JUAL BENIH SEMANGKA SUNFLOWER CHUNG SHIN SEED


SEMANGKA SUNFLOWER, BENIH SEMANGKA SUNFLOWER, BIBIT SEMANGKA SUNFLOWER, LMGA AGROJual benih Semangka SUNFLOWER Chung Shin Seed. Benih semangka hibrida F1 SUNFLOWER dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 0821 4174 7141 ( telepon ) dan 0812 5222 117 (SMS/WA). Semangka SUNFLOWER merupakan semangka berbiji hibrida yang berdaya hasil tinggi dan cocok ditanam di wilayah Indonesia.

LMGA Agro menyediakan benih sayur dan buah yang unggul dan berkualitas, juga menyediakan sarana dan prasarana pertanian untuk mendukung aktivitas budidaya pertanian Anda baik skala luas maupun di pekarangan.

LMGA Agro juga melayani konsultasi pertanian gratis mengenai cara menanam benih semangka SUNFLOWER, cara merawat semangka dan permasalahan yang ditemui selama di lapangan.

BENIH SEMANGKA SUNFLOWER

Semangka SUNFLOWER merupakan semangka berbiji hibrida produk dari CHUNG SHIN SEED CO.,LTD TAIWAN – R.O.C., tanaman yang populer dan banyak ditanam di Indonesia dan berbagai tempat di Asia.

Semangka SUNFLOWER dapat tumbuh seragam, vigor dan berdaya hasil tinggi. Semangka SUNFLOWER mulai dipanen pada umur 65 hari setelah tanam, bentuk buahnya oval dan beratnya rata-rata adalah 10 kg per buah.

Warna daging buah semangka SUNFLOWER berwarna merah dengan rasa manis ( 12 °Brix ). Tahan terhadap penyakit Downey Mildew, Fusarium dan busuk hitam.

Buah berkulit tebal dan keras dengan daging buah tidak berongga ( padat ) sehingga dapat tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh.

Semangka ( Citrullus lanatus ) merupakan tanaman dari suku ketimun-timunan ( Cucurbitaceae ), adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun yaitu Afrika bagian selatan.

Tanaman semangka masih satu kerabat dengan tanaman labu-labuan, melon dan mentimun.

Semangka biasanya dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka dapat dikeringkan lalu disangrai dan dimakan isinya ( kotiledon ) sebagai kuaci.

BUDIDAYA SEMANGKA SUNFLOWER

Tanaman semangka memiliki 2 jenis bunga pada satu tumbuhan yaitu : bunga jantan yang hanya memiliki benang sari dan bunga bancihermaprodit ) yang memiliki benang sari dan putik.

Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah ( ovarium ) pada bagian pangkal bunga berupa pembesaran yang berbentuk oval.

Seperti halnya tanaman suku Cucurbitaceae, tanaman semangka sifatnya merambat tetapi tidak membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai hingga belasan meter.

Tanaman semangka cukup tahan pada kondisi kekeringan terutama saat masa pembentukan buah. Tanaman semangka sangat cocok dibudidayakan di daerah dengan ketinggian 20 – 200 m dpl.

Tanaman semangka berbiji dilihat warna daging buahnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu semangka berbiji bulat yang berdaging merah dan semangka berbiji bulat yang berdaging kuning.

Budidaya semangka cocok dilakukan pada daerah yang curah hujannnya sekitar 40 – 50 mm setiap bulan, suhu sekitar 25 °C saat siang hari.

Daerah yang cocok untuk budidaya semangka SUNFLOWER adalah daerah yang kering dan cenderung miskin uap air.

Lahan yang ideal adalah tidak ada naungan ( lahan yang terbuka ) dan terkena sinar matahari langsung.

Kurangnya paparan sinar matahari pada tanaman semangka menyebabkan perkembangan tanaman semangka kurang maksimal.

Penerimaan sinar matahari yang kurang juga menyebabkan proses panen terhambat, karena tanaman semangka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk matang sempurna.

BACA JUGA : SEMANGKA MEGA FLOWER, BUAH BESAR TAHAN HAMA PENYAKIT

PENGOLAHAN TANAH BUDIDAYA SEMANGKA SUNFLOWER

Kondisi tanah yang cocok menanam semangka adalah daerah yang gembur, memiliki unsur hara yang tinggi dan pH berada pada kisaran 6 – 6,7.

Jika pH tanah kurang dari 6 maka sebaiknya dilakukan proses pengapuran sampai pH tanah sesuai.

Lahan dibersihkan dari rumput-rumput pengganggu dan batu-batuan. Setelah lahan bersih, buat bedengan supaya air yang ada di dalam tanah dapat mudah untuk dialirkan.

