JUAL BIBIT TOMAT FORTUNA 23 TAHAN VIRUS


TOMAT FORTUNA 23, JUAL TOMAT FORTUNA 23, AGEN FORTUNA 23, DEALER FORTUNA 23, MENANAM FORTUNA 23, LMGA AGRO
 TOMAT FORTUNA 23

Jual bibit tomat Fortuna 23 tahan virus. Benih tomat Fortuna 23 tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro, hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami siap mengirim benih tomat Fortuna 23 Anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. Kami juga melayani konsultasi Pertanian secara gratis. 

BENIH TOMAT FORTUNA 23

Tomat Fortuna 23 cap Kapal Terbang, produk dari PT. Bisi International Tbk. Tomat Fortuna 23 merupakan tipe pertumbuhan semideterminate. Tanaman dapat beradaptasi baik di dataran rendah dengan ketinggian 150 – 250 m dpl pada musim kemarau.

Tomat Fortuna 23 merupakan varietas tomat unggul yang tahan Gemini virus dan berdaya hasil tinggi. Ukuran buah sedang, bentuk buah bulat-oval, daging buah Tomat Fortuna 23 tebal dan keras sehingga dapat tahan untuk pengangkutan jarak jauh.

Bentuk buah tomat Fortuna 23 bulat-oval, berukuran sedang dengan panjang 4.93 – 5.86 cm dan diameter buah 4.50 – 5.47 cm. Warna buah merah terang dengan rasa buah agak manis ( 3.7 – 4.2 °brix ). Berat buah rata-rata 70 g per buah.

Tomat Fortuna 23 mulai dipanen pada umur 63 setelah pindah tanam. Jumlah buah tomat per tanaman dapat mencapai 12 – 82 buah dengan berat buah 0.5 – 2.3 kg per tanaman.

Hasil buah yang diperoleh per hektar sebesar 4.97 – 68.09 ton/ha. Populasi tanaman per hektar adalah 17.000 tanaman.

Produk benih tomat Fortuna 23 dikemas berat bersih 5 gram. Kebutuhan benih per hektar 85 – 90 gram. Jarak tanam yang disarankan 60 x 60 cm.

Bibit Tomat Fortuna 23 Tipe Semi-determinate

TOMAT FORTUNA 23, MENANAM FORTUNA 23, BUDIDAYA FORTUNA 23, JUAL TOMAT FORTUNA 23, LMGA AGRO
BENIH TOMAT FORTUNA 23

Tomat Fortuna 23 merupakan tipe semi-determinate, yaitu perpaduan determinate dan indeterminate. Artinya tomat Fortuna 23 ini dapat menghasilkan buah sepanjang musim.

Tanaman tomat tipe semi-determinate dapat mencapai tinggi hingga 1 – 2 meter sehingga jumlah tandan dan hasil produksi lebih banyak dari tomat jenis determinate.

Tomat semi-determinate biasanya dibudidayakan pada lahan terbuka. Tidak membutuhkan perawatan intensif seperti pemasangan ajir dan perempelan tunas.

Tomat Fortuna 23 tipe semi-determinate cocok ditanam pada pekarangan atau pada areal lahan yang luasnya terbatas.

Tanaman Tomat Fortuna 23 Tahan Gemini Virus

Penyakit keriting bule atau virus kuning penyebab Gemini virus ” TYLCV ” ( Tomato Yellow Leaf Curl Virus ). Virus ini tidak ditularkan melalui biji tetapi dapat menular lewat penyambungan dan serangga vektornya, yaitu kutu kebul. 

Kutu kebul pembawa utama penyakit ini dapat menularkan secara persisten atau tetap yang artinya sekali menyerang pada tanaman yang mengandung virus maka seumur hidupnya dapat menularkan dan menyebarkan penyakit ini.

Selain kutu kebul, organisme pengganggu lain yang dapat menularkan penyakit Gemini ini adalah sejenis kutu-kutuan. Yakni kutu daun, tungau dan thrips yang juga penyebab utama daun mengeriting pada tanaman.

Benih tomat Fortuna 23 merupakan varietas tomat anti virus yang artinya tanaman ini memiliki ketahanan secara genetik terhadap serangan virus Gemini sehingga tanaman tidak terserang penyakit bulai/bule daun.

