JUAL BENIH HIBRIDA SAWI PUTIH ITTO TAKII SEED


sawi putih itto, menanam sawi putih, manfaat sawi putih, lmga agro
Benih Sawi Putih ITTO

Jual Benih Hibrida Sawi Putih ITTO Takii Seed. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA )Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih sawi putih hibrida ITTO dari Takii Seed. Harga bersaing, kami terpercaya dan sudah berpengalaman.

Tersedia juga kebutuhan menanam sawi putih ITTO dan tanaman lainnya. Yaitu macam-macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian keperluan untuk bercocok tanam. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Sayuran sawi putih ini mudah dijumpai di pasar tradisional maupun swalayan. Setiap hari sawi putih mudah dijumpai. Karena masyarakat juga sering memanfaatkannya sebagai bahan dasar sayuran.

Sawi putih merupakan jenis sayuran berbentuk lonjong dan besar. Mudah ditemukan di Indonesia, harganya pun sangat terjangkau. Sayuran daun berwarna putih pucat ini banyak kandungan nutrisinya.

Cara mengolah sawi putih biasanya ditumis atau dibuat masakan lain. Namun bila dikonsumsi mentah, kandungan nutrisi sawi putih tetap terjaga dan tidak banyak nutrisi terbuang.

DESKRIPSI BENIH SAWI PUTIH HIBRIDA ITTO

Benih sawi putih ITTO produk benih dari Takii Seed. Cocok ditanam pada dataran tinggi. Yaitu ketinggian tempat lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.
Umur panen mulai 55 hari setelah tanam. Sawi putih ITTO menghasilkan produksi 1,5 – 2 kg krop per tanaman. Memiliki sifat toleran dan tahan penyakit akar gada.
Budidaya sawi putih hibrida ITTO tidaklah sulit. Tanaman memiliki daya tahan cukup kuat dari penyakit dan virus. Budidaya sawi putih hibrida ITTO tahan dikondisi cuaca panas. Sawi putih juga masih tetap segar meski disimpan lama.
Sawi putih hibrida ITTO memilki daun atas agak kecil dan kepala krop besar. Lipatan-lipatan daunnya rapat dan kuat. Bila matang dan siap panen, berat krop sawi putih ITTO sekitar 2,5 kg/tanaman.
Sawi putih hibrida ITTO bentuk tanaman tegak dan warna daun terluar adalah hijau. Panjang daun terluar sekitar 29 cm dan lebar daun terluar sekitar 19 cm. Bentuk krop sawi putih hibrida ITTO lonjong dan panjangnya sekitar 16 cm dan lebar kurang lebih 28 cm.
Helaian daun-daun sawi putih hibrida ITTO tersusun teratur dan rapi. Warna krop dalam berwarna putih. Kepadatan krop sangat padat memiliki berat 1,5 – 2 kg per tanaman. Rasa sayuran sawi putih ITTO agak manis dan tekstur kropnya renyah.
Sawi putih ITTO tahan disimpan dalam suhu kamar selama 7 hari. Hasil produksi panennya sekitar 28 ton krop segar per hektar. Sawi putih ITTO direkomendasikan untuk ditanam di dataran tinggi yaitu ketinggian tempat > 700 meter di atas pemukaan laut.

SAYURAN SAWI PUTIH ITTO BERGIZI TINGGI

sawi putih itto, sawi putih, budidaya sawi putih, manfaat sawi putih, lmga agro
MANFAAT SAWI PUTIH

Sawi putih adalah sayuran berbentuk lonjong besar. Kita mudah sekali menemui sawi putih di pasar, di swalayan bahkan di toko kelontong dekat rumah. Harga beli sawi putih juga sangat terjangkau.

Sawi putih ITTO, sayuran berwarna putih pucat memiliki kandungan gizi sangat lengkap. Seperti Kalium, Magnesium, beta-karoten, Kalsium, serat, Glutamin dan vitamin.

