MELON MADU, MUDAH DALAM BUDIDAYANYA DAN MENGUNTUNGKAN


melon madu, budidaya melon, menanam melon, lmga agro
MELON MADU MELON F1 STR 11

Melon Madu, Mudah Dalam Budidayanya dan Menguntungkan. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih untuk bibit melon hibrida F1, menyediakan juga bibit buah lainnya seperti semangka dan pepaya. Bibit dari benih F1 sayuran yang bebas penyakit dan virus.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi pada hari dan jam kerja mengenai segala hal tentang bercocok tanam dan permasalahan yang Anda temui selama di lapangan. Tersedia banyak jenis pupuk dan pestisida juga alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa plastik hitam perak, alat pelubang mulsa dan lain-lain.

Melon madu artinya adalah buah melon yang daging buahnya rasanya manis menyerupai rasa manis pada madu yang menyehatkan. Melon madu merupakan jenis melon yang paling manis diantara jenis melon yang lain.

MELON MADU YANG MANIS DAN KAYA NUTRISI

Melon memiliki nama latin Cucumis melo L. adalah salah satu buah yang digemari masyarakat karena manisnya dan segarnya. Dapat dimakan langsung maupun dijadikan es buah atau jenis es yang lain.

Melon madu masuk pada kategori tanaman labu-labuan. Memiliki daging buah berwarna putih hingga merah dan bertekstur lunak. Rasa buah melon madu manis, renyah, nikmat dan segar. Aroma buah yang harum dan menggugah selera.

Melon adalah tanaman asli dari Mediterania dan mulai dikenal masyarakat Indonesia dan menyebar luas di tahun 1980. Terdapat beberapa jenis melon yang sering dijumpai di tanah air antara lain melon hijau, melon jingga, melon emas dan melon madu.

Melon madu atau Honeydew melon merupakan salah satu jenis melon yang paling manis. Melon madu memiliki ciri fisik berupa kulit luar berwarna hijau keputihan, tekstur halus dan mengkilat. Daging buah melon madu berwarna hijau pucat dan mirip dengan daging buah melon hijau.

Secara umum, buah melon memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita, begitu juga dengan melon madu. Melon madu mengandung energi buah yang tinggi ( 52 kcal ), Karbohidrat  ( 13,81 g ), gula ( 10,39 g ). Kandungan lemak ( 0,17 g ) lebih rendah dari protein ( 0,26 g ). Melon madu memiliki kandungan air yang tinggi ( 85,56 g ).

Kandungan vitamin dalam melon madu adalah vitamin A ( 3 mg ), vitamin B1 ( 0,017 mg ), Vitamin B2 ( 0,026 mg ), vitamin B3 ( 0,091 mg ), vitamin B5 ( 0,061 mg ), vitamin B6 ( 0,041 mg ), Vitamin B9 ( 3 mg ), vitamin C ( 4,6 mg ), Kalsium ( 6 mg ), Zat besi ( 0,12 mg ), Magnesium ( 5 mg ), Fosfor ( 11 mg ), Kalium ( 107 mg ) dan Seng ( 0,04 mg ).

MELON MADU KAYA MANFAAT BAGI KESEHATAN

budidaya melon, menanam melon, jual benih melon f1, lmga agro
MELON MADU ERNA F1

Setelah diketahui bahwa kandungan nutrisi dalam daging buah melon yang komplit, maka manfaat melon madu ini adalah sebagai berikut :

  1. Melon madu dapat membantu menurunkan berat badan. Karena dalam buah melon mengandung serat yang tinggi, rendah lemak dan tinggi kandungan air dan karbohidratnya. Mengkonsumsi melon madu dapat menunda lapar dan perut cepat merasa kenyang.
  2. Melon madu dapat meredakan perut yang sedang mulas atau sedang maag. Kandungan air dalam melon madu yang tinggi dapat menurunkan ketegangan perut. Mengkonsumsi yang baik bila dijus adalah jus melon madu tanpa gula.
  3. Melon madu dapat mencegah penyakit stroke karena melon madu kaya kandungan Kalium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya serangan stroke. Kalium merupakan komponen penting penyusun sel dan cairan tubuh kita yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga penyakit stroke dan serangan jantung dapat dicegah.
  4. Melon madu membantu menyembuhkan penyakit ginjal. Dengan kandungan dalam buah melon juga dapat menyembuhkan penyakit eksim.

