CARA MENANAM CABE LADO F1 TOLERAN BACTERIAL WILT


CABE LADO, BENIH CABE LADO, CABE LADO F1, CARA MENANAM CABE LADO, BUDIDAYA CABE LADO, TANAMAN CABE LADO, LMGA AGROCara menanam cabe Lado F1 cap Panah Merah. Hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) atau di 08125222117 (SMS/WA). Jual benih cabe Lado F1 di toko pertanian Online Indonesia LMGA Agro. Toko pertanian LMGA Agro melayani juga konsultasi gratis cara menanam cabe Lado F1 dan membantu Anda mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi di lapangan selama budidaya cabe Lado F1.

LMGA Agro menyediakan berbagai varietas benih sayur dan buah produksi pabrik-pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesai. Juga menyediakan segala keperluan petani dalam bercocok tanam seperti kebutuhan akan pupuk, pestisida, mulsa, alat pelubang, alat kocor dan masih banyak lagi.

LMGA Agro siap mengirim ke alamat Anda dengan cepat menggunakan jasa ekspedisi mitra kerja Kami seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

CABE LADO F1 CAP PANAH MERAH

Cabe Lado F1 cocok ditanam pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Benih cabe Lado F1 toleran terhadap Bacterial wilt atau layu bakteri. Umur panen cabe Lado F1 adalah 100 – 120 hari setelah tanam. Bobot per buahnya berkisar 4 – 5 gram.

Panen cabe Lado F1 memiliki potensi hasil sebesar 18 – 20 ton/ha. Dapat dilakukan panen berkali-kali interval 4 – 5 hari sekali. Produk benih Cabe Lado F1 cap Panah Merah produksi PT East-West Seed Indonesia ( EWINDO ) berisi bersih 1750 butir.

Cabe Lado F1 adalah jenis cabai keriting, benih cabe paling unggul cap Panah Merah. Cabe keriting masuk dalam kategori cabe merah besar, permukaannya berbentuk keriting. Cabe keriting merupakan tanaman musiman yang dapat mencapai tinggi ± 1 meter dengan daun yang berwarna hijau pekat/tua.

Cabe keriting merupakan tanaman cabe yang bisa hidup di dataran rendah dan dataran tinggi. Cocok ditanam di iklim wilayah Indonesia yang tropis. Meskipun dapat tumbuh di dataran tinggi, namun idealnya tempat tumbuh tanaman cabe yaitu kurang dari 2000 m dpl.

Temperatur yang baik untuk budidaya tanaman cabe berkisar 24 – 27 °C. Bila di masa pembentukan buah, suhu yang diinginkan lebih rendah yaitu 16 – 23 °C.

Semua jenis tanah yang ada di wilayah Indonesia cocok untuk ditanami cabe. Asalkan tanah tersebut bersifat gembur, tidak becek, tidak mudah menggenang, bebas nematoda/cacing tanah, bebas penyakit tular tanah, kaya bahan organik dan memiliki pH antara 5,5 – 6,8.

CARA MENANAM CABE LADO F1

Cara menanam cabe Lado F1 sama dengan menanam cabe pada umumnya. Terdapat 3 tahap yaitu memilih benih yang tepat, melakukan penyemaian dan melakukan penanaman. Tahap pemilihan benih dan penyemaian dilakukan untuk mendapatkan benih yang berkualitas baik.

Cara menanam cabe Lado F1 mudah sekali. Dapat ditanam di lahan luas oleh petani profesional dan berpengalaman, juga bisa ditanam hobiis tanaman, penggemar cabe menanam di pekarangan rumahnya.

Setelah memilih benih cabe yaitu seperti cabe Lado F1 yang toleran layu bakteri maka langkah selanjutnya adalah melakukan persemaian bibit cabe.

Cara menanam cabe Lado F1 di persemaian sebaiknya menanam di polybag ukuran kecil sebagai wadahnya. Pilih media yang subur dan gembur yaitu campuran tanah dan pupuk kandang yang harus diayak lebih dahulu.

Tanah dan pupuk kandang dicampurkan ( perbandingan 2 : 1). Setelah itu masukkan dalam polybag hingga terisi 90%. Siapkan tempat untuk meletakkan polybag-polybag, disarankan yang terlindungi dari curahan air hujan dan sinar matahari. Biarkan selama 1 minggu.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE BESAR ELEGANCE F1 CAP KAPAL TERBANG

CARA MENANAM BIBIT CABE LADO F1

Persiapan menanam benih cabe Lado F1  dapat direndam dalam air hangat selama 3 jam. Setelah itu ditiriskan hingga kering lalu benamkan dalam polybag tanam. Benih yang telah ditanam ditutup dengan tanah sedikit. Tunggu hingga benih berkecambah dan dapat mulai dikenalkan dengan sinar matahari langsung.

Setelah berumur 4 minggu, bibit sudah siap untuk dipindahkan. Untuk menanam cabe di pekarangan, dapat dipindahkan ke tanah atau di polybag yang lebih besar. Jangan lupa tanah digemburkan dulu, dan melepas bibit dari wadah semai harus hati-hati jangan sampai akar rusak.

