BUDIDAYA CABE RAWIT BENIH UNGGUL ORI 212 AURA SEED


cabe ori 212, budidaya cabe rawit, jual murah benih, toko pertanian, lmga agro
Budidaya Cabe Rawit ORI 212

Budidaya Cabe Rawit Benih Unggul ORI 212 Aura Seed. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah benih, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Melayani juga konsultasi pertanian secara gratis.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan terutama untuk budidaya cabe rawit. Benih unggul cabe rawit ORI 212 produk dari Aura Seed. Produk benih dikemas dengan berat 10 gram. Kami siap mengantar pesanan Anda menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, KI8, PT POS atau jasa ekspedisi lainnya.

Diantara jenis cabe lain, harga cabe rawit sangat fluktuatif. Bisa sangat murah namun tiba-tiba harga bisa naik hingga 5 – 10 kali lipat. Dan hal ini pernah terjadi saat harga cabe rawit tembus hingga Rp. 100.000 ,- per kilogram.

Harga cabe rawit melambung dipastikan keresahan masyarakat sangat tinggi hingga ke tingkat nasional. Dan pemerintah pun harus turun tangan mencari penyebab dan solusi penyelesaian keresahan nasional ini.

Karena itu, banyak petani memilih budidaya cabe rawit dengan segala resikonya. Apalagi bila sudah mengetahui triknya budidaya cabe rawit di musim hujan. Bukan hanya petani, masyarakat umum juga banyak dari sekarang mulai belajar cara budidaya cabe rawit. Budidaya cabe rawit selain bisa ditanam di lahan luas, juga bisa dipekarangan sempit bahkan di pot.

SIAPA SAJA BISA BUDIDAYA CABE RAWIT DENGAN SUKSES

Cabe rawit ( Capsicum frutescens ) adalah tanaman asli dari benua Amerika. Cabe rawit cocok ditanam dan dibudidayakan di daerah tropis sekitar khatulistiwa. Cabe rawit menyukai hidup di dataran rendah dengan ketinggian 0 – 500 meter dpl.

Sebenarnya, cabe rawit masih dapat hidup di ketinggian 1000 meter dpl. Namun untuk tempat yang terlalu tinggi, produktivitas tanaman akan berkurang.

Budidaya cabe rawit di dataran tinggi masih bisa berbuah. Namun periode panen lebih sedikit dibandingkan budidaya cabe rawit di dataran rendah. Di dataran tinggi, cabe rawit tidak banyak bijinya. Apakah ini kelemahan atau keunggulan, yang pasti banyak konsumen menyukai cabe rawit sedikit bijinya. Meskipun bobot buah nanti akan menjadi ringan.

Cabe rawit merupakan jenis cabe paling disukai dan dicari masyarakat. Sehingga beberapa masyarakat mencoba budidaya cabe rawit di polibag. Atau menanam di lahan pekarangan sempit. Budidaya cabe rawit di polibag maupun di lahan sempit ternyata juga bisa mendapatkan hasil yang melimpah.

Bagian penting dalam budidaya cabe rawit adalah pengetahuan tentang cara perawatan dan peliharaannya. Budidaya cabe rawit baik dan benar supaya berhasil dan mendapatkan hasil melimpah, cukup mudah. Siapa saja, semua orang baik petani maupun bukan dapat melakukannya.

MANFAAT CABE RAWIT BAGI KESEHATAN

  • Cabe rawit dapat menyembuhkan infeksi. Dapat mengobati infeksi pada tubuh. Mencegah terjadinya infeksi jamur dengan kadar tertentu.
  • Cabe rawit bermanfaat mengurangi nyeri disebabkan oleh gigi berlubang, gusi bengkak atau sakit kepala. Cabe rawit juga mampu mengurangi nyeri gejala sakit sinusitis.
  • Cabe rawit untuk melancarkan metabolisme tubuh. Cabe rawit digunakan bumbu masakan untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Pada kadar tertentu, cabe rawit dapat membantu membakar lemak tubuh.
  • Cabe rawit membantu pertumbuhan rambut.Kebotakan disebut akibat adanya penurunan sirkulasi darah atau darah tak lancar. Cabe rawit dapat sebagai obat oles dan bertujuan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut.
  • Cabe rawit dapat mencegah tekanan darah tinggi. Dapat membantu melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Karena itulah, cabe rawit obat alami mencegah tekanan darah tinggi.

