JUAL BENIH CABE HIBRIDA TM THUNDER 99 | TANI MURNI


TM THUNDER 99, CABE TM THUNDER, BENIH TM THUNDER 99, CARA MENANAM CABE TM THUNDER 99, TM THUNDER 99 MURAH, LMGA AGRO
TM THUNDER 99

Jual benih cabe hibrida TM Thunder 99 dari PT. TANI MURNI INDONESIA. Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ; khusus SMS/WA 0812 5222 117. LMGA Agro menyediakan berbagai benih buah dan sayur hortikultura, sarana dan prasarana pertanian seperti alat kocor, polybag, mulsa plastik hitam perak dan lain-lain.

LMGA Agro juga menerima konsultasi gratis, mengenai budidaya pertanian, cara menanam, cara merawat tanaman budidaya pertanian dan cara mengendalikan hama dan penyakit tanaman.

Juga konsultasi tentang benih cabe hibrida TM Thunder 99. Cara menanam benih cabe hibrida TM Thunder 99 dan permasalahan yang bisa saja ditemui selama budidaya tanaman cabe hibrida TM Thunder 99.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengirim pesanan benih Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sudah berpengalaman dalam memenuhi kebutuhan sarana prasarana pertanian bagi petani dan toko pertanian di seluruh  wilayah Indonesia.

BENIH TM THUNDER 99 : BENIH CABE KERITING TANI MURNI

TM Thunder 99 merupakan benih cabai keriting tahan virus dan  cabai keriting hibrida dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Benih TM Thunder 99 cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi.

  • Buah cabe TM Thunder 99 berwarna hijau tua saat muda dan selanjutnya berwarna merah saat tua.

  • Diameter buah cabe TM Thunder 99 adalah 0,6 – 0,8 cm.

  • Panjangnya sekitar 17 – 19 cm dengan berat mencapai 6 – 7 gr/buah.

  • Umur panen cabe keriting TM Thunder 99 adalah 90 – 110 hari setelah tanam.

  • Penampilan buah cabe TM Thunder 99 padat dan keras sehingga memiliki daya simpan yang lama dan tahan transportasi jarak jauh.

  • Tanaman cabe TM Thunder 99 toleran terhadap penyakit Antraknosa dan penyakit layu.

Penting sekali untuk memilih benih yang toleran terhadap penyakit Antraknosa dan penyakit layu karena dampak yang ditimbulkan cukup serius dan mengerikan.

Penyakit Antraknosa hampir selalu ada di setiap musim tanam, terutama pada tanaman cabai atau tomat yang buahnya sudah besar, matang dan siap panen.

Buah yang akan dipanen bisa tiba-tiba busuk dan mengering. Saat musim hujan, seringkali kerusakannnya parah hingga mencapai 80% – 100%.

Impian akan mendapatkan hasil produksi yang tinggi dari usaha keras yang telah dilakukan, musnah seketika melihat buah yang tiba-tiba membusuk.

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman hortikultura yang paling rawan terserang penyakit layu.

Sehingga perlu kiranya dalam menanam cabe untuk dibudidayakan skala luas, menggunakan benih cabe hibrida seperti TM Thunder 99.

Karakteristik tanaman jenis Solanaceaeberpotensi cukup tinggi untuk terserang penyakit.

Karena secara fisiologi, tanaman cabe cocok sebagai tempat perkembangbiakan organisme penyebab penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

CARA MEMBUAT BIBIT CABE TM THUNDER 99

Membuat bibit cabe TM Thunder 99 atau penyemaian cabai merupakan hal yang sangat penting di dalam budidaya cabe.

Persemaian cabe bertujuan untuk mencegah kematian pada bibit tanaman cabai, memperoleh bibit yang tahan serangan hama dan penyakit tanaman dan membantu proses penanaman cabe di lahan.

Benih yang disemaikan terlebih dahulu akan terpelihara secara optimal bila dibandingkan benih yang ditanam langsung tanpa disemai.

Membuat bibit cabe TM Thunder 99 juga bertujuan mencegah tanaman akan stress bila ditanam di lingkungan yang ekstrim secara tiba-tiba.

Bila melewati proses semai, stressnya tanaman dapat berkurang bahkan tidak terjadi. Dengan membuat bibit cabe juga berguna untuk menggantikan bila ada tanaman yang mati ( penyulaman ).

BACA JUGA : BENIH CABE

Dengan menggunakan benih hibrida cabe TM Thunder 99, membuat bibit cabe dapat dilakukan di lahan semai berupa bedengan maupun menanam di plastik polybag.

Antara kedua cara tersebut hampir sama tetapi para petani lebih memilih persemaian di bedengan untuk menyemai benih cabe.

Cara Semai Benih Cabe TM Thunder 99 di Bedengan

Syarat persemaian di bedengan yaitu menggunakan sebidang tanah yang gembur.

Pada tanah tersebut disebarkan pupuk NPK dan pupuk kandang, bila menginginkan hanya menggunakan pupuk organik saja maka pupuk TSP dapat diabaikan.

Maksud pemberian pupuk adalah untuk mempercepat pertumbuhan bibit cabe. Bila bedengan telah siap, benih disebar di seluruh permukaan bedengan.

Permukaan  bedengan atas dapat ditutup dengan gulma kering atau alang-alang untuk menutup benih.

Perawatan benih TM Thunder 99 dengan selalu memperhatikan kondisi tanah pada bedengan.

Bila kondisi tanah kering maka bibit disiram secara teratur setiap hari tepat di atas alang-alang penutup bedengan.

Dengan adanya alang-alang, air tidak jatuh langsung ke tanah yang dapat menyebabkan bibit hanyut.

Tunggu hingga bibit tumbuh 4 helai daun dan saat tersebut tiba, bibit telah siap dipindah ke lahan tetap yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Cara Semai Benih Cabe TM Thunder 99 di Plastik Polybag
TM THUNDER 99, CABE TM THUNDER 99, CABE KERITING TM THUNDER 99, TM THUNDER 99 HARGA MURAH, LMGA AGRO
 BENIH TM THUNDER

Penyemaian bibit cabe TM Thunder 99 di dalam plastik polybag dapat menjadi alternatif pilihan karena saat tumbuh bibit cabe di plastik polybag maupun pot, tanaman dapat tumbuh langsung tanpa harus melalui proses adaptasi/penyesuaian. Cara semai benih di polybag  dapat mengurangi resiko benih mati sesudah pemindahan.

Benih TM Thunder 99  yang disemai dalam plastik polybag menghasilkan bibit dengan kualitas tumbuh yang maksimal dan dapat hidup baik tanpa masa penyesuaian terlebih dahulu terhadap iklim di lingkungan sekitarnya. Tahapan cara menyemaikan benih cabe dalam polybag adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan polybag berukuran kecil berdiameter 5 cm.

  • Menyiapkan pupuk kandang, lalu diayak/disaring sampai mendapatkan butiran pupuk bertekstur lembut.

  • Tanah gembur yang akan dipakai juga diayak.

  • Tanah dan pupuk kandang dicampur dan diaduk merata lalu dimasukkan polybag.

  • Polybag-polybag ditata rapi lalu disiram air hingga basah. Apabila isi tanah menjadi susut maka bisa ditambah tanahnya dan dibiarkan sehari semalam.

  • Selanjutnya benih ditanam dan tiap polybag dapat diisi 2 biji untuk menjaga bila salah satu biji ada yang tidak tumbuh. Biji yang ditanam diberi jarak 2 cm, tidak ditanam bertumpuk.

  • Dipersiapkan juga bedengan persemaian cadangan untuk mengganti benih yang tidak tumbuh. Yaitu menggunakan kaleng biskuit besar yang diisi tanah lalu benih disebar acak merata seperlunya.

  • Bibit dirawat dengan baik hingga berumur 4 – 6 minggu.

PUPUK DASAR TANAMAN CABE TM THUNDER 99

Pupuk dasar diberikan saat pengolahan tanah yaitu setelah penggemburan tanah maka dibuatlah lajur-lajur calon bedengan. Jarak antar lajur ± 30 – 50 cm dan tiap lajur diberi pupuk dasar.

Menggunakan pupuk dasar gabungan antara pupuk organik dan pupuk kimia sehingga terpenuhi kebutuhan unsur hara makro dan mikronya.

Pupuk kandang dapat dijadikan satu-satunya pupuk dasar yang digunakan dan bisa diberikan dalam jumlah sebanyak-banyaknya.

BACA JUGA : BENIH CABE F1 INKO 99 TAHAN SEGALA CUACA

Pupuk kimia yang digunakan adalah Phonska + SP-36 dengan perbandingan 2 : 1. Biasanya untuk 1 hektar membutuhkan 8 – 12 karung Phonska dan 4 – 6 karung SP-36. Bisa ditambahkan Kalsium.

Aduk rata pupuk dalam lajur menggunakan cangkul atau mesin traktor. Setelah telah tercampur, dibentuk bedengan dengan lebar 50 – 100 cm dan tinggi 20 cm.

PUPUK SUSULAN TANAMAN CABE TM THUNDER 99

Aplikasi pemberian pupuk susulan tanaman cabe TM Thunder 99 dibagi menjadi beberapa cara dan dapat digabungkan sesuai umur tanaman.

Pemupukan Model Kocor

Pemupukan pertama diberikan saat umur 10 hari setelah tanam, gunakan campuran pupuk NPK 16-16-16, NPK Grower, KNO3 dan Pupuk MasHitam/Humagrow dengan perbandingan 5 : 2 : 1 : 1 dan dikocorkan sebanyak 250 ml/1 gelas aqua untuk 40 – 50 liter air.

Pemberian diulangi dengan interval 7 hari sekali dan pemberian ditambah ½ gelas. Larutan pupuk diberikan di pangkal batang tanaman cabe.

Pemupukan selanjutnya saat masa pembungaan yaitu sekitar umur 35 – 40 hari setelah tanam dan komposisi pupuk yang diberikan NPK 16-16-16, MKP dan MasHItam dengan perbandingan 5 : 3 : 1. Dosis ini juga dapat membuat buah berukuran maksimal.

