JUAL BENIH SEMANGKA PLUTO | TANPA BIJI HIBRIDA F1


SEMANGKA PLUTO, SEMANGKA NON BIJI PLUTO, SEMANGKA TANPA BIJI PLUTO, SEMANGKA PLUTO CAP KAPAL TERBANG, BENIH SEMANGKA PLUTO MURAHJual benih semangka PLUTO, semangka tanpa biji hibrida F1. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA AGRO, hubungi P. Budi 082141747141 (telepon) 08125222117 (SMS/WA). Benih semangka Pluto produksi PT BISI International Tbk merupakan semangka tanpa biji hibrida F1.

LMGA Agro menyediakan konsultasi pertanian gratis mengenai budidaya semangka PLUTO yang baik dan benar. Juga membantu menyelesaikan permasalahan yang ditemui selama menanam semangka.

LMGA Agro menyediakan benih sayur dan buah hibrida F1 produksi dari pabrik benih terkemuka dan terpercaya, tersedia alat-alat pertanian, sarana dan prasarana budidaya tanaman Anda.

LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat melalui jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS dan lain-lain.

BENIH SEMANGKA PLUTO

Semangka PLUTO merupakan semangka tanpa biji Hibrida F1 cap Kapal Terbang produksi PT BISI International Tbk. Semangka PLUTO memiliki pertumbuhan tanaman yang kuat dan mudah dalam perawatannya. Pembentukan buah mudah jadi dan tumbuh seragam.

Semangka PLUTO toleran terhadap penyakit layu dan Downey mildew. Buah semangka PLUTO berbentuk bulat, kulit berwarna hijau terang dengan lorek pada kulit yang jelas.

Daging buah semangka PLUTO berwarna merah tanpa biji, berasa manis dan memiliki kadar gula mencapai 10,3 % Brix.

Berat buah semangka PLUTO antara 5 – 7 kg. Dapat mulai dipanen pada umur ± 65 hari setelah pindah tanam. Kebutuhan benih untuk menanam semangka PLUTO adalah 230 – 250 gr/ha. Jarak tanam yaitu 50 x 250 cm.

Semangka Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian Selatan. Semangka masih kerabat dengan tanaman melon, kelompok labu-labuan dan ketimun.

Semangka PLUTO dipanen buahnya untuk dimakan segar atau untuk dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan lalu disangrai dan isinya ( kotiledon ) dapat dimakan sebagai kuaci. 

Semangka sebagaimana anggota Cucurbitaceae yang lain merupakan tumbuhan merambat namun tidak dapat membentuk akar adventif ( akar yang tumbuh di atas permukaan tanah ) dan tidak memanjat. Jangkauan rambatan semangka mencapai hingga belasan meter.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan lorek/larik hijau muda. Secara umum tanaman semangka tahan terhadap kekeringan terutama di masa pembentukan buah.

MANFAAT BUAH SEMANGKA PLUTO

Buah semangka PLUTO dikenal dan disukai karena kesegarannya, dan ternyata memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah semangka banyak mengandung vitamin A, B dan C sebagai antioksidan tubuh.

Kandungan kalori semangka rendah sehingga cocok bagi yang takut gemuk. Kandungan potassium dan lycopene pada semangka baik bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker.

1. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Kandungan lycopene, vitamin A, vitamin C dan potassium dapat menangkal radikal bebas yang ada di lingkungan kita. Radikal bebas tersebut bisa berasal dari paparan sinar matahari ( ultraviolet ), polusi, asap kendaraan bermotor dan lain-lain. Radikal bebas ini dapat menyebabkan kanker, pengaruh yang lansung tampak yaitu timbulnya flek hitam di wajah, jerawat, penuaan dini dan keriput di wajah.

2. Untuk Kesehatan Ginjal

Semangka mengandung vitamin kompleks dan Kalium yang berperan penting untuk kesehatan ginjal. Kalium dalam semangka dapat membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal. Konsumsi semangka dapat melancarkan proses ekskresi tubuh dan mengurangi kadar asam urat pemicu terjadinya batu ginjal. Konsumsi semangka secara rutin dapat melancarkan pembuangan racun dan zat-zat sisa yang tidak diperlukan tubuh sehingga tubuh terasa lebih bugar, ringan dan sehat.

3. Untuk Kesehatan Tulang dan Jantung

Senyawa likopen dalam buah semangka dapat membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka melancarkan aliran darah dalam jantung terpompa maksimal.

Selain itu, sel-sel dalam tubuh beregenerasi dengan baik dan tingkat oksidatif pada pembuluh darah pemicu serangan jantung menjadi turun drastis.

Kalsium dalam buah semangka dapat secara aktif membentuk kepadatan tulang menjadi kokoh dan terhindar dari keluhan oestoporosis.

Buah Semangka selain bermanfaat ternyata konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa gangguan pada tubuh kita. Diantaranya gangguan tersebut antara lain :

  • Kandungan lycopene dalam buah semangka bila terlalu banyak dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan perut seperti diare, perut kembung, mual dan muntah.