BACA : CARA DAN STRATEGI JITU MENCEGAH DAN MENGATASI LAYU JAMUR DAN BAKTERI PADA TANAMAN TOMAT DAN CABAI

ANALISA BUDIDAYA CABE RAWIT

cabe ori 212, budidaya cabe rawit, jual murah benih, toko pertanian, lmga agro
Analisa Usaha Cabe Rawit

Harga cabe rawit dikenal sangat fluktuatif. Bisa sangat mahal, namun turunnya harga cabe rawit juga masih kategori tinggi. Terutama bila memasuki bulan Ramadhan, Iedul Fitri, Natal dan Iedul Adha. Ketersediaan cabe rawit dipasar sangat minim namun kebutuhan konsumen tinggi.

Hal ini membuat peluang usaha budidaya cabe rawit menguntungkan. Cara budidaya cabe rawit juga tidak terlalu sulit. Selain itu, menanam cabe rawit juga dapat di lahan sempit, di pot/polibag bahkan di persawahan. Budidaya cabe rawit di sawah, petani mengambil jeda waktu setelah panen padi.

Harga cabe biasanya mengalami peningkatan karena pasokan di pasaran menurun atau tidak ada penambahan pasokan seiring meningkatnya permintaan pasar. Permintaan yang besar membuat harga cabe rawit tidak stabil. Bila harga cabe mahal, petani pasti merasa untung sekali.

Kendala besar budidaya cabe rawit adalah cuaca. Budidaya cabe rawit di musim hujan dan kemarau basah banyak menghadapi kendala serangan hama dan penyakit datang menghampiri. Sehingga produktivitas tanaman tidak maksimal sesuai harapan.

Peluang usaha budidaya cabe rawit dapat dimulai dengan modal yang kecil dulu. Yaitu dengan menanam cabe rawit di lahan sempit dan tidak terlalu luas. Terutama bagi pemula usaha bisnis budidaya cabe rawit ini, kemauan dan minat yang tinggi membantu keberhasilan usaha ini.

Konsumen cabe rawit tergolong tinggi karena cabe rawit disukai dari berbagai usia dan golongan. Cabe rawit dijadikan bumbu masak semua makanan Indonesia. Masyarakat juga hampir semua menyukai makanan pedas. Cabe rawit juga banyak dibutuhkan oleh pengusaha kuliner dan pabrik makanan.

HAL-HAL DALAM BISNIS BUDIDAYA CABE RAWIT

Dalam bisnis usaha budidaya cabe rawit, membutuhkan beberapa peralatan. Diantaranya :

  • Alat-alat untuk membuka lahan seperti cangkul dan bajak.
  • Perlengkapan membuat persemaian benih dan pembibitan seperti polibag, media tanah, tray semai dan lain-lain.
  • Alat-alat untuk perawatan seperti alat kocor, gunting, selang, gembor dan lain-lain.
  • Alat-alat pendukung lain seperti mulsa plastik hitam perak.

Pangsa pasar budidaya cabe rawit cukup luas. Kadang kala justru sebelum panen, cabe rawit kita sudah dipesan oleh pembeli. Juga dapat pemilik kebun menjual sendiri di pasar atau ditawarkan ke depot-depot makan dan tempat-tempat lain yang sekiranya membutuhkan cabe rawit.

Untuk tenaga kerja, budidaya cabe rawit dapat kita kerjakan sendiri bersama keluarga agar tidak banyak mengeluarkan biaya untuk tenaga kerja.  Kelebihan dari usaha bisnis budidaya cabe rawit ini adalah harga jual terus tinggi dan permintaan juga banyak. Sehingga keuntungan termasuk cukup besar.

