BENIH TIMUN TERBAIK UNTUK BUDIDAYA TIMUN DI MUSIM HUJAN


BENIH TIMUN TERBAIK, CARA MENANAM TIMUN, TIMUN, MENTIMUN, LMGA AGRO
BENIH TIMUN TERBAIK

Benih Timun Terbaik Untuk Budidaya Timun Di Musim Hujan, tersedia di LMGA AGRO. Hubungi bapak Budi, No. Telepon : 082141747141, SMS/WA : 08125222117. Toko Online LMGA AGRO jual bibit timun hibrida dan tanaman hortikultura lainnya, bermacam pestisida, ZPT dan Pupuk.

Untuk informasi benih timun terbaik dan produk benih lainnya yang dijual di LMGA AGRO, kunjungi alamat website kami lainnya : http://www.lmgaagro.web.id, www.lmgaagro.wordpress.com.

Dapatkan artikel pertanian dan info produk terlengkap LMGA AGRO. Kami juga melayani konsultasi gratis mengenai  cara menanam timun serta budidaya timun yang baik dan benar.

BENIH TIMUN TERBAIK

Benih Timun Terbaik Untuk Budidaya Timun Di Musim Hujan. Indonesia masuk dalam kawasan negara tropis yang hanya mengenal musim kemarau dan musim hujan saja. Tentunya hal ini akan mempengaruhi variasi vegetasi tumbuhan yang ada, salah satunya tanaman timun.

Benih timun terbaik sudah banyak diproduksi oleh Perusahaan benih Nasional yang ada. Jenis benih mentimun unggul dan tahan penyakit banyak dijual dan mudah didapatkan di pasaran. Berikut ini beberapa merek benih mentimun yang bisa digunakan dalam budidaya tanaman timun di musim hujan, antara lainnya :

1. Benih timun terbaik Cap Kapal Terbang.

2. Benih timun terbaik Panah Merah.

3. Benih timun terbaik Bintang Asia.

  • Bibit timun Komandan F1, tanaman tahan virus gemini dan penyakit kresek (downy mildew).
  • Bibit timun Monas F1, tanaman mentimun tahan virus Gemini dan penyakit bercak daun.

4. Benih timun terbaik Royal Seed.

  • Bibit timun Galaxy F1, tanaman timun tahan virus Gemini dan penyakit kresek.

Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Benih timun terbaik menghasilkan buah mentimun yang bagus untuk dikonsumsi. Manfaat mentimun untuk kesehatan sangat banyak. Selain rasa menyegarkan karena kandungan air yang tinggi, manfaat timun bagi kesehatan antara lainnya :

  • Buah timun diolah dan dijadikan bahan untuk masker wajah. Manfaat mentimun untuk wajah dalam bentuk masker timun yaitu digunakan sebagai pelembab pada kulit wajah.
  • Buah mentimun dicuci bersih, diiris tipis membentuk penampang kemudian diletakkan diatas mata dengan posisi mata terpejam. Untuk menjaga kelembaban mata.
  • Khasiat timun lainnya bisa untuk menjaga kesegaran mulut akibat kelebihan panas dari perut, juga menjaga hidrasi tubuh.
  • Dengan mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, berguna memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh. Kandungan kalsium bagus untuk menunjang kesehatan tulang.
  • Mengkonsumsi buah timun juga membantu menetralisir zat-zat dari luar yang masuk ke tubuh sebagai radikal bebas. Adanya zat beta karoten merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas.
  • Dari hasil ekstrak mentimun segar didapatkan kandungan Flavonoid yang berguna untuk mengurangi peradangan.
  • Mengkonsumsi minuman jus mentimun bisa membantu pemenuhan kebutuhan hormon insulin yang dibutuhkan pankreas untuk mengatur metabolisme tubuh dan kadar gula darah.
  • Dengan mengkonsumsi buah mentimun berguna sebagai  kontrol diabetes pada tubuh kita.
  • Adanya kandungan fosfor, natrium, kalsium, kalium bagus untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap subur dan mengkilap.
  • Adanya kandungan Polifenol atau lignan juga fitonutrien berupa cucurbitacin pada mentimun, bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

BUDIDAYA BENIH TIMUN TERBAIK MUSIM HUJAN

Budidaya Benih Timun Terbaik
Budidaya Benih Timun Terbaik

Benih timun terbaik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil panen yang tinggi, selain lahan tanah yang subur. Pemilihan bibit timun unggul yang sesuai dan toleran kondisi iklim dan cuaca pada saat budidaya merupakan faktor utama yang harus terpenuhi.

