PETANI INDONESIA DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI ERA DIGITAL KINI


petani, pertanian, kemajuan teknologi, toko pertanian online, lmga agro
Petani dan Kemajuan Teknologi Digital

Petani Indonesia dan Kemajuan Teknologi Era Digital Kini. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro ikut serta mensejahterakan Petani Indonesia dan ikut menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam. Toko Pertanian Online LMGA Agro aman, mudah dan murah serta terpercaya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual online benih, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian kebutuhkan petani. Belanja online di Toko Pertanian LMGA Agro dijamin barang segera diantar dan dikirim bersama jasa ekspedisi JNE, POS INDONESIA, TIKI, KI8 dan lain-lain.

Petani Indonesia sebagai mitra sahabat Kami bisa berkonsultasi tentang  cara budidaya tanaman dan masalah di lapangan. Permasalahan petani dalam bercocok tanam mulai pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, perawatan dan panen.

PETANI SUKSES UNTUK PERTANIAN INDONESIA

Petani adalah orang yang bekerja dibidang pertanian. Orang tersebut melakukan pengelolaan tanah untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman. Tanaman mulai tanaman pangan, sayuran, buah atau bunga.

Dan berharap kegiatan bertani ini dapat memperoleh hasil dari tanaman yang ditanam. Hasil tersebut dapat dipakai sendiri atau dijual kepada orang lain.  Petani ini adalah pemilik lahan baik diolah sendiri maupun mempekerjakan orang lain.

Lahan milik petani ini bisa dalam ukuran luas maupun sempit di kebun rumah sendiri. Petani adalah sosok berjasa karena memanfaatkan lahan tanah untuk ditanami dan hasilnya dapat dimanfaatkan orang lain. Meskipun petani juga menginginkan keuntungan dari usaha bertani ini agar hidupnya juga menjadi sejahtera.

Mengenal metode bercocok tanam oleh petani, ada 2 macam. Yaitu petani di negara miskin atau dikenal yaitu kebudayaan pra-industri. Dimana petani melakukan pertanian subsisten, adalah pertanian organik  dimana petani melakukan rotasi tanaman. Juga memilih benih, sistem tebang dan bakar dan metode lainnya.

Petani negara maju memiliki sebidang tanah lahan yang luas. Budidaya pertanian menggunakan mesin/alat pertanian canggih dan bersifat efisien tinggi. Adanya mesin pertanian maka tidak banyak menggunakan tenaga kerja.

PETANI DI INDONESIA : TIPE-TIPE DAN MACAM PETANI

Petani di Indonesia memiliki bentuk dan karakteristik bermacam-macam. Pembentukan karakteristik macam petani ini dipengaruhi dari faktor internal dan eksternal.

Kondisi internal yaitu dimana macam dan tipe petani dipengaruhi  tempat tinggalnya. Dimana petani tersebut tinggal, dapat mempengaruhi pola pikir mereka. Hal ini karena tiap lokasi dan daerah memiliki beragam budaya berbeda-beda. Ditambah adanya pengaruh informasi dari dunia luar yang dapat membentuk dan merubah pola pikir petani.

Karakter dan sikap mental petani menentukan kesuksesan seorang petani. Disamping faktor pengetahuan dan teknik bertani yang diterapkan. Pilihan teknik tersebut diterapkan di lapangan dan berakhir pada pengetahuan dan sikap mental petani itu sendiri.

Tipe Petani Berdasarkan Luas Lahan

Melon, Kuning, Cantalope, Apollo, petani, pertanian indonesia, toko online, lmga agro
Lahan Petani Menanam Melon Siap Panen

Sensus Pertanian 2013, jumlah petani tercatat sebanyak 26,14 juta orang. Nilai ini menurun 16,3% dari Sensus Pertanian 2003. Macam dan tipe petani terbagi 2 kelompok berdasar luas lahan, yaitu :
1. Petani Gurem.

