BUDIDAYA SEMANGKA UNTUK HASIL BUAH YANG MEMUASKAN


budidaya semangka, menanam semangka, benih semangka, jual benih, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA

Budidaya Semangka Untuk Hasil Buah yang Memuaskan. HP : 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan benih semangka hibrida F1, juga benih buah dan sayuran lainnya. Kami melayani gratis layanan konsultasi pertanian sekitar seluk beluk budidaya semangka dan budidaya tanaman lainnya. Membantu mengatasi permasalahan Anda di lapangan.

Budidaya semangka bisa jadi merupakan pilihan yang baik untuk petani padi, kacang dan tanaman lain yang tidak satu famili untuk melakukan rotasi tanaman. Budidaya semangka menguntungkan secara ekonomi, buah segar bermanfaat banyak dan umur panennya tidak terlalu lama.

Semangka di Indonesia banyak sekali jenisnya. Ada semangka berbiji dan semangka non biji, juga ada semangka bentuk bulat dan bentuk lonjong. Serta ada semangka daging buah berwarna merah dan semangka daging buah berwarna kuning. Budidaya semangka dapat dilakukan baik di dataran rendah dan tinggi serta mudah perawatannya.

BUDIDAYA SEMANGKA INUL

Budidaya semangka inul memiliki beberapa keuntungan dibandingkan budidaya semangka hibrida yang bulat/oval. Sebutan semangka inul  adalah nama lain dari semangka pepaya hibrida dimana bentuk dan ukuran buahnya persis dengan pepaya. Semangka inul berbentuk lonjong, warna kulit hijau gelap dan berat rata-rata 2,5 – 3,5 kg/buah. Penampilan buah semangka inul unik dan praktis mampu memberikan kesan menarik untuk dimakan.

Kelebihan dan keuntungan budidaya semangka inul dari pengalaman petani semangka. Bahwa budidaya semangka jenis inul/lonjong hemat lahan karena tanaman semangka inul lebih pendek dari tinggi semangka biasa yang bulat. Umur panen budidaya semangka lonjong ini juga lebih cepat 1 minggu.

Perawatan budidaya semangka inul lebih mudah dan bakal buah yang akan jadi peluangnya lebih besar. Buah semangka inul yang dapat dipelihara hingga besar sebanyak 2 – 3 buah sekaligus. Karena bentuknya yang lonjong, praktis dibawa dalam keadaan utuh.

MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN KITA

budidaya semangka, semangka inul, menanam semangka, jual benih, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA INUL JAMANIKU F1

Budidaya semangka mudah dilakukan, perawatannya juga mudah, namun disamping itu semangka banyak mengandung vitamin A, B1, B6 dan yang sangat penting adalah vitamin C. Semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, pottasium, kalium dan magnesium.

Semua orang sangat menyukai makan buah semangka, karena segar dan manis rasanya. Dan ternyata dibalik segarnya buah semangka ini, terkandung banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

  • Semangka bermanfaat mencegah penyakit asma namun tidak mengobati penyakitnya. Semangka mampu mencegah sakit asma karena banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah gangguan pernafasan. Konsumsilah semangka 3 – 4 kali dalam seminggu.
  • Semangka dapat menurunkan tekanan darah karena semangka sangat baik untuk pembuluh darah dan dapat mengatasi tekanan darah yang terlalu tinggi terutama di daerah organ jantung.
  • Semangka dapat mencegah kanker. Penyakit kanker terjadi karena ada pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang abnormal yang kemudian berubah menjadi sel kanker. Buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti semangka dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Semangka juga mengandung lycopene yang bermanfaat agar tubuh tidak dapat diserang radikal bebas.
  • Semangka dapat mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar karena kurang dalam mengkonsumsi serat. Semangka kaya kandungan serat, mampu membentuk gel alami di daerah usus besar sehingga buang air besar dapat lancar.

MENANAM SEMANGKA PANDUAN BAGI PEMULA

Setelah mengetahui manfaat dari buah semangka, adalah yang tak kalah penting adalah mengetahui syarat yang diperlukan dalam menanam semangka. Hal ini perlu diketahui bagi pemula budidaya semangka agar hasil produksi nanti dapat maksimal.

Langkah pertama yang harus dipikirkan dalam budidaya semangka adalah dengan menentukan lahan tanam dan lokasinya. Syarat budidaya semangka meliputi pH tanah, jenis tanah, ketinggian tempat dan suhu di tempat tersebut. Syarat tanam dan tumbuh yang dapat dipenuhi menyebabkan budidaya semangka nantinya terhindar dari gagal panen. 

Jenis tanah untuk budidaya semangka adalah yang gembur, kaya bahan organik atau bisa juga menggunakan lahan bekas kebun dan lahan sudah diolah sebelumnya. Tanah memiliki pH berkisar antara 6 – 6,7. Bila pH tanah kurang dari kisaran tersebut maka lakukan proses pengapuran.

Budidaya semangka idealnya ditanam di ketinggian 100 – 300 meter dpl. Semangka dapat tumbuh baik di daerah yang dekat pantai ( ketinggian 100 meter dpl ) dan di daerah perbukitan yang tingginya mencapai 300 meter dpl.

Semangka menyukai daerah yang memiliki suhu ± 25° C yang mendukung tanaman semangka untuk tumbuh dan berbuah secara maksimal. Semangka dapat tumbuh pada daerah yang kelembaban udaranya rendah. Sedangkan curah hujan yang ideal untuk budidaya semangka adalah antara 40 – 50 mm/bulan.

BACA JUGA : SEMANGKA BERBIJI 

BUDIDAYA SEMANGKA DI LAHAN KERING KAWASAN PANTAI

budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA DAGING MERAH

Masyarakat petani yang tinggal di kawasan pantai tidak lagi hanya mengandalkan penghasilan ekonomi mereka dari mencari ikan atau menjadi nelayan. Namun mulai mencoba untuk bercocok tanam dan budidaya semangka cocok juga ditanam di kawasan pantai yang panas, kering dan berkapur.

Masyarakat kawasan pantai utara Jawa Tengah berhasil melakukan budidaya semangka di lahan kering dan menghasilkan semangka yang bagus dan disukai konsumen semangka. Semangka yang dihasilkan manisnya lebih manis dan daging buah yang lebih renyah. Selain itu warna daging buahnya juga lebih merata.

Petani di kawasan pantai menanam semangka saat musim kemarau tiba dan bila musim hujan digunakan untuk menanam padi. Pola tanam yang digunakan adalah tanam padi-padi-palawija dan palawija tersebut digunakan menanam semangka.
Budidaya semangka di lahan kering tidak perlu membuat bedengan atau guludan juga petani tidak menggunakan mulsa. Tanah yang menjadi media cukup dilubangi menggunakan cangkul dengan jarak tanam 0,65 meter x 5 meter. Sebelum menanam, untuk membersihkan gulma, petani di sana menggunakan herbisida kontak. Biasanya yang sudah terjadi di lahan kering di musim kemarau, rumput yang disemprot herbisida tidak akan tumbuh lagi.

Pemberian pupuk juga bisa lebih irit biaya, sehingga menanam semangka di lahan kering bisa menekan biaya produksi. Hanya perlu pemberian air yang lebih banyak. Biaya tenaga operasional juga dapat ditekan.

Pupuk dasar budidaya semangka di lahan kering menggunakan Phonska 500 kg/ha atau pemberian satu sendok makan per tanaman. Tidak menggunakan pupuk organik karena tanah sudah cukup subur dan kandungan Nitrogennya cukup tinggi.

Pupuk susulan diberikan dengan sistem kocor saat tanaman berumur 4 hari setelah pindah tanam dengan menggunakan pupuk KNO3 merah atau Ultradap sebanyak 1 sendok makan/5 liter air. Setelah 1 minggu kemudian, diberi pupuk Phonska lagi dan dosis yang sama namun diletakkan di samping tanaman. Jangan lupa pemberian KNO3 dan Ultradap dengan cara dikocor sampai muncul buah seukuran telur ayam.

BACA JUGA : SEMANGKA NON-BIJI 

CARA PEMUPUKAN SEMANGKA ( PUPUK DASAR )

Untuk budidaya semangka, pemberian pupuk dasar dilakukan sebelum bibit dipindahkan ke bedengan karena pada awal pertumbuhan, semangka membutuhkan unsur hara lengkap. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang dari kotoran ternak ditambah dengan pupuk kimia yaitu NPK atau campuran Urea + ZA + TSP + KCl.

Pemberian pupuk kandang sebaiknya dilakukan 2 minggu sebelum bibit ditanam. Pupuk kandang bisa berupa kotoran sapi, kerbau, kambing juga kotoran ayam. kotoran hewan-hewan tersebut yang dijadikan pupuk harus yang sudah matang dan teksturnya menyerupai tanah.

Pupuk kandang yang sudah jadi tidak berbau dan suhunya sekitar 30° C. Sebaliknya, pupuk kandang yang belum jadi, baunya masih menyengat dan bersuhu tinggi. Pupuk kandang mentah menyebabkan akar tanaman rusak bahkan dapat menyebabkan bibit semangka mati.

Pupuk kandang yang diberikan pada budidaya semangka sebanyak 1,5 kg/tanaman. Bila bedengan nanti akan ditutup mulsa, maka pupuk dasar diberikan dengan cara ditebarkan merata pada bedengan, lalu tanah diaduk menggunakan cangkul hingga tercampur rata.

Cara pemupukan awal budidaya semangka ini mengikuti pola dan jarak tanam yang digunakan. Bila menggunakan pola lubang tanam yang berjajar 2 baris dalam satu bedengan maka jarak tanamnya adalah 90 cm. Tiap jarak 90 cm ditebarkan sebanyak 3 kg pupuk kandang. Bisa juga ditambahkan pupuk kimia yaitu Urea, ZA, TSP, KCl dan Borat. Dan bila perlu dapat juga ditambahkan pestisida seperti Furadan atau Indofuran.

Pupuk awal untuk semangka diberikan sebelum mulsa dipasang. Komposisi pupuk kimia per tanaman adalah 14 gram Urea, 36 gram ZA, 26 gram TSP, 22 gram KCl, 1 gram Borat dan Furadan sebanyak 5 gram. Setelah itu dibiarkan meresap selama 1 minggu lalu dilakukan penanaman bibit semangka.

BACA JUGA : SEMANGKA INUL

PERSIAPAN PENANAMAN BIBIT PADA BUDIDAYA SEMANGKA

budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih, lmga agro
TRAY SEMAI BENIH BUDIDAYA SEMANGKA

Budidaya semangka dengan mulsa plastik hitam perak dilakukan setelah pemupukan dasar dan juga setelah bedengan disiram atau setelah turun hujan. Permukaan mulsa dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 80 – 90 cm ditengah bedengan. Pembuatan lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam yang praktis dapat dibeli di Toko Online Pertanian LMGA Agro. Juga ada Alat pelubang untuk pupuk dengan diameter yang lebih kecil.

Bibit semangka mulai dipindah ke bedengan setelah umur 7 – 10 hari. Sebelum penanaman, bedengan disiram lebih dulu juga pada media semai dimana bibit disemaikan baik di polibag atau di bedengan juga disiram juga.

Setelah pindah tanam jika terdapat bibit yang mati, segera lakukan penyulaman atau penanaman bibit yang baru menggantikan bibit yang mati. Penyulaman dilakukan paling lama 7 hari setelah penanaman bibit semangka agar nantinya panen semangka dapat dilakukan bersamaan.

Setelah melakukan penanaman bibit semangka, lakukan penyiraman secara rutin 3 hari sekali atau tergantung dari kondisi tanah. Setelah bunga terbentuk, sebaiknya berhenti sementara melakukan penyiraman. Penyiraman kembali dilakukan bila sudah terbentuk buah. Dan penyiraman dihentikan kembali saat buah sudah mencapai bentuk maksimal agar kadar gula dalam buah terjaga dengan baik.

Pengaturan posisi ranting yaitu dengan mengatur batang utama dan ranting diletakkan pada sisi bedengan agar rapi dan memudahkan pemeliharaan nantinya.  Perempelan atau teknik pemangkasan  cabang  semangka perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil buah.

Pemangkasan budidaya semangka dilakukan pada cabang utama setelah ruas ke-5 dan selanjutnya dipelihara 3 cabang samping saja. Pemangkasan juga dilakukan pada tunas samaping yang baru tumbuh. Hal ini dilakukan agar unsur hara yang diserap tanaman hanya terfokus untuk cabang yang dipelihara saja.

Penyiangan dilakukan terdapat rumput-rumput yang tumbuh dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Gula atau rumput liar tersebut merugikan tanaman semangka karena juga menjadi tanaman inang dari organisme pengganggu tanaman.

PUPUK SUSULAN UNTUK BUDIDAYA SEMANGKA

Pemberian pupuk susulan pada budidaya semangka dilakukan sebanyak 5 kali. Dimulai saat tanaman semangka berumur 7 hari setelah tanam.

  1. Semangka berumur 7 hst, dapat diberikan pupuk NPK sebanyak 4,5 gram per tanaman ditambah pupuk KNO3 sebanyak 2,5 gram per tanaman.
  2. Semangka berumur 21 hst diberikan pupuk susulan ke-2 yaitu pupuk NPK sebanyak 12,5 gram per tanaman dan KNO3 sebanyak 2,5 gram per tanaman.
  3. Semangka berumur 28 hst pemberian pupuk susulan ke-3 yaitu NPK dosis 12,5 gram per tanaman dan pupuk KCl dosis 15 gram per tanaman.
  4. Semangka berumur 35 hst pemberian pupuk  susulan ke-4 budidaya semangka. Diberikan NPK 12,5 gram dan ZA sebanyak 8,5 gram per tanaman.
  5. Semangka berumur 45 – 50 hst diberikan pupuk susulan ke-5 untuk budidaya semangka. Diberikan ZA saja dosis 10 gram/tanaman.

Perempelan buah dilakukan pada buah yang tidak normal dan pembuangan buah yang terdapat pada daun pertama sampai daun ke 13. Untuk produksi buah yang maksimal, buah yang dipelihara sebanyak 2 – 3 buah saja per tanaman.

BACA JUGA : SEMANGKA INUL LEGYTA F1DAGING ORANGE PRODUK PANAH MERAH

BUDIDAYA SEMANGKA DALAM POLIBAG DAN BUAH YANG BESAR

budidaya semangka, benih semangka berbiji, buah semangka, jual benih, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA BENIH HIBRIDA

Budidaya semangka yang diyakini tidak sulit dilakukan, orang mulai melirik budidaya semangka dalam polibag yang dapat dilakukan di areal yang tidak luas yaitu di pekarangan rumah. Budidaya semangka dalam polibag memudahkan kita dalam perawatan, pengawasan dan pengontrolan.

Menggunakan media pot atau polibag tidak perlu areal yang luas, dapat dilakukan di halaman belakang rumah kita atau di teras depan bahkan ada yang memanfaatkan gudang yang tidak dipakai.

Budidaya semangka yang pertama harus dipikirkan adalah pemilihan lahan sebagai tempat menanam. Meskipun menggunakan media pot/polibag, tanah yang akan dipakai juga perlu diolah hingga gembur.

Tanah juga dicek nilai pH-nya, bila sudah netral dapat dilakukan penggemburan tanah. Media untuk polibag/pot juga perlu ditambahkan pupuk kandang dan kompos secukupnya. Diamkan 1 – 2 minggu, setelah itu media dimasukkan dalam polibag sesuai ukuran. Setelah media tanah masuk, lakukan penyiraman hingga lembab dan siap untuk ditanami.

Budidaya semangka dalam polibag langsung benih ditanam dalam polibag. Benih dimasukkan dalam polibag sebanyak 2 – 3 benih. Sirami hingga lembab. Agar nanti mendapatkan buah semangka ukuran besar, tanaman semangka harus memperoleh sinar matahari minimal 6 jam sehari.

Untuk membesarkan buah semangka ukuran raksasa memberikan pupuk dasar yang banyak 3 kali lipat dibandingkan budidaya semangka biasa. Selain menggunakan pupuk kandang, berikan juga pupuk NPK ( Phonska atau Mutiara ). Jika ingin mencampur sendiri maka campuran ZA + TSP + KCl perbandingan sama.

Kunci membesarkan buah semangka adalah dengan membuat induksi polipodi menggunakan zat kimia yaitu kolkisin. Kolkisin bersifat karsinogen yang dapat memicu reaksi mutasi gen. Sehingga saat menggunakannya dianjurkan melindungi diri dengan menggunakan sarung tangan plastik, kacamata dan masker.

Buatlah larutan 1 liter air aquades ditetesi 1 – 10 tetes kolkisin lalu benih direndam selama 12 -18 jam. Setelah selesai, benih disimpan dalam kain basah dan tunggu samapi benih berkecambah. Setelah berkecambah, dapat ditanam dalam polibag.

MEMBESARKAN BUAH SEMANGKA

Pupuk untuk semangka membesarkan buah semangka menggunakan pupuk NPK dan pemberian pupuk cair yang mengandung unsur hara komplit baik makro maupun mikro. Dosis pemberian ditingkatkan 2 kali dari semangka biasa. Begitu masuk fase berbunga ( generatif ), pemberian Phospat ditingkatkan. Kemudian dilakukan seleksi buah dan perbanyak pemberian unsur Kalium.

Cara membesarkan buah secara optimal sebanyak 1 – 2 buah saja. Namun dengan membesarkan 1 buah saja akan didapatkan buah yang optimal. Semangka yang dipilih berada pada ruas ke-13 dan berbentuk oval telur yang bagus. Hindari memilih buah yang tumbuh di ruas awal atau berbentuk kurang sempurna.

Intinya bahwa jika yang dipilih buah yang semakin jauh dari akar maka akan semakin besar ukurannya dan penampilannya sempurna. Namun juga jangan yang terlalu jauh dari akar karena buah belum matang, tanamannya sudah tua atau mati.

Selalu perhatikan pemberian airnya jangan sampai terlambat atau terganggu. Karena dapat mengganggu penyerapan unsur hara yang ada dalam tanah oleh tanaman.

Pengontrolan tanaman penting untuk mengetahui lebih dini adanya serangan hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit juga tetap harus memperhatikan pengaruhnya terhadap lingkungan dan kesuburan tanah. Gunakan pestisida secara bijak dan tidak berlebihan. Hal ini dapat juga Anda konsultasikan dengan kami Toko Online Pertanian LMGA Agro di no HP yang ada di artikel ini.

BACA JUGA : JUAL BENIH SEMANGKA PLUTO TANPA BIJI HIBRIDA F1

BUDIDAYA SEMANGKA USAHA PERTANIAN YANG MENGUNTUNGKAN

budidaya semangka, benih semangka f1, buah semangka, jual benih, lmga agro
BUDIDAYA SEMANGKA PLUTO F1

Analisa budidaya semangka selama ini selalu menguntungkan bagi petani yang melakukannya. Bila musimnya datang, di pasaran buah semangka dapat laku keras dan banyak sekali peminatnya. Hal ini karena semangka buah yang menyegarkan dan memiliki kandungan vitamin yang banyak dan manfaatnya juga banyak.

Keuntungan dari bisnis budidaya semangka selalu menguntungkan dan terbilang besar bagi petani. Budidaya semangka menghasilkan keuntungan hingga mencapai 100% dari total produksinya. Tentunya keuntungan besar ini akan rugi bila kita tidak mau mencoba budidaya semangka. Teknik budidayanya tidak sulit dan Anda dapat mengetahui banyak dengan konsultasi pada kami di Toko Online pertanian LMGA Agro.

Kita dapat mencoba peluang bisnis budidaya semangka ini dengan menanam di pekarangan dan kebun rumah. Untuk luasan yang tidak terlalu besar dulu. Luasan yang kecil maka modal yang dibutuhkan tidaklah besar juga. Dan kita dapat merawatnya sendiri tanpa menyewa tenaga kerja.

Analisa budidaya semangka dimulai dari konsumen dan pasar yang akan dituju. Usaha dibidang pertanian khususnya budidaya semangka mempunyai konsumen yang jelas dan banyak yang menyukai buah semangka.

Begitu juga dengan pasar yang akan dituju dapat dengan mudah kita pilih. Harga jual semangka selalu stabil sejak dulu, disesuaikan dengan naiknya biaya produksi seperti harga pupuk, benih dan lain-lain.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA INUL JAMANIKU F1 SI KUNING MUTIARA BUMI

PANEN BUAH BUDIDAYA SEMANGKA

Budidaya semangka di dataran rendah umur panen adalah 55 – 60 hst sedangkan pada dataran tinggi umur panennya 65 – 70 hst. Semangka yang siap dipetik ciri-cirinya adalah warna kulit sudah memudar dan sulur di pangkal tangkai buah sudah mengering.

Panen pada budidaya semangka dilakukan sampai menunggu embun pagi mengering, kurang lebih sekitar pukul 9 dan cuaca sedang cerah. Tidak sedang turun hujan agar buah dapat tahan lama setelah dipetik dan tidak cepat membusuk. Semangka yang dipetik disertakan dengan tangkai buahnya sehingga semangka dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Jumlah tanaman semangka per hektar dapat mencapai 4000 tanaman per hektar namun hal ini masih terlalu padat jumlah tanamannya karena petani ingin mengejar kuantitas buahnya saja. Dengan populasi yang padat, jumlah buah yang dipelihara biasanya hanya 1 buah saja per tanaman. Bobot buah bisa mencapai 5 – 6 kg per buah.

Untuk jumlah semangka per hektar sebanyak 1800 – 2000 tanaman per hektar, jarak tanam dibuat lebih longgar dan dibuahkan sebanyak 3 – 4 buah semangka per tanaman. Bila bobot buah yang sama dengan membesarkan buah yang lebih dari satu buah, tentunya hasil panen yang diperoleh lebih banyak dan pemasukan yang diterima petani dapat lebih banyak bila populasi dibuat rapat.

Demikian artikel kami tentang Budidaya Semangka Untuk Hasil Buah yang Memuaskan. semoga dapat diambil manfaatnya bagi pembaca dan selamat mencoba budidaya semangka. Hp 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ) silahkan menghubungi Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Tersedia berbagai benih semangka dari semua jenis semangka untuk budidaya semangka juga benih sayur dan buah lainnya. Kami siap mengantar pesanan Anda dengan cepat dan sampai pada tujuan bersama jasa ekspedisi JNE, POS Indonesia, TIKI, KI8 dan lain-lain.

 

Iklan