Namun demikian, budidaya cabe rawit ini tingkat persaingannya cukup tinggi dan ketat. Semua orang ingin mendapatkan keuntungan besar dari usaha budidaya cabe rawit. Sehingga tak sedikit masyarakat serius dalam bisnis budidaya cabe rawit. Terus belajar, menimba ilmu dan tak mudah menyerah, kunci sukses usaha bisnis budidaya cabe rawit.

BACA : BAHAYA SERANGAN JAMUR PHYTOPTHORA DI SAAT MUSIM PENGHUJAN

BUDIDAYA BENIH CABE RAWIT UNGGUL ORI 212

cabe ori 212, budidaya cabe rawit, jual murah benih, toko pertanian, lmga agro
Budidaya Cabe Rawit ORI 212

Pilih yang praktis, yaitu mendapatkan benih cabe rawit hanya di toko pertanian. Sekarang pun, mendapatkan benih dapat lebih praktis lagi, yaitu secara belanja online. Toko pertanian Online LMGA Agro melayani online semua pembelian dan Kami jual murah. Juga benih cabe rawit unggul ORI 212 dari Aura Seed.

Budidaya cabe rawit ORI 212 permukaan kulitnya bergelombang. Bentuk cabe rawit silindris memanjang. Cabe rawit ORI 212 berwarna putih kekuningan saat masih muda. Cabe rawit akan berubah berwarna merah saat sudah tua.

Budidaya cabe rawit ORI 212 panjang buah antara 3,2 – 3,6 cm dan berasa pedas. Dapat dipanen mulai umur 90 hari setelah tanam. Budidaya cabe rawit ORI 212 produksi tinggi dan adaptasi baik di dataran rendah sampai menengah. Produk benih dikemas dengan berat 10 gram.

Cabe rawit ORI 212 berubah warna dari hijau saat muda menjadi berwarna merah saat matang. Cabe rawit ORI 212 buah berukuran paling kecil dari jenis cabe lainnya. Dibandingkan jenis cabe lainnya seperti cabe merah besar dan cabe keriting.

Tingkat pedas cabe rawit ORI 212 cukup tinggi. Meskipun berukuran kecil namun tingkat pedasnya paling tinggi dari jenis cabe lainnya. Tingkat pedasnya mencapai 50.000 – 100.000 skala Scoville.

PERSEMAIAN BENIH CABE RAWIT ORI 212

Dibawah ini akan dijabarkan cara menyemai cabe rawit agar cepat tumbuh. Yaitu antara lain :

  • Persemaian benih menggunakan benih unggul cabe rawit ORI 212 dari Aura Seed.
  • Wadah disiapkan  untuk pembibitan. Misalnya pot semai, polybag ukuran kecil, tray semai atau persemaian pada bedengan.
  • Wadah pembibitan diisi dengan tanah, sekam bakar dan pupuk organik ( kandang/kompos ). Perbandingan 1 : 1 : 1.
  • Tanam benih cabe rawit ORI 212 satu per satu dalam setiap wadah semai. Kemudian tutuplah dengan tanah tipis-tipis saja.
  • Siram persemaian dengan air menggunakan alat siram dengan kucuran kecil. Setelah disiram, letakkan wadah di tempat teduh. Agar terhindar dari cahaya matahari langsung dan air hujan.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari.
  • Bibit akan berkecambah pada hari ke-4 sampai ke-5. Dan setelah hari ke-8, bibit akan tegak berdiri.

BACA : PETUNJUK MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BIJAK DAN BENAR

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA CABE RAWIT

Persiapan lahan untuk menanam bibit adalah dengan cara membajak atau dicangkul. Pengolahan tanah ini bertujuan agar tanah menjadi gembur. Tanah dibajak/dicangkul sampai sedalam 40 cm.

Setelah dicangkul, tanah diukur nilai pH-nya. Bila tanah terlalu asam, nilai pH <6 maka bisa dinetralkan dengan memberikan kapur dolomit. Pemberian ± 1 – 4 ton/ha tergantung tingkat keasamannya.

Bedengan dibuat lebar 110 – 120 cm dan tinggi 30 – 40 cm. Untuk panjang disesuaikan luas lahan. Jarak lebar antar bedengan adalah 70 cm. Bila tanah tampak kurus ( kekurangan unsur hara ) maka beri pupuk dasar tambahan. Yaitu pupuk Urea, SP-36 dan KCL dengan takaran cukup.

Bedengan yang sudah jadi, pada permukaannya dibuat lubang tanam. Lubang tanam dibuat menggunakan pola zig-zag dengan jarak 50 – 60 cm. Lubang tanam dibuat 2 baris per bedengan. Berjarak 70 cm antar baris dalam bedengan.

Lubang tanam dibuat dengan pola zig-zag seperti jajaran genjang. Bertujuan untuk meningkatkan cahaya matahari dapat masuk sampai ke seluruh bagian tanaman. Juga agar sirkulasi udara lancar.

Pemindahan bibit ke lubang tanam dilakukan secara hati-hati. Sobek plastik polibag, keluarkan bibit perlahan dan sertakan tanahnya. Masukkan ke dalam lubang tanam lalu timbun dengan tanah bercampur pupuk.

Pemindahan bibit dilakukan pada pagi atau sore hari. Agar mendapatkan cuaca sejuk dan redup sehingga saat pemindahan, bibit tampak segar. Ambillah sampah-sampah yang ada, kebun harus dalam keadaan bersih. Pemindahan bibit harus selesai dalam satu hari.

BUDIDAYA CABE RAWIT DALAM POLIBAG

Toko Pertanian, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian Kediri, Agen,Dealer, Distributor, cabe ori 212, budidaya cabe rawit, lmga agro
Pupuk Pertanian Cabe Rawit ORI 212

Budidaya cabe rawit dalam polibag yaitu bibit siap dapat dipindahkan ke polibag ukuran lebih besar. Sebelumnya polibag pembesaran sudah harus siap. Diameter polibag minimal 30 cm. Media tanahnya juga harus gembur dan sudah diberi pupuk organik ditambah pupuk kimia.

Budidaya cabe rawit pada polibag juga harus rutin menyirami setiap pagi. Perhatikan gulma disekitar tanaman cabe rawit. Penyiangan dilakukan secara rutin agar tanaman tumbuh dengan baik.

Budiaya Cabe Rawit Organik Di Pot/Polibag

Budidaya cabe rawit organik dalam polibag/pot hanya menggunakan pupuk organik ( kompos dan kandang ). Pengendalian hama dan penyakit tidak menggunakan pestisida. Pemupukan tambahan menggunakan pupuk organik cair.

Untuk mengatasi hamanya, bisa menggunakan air kunyit dan jahe lalu disemprotkan pada tanaman. Pestisida alami dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Pupuk Organik dapat juga dibuat sendiri atau membeli di toko pertanian Pupuk Organik Cair ( POC ). Budidaya cabe rawit organik syaratnya harus rajin memberi pupuk. Gunakan selalu pupuk kompos sehingga diperoleh cabe rawit organik.

Budidaya cabe rawit secara organik cocok dilakukan di polibag dan di pekarangan rumah lahan sempit. Cocok bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin menanam sendiri cabe rawit di rumah. Hal ini sebagai antisipasi menghadapi harga cabe rawit melambung tinggi dan langka di pasaran.

BACA : PENTINGNYA ROTASI TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANAM

PEMUPUKAN PADA BUDIDAYA CABE RAWIT

Budidaya cabe rawit membutuhkan asupan nutrisi cukup juga pemberian tepat dosisnya. Agar cabe rawit dapat tumbuh dan berproduksi dengan maksimal sesuai harapan.

Pemupukan budidaya cabe rawit terdiri dari pupuk dasar dan lanjutan.  Untuk cara pemberian pupuk ada 2 yaitu cara kocor dan tabur.