Buat bedengan ganda dengan parit kecil ditengah. Lebar bedengan 70 – 80 cm dan tinggi disesuaikan kondisi lahan.

Untuk lahan landai, bedengan tidak perlu tinggi dan untuk lahan yang datar, bedengan dibuat dengan tinggi 30 cm ( usahakan bedengan tidak tergenang air saat turun hujan ).

Jarak antar bedengan adalah 3 – 4 meter. Sistem bedengan ganda dapat memudahkan dalam pemeliharaan dan penyiraman dengan sistem leb.

Pupuk dasar menggunakan kapur pertanian Dolomit jika pH kurang dari 6 dan setelah pemberian Dolomit, lahan dibiarkan 7 – 10 hari. Menggunakan pupuk kandang sebanyak 1 – 1,5 kg/tanaman.

Pupuk kimiawi menggunakan TSP/SP-36 : KCl : ZA sebanyak 100 g/tanaman ( perbandingan 2 : 1 : 1 ). Selanjutnya aduk merata hingga pupuk tercampur merata dengan tanah. lalu biarkan tersiram air hujan atau air saat melakukan penyiraman. Pemberian pupuk dasar diberikan 7 – 15 hari sebelum tanam.

Mulsa dipasangkan segera setelah bedengan basah karena hujan atau penyiraman. Membuat lubang tanam dengan jarak 80 – 90 cm di tengah bedengan.

PERSEMAIAN BIBIT SEMANGKA SUNFLOWER

Sebelum ditanam, benih semangka SUNFLOWER dapat direndam dalam air hangat-hangat kuku yang sudah diberi larutan zat perangsang tumbuh (ZPT) atau air bawang merah selama 3 – 5 jam.

Selanjutnya benih ditiriskan dan dikecambahkan dengan cara dibungkus kain basah atau kertas koran. Benih biasanya akan berkecambah setelah 2 – 3 hari.

Benih semangka SUNFLOWER disemaikan dalam polybag kecil berukuran 3 – 5 cm.

Media yang digunakan campuran tanah dan kompos yang sudah diayak terlebih dahulu dengan perbandingan 2 : 1. Kemudian benih ditanam dengan kedalaman 0,5 cm lalu tutup dengan tanah.

Untuk menghindari sinar matahari secara langsung, polybag bibit semangka ditutup dengan sungkup plastik bening.

Sungkup dibuka hingga pukul 10 pagi setiap hari, lalu tutup kembali pada siang hari. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman setiap hari. Bibit semangka yang sudah tumbuh akan siap dipindah setelah berumur 7 – 10 hari.

Sebelum bibit semangka dipindahtanamkan, sebaiknya bedengan disiram terlebih dahulu agar lembab.

Bila setelah bibit dipindahkan, lalu mati, segera diganti dengan bibit baru yang sehat. Penyulaman bibit semangka baru paling lambat dilakukan 7 hari setelah pemindahan bibit agar panen semangka dapat seragam pertumbuhannya.

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN TANAMAN SEMANGKA SUNFLOWER
  1. Penyiraman dilakukan 3 hari sekali dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Penyiraman dapat dihentikan saat awal pembentukan bunga. Penyiraman kembali dilakukan saat buah mulai terbentuk. Waktu penyiraman kembali diturunkan intensitasnya saat buah sudah mencapai bentuk maksimal agar kadar gula dalam buah semangka dapat terjaga.

  2. Mengatur posisi ranting, yaitu atur batang utama dan ranting diletakkan pada sisi bedengan supaya rapi  dan mudah selama perawatan.

  3. Perempelan yaitu melakukan pemangkasan cabang untuk memaksimalkan produksi buah. Caranya yaitu melakukan pemangkasan cabang utama setelah ruas ke-5, selanjutnya dipelihara 3 cabang samping saja. Melakukan pemangkasan tunas samping yang baru tumbuh selama pemeliharaan tanaman agar penyerapan unsur hara terfokus pada cabang yang dipelihara saja.

  4. Penyiangan dilakukan terhadap gulma dan rumput-rumput liar yang tumbuh dan mengganggu pertumbuhan semangka.

  5. Perempelan buah dilakukan pada buah yang tumbuh tidak normal. Buah yang dibuang juga buah yang tumbuh pada daun pertama sampai pada daun ke-13. Buah yang dipelihara adalah buah pada daun ke-14 ke atas. Agar buah dapat besar maksimal, sisakan 2 – 3 buah saja per tanaman.

PEMUPUKAN SUSULAN BUDIDAYA SEMANGKA SUNFLOWER

Pemupukan susulan dilakukan sebanyak 5 kali, yaitu :

  • Pemupukan susulan I diberikan saat tanaman semangka berumur 7 hari setelah tanam, yaitu pupuk NPK sebanyak 4,5 g/tanaman ditambah KNO3 sebanyak 2,5 g/tanaman.

