MANFAAT KACANG PANJANG BAGI TUBUH KITA DAN CARA BUDIDAYANYA


manfaat kacang panjang, menanam kacang panjang, benih hibrida, toko online, lmga agro
MAnfaat Kacang Panjang Hibrida KATRINA

Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh Kita dan Cara Budidayanya. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih kacang panjang hibrida, benih berkualitas harga bersaing.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida buah dan sayur, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Menyediakan semua kebutuhan bertani dan bercocok tanam. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis, menjawab permasalahan Anda di lapangan.

Kacang panjang mudah ditemukan di pasar tradisonal maupun di swalayan tempat menjual sayuran. Begitu juga kacang panjang mudah cara menanamnya. Tidak banyak menuntut pemeliharaan rumit.

Manfaat kacang panjang sering dipakai masyarakat sebagai sayur atau lalapan. Sebagai lalapan, manfaat kacang panjang dikonsumsi dalam bentuk mentah. Juga beberapa orang mengolahnya sebagai jus sayuran bermanfaat untuk menurunkan berat badan berlebih ( diet ).

KACANG PANJANG, SAYURAN PENUH MANFAAT

Kacang panjang bermanfaat sebagai sayuran sehat.  Tumbuhnya dengan cara memanjat atau melilit. Manfaat kacang panjang sebagai sayur dan lalapan diambil bagian kacang panjang muda dan serat-seratnya masih lunak.

Sayur kacang panjang mudah ditemui di kawasan panas di daerah Asia. Daun kacang panjang disebut lembayung dan dijadikan sayuran hijau.

Manfaat kacang panjang merupakan sumber protein yang baik. Mengandung vitamin A, Thiamin, riboflavin, besi, fosfor, Kalium dan banyak lagi. Kacang panjang 100 gram terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, 8 gram Karbohidrat dan 3 g protein.

Daun kacang panjang bersifat majemuk, tersusun atas 3 helai. Batang sedikit berbulu. Akar mempunyai bintil dan dapat mengikat Nitrogen bebas udara. Sifat akar demikian bermanfaat untuk menyuburkan tanah.

Kacang panjang merupakan tanaman yang menyerbuk sendiri. Melakukan penyerbukan silang meggunakan bantuan serangga sekitar terjadi 10%-nya. Tidak semua bunga menjadi buah, hanya sekitar 1 – 4 bunga saja.

Kacang panjang berbentuk polong, bulat panjang dan ramping. Panjangnya sekitar 10 – 80 cm. Kacang panjang muda berwarna hijau, teksturnya renyah dan mudah patah. Kacang panjang tua berwarna putih kekuningan dan teksturnya liat.

Nama latin kacang panjang, Vigna sinensis, termasuk kategori famili leguminosa. Pertumbuhan ideal kacang panjang adalah di dataran rendah.

Kacang panjang relatif mudah untuk ditanam. Selain itu juga kaya nutrisi seperti protein, serat, kalsium, vitamin, zat besi dan lain-lain. Petani sering memanfaatkan kacang panjang guna memperbaiki unsur Nitrogen dalam tanah.

MANFAAT BESAR DALAM KANDUNGAN GIZI KACANG PANJANG

manfaat kacang panjang, menanam kancang panjang, benih hibrida blirik, toko online, lmga agro
Manfaat Kacang Panjang Hibrida BLIRIK

Kacang panjang, sayur yang bisa mencapai panjang hingga 75 cm. Kacang panjang dikenal pula dalam bahasa lain yaitu Chinese long bean atau asparagus bean. Kacang panjang dimasak bersamaan bagian kulitnya.

Di Indonesia, mengkonsumsi kacang panjang paling sering adalah dalam bentuk belum matang sempurna. Kacang panjang dapat juga dibiarkan matang sempurna. Sehingga bagian bijinya dapat dimanfaatkan sebagai kacang kering.