Pupuk Dasar Budidaya Cabe Rawit

  • Kapur Dolomit diaplikasikan dengan cara ditabur, merata pada bedengan. Dosis sesuai kebutuhan dan nilai pH tanah. Aplikasi Dolomit 7 – 10 hari sebelum pemberian pupuk kandang dan pupuk kimia. Sebelum pemupukan pupuk organik dan an-organik, pastikan bahwa Dolomit sudah larut terkena hujan atau air siram.
  • Pupuk organik ( kandang/kompos ) disebarkan merata pada bedengan. Dosis 20 ton/ha. Pupuk organik harus tercampur merata dengan tanah.
  • Pupuk an-organik yang dipakai adalah campuran TSP, KCl dan ZA dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Dosis sebanyak 1 ton/ha dengan rincian 500 kg TSP, 250 kg KCl dan 250 kg ZA. Ketiga jenis pupuk dicampur rata lalu ditaburkan di permukaan bedengan.
  • Pupuk an-organik ditaburkan 7 – 10 hari setelah pemberian pupuk organik. Setelah ditaburkan pupuk, ditutup tanah tebal 5 cm. Biarkan tanah 10 – 15 hari kedepan. Kemudian dapat dipasang mulsa plastik hitam perak. Sebelum dipasang, bedengan disiram air hingga basah.

CARA PEMUPUKAN BUDIDAYA CABE RAWIT SETIAP FASE TUMBUH

Kebutuhan pupuk cabe rawit berbeda-beda setiap fase pertumbuhannya. Pemupukan budidaya cabe rawit dilakukan secara dikocor, tugal ( ditabur ), foliar ( pupuk daun ) atau kombinasi dari ketiga cara pemupukan tersebut.

1. Pemupukan Cabe Rait ORI 212 Umur 7, 14, 21 HST. 

Pupuk NPK 16-16-16 dosis 3 gram/tanaman ( 250 ml air/tanaman ). Jadi 1 liter bisa untuk 4 tanaman. Pengocoran dilakukan 1 minggu sekali. ( Estimasi 1000 tanaman ).

1000 tanaman x 250 ml air/tanaman = 250 liter. Jadi untuk 1000 tanaman x 3 gram/tanaman = 3 kg NPK /1000 tanaman. Jadi pupuk diberikan sebanyak 3 kg NPK per 1000 tanaman.

2. Menghitung kebutuhan pupuk jika dilarutkan dalam drum/tangki kocor

1 drum = 200 liter.

3 gram/tanaman x 200 liter ( 4 tanaman ) = 3 gram/tanaman x 800

= 2400 gram = 2,4 kg NPK dalam drum 200 liter

1 tangki kocor = 20 liter, jadi kebutuhan pupuk 3 gram/tanaman x 20 liter ( 4 tanaman )

= 3 gram/tanaman x 80 = 240 gram NPK dalam tangki kocor 20 liter

3. Pemupukan Cabe Rawit ORI 212 Umur 28, 35 dan 42 HST.

Pemberian pupuk NPK 16-16-16 + TSP ( perbandingan 2 : 1 ). Dosis 5 gram/tanaman ( 250 ml/tanaman ). Jadi 1 liter untuk 4 tanaman. Estimasi jumlah 1000 tanaman.

1000 tanaman x 5 gram/tanaman = 5 kg NPK + TSP ( 3,5 NPK + 1,5 TSP ).

Kocor menggunakan drum = 200 liter. Jadi kebutuhan pupuk 5 gram/tanaman x 200 liter ( 4 tanaman ) = 4000 gram. Jadi 4 kg NPK + TSP ( perbandingan 2 : 1 )

Pengocoran menggunakan tangki 20 liter. Jadi pemberian pupuk dalam tangki adalah 5 gram/tanaman x 20 liter ( 4 tanaman ) = 400 gram NPK + TSP.

