerja saraf. Berpengaruh terhadap daya pikir dan konsentrasi. Konsumsi kol mencegah penyakit Parkinson, Alzheimer dan Demensia.

7. Manfaat kubis mencegah kanker. Dalam kubis mengandung kandungan glukosinolat sangat tinggi. Glukosinolat bersifat antikarsinogenik mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Mampu mencegah muncul tumor ganas pemicu kanker.

8. Manfaat kubis mencegah terjadinya katarak. Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mengandung beta-karoten lewat vitamin A didalamnya. Karena itu, kol bermanfaat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak.

DESKRIPSI KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1 DARI CLAUSE

Benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Umur panen menanam benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 sekitar 60 – 65 HST. Bentuk crop kubis gepeng.

Ukuran crop kubis ( kol ) SUMGREEN F1 11 – 15 x 18 – 21 cm. Warna crop hijau muda. Tekstur crop renyah dan agak manis. Crop kubis ( kol ) SUMGREEN F1 memiliki berat 2 – 2,5 kg/crop kubis. Benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 tahan penyakit soft rot ( busuk lunak ). Kemasan produk benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 berat 10 gram.

Kol SUMGREEN F1 benih kubis dari PT Clause Indonesia. Vigor tanaman kokoh, tanaman seragam dan terdapat lapisan lilin tebal. Benih tahan penyakit busuk hitam dan busuk lunak yang banyak menyerang tanaman kubis.

Bentuk crop gepeng, besar dan keras. Crop kubis ( kol ) SUMGREEN F1 tahan tunda panen. Cropnya pendek, produktivitas tinggi dan tahan pengangkutan jarak jauh. Kebutuhan benih menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 sebanyak 150 gram/ha. Menggunakan jarak tanam 60 x 60 cm.

Hasil crop/ha 43 – 54 ton dan populasi tanaman per hektar adalah 26.600. Penciri utama kubis ( kol ) SUMGREEN F1 pada daun terluar memiliki tulang daun besar dan tampak jelas. Crop padat dan memiliki produktifitas tinggi.

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 beradaptasi baik di dataran rendah dengan ketinggian 200 – 390 m dpl. Memiliki kemampuan beradaptasi sampai dataran menengah.

BACA JUGA : KUBIS GREEN AUTUMN 2055 PELOPOR KUBIS DATARAN PALING RENDAH HARAPAN BARU PETANI

TANAMAN KUBIS ( KOL,) SAYURAN PENUH MANFAAT

Tanaman kubis ( kol ) SUMGREEN F1 merupakan sayuran yang dibudidayakan baik musim kemarau maupun hujan. Karena sayuran setiap hari dibutuhkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi makanan sehari-hari.

Ciri khas sayuran kubis adalah terbentuknya krop. Pertumbuhan awal ditandai pembentukan daun secara normal. Semakin dewasa tanaman kubis maka daunnya akan melengkung ke atas. Hingga akhirnya tumbuh sangat rapat.

Oleh petani, krop ditutup dengan daun-daun dibawahnya agar tidak berwarna pucat. Bila ukuran krop sudah cukup besar maka kubis siap untuk dipanen.

Dalam hidupnya, kubis ( kol) SUMGREEN F1 memerlukan suhu dingin ( vernalisasi ) agar muncul bunga. Bila suhu tidak dingin, kubis akan terus tumbuh tanpa pembungaan. Setelah muncul bunga, tanaman akan mati.

Macam-macam kubis secara umum ada hijau sangat pucat/putih. Ada juga kubis berwarna hijau dan kubis ungu kemerahan. Dari bentuk krop, kubis terbagi menjadi 2, kol bulat dan kol gepeng ( bulat agak pipih ).

Kecuali pada varietas tertentu, kubis umumnya ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1000 – 3000 m dpl. Tanaman kubis menyukai tanah yang sarang dan tidak becek.

Kubis segar banyak mengandung vitamin, yaitu A, beberap B, C dan E. Kandungan vitamin C-nya cukup tinggi, baik untuk mencegah skorbut ( sariawan akut ).

 juga mengandung kalium, kalsium, fosfor, natrium dan zat besi.  Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 mengandung sejumlah senyawa perangsang terbentuknya glutation. Yaitu zat yang dibutuhkan tubuh untuk menonaktifkan zat racun dalam tubuh kita.

Seperti suku kubis-kubisan lain, kol/kubis juga mengandung sejumlah senyawa penyebab terbentuknya gas dalam lambung. Gas ini dapat menimbulkan rasa kembung. Daun kubis juga mengandung zat glukosinolat penyebab rasa agak pahit.