Banyak masyarakat belum mengetahui bahwa kacang panjang memiliki manfaat besar bagi kesehatan kita. Masyarakat umumnya hanya tahu bahwa sayuran menyumbangkan serat bagi tubuh. Padahal, selain serat kacang panjang juga mengandung vitamin dan mineral lengkap.

Manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh antara lain :

  • Menurunkan gula darah.
  • Meredakan nyeri pada tubuh, juga nyeri haid.
  • Menurunkan risiko sakit kanker.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Penambah darah.
  • Meningkatkan stamina.
  • Mamacu perbesaran payudara.
  • Menjaga kecerahan kulit.
  • Nutrisi tepat bagi ibu hamil.
  • Menjaga imunitas tubuh

MANFAAT KACANG PANJANG BAGI PENDERITA DIABETES

Kacang panjang bermanfaat menjaga kadar gula darah agar tetap dibatas normal. Bagi penderita diabetes, rutinlah konsumsi kacang panjang. Karena kacang panjang dapat membantu mengurangi kadar gula darah  tinggi penyebab diabetes.

Manfaat kacang panjang berasal dari jus kacang panjang. Bagi penderita diabetes bermanfaat mengendalikan kadar gula darah. Dalam 1 cangkir jus kacang panjang, terdapat 42 mg Fosfor, 41 mg Kalsium, 6 mg Sodium dan masih banyak lagi.

Penderita diabetes biasanya juga mengalami gangguan pada metabolisme tubuhnya. Berbagai kandungan gizi dalam kacang panjang bermanfaat dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu pencetus seseorang menderita diabetes. Seseorang memiliki berat badan berlebih harus hati-hati mengkonsumsi makanan manis.

Orang obesitas mudah sekali mendapat sakit diabetes, dibandingkan orang memiliki berat badan ideal. Sehingga penderita obesitas perlu kiranya menjaga berat badannya tetap ideal. Rajin mengkonsumsi kacang panjang sesuai takaran bermanfaat mencegah dari obesitas.

Kacang panjang bermanfaat untuk program diet. Sertakan kacang panjang dalam menu makanan kita sehari-hari. Manfaat kacang panjang mengandung serat dan protein tinggi, cocok membentuk tubuh ideal. Manfaat kacang panjang baik juga untuk meningkatkan stamina tubuh.

Manfaat kacang panjang mengandung zat kimia alami bemanfaat sebagai detoksifikasi atau penghilang racun/kotoran tubuh. Saat Anda mengkonsumsi rutin kacang panjang, bukan hanya berat badan menjadi turun. Namun juga badan kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

BACA JUGA : PARADE TAVI DAN KANTON TAVI KACANG PANJANG PELOPOR ANTI VIRUS

BAHAYA KONSUMSI BERLEBIHAN KACANG PANJANG

Terdapat efek samping yang tidak baik dirasakan bagi tubuh kita bila berlebihan mengkonsumsinya.

Kacang panjang termasuk jenis kacang-kacangan dan bagi beberapa orang justru dapat menimbulkan alergi. Penderita alergi terhadap kacang-kacangan, lebih baik menghindari mengkonsumsi kacang panjang.

Mengkonsumsi kacang-kacangan berlebihan dapat menimbulkan rasa lemas dan malas melakukan aktivitas/kegiatan. Hal ini disebabkan terlalu banyak kacang, tubuh dan otak bekerja ekstra keras. Yaitu dalam mengeluarkan cairan dan zat Nitrogen lebih banyak dari biasanya.

Penyakit asam urat berupa nyeri di persendian. Seringnya terjadi pada orang-orang usia lanjut. Konsumsi kacang-kacangan berlebih juga menyebabkan penyakit asam urat. Hal ini karena manfaat kacang panjang mengandung protein cukup tinggi. Bagi yang sudah terindikasi punya asam urat, lebih baik bila menghindari makan kacang panjang.

Kandungan vitamin E kacang panjang cukup tinggi. Mengkonsumsi kacang panjang, jangan bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin E juga. Seperti makan sayuran bayam dan telur. Terlalu banyak vitamin E efeknya menyebabkan mual dan diare. 

