JUAL BENIH CABE BESAR ELEGANCE F1 CAP KAPAL TERBANG


CABE BESAR ELEGANCE, CABE MERAH ELEGANCE, CABE ELEGANCE F1, CARA MENANAM CABE ELEGANCE, LMGA AGROJual benih cabe besar Elegance F1 di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Benih cabe besar Elegance F1 cap Kapal Terbang produk dari PT BISI International Tbk.

Toko pertanian LMGA Agro melayani juga konsultasi gratis cara menanam cabe besar Elegance F1 dan permasalahan yang mungkin ditemui selama budidaya cabe besar Elegance F1.

LMGA Agro juga menjual benih sayur dan buah hibrida lain yang berkualitas dari beragam varietas benih, produksi pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesia. Juga tersedia alat-alat pertanian, sarana dan prasarana budidaya tanaman yang Anda butuhkan dalam bercocok tanam.

BENIH CABE BESAR ELEGANCE F1

Benih cabe besar Elegance F1 merupakan benih cabe besar unggul dari PT BISI International Tbk. dengan merk dagang cap Kapal Terbang. Benih cabe besar Elegance F1 cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dan mudah dalam perawatannya.

Benih cabe besar Elegance F1 vigor tumbuhnya, tipe tanaman tegak dan kokoh. Tanaman tahan terhadap penyakit Layu Bakteri, gemini virus, hama thrips, Aphid dan mite.  

Benih cabe besar Elegance F1 juga toleran terhadap cuaca yang kurang bersahabat dan tanaman tetap dapat berbuah dengan baik. Ukuran buah cabe besar Elegance F1 memiliki panjang ± 16 cm, diameternya ± 1,4 cm. Saat buah masak, warnanya merah mengkilat.

Kondisi buah benih cabe Elegance F1 cukup lentur sehingga dapat mengurangi jumlah buah yang rusak akibat pengepakan dan pengangkutan. Umur panen genjah yaitu ± 73 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil ± 28 ton/ha. Kebutuhan benih sebanyak 140 – 150 g/ha dan jarak tanam yang dianjurkan 60 x 60 cm.

Budidaya cabe masih menjadi favorit petani indonesia. Selain cabe rawit, jenis cabe lain yang digemari petani adalah cabe besar merah. Hal ini karena masyarakat Indonesia menggemari cabe besar untuk dijadikan bumbu masakan baik dihaluskan atau sekedar diiris kasar atau tipis.

Hampir semua jenis masakan Indonesia afdol bila ditambahkan cabe didalamnya. Rasa pedas dari cabe menimbulkan sensasi tersendiri bagi yang mengkonsumsinya. Sensasi pedas tersebut berasal dari zat capsaicin yang terdapat pada buah cabe.

BUDIDAYA CABE BESAR ELEGANCE F1

Budidaya cabe besar Elegance F1 mudah untuk dilakukan asalkan paham benar beberapa hal yang menjadi kebutuhan tanaman cabe. Tanaman cabe menyukai hidup di daerah yang mendapat sinar matahari selama 10 – 12 jam per hari.

Suhu udara yang sesuai yaitu 24 – 28 °C. Tanaman cabe dapat tumbuh subur ditempat yang memiliki kelembaban 80% dan pH 6 – 7. Satu hal yang menjadi perhatian dalam menanam cabe yaitu tidak menanam cabe saat musim harga cabe sedang anjlok, yaitu saat pasokan cabe melimpah.

Harga cabai memang dari dulu selalu tidak stabil, fluktuatif dan cukup mengagetkan terutama bagi petani. Saat akan menanam cabe, kita harus memperhitungkan kemungkinan saat panen harga cabe kita turun atau naik.

Caranya dengan mencari dan membuat data, kira-kira seberapa banyak lahan yang akan ditanami cabai dan yang nantinya akan bersamaan panennya dengan tanaman cabe kita.

Jika saat kita akan menanam tanaman cabe, ternyata banyak petani yang juga akan memulai menanam tanaman cabe maka kemungkinan besar saat panen nanti harga cabe kita akan anjlok harganya karena banyaknya cabai yang dipanen bersamaan atau hampir bersamaan. 

MENANAM CABE BESAR ELEGANCE F1

Kebiasaan manusia memang adalah latah, saat harga cabe melonjak naik dan mahal, petani beramai-ramai menanam cabe. Hingga saat panen bersamaan dan karena ketersediaan di lapangan cabe banyak maka hukum ekonomi berlaku di sini.

Selain faktor menanam cabe yang beramai-ramai yang membuat harga turun, juga faktor penyakit yang menyerang tanaman. Penyakit tanaman cabe dan menyebabkan penampilan cabe menjadi kurang baik, akibatnya harga cabai menjadi terpengaruh.

Penyakit cabai yang sering menyerang secara massal yaitu penyakit patek/ antraknosa. Penyakit Patek menyebabkan buah cabe tidak dapat mulus sampai panen/tua. Terdapat sedikit bintik atau jamur di setiap sisi buah. Bila sudah menyerang tanaman, susah sekali untuk dikendalikan.