MENANAM BENIH KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 produksi CLAUSE merupakan satu-satunya benih kubis yang ditanam di dataran rendah. Kualitas benih unggul dapat menjadi daya tarik petani di dataran rendah.

Menanam kubis ( kol ) SUMGREEN di musim hujan, memudahkan petani mendapatkan air dalam menanam kubis. Namun juga terdapat banyak rintangan di depan. Hujan dapat menyebabkan kendala yang mengancam keberhasilan panen. Hujan juga dapat menurunkan mutu produk sayuran.

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 tahan penyakit Soft Rot. Yaitu penyakit busuk lunak dan sering dijumpai pada tanaman kubis-kubisan. Juga sering terjadi di musim hujan.

Penyakit Soft Rot disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovora sehingga sering disebut penyakit Bacterial Soft Rot. Penyakit ini ditemui ada di seluruh dunia.

Penyakit busuk lunak dapat menyerang seluruh tanaman kubis-kubisan. Namun lebih sering menginfeksi tanaman sawi putih dan kubis.

Kubis bila terinfeksi penyakit Soft Rot mengeluarkan bau yang khas disebabkan oleh adanya perkembangan organisme lain setelah pembusukan. Soft Rot bisa menyerang dilahan, saat pengangkutan ataupun saat penyimpanan.

Pengendalian penyakit Soft Rot dilakukan secara preventif dengan cara kebersihan lingkungan dan sistem budidayanya. Penyemprotan bakterisida interval setiap 10 hari sekali. Terutama bila penanaman di musim hujan.

BACA JUGA : CARA BUDIDAYA KUBIS TAKADA F1 UNTUK HASIL YANG MAKSIMAL

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

Budidaya kubis ( kol ) SUMGREEN F1 harus mendapatkan curah hujan yang cukup. Suhu udara ideal adalah sekitar 15 – 20 °C. Harus dipastikan juga nilai pH tanah yaitu antara 6 – 6,5. Menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 tidak mengenal musim dan cuaca sehingga bisa dilakukan sepanjang tahun.

Persiapan lahan menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 yaitu dengan membersihkan lahan dari gulma terlebih dahulu. Lalu tanah digemburkan menggunakan alat bajak atau alat cangkul. Tanah digemburkan sampai kedalaman 20 – 40 cm.

Setelah tanah sudah gembur dilanjutkan dengan membuat bedengan. Lebar ± 1 meter dan tinggi 20 – 30 cm. Untuk panjang, disesuaikan dengan luas lahan. Jarak antar bedengan dibuat sekitar 30 cm.

Ukurlah pH tanah, bila < 5,5 maka berikan kapur pertanian Dolomit. Setelah pH tanah netral, dilanjutkan dengan melakukan pemupukan dasar. Menggunakan baik pupuk organik maupun an-organik/kimia.

Pupuk ditaburkan secara merata di permukaan bedeng. Menggunakan pupuk kompos 10 ton/ha. Setelah ditaburkan di permukaan, tutup dengan tanah sampai setebal 10 cm.

CARA PERSEMAIAN BENIH KUBIS SUMGREEN F1

tray semai, pembibitan, kubis sumgreen f1, toko pertanian, jual alat pertanian, lmga agro
Tray Semai Pembibitan Kubis SUMGREEN F1

Dalam budidaya benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1, metode pembibitan juga harus diperhatikan. Benih direndam terlebih dulu dalam air hangat selama 30 menit. Setelah itu benih ditiriskan dan diangin-anginkan.

Langkah pertama pembibitan, persiapkan media tanam untuk pembibitan terlebih dahulu seminggu sebelum benih ditanam. Media tanam pembibitan berupa tanah dicampur kompos atau pupuk kandang ( 2 : 1 ).

Bila pembibitan menggunakan polybag, pilih polybag berukuran 6 x 8 cm atau 8 x 10 cm. Kemudian media campuran tadi dimasukkan ke dalam polybag.

Benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ditanam pada polybag dan tiap polybag diisi 1 – 2 benih saja. Lakukan penyiraman setiap hari sambil mengamati pertumbuhan benih. Berikan pupuk Urea dosis 0,5 gram/liter air atau berikan 1 sendok teh untuk 1 ember air.

Lakukan pengamatan adanya bibit terserang penyakit tepung berbulu ( Peronospora parasitica ).Bila ada ulat daun menyerang daun pertama, segera di petik dan daun dibuang, jauhkan dari areal kebun.

Amati perkembangan bibit, benih yang ditanam akan berkecambah 3 – 4 hari kemudian. Dan bibit benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 siap dipindahkan setelah berumur 25 – 30 HST.