Nama latin sawi putih adalah Brassica rapa biasa disebut juga sawi cina atau Chinese cabbage. Hal ini karena banyak masakan Tionghoa menjadikan sayur sawi putih sebagai bahan utamanya. Sawi putih juga sering disebut sayuran ” petsay “.

Dalam sawi putih ITTO terdapat kandungan nutrisi seperti asam folat atau vitamin B9, C, E dan K. Adanya kandungan nutrisi lengkap ini, sawi putih memiliki manfaat besar bagi tubuh. Yaitu antara lain :

  • Mampu mencegah terjadinya tumor dan sel kanker.
  • Sawi putih memiliki sifat anti mikroba atau anti bakteri.
  • Sawi putih berperan sebagai alat bantu terapi untuk penyakit maag.
  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Memiliki antioksidan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas.
  • Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Keunggulan dari budidaya sawi putih adalah dapat ditanam di lahan luas maupun ditanam dalam pot/polybag. Keduanya mudah dilakukan meskipun tetap perlu kehati-hatian dan kesabaran.

BACA JUGA : SAWI MANIS SHINTA RASA RENYAH DENGAN HARGA JUAL TINGGI

MANFAAT DARI SAWI PUTIH ITTO BAGI TUBUH

Sawi putih mengandung vitamin C dan E cukup besar. Kedua vitamin tersebut bermanfaat mencegah kadar kolesterol jahat, naik ke dalam darah. Sehingga dapat menurunkan gangguan terhadap kesehatan jantung.

Sawi putih ITTO mengandung Kalium cukup tinggi. Kalium dalam sawi putih bermanfaat menjaga tekanan darah. Sehingga kondisi darah tetap normal dan risiko serangan jantung bisa berkurang.

Sawi putih ITTO mengandung vitamin A dan Alfa-betakaroten cukup tinggi. Manfaat vitamin A sudah sangat diketahui yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Juga membantu tubuh menangkal berbagai penyakit dan gangguan pada mata.

Sawi putih ITTO mengandung vitamin K cukup tinggi. Vitamin K bermanfaat untuk kesehatan metabolisme dan tulang kita. Vitamin K meningkatkan fungsi tulang semakin baik sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis.

Vitamin K bermanfaat juga mencegah penyakit Alzhaimer. Vitamin K dapat menurunkan kerusakan pada sel neuron di dalam otak.

Sawi putih ITTO memilki vitamin D cukup tinggi di dalamnya. Vitamin D bersama Kalsium dan Kalium bermanfaat menjaga kepadatan sekaligus mencegah terjadinya penyakit tulang.

Tidak banyak orang mengetahui bahwa sawi putih dapat mencegah penyakit gondok. Di dalam sawi putih terkandung goitrogen sebagai pencegah bekerjanya kelenjar tiroid. Dimana kelenjar tiroid dapat memicu penyakit gondok.

Sawi putih juga bermanfaat menurunkan tingkat stress sehingga tidur kita dapat nyenyak. Sawi putih mengandung senyawa alami, bersifat sebagai obat penenang dan anti stress.

BUDIDAYA SAWI PUTIH ITTO YANG BAIK DAN BENAR

jual benih murah, benih hibrida, budidaya sawi putih, lmga agro
JUAL BENIH MURAH | LMGA AGRO

Sebelum melakukan budidaya sawi putih ITTO, terlebih dulu kita harus mengetahui syarat tumbuh dari sawi putih ITTO. Ketinggian tempat menanam sawi putih ITTO direkomendasikan pada daerah dataran tinggi. Yaitu ketinggian tempat di atas 700 m dpl.

Suhu udara ideal sawi putih ITTO adalah ± 19 – 21 °C. Kelembaban udara ideal sekitar  ± 80 % -90 %. Curah hujan antara 100 – 1500 mm/tahun. Sebaiknya syarat tumbuh diatas dipenuhi agar tanaman dapat tumbuh subur dan optimal.

Dalam budidaya sawi putih seperti benih ITTO ini, dalam penanamannya memerlukan proses penyemaian bibit. Persemaian benih menggunakan media tanam tanah, kompos dan sekam ( 2 : 1 : 1 ).

