CARA MENANAM MELON HASIL BUAH MELIMPAH


cara menanam melon, buah melon, tanaman melon, jual benih buah, lmga agro
JUAL BENIH MURAH | LMGA AGRO

Cara Menanam Melon Hasil Buah Melimpah. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih melon hibrida dan berkualitas, hubungi Pak Budi di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Melayani juga konsultasi pertanian gratis mengenai seluk beluk bercocok tanam dan permasalahan yang ditemui di lapangan.

Toko Online Pertanian LMGA Agro juga menyediakan benih buah dan sayur hibrida selain melon. Berbagai jenis pupuk dan pestisida serta alat-alat pertanian yang Anda butuhkan dalan cara menanam melon dan budidaya tanaman lain.

Cara Menanam Melon Hasil Buah Melimpah pastinya idaman siapa saja yang sedang menanam melon. Cara perawatan yang tidak terlalu sulit, serangan hama dan penyakit tidak terlalu berat dan hasil akhir panen yang ditunggu-tunggu dengan produksi buah yang melimpah.

Artikel dibawah ini akan dijabarkan Cara menanam Melon yang baik dan benar serta diharapkan memperoleh hasil akhir yang melimpah, buah dalam kondisi baik dan harga jual di pasaran yang tinggi.

MELON TANAMAN BUAH INCARAN SEMUA ORANG

Nama latin MelonCucumis melo L. adalah tanaman buah yang masuk suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah Melon biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian dari melon yang dikonsumsi adalah daging buahnya ( mesokarp ), bertekstur lunak, berwarna putih sampai merah tergantung dari kultivarnya.

Tanaman Melon merupakan tanaman semusim, merambat yang menjalar, tidak memanjat. Bentuk daunnya menjari dengan lekuk moderat sehingga mirip lingkaran bersudut. Batang tanaman melon tidak berkayu.

Tanaman melon berumah satu memiliki bunga 2 tipe yaitu bunga jantan dan hermaprodit. Bunga jantan akan muncul pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik. Buah bertipe pepo yaitu bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. Perkembangan pemuliaan tanaman melon yang dilakukan diarahkan untuk cara bagaimana mendapatkan daging buah yang tebal, manis dan aroma tajam atau harum.

Tanaman melon bersifat menjalar dan merambat maka akan sangat tepat bila cara menanam melon dengan menggunakan media rambatan. Media yang digunakan dalam cara menanam melon adalah ajir atau lanjaran dari batang bambu. Dikenal ada 2 cara menanam melon yaitu sistim lesehan dan cara menanam dalam pot.

Melon termasuk dalam suku timun-timunan. Masih dalam satu kerabat dengan semangka, blewah dan timun suri. Seperti juga anggota suku timun-timunan yang lain, tanaman melon juga tumbuh merambat tetapi bukan memanjat. Sehingga bila menanam melon tidak ditopang lanjaran, melon akan tumbuh menjalar di atas permukaan tanah.

Cara menanam melon menghendaki tumbuh pada kisaran ketinggian 250 – 700 meter dpl. Bila cara menanam melon di ketinggian kurang dari 250 meter dpl maka cenderung menghasilkan buah melon yang kecil. Sedangkan di dataran tinggi dan suhu dibawah 18 °C maka tanaman akan sulit berkembang.

Cara menanam Melon juga menghendaki kelembaban udara antara 50 – 70%. Suhu rata-rata berkisar 25 – 30°C dan curah hujan antara 1500 – 2500 mm/tahun. Kualitas buah melon semakin baik bila perbedaan antara suhu siang dan malam cukup signifikan.

HONEYDEW MELON ( MELON MADU )

cara menanam melon, buah melon, tanaman melon, jual benih, lmga agro
BUAH MELON HIBRIDA

Honeydew melon atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Melon Madu merupakan buah dari satu kelompok kultivar musk melon ( Buah melon, Cucumis melo ). Juga termasuk dalam keluarga labu.

Kandungan vitamin dan mineral Melon Madu per 100 g buah melon adalah jumlah lemak 0,1 g ( sedikit sekali ) dan kolesterol juga 0 mg. Unsur mineral Natrium 18 mg, Kalium 228 mg, Karbohidrat 9 g, kandungan serat pangan 0,8 g.

Melon Madu mengandung gula 8 g per 100 g buah, protein 0,5 g. Mengandung Kalsium 6 mg, kandungan vitamin yang paling tinggi adalah vitamin A 50 IU dan vitamin C 18 mg. Vitamin lainnya adalah vitamin B6 dan zat besi terdapat < 0,3 mg/100 g buah. Kandungan Magnesium 10 mg/100 g buah.

Honeydew melon mempunyai nama demikian karena buah melon ini mempunyai rasa paling manis diantara jenis melon lainnya. Seringkali tertukar dengan melon hijau karena warna daging melon madu dan melon hijau sama-sama berwarna hijau. Namun melon madu mempunyai tekstur kulit yang lebih lembut dan cerah. Selain itu, aroma harum buahnya sudah pasti sangat tajam bahkan sebelum dikupas.

Lebih jelasnya, ciri fisik Honeydew Melon ( Melon Madu ) adalah kulit luar yang berwarna hijau keputihan dengan tekstur halus serta mengkilat, Daging buah melon madu berwarna hijau pucat dan mirip denga melon hijau.