Adalah petani memiliki lahan seluas kurang dari 0,5 hektar. Dari Sensus Pertanian 2013 sebanyak 55,3% petani Indonesia masuk kategori petani gurem. Petani gurem ini memiliki luas lahan antara 0,2 – 0,5 hektar sebanyak 6,73 juta petani.
2. Petani non-Gurem.

Adalah petani memilki lahan seluas 0,5 hektar atau lebih. Dari Sensus Pertanian 2013 sebanyak 44,67 % atau 11,50 juta petani masuk kelompok ini.

BACA JUGA : FORMULA RAHASIA PETANI GUNA MENGATASI RONTOK BUNGA DAN BUAH

Tipe Petani Berdasar Orientasi /Tujuan Bertani

1. Berorientasi Ekonomi.

Petani kelompok ini menggunakan prinsip ekonomi dalam usaha taninya. Petani tipe ini menggunakan biaya se-efisien mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal. Petani tipe ini selalu menghitung biaya yang dikeluarkan.

Menghitung hasil panen juga keuntungan dan kerugian yang diperolehnya. Terbuka terhadap inovasi kemajuan teknologi. Apalagi bila teknologi tersebut dapat memangkas biaya operasional.

2. Petani Berorientasi Non Ekonomi.

Petani macam ini bercocok tanam hanya digunakan sekedar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Tidak ada niatan untuk menjual hasilnya nanti. Petani tipe ini tidak ada orientasi bisnis. Bertani dilakukan dengan cara bergotong royong dan biasanya banyak ditemui di pedesaan.

Macam dan Tipe Petani Berdasarkan Penggunaan Teknologi

1. Petani Tradisionalis

Tipe ini lebih banyak menggunakan alat pertanian sederhana. Petani lebih suka menggunakan cangkul untuk membuat bedengan, bajak sapi untuk menggemburkan tanah. Petani ini biasanya tidak mengikuti perkembangan teknologi alat pertanian. Atau memang karena tidak ada dana membeli alat pertanian modern.

Ada juga tipe petani tradisional tetapi mereka bukan tipe petani miskin ( gurem ). Mereka memiliki luas lahan besar dan kaya. Namun juga suka menggunakan alat pertanian tradisional karena untuk memanfaatkan tenaga muda di desa mereka yang masih menganggur.
2. Petani Modernis

Petani tipe ini selalu berorientasi pada teknologi terbaru. Mereka yakin dan sadar teknologi merupakan salah satu aspek untuk meningkatkan produktivitas panen dan meminimalisir biaya. Petani tipe ini selalu up date teknologi, familiar terhadap internet dan media sosial.

Tipe Petani Berdasarkan Karakter atau Sifatnya

1. Petani Tipe Pembelajar

Petani tipe ini suka selalu belajar hal-hal baru. Merupakan tipe pencoba, mudah penasaran dan suka tantangan. Selalu mencoba bila ada informasi tentang varietas baru atau inovasi pertanian terbaru.

Suka berdiskusi bersama petani lainnya dan membandingkan antara teknik dan cara bertani satu dengan yang lainnya. Tipe petani ini sukses karena pemahaman dan managemen teknisnya diatas rata-rata petani lainnya.

2. Petani Tipe Perintis

Petani tipe perintis hampir sama dengan tipe pembelajar. Tipe ini terkadang menerapkan teknik yang belum pernah dipakai petani lain. Mendapatkan informasi dari internet, buku, majalah atau petani daerah lain. Petani ini bersifat kreatif, pemberani menerapkan teknik pertanian baru dan belum dipraktekkan oleh petani lain.

3. Petani Tipe Pengikut

Petani tipe ini kebalikan dari tipe pembelajar dan perintis. Tipe ini pasif dan baru mencoba teknik bertani bila sudah ada yang lebih dulu mencoba dan sukses. Dia tidak akan melakukan teknik bertani tersebut bila belum terbukti berhasil diterapkan.

