CARA MENANAM CABE TM 999 HIBRIDA TANI MURNI INDONESIA


CARA MENANAM CABE TM 999, CABE TM 999, JUAL BENIH TM 999, LMGA AGRO, HARGA MURAHCara menanam cabe TM 999 Hibrida Tani Murni Indonesia. Benih jual di Toko Pertanian LMGA Agro, bapak Budi 08125222117 (SMS/WA), 082141747141 ( telepon ). Kami juga menerima layanan gratis konsultasi pertanian terutama cara menanam cabe TM 999 Tani Murni.

Benih cabe TM 999 adalah cabe keriting produk Tani Murni Indonesia yang banyak di tanam petani cabe merah keriting di Indonesia.

Toko pertanian LMGA AGRO adalah Usaha Agribisnis yang menjual benih cabe TM 999 harga murah dan siap mengirim ke petani dan toko pertanian seluruh wilayah Indonesia.  Juga membantu permasalahan yang Anda temui di lapangan.

Cara menanam cabe TM 999 harus di kuasai oleh petani cabe merah keriting di Indonesia. Menuasai cara menanam cabe TM 999 yang baik dan benar akan menghindarkan petani dari kerugian.

Agribisnis LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih sayur dan buah hibrida, berbagai jenis pupuk dan pestisida, macam-macam alat pertanian.  Menyediakan semua kebutuhan dalam dalam bercocok tanam terutama cara menanam cabe TM 999.

LMGA Agro siap mengirim pesanan Anda dengan cepat dan tepat waktu dimanapun alamat Anda menggunakan jasa ekspedisi mitra Kami, yaitu JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.

BENIH CABE TM 999 TANI MURNI INDONESIA

Benih cabe TM 999 adalah benih hibrida produk dari Tani Murni, merupakan jenis cabe keriting varietas hibrida TM 93X. Cara menanam cabe TM 999 cocok dilakukan di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Cara menanam cabe TM 999 menghasilkan buah cabe yang memiliki panjang sekitar 15 – 17 cm dan diameter 0,6 – 0,8 cm. Berat buah saat matang adalah 6 – 7 gram/buah.

Cara menanam cabe TM 999 panen pada umur 80 – 100 hari setelah tanam.  Buah cabe TM 999 padat dan keras sehingga cabe dapat tahan pengangkutan jarak jauh. Cara menanam cabe TM 999 menggunakan benih yang unggul dan tahan terhadap penyakit Antraknosa dan Layu.

Tanaman cabe atau dalam bahasa Jawanya Lombok, disebut juga dengan cabaiCapsicum sp. ). Merupakan komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Merupakan tanaman penting bagi petani Indonesia.  Cabe di Indonesia kebutuhannya sangat banyak dan seringkali menjadi penyumbang inflasi di negara kita.

Cabe selalu dicari di pasar-pasar baik tradisional maupun pasar modern. Karena selain dimanfaatkan sebagai sayuran juga sebagai bumbu masakan hampir semua olahan masakan Indonesia.

Cabai keriting seperti jenis cabe lain, juga disukai karena rasa pedasnya. Itulah keunikan cabai keriting yang memberikan sensasi bila menyentuh lidah. Permintaan akan cabai keriting juga cukup tinggi karena penggemarnya yang terus meningkat.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE VERY WELL TUNAS AGRO

Tanaman cabe keriting TM 999 berbentuk perdu, buah berbentuk keriting, kurus dan panjang dengan ujung cabe yang runcing. Tinggi tanaman cabe TM 999 ± 1 meter dan daunnya berwarna hijau tua.

Cara menanam cabe TM 999 menghasilkan buah cabe yang berwarna hijau saat muda, berangsur menjadi agak kecoklatan dan berwarna merah saat tua dan matang. Cabe TM 999 produk dari Tani Murni Indonesia ini sudah sangat familiar dan di kenal oleh petani Indoensia.

CARA MENANAM CABE TM 999

Agar cara menanam cabe TM 999 menghasilkan buah yang lebat maka penanaman harus memenuhi syarat yang diinginkan tanaman, antara lain :

  • Struktur tanah yang remah dan gembur, kaya humus dan memiliki pH antara 5,5 – 7,0. Tanah tidak becek dan tidak mudah menggenang. Lahan tidak terdapat naungan karena pertumbuhan akan terganggu.

  • Curah hujan yang dikehendaki antara 1500 – 2500 mm/tahun dan merata.

  • Suhu yang cocok adalah 16 – 32 °C terutama saat muncul bunga dan pemasakan buah.