Penyakit patek menyebar sangat cepat hingga petani terpaksa panen lebih dini untuk menghindari tanaman terserang penyakit ini dan mencegah kerugian yang lebih besar lagi.

Meskipun luas lahan menanam cabe sangat luas, karena serangan penyakit ini produktivitas menjadi turun dan cabe yang bisa diselamatkan menjadi mahal harganya. Meskipun kadangkala cabe yang dipanen belum begitu tua.

Teknis budidaya yang tepat, baik dan benar terbukti dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit tanaman cabe yang sering ditemui di lapangan. Penanaman di musim kemarau, serangan hama lebih dominan sedangkan penanaman di musim hujan, serangan penyakit lebih tinggi dibandingkan hama.

BACA JUGA ; RESEP PUPUK TANAMAN CABAI, HASIL TINGGI, BEBAS VIRUS

CARA MENDAPATKAN BIBIT CABE BESAR ELEGANCE F1

Hal – hal yang perlu diperhatikan selama persemaian bibit tanaman cabe khususnya jenis Capsicum annum L. Tanaman ini berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis dan sub-tropis.

  • Pembibitan cabe besar Elegance F1 sebaiknya menggunakan polybag baik plastik atau dari daun-daunan.

  • Media untuk pembibitan benih cabe besar Elegance F1 bisa menggunakan tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang harus diayak hingga halus dan dicampur hingga gembur. Perbandingan media yaitu tanah : arang sekam : pupuk kandang = 2 : 1 : 1.

  • Atau media tanah : kompos = 1 : 1.

  • Tempat persemaian benih cabe besar Elegance F1 harus ada naungan agar bibit tidak langsung terkena sinar matahari dan air hujan. Bila sanggup membeli, tempat semai dipasang jaring agar hama serangga tidak dapat masuk.

  • Sebelum benih ditanam, media disiram air dulu hingga lembab agar lebih mudah benih dibenamkan.

  • Perawatan benih cabe besar Elegance F1 yaitu menyiram rutin pagi dan sore. Cara menyiramnya adalah menutup permukaan polybag dengan kertas koran lalu siram hingga basah. Buka koran setelah 3 hari saat benih berkecambah.

CARA MENGOLAH TANAH MENANAM CABE BESAR ELEGANCE F1

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam mengolah tanah menanam cabe yaitu :

  • Mengolah tanah dalam budidaya cabe besar Elegance F1 bertujuan menggemburkan tanah dan memutus siklus hidup jasad pengganggu tanaman yang menetap di tanah. Membalik tanah lapisan bawah menuju ke atas, karena lapisan bawah mengandung unsur hara lebih banyak.

  • Lahan menanam cabe besar Elegance F1 harus bersih, untuk membersihkan dari gulma yang cukup banyak dapat disemprotkan herbisida yang sesuai dan dosis pemberian sesuai petunjuk kemasan.

  • Bersamaan dengan membuat bedengan dan menggemburkan tanah, pH tanah diukur. Bila belum normal, taburkan kapur dolomit 2 – 4 ton/ha sesuai pH tanah. Bila tanah bersifat asam, tanaman mudah terinfeksi hama dan penyakit.

  • Bedengan untuk cabe besar Elegance harus dibuat tinggi bila menanam di musim hujan dan membuat parit untuk lewatnya air yang baik. Lebar bedengan 1 meter, tinggi 30 – 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm.

  • Pemberian pupuk dasar dalam menanam cabe besar Elegance F1, berupa pupuk organik diberikan merata di setiap bedengan. Pupuk organik yang diberikan sebanyak 20 ton/ha. Juga dapat ditambahkan pupuk Za 250 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

  • Pemakaian mulsa plastik hitam perak. Pemasangan dilakukan siang hari, warna perak di bagian atas. Fungsi mulsa banyak sekali meskipun biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Adanya mulsa dapat menekan serangan hama dan penyakit, selain itu dapat mencegah erosi, mengendalikan pertumbuhan gulma dan menjaga kebersihan kebun.

  • Cabe besar Elegance F1 akan memberi hasil optimal jika di tanam menggunakan mulsa, lubang tanam dengan jarak 65 x 65 cm dengan model zig-zag. 

CARA PENYIRAMAN TANAMAN CABE BESAR ELEGANCE F1

Penyiraman dilakukan secara rutin dan awasi pertumbuhannya. Bibit cabe besar elegance F1 siap dipindahkan setelah 21 – 24 hari setelah semai atau telah tumbuh 3 – 4 daun sejati. Bibit dilebihkan sebanyak 10% dari total jumlah tanaman.

Kegiatan penyiraman selam budidaya cabe besar Elegance F1 sebaiknya dilakukan sejak dini dan awal budidaya tanaman cabe. Sejak di pembibitan, pada masa semai bibit, intensitas penyiraman harus diperhatikan secara bijaksana.

Karena pada masa semai, benih sangat membutuhkan air untuk menunjang perkecambahan benih dan merangsang hormon Giberellin pada benih. Dengan adanya air, kerja enzim akan aktif dan segera terjadi proses metabolisme sel dan benih menjadi berkecambah.