BENIH MELON MADU ( HONEYDEW ) | LMGA AGRO

  1. Melon F1 AMANTA produk unggulan Cap Panah Merah bisa dibuahkan lebih dari 1 buah per tanaman. Net rapat dan rata, sudah terbentuk dari awal. Pertumbuhan kuat dan tegap, dianjurkan menanam dengan penyangga bambu. Memiliki ketahanan dari Embun tepung dan penyakit kresek juga tahan virus. Buah besar mencapai 3 kg/buah, rasa manis kadar gula 13% Brix. Daging buah berwarna putih susu, keras dan dipanen pada umur 63 hst.
  2. Melon F1 Madesta dari Panah Merah, tahan Gemini Virus dan embun tepung. Direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah. Tanaman sangat vigor, bentuk buah bulat lonjong. Net rapat, warna kulit hijau gelap, daging buah warna orange kemerahan. Buah keras dan  tahan simpan sampai 9 hari.
  3. Melon Merah F1 Sonya produk unggulan Cap Kapal Terbang. Net tebal, rata dan terbentuk sejak awal. Pertumbuhan kuat, tegap dan dianjurkan menanam dengan penyangga bambu. Berat 2 – 3 kg/buah. Rasa manis kadar gula 14% Brix. Daging buah berwarna merah saat tua, buah keras dan panen umur 68 hst.
  4. Melon F1 Action 434 produk unggulan Cap Kapal Terbang. Net tebal, rata, pertumbuhan kuat dan tegap menanam menggunakan penyangga bambu.Toleran embun tepung dan penyakit kresek. Rasa manis kadar gula 12% Brix. Berat 3 kg/buah. Buah berdaging putih, keras dan panen umur 65 hst.
  5. Melon F1 Gracia benih melon Cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk dataran rendah. Tahan serangan virus. Daging buah padat, rasa manis, bagian ujung buah tidak mudah lunak sehingga tahan simpan dan tunda panen. Tahan pengangkutan jarak jauh. Umur panen 65 – 70 hst, bobot 1,99 – 2,29 kg/buah dan potensi hasil 49 – 52 ton/ha.
  6. Melon Orange F1 Glamour dari Sakata Seed Jepang. Mempunyai net tebal dan rata, pertumbuhan kuat dan tegap sehingga menanam dengan penyangga bambu. Berat 2,5 kg/buah. Rasa manis kadar gula 13% Brix. Buah berdaging orange, keras dan panen umur 65 hst.

ROCKMELON ( MELON KUNING )YANG SEGAR

cara menanam melon, tanaman melon, buah melon, jual benih, lmga agro
BUAH MELON HIBRIDA

Rockmelon adalah jenis melon yang buahnya diimpor dari luar negeri khususnya Australia. Namun kini, Indonesia juga punya Rockmelon lokal yang tak kalah manis dan besar buahnya. Sejak ada kejadian bahwa melon impor dari Australia diduga mengandung Bakteri Listeria yang mematikan, maka masyarakat mulai melirik dan mencari melon lokal.

Rockmelon lokal Indonesia dinilai oleh Menteri Pertanian juga tidak kalah enak dan justru lebih sehat. Kita juga mengetahui waktu panennya sehingga kemungkinan tidak terserang bakteri Listeria dan masyarakat diharapkan lebih mencintai buah lokal daripada buah impor.

Rock melon lokal adalah jenis melon cantaloupe, daging buahnya berwarna orange dan rasa manis yang paling manis dari jenis melon lain. Dari jenis melon yang tumbuh di Indonesia, Rock melon masuk jenis melon jingga. Tekstur kulit sama dengan melon hijau.

Warna daging buahnya orange karena didominasi oleh kandungan betakaroten. Betakaroten sangat berguna untuk kesehatan mata dan mengurangi risiko terserang katarak. Rock melon atau melon jingga juga mempunyai kandungan oksidan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit.

BACA JUGA : BENIH MELON

BENIH ROCK MELON DAGING BUAH ORANGE | LMGA AGRO

    1. Melon Merah F1 Dainty dari Known-You Seed. Bentuk buah bulat, warna kulit hijau abu, mempunyai net yang tebal, rata dan terbentuk dari awal. Pertumbuhan kuat dan tegap sehingga menanam perlu penyangga. Mencapai berat 2 – 3 kg/buah. rasa manis kadar gula 15 % Brix. Tanaman tahan layu dan panen umur 65 hst.
    2.  Melon F1 Madesta dari Panah Merah. Tahan Gemini Virus dan toleran embun tepung. Direkomendasikan untuk dataran rendah – menengah. Tanam sangat vigor dan buah bulat lonjong. Net rapat, warna kulit buah hijau gelap. Buah keras, tahan simpan hingga 9 hari.
    3. Melon merah F1 GOLDEN AROMA dari Known-You Seed. Mempunyai net tebal, rata dan terbentuk awal dengan dasar hijau. Berat 3 kg/buah. rasa manis kadar gula 16% Brix. Tanaman tahan layu dan panen umur 75 hst.
    4. Melon Merah Sonya produk unggulan Cap Kapal Terbang. Net tebal, rata dan terbentuk sejak awal, pertumbuhan kuat dan tegap sehingga menanam perlu diberi penyangga. Berat buah 2 – 3 kg/buah. Rasa manis kadar gula 14% Brix. Panen umur 68 hst.
    5. Melon Merah f1 Okasa dari Bintang Asia. Bentuk buah bulat oval, kulit buah hijau dan net yang rapat. Daging buah padat, rasa manis kadar gula 15,6% Brix. Bobot buah 4,5 kg/tanaman. Dapat dipetik umur genjah 60 – 62 hst, tanaman tahan embun tepung dan penyakit kresek.
    6. Melon F1 Merlin dari Bintang Asia. Daging buah orange kuat/gelap, kulit buah sedikit berwarna coklat muda dan bentuk buah bulat. net yang tebal, rapat dan berat 1,5 – 3 kg/buah. Daging buah tebal, manis dengan kadar gula 14 – 15 % Brix. cocok di daerah dataran rendah – menengah dan tahan virus. Dipetik umur 68 – 70 hst.
    7. Melon merah F1 Sunny Red M 267 dari Primasid. Mempunyai net yang tebal, rata, terbentuk dari awal. Berat mencapai 2 – 3 kg/buah. Rasa manis kadar gula 14% Brix. Panen umur 65 hst.