Tahap persemaian ini sangat penting sehingga tidak boleh diabaikan perawatannya. Hasil bibit pada persemaian ini akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman selanjutnya. Bibit dari persemaian harus dirawat baik agar tetap sehat sampai saat dipindahkan nanti.

BACA JUGA : PELUANG BESAR SAWI PAHIT MORAKOT YANG MENJANJIKAN

LANGKAH PERSEMAIAN SAWI PUTIH HIBRIDA ITTO

Langkah persemaian benih sawi putih ITTO menjadi bibit tanaman dapat menggunakan polybag atau pot sebagai wadahnya. Ada juga petani memanfaatkan gelas bekas air minum kemasan sebagai media untuk menyemai benih. Dimana bagian bawahnya dilubangi untuk tempat lewatnya air siraman.

Wadah semai paling praktis adalah menggunakan tray semai. Tray semai dapat digunakan berulang-ulang untuk setiap menyemaikan benih. Hal ini berbeda bila menggunakan polybag dan gelas aqua sekali pakai. Tray semai dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA  Agro. Terdapat tray semai berbagai ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Perlu diperhatikan adalah persemaian tidak boleh di bawah sinar matahari langsung. Persemaian harus ditempat kondisi sejuk dan terlindungi. Beberapa petani memanfaatkan daun seperti daun pisang untuk menutup tempat persemaian. Melindungi dari sinar matahari dan dari hujan yang bisa tiba-tiba turun.

Tiap wadah semai dibenamkan 1 – 2 benih sekaligus. Tujuannya adalah bila salah satu benih tidak mau tumbuh, maka masih ada benih lain akan tumbuh.

Benih sawi putih ITTO dibenamkan sampai kedalaman 10 cm di tengah wadah. Lakukan penyiraman sehari 2 kali sampai benih muncul tunas. Bibit siap dipindahkan ke lahan tetap setelah muncul 3 – 4 daun.

Sambil menunggu bibit muncul daun 3 – 4 helai atau kira-kira 15 hari, maka kita persiapkan dulu lahan tetap. Persiapan lahan adalah upaya menggemburkan tanah tempat bibit dipindahtanamkan nanti.

Penyakit yang menyerang bibit adalah dumping-off ( rebah semai  ). Cara mengatasi penyakit rebah semai ini adalah melakukan penyemprotan fungisida Benlate dosis 1 g/liter air. Atau menggunakan Orthocide dosis 3 g/liter air.

BACA JUGA : PERSEMAIAN SEHAT DAN TERHINDAR PENYAKIT DUMPING-OFF

PERSIAPAN LAHAN PENANAMAN BIBIT SAWI PUTIH ITTO

alat kocor siram, alat-alat pertanian, budidaya sawi putih, toko pertanian, lmga agro
Alat Kocor Budidaya Sawi Putih ITTO

Terdapat 2 kemungkinan tempat memindahkan bibit nantinya. Yaitu bibit dipindahkan ke lahan tetap yang lebih luas atau dipindahkan ke pot/polybag.

Persiapan lebih banyak dilakukan bila pemindahan bibit ke lahan lebih luas. Penggemburan tanah dilakukan dengan cara dicangkul sampai kedalaman 30 – 40 cm. Kemudian dibiarkan selama 1 minggu. Penggemburan juga bisa dilakukan menggunakan alat traktor.

Setelah dibiarkan selama 1 minggu, tanah kembali dibolak-balik dan digemburkan. Sampai mendapatkan kondisi tanah yang baik untuk bibit tumbuh dan berkembang.

Setelah tanah menjadi gembur, selanjutnya membuat bedengan. Bedeng untuk menanam sawi putih ITTO dibuat lebarnya 120 cm dan tinggi bedeng 30 cm. Panjang bedeng disesuaikan luas lahan. Jangan lupa untuk membuat saluran air diantara 2 bedeng. Jarak antar bedeng dibuat sekitar 40 cm.

