MANFAAT SEMANGKA, BUAH MANIS YANG MUDAH DITANAM


manfaat semangka, tanaman semangka, menanam semangka, budidaya, lmga agro
Manfaat Semangka Sehat Menyegarkan

Manfaat Semangka, Buah Manis yang Mudah Ditanam. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan jual benih semangka berbagai varietas unggul, bebas penyakit dan virus.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah harga bersaing, jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian seperti alat kocor, alat pelubang mulsa dan lain-lain.

Kami melayani konsultasi pertanian gratis terutama tentang manfaat semangka. Kami siap membantu petani menyelesaikan permasalahan yang ada di lapangan.

Manfaat semangka ini biasa dijadikan pencuci mulut setiap kali kita selesai makan. Semangka banyak digemari masyarakat karena warna merahnya menyegarkan. Harga semangka pun tidak terlalu mahal.

Meskipun tidak mahal, manfaat semangka justru sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh sebagai pencegahan penyakit.

MANFAAT SEMANGKA, BUAH KAYA KANDUNGAN AIR

Varietas asli semangka memiliki daging buah berwarna merah dan berbiji kecil-kecil. Kandungan air semangka sangat banyak dan rasanya manis.

Seiring kemajuan teknologi pertanian, semangka dikembangkan menjadi beberapa jenis. Ada semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka inul ( lonjong ) dan semangka kotak. Namun demikian, kandungan gizi semangka tetap sama meski terbagi menjadi beberapa jenis.

Manfaat semangka memiliki kandungan gizi sangat lengkap. Semangka mengandung mineral, vitamin, zat antioksidan dan kalorinya cukup rendah.

Kalori dalam manfaat semangka sebanyak 46 kalori per 150 gram semangka.

Manfaat semangka sangat tinggi karena dalam buah semangka diperkaya berbagai kandungan nutrisi penting seperti :

  1. Vitamin C : 21% dari kebutuhan tubuh.
  2. Vitamin A : 18% dari kebutuhan tubuh.
  3. Kalium : 5% dari kebutuhan tubuh.
  4. Magnesium:  4% dari kebutuhan tubuh.
  5. Vitamin B1, B5 dan B6 : 3% kebutuhan tubuh.

Manfaat semangka mengandung antioksidan tinggi yaitu beta-karoten, likopen, citrulline dan asam amino dan penting untuk kesehatan.

BACA JUGA : UNTUNG BESAR DARI BUDIDAYA SEMANGKA NON-BIJI QUALITY

MANFAAT SEMANGKA UNTUK IBU HAMIL

Manfaat semangka merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi rutin ibu hamil. Disamping pasti kandungan gizi semangka lengkap juga diyakini mampu mendukung tumbuh kembang janin.

Manfaat semangka diperoleh karena komposisinya terdiri dari 91% air dan 7,5% karbohidrat. Buah semangka sedikit sekali atau hampir tidak ada kandungan lemak dan proteinnya. Sedikit mengandung kalori.

Kandungan air tinggi ini dapat mencegah dehidrasi ibu hamil. Ibu hamil memang membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang biasa.

Air berperan penting untuk perkembangan janin, membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban. Air menjadi salah satu bahan pembentuk cairan ketuban. Dehidrasi pada ibu hamil akan mengakibatkan komplikasi serius bagi ibu dan janinnya.

Unsur lycopene dalam semangka merupakan antioksidan pencegah pre-eklamsia ibu hamil. Lycopene dapat mencegah bayi lahir nanti berukuran kecil. Lycopene oleh tubuh dibuat untuk membentuk betakarotene dan akan dirubah menjadi vitamin A. Sehingga antioksidan ini sangat penting bagi ibu hamil.

Kalium unsur gizi ini banyak terdapat pada manfaat semangka. Bila ibu hamil kekurangan unsur Kalium maka mengakibatkan kaki mudah kram, lemas dan irama jantung dapat terganggu.

Kalium dapat mengontrol tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat. Kebutuhan kalium ( Potassium ) ibu hamil adalah 4700 mg per hari. Dan untuk ibu menyusui lebih banyak lagi yaitu 5100 mg per hari.

