CARA MENANAM CABE COLOMBUS DI MUSIM HUJAN


cara menanam cabe columbus, cabe columbus, cabai columbus, budidaya cabe columbus, jual benih cabe columbusCara menanam cabe Colombus di musim hujan. Toko Pertanian LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 (SMS/WA), jual benih cabe Colombus harga murah. Kami juga menerima layanan gratis konsultasi tentang cara menanam cabe Colombus dan membantu mengatasi permasalahan yang Anda temui di lapangan selama musim penghujan.

Cara menanam cabe Colombus menggunakan benih cabe merah besar cap Kapal Terbang produk dari PT BISI International, Tbk. Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai jenis benih dari varietas hibrida dan unggul produk pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesia.

Juga tersedia berbagai macam kebutuhan untuk bercocok tanam buah dan sayur, seperti pupuk, pestisida, mulsa plastik, alat kocor dan masih banyak lagi.

Cara menanam cabe Colombus di musim hujan bila berhasil maka dapat diperoleh keuntungan yang tinggi. Di musim hujan, harga cabe biasanya dapat melonjak tinggi. Ditambah bila bersamaan dengan hari raya, dimana saat tersebut cabe banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Pengetahuan tentang cara menanam cabe Colombus di musim hujan perlu dipelajari dan dipraktekkan terus menerus tanpa kenal lelah. Sehingga perlu kiranya petani cabe mengetahui dan mempelajari bagaimana cara menanam cabe Colombus yang baik dan benar. Hal tersebut dengan tujuan memperoleh hasil panen yang maksimal.

BENIH CABE COLOMBUS

Telah banyak petani yang melakukan budidaya cabe besar Colombus di Jawa Timur. Beberapa kota kabupaten di Jawa Timur yang banyak menanam cabe besar adalah Jember, Lamongan, Lumajang, Banyuwangi, Malang, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Malang, Kediri, Blitar, Tulungagung dan masih banyak lagi.

Petani mendapatkan kepuasan dalam menanam cabe Colombus karena cara menanam cabe Colombus dirasakan mudah. Selain itu juga banyaknya keunggulan dari benih cabe Colombus cap Kapal Terbang ini.

  • Cara menanam cabe Colombus adalah menanam cabe besar yang memberikan hasil maksimal bila dibudidayakan pada dataran rendah sampai menegah.

  • Hasil produksi tanaman bisa mencapai 1,5 kg per tanaman.

  • Cara merawat budidaya cabe Colombus mudah karena benih secara genetik memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit.

  • Benih cabe Colombus tahan terhadap serangan layu jamur dan bakteri, termasuk tahan terhadap virus Gemini.

  • Cara menanam cabe Colombus memiliki produksi yang tinggi.

  • Pembentukan buah cabe Colombus juga mudah meskipun ditanam di musim hujan.

  • Buah cabe Colombus mempunyai panjang 17 cm dan diameter 1,5 cm.

  • Panen pertama dapat dimulai pada umur genjah yaitu 75 hari setelah tanam.

Harga benih cabe Colombus yang tidak murah namun menghasilkan produksi yang tinggi dan menggunakan teknik budidaya yang tepat, hasil produksi dapat mencapai hingga 30 ton/ha. Apalagi bila bertepatan saat panen, harga cabe dipasaran sedang tinggi sehingga akan banyak keuntungan yang akan kita peroleh.

BACA JUGA : CABAI BESAR

CARA MENANAM CABE COLOMBUS HASIL TINGGI

cara menanam cabe columbus, bibit cabe columbus, jual benih cabe columbus, lmga agro
CABE COLUMBUS

Cara menanam cabe Colombus terutama di musim hujan biasanya mendapat masalah adanya serangan jamur dan bakteri penyebab penyakit. Hal ini karena cuaca dan kelembaban yang tinggi dapat mempercepat perkembangbiakan jamur dan bakteri pengganggu tanaman cabe.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menanam cabe Colombus adalah pemilihan lahan yang tepat dan lokasi penanaman yang dikehendaki tanaman.