Kacang panjang berlebihan menyebabkan penyakit ginjal dan hati. Konsumsi kacang panjang sewajarnya saja. Karena protein dan asam amino berlebihan pada tubuh membuat ginjal dan hati ekstra bekerja ekstra keras. Bila dibiarkan terus menerus, organ tersebut akan rusak dan sakit.

BACA JUGA : TANAM KACANG PANJANG PARADE TAVI PETANI BEBAS VIRUS KUNING

NUTRISI KACANG PANJANG, KAYA AKAN MANFAAT

Tahan Virus, Polong Panjang, Polong keras, buah lebat, manfaat kacang panjang, toko online, lmga agro
Manfaat Kacang Panjang Hibrida PUSPITA 06

Satu porsi 100 gram kacang panjang, terdapat 47 kalori, 4 g Natrium, 8 g Karbohidrat total dan 3 g Protein. Manfaat kacang panjang segar merupakan sumber folat terbaik. Dalam 100 g kacang panjang mengandung 62 mg, sebanyak 15% total kebutuhan harian Folat. Folat bersama vitamin B12 menjadi komponen penting sintesis DNA dan pembelahan sel.

Manfaat kacang panjang segar mengandung banyak antioksidan penting untuk tubuh. Seperti vitamin C, riboflavin dan betakaroten. Vitamin C kacang panjang sanggup memenuhi 31% kebutuhan harian vitamin C. Yaitu sekitar 19 miligram. Vitamin C antioksidan kuat dan bersifat larut dalam air.
Bila tubuh terpenuhi kebutuhan vitamin C-nya maka dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Vitamin C juga dapat menjaga elastisitas pembuluh darah.
Manfaat kacang panjang merupakan sumber vitamin A cukup tinggi. Dalam 100 g kacang panjang mengandung 865 IU vitamin A ( sebanyak 16% dari kebutuhan harian ). Lebih banyak dari vitamin A pada buncis dan kacang lima.
Manfaat vitamin A untuk mempertahankan kekuatan jaringan lapisan kulit dalam. Juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit kita dan mempertajam penglihatan kita di malam hari.
Beberapa mineral dalam manfaat kacang panjang antara lain terdiri dari zat besi, tembaga, mangan, kalsium, magnesium dan fosfor.
Dalam 1 porsi kacang panjang sebanyak 100 g mengandung serat sebanyak 12% kebutuhan harian. Serat larut kacang panjang bermanfaat membantu menekan jumlah kolesterol jahal LDL. Bermanfaat juga untuk mengurangi peradangan dan tensi darah.
Manfaat kacang panjang mengandung antioksidan nabati, yaitu flavonoid dan riboflavin. Kedua unsur tersebut bersinergi dalam menekan pertumbuhan sel kanker.
Manfaat kacang panjang mengandung folat cukup tinggi. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan mengandung folat tinggi bermanfaat tinggi. Bermanfaat sebagai pencegahan perkembangan kanker. Mampu menurunkan risiko kanker usus hingga 30%.

KACANG PANJANG HIBRIDA, SAYURAN TINGGI MANFAAT

Benih Kacang Panjang KANTON TAVI

Kacang panjang KANTON TAVI merupakan benih F1 produk Cap Panah Merah. Tahan dari virus kuning/MYMIV, Bakteri layu/Bw dan Fw. Ketahanan kacang panjang KANTON TAVI tergantung kondisi serangan di daerah penanaman.

Kacang panjang KANTON TAVI direkomendasikan untuk dataran rendah. Panjangnya mencapai 67 cm dan umur petik dimulai 48 – 55 HST. Potensi hasil panen mencapai 25 – 30 ton/ha.

Kacang Panjang PARADE TAVI 

Kacang panjang PARADE TAVI merupakan benih F1 Cap Panah Merah. Benih berwarna merah. Panjang kacang panjang mencapai 70 cm, tekstur buah keras dan tidak mudah gembos.

Benih tahan virus Kuning. Umur panen sekitar 40 HST. Jumlah kebutuhan benih menanam kacang panjang PARADE TAVI adalah 12 kg/ha.