Setelah bedeng sudah jadi, saatnya memberi pupuk dasar menggunakan pupuk organik, baik kompos maupun pupuk kandang. Tujuan pupuk dasar adalah untuk memperkaya unsur hara tanah. Unsur hara ini nantinya akan  diserap tanaman untuk pertumbuhannya.

Proses persiapan lahan biasanya memakan waktu 1 minggu lebih sebelum bibit siap dipindahtanamkan. Begitu selesai membuat persemaian bibit nanti, maka segera lanjutkan melakukan pengolahan tanah. Atau persiapan media tanah dan pemilihan polybag/pot lebih besar bila nanti penanaman dalam pot/polybag.

Sehari sebelum pemindahan bibit, buatlah lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm. Jarak tanam 50 x 60 cm. Waktu yang tepat untuk menanam bibit adalah pagi atau sore hari sebelum terik matahari. Keluarkan bibit dari polybag atau tray semai dengan hati-hati. Sertakan pula tanahnya agar masih tersedia unsur hara bagi sawi putih.

Tekan-tekan tanah tempat bibit tumbuh perlahan agar bibit dapat berdiri tegak. Kemudian siram bibit menggunakan air hingga benar-benar basah.

PEMELIHARAAN SAWI PUTIH HIBRIDA ITTO

Setelah selesai melakukan penanaman bibit di lahan tetap, selanjutnya yang dilakukan adalah pemeliharaan dan perawatan yang baik dan benar. Agar tanaman dapat tumbuh sehat sampai tiba untuk dipetik hasilnya.

Pemeliharaan pertama adalah penyiraman. Dilakukan sebanyak 1 – 2 kali sehari terutama pada awal tanam. Penyiraman dilakukan pagi atau sore hari, tidak di saat matahari bersinar terik. Sebaiknya bila pagi hari, disiram sebelum matahari terbit.

Di musim kemarau atau lahan kurang air perlu penyiraman sawi putih ITTO agak lebih banyak. Penyiraman dilakukan sejak awal hingga panen. Penyiangan gulma dilakukan 2 kali atau disesuaikan kondisi gulma bila ada. Bila perlu lakukan penggemburan dan pengguludan bersamaan dengan penyiangan gulma.

Penjarangan dan penyulaman sawi putih dilakukan pada umur 10 – 15 hari setelah tanam. Karena umur sawi putih ITTO sekitar 2 – 3 bulan saja, jarang sekali penyulaman dilakukan. Bila ada tanaman yang mati saja, dapat diganti dengan bibit baru segar dan sehat.

Sanitasi lahan dilakukan berupa penyiangan, yaitu mencabut gulma rumput, membuang sampah plastik dan batu-batuan. Selalu perhatikan kondisi saluran air antar bedeng terutama saat hujan dan setelah hujan. Jangan sampai air tidak dapat mengalir dengan baik dan lancar. Sanitasi lahan dilakukan 1 – 2 kali sebelum memupuk yaitu umur 2 dan 4 minggu.

BACA JUGA : UNTUNG BESAR BUDIDAYA BUNGA KOL DIAMOND 40 DI DATARAN RENDAH

PEMUPUKAN DASAR DAN SUSULAN SAWI PUTIH ITTO

Pupuk dasar diberikan saat pengolahan tanah sebelum tanam bibit. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang yaitu dosisnya 10 ton/ha atau pupuk kompos hasil fermentasi sebanyak 5 ton/ha. Selain pupuk dasar, perlu juga diberikan pupuk susulan berupa pupuk kimia dan pupuk organik.

Proses pemupukan sawi putih adalah pupuk mengandung unsur Nitrogen dan Kalium. Jumlah pupuk sekitar 10 – 20 ton pupuk/hektar. Dalam hitungan gram per tanaman, kebutuhan pupuk adalah 300 – 400 gram/tanaman. Pupuk TSP dan KCl masing-masing adalah 100 kg/ha. Jadi sebanyak 3 – 5 gram per lubang.