Dengan mengetahui 2 hal syarat tersebut maka diharapkan dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit tanaman dan menekan kegagalan budidaya cabe Colombus.

Pemilihan Lahan Cara Menanam Cabe Colombus

Sebelum menanam cabe, kita harus mengetahui sejarah dari lahan yang akan kita tanami tanaman cabe tersebut. Kita jangan menyewa lahan yang sebelumnya juga menanam cabe, atau lahan yang berdekatan dengan areal tanaman cabe yang sudah tua. Lahan juga bukan bekas tanaman yang satu famili.

Lahan yang dipilih juga sebelumnya tidak ada riwayat serangan penyakit layu yang disebabkan dari bakteri atau jamur. Karena dengan kita mengetahui sejarah penanaman sebelumnya maka kita dapat mencegah lebih awal datangnya penyakit atau serangan hama, terutama penyakit layu.

Budidaya cabai Colombus sebaiknya menggunakan lahan bekas tanaman padi dimana lahan tersebut  mendapatkan hasil yang terbaik. Benih cabai besar Colombus cukup mahal di pasaran sehingga kita perlu hati-hati dalam memilih lokasi lahan yang tepat dan mendapatkan hasil tanaman yang kita inginkan.

Syarat Tumbuh Cara Menanam Cabe Colombus

Cara menanam cabe Colombus sangat cocok dilakukan pada dataran rendah hingga menengah dengan jenis tanah yang berpasir. Yaitu pada ketinggian 20 – 500 m dpl. Lokasi lahan penanaman mendapatkan sinar matahari penuh atau sekitar minimal 8 jam sehari.

Lokasi penanaman juga tidak terdapat naungan pohon besar yang dapat menghalangi paparan sinar matahari ke tanaman. Tanah juga memiliki pH sebesar 6,5 – 7. Lahan penanaman merupakan tanah yang steril, bersih dari jamur dan bakteri penyebab penyakit dan bukan bekas penanaman cabe minimal selama 6 bulan.

Suhu udara optimal untuk pertumbuhan tanaman yaitu 24 – 28 °C. Bila suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi maka pertumbuhan tanaman dapat terganggu. Saat musim kemarau, tanaman cabe masih dapat tumbuh asalkan kebutuhan pengairannya terpenuhi.

Curah hujan yang dikehendaki berkisar antara 800 – 2000 mm/tahun dengan kelembaban berkisar 80%. Permukaan tanah cara menanam cabe Colombus yang baik adalah tanah datar dengan sudut kemiringan 0 – 10 °C.

BACA JUGA : CARA PETANI SUKSES BUDIDAYA CABE

PENGOLAHAN LAHAN CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Pengolahan lahan dilakukan dengan tujuan memutus siklus hidup organisme pengganggu dalam tanah yang dapat menyebabkan penyakit terutama pada akar tanaman.

Pengolahan lahan cara menanam cabe Colombus meliputi pembajakan, penggemburan tanah, pengelantangan, pembuatan bedengan, pemberian pupuk dasar dan aplikasi Arashi.

Pembajakan tanah merupakan salah satu cara memutus hidup organisme pengganggu penyebab penyakit, seperti penyakit layu. Pembajakan tanah meliputi proses membalik tanah dan memperkecil struktur tanah sehingga proses aerasi dalam tanah berlangsung baik.

Pembalikan tanah dapat memutus siklus hidup jasad pengganggu dalam tanah dan lapisan tanah bagian bawah dipindah ke atas sehingga unsur hara dapat tersedia bagi perakaran tanaman. Dengan melakukan pembajakan lahan, butiran tanah menjadi lebih kecil, remah dan gembur sehingga memudahkan perakaran menyerap unsur hara tanah.

Pengelantangan adalah membiarkan tanah beberapa hari ( 1 – 2 minggu ) untuk menerima paparan sinar matahari dan air hujan. Dengan tujuan mematikan jasad pengganggu dalam tanah juga membiarkan pupuk bekerja dalam tanah. Namun seringkali petani tidak melakukan proses ini karena memakan banyak waktu.

