JUAL BENIH CABE MERAH KERITING HIBRIDA RED LAVA


cabe merah, cabe keriting, jual murah benih, lmga agro
CABE HIBRIDA RED LAVA

Jual Benih Cabe Merah Keriting Hibrida Red Lava. Toko Online Pertanian LMGA Agro HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Jual murah benih bibit tanaman hibrida Red Lava-Takii Seed.

Tersedia berbagai jenis benih hibrida buah dan sayuran, jenis pupuk, pestisida. Juga tersedia alat-alat pertanian sarana prasarana menanam cabe merah keriting juga tanaman lainnya.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi Pertanian seluk beluk tentang menanam cabe merah keriting dan tanaman lainnya. Kami siap mengirim pesanan Anda sampai ke alamat yang dituju di seluruh wilayah RI.

Cabe merah keriting merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Sektor agribisnis menanam cabe merah keriting banyak menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Ditambah dengan penggunaan benih hibrida untuk bibit tanaman cabe merah keriting yang memiliki banyak keunggulan dapat meningkatkan hasil panennya.

Manfaat cabe keriting banyak sekali karena kandungan gizi didalamnya yang lengkap. Cabe merah keriting baik untuk kesehatan kita, bahkan untuk mencegah penyakit paling ditakuti, yaitu kanker.

DESKRIPSI TENTANG CABE HIBRIDA RED LAVA

Cabe Hibrida RED LAVA merupakan produk dari Takii Seed Jepang. Cabe Red Lava adalah cabe merah keriting yang direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah.

Keunggulan dari cabe merah Keriting Red Lava ini antara lain :

  1. Umur panennya genjah, yaitu cabe dapat dipanen mulai umur 66 – 90 HST.
  2. Tanaman cabe merah ini memiliki potensi produktivitas adalah 0,9 – 1,2 kg/tanaman.
  3. Panjang cabe merah keriting  Red Lava 16 – 18 cm.
  4. Diameternya cabe Red Lava 0,7 – 1 cm.
  5. Bentuk buah cabe merah ini memanjang.
  6. Hasil panen cabe Red Lava per ha 13 – 15,8 ton/ha.

Cabe merah keriting Red Lava tangkai buahnya lurus dengan ujung buah yang runcing. Rasa buahnya juga pedas dan cocok sebagai penguat rasa makanan. Cabe merah keriting yang saat muda berwarna hijau mengkilat dan saat tua merah mengkilat ini sangat cocok untuk pewarna masakan pedas.

Cabe atau cabai merah keriting merupakan tumbuhan dari genus Capsicum. Buahnya masuk kategori sayuran dan bumbu tergantung dari cara memanfaatkannya.

Sebagai bumbu, cabai dengan pedasnya populer di Asia tenggara untuk menguatkan rasa dari makanan. Nama latin cabe adalah Capsicum annum L. adalah sayuran yang bernilai ekonomis tinggi.

Cabe merah keriting ini memiliki antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Antioksidan terbanyak pada cabe hijau seperti cabe hijau keriting Red Lava.

KANDUNGAN GIZI CABE MERAH KERITING DAN MANFAATNYA BAGI KITA

Cabe merah keriting termasuk cabe besar yang memiliki rasa pedas berbeda dengan cabe rawit yang berukuran lebih kecil. Rasa pedas cabe besar merah keriting masih kalah pedas namun cabe keriting rasanya lebih pedas dari cabe besar merah biasa.

Meskipun demikian, kandungan gizi dalam cabe adalah sama sehingga manfaatnyapun tidak berbeda. Bagi yang tidak begitu suka pedas, cabe merah keriting biasanya dicampurkan dalam masakan.

cabe merah keriting dapat memberikan sensasi pedas dan pewarna merah alami yang tajam dan tidak dimiliki oleh cabe rawit. Cabai memiliki kandungan gizi yang dapat menunjang kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Zat-zat yang sangat baik bagi tubuh dan hanya terdapat pada cabe adalah zat kapsaicin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Khusus vitamin C ini dalam jumlah besar yang dikandung cabe.