Kacang Panjang KATRINA 

Kacang panjang KATRINA merupakan benih F1 produk dari Bintang Citra Asia. Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi.

Benih berwarna hitam putih. Kacang panjangnya mencapai 70 cm, tekstur buah keras, mengkilat dan tidak mudah gembos. Ujung kacang panjang berwarna merah.

Tanaman memilki ketahanan dari serangan virus kuning. Umur panen 40 HST. Potensi hasil panen 25 ton/ha. Kebutuhan benih menanam kacang panjang KATRINA adalah 20 kg/ha.

Budidaya kacang panjang membutuhkan waktu ± 2 bulan. Waktu ini cukup pendek. Menjadikan budidaya kacang panjang tidak mengenal musim dan menarik untuk dibudidayakan.

BACA JUGA : KACANG PANJANG DAN BUNCIS

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA KACANG PANJANG

Pertumbuhan dan perkembangan kacang panjang dipengaruhi oleh faktor lingkungan tempatnya tumbuh. Faktor lingkungan meliputi faktor iklim dan jenis tanah.

Budidaya kacang panjang menghendaki lingkungan ideal dan sesuai agar dapat tumbuh baik dan berproduksi tinggi. Oleh sebab itu, sebelum menanam jenis varietas tertentu, kita harus paham syarat tumbuhnya.

Secara umum, kacang panjang cocok tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Yaitu dari ketinggian 0 – 1500 meter dpl. Namun kacang panjang lebih sering ditanam di dataran rendah, sehingga dikenal dengan sayuran dataran rendah. Kacang panjang tumbuh lebih baik di dataran rendah dibandingkan dataran tinggi.

Dapat tumbuh baik di musim hujan maupun kemarau. Waktu tanam paling ideal adalah awal atau akhir musim hujan. Curah hujan ideal sekitar 600 – 2000 mm/tahun. Suhu disekitar lahan idealnya sekitar 25 – 30 °C.

Kacang panjang membutuhkan banyak sinar matahari. Karena itu paling disukai bila menanam di lahan terbuka di dataran rendah. Bila lahan ternaungi, hasil panennya kurang memuaskan.

Kacang panjang menyukai tanah subur dan gembur. Tanah banyak mengandung bahan organik dan cukup mengandung air. Lahan budidaya kacang panjang bisa di pekarangan, sawah maupun lahan tegalan.

Kacang panjang tumbuh baik pada tanah Latosol  atau lempung berpasir. Tanah gembur, subur, kaya akan unsur hara dan memiliki drainase yang baik.

Jenis tanah ideal menanam kacang panjang adalah tekstur liat berpasir. Kacang-kacangan peka terhadap tanah alkalin dengan keasaman tanah tinggi. Bagi pertumbuhan optimal, pH tanah antara 5,5 – 6,5.

Tanah terlalu asam dan pH < 5,5 menyebabkan kacang panjang tumbuh kerdil. Hal ini karena tanaman terkena racun garam Aluminium larut dalam tanah. Cara mengatasinya, dengan cara pemberian kapur Dolomit. Bila terlalu basa ( pH > 9 ), maka dilakukan pemberian belerang sebelum ditanami kacang panjang.

BACA JUGA : MENANAM KACANG PANJANG YANG BAIK DAN BENAR

PENGOLAHAN TANAH BUDIDAYA KACANG PANJANG   

Toko Pertanian, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian Kediri, Agen,Dealer, Distributor,
Pupuk Pertanian

Teknik budidaya kacang panjang tidak perlu melalui proses persemaian benih. Benih kacang panjang sudah dapat langsung ditanam pada lahan yang sebelumnya harus diolah dulu.

Pemilihan benih yaitu benih yang bernas dan persentase pertumbuhan benih tinggi, 90%. Benih tidak cacat dan rusak. Benih tahan virus dan penyakit. Benih dalam kondisi sehat.