Selain menggunakan polybag ukuran besar, dapat juga menggunakan ember plastik. Media yang digunakan campuran tanah + pupuk kandang + sekam mentah = 3 : 2 : 1.

Perawatan dalam cara menanam cabe Lado F1 di rumah yaitu untuk rajin memberi pupuk terutama menggunakan pupuk kompos. Melakukan penyiraman setiap hari dan jaga jangan sampai tanah kekeringan. Juga untuk selalu mengamati pertumbuhan tanaman setiap hari untuk mencegah dan mengetahui adanya tanaman yang sakit atau mati. Sehingga langkah penanggulangan dapat dilakukan lebih dini.

CARA MERAWAT TANAMAN CABE LADO F1 YANG BAIK

Cara merawat tanaman cabe Lado F1 harus dilakukan dengan tepat dan hati-hati untuk mendapatkan hasil panen seperti yang diharapkan.

  • Cara merawat tanaman cabe Lado F1 yang pertama diperhatikan yaitu rutin melakukan penyiraman ke semua tanaman dengan takaran yang sama dan merata. Agar mudah untuk menyiram, kita dapat memanfaatkan saluran air/parit yang sudah kita buat sebelumnya, dengan cara menggenangkan air. Penggenangan air dilakukan 2 kali seminggu.

  • Rutin mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe. Memastikan bahwa tidak ada tanaman yang mati, sakit atau tubuh abnormal. Tidak ada bagian tanaman seperti daun, batang, cabang yang sakit. Bila ada, segera diambil dan dibakar di tempat yang agak jauh dari lokasi lahan kita.

  • Menancapkan tongkat kayu atau dari bambu ( ajir/lanjaran ). Dilakukan pada hari ke-7 setelah pemindahan bibit ke lahan tetap. Hal ini dilakukan saat bibit sudah cukup dewasa namun perakaran belum terlalu banyak sehingga ajir yang ditancapkan tidak merusak akar. Bila tanaman sudah cukup tinggi, lalu diikatkan pada ajir tersebut menggunakan tali salaran ( dapat dibeli di Toko Online LMGA Agro ).

  • Bersihkan selalu kebun dari gulma dan hama penyakitnya karena pada dasarnya tanaman cabe rentan dengan hama dan penyakit.

PEMUPUKAN CABE LADO F1

Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali dan disesuaikan dengan fase vegetatif dan generatif tanaman cabe. Menggunakan pupuk NPK. Dimuali pada umur 15 hari setelah pindah tanam. Pupuk di fase vegetatif menggunakan pupuk NPK 16-16-16 atau NPK 8 – 15 – 19 atau NPK 10 – 20 -20 sebanyak 10 gr per 1 liter air dan diberikan sebanyak 250 cc ( gelas aqua ) sistem kocor.

Pupuk di fase generatif sebanyak 10 – 15 gr per liter air dan diberikan sebanyak 250 cc pada umur 30 – 35 hari setelah pindah.  Fase generatif ke-2 pada umur 50 – 65 hari setelah pindah dengan sistim tugal sebanyak 7,5 gr per tanaman atau 1 sendok per lubang.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI HIBRIDA LADO ANDALAN PANAH MERAH

Sebagai dasar pupuk untuk cabe bahwa pupuk susulan diberikan 2 minggu setelah pindah dengan sistem kocor sebanyak ½ gelas NPK diencerkan dengan air 1 ember (10 liter) untuk populasi 40 tanaman. Pemupukan diulang setiap 10 – 14 hari sekali disesuaikan kondisi tanaman. Bila tanaman semakin tampak subur maka interval pemberian pupuk lebih panjang. Pada umur 50 – 65 hari dan 115 hari, pupuk NPK diberikan dengan cara disebar sebanyak 1 sendok.

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT TANAMAN CABE

Mengenal beberapa penyakit yang menyerang tanaman cabai sebagai berikut :

  • Penyakit busuk pada buah, penyebab : Colletotrichum spp.

  • Penyakit bercak yang timbul pada daun, penyebab : Cercospora sp.

  • Penyakit cendawan tepung,  penyebab : Oidium sp. 

Jika tanaman cabe kita terinfeksi salah satu dari hama penyakit tersebut di atas maka dapat menurunkan hasil produksi mulai 5% hingga 30% dari total panen.

1. Hama Tanaman Cabe : Cara dan Waktu Penyemprotan yang Tepat

Cara pengendalian hama pada tanaman cabe lebih difokuskan pada cara menyemprotkan insektisida pada hama, sekaligus waktu yang tepat. Berikut cara pengendalian hama-hama yang sering terdapat pada tanaman cabe :

  1. Hama Ulat biasanya ada di atas atau bawah daun, batang dan buahnya. cara menyemprotkan untuk mengatasi serangan ulat yaitu dengan mengarahkan sprayer dari atas, bawah, samping tanaman atau pada seluruh bagian tanaman. Penyemprotan dilakukan pagi hari sebelum panas terik.