Penyiraman untuk tanaman muda, sebagai hasil dari proses persemaian benih, air berfungsi sebagai pelarut alamiah berbagai senyawa organik maupun anorganik di dalam tanah.

Penyiraman dilakukan secara rutin agar tanah tempat tanaman cabe besar Elegance F1 tumbuh tetap lembab, tanah tidak kering dan tetap menyuplai ketersediaan air yang mencukupi kebutuhan tanaman. Air sangat diperlukan untuk proses fotosintesis tanaman.

CARA PENYIANGAN dan PENDANGIRAN CABE BESAR ELEGANCE F1

Aktivitas penyiangan selama menanam cabe besar Elegance yaitu dengan cara mencabut dan mengoret rumput-rumput liar ( gulma parasit ). Adanya gulma selain mengganggu nilai estetika lingkungan namun juga menjadi sarang hama dan penyakit. 

Keberadaan gulma di sekitar tanaman cabe merah Elegance juga dapat menimbulkan perebutan nutrisi antara tanaman pokok ( dalam hal ini tanaman cabe ) dengan gulma. Sehingga penting rutinnya melakukan kontrol tanaman dan menjaga kebersihan kebun.

Pendangiran dilakukan untuk menggemburkan lahan tanam cabe merah menggunakan sekop kecil, pencong atau cangkul. Saat pendangiran harus dilakukan hati-hati jangan sampai merusak perakaran tanaman cabe besar Elegance yang kita tanam.

CARA PEMUPUKAN YANG BAIK DAN BENAR CABE BESAR ELEGANCE F1

Pupuk yang diberikan dapat menggunkan pupuk organik maupun anorganik. Pupuk organik menggunakan pupuk kandang dari kotoran hewan, seperti kotoran ( tahi ) ayam yang dikeringkan, kotoran sapi, kotoran kerbau, bahkan air kencing kelinci dan sapi juga dapat difermentasikkan menjadi Pupuk Organik Cair ( POC ). 

Pupuk organik lain yaitu kompos, sisa-sisa dedaunan yang membusuk juga dapat diberikan langsung pada tempat tumbuh tanaman. Pupuk anorganik seperti Urea, KCl, TSP, pupuk yang berbahan aktif N dan P.

Pupuk anorganik dapat diberikan untuk membantu memenuhi nutrisi tanaman cabe besar Elegance agar lebih subur dan dapat menghasilkan buah banyak dan berkualitas tinggi.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE BESAR GADA F1 | CARA MENANAM CABE

TEKNIK PENGENDALIAN JASAD PENGGANGGU CABE BESAR ELEGANCE F1
CABE BESAR ELEGANCE, BENIH CABE ELEGANCE, CARA MENANAM CABE ELEGANCE, BUDIDAYA CABE ELEGANCE, LMGA AGRO
CABE ELEGANCE

Selama pertumbuhan tanaman cabe besar Elegance F1, selalu ada jasad pengganggu tanaman. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan kontrol tanaman budidaya kita.

Pengontrolan tanaman selama budidaya cabe besar Elegance dilakukan sejak dilakukan penyemaian bibit, setiap saat dan setiap kita menengok tanaman budidaya kita. Pengontrolan dilakukan sekaligus juga mengamati dan memperhatikan adakah hama dan serangan penyakit yang serius pada tanaman kita.

Pewiwilan dan pemotongan tunas aksiler ( tunas samping ) untuk tanaman cabe besar Elegance F1 dilakukan dengan cara memotong 2 – 3 tunas liar yang berada pada batang pokok utama tanaman cabe besar Elegance F1.

Pemotongan tunas liar ( aksiler ) ini merupakan kegiatan pewiwilan yang bertujuan untuk merangsang pembentukan bunga dan buah. Agar dapat tumbuh bagus dan menghasilkan buah cabe yang berbuah lebat.

Saat Umur cabe besar Elegance F1 diatas 3 – 4 bulan, pemupukan tanaman cabe menggunakan larutan pupuk Phonska Cair pada tanaman cabe yang akan berbunga dan yang muncul buah cabe muda maupun tua.

Di rentang waktu ini pula, perawatan tanaman masih terus dilakukan. Seperti bila tanah atau lahan cabe tampak kering maka perlu disiram. Pemupukan dapat dihentikan sementara menginjak waktu panen, yaitu sekitar umur 3,5 bulan.

Demikian artikel mengenai benih cabe besar Elegance F1 cap Kapal Tebang, produksi dari PT BISI International Tbk atau Chia Tai Seed. Juga uraian tentang cara merawat dan memelihara tanaman dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan tanaman yang tumbuh baik dan dapat berbuah lebat.

Benih Cabe besar Elegance F1 dapat dibeli di Toko pertanian Online Indonesia LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( sms/wa ). LMGA Agro melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam cabe besar Elegance F1 dan permasalahan yang ditemui selama menanam cabe besar Elegance F1.

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih cabe besar Elegance F1 Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.