Harga cabe yang fluktuatif seringkali dipengaruhi oleh cuaca, apalagi tingginya permintaan pasar akan cabe menyebabkan ketersediaan cabe dipasaran menjadi berkurang. Permintaan cabe pada hari-hari besar seringkali meningkat. Masyarakat harus bersaing dengan restoran dan pasar modern atau industri makanan karena cabe sudah dipesan sebelum tiba panen.

Nama latin cabe keriting Capsicum annum L. secara umum adalah tumbuhan yang bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi yang beriklim tropis. Namun demikian, tempat paling ideal adalah ditanam pada ketinggian kurang lebih 2000 m dpl.

Kondisi cuaca cara menanam cabe TM 999 adalah cuaca yang tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas. Temperatur yang baik cara menanam cabe TM 999 adalah kisaran 24 -27 °C. Sedangkan temperatur untuk masa pembuahan agak rendah berkisar antara 16 – 23 °C.

PENGOLAHAN TANAH CARA MENANAM CABE TM 999

Pengolahan tanah cara menanam cabe TM 999 dipersiapkan 1 bulan sebelumnya. Menanam cabai dapat dilakukan di dataran rendah dan dataran tinggi. Waktu yang tepat adalah musim kemarau, yaitu Anda dapat menanam cabai mulai bulan Maret – April.

Tanaman cabe pada umumnya tidak tahan terhadap genangan air yang terlalu banyak, baik yang disebabkan hujan maupun yang disengaja oleh Kita.  Genangan air dan kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan layu pada daun dan bunga mudah rontok/gugur.

Tanah untuk cara menanam cabe TM 999 haruslah bersifat gembur, subur dan mudah air meresap. Tanah berjenis liat, tanaman masih dapat hidup namun hasil kurang bagus. Sebaiknya dipilih tanah lempung berpasir atau tanah lempung berdebu.

Tanah dibajak sedalam 40 cm, tanah dibalik hingga gembur. Biarkan tanah selama 10 – 14 hari. Lubang tanam cara menanam cabe TM 999 sebaiknya 2 baris pada tiap bedengan dan disiapkan 1 – 2 minggu sebelum ditanami.

Ukuran lubang tanam cara menanam cabe TM 999 sebagai langkah awal kira-kira sebesar ukuran cangkul. Sedangkan untuk antar lubang 50 – 60 cm antar lubang dalam 1 baris, sedangkan 60 – 70 cm jarak lubang antar baris.

Jarak ini sudah lama dipilih petani  untuk penanaman cabe keritingPetani daerah Brebes melakukan tumpangsari tanaman cabe dengan bawang merah.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE BARA PRODUKTIF BERBUAH

PEMBIBITAN CARA MENANAM CABE TM 999

CARA MENANAM CABE TM 999, TANAMAN CABE TM 999, CARA MENANAM CABAI TM 999, BENIH CABE TM 999, JUAL BENIH CABE TM 999, LMGA AGRO
BENIH TM 999

Pembibitan cara menanam cabe TM 999 sebaiknya menggunakan wadah polybag yang berisi media yang diatur sebaik mungkin. Syarat media untuk semai bibit adalah yang gembur dan banyak mengandung humus. Tanah yang bagus adalah yang dibawah tanaman bambu.

Komposisi media adalah tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Bila tidak ada arang sekam, cukup dengan tanah dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang yang akan dipakai harus diayak hingga halus lebih dahulu.

Perawatan bibit cara menanam cabe TM 999 adalah rutin melakukan penyiraman setiap hari. Penyiraman harus dilakukan dengan hati-hati terutama saat masih berumur 0 – 7 hari. Letakkan juga polybag di tempat yang teduh, terlindungi oleh naungan plastik. Bila perlu pasang jaring untuk melindungi bibit dari serangan hama serangga.

Bibit harus selalu dikontrol pertumbuhannya agar bila ada bibit yang mati dapat segera dicabut dan tidak menulari ke bibit yang lain. Bibit cabe siap dipindahkan pada umur 20 – 23 hari setelah tanam atau telah muncul 3 – 4 helai daun sejati.

PEMUPUKAN CARA MENANAM CABE TM 999
CARA MENANAM CABE TM 999, PUPUK CABE, PEMUPUKAN CABE, PUPUK CABE TM 999, LMGA AGRO
PUPUK CABE

Pemupukan cara menanam cabe TM 999 harus dilakukan dengan benar dan berimbang agar dapat memperoleh hasil buah yang lebat dan optimal. Aplikasi pemberian pupuk cara menanam cabe TM 999 dibagi menjadi 3 tahap, mulai dari pembibitan  hingga setelah panen yang terus diberi pupuk hingga tanaman cabe berhenti berproduksi.

  • Tanaman cabe berumur 1 – 30 hari ( masa semai bibit )

Pemupukan menggunakan pupuk organik. Yaitu pupuk kandang dari kotoran ayam atau kotoran kambing yang dicampur dengan tanah yang sudah dicacah halus. Komposisi tanah dan pupuk kandang adalah 3 : 1.

Pada masa pembibitan, dianjurkan untuk tidak menggunakan pupuk kimia karena akan membuat benih gagal tumbuh atau tanaman dapat tumbuh dan bila layu pasti akan mati.

  • Tanaman cabe berumur 1 – 3 bulan ( mulai penanaman ).

Tanaman cabe yang berumur 1 bulan, bibit yang disemai siap untuk ditanam pada lahan yang sudah disiapkan. Lahan tempat pemindahan bibit bisa berupa polybag ukuran besar atau lahan luas yang telah dicangkul.

Tanaman cabe yang berumur mulai 1 bulan, pemupukan sudah bisa menggunakan pupuk anorganik. Pupuk yang bisa digunakan adalah Urea, Phonska, TSP dan NPK Mutiara yang dilarutkan dalam air. Pemakaian pupuk yang sesuai berikut komposisinya bisa di konsultasikan pada Toko Online LMGA Agro ).

BACA JUGA : BENIH CABE HAI-LUX F1 DI JUAL HARGA MURAH

Pemberian pupuk tidak boleh berlebihan terutama pada bibit cabe yang baru dipindahkan. Bibit cabe yang demikian masih dalam masa adaptasi dan lemah, sehingga terlalu banyak pupuk dapat membuat tanaman cabe stress dan lalu mati.

Pemberian pupuk dilakukan dengan interval 1 minggu sekali. Jika tanaman cabe sudah dewasa dan cukup kuat, pemberian pupuk dilakukan 2 minggu sekali dan dapat ditambahkan pupuk daun.

Pemupukan Cara Menanam Cabe TM 999 Saat Berbuah

Tanaman cabe yang sudah berbuah berumur 3 bulan tetap diberi pupuk agar hasil panen dapat optimal. Setelah buah dipanen, semprot tanaman dengan fungisida. Penyemprotan fungisida untuk mengendalikan tumbuhnya jamur pada tangkai cabe yang baru dipetik. Tangkai cabe yang baru dipetik akan basah dan mudah tumbuh jamur. Jenis fungisida yang sesuai dan dosisnya dapat dikonsultasikan kepada LGMA Agro.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE MERAH RESTU CAP KAPAL TERBANG 

PERAWATAN CARA MENANAM CABE TM 999

Penyiraman dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan cuaca dan kelembaban tanahnya. Bila menanam cabe dalam pot, perhatikan kondisi tanahnya, bila kering maka siramlah hingga lembab dan tidak berlebihan.

Penyiraman cara menanam cabe TM 999 dilakukan dengan benar, usahakan tidak ada air yang menggenang.  Bila turun hujan, penyiraman dapat dilakukan 2 – 3 hari sekali.

Penyiangan cara menanam cabe TM 999 produk Tani Murni Indonesia bertujuan untuk menjaga kebersihan kebun dan dengan cara ini tanaman bisa terhindar dari serangan hama penyakit tanaman. Lahan dibersihkan dari gulma, juga sampah plastik dan batu-batuan yang dapat mengganggu tanaman cabe kita.

Pemangkasan cara menanam cabe TM 999 sangat mudah dan sederhana. Siapkan alat berupa gunting yang tajam dan bersih. Pertama yang harus dipangkas adalah pucuk tanaman, dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak struktur tanaman cabe kita.

Pemangkasan dilakukan setiap bulan sekali bertujuan untuk merapikan tanaman dan meregenerasi tanaman agar lebih cepat berbuah dan lebat.

HAMA DAN PENYAKIT CABE BESAR
CARA MENANAM CABE TM 999, TANAMAN CABE TM 999, CARA MENANAM CABAI TM 999, CABE TM 999 HARGA MURAH, LMGA AGRO
CABE TM 999

Cara menanam cabe TM 999 membutuhkan perawatan yang spesial karena jenis hama dan penyakitnya kompleks sehingga mengharuskan petani cabe untuk belajar dan terus belajar.