Pemupukan Model Semprot

Pupuk yang diberikan dengan cara disemprot biasanya adalah pupuk organik cair ( POC ) dan zat perangsang tumbuh ( ZPT ).

Pemupukan dengan cara disemprot difokuskan untuk menambah unsur hara mikro yang tidak ditemui pada pupuk organik, yaitu unsur Boron, Mangan, Magnesium, Calsium, Zink, Cu dan lain-lain.

ZPT adalah hormon perangsang tumbuh yang digunakan untuk memacu perkembangan tanaman sesuai jenis hormon yang dipakai.

Pemupukan Model Leb

Cara ini digunakan saat buah sudah besar dan bertujuan untuk memperbesar ukuran cabe yang dibudidayakan. Waktu pemupukan model leb ini bersamaan dengan pengairan bedengan sambil menebarkan pupuk NPK dan MPK disela-sela bedengan agar dapat larut bersama air dan diserap tanaman.

Pemupukan susulan bila di musim hujan lebih efektif bila diberikan dengan sistem kocor. Jika di musim hujan, lebih efektif diberikan dengan sistem tabur.

Pemupukan dengan cara dikocor lebih menguntungkan karena dapat cepat diserap tanaman, dapat hemat waktu dan hemat tenaga karena sekaligus bersamaan dengan penyiraman, serta hemat penggunaan pupuk.

BACA JUGA : JUAL BENIH SAYURAN TOMAT DAN CABE BERKUALITAS | LMGA AGRO

Waktu Pemberian Pupuk Susulan Tanaman Cabe TM Thunder 99
  1. Pupuk susulan ke-1 diberikan mulai umur 10 hari setelah tanam dengan dosis sebanyak 4 kg/1000 tanaman. Pupuk diberikan dengan cara dikocor, larutkan 4 kg pupuk NPK 16-16-16  dalam 250 liter air. Kocorkan pada tanaman cabe sebanyak 250 ml/tanaman.

  2. Pemupukan ke-2 pada umur 17 hari setelah tanam dengan dosis 6 kg NPK 16-16-16  per 1000 tanaman. Dicampurkan bersama 250 liter air. Kocorkan pada tanaman cabe sebanyak 250 ml/tanaman.

  3. Pemupukan ke-3 pada umur 24 hari setelah tanam dengan cara dikocor/ditabur. Pupuk yang diberikan adalah Urea 1 kg + NPK 4 kg + KNO Putih 1 kg + TSP 1 kg + MKP 1 kg ( ∑ 8 kg/1000 tanaman ). Bila dengan dikocor larutkan dalam 250 liter air dan dikocorkan sebanyak 250 ml di lubang pupuk 15 cm dari batang tanaman. Jika tidak menggunakan mulsa, pemberian pupuk diberikan mengelilingi tanaman dengan jarak 15 cm dari batang lalu tutup dengan tanah.

  4.  Dosis Aplikasi pemupukan cabe TM Thunder 99  Yang Tepat
  5. Pemupukan ke-4 pada umur 30 hari setelah tanam pemberian sama dengan pemupukan ke-3. Pupuk yang diberikan Urea 1 kg + NPK 4 kg + KNO Putih 2 kg + TSP 2 kg + MKP 1 kg ( ∑ 10 kg/1000 tanaman ). Ditabur pada lubang sisi kiri dan kanan atau disekeliling tanaman lalu tutup dengan tanah.

  6. Pemupukan ke-5 pada umur 40 hari setelah tanam cara sama dengan pemupukan ke-4. Pupuk yang diberikan NPK 6 kg + KNO Putih 2 kg + TSP 2 kg + MKP 2 kg ( ∑ 12 kg/1000 tanaman ). Pemberian dengan cara dikocorkan.

  7. Pemupukan ke-6 pada umur 50 hari setelah tanam dan cara pemberian sama baik dikocor maupun ditabur. Pupuk yang diberikan NPK 8 kg + KNO Putih 2 kg + TSP 3 kg + MKP 2 kg ( ∑ 15 kg/1000 tanaman ).

  8. Pemupukan ke-7 pada umur 60 hari setelah tanam, cara dan dosis sama dengan pemupukan ke-6.

  9. Pemupukan ke-8 pada umur 70 hari setelah tanam sampai dari seterusnya sama dengan pemupukan ke-7, diberikan dengan interval 10 hari sekali. Pemupukan terus dilakukan hingga panen ke-7, setelah itu tidak dipupuk lagi karena produktifitas tanaman sudah menurun.

Demikian ulasan tentang benih cabe hibrida TM Thunder 99 dari PT Tani Murni. Benih cabai keriting hibrida tahan penyakit Antraknosa dan layu.

Benih dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 0821 4174 7141 ; khusus SMS/WA 0812 5222 117. LMGA Agro melayani konsultasi gratis tentang cara menanam dan budidaya buah dan sayuran. BACA

JUGA : BENIH CABE KERITING TWIST 42

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan alat pertanian lain, sarana dan prasarana budidaya pertanian. Kami siap melayani pesanan dan mengantar pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat.

Melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat.

 

 

Iklan