Cara menanam cabe Colombus apabila pengolahan lahannya dilakukan proses pengelantangan akan mendapatkan hasil yang nyata berbeda bila tidak melakukan proses pengelantangan. Setelah melakukan pengelantangan selama 1 – 2 minggu bahkan 3 minggu, selanjutnya adalah membuat bedengan tanaman cabe.

Bedengan untuk cara menanam cabe Colombus terutama di musim hujan lebar bedengan adalah 120 cm, tinggi bedengan 30 cm, jarak antar bedengan 50 cm, kedalaman saluran air tengah adalah 40 cm dan saluran air tepi yang terluar adalah 50 cm.

Pemberian Pupuk Dasar Cara Menanam Cabe Colombus

Pemberian pupuk dasar cara menanam cabe Colombus diberikan saat membajak tanah atau saat membuat bedengan persiapan lahan menanam cabe.

Pupuk dasar yang dipakai adalah pupuk organik yang sudah difermentasi, pupuk kimiawi ( ZA, TSP dan KCl ) dan kapur Dolomit. Pupuk organik yang dipakai bisa pupuk kandang atau kompos yang telah kering.

Pupuk kandang kotoran ternak yang masih mentah/basah bila langsung digunakan dapat menyebabakan tumbuhnya jamur dan bakteri yang merugikan bagi tanaman. Karena bila mengenai tanah akan terjadi proses fermentasi disekitar perakaran tanaman dan bersifat panas bagi tanaman.

Pupuk dasar yang diberikan dalam cara menanam cabe Colombus per 1 hektar lahan adalah 150 kg ZA, 300 kg TSP, 250 kg KCl, pupuk kandang kering 3 ton dan kapur Dolomit 2 ton.

Pupuk dasar diberikan dengan cara ditabur merata pada seluruh bedengan dan diaduk dengan cara dicangkul sampai kedalaman 15 – 30 cm.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE BESAR F1 IMPERIAL 10

Aplikasi Penyemprotan Arashi Cara Menanam Cabe Colombus

Aplikasi penyemprotan Arashi merupakan salah satu langkah untuh mencegah penyakit layu pada tanaman cabe. Penyemprotan Arashi sebagai obat anti layu tanaman cabe, dilakukan setelah bedengan diberi pupuk dasar secara  merata. Arashi sebagai tindakan dini mencegah serangan bakteri penyebab penyakit layu.

Aplikasi penyemprotan Arashi cara menanam cabe Colombus sebanyak 1 g/liter air ( Arashi 4 sachet ). Arashi diberikan secara tunggal dan tidak boleh dicampur dengan bahan kimia lain. Penyemprotan dilakukan merata di seluruh lahan tanaman cabe Colombus.

Obat anti layu Arashi yang diberikan lebih awal bersama pupuk dasar untuk tanaman cabe, terbukti efektif menekan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit layu tanaman cabe.

Aplikasi Pemakaian Mulsa Plastik Cara Menanam Cabe Colombus

Setelah melakukan penyemprotan, selanjutnya bedengan ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Penutupan mulsa harus dilakukan pada siang hari agar mulsa dapat kencang dan terpasang dengan kuat.

Biarkan lahan tertutup mulsa selama 7 hari agar unsur hara dalam tanah bekerja dan tercampur pada tanah. Setelah 7 hari, pada permukaan mulsa, dapat dibuat lubang tanam dengan menggunakan alat pelubang mulsa. Lubang tanam dibuat model zig-zag dengan jarak 70 x 70 cm.

Bersamaan dengan persiapan lahan, kita juga menyiapkan pembibitan tanaman cabe Colombus. Bibit cabe Colombus dilakukan di tempat semai dan menggunakan wadah polybag ukuran kecil.

Bibit yang siap untuk ditanam di lahan tetap adalah yang telah berumur 20 – 24 hari setelah tanam atau telah muncul 3 – 4 daun sejati. Jumlah bibit yang disiapkan dilebihkan sebanyak 10% sebagai persediaan saat proses penyulaman.