4. Petani Tipe Pendebat

Petani tipe ini berlawanan dengan tipe pembelajar yang mau mencoba setiap ada info bertani baru. Tipe pendebat ini suka berkonfrontasi dan berdebat tentang teknik bertani tetapi tidak mau mencoba dulu. Petani tipe ini biasanya sudah senior dan banyak pengalamannya. Pantang untuk mengikuti seperti orang lain lakukan apalagi bila lawan debatnya seorang petani pemula.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI HIBRIDA LADO ANDALAN PETANI PRODUK CAP PANAH MERAH

PETANI MENGHADAPI KEMAJUAN DI ERA DIGITAL

petani, pertanian indonesia, internet, online, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jaringan Internet Kemajuan di Era Digital

Era digital semua serba cepat, mudah dan instant. Kemajuan teknologi di era digital identik dengan kemajuan informasi melalui jaringan internet. Bagi siapapun hidup di era digital ini, internet seakan-akan menjadi kebutuhan primer.

Era digital hidup hanya di genggaman tangan. Gaya hidup di perkotaan, orang tidak bisa lepas dari telepon seluler mereka. Semua aktivitas sehari-hari dapat dikendalikan hanya lewat smartphone di genggaman kita. Waktu banyak dihabiskan di depan smartphone atau komputer dibandingkan beraktivitas di luar ruangan.

Era digital memudahkan manusia satu dengan lainnya berkomunikasi begitu sangat mudah dan sedemikian dekat meskipun jarak berjauhan. Disebutkan bahwa era kini disebut era globalisasi dimana kehidupan manusia dikelilingi teknologi digital. Manusia saling terhubung karena adanya internet.

Begitu juga petani di kemajuan era digital ini dimudahkan dengan adanya jaringan internet. Petani dapat belajar dan saling berkomunikasi sesama kelompok tani begitu mudah. Era digital masa dimana semua serba mudah dan tidak ada batasannya. Semua dikerjakan secara mobile.

Petani di era saat ini memiliki kemudahan akses internet. Juga kemudahan melakukan belanja secara online. Banyak tumbuh subur toko-toko menjual keperluan budidaya tanaman secara online. Pemerintah juga turun tangan menyediakan aplikasi pertanian bagi petani menjual hasil panennya. Juga aplikasi pertanian tentang harga-harga hasil panen.

Kemudahan akses internet memungkinkan  petani terhubung dengan petani lainnya dan saling berdiskusi. Diharapkan, petani era digital tidak terlambat mengikuti kemajuan teknologi informasi internet. Juga diharapkan dapat mengoperasikan smartphone secara baik dan bijak  sehingga petani tidak gagap teknologi.

Indonesia dengan jumlah penduduk besar juga terkena dampak kemajuan dibidang komunikasi digital ini. Hingga Maret 2017, Internet World Stats mencatat bahwa jumlah penduduk Indonesia estimasi 263 juta jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, pengguna internet sebanyak 132 juta jiwa.

Menjadikan Indonesia urutan kelima negara pengguna internet terbesar di dunia. Setelah China, India, Amerika serikat dan Brazil. Hingga Maret 2017, pemakai internet di Indonesia mencapai 50,4% meningkat drastis dari 2016 sebanyak 34,1%.

PETANI DAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK PERTANIAN

Pengguna internet saat ini sebagian besar masih menggunakannya untuk bermedia sosial. Internet belum dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat, digunakan seputar untuk berkomunikasi dalam pergaulan dan persahabatan. Sebenarnya internet juga bisa digunakan sharing ilmu pengetahuan. Pengaktualisasi diri juga sebagai jalan bisnis dan ekonomi.

Perlunya kebijakan dari Pemerintah agar masyarakat teredukasi dengan baik. Diharapkan petani dapat menyikapi kemajuan teknologi digital dan dapat memaksimalkan potensi internet. Petani harus mampu mengakses internet dan memanfaatkan internet secara sehat.