GOLDEN MELON ( MELON KUNING ) MAKIN DIMINATI BANYAK ORANG

cara menanam melon, buah melon, tanaman melon, jual benih, lmga agro
BUAH MELON

Golden melon adalah buah melon jenis melon kuning, berwarna cerah yang memikat dan rasanya lebih manis dan renyah dibandingkan daging buah yang putih. Golden melon makin diminati bukan hanya rasanya yang istimewa namun ternyata di dalam buah melon kuning ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Golden melon mengandung vitamin C yang tinggi, ampuh mengobati sariawan, menghaluskan kulit, meningkatkan imunitas tubuh. Juga mengandung antioksidan yang tinggi sebagai penangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit kanker dan jantung. Golden melon merupakan buah melon lokal hasil dari petani Indonesia.

Dari banyak jenis melon, sebagian masyarakat memilih cara menanam melon jenis golden melon dibandingkan menanam tanaman melon berbuah hijau. Minat pasar golden melon lebih besar dan harga jual melon kuning 2x lipat dari harga melon hijau. Sehingga layaklah petani melon lebih memilih peluang bisnis menanam melon kuning yang dapat mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya.

BACA JUGA : BUDIDAYA MELON ERNA MUTIARA BUMI PETANI PEMULA

BENIH GOLDEN MELON DAGING BUAH KUNING | LMGA AGRO

    1. Melon Kuning F1 Apollo dari  Known-You Seed Taiwan. Melon kuning tanpa net, pertumbuhan tanaman kuat, tegap dan dianjurkan menanam memakai penyangga. Berat mencapai 2,5 kg/buah. Kadar gula manis 14% Brix. Berdaging putih, keras, rasa renyah dan umur panen 65 hst.
    2. Melon Kuning F1 Kinanti tanpa net, daging buah berwarna jingga. Pertumbuhan yang cepat dan kuat, bentuk lonjong dengan berat 1,5 – 2,5 kg/buah. Rasa renyah dan manis kadar gula 13 – 16 % Brix. Dapat dipanen umur 65 – 70 hst.
    3. Melon Kuning Alisha dari Panah Merah kulit tanpa net, daging warna orange kemerahan. Direkomendasikan untuk dataran rendah dan ditanam di musim kemarau. Memiliki ketahanan Gemini virus, rasa renyah dan manis. Panen umur 68 – 72 hst dan potensi hasil 49 – 54 ton/ha.
    4. Melon Kuning F1 Uranus dari  Cap Panah Merah tanpa net, tanaman kuat dan tegap sehingga harus menggunakan penyangga. Berat mencapai 2,5 kg/buah, rasa manis kadar gula 15% Brix. Umur panen 65 hst.
    5. Melon Kuning F1 Luna 2427 dari Known-You Seed. Tidak bernet, pertumbuhan kuat dan tegap jadi menanam dianjurkan memakai penyangga. Berat buah 2,5 kg/buah, rasa manis kadar gula 15% Brix. Umur panen 65 hst.

MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN MANUSIA

Buah melon mengandung banyak manfaat karena kaya kandungan zat dan vitamin didalamnya. Untuk satu buah melon, terkandung 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami. Buah melon juga bermanfaat dalam memberikan energi juga mengandung kadar lemak yang rendah cocok bagi yang sedang diet.

Buah melon tinggi akan kandungan Kalium. Tubuh yang kekurangan Kalium akan menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi buah melon per 100 gram ( 1 cangkir ) dapat mencegah naiknya tekanan darah. Kita dapat memodifikasi konsumsi buah melon dicampur semangka dan blewah sebagai menu srapan pagi.

Buah melon mengandung vitamin C yang baik dan berguna bagi kesehatan. Konsumsi 1 cangkir buah melon dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan diserang bakteri pembawa penyakit.

Buah melon baik bagi yang sedang diet karena buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik berhubungan langsung dengan pembuangan air secara teratur. Masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan makan buah melon adalah sembelit, contohnya.

Buah melon rendah kalori cocok bagi yang sedang diet dan memperhitungkan asupan dietnya. Buah melon dapat membantu menjaga kestabilan berat badan dan menghindari tubuh dari penyakit-penyakit seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit kanker.

Buah melon mengandung vitamin B6 dimana sebagaimana vitamin B lainnya, vitamin B6 berfungsi sebagai koenzim, yaitu enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim juga berperan dalam metabolisme protein. Vitamin B6 dalam melon berfungsi untuk merangsang sistim saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatasi stress dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain vitamin B6, buah melon juga mengandung vitamin B1 dan B3 yang juga penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin B dapat mengubah kandungan homosistein menjadi menjadi zat  yang kemudian menjadi asam amino yang bermanfaat bagi tubuh.