PROSES PEMBIBITAN CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Proses pembibitan cara menanam cabe Colombus dilakukan untuk mendapatkan calon tanaman yang kuat dan sehat serta mampu tumbuh berkembang dan bertahan hidup hingga menghasilkan nantinya.

Bibit yang baik apabila saat dipindahkan nanti,  tidak layu dan rebah semai atau mati.  Diharapkan bibit tanaman cabe nantinya dapat beradaptasi dengan baik dengan perbedaan iklim yang ekstrim.

Karena benih yang dipilih sudah bersertifikat dan siap dibenihkan maka tidak perlu direndam dalam air hangat selama 3 – 4 jam. Perendaman biasanya dimaksudkan untuk mengetahui mana benih yang baik dan mana yang jelek. Karena saat direndam di air hangat, benih yang tenggelam adalah benih yang baik.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE BHASKARA F1 PANEN 15 TON

Siapkan media untuk pembibitan cara menanam cabe Colombus. Media untuk menyemai bibit cabe menggunakan tanah yang telah digemburkan, merupakan campuran dari tanah dan pupuk kandang ( perbandingan 1 : 1 ). Sebelum digunakan, media diayak hingga halus kemudian dicampur jadi satu.

Masukkan bahan media tadi dalam polybag ( ukuran 8 x 9 cm ), polybag diisi media hingga penuh 90% dari tinggi polybag. Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian bawah polybag untuk tempat keluarnya air siraman.

Tambahkan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 250 gram per 20 kg media tanah. Bila media telah siap, benih dibenamkan satu per satu lalu ditutup tanah yang sama.

Perawatan bibit cabe dengan melakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore sesuai kondisi tanah dan tanaman. Setelah bibit telah muncul daun sejati sebanyak 4 buah maka bibit sudah dapat dipindahkan ke bedengan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Buat naungan untuk pembibitan terbuat dari plastik atau jaring yang dapat dibuka tutup.

Naungan Bibit Cara Menanam Cabe Colombus

Tempat untuk menyemai bibit cabe cara menanam cabe Colombus sebaiknya diarahkan menghadap sebelah timur untuk mendapatkan cahaya pagi yang cukup dan baik bagi pertumbuhan tanaman.

Naungan pembibitan berfungsi untuk melindungi bibit dari air hujan langsung, paparan sinar matahari juga mencegah serangan hama yang dapat merusak bibit.

Naungan bibit cabe dibuat dari plastik. Ketinggian plastik adalah 1 meter dari permukaan tanah. Sungkup plastik dapat dibuka tutup. Sungkup dibuka pada pagi hari pukul 06.00 – 10.00 dan ditutup sampai pukul 14.00. Dibuka lagi pada sore hari dan ditutup pada malam hari.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE LADO F1 TOLERAN BACTERIAL WILT

 PENANAMAN BIBIT CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Beberapa hal yang dilakukan untuk menyiapkan lahan menanam bibit cara menanam cabe Colombus antara lain penggemburan tanah, penyesuaian pH tanah dan menambahkan pupuk untuk ketersediaan unsur hara dalam tanah. Persiapan lahan minimal diolah 2 minggu sebelum pemindahan bibit dan satu minggu sebelumnya, lubang tanam dapat disiram larutan perangsang pertumbuhan.

Penanaman bibit cara menanam cabe Colombus harus dilakukan serempak dan selesai dalam satu hari, dilakukan saat cuaca tidak panas atau dilakukan saat sore hari. Sebelumnya, lubang tanam di bedengan dan polybag bibit disiram air lebih dahulu agar memudahkan dalam pemindahan dan penanaman bibit.

Penanaman dilakukan dengan hati-hati dan usahakan media akar tidak pecah agar perakaran tidak rusak. Setelah penanaman, siram kembali bibit sampai cukup lembab agar bibit yang baru dipindah tadi tidak mengalami stress. Perawatan 1 minggu pertama adalah pengairan dan pengamatan terhadap pertumbuhan bibit.

PERAWATAN TANAMAN CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Cara menanam cabe Colombus akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila ditunjang dengan perawatan yang tepat dan berimbang.