Masyarakat pengguna internet juga perlu dibina dan diedukasi agar dapat memanfaatkan internet secara bijak. Masyarakat dibina untuk bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal sesuai jati diri bangsa. Internet tidak hanya digunakan berkomunikasi pertemanan. Tetapi juga digunakan untuk kepentingan ekonomi dan bisnis.

Petani harus pandai bagaimana cara mengakses internet, cara mengiklankan produknya, atau cara untuk mendatangkan keuntungan finansial. Tentunya menggunakan internet juga tetap harus ada etikanya. Kapan harus ber-internet, kapan harus istirahat tidak ber-internet. Etika juga untuk ber-internet sehat, tidak mengumbar hoaks, cacian, makian dan lain-lain.

BACA JUGA : INFORMASI PERTANIAN PRAKTIS DAN GRATIS

PETANI DAN APLIKASI DIGITAL PERTANIAN ONLINE

Pemerintah bercita-cita mewujudkan Indonesia negara ekonomi digital di Asia Tenggara di 2020. Pemerintah ingin mensejahterakan petani karena Indonesia adalah negara agraris. Jumlah penduduk petani di Indonesia cukup besar.

Adanya program-program petani secara online/daring diharapkan petani merasakan efek positif kemajuan teknologi informasi. Pemerintah telah bekerjasama dengan perusahaan e-commerce untuk mengembangkan aplikasi pertanian. Tujuan dari kersama ini adalah untuk membuka pemikiran dan mengubah perilaku petani.

Disini tugas penyuluh menjelaskan aplikasi-aplikasi pertanian dan meyakinkan petani keuntungan dan manfaat teknologi ini. Meyakinkan petani ini begitu penting karena rata-rata pemikiran petani masih sederhana.

Petani hanya memikirkan hal-hal seperti bagaimana mereka mendapatkan benih yang baik, pupuk harga murah dan harga tinggi saat panen. Aplikasi pertanian juga memberikan informasi kepastian harga keperluan bertani. Dan harga penjualan hasil pertanian, menyediakan marketplace pertanian nasional, penyuluhan dan informasi pengendalian stok.

Informasi pengendalian stok untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok. Lewat aplikasi, petani dapat berkonsultasi seputar permasalahan di lapangan. Diharapkan adanya aplikasi, dapat meningkatkan pendapatan petani dengan memotong jalur distribusi. Bila petani dapat memanfaatkan secara efektif maka tidak ada lagi peran serta tengkulak didalamnya.

Petani dapat menjual hasil panennya melalui aplikasi. Petani juga dapat menjual berupa produk olahan maupun produk tani mentahan. Harga yang didapatkan sesuai harga pokok ditambah jerih payah petani.

APLIKASI PERTANIAN ONLINE UNTUK PETANI

Pemerintah berusaha agar semua petani di seluruh penjuru negeri ini dapat terakses jaringan internet mudah dan cepat. Karena petani juga mayoritas hidup di pedesaan dan pegunungan. Sehingga perlu dilakukan pembangunan infrastruktur pemasangan jaringan internet.

Disini pemerintah bekerjasama bersama pihak provider jaringan seperti Telkomsel, Indosat dan Tri. Diharapkan sampai pelosok desa dapat dibangun tower dari penyedia infrastruktur jaringan.

Hubungan jual beli secara online dapat berjalan lancar sehingga pembeli merasa puas. Dan penjual dapat memanfaatkan aplikasi online tersebut akan merasa puas karena transaksi berjalan lancar. Sehingga antara penjual dan pembeli terpuaskan menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi pertanian bagi petani akan memperluas akses pasar ( marketplace ) dan layanan keuangan. Transaksi yang dilakukan secara online maka pembeli pasti berasal dari berbagai daerah bahkan mungkin luar negeri.

Secara online, petani juga bisa membeli kebutuhan pupuk dan benih menggunakan pembayaran secara cashless ( transfer antar rekening ). Begitu juga bila petani menjual produknya, pembeli akan membayar secara cashless.