BACA JUGA : BENIH MELON

BUDIDAYA MELON MADU MENGUNTUNGKAN

Melon madu adalah jenis melon paling manis diantara jenis melon yang lain. Namun demikian beberapa petani masih enggan melakukan budidaya melon madu ini karena serangan hama dan penyakit yang tidak sedikit dan modal produksinya cukup mahal.

Harga melon madu banyak ditawarkan di media sosial artinya bahwa tidak sedikit konsumen yang mencari berapa harga melon madu yang ada di pasaran. Dan juga banyaknya peminat konsumen dari melon madu yang segar ini.

Petani yang berhasil mengembangkan tanaman melon madu ini dengan luas lahan 0,5 ha dan modal sebesar Rp. 40 juta. Dengan luas lahan setengah hektar itu, dapat dikembangkan sebanyak 2350 batang melon dan dapat dipanen pada umur 75 hari.

Melon madu meskipun rasanya paling manis, namun harga melon madu masih dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Harga melon madu di pasaran berkisar Rp. 12.000/kg hingga Rp. 15.000/kg. Bila ada kenaikan harga melon maka hanya berkisar naik Rp. 1000/kg saja.

Biasanya, harga melon madu dipasaran mulai naik bila sudah memasuki musim tanam padi. Karena lahan-lahan sawah mulai banyak ditanami Padi sehingga ketersediaan melon sedikit berkurang.

BACA JUGA : MANISNYA ERNA MELON TAHAN VIRUS MUTIARA BUMI

MELON DAGING PUTIH RASA SEMANIS MADU

Berikut adalah benih melon madu hibrida F1 yang dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

  1. Melon F1 PERTIWI dari PT Agri Makmur Pertiwi dengan merk Benih Pertiwi. Adaptasi di dataran rendah. Tanaman tahan virus. Buah oval diameter 15-17 cm dan tebal daging 3-4 cm. Net tebal, aroma kuat dan kadar manis 11-14 %brix. Panen umur 58-60 hst dengan berat 2-3 kg/buah.
  2. Melon F1 LA_02 dari Sejahtera Seed. Benih bebas virus. Net rata, daging manis 11,7-12,8 % brix. Berat buah 2,1-2,6 kg.
  3. Melon F1 STR 11 dari Sejahtera Seed. Benih tahan virus, net yang rata dan kadar gula 11-12 % Brix. Panen umur 60-63 hst.
  4. Melon F1 ERNA dari Mutiara Bumi. Produk unggulan yang tahan virus dan penyakit. Adaptasinya luas dan mudah dibuahkan lebih dari 1 buah. Kadar gula 12-13 % Brix. Panen umur 60-65 hst dengan berat 2-3 kg/buah.
  5. Melon F1 ACTION 434 Cap Kapal Terbang. Kulit net rata dan tebal. Benih tahan embun tepung dan penyakit kresek. Kadar gula 12 % Brix. Berat buah 3 kg dan panen umur 65 hst.
  6. Melon F1 AMANTA Cap Panah Merah. Tanaman mudah dibuahkan lebih dari 1 buah. Netnya rata dan tebal. Bebas penyakit dan virus. Kadar gula 13 % Brix. Daging putih dengan berat 3 kg/buah.
  7. Melon F1 GRACIA Cap Panah Merah. Rekomendasi untuk dataran rendah. Buah tidak mudah lunak sehingga tahan simpan dan pengangkutan jarak jauh. Panen umur 65-70 hst dan berat 1990-2290 g/buah.
  8. Melon F1 ARAMIS Cap Panah Merah. Net buah rata dan rapat. Tahan penyakit, kadar gula 12 % Brix. Berat 3 kg/buah.
  9. Melon F1 MELINDO 15 Cap Kapal Terbang. Net buah rapat dan tebal dan tahan virus. Kadar gula 12 % Brix, berat 3,5 kg/buah dan bisa dibuahkan lebih dari 1 buah.
  10. Melon F1 MELINDO 14 Cap Kapal Terbang. Toleran dari virus. Kadar gula 12 % Brix dengan berat buah 3,5. Daging buah putih, keras, dipanen umur 65 hst.

