BUDIDAYA LABU KUNING YANG BAIK DAN BENAR


BUDIDAYA LABU KUNING, CARA MENANAM LABU KUNING, LABU KUNING SUPREMA, JUAL BENIH LABU KUNING, LMGA AGROBudidaya labu kuning dulu dianggap budidaya yang kurang nilai ekonomis. SMS / WA : 08125222117 jika ingin membeli benih labu kuning dan budidaya labu kuning unggul idola petani. Benih labu kuning hibrida tersedia di Toko On Line LMGA AGRO ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ).

LMGA AGRO juga menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

Toko pertanian LMGA AGRO  melayani konsultasi GRATIS budidaya labu kuning dan pertanian tanaman hortikultura. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. 

Budidaya labu kuning hanya ditemui satu tahun sekali yaitu bulan Ramadhan. Karena labu kuning ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran minuman kolak saat berbuka puasa.

Sebenarnya labu kuning merupakan buah yang sangat terkenal sampai ke luar negeri, yaitu labu kuning menjadi ikon pada perayaan halloween negara barat.

BACA JUGA : JUAL BENIH LABU MURAH DAN LENGKAP

Budidaya labu kuning tergolong mudah bahkan tanpa perawatan sekalipun tanaman labu kuning tetap dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbuah.

Di Indonesia, budidaya labu kuning jarang sekali diminati tetapi produsen benih berusaha agar petani berminat budidaya labu kuning. Di antaranya dengan membuat benih labu kuning hibrida seperti Waluh Golden Mama 35 dan Supreme F1. 

MANFAAT MENGKONSUMSI BUAH LABU KUNING

Buah labu kuning memiliki cita rasa yang nikmat dan aroma yang khas serta tekstur yang lembut apabila sudah dimasak. Selain rasa yang enak, di dalam buah labu kuning juga terkandung banyak nutrisi seperti vitamin A ( beta karoten ), vitamin B, vitamin C, karbohidrat, serat, asam folat, zat besi, protein, kalsium dan potassium. Dengan kandungan gizi yang tinggi tersebut, buah labu kuning memiliki banyak manfaat.

Manfaat dan Khasiat Labu Kuning

  • Melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

  • Menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang dapat mencegah osteoporosis juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada tulang akibat dari arthritis osteoporosis.

  • Mencegah penyakit kanker karena labu kuning mengandung nutrisi seperti karotenoid dan seng yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker prostat.

  • Menjaga kesehatan pernapasan karena banyak mengandung antioksidan yang dapat mengatasi permasalahan seputar pernapasan.

  • Menurunkan resiko penyakit hipertensi dan mencegah penyakit diabetes karena labu kuning merupakan sumber kalori yang memiliki kandungan gula dengan kadar rendah. Sehingga dengan konsumsi labu kuning secara rutin dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

  • Labu kuning juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Karena di dalam labu kuning mengandung vitamin E, asam lemak, seng, protein dan magnesium yang berfungsi  meregenerasi sel-sel kulit.

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA LABU KUNING

Labu kuning atau  yang juga dikenal dengan sebutan waluh mempunyai nama latin Cucurbita moshata Durch. Merupakan  buah dari tanaman menjalar dari keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Budidaya labu kuning dapat dilakukan pada daerah dengan ketinggian sekitar 800 – 1200 m dpl dengan curah hujan sekitar 700 – 1000 mm/tahun dan memiliki kelembaban udara sekitar 75 % .

BACA JUGA : BENIH LABU MADU  PEACOCK MANIS DAN LEBMBUT

Jenis tanah yang cocok untuk budidaya labu kuning yaitu tanah alluvial berhumus, tanah gembur kering bekas rawa, andosol, tanah merah dan grumosol. Derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5,0 – 6,5. Lahan untuk budidaya labu kuning cukup tersedia sinar matahari.

MENGENAL BENIH LABU KUNING

Labu kuning/waluh kuning atau juga disebut labu parang yang termasuk dalam jenis ini adalah varietas F1 Golden Mama 35 dan Waluh F1 Suprema . 

Golden Mama adalah produk dari Bisi Internasional ( Cap Kapal Terbang ) sedangkan Waluh F1 Suprema produk dari East West Seed ( Cap Panah Merah ). Kedua jenis benih di atas adalah benih hibrida berkualitas unggul memiliki kemampuan dapat hidup di lahan kritis sekalipun.

Labu Kuning F1 Suprema

Labu kuning F1 Suprema sangat ideal tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Secara karakteristik penampilan labu Suprema sama dengan labu kuning pada umumnya. Yaitu warna kulit hijau pada waktu muda, kuning coklat pada saat tua, buah berwarna kuning, dan rasa buah pulen.

BACA JUGA : PELUANG BUDIDAYA LABU AIR UNTUK PETANI

Keunggulan lainnya dari labu Suprema yaitu tergolong mudah dalam perawatannya dan tahan terhadap penyakit Gemini virus  ( penyakit kuning dan keriting ). Umur panen  85 – 90 hst dan bobot satu buah adalah 3500 – 4500 gram. Potensi hasil labu Supreme adalah 40 – 50 ton per hektar.

Labu Kuning F1 Golden Mama 35

Labu kuning Golden Mama memiliki keunggulan diantaranya pertumbuhan cepat, kuat dan mudah perawatannya, memiliki ketahanan terhadap penyakit layu fusarium dan penyakit gemini virus. 

Tiap satu tanaman varietas Golden Mama dapat menghasilkan 10 buah dengan bobot rata-rata 2 kg namun dengan syarat kondisi lingkungan baik dan perawatan juga baik. Memiliki umur genjah yaitu dapat panen pada umur 75 – 85 hst.