  • Potassium atau Kalium dalam semangka bila berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular jantung yang berpengaruh langsung dengan detak jantung yang tidak teratur, gangguan sistem kerja otot dan sistem syaraf.

  • Bila konsumsi semangka berlebihan dapat mempengaruhi kerja ginjal karena lebih bekerja lebih keras dalam mengeluarkan potassium yang berlebih.

  • Dapat memicu diabetes karena buah semangka mengandung glikemik cukup tinggi yaitu 72%.

  • Menurunkan tekanan darah dengan cepat menjadi rendah sehingga tubuh menjadi lemas, pusing, leher kram dan kesemutan.

CARA MENANAM SEMANGKA PLUTO

SEMANGKA PLUTO, SEMANGKA PLUTO F1, SEMANGKA NON BIJI PLUTO, SEMANGKA TANPA BIJI PLUTO, BENIH SEMANGKA PLUTO , BIBIT SEMANGKA PLUTO, LMGA AGRO
BENIH SEMANGKA PLUTO

Menanam tanaman semangka tanpa biji memang terlihat susah dan rumit tetapi bila dilakukan dengan bertahap, kita dapat melakukannya dengan mudah karena menanam semangka pada dasarnya tidaklah sulit. Menanam semangka tanpa biji disampingnya juga menanam semangka yang berbiji sebagai bunga jantan.

Menanam semangka harus memenuhi semua kriteria syarat tumbuh yang diinginkan tanaman semangka. budidaya semangka sangat cocok untuk lingkungan yang memiliki curah hujan sekitar 40 – 50 mm setiap bulan. Suhu lingkungan  yang sesuai adalah sekitar 25 °C saat siang hari.

Daerah yang ideal untuk menanam semangka adalah daerah yang kering dan cenderung miskin dengan uap air. Lahan tanaman semangka juga sebaiknya tidak ada naungan, lahan merupakan lahan terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

BACA JUGA : BUDIDAYA SEMANGKA AMARA CAP PANAH MERAH

Bila tanaman semangka ternaungi maka perkembangan tanaman menjadi terganggu. Penerimaan sinar matahari yang terhambat dapat mempengaruhi waktu panen yang menjadi lebih lama.

Kondisi tanah yang cocok yaitu yang banyak mengandung unsur hara tinggi dan gembur. Memiliki pH tanah pada kisaran 6 – 7 normal.

1. Pengolahan Tanah Menanam Semangka PLUTO

Mengolah lahan digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul, gulma-gulma dibersihkan, dicabut, batu-batu dibuang. Setelah lahan bersih dari gulma dan batu-batu, selanjutnya membuat bedengan. Jarak antar bedengan 1 meter, tinggi bedengan 0,5 meter dan lebar bedengan 2 meter.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pada bedengan perlu ditambahkan unsur hara. Bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang bersamaan dengan penggemburan tanah. Bila sudah cukup subur dan gembur, selanjutnya penanaman dapat langsung dilakukan.

2. Persemaian Bibit Semangka PLUTO

Rendam benih semangka PLUTO dalam air hangat yang telah diberi air hangat, hormon tumbuh, bakterisida dan fungisida. Benih semangka PLUTO direndam ± selama 30 menit lalu diangkat dan ditiriskan hingga kering. Selanjutnya benih siap disemaikan menjadi bibit semangka pada lahan yang sudah disediakan.

Media semai menggunakan tanah yang sudah diayak halus, ditambahkan pupuk organik dan pupuk kandang. Lalu benih dibenamkan dan disiram dengan hati-hati setiap pagi dan sore hari.

Persemaian bibit semangka PLUTO dapat menggunakan polybag atau bedeng semai. Bibit siap dipindah setelah berumur 4 minggu.

3. Penanaman Bibit Semangka PLUTO

Satu hari sebelum bibit dipindah, dibuat lubang tanam pada bedengan lahan. Sebelum bibit dipindahkan, lubang tanam disiram air lebih dahulu sampai basah. Selanjutnya bibit dikeluarkan dari polybag dengan hati-hati jangan sampai merusak perakarannya.

Selanjutnya bibit ditanam pada lubang yang sudah siap dan basah, lalu lubang ditutup dengan tanah tipis sampai ujung pangkal bibit semangka.

BACA JUGA : SEMANGKA NON BIJI AMARA, FAVORIT PENANAM SEMANGKA

PEMELIHARAAN TANAMAN SEMANGKA PLUTO

  • Pemeliharaan tanaman semangka dilakukan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal baik kuantitas maupun kualitas. Perawatan utama yaitu penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore terutama saat musim kemarau. Menggunakan sistem farrow irrigation yaitu air dialirkan lewat saluran antar bedengan. Frekuensi pemberian air saat musim kemarau selama 4 – 6 hari dengan volume air yang diberikan tidak berlebihan.

  • Bila menggunakan pompa air sumur ( diesel air ), penyiraman dibantu dengan slang plastik yang berdiameter besar agar lebih cepat air mengairi seluruh bedengan. Tanaman semangka PLUTO memerlukan air secara terus menerus dan tidak sampai kekurangan air.