Untuk mendapatkan benih tanaman seperti ini pastilah diperoleh dari hasil persilangan berkali-kali hingga diperoleh benih yang unggul.

BACA JUGA : KEMAJUAN PEMULIAAN UNTUK PRODUKSI BENIH TOMAT

BUDIDAYA TOMAT FORTUNA 23

Tomat, nama latinnya Lycopersicum esculentum L merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan.

Tanaman tomat dapat tumbuh pada kisaran suhu 20 – 27 °C dan curah hujan yang sesuai adalah sekitar 750 – 1250 mg per tahun. Tanaman tomat dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi tergantung varietasnya.

Tomat Fortuna 23 dapat dianggap sebagai buah dan sayuran. Sebagai buah, manfaat tomat sebagai jus tomat, buah segar atau sebagai salad buah. Buah Tomat Fortuna 23 sebagai sayur, tomat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Buah tomat memberikan rasa yang khas yaitu asam manis sehingga masakan semakin berasa sedap.

Buah tomat juga sudah dikenal memiliki banyak manfaat sehingga tak heran permintaan pasar akan tomat cenderung tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Persemaian Bibit Tomat Fortuna 23

Persemaian bibit menggunakan benih tomat Fortuna 23. Cara menyemaikan bibit tomat lebih baik bila menggunakan wadah polybag tetapi biayanya cenderung lebih mahal dibandingkan di bedengan.

Persemaian di polybag untuk mencegah bibit stress saat dipindah tanamkan.

Bila persemaian pada bedengan, saat pemindahan bibit harus hati-hati saat mencabut tanaman.

Bibit siap dipindah saat berumur 18 hari. Persemaian pada bedengan dibuat dalam bentuk larikan dan dalamnya 1 cm. Jarak antar larikan 5 cm.

Benih tomat diletakkan di sepanjang larikan satu persatu dengan jarak 2 – 3 cm dan tidak saling bertumpuk. Kemudian tutup larikan dengan tanah dan sirami air hingga cukup lembab.

Persiapan Lahan Menanam Tomat Fortuna 23

Lahan dipersiapkan dengan baik dan menghindari lokasi penanaman bekas tanaman tembakau, kentang, cabe dan terong.

Hal ini bertujuan untuk memutus siklus hidup organisme penggangu yang penularannya melalui tanah seperti nematoda. 

Agar organisme penggangu tanaman dalam tanah terurai, sebaiknya sebelum mengolah tanah dilakukan penggenangan lahan secara merata selama 2 minggu.

Cara seperti itu dapat memutus siklus hidup bakteri, jamur dan nematoda dalam tanah.

Bedengan tanaman tomat dibuat dengan lebar 120 cm bila ditanam dengan cara double atau zigzag. Sedangkan untuk sistem tanam tunggal, bedengan dibuat dengan lebar 60 cm dan panjang 15 meter.

Bedengan dibuat menghadap ke utara selatan, dengan tinggi bedengan 30 cm.

Jarak antar bedengan 50 cm dibuat sebagai saluran air dan kedalaman saluran air adalah 30 cm ( penanaman pada musim kemarau ), untuk kedalaman 50 cm ( penanaman di musim penghujan).

Derajat keasaman pada keadaan normal, bila dibawah 5.5 maka ditambahkan Dolomit sebanyak 2.5 ton/ha.

Pupuk dasar tanaman tomat menggunakan pupuk kandang yang sudah kering  6 ton/ha, ZA 150 kg/ha, TSP 350 kg/ha dan KCl 400 kg/ha.

Pupuk dasar diberikan merata di seluruh bedengan dan dicampurkan sampai kedalaman 20 cm.

Selanjutnya tutup bedengan dengan mulsa plastik. Penggunaan mulsa ini berguna terutama saat musim kemarau.

Penanaman Tomat Fortuna 23

Selanjutnya menanam tomat bila bibit telah cukup umur dan telah muncul daun 4- 5 helai daun. Lubang tanam dibuat dengan menggunakan alat pelubang tanam dengan jarak 60 x 60 cm. Dalam satu bedeng terdapat 2 baris lubang tanam.

BACA JUGA : TOMAT FORTUNA 23 TAHAN VIRUS 

Selanjutnya bibit ditanam dalam lubang tanam. Bila bibit di polybag, sobek plastik polybag dan bibit ditanam beserta medianya.