Dengan cara ini, petani akan belajar cara jual beli melalui aplikasi dan pembayaran antar rekening. Secara tidak langsung memanfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah di bidang perbankan. Petani juga dapat mengajukan pinjaman sebagai modal usaha dengan bunga subsidi.

Untuk dapat lihai di dunia digital ini, langkah awal petani adalah mulai aktif bermedia sosial. Petani untuk lebih terbuka terhadap teknologi komunikasi. Agar dapat memperluas jaringan bisnis secara daring/online yang sedang marak saat ini.

BACA JUGA : KUBIS SUMMER AUTUMN 633 KUBIS ANDALAN PETANI

TOKO PERTANIAN ONLINE IKUT MEMBANTU PETANI

jual benih, toko online, petani, lmga agro
JUAL BENIH MURAH | LMGA AGRO

Jumlah petani yang cukup besar di Indonesia mendorong beberapa pelaku bisnis mendirikan toko pertanian. Bagi petani, toko pertanian penting karena menyediakan semua kebutuhan bercocok tanam petani. Mulai dari penyediaan benih yang baik, alat pertanian untuk pengolahan tanah dan lain-lain.

Era digital dengan kemajuan teknologi komunikasi juga semakin pesat, menciptakan perusahaan-perusahaan start-up. Perusahan start-up tadi memperkenalkan cara belanja baru yaitu online/daring. Begitu juga kini, membeli benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian dapat dilakukan secara online.

Berdirinya toko pertanian online membuat petani mudah dan cepat melakukan pembelian untuk keperluan bercocok tanam. Bukan hanya oleh petani, toko pertanian online ini juga dicari para hobiis berkebun di rumah.

Belanja online memudahkan petani mencari kebutuhan akan benih, pupuk dan lain-lain. Terutama untuk petani di pelosok desa namun masih dapat terakses internet, maka mereka dapat membeli lewat online.

Petani dengan kesibukannya bertani dan memelihara tanaman budidayanya lebih memilih membeli secara online. Dan mereka tinggal menunggu barang pesanan tiba di alamat mereka sambil mereka tetap bisa beraktivitas di lahan.

Cara online ini membuat petani yang rata-rata berusia 40 tahun keatas dapat melek teknologi internet. Petani harus memiliki smartphone agar dapat tersambung akses internet. Petani dapat memulai bermedia sosial secara sehat untuk melakukan kegiatan ekonomi pertanian.

PETANI LEBIH MUDAH BELANJA ONLINE DI TOKO PERTANIAN

Kemajuan internet menyebabkan informasi tersampaikan secara cepat dan mudah. Semua kegiatan dilakukan secara online cukup menggunakan smartphone di genggaman tangan. Petani pun kini dimudahkan melakukan transaksi jual beli secara online.

Petani dapat membeli segala kebutuhan untuk budidaya, petani juga bisa menjual produk pertaniannya lewat internet. Banyak aplikasi yang tersedia bagi petani dan memudahkan petani hingga jalur distribusi hasil produknya.

Bagi petani yang tinggal di pegunungan, pedesaan atau luar Jawa lebih memilih belanja online. Terutama untuk pembelian benih hibrida tahan penyakit atau virus, petani perlu membeli dari distributor benih terpercaya.

Untuk keperluan pupuk dan pestisida tepat guna, petani juga perlu berkonsultasi pada ahlinya. Dan Petani menginginkan toko pertanian sekaligus melayani konsultasi pertanian secara online atau melalui telepon.

Kemudahan belanja di toko online bahwa tidak perlu menghabiskan BBM untuk mencari barang yang diinginkan. Kita tidak perlu membuang tenaga untuk berjalan-jalan di mall untuk melihat ada tidaknya barang tersebut.

Berbeda dengan toko online, tidak perlu capek menuju pasar/mall atau menyediakan waktu khusus ke mall. Di toko online, cukup akses internet lewat smartphone di genggaman dan mengunjungi website online. Tidak perlu keluar rumah atau meninggalkan pekerjaan kita.