Pada dasarnya semua budidaya tanaman memerlukan air dalam proses pertumbuhannya. Ketersediaan dan pemenuhan air disesuaikan dengan jenis budidaya tanaman yang sedang berlangsung. Termasuk juga pada saat menanam mentimun, sangat diperlukan kebutuhan air yang cukup.

Budidaya timun terbaik di musim hujan tentunya rentan akan kelebihan air. Hal ini perlu diperhatikan sistem drainase yang baik untuk membantu mengatur keperluan air. Adanya parit pada lahan budidaya timun dengan ukuran sesuai dengan kondisi musim hujan sangat membantu.

Disamping itu resiko munculnya serangan hama penyakit yang lebih besar pada saat budidaya mentimun di musim hujan tidak bisa dihindari. Diperlukan teknik budidaya tanaman timun yang tepat dan ekstra dalam perawatannya untuk mendapatkan hasil yang optimal saat petani menanam timun di musim hujan.

Tips Cara Menanam Timun Di Musim Hujan

Pada kesempatan ini kita akan coba mengulas tips cara menanam timun di musim hujan  yang baik termasuk rekomendasi mengenai benih timun terbaik yang digunakan. Sekedar untuk mereview, mengingat sudah banyak artikel kami ataupun blog lainnya yang membahas mengenai budidaya timun di musim hujan.

1. Pemilihan benih mentimun atau bibit timun yang tepat.
  • Harga benih timun disesuaikan dengan budget yang ada. Tentunya toleran terhadap penyakit yang muncul pada musim hujan dan tahan virus. Penyakit akan lebih banyak muncul jika kita budidaya timun di musim hujan. Maka kita harus mencari benih yang lebih tahan penyakit. Benih timun terbaik menghasilkan tanaman yang memiliki vigor kuat kokoh, tahan terhadap guyuran air hujan yang turun.
2. Pengolahan lahan tanam untuk budidaya benih timun terbaik.
  • Seperti pada kebanyakan persiapan budidaya tanaman hortikultura lainnya, unsur hara tanah harus diperhitungkan. Tingkat pH tanah harus mencapai 6,5-7. Dilakukan juga pemupukan dasar dengan pupuk kandang dan pupuk anorganik untuk meningkatkan nutrisi tanah. Untuk pengolahan lahan disesuaikan kondisi tanah.— BACA JUGA : STRATEGI PENGOLAHAN TANAH DI MUSIM HUJAN
3. Pengaturan drainase air yang baik pada budidaya benih timun terbaik.
  • Membuat parit diantara bedengan pada lahan budidaya timun, kedalaman 30cm dan lebar sekitar 100-120cm. Hal ini mempermudah untuk mengalirkan air berlebih yang menggenang akibat hujan. Selain itu berguna sebagai irigasi dan persediaan air tanah sehingga kandungan air dalam tanah bisa dipertahankan.

4. Pengaturan kelembapan dengan pemasangan mulsa plastik pada bedengan.

  • Pemakaian mulsa plastik berguna untuk menekan pertumbuhan OPT seperti gulma. Selain itu berfungsi menjaga kelembapan dan meminimalisir unsur hara tanah yang hanyut terbawa air hujan. Toko pertanian online LMGA AGRO juga jual mulsa plastik berkualitas, harga terjangkau. Apabila membutuhkan, silahkan hubungi kami.

5. Pemasangan ajir atau lanjaran yang proporsional.

  • Berfungsi untuk membantu menegakkan pertumbuhan tanaman mentimun dan mengarahkannya ke arah atas untuk pertumbuhannya. Agar pohon timun bisa tumbuh rapi, seragam, kokoh dan kuat nantinya bila sudah berbuah. Menghindarkan buah bersentuhan secara langsung dengan tanah, bisa menyebabkan kerusakan pada buah timun.
6. Penyiangan lahan budidaya benih timun terbaik dari tanaman pengganggu.
  • Munculnya gulma dan organisme pengganggu lainnya menyebabkan pertumbuhan tanaman timun tidak maksimal. Karena unsur hara tanah terbagi dengan tanaman pengganggu tersebut. Sehingga tidak bisa optimal hasilnya. Waktu penyiangan disesuaikan dengan pertumbuhan gulma dilokasi budidaya.