Pengolahan dilakukan dengan cara dicangkul, bajak atau menggunakan mesin traktor disesuaikan kondisi lahan. Lahan dicangkul atau dibajak sampai kedalaman 20 – 30 cm. Selanjutnya dibiarkan terbuka selama ± 4 hari agar patogen penyakit dalam tanah mati.

Setelah dibiarkan 4 hari, dibuat bedeng,  panjang 8 – 10 meter, lebar 1 – 3 meter dan tinggi 20 – 30 cm. Atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi lahan.

Di atas bedeng diberi pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk dasar. Namun bila lahan subur atau bekas penanaman sayur, tidak perlu diberikan pupuk dasar. Pupuk kandang diberikan sebanyak 1 ton/ha.

Setelah diberi pupuk, diamkan selama 7 hari agar pupuk kandang terurai dan mencampur di dalam tanah. Jarak antar bedeng digunakan sebagai drainase saluran air. Lebarnya sekitar 40 – 50 cm. Kemudian buatlah lubang tanam berjarak 30 x 40 cm.

PENANAMAN KACANG PANJANG YANG BAIK DAN BENAR

Petani umumnya menanam kacang panjang menggunakan sistem tanam monokultur. Lubang tanam dibuat menggunakan tugal kemudian tiap lubang diisi 2 – 3 benih. Kemudian tutupi dengan sedikit tanah, jangan terlalu tebal agar benih dapat tumbuh nantinya. Benih kacang panjang akan tumbuh setelah 4 – 5 hari.

Penanaman kacang panjang sebaiknya dimulai awal musim hujan. Hal ini bertujuan agar tanaman baru mendapatkan suplai air yang cukup dari air hujan.

Setelah penanaman bibit, pada hari ke-5 sampai ke-7 lakukan penyulaman bibit mati/rusak. Penyulaman dilakukan pada bibit yang tidak tumbuh sempurna karena serangan penyakit. Bibit mati harus segera diganti bibit baru agar nantinya tanaman dapat tumbuh serempak.

Setelah penyulaman, dilakukan penyiangan dari gulma atau rumput-rumput liar di sekitar tanaman. Gulma-gulma bila dibiarkan tumbuh dapat menimbulkan persaingan merebutkan pasokan unsur hara.

Penyiangan dilakukan pada umur 2 – 3 minggu setelah penanaman kacang panjang dan tergantung dari padatnya gulma di lahan. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut menggunakan tangan atau alat cangkul kecil/kored.

Penyiraman dilakukan sejak awal fase pertumbuhan benih sampai tumbuh menjadi tanaman muda. Penyiraman rutin dilakukan setiap hari bila tidak turun hujan. Pada fase awal, kacang panjang sangat membutuhkan air yang cukup selama pertumbuhannya. Jika penyiraman kurang, menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati.

PEMASANGAN AJIR BUDIDAYA KACANG PANJANG

Ajir atau lanjaran budidaya kacang panjang menggunakan bambu atau kayu. Panjang ajir sekitar 180 – 200 cm. Lanjaran ini harus dipasangkan karena kacang panjang merupakan tipe membelit dan merambat.

Model pemasangan ajir ini disesuaikan keinginan kita. Petani kacang panjang umumnya memilih model segitiga karena mudah membuatnya.

Kacang panjang mulai dipasang lanjaran setelah tingginya mencapai sekitar 25 cm. Hal ini dimaksudkan agar kacang panjang dapat nerdiri tegak dan kuat. Ajir juga dapat digunakan media rambatan.

Manfaat ajir agar nantinya buah kacang panjang tidak menyentuh permukaan bedeng. Bila kacang panjang kena permukaan maka mengakibatkan kacang panjang akan cepat membusuk. Polong kacang panjang akan selalu basah akibat permukaan bedeng selalu lembab kena air siraman/hujan.

Cara pemasangan ajir, letakkan ajir diantara 2 lubang tanam. Setiap 5 ajir yang berhasil ditanam, berikan lanjaran dengan posisi silang. Selanjutnya agar terikat erat satu sama lain, ikatlah menggunakan tali salaran. Lanjaran akan semakin kokoh terikat.

