BUDIDAYA KANGKUNG SEBAGAI USAHA AGRIBISNIS PETANI


BUDIDAYA KANGKUNG, TANAMAN KANGKUNG, SAYUR KANGKUNG, BENIH KANGKUNG
BUDIDAYA KANGKUNG

Budidaya kangkung banyak dilakukan petani Indonesia. Toko pertanian LMGA AGRO SMS/WA : 08125222117 jual benih kangkung harga murah. Budidaya kangkung merupakan salah satu usaha agribisnis petani potensial sebagai bisnis karena sayuran ini banyak disukai dan dicari masyarakat.

Kebutuhan kangkung yang tinggi di masyarakat ini membuat usaha agribisnisnis lewat budidaya kangkung semakin meluas di kalangan petani hortikultura. Kebutuhan akan sayuran kangkung segar selalu tinggi di pasar baik tradisional maupun supermarket.

Sampai-sampai untuk iklan penyedap rasa pun, menggunakan sayuran kangkung sebagai sayuran favorit keluarga. Sayuran kangkung hampir setiap hari tersedia di rumah,

Bahkan di restoran mahal pun selalu ada tumis kangkung di menu makanan yang ditawarkan. Sayuran kangkung dikenal kaya serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dapat dibuat sebagai tumis, cah, sayur asem atau sebagai lalapan kukus untuk nasi pecel atau rujak sayur.

Melihat peluang usaha agribisnis budidaya kangkung yang semakin besar maka toko pertanian LMGA AGRO juga berusaha melayani kebutuhan benih dengan menyediakan benih kangkung bagi petani secara lengkap dengan harga yang murah. Kami siap mengirim benih kangkung terbaik ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk ketersediaan benih kangkung juga dapat diperoleh di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

MANFAAT KANGKUNG BAGI KESEHATAN

Tidak ada yang salah kalau kita sedikit membahas apa yang menjadi keuntungan bagi kesehatan badan kita jika kita konsumsi sayur hijau seperti kangkung ini secara teratur.

Bahan sayuran kangkung yang populer di masyarakat Indonesia ternyata di kenal kayak akan manfaat untuk kesehatan.  Mari kita sedikit mengulas manfaat dari tanaman kangkung sehingga bisa menambah semangat dalam budidaya kangkung.

Manfaat apabila rajin konsumsi kangkung antara lain adalah :

  • Manfaat Kangkung  untuk Mengurangi Kolesterol

Sayuran kangkung adalah pilihan yang pas apabila anda ingin mengurangi berat badan serta kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah.  Hal ini karena kangkung di kenal memiliki serat yang tinggi.

  • Manfaat Kangkung untuk Penyakit Kuning Serta Liver

Kangkung telah banyak di kenal di Indonesia sebagai salah satu sumber sayuran yang mampu untuk mencegah sekaligus untuk pengobatan  sakit kuning serta liver.  Antioksidan dalam  sayuran kangkung terbukti  mampu memberi perlindungan  dan menjaga kerusakan hati.  Untuk penyajian bisa dokonsumsi dengan cara di Juice.

  • Manfaat Kangkung Untuk Mengobati Anemia

Kandungan Kangkung yang kaya zat besi sangat tepat bisa di konsumsi oleh penderita Anemia serta Ibu Hamil.  Dengan konsumsi kangkung secara rutin maka darah akan kaya  zat besi, sehingga sel darah merah untuk pembetukan Hemaglobin akan tersedia cukup.

  • Manfaat Kangkung Untuk Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung yang mempunyai kandungan serat tinggi sangat bermanfaat dalam mencegah gangguan pencernaan, mengurangi resiko konstipasi ( Sembelit ), lebih penting lagi serat dalam sayuran kangkung mampu mencegah pendarahan pada usus serta penyakit usus.

  • Manfaat Kangkung Untuk Anti Diabetes

Sudah banyak penelitian yang menyatakan hasil bahwa apabila kita konsumsi kangkung secara rutin akan mengurangi rasiko kita terserang diabetas.  Kandungan serat yang tinggi serta mineral dan vitamin dalam kangkung membuat maanfaat kangkung bagi kesehatan manusia semakin banyak.

Ulasan sekilas di atas adalah manfaat apabila kita konsumsi  kangkung secara teratur serta cukup. Maka kangkung yang kaya manfaat tersebut tidak salah kalau banyak dan di sukai oleh masyarakat di Indonesia.

BACA JUGA : JUAL BENIH KANGKUNG

Kebutuhan benih kangkung berkualitas pun dari hari ke hari semakin banyak dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

SEKILAS TENTANG TANAMAN KANGKUNG

Dari pertumbuhan benih kangkung, menghasilkan tanaman yang dibagi  menjadi beberapa jenis,  yaitu tanaman kangkung tipe merambat dan tipe tegak.

Dilihat dari bentuk daunnya, tanaman kangkung dibagi menjadi kangkung daun lebar dan kangkung  daun sempit ( Tipe daun bambu ). 