  • Pemupukan susulan II saat tanaman semangka berumur 14 hari setelah tanam. Pupuk yang diberikan yaitu NPK 8,5 g/tanaman dan KNO3 2,5 g/tanaman.

  • Pemupukan susulan III diberikan saat tanaman semangka berumur 21 hari setelah tanam, yaitu pupuk NPK 12,5 g/tanaman dan KCl sebanyak 15 g/tanaman.

  • Pemupukan susulan IV diberikan pada umur 35 hari setelah tanam yaitu pupuk NPK 12,5 g/tanaman dan ZA sebanyak 8,5 g/tanaman.

  • Pemupukan susulan V diberikan pada saat umu tanaman 45 – 50 hari setelah tanam, yaitu pupuk ZA sebanyak 10 g/tanaman.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SEMANGKA SUNFLOWER
Hama Tanaman Semangka
  1. Pengerek daun memakan dan merusak daun semangka, terutama pada tanaman muda. Pengendalian menggunakan insektisida.

  2. Kutu daun ( Aphids ) yaitu menghisap cairan pada daun muda dan menyebabkan keriting pada daun semangka. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.

  3. Thrips, sama dengan hama kutu daun ( aphids ).

  4. Lalat buah yaitu menyerang buah muda, menyebabkan buah menjadi busuk dan rontok. Pencegahan dilakukan dengan menggunakan perangkap lalat buah dan penyemprotan menggunakan insektisida yang berbau tajam.

  5. Uat grayak, merusak dan memakan daun juga merusak bakal buah semangka.  Pengendalian menggunakan insektisida.

  6. Ulat tanah yang aktif pada malam hari, merusak tunas muda dan tanaman muda. Pengendalian menggunakan insektisida.

BACA JUGA : MENGENAL HAMA DAN PENYAKIT UTAMA TANAMAN SEMANGKA

Penyakit Tanaman Semangka
  1. Rebah semai atau disebut dumping-off  yang disebabkan oleh cendawan. Pengendalian menggunakan fungisida.

  2. Layu fusarium dimana tanaman yang terserang akan tampak segar pada pagi hari dan menjadi layu saat siang hari dan kembali segar pada sore harinya. Dan kemudian tanaman menjadi mati. Dapat dicegah dengan perlakuan trichoderma , PGPR dan penyemprotan fungisida.

  3. Bercak daun/Antraknosa yaitu ditandai dengan bercak-bercak hitam kecoklatan yang berbentuk buat dan menyebar hingga kemudian daun menjadi kering. Pengendalian menggunakan fungisida.

  4. Busuk buah yaitu disebabkan oleh bakteri, cendawan dan lalat buah. Pengendalian menggunakan bakterisida dan fungisida.

PANEN BUAH SEMANGKA SUNFLOWER

Ketika buah sudah mulai muncul, buah perlu dialasi dengan jerami atau bambu agar buah tidak mudah busuk terkena air atau embun.

Selain itu sebaiknya melakukan pembalikan buah secara rutin dan berkala agar didapatkan warna buah yang hijau merata dan seragam saat dipanen nanti.

Buah semangka SUNFLOWER sudah dapat dipanen pada umur 65 hari setelah tanam. Buah semangka yang masak dapat dilihat dengan ciri-ciri warna kulit buah yang sudah pudar dan sulur di pangkal tangkai buah tampak mengering.

Pemanenan sebaiknya dilakukan setelah embun kering, yaitu pada pukul 09.00 dan cuaca sedang cerah ( tidak turun hujan ) agar kulit buah tidak basah dan mudah membusuk.

Buah semangka yang dipanen disertakan tangkai buahnya, agar dapat tahan lama saat di penyimpanan.

Demikian ulasan tentang benih semangka SUNFLOWER, semangka berbiji hibrida produksi CHUNG SHIN SEED.

Benih semangka SUNFLOWER dapat dibeli Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi  Bapak Budi 0821 4174 7141 ( telepon )  dan  0812 5222 117 (SMS/WA).

Ulasan berisi tentang benih semangka SUNFLOWER dan cara budidayanya beserta cara merawat dan memelihara tanaman semangka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LMGA Agro juga menyediakan konsultasi pertanian gratis mengenai serba serbi menanam semangka SUNFLOWER dan bagaimana mengatasi permasalahan dalam budidaya semangka yang sering ditemui selama di lapangan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan alat pertanian, sarana dan prasaran budidaya pertanian.

Kami siap untuk mengirim  pesanan benih semangka SunFlower Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat. Lewat jasa ekspedisi terpercaya mitra LMGA Agro seperti JNE, POS, TIKI dan KI8.