BUDIDAYA MELON MADU MUDAH

budidaya melon, bibit melon, benih melon f1, lmga agro
TRAY SEMAI BIBIT MELON MADU

Melon madu seperti tanaman melon lainnya adalah termasuk suku timun-timunan yang tumbuh merambat dan bukan memanjat. sehingga bila tidak ditopang penyangga seperti ajir/lanjaran, batang tanaman akan tumbuh menjalar di permukaan tanah.

Budidaya melon madu cocok bila berada di kisaran ketinggian 250 – 700 m dpl. Bila ketinggian kurang dari 250 meter dpl maka tanaman melon akan menghasilkan buah yang kecil-kecil. Dan bila ditanam di dataran tinggi yang suhunya dibawah 18 °C, maka tanaman akan sulit berkembang.

Budidaya melon madu di dataran rendah, tingkat serangan penyakit tanaman lebih rendah dan rata-rata serangannya mudah dikendalikan.

Untuk kelembaban udara yang sesuai untuk pertumbuhan melon madu adalah antara 50 – 70%. Suhu rata-rata yang cocok untuk budidaya melon madu berkisar antara 25 – 30 °C dan curah hujan berkisar antara 1500 – 2500 mm/tahun. Kualitas melon yang terbaik terjadi bila perbedaan suhu siang hari dan malam hari cukup signifikan.

Jenis tanah yang baik menanam melon madu adalah tanah Andosol atau tanah liat berpasir dan banyak mengandung bahan organik. Jenis tanah seperti tersebut, memudahkan akar berkembang baik.

Keberadaan air penting untuk perkembangan melon madu. Namun air yang baik berasal dari irigasi, jangan dari air hujan. Tanaman melon tidak menyukai air yang berlebihan karena menyebabkan tanaman mati atau tidak tumbuh sempurna ( layu ).

Lokasi lahan untuk melon madu sebaiknya memiliki kelembaban udara rendah ( kering ) dan tidak ternaungi. Lokasi lahan disukai yang terbuka namun sinar matahari tidak terlalu terik. Penyinaran yang sesuai adalah 70%.

CARA MENYEMAIKAN BENIH MELON MADU

Cara menyemaikan benih adalah dengan memilih benih melon madu yang baik dan dapat tumbuh seragam. Pilihlah benih yang bersertifikat dikeluarkan oleh pabrik benih terpercaya dan sudah berpengalaman.

Kebutuhan benih melon madu disesuaikan dengan luas lahan dengan tambahan sebanyak 10 – 15% dari jumlah total tanaman, digunakan saat mengganti bibit melon madu yang mati setelah dipindahkan nanti.

Benih melon madu hibrida keluaran pabrik benih terjamin mutunya. Benih hibrida F1 ini telah diberi fungisida sehingga dapat tahan penyakit, virus atau keunggulan lainnya. Sehingga memakai benih hibrida F1 dipastikan tanaman akan tumbuh sehat, baik dan dapat berbuah dengan maksimal.

Tahap penyemaian diawali dengan menyiapkan media tanamnya. Media tanam menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1. Bahan media tanam untuk pembibitan, sebelumnya harus diayak dulu agar akar bibit dapat tumbuh maksimal. setelah dicampur merata, media tanam tadi dimasukkan polibag ukuran 6 x 8 cm.

Masukkan benih melon madu dalam polibag dengan posisi benih runcing ke bawah. Kemudian setelah selesai semua, polibag-polibag diatur berjajar rapi menghadap ke timur agar mendapat sinar matahari pagi hari. Selanjutnya membuat sungkup dan membuat rangka dari batang bambu. Rangka yang sudah dibuat ditutup dengan plastik transparan.

Perawatan bibit di persemaian yaitu menyiram rutin setiap pagi menggunakan tanki semprot. Jangan menyiram bibit pada siang hari agar tanaman tidak mengalami stress yang membuat tanaman menjadi layu/lemas.

BACA JUGA : JUAL BIBIT MELON TERMURAH DAN KUALITAS TERBAIK

PERSIAPAN LAHAN MENANAM MELON MADU

perawatan melon, budidaya melon, benih melon hibrida, lmga agro
ALAT KOCOR PERAWATAN MELON
  1. Sambil menunggu bibit dipersemaian tumbuh dan siap dipindah, kita mempersiapkan lahan dulu yang akan digunakan untuk menanam bibit melon madu. Bibit dipersemaian nanti dipelihara sampai berumur 8 hari dan sudah ada 2 – 3 daun kemudian bibit ditanam di kebun tetap.
  2. Persiapan lahan dengan cara membajak tanah menggunakan cangkul atau traktor.Tanah dibajak sampai kedalaman 20 – 30 cm lalu tanah dibiarkan selama 5 – 7 hari.
  3. Selesai dibajak, saatnya membuat bedengan dengan lebar 100 – 120 cm dan panjangnya disesuaikan luas lahan ( maksimal 15 meter ). Tinggi bedengan 30 – 40 cm dan jarak antar bedengan yang digunakan untuk saluran drainase, adalah 40 – 50 cm. Kedalaman drainase 50 cm.
  4. Selesai membuat bedengan, dilanjutkan memberikan pupuk dasar melon madu. Menggunakan Dolomit 2 ton/ha disesuaikan dengan pH tanah. Kemudian tanah dicangkul sampai kedalaman 10 – 15 cm agar Dolomit bercampur dengan tanah.
  5. Ditambahkan juga 5 ton/ha pupuk kandang dan pupuk kimia yaitu 150 kg/ha ZA, 450 kg/ha TSP dan 200 kg/ha KCl diberikan merata di seluruh bedengan yang dibuat. Bedengan dicangkul agar pupuk tercampur merata lalu tanah disiram untuk mempercepat pupuk meresap dalam tanah.
  6. Bila menggunakan mulsa plastik hitam perak, lakukan penutupan pada siang hari yang terik. Mulsa yang dipakai yang berukuran 100 – 125 cm. Pada ujung-ujung mulsa dan di sisi bedengan, mulsa dijepit menggunakan bambu/kayu.
  7. Selesai mulsa terpasang, saatnya membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam. Lubang tanam terdiri dari 2 baris, jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam satu baris adalah 50 – 60 cm. Selain membuat lubang tanam untuk menanam bibit, juga membuat lubang pupuk dengan jarak 15 cm dari lubang tanaman.
  8. Setelah bedengan siap ditanami dan bibit juga sudah siap untuk ditanam di bedengan. Maka bibit melon madu berumur 8 hari dan memiliki daun 2 – 3 daun siap untuk dipindahkan. Penanaman bibit dilakukan pagi sebelum pukul 9 pagi atau sore hari setelah pukul 15.30. Sehari sebelum penanaman bibit, antara polibag bibit dan bedengan dilakukan penyiraman.

PERAWATAN BUDIDAYA MELON MADU

Perawatan budidaya melon madu setelah penanaman bibit adalah penyulaman atau mengganti bibit yang rusak, mati atau layu. Penyulaman dilakukan maksimal sampai 2 minggu setelah penanaman bibit di kebun.

Penyiraman rutin dilakukan setiap hari sampai umur 2 minggu setelah tanam bibit. Bila turun hujan, penyiraman dapat dikurangi intensitasnya sesuai kondisi lapangan.

Pemberian air dengan air dialirkan pada saluran air antar bedengan sampai 2/3 tinggi bedengan. Air yang ada di saluran drainase disiramkan ke tanaman. Bila perlu penyiraman dapat ditambahkan dengan menggunakan alat gembor.

Pupuk susulan melon madu dilakukan bertahap sesuai fase pertumbuhannya. Pupuk diberikan dalam bentuk cair sebanyak 200 liter air, dapat menggunakan drum pupuk yang dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Pupuk diberikan pada tanaman sebanyak 200 cc atau 1 gelas aqua pada lubang pupuk.

Pupuk susulan pertama umur 7 hst, yaitu pupuk NPK 4 kg menggunakan drum pupuk.

  1. Pupuk susulan kedua umur 14 hst, yaitu 6 kg NPK 16-16-16 ditambah 2 kg KNO3 Merah dalam drum pupuk.
  2. Pupuk susulan ketiga dan keempat, umur 20 dan 30 hst menjelang munculnya bunga. Pemupukan 5 kg NPK, 3 kg TSP, 2 kg KCl dan 1 kg KNO3 Merah dosis per drum pupuk.
  3. Pupuk susulan kelima umur 40 – 45 hst. Dosis per drum pupuk yaitu 5 kg NPK + 3 kg TSP + 2 kg KCl + 1 kg KNO3 Putih + 1 kg MKP + 1 kg Calcium Fertilizer + 500 g/ha Magnesium Sulfat.
  4. Melon madu umur 12 hari setelah pindah atau telah ada 5 helai daun, batangnya harus diikatkan pada ajir penyangga. Pengikatan menggunakan tali salaran tersedia di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Pengikatan dilakukan 3 hari sekali sampai diikat di ujung tanaman.

Pemangkasan dilakukan pada cabang lateral yang tumbuh di pangkal batang hingga ruas ke-8. Cabang tanaman yang dipelihara ruas ke-9 sampai ke-11.Bila ukuran buah sudah sebesar telur, maka buah yang disisakan sebanyak 1 buah saja. Dipilih buah yang besar dan bentuknya bulat sempurna.

Bersihkan kebun dari gulma atau rumput-rumput liar. Juga sisa kotoran, daun kering yang rontok, ranting dan cabang akibat dari pemangkasan.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT MELON

Hama dan penyakit tanaman melon memang banyak ragamnya baik jenis serangga, kutu, bakteri, jamur maupun virusnya. Inilah yang kadangkala menyebabkan keengganan petani untuk bercocok tanam melon.

Namun dengan mempelajari gejala yang muncul maka dapat diketahui jenis hama yang menyerang. Dan selanjutnya kita dapat menentukan cara pengendalian atau cara mengatasi serangan hama tersebut. Seringkali juga penyakit yang timbul akibat dari serangan hama.

Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi seputar cara mengendalikan hama dan penyakit tanaman Anda. Kami juga menyediakan berbagai jenis pestisida baik untuk hama maupun penyakit juga memberikan dosis yang tepat agar tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Kondisi lingkungan Indonesia yang tropis juga cukup rentan terjadinya serangan hama dan penyakit. Hama yang biasa menyerang tanaman melon madu antara lain kutu daun, lalat buah, ulat daun, thrips dan tungau. Sedangkan penyakit yang sering terjadi pada budidaya melon madu adalah antraknosa, busuk buah, busuk batang dan mozaik.