SYARAT TUMBUH CARA MENANAM MELON AGAR HASIL MELIMPAH

cara menanam melon, tanaman melon, buah melon, jual benih, lmga agro
BUAH MELON HIJAU

Syarat tumbuh cara menanam melon yang perlu diperhatikan yaitu iklim yang sesuai, lokasi menanam dan jenis tanah termasuk pH tanah yang cocok. Hal-hal penting yang diperhatikan dulu adalah :

    • Bahwa adanya angin yang bertiup cukup kencang mengakibatkan tanaman melon banyak yang rusak, tangkai daun, tangkai buah dan batang tanaman menjadi patah.
    • Hujan yang terus-menerus dapat menggugurkan calon buah yang sudah terbentuk dan merupakan kondisi yang disukai patogen pengganggu tanaman. Bila terjadi pada tanaman melon yang akan panen, dapat mengurangi kadar gula dalam buah.
    • Tanaman melon membutuhkan penyinaran matahari penuh selama proses petumbuhan tanaman.
    • Melon membutuhkan suhu yang sejuk dan kering untuk pertumbuhannya. Suhu ideal adalah 25 – 30 °C. Tanaman melon tidak tumbuh baik pada suhu < 18 °C.
    • Kelembaban udara yang tinggi mengakibatkan tanaman melon mudah diserang penyakit.

Jenis tanah yang baik menanam melon adalah tanah liat berpasir, banyak mengandung bahan organik yang dapat memudahkan akar tanaman melon bergerak dan berkembang baik. Tanaman melon tidak menyukai tanah yang terlalu basah. Tanaman melon akan tumbuh baik pada tanah yang ber-pH 5,8 – 7,2. Membutuhkan air yang cukup banyak namun yang paling baik bila airnya berasal dari irigasi bukan air hujan.

Ketinggian tempat yang cocok untuk menanam melon adalah pada ketinggian 300 – 900 meter dpl. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl, tanaman tidak berproduksi secara maksimal.

PENYEMAIAN BENIH HIBRIDA PADA CARA MENANAM MELON

Benih melon hibrida yang sudah kita pilih, sebelum disemai dapat direndam dalam air hangat sebanyak 1 liter ( suhu air 20 – 25 °C ). Apabila sudah direndam, selanjutnya adalah disemai dalam polybag dengan kedalaman 1 – 1,5 cm.

Benih disemaikan dalam posisi tegak dan ujung calon akar yang menghadap ke bawah. Benih ditutup dengan campuran abu sekam dan tanah yang perbandingannya 2 : 1. Lalu letakkan polibag-polibag berderet dibawah sinar matahari langsung mulai terbit hingga tenggelam matahari. Kantong polibag yang sudah ditata berderet tadi juga perlu diberi plastik pelindung yang transparan. Plastik penutup ini bagian ujungnya terbuka.

Cara penyemaian pada melon ini ditujukan untuk memudahkan pemindahannya ke kebun nanti. Agar benih cepat berkecambah, polibag semai ditutup dengan karung goni basah. Setelah itu pada hari ke 3 – 4, benih akan berkecambah dan karung goni bisa dibuka. Jangan lupa untuk rutin melakukan penyiraman secukupnya, tidak sampai menggenang. Cara penyiraman menggunakan alat gembor yang halus agar percikan air yang keluar tidak merusak bibit melon.

Setelah bibit melon sudah berumur 10 – 14 hari dan memiliki 4 – 5 helai daun, bibit dapat ditanam di kebun. Lahan bedengan tanaman melon sebaiknya menggunakan mulsa.

PERSIAPAN LAHAN CARA MENANAM MELON

cara menanam melon, tanaman melon, buah melon, jual benih, lmga agro
BUAH MELON KUNING

Persiapan lahan kebun untuk cara menanam melon yaitu harus disiapkan bersamaan waktu penyemaian bibit. Sehingga saat bibit sudah cukup kuat dan siap dipindah tanam ke kebun, lahan bedengan juga telah siap ditanami.

Sebelum ditanami, lahan menanam melon digemburkan terlebih dahulu, yaitu dengan cara dibajak dan bongkahan tanah dihaluskan. Selanjutnya membuat bedengan dengan ukuran tinggi 30 – 50 cm, lebar 100 – 200 cm dan panjang 10 – 15 meter tergantung luas lahan. Jarak antar bedengan sebagai parit dibuat dengan jarak 50 – 60 cm.

Setelah bedengan jadi, waktunya cara penaburan pupuk dasar yaitu memakai pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 15 – 20 ton/hektar. Gunakan pupuk kandang/kompos yang matang. Juga bisa ditambahkan pupuk buatan yaitu ZA, KCl dan TSP masing-masing 375 kg, 375 kg dan 250 kg per 1 hektar lahan. Campurkan semua pupuk lalu diaduk rata dengan tanah bedengan  lalu didiamkan selama 2 – 4 hari.

Cek pH tanah, bila < 5, berikan kapur pertanian sebanyak 2 ton/hektar lahan. Dolomit dicampurkan dengan tanah ± 2 – 3 hari sebelum pemupukan dasar. Selanjutnya bedengan bisa diberi mulsa plastik hitam perak dengan bagian yang gelap menghadap ke dalam sedang yang perak menghadap keluar. Lalu buatlah lubang tanam di permukaan mulsa menggunakan alat pelubang yang bisa Anda beli di Toko Online pertanian LMGA Agro.

Dalam satu bedengan yang dibuat, hanya diisi 2 baris lubang tanam saja. Jarak antar baris sekitar 60 cm dan jarak antar lubang dalam barisan adalah 50 – 60 cm. Sedangkan untuk pemasangan mulsa dilakukan minimal 2 hari sebelum penanaman bibit melon ke kebun.

Untuk penanaman bibit, setiap lubang diisi satu bibit. Dan agar tanaman tidak cepat layu, penanaman yang baik dilakukan pada sore hari. Setelah bibit ditanam, siram dengan air secukupnya dan tanah sekitar batang ditekan pelan-pelan.

PERAWATAN TANAMAN CARA MENANAM MELON

Pemasangan Ajir Bambu Sebagai Penyangga

Cara menanam melon tidak  bisa mengabaikan dengan tidak memasang penyangga bambu karena umumnya pertumbuhan tanaman melon kuat dan tegap. Selain itu tanaman melon bersifat tumbuh merambat bukan memanjat.

Pemasangan ajir diperlukan untuk menopang tanaman agar tidak merambat diatas tanah tetapi merambat di penyangga bambu. Dengan cara menanam melon seperti itu diharapkan buah yang dihasilkan dapat lebih maksimal. Dengan tanaman merambat pada ajir maka tanaman mendapatkan  sinar matahari merata ke seluruh bagian tanaman.

Pemasangan ajir dilakukan sedini mungkin saat tanaman masih berukuran kecil dan muda. Pemasangan ajir dilakukan 3 hari setelah menanam bibit agar ajir yang ditancapkan tidak mengenai akar tanaman. Ajir yang digunakan terbuat dari bambu/kayu dan panjangnya 1,5 meter.

Cara menancapkan ajir dengan posisi miring ke dalam dan bagian ujung ajir ke dalam bedengan. Dalam satu bedengan terdapat 2 baris ajir yang ditancapkan saling menyilang seperti huruf X. Letakkan sebilah bambu panjang dan dipasang di atas persilangan ajir. Kemudian ikat antara silangan ajir tersebut dengan tali, bisa juga menggunakan tali salaran yang dijual di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Keunggulan menggunakan penyangga bambu cara menanam melon benih hibrida cukup banyak. Diantaranya adalah dikarenakan posisi buah yang menggantung akan membentuk buah bulat sempurna dibandingkan menanam melon sistim lesehan.

Menggunakan sistim lanjaran akan memperkecil resiko buah busuk dikarenakan buah melon tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Kegiatan lain yang dilakukan dalam waktu 3 – 5 hari setelah menanam bibit melon selain pemasangan ajir adalah penyulaman. Penyulaman dilakukan untuk menggantikan bibit yang mati atau layu karena sakit. Penyulaman dilakukan sampai hari ke-5 sampai ke-7 setelah penanaman bibit.

PENYIRAMAN DAN PENYIANGAN CARA MENANAM MELON

Sejak mulai pemindahan bibit dari persemaian, kegiatan penyiraman harus sudah dilakukan dengan teratur. Penyiraman juga dapat dilakukan penyiangan, penyulaman, penjarangan dan kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama-sama. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hingga melon berumur 1 minggu. Setelah lewat 1 minggu, penyiraman cukup dilakukan 2 hari sekali.

Bila musim hujan tiba,  pastikan drainase atau saluran air terutama yang diantara bedengan berfungsi dengan baik. Air dapat mengalir dengan baik dan tidak menggenangi lahan. Tanaman melon tidak menyukai air menggenang atau lahan terlalu basah. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan jamur dan bakteri datang.

Cara penyiangan dilakukan dengan membersihkan rumput liar dan gulma yang tumbuh disekitar melon. Jika ada tanaman yang tidak tumbuh sempurna maka dapat digantikan dengan tanaman yang baru. Bibit yang dicabut tadi dapat dimusnahkan dengan cara dibakar di tempat yang jauh.

PEMUPUKAN SUSULAN CARA MENANAM MELON

Pemberian pupuk susulan dapat mulai dilakukan setelah 1 minggu penanaman bibit ke kebun. Dan pupuk yang diberikan adalah pupuk buatan/kimia. bisa juga ditambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos.

Cara pemberian pupuk yang efektif adalah dalam bentuk cair baik menggunakan pupuk organik cair atau pupuk kimia buatan yang diencerkan terlebih dahulu dengan air.

Pemupukan susulan diberikan setiap 10 hari sekali 1 kali. Pupuk kimia dilarutkan dalam air kemudian disiramkan pada tanaman tepat bagian bawah supaya bisa langsung diserap tanaman.

Cara Pemberian pupuk pada tanaman sebanyak 220 – 250 ml per tanaman. Menggunakan pupuk NPK 16:16:16. Dan jumlah pupuk setiap pemberiannya diencerkan dalam 4000 liter air untuk luasan per hektarnya. Jumlah pupuk yang diberikan seperti dibawah ini :

    • Umur 7 hari dosis 100 kg/ha pupuk NPK.
    • Umur 17 hari  pupuk NPK 30 kg/ha dan Boron 5 kg/ha.
    • Umur 27 hari pupuk NPK 36 kg/ha dicampur Superphos 20 kg/ha.
    • Umur 37 hari NPK 16:16:16 36 kg/ha.
    • Umur 47 hari NPK 100 kg/ha dicampur Superphos 100 kg/ha.
    • Umur 57 hari NPK 36 kg/ha dicampur KNO3 sebanyak 30 kg/ha.