BUDIDAYA KANGKUNG, KANGKUNG DARAT, SAYUR KANGKUNG, BENIH, LMGA AGRO
KANGKUNG DARAT

Tanaman kangkung juga dapat dibedakan menurut habitatnya, yaitu ada kangkung air dan kangkung darat. Ciri-ciri kangkung darat adalah tumbuh di tempat kering, daun tipis dan lunak, batangnya kecil berwana putih agak hijau, warna bunganya putih.

Sedang ciri-ciri kangkung air adalah tumbuh di tempat-tempat basah seperti parit, genangan sawah, atau kolam, berbatang besar dan berwarna hijau pekat, daunnya lebar dan kaku, bunga berwarna putih kemerahan.

Saat ini yang banyak dibudidayakan adalah kangkung darat karena kangkung darat lebih banyak di cari, selain itu budidaya kangkung darat sangat mudah dan memiliki siklus panen cepat yaitu 4 – 6 minggu.

Dibawah ini Kami akan mengulas cara menanam kangkung yang baik dan benar secara berurutan persiapan benih, persiapan lahan hingga panen.

PEMILIHAN BENIH BUDIDAYA KANGKUNG
BUDIDAYA KANGKUNG, BENIH KANGKUNG, BIBIT KANGKUNG, TANAMAN KANGKUNG, CARA MENANAM KANGKUNG, LMGA AGRO
BENIH KANGKUNG

Dalam menanam kangkung kita harus mengetahui lokasi lahan tempat budidaya kangkung. Sehingga kita bisa menentukan jenis benih kangkung yang kita tanam tipe kangkung darat atau kangkung air.

Budidaya kangkung di Indonesia masih banyak di lakukan di lahan sawah dan ladang.  Namun perkembangan terakhir ini banyak di pasarkan sayuran kangkung hasil dari sistem tanam kangkung hidroponik.

Kangkung hidroponik mulai banyak pemggemarnya di lingkungan penghobi berkebun. Bahkan banyak masyarakat di Indonesia yang budidaya kangkung hidroponik. Namun penanaman kangkung hidroponik ini kebanyakan masih untuk sekala hobies. Sayur kangkung yang di peroleh dengan sistem hidroponik lebih segar serta bersih.

Cara menanam kangkung dengan sistem hidrponik ke depannya akan menjadi peluang yang besar untuk di garap serta di kembangkan. Cara menanam kangkung sistem hidroponik lebih mudah di banding tanaman sayur yang lain.

BACA JUGA : BENIH KANGKUNG UNGGUL DAN KUALITAS TERJAMIN

Pemilihan benih yang salah dalam budidaya kangkung akan menyebabkan produksi tidak bisa maksimal. Kalau lokasi tanam kita di tempat kering maka kita harus memilh benih kangkung jenis kangkung darat seperti kangkung Serimpi, Hapsari, Bangkok LP 1,  Amanda, Bisi.

Untuk lokasi tanaman yang sepanjang tahun ada airnya maka benih kangkung air akan memberi hasil yang terbaik.

Benih kangkung air saat ini tidak banyak di budidayakan oleh petani. Petani lebih banyak budidaya kangkung darat dengan pertimbangan permintaan pasarnya lebih banyak, harga jual lebih tinggi serta jenis variasi benihnya lebih banyak, benih mudah di dapat.

Kangkung darat mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi mulai dari perawatan, harga serta produktifitas tanamannya. Perkembangan ini harus di ikuti oleh kemampuan petani dalam cara menanam kangkung darat harus semakin baik sehingga produktifitas per satuan luas lebih tinggi.

Cara menanam kangkung petani Indonesia harus mampu menghasilkan hasil penen kangkung yang sehat serta kandungan residu pestisidanya rendah. Dengan tujuan itu toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk Budidaya kangkung dengan menggunakan pupuk organik.

PERSIAPAN BENIH  BUDIDAYA KANGKUNG

Dalam setiap budidaya haruslah menggunakan benih yang unggul dan berkualitas agar budidaya yang kita lakukan dapat menghasilkan panen yang optimal. Benih kangkung yang terseleksi dengan baik akan menghasilkan kangkung yang sehat.

Pilihlah benih kangkung yang bebas dari hama dan penyakit benih memiliki daya tumbuh 95%. Benih yang sudah disimpan selama satu tahun tidak baik untuk dipakai karena produktivitas tumbuh benih sudah menurun.

Budidaya kangkung juga dapat dilakukan dengan cara stek batang ( vegetatif ) namun disarankan untuk menggunakan benih agar bisa memilih benih yang berkualitas dan seragam.

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA KANGKUNG
BUDIDAYA KANGKUNG, TANAMAN KANGKUNG, KANGKUNG DARAT, CARA MENANAM KANGUNG, LMGA AGRO
LAHAN BUDIDAYA KANGKUNG

Lahan yang akan ditanami kangkung dibersihkan dari gulma dan rumput-rumput liar sambil dibajak atau dicangkul sampai dengan  kedalaman 30 cm.