  • Penyiangan yaitu membersihkan lahan dari rumput-rumput atau gulma pengganggu yang ikut menyerap unsur hara dalam tanah bersaing dengan tanaman semangka PLUTO sebagai tanaman utama.

  • Agar mendapatkan ukuran buah yang besar dan baik maka tiap satu tanaman semangka PLUTO cukup 2 buah saja. Dipelihara 2 – 3 cabang dengan tanpa memotong ranting sekunder.

  • Cabang ranting yang tidak berguna dipangkas, ujung cabang sekunder dipangkas dan disisakan 2 helai daun.

  • Cabang sekunder yang tumbuh pada batang yang ada buahnya, sebaiknya dipangkas agar nutrisi terpusat pada pembentukan buah saja.

  • Cabang utama dan cabang primer diatur agar semua daun tidak saling menutupi sehingga semua daun mendapatkan paparan sinar matahari.
  • Melakukan pembumbunan 2 minggu setelah pindah tanam. Bertujuan agar akar tanaman dapat menyerap unsur hara dalam tanah dengan maksimal.

  • Menyortir dan mengambil tunas-tunas muda yang tidak berguna karena dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon dan buah semangka yang sedang berkembang. Perempelan dilakukan untuk mengurangi tanaman yang terlalu lebat.

PEMUPUKAN TANAMAN SEMANGKA PLUTO

Pemberian pupuk saat pengolahan tanah yaitu pemberian pupuk kandang dan pupuk kimiawi kenyataan tidak semua diserap dan dimanfaatkan tanaman. Sehingga perlu kiranya diberikan pupuk susulan yang disesuaikan dengan fase pertumbuhan.

Pada fase vegetatif, tanaman semangka memerlukan pupuk daun ( Topsil D ). Fase pembentukan buah dan pemasakan, diperlukan pupuk Topsil B untuk memperbaiki kualitas buah yang tumbuh. Pupuk daun yang diberikan dicampur dengan insektisida dan fungisida dan disemprotkan secara rutin.

  • Pupuk daun diberikan pada umur 7, 14, 21, 28 dan 35 hari setelah tanam.

  • Pupuk buah diberikan saat berumur 45 dan 55 hari setelah tanam.

  • ZA dan NPK ( perbandingan 1 : 1 ) diberikan pada umur 21 hari setelah tanam sebanyak 300 ml, saat umur 25 hari setelah tanam sebanyak 400 ml dan pada umur 55 hst sebanyak 400 ml.

PENGENDALIAN TERHADAP HAMA DAN PENYAKIT SEMANGKA PLUTO

Setiap budidaya tanaman memang tidak bisa lepas dan terbebas dari serangan hama dan penyakit. Namun serangannya dapat diminimalisir dengan melakukan beberapa perawatan dan langkah-langkah budidaya yang tepat.

  • Melakukan sanitasi lingkungan secara rutin dapat menghindari dan mencegah serangan organisme pengganggu tanaman. Selalu menjaga kebersihan kebun, gulma tidak dibiarkan tumbuh liar karena beberapa gulma juga merupakan vektor pembawa virus.

  • Melakukan rotasi atau pergiliran tanaman dengan tanaman yang yang bukan keluarga Cucurbitaceae. Mengatur waktu tanaman dan jarak tanam agar tidak terlalu rapat sehingga suhu lingkungan sekitar tanaman tidak lembab. 

  • Memangkas daun-daun yang sakit dan sudah terinfeksi, mencabut tanaman yang sakit dan dimusnahkan/dibakar.

  • Memanfaatkan musuh alami dari hama tersebut.

  • Menggunkan perangkap seperti perangkap kuning untuk menangkap hama lalat buah.

  • Untuk mencegah penyakit busuk buah yaitu dengan mencegah jangan sampai buah mendapat luka pada permukaan kulitnya. Pemetikan buah dilakukan pada siang hari saat tidak berawan/hujan.

  • Bedengan tanaman semangka PLUTO yang ditutupi mulsa plastik hitam perak lebih aman dari serangan virus tanaman.

  • Penyemprotan kimiawi untuk hama menggunakan insektisida dan untuk penyakit menggunakan fungisida.

BACA JUGA : MENGENAL HAMA DAN PENYAKIT UTAMA TANAMAN SEMANGKA

Demikian ulasan kami tentang benih semangka PLUTO, semangka tanpa biji hibrida F1 dari PT BISI International. Benih tersedia di Toko Pertanian online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).

Kami menerima konsultasi pertanian secara gratis bertanya seputar cara menanam benih semangka PLUTO dan cara merawat tanaman semangka PLUTO.

LMGA Agro juga menyediakaan benih-benih sayur dan buah berkualitas unggul yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik benih terkemuka.

Juga tersedia alat-alat pertanian sebagai sarana prasarana menunjang budidaya tanaman Anda. LMGA Agro siap mengantarkan pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat melalui jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI dan lain-lain.