PENYERBUKAN BUNGA PADA CARA MENANAM MELON

Pada Cara menanam melon terdapat kegiatan penyerbukan bunga untuk mendapatkan buah ( pembuahan ). Biasanya penyerbukan bunga ini terjadi secara alami namun pada musim kemarau saja. Namun cuaca yang tidak pasti ini yang seringkali tiba-tiba turun hujan, mengakibatkan penyerbukan alami sulit terjadi. Sehingga perlu dilakukan penyerbukan secara buatan agar buah cepat dihasilkan.

Penyerbukan pada melon terjadi antara serbuk sari bunga jantan dengan putik bunga betina yang merupakan cikal bakal terbentuknya bakal buah tenaman. Cuaca yang buruk dan intensuitas hujan yang tinggi menyebabkan populasi serangga berkurang.

Penyerbukan buatan bunga melon sebaiknya dilakukan matahari terik yaitu sekitar pukul 7 – 9. Cara penyerbukan bunga melon adalah dengan menempelkan atau mengoleskan serbuk sari bunga jantan ke kepala putiknya. Untuk 1 bunga jantan digunakan 2 – 3 bunga betina atau bakal buah.

Penyerbukan buatan memang banyak dilakukan oleh petani melon. Penyerbukan ini harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Penyerbukan tidak dilakukan sembarangan karena dapat mengakibatkan calon buah tidak muncul. 

Pertama kali bisa jadi kurang berhasil karena perlakuan penyerbukan buatan ini perlu pengalaman. Karena petani melon yang benar-benar mahir melakukan penyerbukan bunga melon sudah berpengalaman dan belajar dan belajar terus.

Biasanya kesulitannya adalah saat melakukan penempelan serbuk sari bunga jantan yang telah matang ke kepala putik.Jika penempelan serbuk sari jantan tidak tepat pada kepala putik betina maka penyerbukan tidak menghasilkan apa-apa.

FAKTA TENTANG PENYERBUKAN BUNGA MELON

Terdapat 3 tipe bunga melon yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna. Perbedaan masing-masing bunga tersebut terletak pada organ seksual yang ada didalamnya.

Bunga melon betina, organ seksual yang ada hanya putik saja dengan ukuran yang besar. Bunga jantan ukurannya lebih kecil dari bunga betina dan terdiri hanya serbuk sari saja.

Bunga sempurna terdapat 2 sistim organ seksual yaitu jantan dan betina dalam satu bunga yang sama dan bentuk yang mirip dengan bunga betina.

Fakta yang ada ternyata letak bunga betina dan bunga jantan adalah berbeda. Bunga jantan pada melon terdapat di ketiak daun dan berkelompok. Sedangkan bunga betina letaknya di ketiak daun yang pertama dan kedua  dibagian ruas percabangan.

Penyerbukan pada cara menanam melon mengikuti tipe bunganya terdapat 3 cara penyerbukan bunga pada melon yang dilakukan oleh serangga, angin dan cara buatan.

Serangga yang sebagai hewan polinator dalam penyerbukan adalah lebah. Fungsi lebah adalah sebagai penyebar serbuk sari ke putik. Keberhasilan penyerbukan oleh lebah ditentukan oleh kemampuan lebah menghisap nektar bunga dan ketepatan serbuk sari jatuh ke putik.

Angin merupakan komponen abiotik dari alam yang membantu terjadinya penyerbukan. Cara penyerbukan oleh angin ini dapat terjadi bila kondisi organ seksual telah matang dan mahkota bunga yang mekar sempurna. Halusnya serbuk sari bunga jantan dapat mudah terbang oleh angin dan menerbangkan serbuk sari pada stigma yang ada di bunga betina melon.

Penyerbukan secara buatan, berdasarkan bagian ruas dan waktu penyerbukan haruslah tepat. Ruas yang dipilih untuk penyerbukan adalah ruas cabang yang berada di tengah-tengah dari letak akar melon.

Bila penyerbukan dilakukan terlalu siang maka kondisi kuncup bunga akan layu atau menutup. Cara penyerbukan pada bunga betina yang ada pada cabang ke-9 hingga ke-13. Dalam satu pohon dapat ditumbuhkan 3 – 4 calon buah. Selanjutnya akan diseleksi lagi dan buah yang dipelihara  cukup 1 – 2 per pohon tergantung dari ukuran buah. Bila ukuran buah besar maka cukup 1 buah per pohonnya.

HAMA DAN PENYAKIT CARA MENANAM MELON

Hama dan penyakit cara menanam melon tidak jauh berbeda dengan tanaman dari keluarga Cucurbitaceae. Namun penyakit layu fusarium menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti petani dalam menanam melon.

Cara menanam melon di daerah tropis seperti Indonesia cukup rentan serangan hama dan penyakit. Sebelum melakukan penyemprotan menggunakan pestisida, petani dianjurkan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit menggunakan cara kultur teknis. Didalam kultur teknis ini adalah melakukan rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan menjaga kebersihan kebun dari gulma liar.

Penyemprotan pestisida bila serangan sudah parah dan melewati ambang batas tanaman. Menggunakan pestisida yang cocok baik yang organik maupun sintetis. Pemberian sesuai dosis anjuran dan sesuai pada kemasan.

