SANTA 32 | JUAL BENIH | CARA MENANAM CABE | LMGA AGRO


SANTA 32, CABE SANTA 32, CABAI SANTA 32, CABE KOREANA SEED, CARA MENANAM CABE, BUIDDAYA CABE, LMGA AGRO
SANTA 32

Jual benih cabe besar hibrida F1 SANTA 32 produksi dari PT Koreana Seed Indonesia. Benih cabe besar SANTA 32 tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ( telepon ) dan 0812 5222 117 ( SMS/WA ). Benih cabe besar SANTA 32 merupakan benih cabe besar unggul yang memiliki umur panen cepat.

LMGA Agro menyediakan benih sayuran dan buah dari berbagai varietas benih. Benih terjamin kualitasnya dan dikeluarkan dari pabrik-pabrik terkemuka.

LMGA Agro juga menyediakan alat-alat pertanian serta sarana dan prasarana penunjang dalam budidaya pertanian agar diperoleh hasil yang maksimal.

LMGA Agro juga menyediakan konsultasi pertanian gratis mengenai cara menanam tanaman budidaya Anda dan segala permasalahan yang mungkin ditemui di lapangan.

CABE BESAR HIBRIDA F1 SANTA 32

Cabe besar SANTA 32 merupakan benih cabai besar hibrida F1 produksi PT Koreana Seed Indonesia yang berkantor pusat di Kediri Jawa Timur.

Tanaman cabe besar SANTA 32 dapat dipanen cepat, tanaman vigor dan memiliki toleransi yang cukup baik terhadap cuaca panas pada dataran rendah.

Cabe besar SANTA 32 saat muda berwarna hijau tua dan berubah menjadi merah saat matang. Penampilan buahnya menarik dengan panjang mencapai 16 – 17 cm dan diameter buah sekitar 1,3 – 1,4 cm. Berat cabe besar SANTA 32 saat panen sekitar 14 – 15 g/buah.

Potensi produksi panen cukup tinggi dengan kondisi buah yang sangat baik, ramping dan berkualitas yang bagus. Cocok di pasarkan dalam keadaan segar maupun kering.

Cabe besar SANTA 32 memiliki daya tahan simpan yang cukup lama dan tahan dalam pengangkutan jarak jauh.

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung cara mengolahnya.

Cabai merah besar ( Capsicum annuum L. ) salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai eknomis tinggi. Di Indonesia, petani banyak yang membudidayakan tanaman cabe karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri, capsaicin.

Zat capsaicin pada cabe menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan sebagai rempah-rempah ( bumbu masakan ).

TANAMAN CABE BESAR SANTA 32

Tanaman cabe besar SANTA 32 merupakan tanaman yang vigor, yang berarti tanaman memiliki kemampuan tumbuh normal dan berproduksi pada kondisi lapangan yang optimum maupun sub-optimum.

Cabai merah berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis dan sub-tropis. Kondisi lingkungan di Indonesia cocok untuk budidaya cabe dimana matahari bersinar penuh sepanjang hari.

Tanaman cabai merah dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga pada ketinggian 1400 m dpl. Pada dataran tinggi, tanaman cabe masih dapat tumbuh namun hasil produksinya kurang baik dan maksimal.

Suhu lingkungan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman, begitu juga dengan tanaman cabe. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan cabe adalah 24 – 28 °C.

Pada suhu tertentu seperti pada suhu 15 °C  dan lebih dari 32 °C menghasilkan cabe yang kurang baik. Pertumbuhan cabe besar akan terhambat jika suhu harian di areal budidaya terlalu dingin.

Curah hujan yang dikehendaki tanaman cabai adalah 800 – 2000 mm per tahun dengan kelembaban sebesar 80 %. Pada musim kemarau, tanaman cabe masih dapat tumbuh asalkan mendapat pengairan yang cukup.

Tanah yang baik untuk pertumbuhan cabe besar adalah tanah liat berpasir, mempunyai sirkulasi udara yang baik, dapat dengan mudah mengalirkan air serta memiliki aerasi yang baik.

Tanah memiliki pH optimum antara 6 – 7. Waktu tanam yang tepat yaitu akhir musim hujan.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE HIBRIDA F1 FLASH 750 

CARA MENANAM CABE BESAR SANTA 32
  1. Tanah diolah dan digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul. Lahan dibersihkan dari gula dan batu-batu juga sisa tanaman dari penanaman sebelumnya.

  2. Dibuat bedengan yang lebarnya 100 cm, tinggi 20 cm dan panjang disesuaikan dengan luas lahan. Jarak antar bedengan 100 cm.

  3. Lahan diberi pupuk dasar yang dicampurkan merata pada setiap bedengan. Pupuk dasar yang digunkan adalah campuran pupuk organik yaitu kompos dan pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha.