  2. Ulat Tanah aktif di malam hari dan saat siang hari bersembunyi di rongga-rongga tanah atau di bawah mulsa. Lebih efektif penyemprotan dilakukan pada malam hari, menyemprot merata ke seluruh bagian tanaman juga tanah yang berada di bagian bawah tanaman atau di sekitar mulsa.

  3. Ulat Penggulung Daun memakan daun tanaman dengan bersembunyi dibalik daun yang digulungnya. Jenis ulat ini sulit ditembus air karena terlindung benang-benang halus. Disemprot merata menggunakan insektisida kontak lambung dan sistemik.

  4. Hama Tungau/mites bersembunyi dibawah permukaan daun, sehingga penyemprotan dilakukan dari bawah daun menggunakan akarisida (insektisida untuk hama kutu). Penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari panas.

  5. Hama Kutu Daun ( aphids ) berada di bawah permukaan daun dan batang, terutama bagian pucuk. Cara penyemprotan lewat bagian bawah daun dan seluruh bagian tanaman secara merata.

  6. Kutu Kebul, Cabuk, atau Kutu Putih berada dibawah permukaan daun dan batang tanaman. Maka akarisida disemprotkan dari bawah daun dan merata seluruh bagian tanaman. penyemprotan pagi sebelum matahari panas.

  7. Hama Thrips berada diatas permukaan daun, maka akrisida disemprotkan dari atas daun. Penyemprotan pada pagi hari sebelum matahari panas.

  8. Lalat Buah, merupakan hama dengan mobilitas tinggi dan tidak memakan bagian tanaman. Cara menanggulangi lalat buah dengan cara menyemprot insektisida kontak dan lambung pada pagi hari/ sore. Dapat juga menggunakan insektisida yang berbau tajam untuk mencegah hama lalat buah mendekati tanaman cabe kita.

  9. Hama belalang, oteng-oteng, kepik, lembing dan lain-lain ( hama mobilitas tinggi ) yaitu hama yang memakan tanaman. Penyemprotan dilakukan pada pagi hari menggunakan insektisida sistemik, kontak dan lambung secara bergantian.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI KECIL NIRMALA PANAH MERAH DIBURU PETANI

2. Penyakit Tanaman Cabe

Untuk penyakit tanaman cabe yang disebabkan jamur disemprotkan fungisida, dan yang disebabkan oleh bakteri disemprotkan bakterisida. Penyemprotan dilakukan sejak dini sebelum tanaman terinfeksi. Jika terlanjur parah serangannya, maka lebih sulit untuk dikendalikan.

Waktu penyemprotan sebaiknya pada pagi hari dan merata ke seluruh bagian tanaman. Untuk mencegah dan mengendalikan penyakit yang menyerang akar tanaman, pengocoran fungisida dan bakterisida langsung pada pangkal batang dan area perakaran.

Agar cara menanggulangi ini mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan 2 – 3 jenis fungisida/bakterisida dengan bahan aktif yang berbeda dan bergantian.

Untuk mencegah hama dan penyakit menjadi kebal ( tidak resisten ) karena penyemprotan, maka lakukan penyemprotan menggunakan jenis bahan aktif yang berbeda-beda dan bergantian mulai dari bahan aktif yang kelas paling kecil. Wajib untuk membaca secara seksama petunjuk  yang tertera pada kemasan dan harus mematuhinya.

BACA JUGA : CABAI KERITING OR TWIST 42 IDOLA PETANI PEDAGANG

Perlu diketahui bahwa tidak semua pestisida memiliki daya rekat yang baik, sehingga perlunya menggunakan perekat, pembasah atau perata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan dosis yang tepat, jangan lebih atau kurang agar tanaman tidak keracunan dan menghindari resistensi hama penyakit terhadap pestisida.

PANEN TANAMAN CABE LADO F1
CABE LADO, CABE LADO F1, BENIH CABE LADO, CARA MENANAM CABE LADO, BUDIDAYA CABE LADO F1, TANAMAN CABE LADO F1, CARA MENANANAM CABE LADO F1, JUAL BENIH CABE LADO, LMGA AGRO
BENIH CABE LADO

Panen tanaman cabe Lado F1 dilakukan pada umur 100 – 120 hari dengan bobot buah 4 – 5 gr/buah. Buah yang dipanen dipastikan yang matang berada pada kisaran 80 – 90%. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Buah cabe Lado F1 yang sudah dipanen diletakkan di tempat yang sejuk, terhindar dari sinar matahari langsung dan air hujan. Panen dilakukan 2 – 5 hari sekali setelah panen pertama tergantung dari permintaan pasar/pembeli.

Demikian artikel cara menanam cabe Lado F1 cap Panah Merah. Jual benih cabe Lado F1 di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).

LMGA Agro menyediakan semua kebutuhan bercocok tanam Anda. Menyediakan benih sayur dan buah hibrida dan unggul produksi pabrik-pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesia. Juga sarana prasarana untuk mendukung budidaya tanaman Anda.

BACA JUGA : SANTA 32, JUAL BENIH SERTA CARA MENANAM CABE 

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih cabe Lado F1 dengan cepat ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia. Melalui jasa ekspedisi mitra kami seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.

 

 

 

 

Iklan