Pengamatan, pengontrolan tanaman dan pencegahan cara menanam cabe TM 999 wajib dilakukan karena sekali tanaman sudah terinfeksi maka akan sulit untuk dikendalikan. Sehingga lebih baik melakukan penanganan lebih awal agar tanaman kita dapat diselamatkan sebelum menjadi parah.

Pengetahuan tentang jenis hama dan penyakit beserta gejala dan cara mengendalikannya penting sekali untuk diketahui dan dipahami terutama oleh petani cabe. Berikut dibawah ini akan Kami jabarkan tentang hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe.

1. Hama Ulat Grayak ( Spodoptera litura )

Hama ini berwarna hijau, berukuran kecil dan berkoloni dalam jumlah banyak. Menyerang daun, tunas dan batang muda. Menyebabkan daun menjadi berlubang dan tunas muda menjadi rusak dan mati. Pada serangan hebat, daun-daun tanaman menjadi habis tinggal menyisakan tulan-tulang daunnya saja.

Penyemprotan pestisida menggunakan Curacron, Regent, Prevathon. Lebih lengkap tentang jenis insektisida dan dosisnya yang tepat juga waktu aplikasi dapat Anda tanyakan di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

2. Hama Thrips

Gejala serangan hama Thrips adalah daun menjadi mengeriting, menggulung ke arah atas. Ukurannya sangat kecil dan merusak tanaman dengan cara mengisap cairan pada daun.

Serangan awal terjadi pada pucuk daun atau pada daun muda. Serangan parah terjadi di musim kemarau. Hama Thrips merupakan vektor pembawa virus yang mudah menyebar dengan cepat.

Penyemprotan insektisida bila serangan sudah melewati ambang batas. Dapat menggunakan Agrimec, Demolish atau Pegasus. Untuk lebih lengkap dan jelas, Anda dapat berkonsultasi kepada Kami, LMGA Agro.

3. Hama Tungau ( Tetranycus sp. )

Jenis hama tungau yang menyerang tanaman cabe biasanya adalah tungau kuning ( polyphagotarsonemus latus ) dan tungau merah ( tetranycus sp. ). Serangan tungau menyebabakan daun menjadi keriting dan menggulung ke arah bawah, bagian bawah daun yang terserang akan berwarna kecoklatan. Serangan yang berat menyebabkan kerontokan daun.

Penyemprotan yang tepat menggunakan akarisida yang merupakan racun tungau. Antara lain Agrimec, Demolish, Pegasus atau yang lain. Silahkan untuk berkonsultasi ke Toko Pertanian Online LMGA Agro.

4. Hama Kutu Daun ( Myzus persicae )

Gejala serangan menyebabkan daun menjadi keriting dan pertumbuhan terhambat. Hama ini menyerang batang muda, daun dan tunas muda. Cara menyerang dengan menghisap cairan pada daun hingga daun menjadi kering dan permukaan daun menjadi keriting.

Bila kita menemui banyak semut pada tanaman cabe kita maka dapat dipastikan terdapat kutu daun di sana. Karena kutu daun mengeluarkan semacam zat gula yang dapat menarik semut untuk datang. Kutu daun juga merupakan vektor pembawa virus kuning/Gemini. 

5. Lalat Buah ( Bactrocera dorsalis )

Lalat buah menyerang cabe dengan menyuntikkan telur lalu telur akan menetas dan menjadi larva. Selanjutnya larva akan menggerogoti buah cabe dari dalam hingga tanaman menjadi rontok. Bagian dalam buah menjadi busuk basah, tangkai buah atau ujung buah menguning dan bila dibelah terdapat larva lalat didalamnya.

Pengendalian dan mencegah serangan lalat buah adalah dengan memasang perangkap lalat buah. Penyemprotan insektisida Curacron, Regent atau jenis yang lain dan dapat berkonsultasi di LMGA Agro.

6. Puru Akar

Gejala serangan tanaman menjadi layu dan roboh. Puru akar menyerang akar dan batang bagian bawah. Pengendaliannya dengan menaburkan nematisida ( Curater, Furadan, Pentakur atau yang lain ).

7. Ulat Tanah ( Helicoverpa sp. , Spodoptera exigua )

Ulat berwarna coklat/hijau, berukuran besar ( ukuran pensil ). Menyerang seluruh bagian tanaman, buah, batang dan daun. Namun serangan paling banyak pada bagian  buahnya. Ulat ini aktif pada malam hari, sedangkan siang hari bersembunyi di dalam tanah atau di bawah mulsa. Serangan ulat tanah juga dapat menghabiskan tanaman cabe hingga berhektar-hektar hanya dalam 1 malam.