Vitamin C dalam manfaat semangka dapat meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil. Vitamin C dibutuhkan untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah jenis protein pembentuk jaringan ikat seperti tendon, tulang rawan dan kulit. Vitamin C dalam manfaat semangka membantu penyerapan zat besi.

Manfaat semangka mengandung kalium tinggi dan untuk mempertahankan kalsium tubuh. Sehingga bagi ibu hamil bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin sekaligus menguatkan dan menyehatkan persendian tubuh si ibu.

MANFAAT SEMANGKA KUNING BERBEDA DENGAN SEMANGKA MERAH

manfaat semangka, semangka kuning, menanam semangka, budidaya, lmga agro
Manfaat Semangka Kuning Menyehatkan Tubuh

Jenis semangka kuning sangat disukai masyarakat karena kesegarannya saat mengkonsumsinya. Kandungan air semangka kuning lebih banyak dan rasa manisnya lebih terasa dibanding semangka merah. Rasa dagingnya lebih renyah semangka kuning.

Belum banyak orang paham bahwa perbedaan utama antara manfaat semangka merah dan semangka kuning terletak pada senyawa kimia didalamnya. Senyawa kimia semangka merah adalah lycopene. Sedangkan manfaat semangka kuning mengandung beta-karotene, bahan kimia pemberi warna pada wortel.

Manfaat semangka kuning kaya vitamin dan mineral seperti citruline, asam amino, lycopene, kalium, vitamin A dan C. Manfaat semangka kuning kaya kandungan serat dan memiliki gula alami cocok bagi penderita diabetes.

Kandungan vitamin C terdapat pula dalam semangka merah. Namun tidak sebanyak pada semangka kuning. Sehingga manfaat semangka kuning untuk mencegah sariawan lebih baik dibandingkan semangka merah.

Manfaat semangka kuning mengandung vitamin A dan beta-karoten lebih tinggi dari semangka merah sehingga baik digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan lycopene dalam semangka merah bermanfaat mencegah menurunnya kemampuan penglihatan. Terutama untuk usia lanjut.

Meski sama-sama memiliki anti-oksidan, namun semangka kuning memilikinya lebih banyak. Unsur lycopene bermanfaat mengatasi radikal bebas sekaligus zat anti kanker.

Manfaat semangka kuning dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tidak terkontrol dapat berisiko terkena stroke, gagal ginjal, penyakit jantung dan penyakit serius lain.

Manfaat semangka memiliki kandungan kolagen tinggi sangat cocok untuk program diet. Buah semangka tidak mengandung lemak sehingga tidak perlu khawatir berat badan naik bila mengkonsumsi semangka.

Kandungan vitamin A da C pada manfaat semangka baik untuk kesehatan rambut dan kulit kita. Vitamin A dalam manfaat semangka membantu perbaikan sel-sel kulit. Lycopene dalam semangka bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker.

MANFAAT SEMANGKA, BUAH SEGAR DAN MENYEHATKAN

Manfaat semangka memang buah menyegarkan karena semangka mengandung air cukup banyak. Dari kandungan air tersebut ternyata mengandung beberapa unsur gizi sangat lengkap dan menyehatkan bagi tubuh kita. Itulah mengapa semangka sangat disukai banyak orang.

Kandungan lycopene dalam semangka bermanfaat cukup tinggi. Seperti halnya pada tomat, manfaat semangka juga baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Lycopene adalah karotenoid, merupakan salah satu jenis antioksidan. Antioksidan penting sekali untuk mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat serangan radikal bebas di udara.

Lycopene dalam manfaat semangka juga bermanfaat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk kecantikan kulit wanita. Lycopene menambah kekuatan kulit dari sinar UV sehingga bila rutin makan buah semangka, kulit kita akan tampak sehat dan awet muda.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat semangka sebagai obat kuat pria. Efek mengkonsumsi semangka memberikan manfaat efek hampir sama dengan efek viagra. Dapat mengobati dan mencegah impoten. Kelebihan manfaat semangka ini tidak ada efek samping negatif seperti bila memakai obat kuat.

Manfaat semangka berasa manis dan mengandung gula alami. Sehingga aman bagi penderita diabetes karena bermanfaat mengontrol gula darah.