  4. Selain menggunakan pupuk organik, juga dapat ditambahkan pupuk kimia yaitu Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha. Campurkan pupuk merata pada setiap bedengan.

  5. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka bedengan perlu ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Manfaat mulsa adalah untuk menekan erosi, mempertahankan kelembaban, menjaga kebersihan lahan dan mampu mengendalikan pertumbuhan gulma. Pemasangan mulsa dilakukan 5 hari sebelum penanaman.

  6. Sehari sebelum bibit ditanam, dibuat lubang tanam pada permukaan mulsa. Lubang tanam dibuat dengan sistem double rows ( 2 baris ) dengan jarak 60 – 70 cm. Lubang tanam dibuat secara zig-zag agar penetrasi sinar matahari dapat merata ke seluruh tanaman cabe.

PERSEMAIAN BIBIT TANAMAN CABE BESAR SANTA 32

Persemaian bibit cabe besar SANTA 32 dapat dilakukan pada bedengan atau pada polybag.

  • Persemaian bibit cabe besar SANTA 32 pada bedengan yaitu dengan cara benih ditebar merata secara berbaris dan jarak antar barisan adalah 5 cm. Tempat persemaian diberi naungan dari daun kelapa atau daun pisang.

  • Persemaian bibit cabe besar SANTA 32  dalam polybag menggunakan polybag berukuran 5 – 8 x 10 cm. Sebelum dikecambahkan, benih direndam dalam air hangat dengan suhu 55 – 60 °C  selama 15 – 30 menit untuk mempercepat benih berkecambah.

Media tanah persemaian menggunakan campuran tanah (diayak hingga halus) dan pupuk kandang ( diayak hingga halus ) dengan perbandingan 2 : 1.

Media tanam diberi 80 g NPK dan 75 g Furadan. Semua bahan media dicampur merata  kemudian dimasukkan ke polybag. Selanjutnya benih dibenamkan pada media tanah dan polybag-polybag ditata rapi.

Agar cepat berkecambah, benih ditutup karung goni basah dan dalam 3 hari benih akan berkecambah.

Penanaman bibit cabe besar SANTA 32 saat bibit telah berumur 17 – 23 hari setelah tanam atau telah muncul 2 – 4 helai daun. Penanaman dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak akar bibitnya.

PERAWATAN TANAMAN CABE SANTA 32 HIBRIDA F1

Penyiraman dilakukan dengan cara penggenangan untuk penanaman di musim kemarau. Pemberian air dilakukan dengan hati-hati saat tanaman masih muda dan belum begitu tegak berdiri. Penyiraman juga bisa menggunakan alat gembor.

Rutin melakukan kontrol tanaman setiap 1 sampai 2 minggu sekali, apabila terdapat tanaman yang rusak atau mati segera diganti dengan bibit cabe besar yang sehat dan kokoh.

Penyulaman tanaman paling lambat dilakukan 7 hari setelah pemindahan tanaman cabe ke lahan tetap agar diperoleh tanaman yang seragam dan dapat bersamaan panennya.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI SANTA 32

Agar tanaman cabe dapat tegak tumbuhnya maka ditancapkan ajir atau lanjaran dengan hati-hati di samping pangkal batang dan ditancapkan dengan jarak 4 cm.

Ajir dibuat dari bambu dengan panjang 2 meter dan ditancapkan sedini mungkin sebelum tanaman besar. Setelah tanaman cukup tinggi yaitu sekitar berumur ±  1 bulan, tanaman baru diikat ke tongkat ajir.

Pemangkasan tanaman cabe dilakukan pada tunas-tunas pada umur 1 bulan ( penanaman di dataran tinggi ) dan pada umur 3 minggu ( penanaman di dataran rendah ).

Pemangkasan dilakukan hingga cabang utama terbentuk yaitu ditandai dengan munculnya bunga pertama dan kedua.

Pemangkasan pada cabang-cabang tanaman yang layu dan mati. Membuang daun-daun yang sudah kering, layu dan mati dan biasanya terdapat pada pangkal batang.

PEMUPUKAN SUSULAN CABE BESAR SANTA 32

Pemupukan susulan pada cabe besar SANTA 32 sebaiknya diberikan sesuai umur cabe, yaitu :

  • Umur cabe besar 1 – 30 hari setelah tanam rentan terhadap pemberian pupuk kimiawi yang justru dapat mengganggu pertumbuhan karena tidak sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman cabe besar. Saat tanaman cabe besar berumur 1 – 30 hari pupuk yang tepat diberikan yaitu pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang.