Selain sebagai bumbu dan pewarna alami, untuk kesehatan manfaat cabe merah keriting antara lain :

  • Sebagai obat luar yaitu mengobati penyakit rematik.
  • Mengobati sakit perut dan kedinginan meskipun bagi beberapa orang cabe sering dikaitkan dengan gangguan perut.
  • Memperkuat kerja jantung, nadi dan syaraf kita.
  • Dapat menyembuhkan luka pada jari yang teriris saat memasak, mencegah infeksi dan meredakan rasa nyeri.
  • Menghentikan pendarahan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Meredakan pilek dan hidung tersumbat karena mengandung zat Capsaicin yang dapat mengencerkan lendir.
  • Bermanfaat bagi penderita sinusitis dan meredakan batuk berdahak.
  • Mencegah stroke, terjadinya penyumbatan pembuluh darah, impotensi dan jantung koroner. Konsumsi rutin Capsaicin menyebabkan darah tetap encer.
  • Konsumsi cabe bermanfaat mengurangi terjadinya penggumpalan darah ( trombosis ).
  • Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi juga dapat meredakan migrain.
  • Meningkatkan nafsu makan karena zat Capsaicin dapat merangsang produksi hormon Endorphin yang dapat memberikan rasa nikmat dan senang.
  • Sebagai antibiotik alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Antioksidannya mampu mengatasi ketidaksuburan ( infertilitas ), afrodisiak dan memperlambat proses penuaan.
  • Mengandung vitamin B kompleks seperti Niacin, Piridoksin ( vitamin B6 ), riboflavin dan Thiamin ( vitamin B1 ). Vitamin ini sangat penting karena tubuh tidak memproduksinya sehingga harus diisi dari luar.

PUPUK UNTUK CABE MERAH KERITING

cabe merah, cabe keriting, Toko Pertanian, LMGA AGRO, Harga Murah, Toko Pertanian Kediri, Agen,Dealer, Distributor,
PUPUK UNTUK CABE MERAH KERITING

Harga cabe yang melonjak tinggi di pasaran mampu memikat para petani ingin menanam cabe merah keriting. Perawatannya mudah apalagi bila menggunakan benih hibrida seperti cabe merah keriting hibrida Red Lava yang banyak memiliki keunggulan sifat.

Menanam cabe merah keriting bibit hibrida petani akan dimudahkan dalam perawatannya. Tanaman akan tumbuh baik, menghasilkan panen yang tinggi, petani tidak perlu khawatir lagi tanamannya akan terinfeksi hama dan penyakit.

Dikarenakan tanaman telah toleran virus dan penyakit, buah juga tahan pengangkutan jarak jauh dan penyimpanan.  Kulit cabe merah keriting Red Lava tebal sehingga buah tidak mudah patah dan rusak.

Pemupukan bertujuan untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman agar tanaman tumbuh baikndan meningkatkan hasil panen cabe merah keriting. Jenis pupuk di pasaran banyak sekali baik yang organik maupun anorganik atau kimia.

Ketersediaan unsur hara dari pupuk penting sekali pemenuhannya bagi tanaman. Pemberian pupuk untuk cabe merah keriting jangan samapai kekurangan namun tidak pula berlebihan. Pemberian pupuk yang banyak justru menyebabkan terganggunya pertumbuhan cabe.

BACA JUGA : PRODUK BENIH ORIENTAL SEEDMUTU TERJAMIN

Pupuk NPK Phonska

Pemberian pupuk NPK Phonska ini oleh kebanyakan Petani diberikan dalam bentuk cair agar tanaman cabe merah keriting dapat berbuah lebat. Pemberiannya saat cabe merah keriting memasuki waktu pembungaan.

Pupuk Kandang untuk Pupuk Cabe Merah Keriting

Pemberian pupuk kandang lebih awal saat pengolahan tanah dan persiapan lahan untuk menanam bibit cabe merah keriting. Pupuk kandang yang bagus adalah berasal dari kotoran kambing, ayam, sapi, kerbau dan lain-lain.

Petani cabe merah keriting lebih memilih menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam. Hal tersebut karena kandungan N, Mg, Ca dan K yang cukup tinggi dibandingkan dari kotoran hewan lainnya. Pemberian pupuk kandang untuk cabe merah keriting diberikan 3 kali sampai panen.

NPK MUtiara 

Pupuk NPK Mutiara hadir dengan berbagai bentuk namun petani lebih menyukai yang berbentuk padat. Pemberiannya diyakini dapat melebatkan buah dan tanaman cabe merah keriting semakin subur.