BACA JUGA : K-K CROSS RAJANYA TANAMAN KUBIS DATARAN RENDAH

PROSES PENANAMAN BIBIT KUBIS SUMGREEN F1

Satu hari sebelum pemindahan bibit, buat lubang tanam pada bedeng yang sudah disiapkan 2 minggu sebelumnya. Lubang tanam di bedeng dibuat untuk memasukkan bibit tanaman kubis ( kol ) SUMGREEN F1.

Jarak antar lubang 60 x 50 cm atau bisa dengan jarak 70 x 60 cm. Pilihlah bibit yang sehat dan subur untuk ditanam di lahan tetap. Bibit dalam polybag dikeluarkan beserta tanahnya.

Menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dapat secara tumpang sari dengan tomat, yaitu 2 baris kubis dan 1 baris tomat. Tomat ditanam lebih dulu sampai umur 1 bulan, kemudian menanam kubis.

Penanaman bibit kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dilakukan saat matahari tidak panas, yaitu pagi atau sore hari. Penanaman bibit dilakukan dalam satu hari selesai. Setelah penanaman, bibit disiram untuk mencegah kelayuan.

PERAWATAN TANAMAN KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

alat kocor, pemeliharaan tanaman, kubis sumgreen, toko pertanian, jual alat pertanian, lmga agro
Alat Kocor Penyiraman Kubis SUMGREEN F1

Perawatan pada masa awal pertumbuhan kubis ( kol ) SUMGREEN F1, mulai umur 0 – 49 HST, intensif melakukan penyiraman setiap hari. Bila ada bibit yang mati segera disulam/diganti dengan bibit baru yang sehat. Penyulaman paling lambat sampai umur 7 hari sesudah pindah tanam.

Penyiangan dapat dilakukan juga dari awal penanaman. Bersihkan kebun dari gulma yang mengganggu tanaman. Tumbuhnya gulma dapat merugikan dan membawa hama dan penyakit. Bila tampak ada hama, lakukan pengendalian secara manual, hama diambil dan dimatikan.

Penyiraman rutin dilakukan pagi dan sore ( 2 kali sehari ) bila menanam di musim kemarau. Bila tiba musim hujan, penyiraman tidak diperlukan lagi. Disesuaikan dengan kondisi kebun.

Setelah tanaman kubis berumur kurang lebih 30 HST, penyiraman dilakukan 2 – 3 hari sekali. Disesuaikan dengan kondisi kebun.

BACA JUGA : JUAL BENIH KUBIS TAKADA F1, TAHAN AKAR GADA DAN HASIL TINGGI

PUPUK SUSULAN MENANAM KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

Pemberian pupuk susulan kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dilakukan setelah berumur 4 minggu. Pemberian pupuk menanam kubis adalah Urea 200 kg/ha, TSP 250 kg/ha, KCl 200 kg/ha dan ZA 250 kg/ha.

Dosis pupuk diatas terbagi 2 yaitu untuk pupuk dasar. Pupuk dasar berikan ½ dosis Urea dan ½ dosis ZA. Pupuk TSP dan KCL berikan seluruhnya untuk pupuk dasar.

Sisa dosis Urea dan ZA berikan pada kubis ( kol ) SUMGREEN F1 umur 4 minggu setelah tanam. Cara pemberian pupuk dilakukan dengan cara tugal  berjarak 5 cm dari tanaman.

Berikutnya kubis ( kol ) SUMGREEN F1 umur 2 – 4 minggu lakukan penyiangan. Tanaman umur setelah 50 hari hingga selanjutnya sampai panen, penyiangan dilakukan dengan tangan. Penyiangan intensif satu minggu sebelum memasuki panen.

Bila perlu, dapat ditambahkan pupuk organik untuk pemupukan susulan. Berikan pupuk kandang atau kompos setiap 1 minggu sekali.

PENGENDALIAN DARI HAMA DAN PENYAKIT KUBIS

Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara ketat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Hindari penyemprotan pestisida berlebihan pada tanaman kubis karena dapat meninggalkan residu pada daunnya. Hal ini karena, krop kubis adalah bagian yang dikonsumsi.

Seminggu sebelum panen, petani biasanya menyemprotkan pestisida untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Penampilan krop kubis menentukan kualitas dari kubis yang dipanen. Sehingga agar krop kubis tidak berlubang-lubang, petani melakukan penyemprotan.

Bila akan mengkonsumsi kubis sebaiknya dicuci dulu hingga bersih. Terutama bila kubis dimakan untuk lalapan, kubis harus dicuci dengan air mengalir. Sehingga diharapkan, residu kimia yang menempel pada daun kubis berkurang banyak.

Pada fase pembentukan krop ( umur 35 HST – panen ), kubis peka terhadap serangan penyakit dan hama ulat krop kubis. Lakukan pengamatan secara rutin 2 kali dalam seminggu. Pengendalian secara mekanis, dengan mengambil hama bila ada lalu dimusnahkan ( Jawa : di-pithes ).

BACA JUGA : GRAND 22 UNGGUL DI DATARAN RENDAH MUSIM HUJAN KERING

HAMA TANAMAN KUBIS ( KOL )

1. Ulat Daun Kubis ( Plutella xylostella )

Hama ulat Plutella berukuran kecil, yaitu berkisar 5 – 10 mm, berwarna hijau. Terkadang bila diganggu akan menjatuhkan diri dengan menggunakan benang. Hama menyerang daun muda maupun dewasa.

Daun menjadi berlubang bahkan abnormal. Serangan berat, hama mengigit hingga menyisakan urat-urat daunnya saja.

Pengendalian dengan cara penyemprotan insektisida berbahan aktif abamectin, alfasepermetrin, bensultap dan lain-lain.

2. Ulat Tanah Kubis ( Agrotis ipsilon )

Ulat tanah berukuran 5 – 10 mm atau lebih. Hama berwarna ungu kehitaman. Larva ulat tanah berbentuk bulat kecil dan berwarna putih kekuningan. Hama ulat tanah menyerang pangkal batang muda hingga batang tumbuh abnormal. Batang menjadi rapuh, rusak atau sampai bisa mati.

Pengendalian dengan menyemprotkan insektisida Altacor 35 WG, Ampligo 150 ZC Prevathon 50 SC atau yang lainnya.

3. Ulat Krop Kubis ( Crocidolomia binotalis )

Ulat krop kubis bila baru menetas akan berwarna kelabu, berangsur akan berubah menjadi warna hijau muda. Tubuhnya memiliki 3 garis berwarna putih kekuningan dan 2 garis di samping. Kepala hama berwarna hitam. Panjang ulat krop kubis sekitar 18 mm.

Hama ulat krop kubis menyerang daun muda hingga habis tak bersisa. Akibatnya tanaman menjadi rusak dan ada kotoran bekas dari ulat yang menempel.

Pengendalian dengan cara menyemprotkan insektisida Agrimec 18 EC, Demolish 18 EC, Dimec 18 EC dan lain-lain.

4. Ulat Jengal Kubis (  Plusia chalcites )

Ulat jengkal berwarna hijau muda dan panjang 15 – 20 mm. Ulat ini bergeraknya dengan berjalan menjengkal dari satu tempat ke tempat lain.

Ulat jengkal memakan daun muda dan dewasa sampai daun kemudian berlubang-lubang. Serangan larvanya menyebabkan bercak-bercak putih pada daun. Hingga pada daun tinggal epidermis dan tulang daunnya.

5. Kutu Daun Persik ( Myzus persicae )

Hama kutu ini berukuran sangat kecil dan hidupnya berkelompok di bawah permukaan daun atau pucuk daun. Hama kutu daun persik memiliki 2 bentuk yaitu kutu bersayap dan tidak bersayap.

Hama kutu bersayap kebanyakan berwarna hitam. Sedangkan hama kutu tidak bersayap bervariasi warnanya, yaitu seperti merah, kuning dan hijau. Serangan hama menyebabkan daun menjadi keriput dan berwarna kekuningan. Lalu daun terpuntir dan menggulung sehingga pertumbuhan terhambat/kerdil.

6. Hama Keong ( Achatina sp. )

Hama keong berwarna kehitaman dan mengkilap. Bagian tubuhnya terkadang berlendir dan memiliki cangkang keras. Gejala serangan berupa daun dan batang berlubang, bergerigi dan tumbuh abnormal. Terdapat bekas keong dan menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Pengendalian dilakukan secara manual, yaitu dengan mengambil keong, dikumpulkan lalu dimusnahkan. Secara kimiawi, menggunakan moluskisida yaitu Instal 5 GR, Toxiput 5 GR dan lain-lain.

PENYAKIT TANAMAN KUBIS ( KOL )

1. Penyakit Rebah Kecambah ( Pythium sp. )

Penyebab penyakit rebah semai adalah Pythium sp. terdapat sporongium ( kinidium ) berbentuk bulat dan berkembang membentuk hifa. Biasanya menyerang inang muda ( dalam pembibitan ).

Gejala serangan, tampak tanaman layu dan kulit akarnya busuk basah. Daun atau tunas terinfeksi tampak busuk coklat.