Pemupukan susulan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu saat sawi putih ITTO berumur 2 dan 4 minggu. Pupuk kimia yang diberikan berupa pupuk Urea, ZA dan KCl. Cara pemberian pupuk susulan yaitu melingkari tajuk  sawi putih berjarak 10 cm dan kedalaman 10 – 15 cm.

Setiap tanaman diberikan pupuk sebanyak 3 gram. Tiap 1 hektar lahan membutuhkan 150 kg Urea. Pupuk Urea sawi putih ITTO tidak cukup diberikan sekali saja. Pupuk susulan sawi putih juga bisa diberikan cukup sekali saja karena umurnya yang pendek. Pemupukan susulan dilakukan pada umur 2 minggu.

Kebutuhan pupuk Urea sawi putih ITTO sebaiknya diberikan 110 kg/hektar. Atau dapat juga diganti pupuk ZA sebanyak 240 kg/ha. Jika tanah tampak kurang kesuburannya, dosis anjuran pupuk Urea diberikan sebanyak 200 kg/ha.

PENGENDALAIN HAMA DAN PENYAKIT SAWI PUTIH ITTO

Pencegahan hama dan penyakit dilakukan dengan cara menyemprotkan pestisida. Penyemprotan rutin dilakukan setiap 1 – 2 minggu sekali, dosis disesuaikan jumlah populasi hama.

Dibawah ini akan Kami jabarkan hama dan penyakit utama tanaman sawi putih ITTO. Yaitu antara lain :

1. Ulat Plutella ( Plutella maculipennis )

Ulat Plutella menyerang tanaman , yaitu merusak bagian epidermis atau daging daun sawi putih. Daun muda merupakan bagian paling sering diserang ulat Plutella. Serangan hingga menyisakan tulang daun dan epidermis sebelah atas.

Hama ulat Plutella ini juga sering menyerang kubis, kubis bunga dan brokoli. Ulat Plutella merusak sawi putih muda, juga sawi putih yang sedang membentuk krop jika belum ada hama pesaing lain.

Larva ulat Plutella memakan permukaan daun dan menyisakan lapisan epidermis atas. Pada tingkat larva tinggi, dapat menimbulkan kerusakan berat sawi putih. Sehingga tersisa tinggal tulang daunnya. Serangan berat ulat Plutella dapat menggagalkan panen.

Pengendalian ulat Plutella menggunakan insektisida nabati ( azadirachtin ), lebih efektif dibandingkan insektisida sintetis ( fenitrotion dan klorpirifos ).

BACA JUGA : MENGENAL JENIS PESTISIDA

2. Ulat Grayak ( Spodotera litura )

Larva muda ulat grayak sering merusak daun hingga tersisa lapisan epidermis bagian atas ( transparan ) dan tulang daunnya. Biasanya larva berada di permukaan bawah daun dan menyerang secara serentak dan berkelompok.

Serangan berat menyebabkan tanaman gundul karena daun habis dimakan ulat. Serangan berat terjadi di musim kemarau. Populasi ulat grayak tinggi saat cuaca panas, kondisi kering dan suhu tinggi.

Kondisi cuaca panas menyebabkan metabolisme serangga meningkat sehingga serangga memperpendek siklus hidupnya. Jumlah telur meningkat dan mendorong meningkatnya populasi.

Penanaman sawi putih yang tidak serempak menyebabkan tanaman berada pada fase berbeda-beda. Sehingga makanan ulat grayak menjadi selalu tersedia di lapangan. Akibatnya populasi hama meningkat karena makanan tersedia sepanjang musim tanam.

Penyemprotan insektisida bila kurang tepat jenis dan dosisnya, dapat mematikan musuh alami ulat grayak. Selain itu dapat meningkatkan resistensi hama. Aplikasi insektisida dosis tinggi menyebabkan resistensi hama.

3. Penyakit Akar Gada ( Akar Bengkak )

Penyakit akar gada disebabkan oleh jamur Plasmodiophora brassicae Wor. Saat akar terinfeksi akan bereaksi melakukan pembelahan dan pembesaran sel. Sehingga timbul bintil atau kelenjar tidak teratur.

Rusaknya susunan jaringan akar menyebabkan jaringan pengangkut juga rusak. Sehingga dapat mengganggu pengangkutan dan perjalanan air dan unsur hara dalam tanaman. Meskipun hanya menyerang bagian akar sawi putih, namun dampaknya secara langsung bisa ke bagian tanaman lainnya.

Gejala serangan penyakit akar gada dapat dikenali dengan adanya pembusukan pada akar. Tanaman mengering, tanaman layu dan mati tiba-tiba. Bila terdapat ciri serangan seperti tersebut, langkah yang bisa kita lakukan adalah melakukan sanitasi kebun.

Sampai kini belum ada fungisida tepat untuk mengendalikan penyakit akar gada. Sehingga yang bisa dilakukan adalah mencegahnya. Yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kebun dan sekitarnya seperti rajin mencabut rumput-rumput.

BACA JUGA : BERTANAM SAYUR DALAM POT

4. Penyakit Busuk

Gejala serangan penyakit busuk daun ditandai adanya lendir pada daun kemudian menguning dan akhirnya mati. Pencegahan agar tanaman tidak terjangkit penyakit busuk daun adalah menjaga kebersihan lahan dan sanitasi. Lakukan juga penjarangan tanaman sebelum melakukan penanaman.

Gejala serangan penyakit busuk daun adalah daun berubah warna menjadi kekuningan, tanaman berlendir dan daun perlahan membusuk.

Bila sudah terjangkit busuk Alternaria maka dapat disemprotkan fungisida Dithane dosis tertentu. Penyakit busuk daun Phythoptora sp. menyemprotkan fungisida Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG dan Bion M 1/48 dosis sesuai anjuran.

Penyakit busuk basah ( soft root ) disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovora pv. Gejala serangan berupa busuk basah berwarna coklat atau kehitaman pada daun, batang dan umbi. Saat kelembaban meningkat, jaringan yang terserang akan basah, berwarna krem atau kecoklatan.

5. Penyakit Bercak Daun

Gejala serangan ditandai dengan adanya bercak kuning pada daun. Sampai kemudian daun berwarna coklat kehitaman kemudian menjadi layu dan mati. Pencegahan bisa dilakukan yaitu rajin membersihkan lahan sekitar tanaman dan sanitasi kebun.

Penyebab bercak daun adalah Alternaria brassicae ( Berk ) Sacc. Adanya bercak kecil berwarna kelabu gelap dan meluas dengan cepat. Sampai menjadi bercak bulat dan garis tengahnya mencapai 1 cm. Daun menjadi layu dan mati.

Sebagai pencegahan dari penyakit ini, kita harus rajin melakukan sanitasi kebun. Pengendalian penyakit menggunakan fungisida dengan bahan aktif Bion M1/48 WP

Beberapa Hal Untuk Menghindari Penyakit Tumbuhan

  1. Lebih baik bila benih menggunakan benih bersertifikat. Karena benih berasal dari indukan yang sehat dan berkualitas tinggi. Benih bersertifat dijamin benih bebas penyakit.
  2. Pemberian pupuk selain bermanfaat untuk pertumbuhan sawi putih ITTO juga bermanfaat menambah daya tahan tanaman. Jika kebutuhan tanaman sudah terpenuhi dengan baik maka tanaman menjadi sehat, kuat dan tumbuh optimal. Tanaman juga memiliki kekebalan dari hama dan penyakit.
  3. Rutin melakukan pengamatan dan kontrol kondisi tanaman. Langkah ini dapat mencegah dini serangan hama dan penyakit. Juga dapat mencegah serangan menyebar dan membesar ke bagian tanaman lain atau tanaman sekitarnya. Bila ada sawi putih mati/sakit, segera musnahkan dan dibakar menjauh dari lahan.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

PANEN DAN  PASCAPANEN SAWI PUTIH ITTO

Sawi putih ITTO siap dipanen pada umur 55 hari. Ciri sawi putih siap panen adalah krop sudah kompak dan berukuran besar. Cara panennya adalah dengan memotong bagian batang di atas tanah menggunakan pisau tajam.

Sawi putih dapat dipanen setelah bagian yang dapat dimakan tersebut sudah mencapai ukuran dapat dimanfaatkan. Mutu sawi putih ITTO dikatakan baik bila tingkat kemasakan telah mencapai kadar optimal, cara panennya benar dan penanganan pasca panen baik pula.

Panen sawi putih dimulai pukul 07.00 pagi. Bagian daun terluar sawi putih ITTO harus terselubung baik, pinggiran daun harus tipis dan halus. Dengan memanfaatkan waktu panen maksimal dapat menghasilkan kualitas sawi putih yang baik pula.

Ketahanan sawi putih ITTO dapat lebih lama. Waktu panen tidak tepat mengakibatkan kerusakan pada sawi putih seperti daun menjadi kering dan pencoklatan pada daun.

Standarisasi terhadap kualitas produk adalah hal penting karena ini dapat memuaskan konsumen pembeli sawi putih. Pasca panen sawi putih memiliki standarisasi didasarkan pada ukuran, keseragaman, bentuk dan warna.

Setelah daun luar dipangkas, sawi putih akan ditandai dengan adanya warna putih, tertutup oleh warna kekuningan. Tidak ada bagian sawi putih ITTO yang sobek. Sawi putih cepat sekali berwarna kehijauan bila terpapar sinar matahari langsung.

Rasa juga akan berubah kurang segar dibandingkan saat berwarna putih. Sawi putih yang baik tidak memiliki bagian kehijauan, tetapi akan berwarna putih dengan tepi daun menguning.

PASCA PANEN SAWI PUTIH ITTO AGAR TETAP SEGAR

Sawi putih ITTO tahan disimpan 2 – 4 minggu pada suhu 2 °C. Dapat tahan simpan 1 – 2 minggu di suhu 5 °C dan sekitar 1 minggu saja pada suhu 15 °C. Sawi putih setelah dipanen, segera disimpan di tempat sejuk dan dingin. Disimpan ditempat  terlindung dari paparan sinar matahari.

Kerusakan sawi putih cukup tinggi yaitu daun cepat layu dan batang menjadi lemah. Hal ini disebabkan penanganan pasca panen yang kurang baik. Yaitu sawi putih yang sudah dipotong ditumpuk dan dibiarkan di terik matahari, tidak diberi pelindung.

Kondisi cara tersebut terus dilakukan sampai sawi putih diangkut ke pasar atau rumah petani. Sawi putih yang terkena sinar matahari langsung berakibat terjadinya penguapan sel-sel daun cukup tinggi.

Sehingga sawi putih mudah layu karena ketegaran setiap jaringan berkurang. Perlu diketahui bahwa dalam jaringan sawi putih terdapat gelembung penuh sari makanan dan mengandung air.

Bila jaringan tersebut terpapar sinar UV langsung atau terkena benturan dan pecah maka dampaknya sayur menjadi kuning, keras dan layu. Tekstur dan kandungan vitamin juga ikut musnah.

Oleh karena itu, proses panen dan pasca panen sawi putih perlu dilakukan dengan hati-hati. Agar luka dan memar dapat ditekan seminimal mungkin. Sehingga kualitas sawi putih bertahan untuk waktu lama.

Demikian artikel kami tentang Jual Benih Hibrida Sawi Putih ITTO Takii Seed. Hubungi kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih harga bersaing, produk bermutu terpercaya dan telah berpengalaman.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi tentang benih Sawi putih ITTO dari Takii Seed. Konsultasi mengenai segala hal tentang budidaya hingga panen. Kami juga menyediakan segala kebutuhan pertanian Anda seperti jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian.

Kami siap mengantar pesanan Anda benih sawi putih ITTO dari Takii Seed aman dan dijamin sampai di tujuan alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, POS INDONESIA, TIKI, KI8 dan ekspedisi lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan salam sukses dari kami…