  • Umur 1 – 3 bulan tanaman cabe besar SANTA 32  setelah mendapat pemupukan menggunakan pupuk organik saat usia awal tanaman, maka cabe sudah siap menerima pupuk an-organik agar cepat berbuah dan tumbuh besar. Pupuk susulan yang diberikan bisa seperti Urea, NPK, dan Phonska cair. Untuk selanjutnya, setiap panen dilakukan pemupukan susulan lagi, dapat diberikan pupuk organik seperti kompos atau dalam bentuk cair. Jika menggunakan bentuk cair, melarutkan dengan perbandingan 100 ml per tanaman. Jika menggunakan kompos diberi 500 – 700 g/tanaman, perbandingan tersebut berlaku juga untuk Urea atau NPK.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN CABE BESAR SANTA 32

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman secara umum dapat dilakukan pencegahan sebelum serangannya semakin parah. Secara garis besar pencegahan dan pengendalian yang bisa dilakukan dalam budidaya cabe besar SANTA 32 yaitu :

  1. Menggunakan benih cabe besar tahan virus seperti benih SANTA 32 yang merupakan benih cabe besar hibrida F1. Secara genetik, benih sudah memiliki kemampuan untuk menangkal serangan organisme pengganggu tanaman.

  2. Melakukan teknik budidaya yang baik dan benar serta tepat guna. Melakukan pemupukan yang tepat dan berimbang. Pemberian pupuk tidak kekurangan maupun berlebih.

  3. Mengecek pH tanah saat pengolahan lahan, karena pH yang terlalu asam akan menyebabkan tanaman mudah terserang virus.

  4. Jarak tanam jangan terlalu dekat agar lingkungan tidak terlalu lembab yang dapat merangsang tumbuhnya jamur dan bakteri. Jarak tanam yang tidak terlalu rapat juga dapat melancarkan sirkulasi udara.

  5. Beberapa hama seperti ulat grayak ( Spodoptera litura ) yang saat siang hari bersembunyi di pangkal batang atau di balik mulsa, dan baru keluar saat malam hari maka kita dapat berburu ulat saat malam hari. Pencarian ulat dilakukan menyeluruh dan serempak.

  6. Jangan biarkan gulma tumbuh subur pada areal tanaman, karena beberapa gulma merupakan tanaman vektor pembawa virus. Bersihkan rumput yang tumbuh pada parit-parit dan pada lubang-lubang mulsa.

  7. Bagian tanaman yang sudah terkena hama dan penyakit tanaman, segera dipotong, dihilangkan atau bila perlu tanaman dicabut kemudian dimusnahkan/dibakar.

Bila serangan sudah tidak mampu dikendalikan secara teknis maka dapat dilakukan usaha penyemprotan pestisida sesuai jenis hama yang menyerang.

Penyemprotan insektisida dapat dilakukan pada sore atau malam hari saat hama mulai keluar dari persembunyiannya.

Penyemprotan tungau menggunakan akarisida. Penyemprotan diberikan sesuai dosis dan anjuran pada kemasan.

PANEN TANAMAN CABE BESAR SANTA 32

Panen pertama cabe besar SANTA 32 dapat dilakukan pada umur 60 – 75 hari dan untuk panen kedua dan seterusnya dilakukan dengan interval 2 – 3 hari sekali.

Pemanenan tanaman cabe hingga mencapai umur 6 bulan bahkan bisa hingga mencapai umur 24 bulan. Pemanenan bisa dilakukan hingga 15 – 18 kali dalam sekali tanam.

Cabe besar SANTA 32 yang dipanen usahakan dalam kondisi cabe tidak terlalu tua, yaitu sekitar 80 – 90% kematangannya.

Waktu panen dilakukan pada pagi hari setelah embun kering dan pada saat memetik, petiklah bersama tangkainya untuk menjaga kesegaran buah cabe besar lebih lama. Buah cabe besar yang bagus adalah yang bentuknya ramping dan isinya padat.

BACA JUGA : BENIH CABE F1 INKO 99 TAHAN SEGALA CUACA | INKO SEED 

Demikian ulasan kami tentang benih cabe besar hibrida F1 SANTA 32 produk dari PT Koreana Seed indonesia. Benih SANTA 32 dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ( telepon ) dan 0812 5222 117 ( SMS/WA ).

SANTA 32, BENIH SANTA 32, BIBIT SANTA 32, CARA MENANAM SANTA 32, BUDIDAYA CABE SANTA 32, TANAMAN CABE SANTA 32, LMGA AGRO
BENIH SANTA 32

Toko pertanian online LMGA AGRO juga menerima konsultasi gratis mengenai budidaya cabe besar terutama benih SANTA 32, semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

LMGA Agro juga melayani dan menerima pesanan berupa alat sarana prasarana pertanian untuk membantu aktivitas bertani dan bercocok tanam Anda.

Kami siap mengantarkan pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi mitra kerja kami yang sudah bekerja sama bertahun-tahun.

 

 

 

 

Iklan