JENIS HAMA-HAMA CARA MENANAM MELON

    1. Jangkrik/Gangsir menyerang pangkal batang terutama melon muda. Anda dapat melakukan pencegahan dengan cara selalu menjaga kebersihan kebun dan menggunakan mulsa. Bila serangan parah, penyemprotan menggunakan insektisida yaitu curacron, decis, santoat atau regent.
    2. Penggerek daun menyerang daun hingga batang tanaman muda, Daun akan berlubang sampai tersisa tulang daunnya saja. Dianjurkan menanam melon jauh dari penanaman terong, gambas, timun atau semangka. Pengendalian penyemprotan menggunakan curacron atau regent.
    3. Ulat Grayak memakan daun terutama yang muda juga batang muda. Penyemprotan menggunakan insektisida santoat, curacron atau regent.
    4. Ulat tanah hama yang aktif di malam hari, menyerang pangkal batang hingga daun. Dikendalikan dengan penyemprotan prevathon atau curacron. Sebaiknya penyemprotan dilakukan malam hari saat hama keluar.
    5. Lalat Buah menyerang buah yang masih kecil dengan cara lalat menyuntikkan telur ke dalam buah. Telur lalat akan menetas menjadi larva dan memakan daging buah. Sehingga buah akan menguning, busuk dan rontok. Pengendalian mekanis menggunakan perangkap lalat.Penyemprotan menggunakan insektisida berbau tajam yaitu curacron atau santoat.
    6. Aphids dan thrips merupakan jenis kutu-kutuan yang menyerang daun tanaman muda. Menghisap cairan daun sehingga daun mengkerut dan keriting. Dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membersihkan gulma sebagai tanaman inangnya. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamectin.
    7. Kumbang daun menyerang malam hari yaitu daun dan bunga melon. Daun dan bunga menjadi berlubang. Penyemprotan insektisida berbahan aktif diafentiuron, tiodikarb profenofos atau metidation.
    8. Kutu kebul (Bemisia tabaci menyerang daun meninggalkan bercak nekrotik karena sel-sel daun dan jaringan daun rusak. Hama ini vektor utama virus Gemini menyebabkan penyakit bulai. Dikendalikan secara teknis dengan mencabut dan membuang tanaman yang terinfeksi. Penyemprotan menggunakan akarisida terhadap hama kutu, yang berbahan aktif abamektin ( alfamex, bemex, demolish atau agrimec ).

JENIS PENYAKIT CARA MENANAM MELON

    1. Rebah semai atau dumping-off  yang terjadi pada semaian. Gejala : batang berwarna coklat, rebah lalu mati. Untuk mencegahnya menggunakan fungisida karbendazim pada benih. Penyemprotan menggunakan fungisida antracol.
    2. Layu Fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Gejala : tanaman tampak segar pagi hari, layu di siang hari namun kembali segar pada sore hari. Gejala tersebut berlangsung dalam beberapa hari hingga akhirnya tanaman mati. Pencegahan menggunakan benih tahan penyakit layu, menggunakan mulsa plastik, drainase yang baik, rotasi tanaman dan penggunaan aplikasi trichoderma. Segera cabut dan dibakar tanaman yang terserang, lakukan pengocoran trichoderma atau menggunakan fungisida.
    3. Antraknosa menunjukkan gejala timbul bercak coklat pada daun yang akhirnya berubah warna kemerahan lalu mati. Buah yang terserang akan menjadi busuk, terdapat bulatan berwarna merah jambu yang makin lama akan meluas. Buanglah buah yang busuk lalu dibakar. Penyemprotan menggunakan fungisida antracol, Bion M, Dithane dan lain-lain.
    4. Layu Bakteri menyebabkan tanaman layu permanen. Jika batang dipotong melintang tampak pembuluh xylem yang menghitam. Cabutlah lalu dibakar tanaman yang terinfeksi. Penyemprotan menggunakan bakterisida yaitu agrimicin.
    5. Embun Tepung (Powdery mildew ) gejala : tampak daun dan batang yang dilapisi semacam tepung yang berwarna putih. Seluruh daun dan batang yang diserang berwarna coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi lemah dan kerdil karena pertumbuhan terhambat. Cabut dan dibakar tanaman yang terinfeksi. Penyemprotan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon.
    6. Penyakit virus WMV ( Watermelon virus ) ditandai adanya daun yang melepuh, belang-belang, daun berubah bentuk, daun mengkerut, tumbuh kerdil dan terdapat rekahan membujur pada batang. Musnahkan tanaman yang terinfeksi, melakukan rotasi tanaman dan memberantas aphids dan thrips sebagai vektornya menggunakan demolish, agrimec atau alfamex.
    7. Bercak daun yaitu bercak hitam kecoklatan berbentuk bulat lalu menyebar hingga daun mengering. Penyebabnya adalah cendawan patogen. Pencegahan melakukan pergiliran tanaman dan dijaga agar tidak terlalu lembab. Penyemprotan menggunakan fungisida antracol, starmyl, dithane atau score.

PANEN BUAH MELON

Setelah melewati umur 2 bulan, tanaman melon memasuki masa panen ideal. Idealnya tanaman melon dipanen umur 3 bulan. Cara panen buah melon potonglah tangkai buah menggunakan pisau, sisakan tangkai minimal 2 cm agar masa simpan dapat lebih lama.

Proses pemanenan dilakukan bertahap dan utamakan buah yang benar-benar siap dipanen. Ciri-ciri buah yang siap dipanen serat jala di permukaan kulit tampak jelas dan kasar, permukaan kulit sekitar tangkai tampak retak-retak, warna kulit cerah dan sesuai jenis melon yang ditanam serta aroma buahnya yang sudah tercium.

Buah melon yang dipetik sebaiknya berada pada tingkat kematangan 90% dan 3 – 7 hari ke depan buah akan matang sempurna. Hal ini penting untuk melon yang dipasarkan jarak jauh. Hasil panen buah melon juga perlu dilakukan penyortiran dan pilihlah melon yang tidak cacat fisik karena dapat mengurangi harga jual buah melon.

Untuk harga jual yang tinggi, dibandingkan melon hijau, untuk jenis melon kuning atau melon golden memiliki harga jual yang lebih tinggi di pasaran. Harga jualnya bisa dua kali lipat dari melon hijau. Selain itu, harga jualnya yang tinggi karena tampilan kulit buahnya yang berwarna kuning mulus, daging tebal dan rasa buah yang manis dan renyah.

PASCA PANEN MENANAM MELON BUAH MELIMPAH

Pasca panen merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan setelah melon dipanen. Kesalahan dalam pasca panen dapat mempengaruhi kualitas/penampilan buah melon. Buah melon yang telah dipanen, dikumpulkan pada suatu tempat untuk dilakukan penyortiran. Saat panen hindari kerusakan buah akibat benturan atau cacat fisik lainnya karena dapat mempengaruhi kualitas melon terutama bila untuk konsumsi pasar swalayan.

    • Tahap penyortiran. Melon yang telah dipanen, lalu diangkut dan dikumpulkan disuatu tempat lalu disortasi. Buah yang sehat dan utuh dipisahkan dari buah yang jelek akibat cacat fisik atau serangan hama penyakit.
    • Buah melon yang berkualitas bagus kemudian digolongkan dalam 3 kelas : kelas M1 ( bobot melon 1,5 kg lebih dan jaring sempurna ), kelas M2 ( bobot melon 1 – 1,5 kg dan jaring terbentuk 70% saja ), kelas M3 ( bobot buah bervariasi, jaring terbentuk sedikit atau tidak ada sama sekali ). Untuk kelas M3 terjadi karena melon belum saatnya dipanen tapi telah mati terlebih dahulu akibat serangan hama atau penyakit.
    • Untuk tahap penyimpanan, buah melon yang sudah dipetik tidak boleh ditumpuk satu sama lain. Dan untuk buah yang belum terangkut dapat disimpan di gudang penyimpanan. Buah melon ditata rapi dengan dilapisi jerami kering. Tempat penyimpanan buah harus bersih, tidak lembab ( kondisi kering ) dan bebas tidak ada hama seperti kecoa atau tikus. Selain itu, untuk buah melon yang sudah terlalu masak, sebaiknya tidak disatukan penyimpanannya dengan buah melon  yang masih setengah masak ( mengkal ). Juga buah yang busuk harus dijauhkan dari tempat penyimpanan.

PENGEMASAN DAN PENGANGKUTAN PASCA PANEN BUAH MELON

  • Tahap pengemasan dan pengangkutan.  Kemasan melon dibuat dari kayu biasa dan banyak terdapat lubang angin. Cara menyusunnya, bagian dasar kotak diberi jerami kering yang cukup tebal kemudian buah melon ditata dan bagian atas buah diberi jerami lagi. Sebelum kotak ditutup, buah melon juga dilapisi jerami lagi.
  • Selain menggunakan kemasan kotak kayu, kemasan buah melon juga menggunakan rajutan benang seperti jala lalu dimasukkan dalam kemasan karton. Dalam karton juga dilapisi jerami kering atau menggunakan kertas hancuran. Kemasan cara ini lebih terjamin daripada kemasan kotak kayu.
  • Cara pengangkutan buah melon menggunakan kendaraan yang akan membawa ke pasar dan tergantung dari jarak yang ditempuh. Buah yang akan diekspor biasanya dipak secara khusus dengan peti kemas yang biasanya terbuat dari kayu, karton atau kotak plastik. Di kargo pesawat, peti kemas melon dimasukkan dalam kontainer yang berpendingin untuk menjaga kesegaran buah hingga sampai tempat tujuan.

Demikian artikel tentang Cara Menanam Melon Hasil Buah Melimpah. Cara menanam melon yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya menggunakan benih melon hibrida yang baik dan berkualitas serta tahan penyakit dan virus. Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih melon hibrida F1 berkualitas dan bersertifikat, hubungi Pak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ).

Menyediakan benih-benih buah dan sayur hibrida F1, berbagai jenis pupuk dan pestisida serta alat-alat pertanian yang Anda butuhkan dalam usaha bercocok tanam. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis mengenai cara menanam melon dan tanaman lainnya dan akan membantu mengatasi permasalahan Anda saat bercocok tanam.

Kami siap mengantar pesanan anda ke alamat Anda dengan cepat dan sampai pada tujuan bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu JNE, POS INDONESIA, TIKI, KI8 dan lain-lain. Semoga artikel Cara menanam Melon Hasil Buah Melimpah dapat bermanfaat dan selamat mencoba dan silahkan mengunjungi web kami. LMGA Agro web.id

 

Iklan