Langkah teknis yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit adalah dengan melakukan :

  • Rotasi tanaman
  • Pemupukan berimbang
  • Sanitasi kebun
  • Penyemprotan sesuai dosis anjuran

BACA JUGA : MELON TAHAN VIRUS STR-11

MELON MADU BENIH HIBRIDA F1

Melon madu dengan benih hibrida F1 sudah bersifat toleran dari penyakit seperti layu, embun tepung dan dari hama lalat buah. Namun tidak ada salahnya bila kami menjabarkan tentang penyakit dan hama yang paling sering menyerang tanaman melon.

Penyakit Embun Tepung. Gejala tanaman yang diserang tampak pada batang dan daunnya yang dilapisi semacam tepung putih. Jika seluruh bagian tanaman yang terserang maka akan menjadi warna coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi kerdil dan lemah karena pertumbuhan terhambat. Tanaman yang terinfeksi harus segera dicabut lalu dimusnahkan. Bila tingkat serangan tinggi, semprotkan fungisida berbahan aktif benomyl, triadimefon, oksitioquinoks dan tembaga.

Penyakit Layu menyebabkan tanaman menjadi layu permanen. Jika batang diiris melintang, tampak pembuluh xylem yang menghitam. Ada 2 jenis penyakit layu berdasar penyebabnya. Yaitu penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh jamur dan layu bakteri yang disebabkan oleh bakteri. Tanah yang memiliki pH tanah rendah, tanaman mudah sekali  terkena penyakit layu. Taburi tanah dengan kapur dolomit sesuai kebutuhan. Musnahkan tanah yang terserang dan setelah panen melakukan pergiliran tanaman.

Serangan lalat buah, dengan menyuntikkan telurnya ke buah yang masih kecil. Telur-telur dalam buah akan menetas menjadi larva dan larva inilah yang menggerogoti  buah melon hingga melon membusuk dan rusak. Pengendalian mencegah serangan lalat buah dengan membuat perangkap lalat buah dan penyemprotan insektisida berbau tajam seperti Curacron.

CARA PANEN MELON MADU

Budidaya melon madu untuk calon buah yang dipelihara berasal dari bunga betina pada cabang lateral ruas ke-9 sampai ke-12. Buah yang dipelihara hanya 1 buah per batang dan yang penampilannya sehat. Khusus varietas yang dapat berbuah besar maka buah yang dibesarkan sebanyak 2 buah/batang.

Melon madu dipanen pada tingkat kematangan yang cukup dan berumur 65 – 70 hst. Ciri melon madu matang yaitu warna buah mulai berubah, terdapat retak pada tangkai buah, jaring/net pada kulit buah sdudah tampak jelas dan tegas serta aroma buah yang tajam meskipun belum dibelah.

Ciri lainnya adalah buah yang mudah dipetik dari tangkainya, daun yang paling dekat bunga sudah mengering dan buah akan tenggelam bila dimasukkan air.

Melon madu yang akan dipanen sebaiknya tingkat kematangannya sekitar 90% dan sekitar 3 – 7 hari lagi akan matang penuh. Hal ini bertujuan memberi waktu saat distribusi melon nanti. Panen yang baik pada pagi hari sekitar pukul 8 sampai 11 dan dilakukan bertahap.

Cara memetik melon madu adalah memetik menggunakan pisau atau gunting. Tangkai dipotong seperti huruf T, jadi tangkai yang dipotong yang mengarah ke daun bukan ke buah.

Demikian artikel Kami tentang Melon Madu, Mudah dalam Budidayanya dan Menguntungkan. Hubungi kami di 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual berbagai jenis dan varietas benih melon madu, dan melon lainnya. Juga benih buah dan sayur lainnya yang unggul dan berkualitas.

Toko Online Pertanian LMGA Agro siap mengirim pesanan benih melon madu ke alamat tujuan Anda dengan cepat. Kami juga siap mengirim pesanan yang lain, tersedia berbagai jenis pupuk dan pestisida juga alat-alat pertanian seperti alat kocor, drum pupuk, mulsa plastik dan lain-lain.

 

 

Iklan