1. PENGAIRAN

Pengairan cara menanam cabe Colombus dilakukan dengan cara pengocoran tiap tanaman atau penggenangan ( di-leb ) terutama saat musim kemarau ( tanah kering ). Ketersediaan air sangat diperlukan untuk proses penyerapan unsur hara dalam tanah. Kondisi tanah yang kering mengakibatkan tanaman juga mudah terserang hama.

Pengairan cukup dilakukan 3 hari sekali karena pada dasarnya tanaman cabe tidak memerlukan asupan air yang terlalu banyak. Namun bila terjadi musim kering yang ekstrim, pengairan dilakukan setiap hari. Bila kondisi cuaca sedang hujan setiap hari maka tidak perlu dilakukan pengairan.

2. PEMANGKASAN

Pemangkasan cara menanam cabe Colombus yaitu memangkas tunas-tunas air pada tanaman cabe yang tidak produktif. Dengan menghilangkan tunas air, pertumbuhan tanaman cabe akan maksimal karena nutrisi yang diserap akan dimanfaatkan hanya oleh cabang utama.

Pemangkasan terutama pada tunas-tunas air dilakukan sedini mungkin agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Daun-daun kering dan layu juga harus dipangkas agar tidak menyebarkan jamur dan bakteri yang kemungkinan dibawanya. Tunas air yang dihilangkan adalah tunas air dibawah cabang Y dan 3 bunga pertama yang tumbuh.

3. PENYULAMAN/PEMBERSIHAN GULMA

Gulma-gulma yang tumbuh disekitar tanaman harus segera dihilangkan. Gulma disekitar tanaman berpeluang menjadi tanaman inang pembawa bakteri dan virus penyebab penyakit tanaman.

Kebersihan tanaman terutama dalam budidaya cabe merupakan salah satu langkah untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Kebun yang bersih terutama dari rumput-rumput liar maka tanaman akan aman dari serangan jasad pengganggu.

PEMUPUKAN CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Pemupukan dibutuhkan untuk mendukung dan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Pupuk yang cocok untuk tanaman cabe adalah kompos ( pupuk organik ) dan NPK (pupuk kimiawi). Pemberian pupuk harus secara bijaksana dan berimbang, tidak boleh berlebihan dan kekurangan.

Jika cara menanam cabe Colombus kita ingin dibudidayakan secara organik maka gunakanlah Pupuk Organik Cair ( POC ). Pemberian POC dengan cara disemprotkan pada masa-masa penting pertumbuhan daun dan buah. Tentang Pupuk Organik Cair dapat Anda konsultasikan pada Kami, Toko pertanian Online LMGA Agro.

Pemupukan dilakukan lewat pengocoran dilakukan seminggu sekali tiap lubang tanam. Pemupukan cabe yang paling praktis adalah menggunakan pupuk NPK baik NPK Mutiara maupun Phonska.

Pemberian pupuk untuk cabe diberikan hingga memasuki panen dan setelah panen diberikan dengan interval 7 – 10 hari sekali.

Pupuk NPK Mutiara cara menanam cabe Colombus dapat diberikan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan. Sebagai pupuk dasar diberikan dengan cara ditaburkan merata pada bedengan dan diaduk dicampurkan tanah.

Pemberian NPK Mutiara Cara menanam cabe Colombus pasca tanam diberikan pada umur 10 – 15 hari setelah pindah tanam. Dan diulangi setiap 10 hari sekali dengan cara ditabur atau dikocor.

Pupuk untuk cabe juga dapat menggunakan NPK 16-16-16. Diberikan dalam 2 tahap, yaitu pada fase Vegetatif diberikan pada umur 15 hari setelah tanam. pupuk yang diberikan sebanyak 10 g per 1 liter air, dikocorkan sebanyak 250 cc per tanaman. Pemberian diulang setiap 7 hari sekali sampai tanaman memasuki fase Generatif ( fase munculnya bunga ). 