NPK Mutiara diberikan langsung pada tanaman dengan cara disebarkan di sekitar tanaman. Atau bisa juga diberikan dengan cara dikocor.

BUDIDAYA CABE MERAH KERITING

Budidaya caba merah keriting agar dapat menghasilkan panen yang memuaskan maka kita harus memenuhi syarat tumbuh tanaman cabe merah keriting.

Terdapat 2 faktor yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang cabe merah keriting, yaitu iklim dan jenis tanah.

Cabe merah keriting Red Lava direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah – menengah. Cabe merah keriting masih dapat tumbuh di pegunungan yang tingginya mencapai 2000 meter di atas permukaan laut.

Iklim yang cocok adalah iklim tropis yang bersuhu lembab. Suhu yang baik sekitar 16 – 23 °C. Hampir semua jenis tanah dapat digunakan bertanam cabe merah keriting.

Kita dapat memilih jenis tanah yang kaya bahan organik, gembur, subur dan tidak mudah menggenang. Media tanah yang digunakan juga bebas dari penyakit yang dapat merusak tanaman. Derajat keasaman tanah adalah 5,5 – 6,8.

Pengolahan Tanah

  • Tebarkan pupuk kandang pada lahan yang akan kita tanami cabe merah keriting. Beitu juga untuk budidaya cabe merah keriting dalam polibag, kita harus menyiapkan media untuk tempat tumbuhnya.
  • Gemburkan tanah dengan cara digaru atau dicangkul agar pupuk kandang tercampur merata dalam tanah. Biarkan selama 1 minggu agar unsur hara meresap dalam tanah.
  • Berikan kapur Dolomit pada tanah bila pH tanah kurang dari 6.
  • Membuat bedengan untuk menanam bibit cabe dengan lebar 1 meter. Buat parit disamping bedengan dengan lebar 80 cm.
  • Setelah bedengan terbentuk tutuplah dengan mulsa plastik hitam perak sebaiknya lakukan pada siang hari saat matahari bersinar terik. Pada permukaan mulsa beri lubang dengan jarak 60 x 70 cm. Biarkan selama 2 minggu

BACA JUGA : CABAI F1 INKO 99 TUMBUH SEMPURNA DI DATARAN RENDAH DAN TINGGI

Persemaian Benih Bibit Tanaman Cabe Merah Keriting

cabe merah, cabe keriting, jual murah benih, lmga agro
ALAT KOCOR | LMGAAgro

Menanam cabe merah keriting Red Lava populasi per hektar adalah 33.333 – 40.000 tanaman atau kebutuhan benih per hektar adalah 177 – 212 gram. Benih cabe merah keriting dapat langsung ditanam untuk persemaian.

Bila Anda terbiasa merendam benih dalam air hangat untuk pembibitan maka dapat direndam selama 20 – 30 menit. Tempat persemaian sebaiknya menghadap ke arah timur. Berikan naungan untuk melindungi bibit dari serangan hama.

Media untuk menyemai adalah campuran pupuk kandang : tanah dengan perbandingan 1 : 3. Sebelumnya harus diayak hingga halus, bersihkan dari sampah dan batu lalu masukkan dalam polibag kecil.

Penyiraman bibit cabe merah keriting dilakukan setiap hari pagi atau sore hari dan jangan diberikan air secara berlebihan. Bibit cabe merah keriting sudah siap dipindahkan ke kebun setelah umur 20 – 30 hari. Atau bibit sudah memiliki daun sebanyak 5 – 6 helai daun.

Proses penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menjaga agar bibit tidak stress karena harus berpindah tempat. Sebaiknya penanaman bibit harus selesai dalam satu hari.

Caranya dengan menyobek plastik polibag terlebih dahulu, kemudian masukkan bibit cabe merah keriting Red Lava ke lubang tanam di bedengan. Usahakan media tanam bibit tidak pecah atau rusak. Setelah ditanam, siram hingga lembab.

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN CABE RED LAVA

Perawatan dan pemeliharaan cabe merah keriting dilakukan rutin. Saat musim kering, perlu dilakukan penyiraman lebih intens. Penyiraman dilakukan cara penggenangan atau kocor.