Pemangkasan juga dilakukan pada budidaya kacang panjang. Dilakukan setelah berumur 1,5 – 2 bulan. Caranya adalah memotong tangkai daunnya. Pemangkasan dilakukan pada daun sudah tua.

Selain pengajiran, perlu juga dilakukan penyiraman, penyiangan dan pemangkasan daun. Pemangkasan dilakukan setelah tanaman berumur 1,5 – 2 bulan, yaitu memotong tangkai daun. Pemangkasan dilakukan pada daun sudah tua.

PUPUK SUSULAN BUDIDAYA KACANG PANJANG

Pemupukan merupakan cara menambahkan unsur hara yang dibutuhkan tanaman agar dapat memberikan hasil maksimal. Pemupukan kacang panjang diberikan sebelum tanam atau saat pengolahan ( pupuk dasar ). Selanjutnya pupuk susulan diberikan setelah tanam.

Pupuk susulan diberikan setelah kacang panjang berumur 1 – 3 minggu. Luas lahan 100 m2, pemberian pupuk Urea 0,5 kg, TSP 1 kg dan KCl 1 kg.

Dosis pupuk susulan di atas dibagi menjadi dua kali pemupukan. Pupuk dicampur menjadi satu, lalu ditaburkan atau dikocor di sekitar batang. Diberikan sebanyak 20 gram/tanaman. Pemberian pupuk juga bisa di lakukan di lubang pupuk di sekitar batang.

Pupuk susulan bermanfaat sebagai penyedia nutrisi dalam tanah. Nutrisi tersebut kemudian diserap oleh tanaman. Pemberian pupuk susulan dengan cara membuat larikan pada pinggir bedeng. Atau menggunakan alat tugal di samping kanan dan kiri tanaman.

HAMA DAN PENYAKIT KACANG PANJANG

manfaat kacang panjang, cara pengendaliah hama penyakit, menanam kacang panjang, toko online, lmga agro
Jenis Pestisida Toko Online LMGA Agro

Hama dan penyakit harus segera dikendalikan begitu kacang panjang mulai menunjukkan ada tanda-tanda terserang bakteri/virus. Jika kita terlambat mengendalikannya maka akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Selanjutnya kemudian hasil panennya tidak memuaskan.

Hama utama tanaman kacang panjang adalah penggerek polong ( Maruca testulalis ). Penggerek menyerang polong muda dan tua sampai berlubang dan putus. Hama dapat dikendalikan dengan melakukan penyemprotan insektisida begitu telah muncul bunga.

Gejala serangan hama penggerek tampak pada bunga dan bakal polong yang rusak hingga akhirnya gugur/rontok. Satu ekor larva selama hidup sanggup merusak 4 – 6 bunga /tanaman.

Kerusakan pada polong menyebabkan biji pada kacang panjang menjadi rusak. Enam kulit polong yang berlubang. Kemudian dari lubang tersebut keluar serbuk gerek basah bercampur kotoran larva berwarna coklat.

Hama Kutu daun A. craccivora  menyerang tanaman kacang panjang sejak awal pertumbuhannya sampai muncul bunga dan polong. Serangan kutu daun menyebabkan kerusakan bagian yang masih muda. Seperti misalnya pada tunas dan daun atau tangkai daun muda.

Hama lalat kacang ( Agromyza phaseoli ). Hama lalat ini menyerang daun kacang panjang di fase pertumbuhan, yaitu mulai umur 14 HST. Sampai kemudian berumur 1 bulan.

Pengendalian hama lalat kacang yaitu melakukan rotasi tanaman. Atau dengan penyemprotan insektisida Tamaron 22 EC dosis 2 – 4 cc/liter air. Bisa juga menggunakan Basudin 10 G dosis 7,5 – 10 kg/hektar.

Penyakit utama kacang panjang antara lain : penyakit layu ( Sclerotium sp. ). Penyakit layu disebabkan oleh jamur atau cendawan akibat pengaruh kelembaban tinggi. Penyakit layu dapat dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida Dithane M-45 sebanyak 2 gram/liter air. 

WAKTU PANEN DAN CARA PASCA PANEN KACANG PANJANG

Pemanenan merupakan waktu paling ditunggu bagi seorang petani. Waktu panen kacang panjang untuk konsumsi saat polong muda. Sekitar berumur 40 – 50 hari setelah tanam. Panen polong tua dipanen pada umur 90 – 120 hari setelah tanam. Hal ini tergantung dari varietas yang ditanam, musim tanam dan ketinggian tempatnya.

Ciri-ciri kacang panjang siap panen dapat dilihat dari ukuran polon sudak optimal. Biji di dalam polong tidak tampak menonjol. Polong mudah dipatahkan dan tidak lentur. Bila dihitung sejak mulai tanam, umur panen adalah 3 – 4 bulan sejak bibit ditanam.

Waktu panen sebaiknya pagi hari sebelum matahari menyengat agar didapatkan kacang panjang kondisi segar. Cara panennya dengan memotong tangkai polong menggunakan pisau. Lalu kacang panjang dipilih dan disortir. Diikat menjadi 1 kilogram-an polong kemudian siap dibawa ke pasar.

Pemetikan kacang panjang umumnya dilakukan sebanyak 5 – 15 kali hingga jumlah polong habis. Produksi panen kacang panjang menghasilkan sekitar 4 – 9 ton/ha. Jumlah produksi ini tergantung dari varietas dan kondisi lingkungan lahan.

BACA JUGA : RAHASIA PANEN KACANG PANJANG 6 KALI LIPAT

PASCA PANEN BUDIDAYA KACANG PANJANG

Pasca panen kacang panjang bermanfaat agar kacang panjang setelah dipanen tidak rusak dan busuk. Pasca panen kacang panjang untuk melindungi kacang panjang dari kerusakan. Sehingga mutu dan kualitas tetap baik.

Sampai saat ini, konsumen lebih menyukai membeli kacang panjang dalam keadaan segar. Tidak ada minat membeli kacang panjang dalam bentuk olahan lain atau diawetkan jangka panjang.

Penanganan pasca panen yaitu melakukan sortasi, pengemasan dan pengangkutan. Sortasi dilakukan karena tidak semua kacang panjang bisa layak dipasarkan. Sortasi atau pemilahan berdasarkan kondisi polong, kualitas dan keseragaman.

Kacang panjang di pasar tradisional tidak perlu dilakukan sortasi karena pembeli tidak mementingkan keseragaman polong. Yang penting kacang panjang dalam keadaan segar. Kondisi kacang panjang juga baik, tidak berlubang karena gigitan hama.

Pengemasan kacang panjang bermanfaat melindungi kacang panjang selama pengangkutan jarak jauh. Di pasar tradisional, kacang panjang tidak perlu dikemas secara khusus. Cukup diikat dalam ikatan besar atau kecil sesuai permintaan. Dibagi dalam berat 1 kg, ½ kg atau ¼ kg tiap ikatnya.

Demikian artikel kami judul Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh Kita dan Cara Budidayanya. Hubungi di nomer 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai benih hibrida buah dan sayur produk dari pabrik-pabrik benih. Selain itu tersedia juga macam-macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian harga promo.

Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis terutama hal manfaat kacang panjang. Juga cara menanam tanaman budidaya, pemeliharaan hingga panen. Membantu petani mengatasi permasalahan selama di lapangan.

Toko pertanian online LMGA Agro merupakan supplier  pertanian berpengalaman melayani pembelian online. Kami siap mengantar produk pesanan Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kami didukung perusahaan benih seperti EWINDO, BISI, TAKII, BCA dan lain-lain. Jasa ekspedisi didukung oleh JNE, TIKI, KI8 dan POS INDONESIA.

Semoga artikel Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh Kita dan Cara Budidayanya “ bermanfaat bagi pembaca khususnya para petani. Salam sukses…

Iklan