Pengendalian dengan cara menyemprotkan fungisida seperti Antracol 70 WP, Magenta 50 WP dan lain-lain.

2. Penyakit Akar Gada ( Plasmodiophora brassicae )

Penyakit akar gada memiliki zoospora tunggal dari spora rehat. Spora melakukan penetrasi akar inang ( semai ) dan akan tumbuh menjadi plasmodium. Hal ini dapat menyebabkan akar menjadi membesar seperti gada.

Gejala serangan menunjukkan pembesaran berbentuk gada pada akar halus dan akar sekunder. Akar terinfeksi akan sulit menyerap nutrisi dan air, akibatnya tanaman tumbuh kerdil dan layu kemudian mati.

3. Penyakit Bercak Daun ( Alternaria sp. )

Penyakit bercak daun menyebabkan terbentuknya konidiofor berwarna coklat, lalu keluar lewat kulit. Keluarnya sendiri atau berkelompok dan membentuk bulatan tidak beraturan.

Gejala serangan berupa daun terdapat bercak sempit memanjang dan berwarna coklat kekuningan sampai kehitaman. Bercak kadang tampak sejajar dengan tulang daun kubis ( kol ).

Serangan penyakit berat yaitu bercak terdapat pada daun, batang hingga bunga. Penyemprotan menggunakan fungisida seperti Antracol 70 WP.

4. Penyakit Busuk basah ( Erwinia caratovora )

Penyebabnya adalah bakteri dan menyerang tanaman kubis ( kol ) muda maupun tua. Bakteri menyerang batang dan kelopak bunga. Bakteri dapat merusak jaringan sel hingga menjadi lunak dan berair. Lama kelamaan kubis membusuk, berwarna kecoklatan, berair hingga mengeluarkan aroma khas kurang sedap.

PANEN KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1

Ciri-ciri bahwa kubis siap dipanen adalah apabila krop kubis sudah keras, daun berwarna hijau mengkilap dan daun kubis paling luar sudah tampak layu. Ciri kubis ini telah tua dan siap dipetik.

Pemetikan kubis ( kol ) SUMGREEN F1 menggunakan pisau tajam dan bersih. Pemotongan kubis yaitu pada bagian pangkal batang kubis. Urutan oemotongan kubis dimulai dengan kubis yang sehat semua, kemudian baru kubis yang sakit dipetik.

Kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ini siap dipanen pada umur 60 – 65 HST. Pemetikan kubis ini bisa dengan mencabut hingga akar atau memotong bagian akar kubis. Pemotongan kubis menggunakan pisau/gunting tajam dan steril.

Pemanenan dilakukan dengan hati-hati dan diusahakan tidak merusak bunga kubis. Selanjutnya, setelah kubis dipetik, dimasukkan dalam keranjang. Dan agar kubis tetap segar, percikkan air sedikit dan secukupnya.

BACA JUGA : SUMMER AUTUMN KUBIS DATARAN RENDAH DARI KNOWN YOU SEED

KUBIS ( KOL ) SUMGREEN F1 DALAM POT

Sayuran kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dapat ditanam juga dalam pot untuk memudahkan kita budidaya sayuran di halaman rumah. Berikut beberapa langkah mudah menanam kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dalam pot/polybag di halaman rumah.

Pot/polybag menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk organik perbandingan 1 : 1. Sebelumnya lakukan pembibitan untuk menyemaikan benih kubis seperti bila menanam di lahan. Bila bibit sudah cukup kuat dipindah ke polybag pembesaran.

Letakkan polybag ditempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung, terutama pada pembibitan dan awal baru dipindahkan. Rutin melakukan penyiraman untuk menjaga agar kondisi tanah tetap lembab.
Pemupukan kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dalam pot/polybag cukup diberikan kompos atau pupuk kandang. Pemupukan diberikan seminggu sekali. Bila perlu, agar lebih subur dan tahan dari serangan penyakit, tambahkan pupuk NPK satu sendok makan.

Demikian artikel judul Jual Benih Kubis ( Kol ) SUMGREEN F1 – CLAUSE. Hubungi no HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah harga promo benih buah dan sayur. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 dan cara budidayanya. Kami siap membantu menjawab permasalahan petani selama bercocok tanam di lahan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kami pastikan barang sampai tujuan dengan aman dan cepat. Bersama jasa ekspedisi mitra Kami bertahun-tahun seperti JNE, KI8, PT POS, TIKI dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang benih kubis ( kol ) SUMGREEN F1 produk dari PT CLAUSE ini bermanfaat. Selamat mencoba dan salam sukses dari kami.