Bila persemaian di bedengan maka bibit yang telah dicabut, ditanamkan pada lahan tanam. Selanjutnya bibit yang baru dipindah, disiram air hingga cukup lembab.

PUPUK SUSULAN TANAMAN TOMAT FORTUNA 23

Pupuk susulan diberikan dengan sistem kocor, dilarutkan dalam drum volume 200 liter air. Pemberian pupuk pada lubang pupuk berjarak 20 cm dari lubang tanam, sebanyak 200 cc atau 1 gelas aqua per tanaman.

  • Pemupukan I ( 10 hst ) pupuk di tanaman tomat Fortuna 23 yang diberikan adalah 1 kg NPK 16, 500 gr KNO3 Merah, 200 gr Calsium CNG, 100 gr Magnesium sulfat, 2 liter Pupuk Cair Fermentasi per 1 drum.

  • Pemupukan II ( 20 hst ) pupuk yang diberikan adalah 4 kg NPK 16, 1 kg KNO3 Merah, 500 gr MKP, 100 gr Magnesium Sulfat, 3 liter Pupuk Cair Fermentasi per 1 drum.

  • Pemupukan III ( 30 hst ) pupuk yang diberikan adalah 4 kg NPK 16, 1 kg KNO3 Putih, 500 gr MKP, 500 gr ZK, 250 gr Magnesium Sulfat, 250 gr Borat, 3 liter Pupuk Cair Fermentasi per 1 drum.

  • Pemupukan IV (40 hst ) pupuk yang diberikan adalah 5 kg NPK 16, 1 kg KNO3 Putih, 500 gr MKP, 500 gr ZK, 250 gr Magnesium Sulfat, 250 gr Borat, 3 liter Pupuk Cair Fermentasi per 1 drum.

  • Pemupukan V ( 50 hst ) dilakukan dengan interval 7 hari sekali dan dosisi sama dengan pemupukan ke-4. Pemupukan tetap dilakukan walaupun sesudah panen.

PERAWATAN TANAMAN TOMAT FORTUNA 23
  1. Penyulaman tanaman tomat Fortuna 23 yang kondisinya mati atau tampak tidak sehat dilakukan sedini mungkin maksimal 10 hari setelah tanam.

  2. Penyiangan tanaman tomat Fortuna 23 dilakukan terhadap gulma yang tumbuh dan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Titik kritis umur tanaman tomat yaitu pada umur 20 – 45 hari setelah tanam.

  3. Pewiwilan tunas air tanaman tomat dilakukan sedini mungkin. Tidak perlu menunggu tunas air besar sehingga mengganggu batang utama. Tomat Fortuna 23 yang semi-determinate, pewiwilan dilakukan terhadap tunas air yang berada di bawah cabang Y.

  4. Pengurangan buah per tandan dilakukan untuk memperoleh ukuran buah yang besar. Idealnya buah tanaman tomat Fortuna 23  per tandan adalah 5 – 6 buah per tandan.

  5. Pengairan bertujuan agar ketersediaan air dalam tanah tercukupi bagi tanaman. Kekurangan air menyebabkan tanaman menjadi kerdil, layu, mudah terserang penyakit dan hasil panen yang kurang maksimal. Tanah yang kering menyebabkan pupuk tidak terurai dan akar kesulitan menyerap unsur hara.

BACA JUGA : TIPS MENGATASI LAYU PADA TANAMAN TOMAT
PANEN TOMAT FORTUNA 23

Tomat Fortuna 23 dipanen pada umur ± 63 hari setelah pindah tanam. Ciri-ciri buah yang siap dipanen adalah berwarna merah terang. Interval waktu panen 5 hari sekali, pada pagi hari sebelum matahari bersinar terik.

Demikian ulasan kami tentang bibit tomat Fortuna 23 dan cara menanam tomat Fortuna 23. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika anda tertarik untuk budidaya tanaman tomat Fortuna 23, benih tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117.

Kami juga melayani konsultasi pertanian  budidaya tanaman tomat Fortuna 23 Cap Kapal Terbang.

Konsultasi toko pertanian online LMGA AGRO meliputi : manfaat, tomat, manfaat tomat, budidaya tomat, menanam, tanaman tomat dan lain lain secara gratis. 

LMGA AGRO juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap.

Kami siap mengirim dan mengantar pesanan Anda ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat.

 

 

 

Iklan