7. Pemeliharaan tanah bedengan dan parit irigasi.

  • Segera lakukan perbaikan terhadap bedengan yang mungkin rusak terkena hujan yang deras. Pastikan saluran irigasi lancar dan hindarkan genangan air berlebih pada tanaman mentimun. Segera rapikan bentuk bedengan apabila mulai tergerus dan erosi oleh air hujan. Segera lakukan pengerukan parit bila parit tertutup material atau sampah.

8. Pemeriksaan tanaman mentimun secara rutin.

  • Pemerikasaan tanaman secara rutin untuk mengetahui perkembangan pertumbuhannya. Selain itu juga bisa segera mengetahui apabila tanaman terserang penyakit. Sehingga bisa segera melakukan penanganan terhadap tanaman yang terserang dan melokalisir dampaknya agar tidak meluas.
Baca Juga : Budidaya Tanaman Timun Yang Baik Dan Benar
9. Pengendalian hama penyakit pada budidaya benih timun terbaik.
  • Penyakit busuk daun (downy mildew) dengan fungisida berbahan aktif tembaga hidroksida dan mankozeb. Seperti Bion M 1/48WP, Cabrio Top 60WG, Daconyl 75WP, Previcur N, Ridomil Gold MZ 4/64WP, Score 250WP, Sirkus 50WP, Starmyl 25WP.
  • Hama oteng-oteng, dengan sanitasi lingkungan, penggunaan insektisida Natural BVR atau Pestona. Atau insektisida seperti Seperti Agrimec 18EC, Demolish 18EC, Rotraz, Pegasus 500EC, Confidor 5WP, Winder 25WP, Samite 135EC, Curacron 500EC.
  • Cucumber Mozaik Virus (CMV) pembawanya kutu kebul, dengan cara sanitasi, rotasi tanam dan penggunaan insektisida sejak awal untuk mengendalikan vektornya. Seperti Agrimec 18EC, Demolish 18EC, Rotraz, Pegasus 500EC, Confidor 5WP, Winder 25WP, Samite 135EC, Curacron 500EC.
  • Layu Fusarium, dengan Fungisida berbahan aktif Benomil, penggunaan ARASHI dan melakukan pemupukan berimbang.
  • Powdery Mildew, dengan sanitasi, rotasi tanam se-family, gunakan fungisisida Bion M 1/48WP, Cabrio Top 60WG, Daconyl 75WP, Previcur N, Ridomil Gold MZ 4/64WP, Score 250WP, Sirkus 50WP, Starmyl 25WP.
  • Layu Bakteri, dengan sanitasi lingkungan, rotasi tanam yang bukan se-family, pemupukan berimbang, bakterisida berbahan aktif streptomisin sulfat, penggunaan ARASHI.
  • Antraknosa, sanitasi lingkungan dan pemangkasan bagian tanaman yang terkena penyakit. Dengan jenis Fungisida seperti Ridomil Gold, Cabrio Top, Amistartop, Daconyl 75WP, Previcur-N, Sirkus.
Baca Juga : Benih Timun Hibrida Berkualitas Untuk Budidaya Mentimun
Baca Juga : Mulsa Grenjeng Andalan Petani Mencegah Virus
Benih Timun Terbaik-Buah Timun
Buah Timun

Demikian sedikit ulasan mengenai tips budidaya timun terbaik di musim hujan. Dan tentunya cara menanam timun yang baik dan benar terus diterapkan setiap saat.

Kita juga perlu mengetahui perkembangan mengenai harga jual timun, harga timun hari ini. Juga informasi mengenai bibit timun pilihan yang bisa direkomendasikan untuk tanam di musim hujan dan kemarau.

Toko Pertanian Online LMGA AGRO (Agen, Toko Ritel, Grosir, Distributor terpercaya Perusahaan Benih) jual benih timun terbaik, berkualitas, asli dan harga murah. Silahkan hubungi bapak Budi di Telepon 082141747141 atau SMS/WA di 08125222117. Kami melayani pemesanan dan pengiriman seluruh wilayah Indonesia.

Iklan