4. Pengocoran Cabe rawit umur 49, 56 dan 63 HST

Pemupukan NPK 16-16-16 + TSP + KCl ( 1 : 1 : 1 ). Dosis 10 gram/tanaman ( 250 ml air/tanaman ). 1 liter untuk 4 tanaman. Estimasi jumlah 1000 tanaman.

Jumlah kebutuhan pupuk adalah 1000 tanaman x 10 gram/tanaman = 10 kg ( 3,3 NPK + 3,3 TSP + 3,3 KCl )

Pengocoran dalam 1 drum = 200 liter. Maka kebutuhan pupuk 10 gram/tanaman x 200 liter ( 4 tanaman ) = 8000 gram = 8 kg NPK + TSP + KCl.

Pengocoran menggunakan tangki 20 liter. Jadi kebutuhan puouknya 10 gram/tanaman x 20 liter ( 4 tanaman ) = 800 gram NPK + TSP + KCl. 

5. Menjelang Fase Generatif ( pembungaan 25 HST ) 

Pemberian pupuk NPK 16-16-16 + TSP perbandingan 2 : 1. Dosis 10 gram/tanaman. Dengan estimasi jumlah 1000 tanaman maka kebutuhan pupuk adalah 1000 x 10 gram/tanaman = 10 kg NPK + TSP ( 6,5 kg NPK + 3,5 kg TSP ).

6. Menjelang Fase Generatif ( pembesaran buah 50 HST ) 

Pemberian pupuk NPK 16-16-16 + TSP + KCL ( 1 : 1 : 1 ). Dosis 20 gram/tanaman. Maka kebutuhan pupuk bila jumlah 1000 tanaman adalah 1000 tanaman x 20 gram/tanaman = 20 kg ( 6,5 NPK + 6,5 TSP + 6,5 KCL ).

7. Penyemprotan Pupuk Daun

Pupuk daun untuk budidaya cabe rawit disesuaikan fase pertumbuhannya. Dosis pemberian berkisar antara 1 – 3 gram/liter.

BACA : JUAL ALAT KOCOR TANAMAN MURAH ANDALAN PETANI

CARA MERAWAT CABE RAWIT DI MUSIM HUJAN

cabe ori 212, budidaya cabe rawit, alat pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Budidaya Cabe Rawit

1. Memperbaiki Drainase di Sekitar Tanaman Cabe Rawit

Genangan air menjadi pemicu berkembangnya Organisme Pengganggu Tanaman ( OPT ). Saluran pembuangan air harus selalu dalam kondisi baik agar air dapat mengalir lancar. Juga air tidak menggenang.

2. Mengatur Tingginya Bedengan

Budidaya cabe rawit di musim kemarau, tinggi bedengan cukup 50 cm saja. Namun untuk di musim hujan, bedengan dibuat lebih tinggi yaitu 60 – 70 cm. Bedengan lebih tinggi dimaksudkan untuk mengurangi kelembaban tanah akibat turunnya hujan.

3. Pengaturan Jarak Tanam Lebar

Petani yang biasa budidaya cabe rawit di musim hujan, membagi ilmunya tentang jarak tanam cabe rawit. Di musim hujan, sebaiknya jarak tanam cabe rawit adalah 60 x 70 cm dengan pola zig-zag ( pola segitiga ).

Jarak tanam cabe rawit lebar, akibatnya cahaya matahari dapat mencapai seluruh tubuh tanaman. Dan lingkungan juga tidak terlalu lembab.

Meskipun jumlah tanaman lebih sedikit namun perawatan tanaman menjadi lebih mudah dan memberikan iklim mikro yang lebih baik.

4. Penyiraman

Penyiraman pagi dan sore hari tergantung dari kelembaban pada daunnya. Bila daunnya dipegang tampak agak layu pasti kekurangan air. Namun apabila daun dipegang berasa kaku dan segar berarti tanaman belum membutuhkan suplai air.

HAMA DAN PENYAKIT BUDIDAYA CABE RAWIT ORI 212

Pemantauan perkembangan Organisme Pengganggu Tanaman secara intensif dilakukan dari awal budidaya cabe rawit. Tanaman cabe rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Beberapa hama dan penyakit terutama di musim hujan adalah ulat grayak, kutu kebul, thrips, ulat buah ( Helicoverpa ). Penyakit layu bakteri Ralstonia solanacearum, antraknosa/patek dan penyakit jamur lainnya.

Kutu kebul adalah hama pembawa virus gemini. Hama ini paling ditakuti petani karena membawa penyakit penyebab kegagalan panen. Juga menjadi penyebab penyakit antraknosa/patek dimana kegagalan panen sampai 90%.
Kutu kebul vektor pembawa virus kuning ( Gemini ). Pada gejala serangannya  membuat daun menguning. Pengendalian kutu kebul sulit dilakukan karena hama sulit terlihat.

Pengendalian kutu kebul memerlukan waktu yang efektif. Waktu yang tepat adalah saat fase nimfa. Pada fase ini, kutu kebul sudah aktif makan dan akan menetap dalam satu tempat hingga menjadi imago.
Pengendalian menggunakan insektisida sistemik berbahan aktif imidaclopride, abamektin, karbosulfan. Penyemprotan dilakukan sejak umur 14 hari setelah tanam. Penyemprotan setiap 10 hari sekali.

Penyakit antraknosa/patek disebarkan oleh angin atau percikan air hujan. Inilah sebabnya, penyakit antraknosa seringkali dijumpai dan berkembang cepat pada musim hujan. Antraknosa juga cepat berkembang pada kondisi kelembaban tinggi.

Antraknosa cepat berkembang bila hujan turun di siang hari kemudian muncul cuaca panas sesudahnya. Pengendalian lebih efektif bila cabe rawit yang sudah terserang disingkirkan dari lahan.

Pengendalian menggunakan fungisida dengan bahan aktif propineb, mankozeb, tebukonazol. Penyemprotan dilakukan saat mulai berbunga setiap 3 hari sekali. Penyemprotan di musim hujan sebaiknya menggunakan pestisida dengan bahan perekat dan perata.

Penyakit patek cabe rawit disebabkan sejenis serangga yang membenamkan larvanya hingga kemudian muncul penyakit. Timbul gejala daun mengeriting dan berkembang cepat di musim hujan. Air hujan mempunyai pH asam basa akan menempel pada daun cabe rawit.

RAHASIA SUKSES PETANI BUDIDAYA CABE RAWIT ORI 212

Sukses dalam budidaya cabe rawit tentu idaman setiap petani. Budidaya cabe rawit ORI 212 mudah dilakukan apalagi bila panen nantinya mendapatkan hasil baik dan maksimal. Harga cabe tinggi terutama bila di musim hujan.

Musim hujan selalu menjadi momok bagi petani cabe.  Akibat hujan, tanaman mudah terkena penyakit sehingga produksi turun dan harga cabe menjadi mahal.

Resiko gagal panen selalu menghantui petani cabe bila di musim hujan dan kemarau basah. Kelembaban tinggi di musim hujan merupakan kondisi paling disukai patogen penyebab penyakit. Jika tak siap mengantisipasi, petani bisa gagal panen bahkan merugi cukup banyak.

Salah satu penyakit paling ditakuti petani cabe rawit di musim hujan adalah antraknosa/patek. Penyebabnya adalah jamur Colletotrichum capsici. Antraknosa menyerang saat sudah muncul buah cabe rawit, sehingga dampaknya besar terhadap hasil panen.

Inovasi teknologi secara tepat guna oleh peneliti dapat membantu petani mengatasi permasalahan budidaya cabe rawit di musim hujan. Budidaya cabe rawit di musim hujan tetap bisa berhasil sukses dengan memanfaatkan teknologi secara tepat guna.

Rahasia sukses budidaya cabe rawit  dengan memadukan pemilihan lahan yang tepat. Menggunakan varietas cabe rawit tahan penyakit, cara budidaya yang sehat, sanitasi lingkungan dan pengendalian hama dan penyakit secara tepat guna.