Pengendalian dan pencegahan serangan ulat tanah adalah dengan selalu menjaga kebersihan area lahan. Penyemprotan menggunakan Curacron, Santoat  atau yang lain. Penyemprotan lebih baik dilakukan pada malam hari.

8. Bercak Daun

Daun yang terserang akan muncul bercak hitam dan bulat, daun menguning  dan rontok. Bercak disebabkan serangan jamur Cercospora capsici ). Serangan berat apabila kondisi kelembaban tinggi terutama di musim hujan.

Spora jamur disebarkan oleh angin, air hujan dan manusia. Pencegahan penyakit ini dengan cara menjaga jarak tanam agar tidak terlalu rapat agar tidak terlalu lembab. Penanaman di musim hujan sebaiknya menggunakan mulsa plastik. Pnyemprotan fungisida Antracol, Starmil atau Score.

9. Penyakit Antraknosa/Patek

Gejala serangan penyakit ini sudah muncul sejak di persemaian bibit. Benih yang berkecambah akan layu saat disemai dan mati, mati pada pucuk ( pucuk batang mengering ), busuk kering pada batang dan daun, busuk pada buah ( bulatan hitam pada buah seperti terbakar ).

Penyebabnya adalah jamur Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporiodes. Pengendalian menggunakan fungisida.

10. Penyakit Layu Fusarium

Penyebabnya adalah jamur Fusarium sp. Verticilium sp. dan Pellicularia. Tanaman cabe yang terseranga akan tampak segar di pagi hari dan sore hari, namun tampak layu pada siang harinya. Kondisi ini akan berlangsung beberapa hari hingga tanaman akhirnya mati.

11. Busuk Batang dan Busuk Kuncup

Penyebabnya adalah jamur Phytophtora capsici yang berkembang biak dengan cepat di musim hujan dan kelembaban yang tinggi.

Busuk kuncup disebabkan oleh jamur Choanosearum sp. Gejala serangan yaitu kuncup berwarna hitam dan lama-kelamaan tanaman mati.

Serangan jamur ini dapat dicegah dengan cara mengurangi pupuk Nitrogen (Urea dan ZA), jarak tanam tidak terlalu rapat, menggunakan mulsa plastik terutama pada musim hujan dan memusnahkan tanaman yang terserang.

12. Penyakit Layu Bakteri

Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri ini menyerang pada jaringan batang. Pencegahan dengan menyemprotkan bakterisida seperti Agrimicyn, Bactomicyn.

13. Penyakit Busuk Buah

Busuk buah pada tanaman cabe ada 2 jenis yaitu busuk basah yang disebabkan oleh lalat buah dan busuk kering yang disebabkan oleh cendawan. 

Gejala pada busuk basah yaitu  bagian pucuk buah cabe yang masih muda  yang menguning. Terdapat larva di dalam buah. Sedangkan pada buah yang matang, buah menjadi busuk, berair dan rontok.

Gejala busuk kering yaitu bulatan hitam pada buah cabe. Ujung buah yang mengering dan terdapat jamur berupa bulu-bulu halus berwarna hitam.

14. Penyakit Virus Kuning/Keriting Bule
CARA MENANAM CABE TM 999, PENYAKIT TANAMA CABE, TANAMAN CABE, LMGA AGRO
GEMINI VIRUS DI CABE

Gejala yang tampak adalah daun dan batang yang menguning juga mengeriting. Disebabkan oleh serangan virus yang ditularkan oleh kutu kebul/kutu daun. Pencegahan menggunakan benih dan bibit hibrida yang tahan virus Gemini. Langkah penyemprotan dilakukan terhadap hama vektornya, yaitu hama kutu kebul. 

 15. Penyakit Mosaic

Penyebabnya adalah Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). Gejala pada daun adalah warna kuning belang, pertumbuhan tanaman kerdil dan tulang daun juga menguning.

Penyakit menyebar dibantu oleh serangga. Langkah pencegahan dengan cara mengganti tanaman yang terinfeksi. Melakukan penyemprotan insektisida yang sesuai dengan rutin.

BACA JUGA : CABAI KERITING TM 999 DARI TM SEEDS

Demikian artikel tentang Cara Menanam Cabe TM 999 produk Tani Murni Indonesia. Benih di jual  di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 (SMS/WA). LMGA Agro sebagai usaha Agribisnis juga melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam cabe TM 999. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

 

 

 

Iklan