Karena manfaat semangka mengandung air cukup banyak maka berkhasiat dalam membersihkan endapan beracun diginjal. Manfaat semangka dapat membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah. Sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Manfaat semangka mengandung Kalium dan Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi dengan berat badan berlebih ( obesitas ). Manfaat semangka mengandung serat, bersama vitamin C, karotenoid dan Kalium. Unsur-unsur tersebut membantu mengurangi kolesterol penyebab serangan jantung dan stroke.

PANDUAN MENANAM SEMANGKA, BUAH SEGAR KAYA MANFAAT

manfaat semangka, jual benih murah, bbudidaya semangka, lmga agro
Benih Semangka PRIMADONA Hibrida

Semangka mempunyai nama latin Citrullus lanatus. Merupakan tanaman suku Cucurbitaceae, tanaman merambat dan cocok ditanam di daerah tropis dan subtropis. Buah semangka memiliki rasa segar, manis dan memiliki kandungan air cukup tinggi.

Alasan itulah membuat banyak orang menyukai semangka. Cara memperoleh semangka juga mudah. Semangka mudah dibeli baik di pasar tradisional, supermarket atau toko buah. Semangka tidak pernah langka di pasaran. Harga jual semangka selalu terpantau stabil, naik turunnya harga tidak signifikan.

Budidaya semangka harus disesuaikan dengan syarat tumbuhnya agar tanaman dapat menghasilkan buah maksimal sesuai yang diharapkan. Pertama, budidaya semangka lebih cocok pada tanah mengandung bahan organik dan unsur hara tinggi.

Semangka menyukai tanah gembur dan lahan bersih dari gulma. Budidaya semangka harus pada tempat tidak ternaungi. Semangka menyukai kena langsung sinar matahari tanpa ada tanaman menaunginya.

Semangka menyukai tanah pH 6 – 7. Pada saat penanaman penting untuk mengecek nilai pH tanah. Bila tanah asam ( < 6 ) maka dilakukan penaburan Dolomit/kapur pertanian sampai pH tanah normal.

Menanam semangka sebaiknya berada di ketinggian tempat 0 – 1000 meter dpl. Wilayah tanam ideal menanam semangka adalah wilayah kering dan rendah penguapan airnya. Tingkat kelembaban udara yang cocok untuk budidaya semangka adalah rendah dengan curah hujan berkisar 40 – 50 mm/bulan. Suhu udara 25 °C pada siang hari.

Tanah menanam semangka sebaiknya bersifat porous ( sarang ). Jenis tanah ini membuat air menghilang dengan mudah namun tanaman tetap dapat menyerapnya dengan cukup.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN ONLINE BELANJA JADI LEBIH MUDAH 

MANFAAT SEMANGKA DARI JENIS SEMANGKA DI INDONESIA

Ada 2 jenis semangka secara garis besar yaitu semangka berbiji dan semangka non-biji. Dari kedua jenis semangka tersebut, dikenal ada semangka berdaging buah warna merah dan warna kuning.

Semangka sekarang tidak hanya berbentuk bulat, namun dikenal juga ada semangka inul. Semangka inul bentuknya tidak bulat, tetapi lonjong. Semangka inul lonjong ini terbagi ada berwarna kuning, biji atau non-biji. Semangka  inul berwarna merah dagingnyanya, ada yang berbiji atau non-biji.

Jenis semangka yang sering dibudidayakan di Indonesia ada 3 jenis secara umum, yaitu :

  • Semangka Sweet Beauty. Ciri-cirinya kulit buah sangat tebal, sehingga tahan dari tekanan, gesekan dan goncangan saat pendistribusian.
  • Semangka New Dragon. Semangka ini memiliki berat 9 kg/lebih. Berbentuk bulat lonjong, berukuran besar dan daging buah berwarna merah. Kulit ari cukup tebal sehingga tahan benturan. Daging buahnya sangat manis dan segar karena kandungan airnya sangat banyak.
  • Semangka Yellow Baby. Bentuknya oval/lonjong, kulit berwarna hijau muda dan daging buah berwarna kuning.

MENGENAL SEMANGKA INUL JUGA KAYA MANFAAT

manfaat semangka, semangka inul, menanam semangka, budidaya, lmga agro
Benih Semangka Inul FACTOR F1

Semangka inul sebenarnya adalah nama lain dari semangka pepaya hibrida. Semangka inul memiliki bentuk dan ukuran seperti pepaya. Bentuk buah semangka inul adalah lonjong, warna kulitnya hijau gelap. Berat semangka inul rata-rata 2,5 – 3,5 kg. Tampilan buahnya unik, membawanya juga praktis dan ada kesan menarik saat memakannya.

Ada keuntungan tersendiri dengan budidaya semangka inul, dibandingkan menanam semangka bulat. Yaitu antara lain :

  • Menanam semangka inul dapat hemat lahan. Dikarenakan ukuran tinggi tanamannya lebih pendek daripada semangka bulat.
  • Usia panen semangka kuning lebih cepat 1 minggu dibadingkan semangka bulat.
  • Perawatan semangka kuning lebih mudah dan peluang bakal buah tumbuh bagus lebih banyak.
  • Mampu membesarkan  2 – 3 buah bersamaan.
  • Semangka inul praktis membawanya.

Semangka inul lebih disukai masyarakat dibanding semangka bulat karena selain lebih praktis, juga rasanya lebih manis dan segar. Membawa semangka inul lebih mudah, tidak khawatir buah jatuh dari genggaman tangan kita.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih semangka inul hibrida dari berbagai jenis varietas. Anda dapat memesan benih hibrida Semangka Inul menghubungi nomer telepon yang ada di artikel Kami ini.

Semangka inul GADIS MANIS, benih hibrida F1 produk dari Known You Seed ( EWINDO ). Keunggulan semangka ini adalah pertumbuhan kuat dan seragam. Buah tidak mudah pecah, rasa manis, berat buah 5 – 6 kg/buah. Umur panen 60 hari.

Semangka inul PUTRI DELIMA, benih hibrida F1 produk Known You Seed ( EWINDO ). Keunggulan semangka ini tidak mudah pecah, berat mencapai 5 kg/buah. Umur panen 60 hari. Pertumbuhan kuat dan seragam. Buah rasa manis Brix 13%.

Selain itu ada benih semangka inul REDIN produk dari PT BISI International, semangka inul daging kuning LEGYTA F1 dari Panah Merah.

BACA JUGA : BENIH PANAH MERAH DAN TEMPAT BELANJA ONLINE MURAH

LANGKAH PENYEMAIAN BENIH BUDIDAYA SEMANGKA

Langkah pertama penyemaian benih adalah menyiapkan media tanamnya. Berupa campuran tanah dan pupuk kandang sesuai kebutuhan jumlah bibit yang akan ditanam. Tanah dibersihkan dari batu dan kotoran/sampah. Atau dari hama yang dapat merusak kualitas tanah.

Tanah dan pupuk kandang diayak hingga halus. Setelah bersih dan gembur, campurkan secara merata menggunakan tangan atau sekop.

Pemilihan benih semangka dapat ditanyakan kepada Toko Pertanian tempat Anda percaya. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap melayani konsultasi mengenai pemilihan benih semangka yang sesuai tempat lokasi tanam. Dan jenis semangka apa yang cocok ditanam disesuaikan lokasi tanam.

Persiapkan tempat untuk penyemaian, baik menggunakan polybag kecil, tray semai atau bedeng semai. Masukkan media tanah dalam tempat semai dan letakkan di tempat teduh dan mudah untuk mengontrol pertumbuhan benih.

Benamkan benih pada media tanah. Lakukan penyiraman menggunakan air bersih secukupnya saja. Terpenting tanah tidak dalam kondisi kering. Penyemaian benih harus ditempat terlindung dan teduh. Tidak terkena paparan sinar matahari langsung dan jatuhnya air hujan.

Selanjutnya kita perlu mengawasi perkembangan bibit hingga cukup kuat dipindah ke lahan tetap atau polibag lebih besar. Bibit semangka cukup kuat dipindahkan setelah berumur 5 minggu sejak benih ditanam.

PERSIAPAN LAHAN MENANAM BIBIT SEMANGKA

manfaat semangka, tanaman semangka, budidaya, lmga agro
Alat Pelubang Tanam

Pengolahan tanah dilakukan untuk penanaman semangka di lahan terbuka dan luas. Menggunakan cara pembajakan dan mencangkul tanah. Tujuan membajak tanah adalah untuk menggemburkan tanah dan mencampur rata kandungan hara dalam tanah.

Untuk persiapan tanam, tanah dicangkul membentuk alur-alaur sedalam 20 -30 cm. Alur-alur nantinya akan dijadikan bedengan dengan jarak tertentu. Bedengan menanam semangka dibuat sepasang-sepasang alur dengan jarak bedengan ± 2 meter.

Selanjutnya antar sepasang bedengan diberi jarak 30 cm sebagai saluran air. Alur tanam ini dibiarkan selama 3 hari ( atau lebih bila di musim hujan ). Tujuannya agar alur terpapar sinar matahari sehingga dapat mematikan bakteri dan jamur patogen. Alur dibersihkan dari batuan kerikil dan sisa-sisa akar.

Penggemburan tanah ini tetap dilakukan, baik itu penanaman dilahan bekas kebun atau bekas sawah kering. Saat penggemburan tanah tambahkan pupuk kandang untuk menambah hara dalam tanah.

Jarak tanam budidaya semangka dikenal ada dua sitem, yaitu pertama, cara tanam sistem tunggal dengan menggunakan jarak tanam 90 – 100 cm x 3 m. Cara kedua, yaitu dengan cara tanam sistem ganda. Jarak tanam sistem ganda adalah 90 – 100 cm x 6 – 7 m.

CARA UNIK MENANAM SEMANGKA NON-BIJI

Salah satu jenis semangka ini menjadi incaran masyarakat adalah semangka non-biji. Semangka non-biji jelas tidak ada bijinya sehingga mudah dan praktis mengkonsumsinya.

  1. Siapkan dahulu benih semangka non-biji. Dapat Anda beli di Toko Pertanian Online LMGA Agro dengan berbagai macam varietasnya.
  2. Bila sudah mendapatkan benihnya, maka saat akan membuat bibitnya, benih tadi direndam dulu. Pecahkan sedikit pada bagian ujung benihnya. Tujuannya agar akar cepat tumbuh dan kecambah dapat dengan mudah berkembang.
  3. Benih semangka tadi direndam air hangat dan ditambahkan ZPT atau air bawang. Perendaman selama 8 – 10 jam.
  4. Tiriskan benih bila sudah direndam, kemudian disemai diatas media kertas koran basah selama 3 – 4 hari.
  5. Melewati 3 – 4 hari berkecambah, bibit bisa dipindahkan ke media semai berupa polybag atau tray semai hingga selama 10 hari.

Perlu dipahami bahwa serbuk sari bunga semangka non biji bersifat mandul. Sehingga serbuk sari ( jantan ) mengambil dari semangka berbiji untuk membuahi bakal buah semangka non biji.

Karena itulah, bila menanam semangka non biji, kita perlu menanam semangka berbiji didekatnya. Tanaman semangka berbiji sebanyak 10% dari total tanaman semangka non biji. Lalu kita melakukan penyerbukan semangka non-biji secara manual.

Bila lahan landai, bedengan tidak perlu dibuat tinggi. Bila lahan datar, bedengan dibuat setinggi 30 cm dan jaraknya 4 meter. Jika pH tanah dibawah 6 maka taburkan kapur Dolomit dan lahan didiamkan selama 10 hari.

Setelah didiamkan selama 10 hari, lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, TSP, KCl dan ZA dengan perbandingan 1 : 1 : 2 : 1. Pemupukan dilakukan 15 hari sebelum penanaman bibit.

Penanaman Bibit Semangka dari Penyemaian

Sehari sebelum penanaman bibit, lahan dipasangkan mulsa plastik hitam perak. Sebelumnya tanah harus disiram dulu sampai basah. Pada mulsa dibuat lubang tanam dengan kedalaman 5 – 10 cm. Jarak lubang tanam 80 – 90 cm ditengah bedengan.

Bibit siap ditanam di lahan tetap atau di polybag lebih besar setelah berumur 10 hari atau telah tumbuh 2 – 3 helai daun. Proses penanaman sebaiknya dilakukan sore hari dan selesai pada satu hari.

Sebelum pelaksanaan penanaman, lubang tanam harus dalam kondisi basah. Jika tidak turun hujan, maka dilakukan penyiraman.

Setelah lubang tanam disiram, masukkan bibit pada lubang tanam. Lalu tutup akar dengan tanah disekeliling lubang. Tujuannya agar bibit tidak layu saat siang hari dan usaha meminimalisir serangan jangkrik.

Bibit semangka hanya perlu dikeluarkan dari media semainya dan dipindahkan ke lubang tanam yang sudah siap sebelumnya. Hati-hati dalam pengambilan bibit semangka agar akar bibit tidak patah/rusak. Setelah bibit masuk ke lubang tanam, tutup dengan tanah tipis.

BACA JUGA : CARA MUDAH DAN SUKSES MENGAWINKAN SEMANGKA NON-BIJI

PERAWATAN SEMANGKA, BUAH SEGAR KAYA MANFAAT

  • Penyiraman sangat penting, lakukan penyiraman 3 hari sekali. Penyiraman disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau cuaca.
  • Pertahankan tunas atau ranting yang tumbuh pada daun pertama dan kedua. Selain dari tersebut, tunas atau ranting harus dibuang. Memotong ranting yang tidak berguna dimaksudkan untuk membesarkan hanya 2 buah saja per tanaman.
  • Atur batang utama dan ranting tanaman semangka pada sisi bedengan agar rapi. Pengaturan tersebut dapat memudahkan dalam perawatan.
  • Untuk mendapatkan produksi semangka bisa maksimal, maka lakukan pemangkasan cabang. Pemangkasan cabang pada cabang utama setelah ruas ke-5.
  • Tunas samping baru tumbuh juga harus dipangkas. Tiga cabang samping dipelihara. Hal ini bertujuan agar selama pertumbuhan tanaman, unsur hara diserap tanaman lalu difokuskan pada cabang-cabang yang dipelihara saja.
  • Pembumbunan adalah penggemburan tanah disekitar tanaman. Tujuannya agar akar dapat mudah bergerak menyerap unsur hara.
  • Pemupukan susulan pertama dilakukan pada umur 10 hst. Caranya dengan mengocorkan pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 5 gr NPK/300 ml air/tanaman. Pemupukan kedua dan selanjutnya dilakukan setiap 5 hari sekali. Dosis pemberian ditambah secara berkala.
  • Banyak semangka yang dipelihara hingga matang nanti, biasanya berjumlah 2 – 3 saja.
  • Buah semangka tidak normal pada daun pertama sampai daun ke-13 harus dibuang. Semangka yang dipelihara adalah pada daun ke-14 ke atas.

Cara Penyerbukan Bunga Semangka Non-Biji

Penyerbukan khusus pada semangka non-biji dilakukan secara manual. Proses penyerbukan dilakukan saat tanaman berumur 25 hst. Caranya adalah sebagai  berikut :

  1. Ambil bunga jantan ( serbuk sari ) dari semangka berbiji secukupnya.
  2. Oleskan serbuk sari tadi merata pada bakal buah atau putik bunga semangka non-biji.
  3. Penyerbukan manual sebaiknya dilakukan pagi hari, maksimal pukul 09.00.
  4. Bunga jantan diambil sore hari sebelumnya dan diambil dari bunga yang diperkirakan esok hari akan mekar.
  5. Proses penyerbukan paling lama pada tanaman umur 35 hst.

Cara penyerbukan manual semangka non-biji ini dapat dilakukan di semua bakal buah/putik pada bunga di ranting-ranting sekunder dan batang utama. Yaitu mulai daun ke-14 dan seterusnya.

Setelah semangka jadi, maka harus segera dilakukan seleksi semangka, yaitu kira-kira saat semangka  masih sebesar duku. Semangka telah jadi tadi, bila kurang bagus maka harus dibuang. Sisakan 1 buah setiap ranting sekunder dan pada batang utama jika memungkinkan.

BACA JUGA : CARA MENANAM SEMANGKA NON BIJI YANG BAIK DAN BENAR

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT SEMANGKA

Untuk pengendalian hama dan penyakit, perlunya untuk selalu melakukan pengamatan terhadap tanaman. Jika serangan hama dan penyakit sudah lebih dari ambang batas ekonomi, maka kendalikan dengan insektisida.

Serangan penyakit, pengendaliannya menggunakan fungisida atau bakterisida.

Hama Tanaman Semangka, Segar Bermanfaat

  • Penggerek daun, merusak tanaman dengan cara memakan daun terutama pada tanaman muda. Pencegahan menggunakan insektisida.
  • Kutu Daun ( Aphids ), menghisap cairan pada daun muda dan menyebabkan keriting daun. Diatasi dengan menyemprotkan insektisida bahan aktif : abamektin.
  • Thrips : menyerang daun muda dan menyebabkan keriting daun. Pengendalian dengan cara menyemprot insektisida bahan aktif abamektin.
  • Lalat buah : menyerang semangka muda hingga menjadi busuk dan rontok. Pencegahan menggunakan perangkap lalat. Pengendalian menggunakan insektisida berbau tajam.
  • Ulat grayak : merusak dan memakan daun. Merusak bakal semangka juga. Pengendalian menggunakan insektisida.
  • Ulat tanah ini aktif di malam hari. Merusak tunas muda dan tanaman muda. Dikendalikan menggunakan insektisida.

Penyakit Tanaman Semangka, Segar dan Menyehatkan

  • Rebah Semai :  atau dumping-off  disebabkan oleh cendawan. Pencegahan menggunakan fungisida.
  • Layu Fusarium : menunjukkan gejala tanaman yang terserang kelihatan segar pada pagi hari. Kemudian layu pada siang hari dan kembali segar sore harinya. Gejala ini berlangsung beberapa hari sampai tanaman kemudian mati. Pencegahan menggunakan perlakuan trichoderma dan PGPR. Bila sudah ambang batas lakukan penyemprotan fungisida.
  • Bercak Daun/Antraknosa : Gejala ditandai adanya bercak-bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat. Bercak akan menyebar hingga daun mengering. Dikendalikan melalui penyemprotan fungisida.
  • Busuk Buah : penyebabnya adalah bakteri, cendawan dan lalat buah. Pengendalian menggunakan bakterisida dan fungisida.

PANEN SEMANGKA, BUAH SEGAR KAYA MANFAAT

Semangka dapat dipanen setelah tanaman berumur 60 – 70 hst. Buah semangka dipetik dengan hati-hati menggunakan gunting tanaman.

Semangka yang akan dipanen harus telah cukup umur. Karena bila umur belum saatnya dipetik, dagingnya berwarna pucat. Rasanya kurang manis. Umur panen semangka berbeda untuk tiap ketinggian tempatnya. Ukuran semangka berbeda-beda di setiap wilayah tanam.

Untuk lebih yakin, bahwa semangka yang akan dipanen ini benar-benar matang maka kita perlu mengetes kadar gula buah. Caranya adalah mengambil sampel salah satu buah untuk dicek kadar kemanisannya.

Manfaat semangka bila matang, pastinya manfaat buahnya dapat digunakan secara maksimal juga. Terutama untuk ibu hamil, harus mengkonsumsi semangka yang tepat agar manfaat buahnya dapat dinikmati maksimal.

Pilihlah semangka yang kuat, simetris bentuknya, buah bebas retakan dan memar. Semangka matang memiliki kulit mengkilap, bagian bawahnya berwarna kuning mentega. Batang tanaman semangka matang tampak sudah mengering.

Demikian artikel dengan judul Manfaat Semangka, Buah Manis Mudah Ditanam. Hubungi di HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian dengan harga bersaing. Pelayan kami aman dan terpercaya.

Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi gratis tentang permasalahan budidaya tanaman di lapangan. Terutama tentang manfaat semangka bagi kesehatan. Kami siap mengantar pesanan Anda bermitra dengan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan ekspedisi lainnya.

Barang akan sampai dengan cepat dan aman sampai di tujan alamat Anda diseluruh wilayah Indonesa. Semoga artikel Manfaat Semangka dan Cara tanamnya ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Salam sukses…

 

Iklan