Perhatikan selalu drainase sehingga dapat mengurangi kelembaban berlebihan. Pemilihan benih cabe rawit unggul dan tahan penyakit dapat menjamin tidak banyak hasil panen yang hilang. Hasil panen tetap optimal karena serangan hama dan penyakit dapat ditekan.

BACA : CABAI YOSI BUAH SERAGAM DAN RATA

SUKSES BUDIDAYA CABE RAWIT ORI 212 AURA SEED

Menentukan Lahan Budidaya

Menentukan lahan budidaya adalah hal penting karena jika salah tempat maka kerugian ke depan akan banyak kita alami.

  • Pilihlah lahan yang belum pernah atau tidak pernah ditanami cabe sebelumnya. Minimal selama jangka 1 tahun berjalan. Hama dan penyakit masih bersarang di lokasi dan disekitarnya walaupun tanaman sudah mati. Perlu waktu lama untuk memastikan lahan tersebut steril atau tidak.
  • Dianjurkan lahan tidak berdekatan dengan pertanaman cabe yang sudah lebih dulu ditanam. Jarak minimal bila harus berdekatan adalah 50 meter dan ada pembatas semak belukar yang rapat dan tebal. Dengan cara tersebut diharapkan penyebaran hama dan penyakit dapat terhalang.
  • Lahan harus dekat sumber air yang cukup. Air merupakan salah satu faktor keberhasilan budidaya cabe rawit. Kekurangan air mengakibatkan tanaman kerdil, pertumbuhan terganggu dan menyebabkan kerontokan bunga.
  • Lahan tidak berdekatan dengan tanaman kacang panjang. Banyak hama dari jenis kutu-kutuan seperti tungau, aphids dan thrips menyukai tanaman kacang panjang.
  • Lahan bebas banjir. Turunnya hujan deras hingga menyebabkan banjir sulit untuk diprediksi. Budidaya cabe rawit sangat rawan dan beresiko tinggi gagal panen jika lahan tergenang air hujan dan musim hujan tinggi.
  • Menentukan masa tanam yang tepat. Atau menerapkan manajemen pola tanam yang tepat. Tidak melakukan penanaman secara serentak untuk menghindari harga cabe jatuh. Misalnya petani di daerah A menanam cabe di bulan Januari, panen Maret/April. Lalu petani di daerah B mulai tanam Pebruari agar dapat panen April/Mei. Demikian seterusnya sehingga panen tidak tejadi bersamaan.

PEMANENAN CABE RAWIT ORI 212

Budidaya cabe rawit ORI 212 dapat mulai dipanen umur 90 HST. Panen cabe rawit dapat dilakukan sampai tanaman berumur 6 bulan atau lebih. Umur maksimal cabe rawit adalah 2 tahun. Pemanenan cabe rawit bisa mencapai 14 – 19 kali dalam sekali musim tanam.

Semakin tua umur tanaman, maka produktivitas semakin menurun dan sudah tidak maksimal lagi. Kualitas cabe rawit tidak bagus saat panen di awal. Pemanenan cabe rawit sebaiknya pada pagi hari. Dengan cara memetik cabe rawit beserta tangkainya.

Cabe rawit yang baik, bentuk buahnya ramping dan padat berisi. Cabe rawit seperti ini rasanya sangat pedas dan berharga tinggi di pasaran.

Demikan artikel tentang Budidaya Cabe Rawit ORI 212 Aura Seed. Hubungi HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah benih unggul cabe rawit ORI 212 dari Aura Seed.

Toko Pertanian Online LMGA Agro murah terpercaya, melayani juga belanja online pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian kebutuhan Anda bercocok tanam. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis tentang seluk beluk bercocok tanam.

Budidaya Cabe Rawit Benih Unggul ORI 212 Aura Seed. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengantarkan pemesanan Anda melalui jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lainnya. Pesanan Anda pasti aman, terjamin dan sampai di tujuan alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam sukses…