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA LABU KUNING
  1. Lahan untuk budidaya labu kuning harus cukup luas karena pertumbuhannya memerlukan ruang gerak yang cukup luas sehingga kurang maksimal bila ditanam di polybag/wadah besar.

  2. Area lahan untuk budidaya labu kuning harus bebas dari gulma atau rumput liar dengan cara dibabat secara manual atau dengan mesin potong rumput. Rumput liar tadi langsung dibakar sampai habis.

  3. Hilangkan lahan dari batu-batuan kecil dan besar. Lahan digemburkan dengan dengan cangkul atau traktor.

  4. Setelah mengolah tanah selesai, selanjutnya membuat bedengan untuk budidaya labu kuning. Lebar bedengan adalah 1 meter dengan tinggi bedengan adalah 30 cm sedang panjang bedengan menyesuaikan luas lahan. Jika lahan yang ditanami cukup luas maka antara dua bedengan dibuat lebar 40 cm untuk parit tempat air mengalir saat hujan.

  5. Membuat lubang tanam yang cocok untuk budidaya labu kuning adalah diameter 10 cm dan jarak antar lubang tanam adalah 40 cm. Dengan lebar bedengan 1 meter maka dapat membuat 2 lajur lubang tanam. Masukkan pupuk kandang untuk tiap lubang tanam.

Pemasangan Mulsa Plastik

Memasang mulsa plastik hitam perak dalam budidaya labu kuning dimaksudkan untuk mempertahankan kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma.

Bila ingin bedengan kita diberi mulsa, sebaiknya dipasang saat siang hari agar memudahkan saat ditarik pada ujung-ujungnya. Lalu dibuat lubang tanam menggunakan besi bulat panjang yang panas.

PENANAMAN BUDIDAYA LABU KUNING

Penanaman pada budidaya labu kuning dilakukan saat  hari ke-6   setelah pengolahan tanah. Masukkan 2 benih yang sudah disiapkan pada lubang tanam kurang lebih kedalaman 0,5 – 2 cm.

Benih yang telah dibenamkan ditebar abu sekam atau abu dapur untuk mencegah serangan bekicot dan cacing. Benih akan berkecambah 7 hari setelah tanam.

PERAWATAN BUDIDAYA LABU KUNING
BUDIDAYA LABU KUNING, LABU KUNING, LABU KUNING SUPREMA, CAP PANAH MERAH, LMGA AGRO, JUAL BENIH LABU KUNING
BENIH LABU KUNING SUPREMA

Perawatan budidaya labu kuning tidak jauh dengan perawatan budidaya labu pada umunya. Yang perlu diperhatikan adalah : pembuatan para-para/lanjaran yang dari dibuat dari bambu yang sangat kuat.  Karena berat buah yang mencapai 3 kg  dan tiap tanaman dapat mencapai 10 buah.

Lanjaran yang di gunakan dalam budidaya labu kuning dengan panjang 2 meter lalu ditancapkan ke tanah sedalam 0,5 m sehingga tinggi lanjaran 1,5 m ( setinggi orang dewasa ).

Pemasangan lanjaran saat sulur-sulur labu kuning belum terlalu panjang. Sulur-sulur kemudian dililitkan pada lanjaran agar nantinya merambat naik ke lanjaran.

BACA JUGA : MERAIH UNTUNG DARI LABU GOLDEN MAMA

Bila tidak menggunakan lanjaran dalam budidaya labu kuning, tanaman akan tumbuh tidak beraturan dan akan mempersulit perawatan. Penyiraman dilakukan sesuai kondisi lahan dan kebutuhan tanaman.

Penyulaman tanaman dalam budidaya labu kuning dilakukan sampai tanaman  berumur 7 hari setelah tanam. Penyiangan dilakukan dengan mencabut rumput-rumput liar dan gulma secara manual.

PEMBERIAN PUPUK SUSULAN PADA BUDIDAYA LABU KUNING

Bila budidaya labu kuning dibiarkan hingga berumur 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali dilakukan pemupukan susulan.

Pupuk yang digunakan dalam budidaya labu kuning adalah pupuk kandang organik dan dilarutkan dalam air dengan perbandingan 1 : 1. Aplikasi pemberian dengan cara disemprotkan ke lubang tanam dan bagian tanaman labu kuning yang lain dengan skala 1 liter untuk 1 meter persegi.

Pupuk kandang organik adalah pupuk kandang kotoran sapi atau kambing yang sudah kering dan sudah melewati proses fermentasi dengan baik. Proses fermentasi berlangsung 1 minggu sebelum dapat digunakan langsung ke tanaman.

PANEN LABU KUNING

Ciri-ciri labu kuning yang siap dipanen antara lain warna buah yang cerah merupakan tanda buah sudah masak dan siap dipanen.

Tingkat kekerasan kulit dalam budidaya labun kuning hasil buah cukup tinggi karena kulit buah yang keras dapat bertahan selama pengangkutan jarak jauh.

Batang dan sulur-sulur sekitar buah akan mengering dan akan sulit untuk dipanen sehingga perlu alat bantu potong untuk memotong buah dari tangkai buahnya.

BACA JUGA : LABU MADU CAP PANAH MERAH MANIS DAN LEMBUT

Jika memotong buah dari batangnya, sisakan sedikit agar buah tidak cepat busuk. Setelah buah labu hasil budidaya labu kuning dipotong, buah akan dapat bertahan lama.  Meskipun jarak tempuh pengangkutan ke tempat pemasaran  cukup jauh dari lahan penanaman.

Penyimpanan labu hasil budidaya labu kuning yang sudah dipanen tidak di tempat yang lembab atau basah atau di lemari pendingin karena akan membuat buah cepat busuk.

 

 

 

 

 

Iklan