Tanah di bolak balik hingga menjadi gembur. Selanjutnya membuat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi bedengan 30 cm, panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan.

BACA JUGA : BERTANAM SAYUR DALAM POT

Jarak antar bedengan 30 – 40 cm, digunakan sebagai saluran drainase air dan jalan pemeliharaan. Usahakan agar bedengan tanaman kangkung mendapatkan sinar matahari penuh dan merata agar pertumbuhan tanaman baik.

PEMBERIAN PUPUK DASAR PADA BUDIDAYA KANGKUNG

Pupuk dasar kangkung diberikan saat bedengan sudah siap dan sebelum melakukan penanaman. Bedengan yang telah dibuat, ditambahkan pupuk kandang secukupnya, ditebarkan merata di atas bedengan.

Bedengan dibiarkan 3 – 5 hari dengan tujuan pupuk kandang tercampur rata dengan tanah. Pengukuran pH tanah juga diperlukan untuk mengetahui kadar keasaman tanah, bila di bawah 5 maka tanah ditambahkan kapur dolomit.

Bila ada 1 karung kapur dolomit, ambillah satu ember kecil ( jangan terlalu banyak ) untuk disebar ke seluruh bedengan. Setelah selesai, penanaman dapat dilakukan 3 hari setelah pemberian pupuk dasar.

PENANAMAN PADA BUDIDAYA KANGKUNG

Jarak tanam tanaman kangkung 20 cm x 20 cm, lubang tanam dibuat dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Benih yang ditanam sebanyak 3 – 4 benih tiap satu lubang.

Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan, sekitar bulan Nopember atau Desember, bila tidak di musim hujan maka penyiraman dilakukan setiap hari.

Setelah benih dimasukkan ke lubang tanam, lalu  ditutup dengan tanah yang sudah dicampur NPK atau pupuk kandang secukupnya.

PERAWATAN PADA BUDIDAYA KANGKUNG

Penyulaman dilakukan dengan mengganti dan mengambil tanaman kangkung yang mati dan tidak tumbuh sempurna agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman yang lain. Penyulaman dalam budidaya kangkung maksimal di lakukan dalam 7 hari setelah tanam.

Perawatan selanjutnya yaitu penyiangan dengan membersihkan lahan tanam dari rumput-rumput yang tumbuhnya lebih cepat dan lebih tinggi dari tanaman kangkung itu sendiri. Penyiangan harus di lakukan dengan segera agar dalam budidaya kangung tanaman utama tidak terganggu.

Perawatan selanjutnya adalah penyiraman yang harus selalu diperhatikan, jangan sampai tidak ada ketersediaan air disekitar tanaman terutama di drainase saluran airnya. Bila tidak ada hujan, penyiraman dilakukan pagi dan sore hari.

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan untuk mencegah adanya serangan hama dan penyakit atau mencegah serangan yang lebih parah lagi.

Biasanya pada budidaya kangkung, hama yang sering menyerang adalah ulat grayak dan kutu daun, sedangkan penyakit yang menyerang adalah karat putih. Pengendalian dapat dilakukan secara mekanis dan kimiawi.

BACA JUGA : TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

Pemupukan susulan  dapat diberikan 10 – 15  hst. Pemupukan susulan ditujukan untuk menjaga ketersediaan  unsur hara dalam tanah bagi pertumbuhan tanaman.

Pemberian pupuk susulan disesuaikan dengan kondisi tanah, bila sudah cukup subur maka pupuk susulan cukup dengan pupuk kandang. Bila tanah kurang subur, dapat ditambahkan pupuk Urea dengan dosis 15 g/m lahan dengan cara ditabur di pinggir bedengan.

PANEN HASIL BUDIDAYA KANGKUNG
BUDIDAYA KANGKUNG, CARA MENANAM KANGKUNG, TANAMAN KANGKUNG, LMGA AGRO
PANEN KANGKUNG

Panen tanaman kangkung dapat dilakukan pada umur 4 – 6 minggu setelah tanam. Kangkung yang siap dipanen berwarna hijau dan sudah lebat. Untuk kangkung darat memiliki batang yang lebih kecil dan warna yang tidak sehijau kangkung air.

Cara panen tanaman kangkung yaitu dengan mencabut seakar-akarnya dengan hati-hati atau dapat juga dengan memotong ujung batang kangkung dengn menggunakan pisau.

BACA JUGA : JUAL BENIH CURAH LMGA AGRO

Panen bisa dilakukan hingga dua kali, biasanya petani untuk panen pertama dengan cara memotong, panen selanjutnya dengan cara mencabut tanaman.

Setelah dipanen, tanaman kangkung dikumpulkan dan diletakkan pada tempat teduh yang kering agar tidak cepat layu. Atau dengan cara lain yaitu, kangkung yang dipanen beserta akarnya, direndam dalam air agar dapat tahan lama.

Demikian ulasan Kami tentang budidaya kangkung yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan