BUDIDAYA TIMUN LIBERTY F1 DAN KIAT SUKSES PANEN 60 TON


budidaya timun liberty f1, budidaya timun, timun liberty f1, cara menanam timun, jual benih timun, lmga agroBudidaya Timun Liberty F1 Dan Kiat Sukses Panen 60 Ton. Silahkan menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO (Bpk. Budi) Telepon 082141747141, SMS/WA 08125222117. LMGA AGRO jual benih timun F1 Liberty, asli dan harga terjangkau. Tersedia juga benih sayuran hortikultura lainnya, pupuk, pestisida dan sarana pertanian lainnya.

Dapatkan juga informasi mengenai cara menanam timun yang tepat dan artikel pembahasan pertanian lainnya dengan mengunjungi website www.lmgaagro.wordpress.com, www.lmgaagro.web.id, www.lmgaagro.com. LMGA AGRO juga melayani konsultasi membahas seputar pertanian gratis via online.

BUDIDAYA TIMUN LIBERTY F1

Budidaya timun Liberty F1 menjadi salah satu pilihan petani timun disaat musim hujan seperti ini. Hal ini disebabkan benih timun Liberty F1 memang bisa adaptasi baik pada tanam di musim hujan. Selain itu budidaya timun Liberty F1 juga menawarkan beberapa keunggulan lainnya yang bisa capai.

Budidaya timun Liberty F1 memiliki kelebihan dari segi hasil produksi yang cukup tinggi meskipun tanam di musim hujan. Karena dibekali kemampuan tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkan Virus Gemini. Analisa keuntungan budidaya timun Liberty F1 lebih besar dibanding varietas sejenis lainnya.

Tentunya dengan nilai kelebihan ini akan mendorong kalayak untuk mengembangkan budidaya timun Liberty lebih luas lagi. Dari segi ekonomis, harga jual buah timun juga masih relatif stabil di pasaran. Dari anggaran yang dibutuhkan untuk memulai budidaya timun  Liberty F1 pun juga masih terjangkau.

Untuk mencapai semuanya itu dibutuhkan faktor benih timun yang berkualitas dan bermutu tinggi. Selain itu, panduan cara menanam timun yang benar seperti cara menanam timun di polybag, cara budidaya timun di lahan sawah, cara menanam timun di musim hujan harus benar-benar diterapkan.

Intinya bagaimana cara menanam mentimun agar buahnya banyak atau sukses budidaya timun hingga proses penjualan hasil panen. Semua tahapan harus terpenuhi disamping kondisi lahan yang juga harus dipersiapkan dengan baik. Terutama mengawali tanam di musim hujan yang resiko serangan hama dan penyakit serta faktor cuaca buruk yang bisa merusak tanaman timun.

TIMUN LIBERTY F1

Timun atau bisa juga disebut mentimun, ketimun, merupakan salah satu jenis komoditas hortikultura sayuran yang diambil buahnya. Jenis sayuran ini masuk dalam suku labu-labuan dengan nama latin Curcumis sativus L. Dalam keseharian banyak dijumpai aplikasi buah timun pada makanan, dikonsumsi secara langsung dan dibidang kesehatan.

Buah timun memiliki banyak manfaat, mentimun mengandung vitamin dan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan gizi yang terdapat pada timun antara lainnya seperti kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, glukosa, fosfor, besi, belerang, kalsium, tianin, riboflavin. Sedang untuk kandungan vitaminnya meliputi vitamin A, B12, B6, C dan D.

Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai benih timun hibrida tahan virus dan cocok tanam di musim hujan. Salah satunya yaitu Benih Timun Liberty F1, produk dari PT. Royal Agro Persada dengan merek dagang Royal atau dikenal juga Royal Vegetable Seed Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut ini deskripsi mengenai mentimun Liberty F1.

Deskripsi
  • Benih Timun Liberty F1 tergolong varietas hibrida dengan penampang batang berbentuk segilima,diameter  6,5-7,5mm. Pohon timun berwarna hijau tua.
  • Untuk daun timun berbentuk berlekuk menjari dengan ujung meruncing (triangular) dengan panjang  15-17cm, lebar 16-19cm. Warna daun tanaman timun hijau gelap.
  • Bentuk bunga timun seperti terompet. Kelopak bunga timun berwarna hijau muda, warna mahkota bunga timun kuning. Untuk warna kepala putik kuning, warna benang sarinya kuning. Untuk umur mulai berbunganya  32-33 hari setelah tanam.
  • Bibit Timun Liberty F1 cocok dibudidayakan didaerah dataran rendah, dengan ketinggian 250-380 mdpl. Benih mentimun Liberty F1 dipersiapkan untuk budidaya timun musim hujan.
  • Keunggulan dari timun F1 Liberty, buah mentimun yang panjang dengan produktifitas tinggi. Pertumbuhannya yang seragam dan kuat. Hampir disetiap ruas muncul calon buah. Sudah tahan virus (Gemini Virus).
  • Ciri khas dari tanaman mentimun Liberty adalah pada ujung daun yang ditengah meruncing tajam. Sedangkan pada ujung buah mentimun membulat dan buah timun tidak berongga.
  • Buah timun F1 Liberty berbentuk silindris dengan panjang kisaran 25-27 cm, diameter buah mencapai 5 cm. Warna buah mentimun muda hijau gelap, bergaris hijau terang, dengan rasa pangkal buah tidak pahit.
  • Bentuk biji timun elips dan berwarna putih. Berat per buah ketimun kisaran 340-460 gram. Per tanaman mentimun bisa menghasilkan 5-7 buah dengan total berat ± 3kg.
  • Untuk potensi hasil tinggi mencapai  46-62 ton/ha. Kebutuhan benih mencapai 1-1,5  kg/ha dengan populasi tanaman 16.000-17.000 tanaman/ha. Jarak tanam yang dianjurkan 60×50 cm.
  • Umur panen untuk budidaya timun Liberty F1 ini sekitar 40-43 hari setelah tanam. Untuk penyimpanan disarankan pada suhu 27-29 derajat celcius dalam kurun waktu 15hari.

Cara Budidaya Timun Liberty F1 Untuk Hasil Panen 60 Ton

tanaman timun, budidaya timun, budidaya timun liberty f1, lmga agro
BUDIDAYA TIMUN

Benih timun terbaik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil panen yang tinggi, selain lahan tanah yang subur. Pemilihan bibit timun unggul yang sesuai dan toleran kondisi iklim dan cuaca pada cara budidaya mentimun hibrida, merupakan faktor utama yang harus terpenuhi.

Pada dasarnya semua budidaya sayuran memerlukan air dalam proses pertumbuhannya. Ketersediaan dan pemenuhan air disesuaikan dengan jenis budidaya timun yang sedang berlangsung. Termasuk juga pada saat menanam mentimun Liberty F1, sangat diperlukan kebutuhan air yang cukup.

Budidaya benih timun terbaik di musim hujan tentunya rentan akan kelebihan air. Hal ini perlu diperhatikan sistem drainase yang baik untuk membantu mengatur keperluan air. Adanya parit pada lahan budidaya timun dengan ukuran sesuai dengan kondisi musim hujan sangat membantu.

Disamping itu resiko munculnya serangan hama penyakit yang lebih besar pada saat budidaya timun di musim hujan tidak bisa dihindari. Diperlukan teknik budidaya tanaman timun yang tepat dan ekstra dalam perawatannya untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya.

1. Menentukan waktu yang tepat untuk memulai budidaya mentimun.

Pelajari dan persiapkan kondisi lahan tanam ketimun nantinya, usahakan kondisi tidak terlalu lembab. Usahakan paparan sinar matahari langsung mengenai lahan budidaya timun.

Bisa juga dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada suhu tanah, untuk mendapatkan kepastian bahwa tanah lokasi budidaya tidak terlalu dingin. Seperti referensi lainnya suhu tanah untuk menanam ketimun di kisaran 20-30 derajat celsius.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal usahakan menanam timun pada saat cuaca panas atau musim kemarau atau peralihan musim hujan ke musim kemarau. Kecuali menggunakan benih timun tahan musim hujan seperti Benih Timun Liberty F1.

2. Pemilihan dan pengolahan lahan tanam untuk budidaya timun Liberty F1.

Tanah lapang dengan kondisi terbuka, langsung mendapatkan sinar matahari. Usahakan kondisi tanah memiliki kandungan unsur hara dan nutrisi yang cukup dengan tingkat keasaman yang normal.

Riwayat tanah bagus dan tidak terlalu terdampak paparan virus dan penyakit tanaman akibat budidaya tanaman sebelumnya. Bisa diantisipasi melalui kadar pemupukan dasar  dan penggunaan obat tanaman pada benih timun saat persemaiannya.

Sebelum digunakan, olah dulu lahan seperti pada umumnya budidaya tanaman sayuran dan tanaman buah lainnya. Gemburkan tanah dengan alat pertanian sampai rata bagian lapisan atas dengan 30cm bawah tanah.

Untuk pH tanah yang kurang dari 7, bisa tambahkan dolomit atau kapur pertanian pada lahan budidaya. Sedangkan untuk menurunkan pH tanah yang terlalu tinggi bisa menggunakan sulfur atau aluminium sulfat.

Berikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos yang sudah diolah, pada lahan dan aduk merata. Penggunaan pupuk organik selain baik untuk tanaman mentimun, bisa mengurangi kadar penumpukan residu akibat penggunaan pupuk kimia berlebih.

Buat bedengan juga parit dengan panjang, lebar dan tinggi menyesuaikan lokasi lahan. Kedalaman parit juga diatur, mengingat budidaya timun Liberty F1 ini dilakukan di musim penghujan. Tentunya untuk mengatur pasokan dan membuang air hujan yang menggenang. Budidaya timun Liberty F1 yang tidak lancar drainasenya akan mudah terserang jamur serta bakteri. Akibatnya budidaya timun Liberty F1 akan banyak mengalami layu.

Sambil didiamkan sekitar 10-15 hari lahan yang sudah diolah tersebut, tetap dilakukan pembersihan gulma yang tumbuh secara rutin. Cabut hingga akarnya agar tidak tumbuh lagi. Usahakan tidak menggunakan herbisida dalam pengendaliannya.

Gunakan mulsa plastik untuk budidaya timun Liberty F1 untuk menutupi bedengan. Selain mencegah berkembangnya gulma, bisa mengurangi dampak erosi yang membuang unsur hara tanah bedengan akibat hujan.

3. Persemaian bibit timun pada budidaya timun Liberty F1.
Budidaya Timun Liberty F1, Cara menanam timun, Tanaman timun, LMGA AGRO
LAHAN BUDIDAYA TIMUN

Lakukan proses pembibitan mentimun sebaiknya 4 minggu sebelum masa tanam. Gunakan benih timun Liberty F1, sebagai jenis varietas mentimun yang sudah didesain tahan terhadap musim hujan.

Proses penyemaian benih timun seperti umumnya biji benih tanaman hortikultura lainnya membutuhkan wadah semai, media semai tanah halus dicampur humus atau pupuk kandang matang yang sudah diolah.

Untuk lokasi pembibitan mentimun usahakan tidak terpapar langsung sinar matahari dan terkena air hujan. Bisa dilakukan di dalam ruangan. Langkah-langkah menyemai benih timun bisa dilihat di artikel LMGA AGRO lainnya.

Sesuaikan waktu menyemai benih mentimun dengan pengolahan lahan tanam untuk budidaya timun. Sehingga bisa siap secara bersamaan nantinya pada saat pindah tanam bibit timun pada lahan budidaya.

4. Penanaman bibit timun pada lahan budidaya timun Liberty F1.

Sebelum melakukan pemindahan tanaman timun, buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak tanam 60 x 50cm. Gunakan tugal atau alat pelubang mulsa dengan 7cm, 10cm. Buat juga lubang pupuk 10cm dari lubang tanam dengan tugal 5cm.

Pasang ajir atau lanjaran di masing-masing lubang tanam, kemudian anyam ajir antar lubang tanam dengan menggunakan tali rafia atau tali salaran plastik. Hal ini untuk nantinya perambatan tumbuhnya sulur pohon timun.

Kondisikan sebelum penanaman, tanah lahan harus lembab dan tidak kering. Kalau perlu siram sedikit air terlebih dahulu agar sedikit basah lahannya. Pindahkan bibit tanaman timun pada lubang tanam dan tutupi dengan tanah serta ditekan pelan.

Kemudian secara rutin periksa dan tata sulur pohon timun pada media perambatan yang sudah dibuat agar pertumbuhan bisa keatas. Dengan tumbuh merambat keatas mencari sinar matahari, mempercepat proses generatif dan vegetatif tanaman tersebut.

5. Pemeliharaan dan perawatan tanaman timun pada budidaya timun Liberty F1.

Setelah penanaman, lakukan penyiraman secukupnya agar tanaman yang baru saja dipindah tanam tidak layu. Penyiraman disesuaikan dengan kondisi cuaca, sehingga ketersediaan air tercukupi.

Untuk penanaman timun pada musim hujan, sebaiknya rutin dalam mengontrol saluran drainase. Hal ini untuk menjaga agar saluran pembuangan air tetap lancar agar tidak terjadi genangan air berlebih. Karena bisa merusak tanaman dan buah mentimun.

Berikan pemupukan susulan secara bertahap dan secukupnya. Bisa menggunakan pupuk cair yang dilarutkan dan disemprotkan pada tanaman timun. Juga pupuk untuk ditanam pada lubang tanam yang disediakan. Untuk dosis pupuk menyesuaikan kebutuhan.

Lakukan penyiangan secara berkala saat budidaya timun Liberty f1 apabila dirasa gulma atau organisme lainnya sudah mulai muncul. Mengingat budidaya dilakukan pada musim hujan, sehingga menyuburkan tanaman pengganggu.

Lakukan pengecekan tanaman secara rutin agar bisa memantau pertumbuhan dan kesehatan tanaman timun. Lakukan penyulaman tanaman apabila ada bibit timun yang mati dengan mengganti bibit tanaman mentimun lainnya.

Lakukan sanitasi lingkungan dengan baik dengan menjaga kebersihan lahan budidaya timun. Segera membuang dan membakar tanaman yang terkena penyakit dan pengaturan penggunaan pestisida apabila dibutuhkan.

6. Pengendalian hama dan penyakit tanaman pada budidaya timun Liberty F1.

Dalam budidaya timun Liberty f1 ini perlu diperhatikan juga mengenai kemungkinan adanya serangan hama dan penyakit. Dan untuk mengobatinya bisa menggunakan zat anorganik. Berikut ini hama penyakit yang sering menyerang tanaman mentimun, dan jenis pestisida yang bisa digunakan antara lainnya :

  • Penyakit busuk daun (downy mildew) dengan fungisida berbahan aktif tembaga hidroksida dan mankozeb. Seperti Bion M 1/48WP, Cabrio Top 60WG, Daconyl 75WP, Previcur N, Ridomil Gold MZ 4/64WP, Score 250WP, Sirkus 50WP, Starmyl 25WP.
  • Hama oteng-oteng, dengan sanitasi lingkungan, penggunaan insektisida Natural BVR atau Pestona. Atau insektisida seperti Seperti Agrimec 18EC, Demolish 18EC, Rotraz, Pegasus 500EC, Confidor 5WP, Winder 25WP, Samite 135EC, Curacron 500EC.
  • Cucumber Mozaik Virus (CMV) pembawanya kutu kebul, dengan cara sanitasi, rotasi tanam dan penggunaan insektisida sejak awal untuk mengendalikan vektornya. Seperti Agrimec 18EC, Demolish 18EC, Rotraz, Pegasus 500EC, Confidor 5WP, Winder 25WP, Samite 135EC, Curacron 500EC.
  • Layu Fusarium, dengan Fungisida berbahan aktif Benomil, penggunaan ARASHI dan melakukan pemupukan berimbang.
  • Powdery Mildew, dengan sanitasi, rotasi tanam se-family, gunakan fungisisida Bion M 1/48WP, Cabrio Top 60WG, Daconyl 75WP, Previcur N, Ridomil Gold MZ 4/64WP, Score 250WP, Sirkus 50WP, Starmyl 25WP.
  • Layu Bakteri, dengan sanitasi lingkungan, rotasi tanam yang bukan se-family, pemupukan berimbang, bakterisida berbahan aktif streptomisin sulfat, penggunaan ARASHI.
  • Antraknosa, sanitasi lingkungan dan pemangkasan bagian tanaman yang terkena penyakit. Dengan jenis Fungisida seperti Ridomil Gold, Cabrio Top, Amistartop, Daconyl 75WP, Previcur-N, Sirkus.
7. Masa panen timun.
Budidaya timun, Tanaman mentimun, Cara menanam timun, Timun Liberty F1, LMGA AGRO
HASIL BUDIDAYA TIMUN

Umur tanaman timun F1 Liberty siap panen mencapai 40 hari setelah tanam, atau bisa dengan mengamati buah timun yang ada. Pemetikan dilakukan pada saat buah mentimun mencapai panjang kisaran 25cm. Dan dalam kondisi yang masih keliatan segar.

Pemetikan buah mentimun bisa dilakukan secara langsung tanpa menggunakan alat bantu seperti gunting atau pisau. Tetapi tetap dilakukan hati-hati seupaya tidak merusak tanaman mentimun.

Apabila ditemui buah timun yang ukurannya lebih besar dan berwarna kekuningan, sebaiknya disisihkan jangan dikonsumsi. Selain rasanya pahit dimungkinkan juga mengandung kandungan yang tidak baik untuk tubuh.

BACA JUGA : BENIH TIMUN HIBRIDA BERKUALITAS UNTUK BUDIDAYA MENTIMUN

Demikian ulasan singkat mengenai deskripsi produk benih timun hibrida Liberty F1, salah satu benih mentimun yang direkomendasikan untuk budidaya timun. Juga pembahasan sedikit materi mengenai langkah-langkah yang dibutuhkan dalam cara budidaya timun untuk hasil panen optimal.

BACA JUGA : BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR

Untuk informasi lebih banyak mengenai produk benih tanaman hortikultura berkualitas dari Perusahaan Benih Nasional yang sudah terpercaya, bisa menghubungi pihak kami. Bisa melalui alamat website LMGA AGRO atau nomor telepon 082141747141, SMS/WA 08125222117. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA : BENIH TIMUN BERKUALITAS YANG DIJUAL DI LMGA AGRO
Iklan