Harga yang ditawarkan di toko online biasanya lebih murah daripada offline. Hal ini dikarenakan sedang ada promo khusus di web, promosi dari distributor, kebijakan ongkos kirim dan lain-lain sebab. Membeli di toko online dapat dengan mudah membandingkan harga di beberapa toko. Dan semua cukup dijalankan lewat smartphone di tangan kita.

BACA JUGA : CARA MENCAMPUR PESTISIDA PERTANIAN YANG BAIK DAN BENAR

BELANJA DI TOKO ONLINE MEMUDAHKAN PETANI

toko pertanian online, pestisida, jual murah, petani, lmga agro
Pestisida Pertanian di Toko Online

Kemudahan lainnya belanja di toko online adalah kemudahan pembayaran. Belanja di toko offline mengharuskan kita membawa uang cash dan kita tidak mengetahui berapa biayanya.

Pembayaran belanja online dilakukan menggunakan sistem transfer pada internet banking atau mobile banking. Bila belum memiliki 2 fasilitas pembayaran tadi, cara membayar cukup pergi ke ATM terdekat. Pembayaran transfer uang dapat juga dilakukan melalui ATM.

Toko online menyediakan lebih banyak varian barang. Seperti toko pertanian online, tersedia berbagai macam varietas benih hibrida dan unggul. Benih baik buah dan sayur memang banyak dikeluarkan oleh pabrik-pabrik benih di Indonesia.

Belum lagi macam pestisida mulai dari fungisida, bakterisida, insektisida dan lain-lain. Juga alat-alat pertanian beragam jenisnya , semua dapat disediakan lewat toko online.

Membeli di toko online, kita tidak perlu buru-buru khawatir toko tutup. Di toko online kita dapat lebih tenang, browsing dan membuka-buka web selama kita menginginkannya. Juga tidak diganggu oleh ucapan sapaan dari penjaga tokonya.

Lewat toko online, kita dapat mengetahui pendapat orang lain tentang produk yang akan dibeli atau toko online tersebut. Hal ini akan membantu untuk membuat keputusan berdasarkan pengalaman orang lain.

PETANI MAJU DAN SUKSES BERSAMA KEMAJUAN TEKNOLOGI ERA DIGITAL

Agar dapat menjadi petani sukses di era digital ini, langkah awal petani adalah berani aktif bermedia sosial. Petani harus melek teknologi, mempelajari potensi perluasan jaringan bisnis secara daring.

Mulai sekarang, petani perlu bersosial media secara sehat. Petani harus bisa menguasai digital marketing. Petani bersama kelompok taninya saling berdiskusi, bertukar pikiran dan informasi tentang pertanian. Saling belajar terutama menggunakan akses internet dan komunikasi online.

Petani dapat secara gratis juga mengiklankan produk pertaniannya. Terhubung langsung dengan pembeli atau konsumennya tanpa lewat pengepul/tengkulak. Sehingga jalur distribusi produk dapat menjadi singkat.

Lewat sosial media, petani dapat lebih mudah memasarkan hasil pertaniannya. Pembeli pun dapat melihat dan mengetahui detail tentang produk pertanian yang ditawarkan.

Demikian artikel kami judul : Petani Indonesia dan Kemajuan Era Digital Kini. Hubungi di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ) Toko Pertanian Online LMGA Agro. Menyediakan segala kebutuhan budidaya pertanian seperti benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro membuka layanan konsultasi gratis bagi petani sebagai mitra Kami. Menjawab permasalahan petani  tentang serangan hama dan penyakit tanamannya, misalnya. Atau benih apa dapat cocok ditanam di lokasi lahan mereka.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda sampai ditujuan. Bersama jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, KI8, POS INDONESIA dan lainnya. Semoga artikel judul Petani Indonesia dan Kemajuan Era Digital Kini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para petani. Salam sukses…

 

 

 

Iklan