Memasuki fase generatif, dosis pupuk NPK  cara menanam cabe Colombus dapat ditambah 10 – 15 gram per 1 liter air dengan aplikasi yang sama. Memasuki umur 50 – 65 hari dan umur 115 hari, pupuk NPK diberikan dengan cara ditabur sistem tugal sebanyak 1 sendok makan per tanaman. Tentang cara pemupukan cabe dapat Anda konsultasikan kepada Toko pertanian Online LMGA Agro.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Pada dasarnya hama dan penyakit yang menyerang tanaman dapat diminimalisir dengan melakukan teknik budidaya yang baik dan benar. Banyak usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit di lapangan. Antara lain yang dapat Kami sarankan adalah :

  • Yang pertama adalah menggunakan benih hibrida tanaman cabe yang toleran terhadap jenis hama dan penyakit yang dapat menyebabkan kegagalan produksi cabe.

  • Disadari bahwa tanaman cabe merupakan tanaman yang membutuhkan perawatan spesial karena memiliki hama dan penyakit utama yang kompleks. Sehingga budidaya cabe menuntut petani untuk terus mempelajari cara budidaya yang baik dan benar.

  • Dalam cara menanam cabe Colombus sama seperti cara menanam tanaman yang lain, untuk selalu rutin mengamati dan mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dengan langkah ini, pencegahan dini gejala tanaman yang sakit dapat diketahui dan dapat segera melakukan langkah-langkah pengendalian agar serangan tidak meluas.

  • Menggunakan teknik budidaya cara menanam cabe Colombus  yang tepat seperti mengatur jarak tanam, pergiliran tanaman, pemupukan yang tepat dan berimbang, pengolahan tanah yang baik, drainase yang baik, selalu menjaga kebersihan lahan, gulma dibersihkan dan menjaga kelembaban tanaman dan tanah.

  • Keputusan untuk melakukan penyemprotan pestisida cara menanam cabe Colombus bila serangan hama dan penyakit sudah berat dan memperhatikan dosis pemakaian serta aplikasi penyemprotan secara bijak. Lakukan pengendalian kimiawi secara tepat, yaitu tepat waktu, tepat dosis dan tepat sesuai gejala.

  • Pestisida terdiri dari berbagai jenis bahan aktif mulai dari yang ringan, menengah hingga yang berat. sebaiknya pestisida ( baik fungisida, insektisida, bakterisida atau akarisida ) yang dipilih pada penyemprotan pertama menggunakan yang berbahan aktif ringan dulu. LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang cara pengendalian hama dan penyakit tanaman.

Hama Utama Tanaman Cabe

1. Ulat Grayak ( Spodoptera litura ), hama berwarna hijau, berukuran kecil dan sangat banyak. Menyerang daun, tunas tanaman dan batang muda. Dapat menyebabkan daun berlubang, merusak tunas muda,tanaman menjadi gundul hingga tersisa tulang-tulang daunnya.

2. Thrips menyerang daun hingga daun mengeriting, menggulung ke arah atas. Ukuran hama sangat kecil. Merusak dengan cara menghisap cairan pada daun. Serangan awal terjadi pada pucuk/daun muda dan serangan berat terjadi di musim kemarau. Hama Thrips merupakan vektor pembawa virus yang mudah menyebar dengan cepat.

3. Tungau yang menyerang tanaman cabe adalah Tungau Kuning (Polyphagotarsonemus latus) dan Tungau Merah ( Tetranycus sp. ). Menyebabkan daun keriting dan menggulung ke bawah, daun yang terserang pada bagian bawahnya berwarna kecoklatan. Serangan hebat menyebabkan daun rontok.

4. Kutu daun ( Myzus persicae ) menyebabkan daun keriting. Hama menyerang batang muda, tunas dan daun muda. Kutu daun menghisap cairan dalam daun sehingga daun menjadi kering dan keriting. Kutu daun mengeluarkan cairan/zat yang mengandung gula dan manis sehingga banyak semut yang akan mendekat. Bila terdapat banyak semut sekitar tanaman maka dipastikan terdapat hama kutu daun. Hama ini juga vektor pembawa virus kuning ( penyakit Bule/Bulai ).