Untuk bibit yang baru ditanam, penyiraman menggunakan alat siram yang butirannya halus. Tujuanya agar tidak merusak tanaman cabe merah keriting.

Penggenangan dapat dilakukan 2 minggu sekali saja. Kemudian air kita siramkan pada tanaman secara merata menggunakan gayung atau ember kecil.

Selama 2 minggu pertama sejak bibit dipindahkan, lakukan pengamatan secara rutin pertumbuhan cabe merah keriting. Lakukan penyulaman yaitu mengganti tanaman yang mati, tidak normal pertumbuhannya dengan bibit yang baru.

Cabe merah keriting nanti dalam perkembangan pohonnya membutuhkan penopang agar dapat berdiri tegak. Sebilah bambu dapat digunakan sebagai ajir atau lanjarang penopang tegaknya batang cabe merah keriting.

Ajir ditancapkan dengan jarak 4 cm dari pangkal batang cabe merah keriting. Ajir mulai ditancapkan pada hari ke-7 setelah penanaman bibit saat perakaran tanaman belum panjang.

Bila terlambat dan umur tanaman sudah besar dan perakarannya sudah panjang, maka penancapan ajir bisa merusak dan melukai akar. Bila ada luka pada akar, mudah sekali jamur dan bakteri menyerang.

Setelah umur 1 bulan, batang cabe merah keriting dapat diikatkan pada ajir. Perlakuan pemangkasan tunas air cabe merah keriting, dilakukan pada umur 3 minggu untuk cabe yang ditanama di dtaran rendah.

Sedangkan untuk cabe yang di tanam di dataran tinggi, pemangkasan dimulai pada umur 1 bulan.  Tunas-tunas di bagian ketiak daun dipotong sampai terbentuk cabang utama. Yang ditandai munculnya bunga pertama.

Disela-sela kegiatan penyiraman, pemupukan dan lain-lain, bisa sambil melakukan penyiangan yaitu mencabut rumput-rumput yang tumbuh disekitar tanaman dan dipinggir bedengan.

PEMUPUKAN CABE MERAH KERITING

Pemupukan pada cabe merah keriting diberikan pada saat awal yaitu persiapan lahan menanam dan pemupukan susulan setelah penanaman bibit.

Pemupukan dasar yaitu memberikan pupuk kandang saat pengolahan lahan  atau saat pembuatan bedengan. Bila pH tanah kurang dari 5,5, kapur Dolomit digunakan untuk menetralkan pH tanah yang asam.

Bila tanah dirasa kurang subur maka tambahkan pupuk kimia untuk pemupukan dasar. Lebih praktis bila menggunakan pupuk NPK yang ditaburkan lalu tanah dicangkul lagi agar pupuk mencampur rata.

Memasuki umur 10 setelah pindah tanam, lakukan pemberian pupuk susulan. Sebaiknya pupuk susulan diberikan dengan cara dikocorkan karena lebih praktis. Juga sekaligus kita dapat menyiram tanaman.

Pemberian pupuk cabe merah keriting bila pada musim kemarau lebih efektif dengan cara pengocoran. Sedangkan untuk musim hujan lebih efektif dengan cara ditabur.

Selanjutnya dilakukan pemupukan susulan tiap dua minggu sekali hingga panen akhir. Agar lebih praktis gunakan pupuk cair sebanyak 100 ml liter yang telah diencerkan lalu siramkan langsung pada tanaman. Jika perlu tambahkan pupuk NPK ke dalam campuran tersebut.

Pemupukan susulan hingga cabe merah keriting panen yang ke-7. Setelahnya tidak perlu dilakukan pemupukan susulan karena produktifitas tanaman yang sudah menurun sehingga akan sia-sia belaka bila diberi pupuk.

BACA JUGA : PUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN

DOSIS DAN CARA PUPUK SUSULAN CABE MERAH KERITING

  1. Pupuk Susulan Pertama diberikan pada umur 10 HST. NPK 16-16-16 ( 4 kg ) dilarutkan dengan 250 liter air. Lalu dikocorkan pada tanaman dosis 250 ml/tanaman.
  2. Pupuk Susulan Kedua pada umur 17 HST NPK 16-16-16 ( 6 kg ) dilarutkan dalam 250 liter air. Dikocorkan pada tanaman dengan dosis 250 ml/tanaman.
  3. Pupuk Susulan Ketiga pada umur 24 HST. Urea 1 kg + NPK 4 kg + KNO Putih 1 kg + TSP 1 kg + MKP 1 kg. Cara Kocor atau cara ditaburkan.
  4. Pupuk Susulan Keempat pada umur 30 HST. Urea 1 kg + NPK 4 kg + KNO Putih 2 kg + TSP 2 kg + MKP 1 kg. Cara kocor  atau ditabur.
  5. Pupuk Susulan Kelima diberikan pada umur 40 HST. NPK 6 kg + KNO Putih 2 kg, TSP 2kg + MKP 2 kg diberikan dengan cara kocor atau ditabur.
  6. Pupuk Susulan Keenam diberikan pada umur 5o HST NPK 8 kg + KNO Putih 2 kg + TSP 3 kg + MKP 2 kg. Untuk selanjutnya diberikan setiap 10 hari sekali sampai panen ke-7.

Cara dan dosis pupuk yang diberikan tidak mutlak sama karena harus disesuaikan dengan kondisi tanaman dan tingkat kesuburan tanah. Tanah memiliki kandungan hara yang berbeda-beda sehingga dosis dan pupuk yang dipakai disesuaikan dengan kondisi.

Pemberian pupuk cara ditabur dengan cara melingkari tanaman dan berjarak 15 cm dari pangkal batang cabe merah keriting. Lalu pupuk ditutup tanah agar tidak ikut hanyut saat penyiraman atau hujan.

HAMA DAN PENYAKIT BUDIDAYA CABE MERAH KERITING

Menanam cabe merah keriting di musim kemarau cenderung tidak banyak hama dan penyakit dibandingkan menanam saat musim hujan.

Namun tetap saja bila kondisi lingkungan mendukung, ancaman serangan tungau dan thrips tetap saja ada. Untuk itu tetap melakukan pencegahan yang lebih parah seperti menjaga kebersihan kebun.

Penyemprotan akarisida dilakukan sejak awal tanaman. Hama lain yang sering menyerang tanaman cabe adalah lalat buah. Bila penyiraman berlebihan dapat menyebabkan busuk akar. Sehingga akar mudah terinfeksi jamur dan bakteri.

Untuk cara mengendalikan hama dan penyakit dan konsultasi mengenai hama dan gejala serangan yang terjadi dapat Anda konsultasikan pada kami. Toko Online Pertanian LMGA Agro.

BACA JUGA : CABE KITARO UNGGUL DI DAERAH PANAS DAN TAHAN VIRUS

PANEN CABE MERAH kERITING RED LAVA – TAKII SEED

Cabe hibrida Red Lava umur panennya genjah, yaitu umur 66 HST sudah dapat dipetik hasilnya. Dan inilah yang kita tunggu-tunggu selama melakukan serangkaian perawatan dan pemeliharaan.

Proses pemanenan cabe merah keriting dapat dilakukan berulang kali dengan interval 2 – 5 hari sekali. Pemetikan cabe merah keriting juga disesuaikan dengan keadaan pasar dan kematangan cabenya.

Pemetikan harus disertakan tangkainya agar cabe dapat bertahan lama. Pemetikan dilakukan pagi hari sekitar pukul 5 – 7 pagi atau bila sedang turun hujan menunggu hingga reda.

Panen cabe merah keriting hibrida Red Lava per tanaman menghasilkan 110 – 195 buah per tanaman. Berat cabenya 0,75 – 0,85 kg/buah dengan potensi hasilnya 13 – 15,8 ton/ha.

Demikian artikel tentang Jual Benih Cabe merah Keriting Hibrida Red Lava. Hp 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Benih produk terbaik dari Takii-Seed Jepang. Jual murah benih cabe hibrida Red Lava di Toko Online pertanian LMGA Agro.

Toko Online pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi Gratis. Juga menyediakan benih-benih hibrida dari buah dan sayuran lain, jenis-jenis pupuk, ZPT dan pestisida.

Tersedia dengan harga murah alat-alat pertanian untuk sarana dan prasarana Anda bercocok tanam cabe merah keriting. Alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa, alat pelubang tanam dan lain-lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba menanam cabe merah keriting benih hibrida Red Lava dari Takii seed. Kami siap mengirim cepat dan sampai tujuan bersama JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

 

Iklan