5. Lalat buah menyerang buah cabe, dengan cara menyuntikkan telur masuk ke buah, telur akan menetas dan menjadi larva. Larva itulah yang menghabiskan isi buah hingga buah menjadi busuk di dalam ( busuk basah ) dan buah akan rontok. Tangkai buah dan ujung dari buah akan menguning. Bagian dalam buah bila dibelah, tampak larva disana.

6. Puru Akar menyebabkan layu dan robohnya tanaman. Puru akar menyerang akar dan batang bagian bawah.

7. Ulat tanah hama yang berwarna coklat atau hijau, ukuran besar ( sebesar pensil ). Menyerang seluruh bagian tanaman, buah, batang dan daun. Namun cenderung menyerang buahnya. Hama aktif pada malam hari dan siang hari bersembunyi dalam tanah atau dibalik mulsa. Dalam satu malam sanggup menghabiskan berhektar-hektar areal tanaman.

Penyakit Utama Tanaman Cabe

1. Bercak Daun yaitu terdapat bercak hitam dan bulat pada daun, daun menguning lalu rontok. Penyebabnya adalah cendawan ( Cercospora capsici ). Bila kelembaban udara tinggi dan di musim hujan, serangan cendawan ini semakin hebat. Spora cendawan disebarkan oleh angin, air hujan dan manusia. Pencegahan dengan cara menjaga jarak tanam jangan terlalu rapat agar tidak terlalu lembab dan menggunakan mulsa plastik saat musim hujan.

2. Antraknosa/Patek bila menyerang bibit menyebabkan bibit layu dan mati, terjadinya mati pada pucuk ( pucuk batang kering ), busuk kering pada batang dan daun dan busuk pada buah ( bulat hitam pada buah seperti terbakar ). Disebabkan oleh cendawan.

3. Layu Fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium sp. Gejala serangan adalah tanaman tampak segar saat pagi, siang tampak layu kemudian segar kembali saat sore. Gejala tersebut terjadi beberapa hari dan kemudian tanaman mati.

4. Busuk pada Batang dan Kuncup disebabkan oleh jamur Phytophtora capsici ( busuk batang ) dan jamur Choanasearum sp. ( busuk kuncup). Terjadi di musim hujan dan kelembaban tinggi. Penyebaran jamur sangat cepat. Kuncup yang diserang akan berwarna hitam dan mati. Usaha untuk menekan serangan, dengan cara mengurangi pupuk N ( Urea dan ZA ), jarak tanam tidak terlalu rapat, menggunakan mulsa plastik dan memusnahkan tanaman yang mati.

5. Layu bakteri disebabkan oleh bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri menyerang jaringan batang.

6. Cucumber Mosaic Virus ( CMV ) gejalanya adalah warna daun belang kekuningan, pertumbuhan kerdil dan tulang daun menguning. Penyebaran penyakit oleh serangga. Pencegahan dengan memusnahkan tanaman terinfeksi dan penyemprotan insektisida membasmi serangganya.

PANEN CARA MENANAM CABE COLOMBUS

Panen cara menanam cabe Colombus dimulai umur 75 hari setelah tanam ( genjah ) dan panen dilakukan berulang-ulang hingga tanaman tidak lagi berproduksi. Panen kedua dan selanjutnya dilakukan interval 3 hari sekali dengan jumlah panen mencapai 30 – 40 kali.

Buah cabe Colombus yang dipanen tidak terlalu tua ( matang 80 – 90% ) dan dipanen pada pagi hari setelah embun kering. Letakkan buah cabe yang telah dipanen di tempat yang sejuk.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABAI COLUMBUS TEMBUS 30 TON

Demikian artikel tentang Cara menanam Cabe Colombus di musim hujan. Jual benih cabe Colombus di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).

Kami juga melayani konsultasi gratis tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan semua kebutuhan tentang cara menanam cabe Colombus meliputi benih, pupuk, pestisida, mulsa, polybag, alat kocor dan lain-lain. Kami siap mengirim dengan cepat dan tepat waktu dimanapun alamat Anda asalkan jelas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan