JUAL BIBIT DAUN BAWANG FREDA KNOWN YOU SEED


DAUN BAWANG FREDA, BENIH FREDA, BIBIT FREDA, FREDA KNOWN YOU SEED, CARA MENANAM DAUN BAWANG, LMGA AGRO
DAUN BAWANG FREDA

Jual bibit daun bawang Freda, benih daun bawang Freda bisa di beli di Toko Online LMGA Agro. Hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami siap mengantar pesanan benih daun bawang Freda anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

Toko pertanian online LMGA AGRO juga menyediakan layanan konsultasi : Cara menanam daun bawang, pemupukan daun bawang, pengendalian Hama Panyakit Daun Bawang, Pembibitan bawang daun.

Cara menanam bawang daun tersebut bisa di dapatkan secara Gratis di toko pertanian LMGA AGRO.

Petani sayuran yang menguasai teknik budidaya  daun bawang, pemupukan daun bawang serta  cara pengendalian Hama serta Penyakit yang ada di daun bawang akan terhindar dari kerugian.

Kerugian ini harus di perkecil sehingga petani terus mempunyai semangat dalam menanam daun bawang Freda.

DAUN BAWANG FREDA HARGA MURAH

Benih daun bawang Freda “Bounching Onion” 10 gr produk Known-You Seed memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Tanaman daun bawang Freda tahan suhu dingin dan berbunga lambat.

  • Daun bawang  Freda memiliki daya bercabang yang kuat.

  • Umur tanaman daun bawang Freda  saat semai hingga panen yaitu 120 – 150 hari.

  • Tinggi tanaman daun bawang Freda 60 – 80 cm.

  • Berat daun bawang Freda sekitar 300 – 400 gr.

  • Daun bawang Freda cocok ditanam pada suhu 15 – 28 °C.

Daun bawang Freda cocok ditanam pada dataran rendah dan dataran tinggi, benih Freda juga dikondisikan tahan suhu dingin.

Sekilas tentang Daun Bawang Freda

Daun bawang atau bawang daun juga disebut bawang sayur/brambang sayur tergolong tanaman sayur yang dimanfaatkan daun dan buahnya sebagai lalapan, sayuran dan penyedap masakan. Daun bawang mempunyai rasa yang khas yaitu sedap, gurih dan enak.

Tanaman daun bawang   dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian tempat 1200 m dpl. Suhu ideal untuk perkembangan tanaman daun bawang yaitu 20 – 29 °C. Derajat keasaman tanah 5.6 – 7.

Jenis tanah yang dibutuhkan yaitu tanah yang gembur, tanah vulkanik, tanah lempung berpasir yang kaya bahan organik. Curah hujan yang sedang dan sinar matahari yang cukup serta membutuhkan tata air yang baik.

Bawang daun memiliki rasa yang khas sehingga tidak heran bila masyarakat banyak memanfaatkan bawang daun sebagai penyedap masakan. Seperti yang kita ketahui beberapa makanan khas Indonesia seperti soto, martabak telor, bakso, lumpia, telor dadar, sop, cap jay menggunakan bawang daun sebagai penyedapnya.

Bawang daun memang tak bisa lepas dari kebiasaan masak orang Indonesia mulai dari masakan rumah hingga hotel atau restoran. Bawang daun sangat mudah ditemui pada masakan. Maka tak heran jika hal ini menyebabkan permintaan bawang daun sangat tinggi di pasaran dan memberi peluang besar bagi petani untuk membudidayakannya.

Manfaat Daun Bawang Freda

Disadari atau tidak, kandungan gizi di dalam daun bawang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, yaitu antara lain :

  1. Daun bawang mengandung zat besi, dimana zat besi baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin dan mampu memperkuat sel jaringan tubuh.

  2. Daun bawang mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

  3. Daun bawang mengandung zat Kalium yang tinggi. Khasiat zat kalium untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung dan mencegah kram otot tubuh.

  4. Daun bawang mengandung senyawa cycloaliin yang bermanfaat menjaga jantung kita dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mencegah penyakit ateroskelerosis.

  5. Daun bawang sering ditambahkan pada sayuran sop yang dipercaya dapat mengobati sakit flu, pilek, demam. Sebagai sayur-sayuran, daun bawang memiliki rendah kalori.

  6. Daun bawang memiliki antioksidan bernama  quercetin dan kemferfol yang baik untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh lainnya.

  7. Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

BACA JUGA : PELUANG MENGGIURKAN BUDIDAYA BAWANG DAUN

BUDIDAYA DAUN BAWANG FREDA

Daun bawang adalah salah satu jenis sayuran yang paling sering digunakan dalam berbagai macam olahan masakan khas Indonesia. Dari makanan berat hingga sekedar camilan, seperti martabak atau menggoreng sekedar telur dadar, selalu menambahkan irisan daun bawang.

Cara menanam daun bawang pun tidaklah serumit menanam bawang merah atau bawang putih. Para petani umumnya menanam daun bawang dari umbinya.

Namun karena kemudian pabrikan benih membuat benih daun bawang dan dicobakan pada petani dan hasil memuaskan maka petani mulai mencoba menanam daun bawang menggunakan benihnya.

Seperti benih daun bawang Freda produk Known You Seed adalah benih hibrida yang memiliki banyak keunggulan, tahan penyakit dan mudah dalam perawatannya.

Meskipun kelemahan bila menggunakan benih yaitu waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan umbi, tetapi menggunakan benih hibrida hasil panen lebih tinggi dan penampilan daun bawang lebih besar dan berat.

Cara Semai Bibit Daun Bawang Freda

Benih daun bawang Freda harus disemaikan dulu untuk menjadi bibit. Tempat persemaian dibuat dalam bentuk bedengan dengan lebar 100 – 120 cm. Tanah bedengan pembibitan daun bawang Freda digemburkan sampai kedalaman 30 cm, dicampurkan pupuk kandang 10 kg, Dolomit 3 kg, dan pupuk NPK 0.5 kg. Setelah bedengan jadi, dijemur selama 7 hari.

Setelah dijemur, dibuat larikan pada bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larikan 10 cm. Benih daun bawang Freda lalu ditanam pada larikan dan ditutup dengan karung goni basah atau menggunakan daun pisang. Penutup tidak boleh dibuka sampai benih berkecambah.

Bila benih daun bawang Freda  sudah berkecambah, dilakukan penyiraman setiap hari. Saat bibit berumur 1 bulan, disemprotkan pupuk daun  0.5 gram/liter dan diberi juga fungisida Arashi 0.5 gram/liter yang dicampurkan dengan air.

Bibit  daun bawang Freda Known You Seed Taiwan siap dipindah ke lahan tetap saat berumur 2 bulan, ketinggian bibit 10 – 15 cm.

Persiapan Lahan Menanam Daun Bawang Freda

  • Lahan penanaman dicangkul sampai kedalaman 30 cm sambil ditambahkan pupuk kandang untuk mendapatkan tanah yang gembur dan kaya bahan organik.

  • Membuat bedengan daun bawang Freda dengan tinggi 30 – 40 cm, lebar 0.6 – 1 meter, dan jarak antar bedengan 20 – 30 cm.

  • Membuat lubang tanam dengan kedalaman 10 cm dan jarak antar lubang 20 cm.

  • Bila bibit sudah siap, dapat langsung ditanam pada lubang tanam. Waktu penanaman benih daun bawang Freda  pada pagi hari atau sore hari.

Perawatan Tanaman Daun Bawang Freda
  • Penyiraman tanaman daun bawang Freda dilakukan setiap hari dan kontrol intensif saat bibit baru dipindah ke lahan tetap.

  • Setelah tanaman berumur 2 minggu, penyiraman tanaman daun bawang Freda  dilakukan setiap 2 hari sekali, dapat juga bersamaan dengan penyiangan gulma.

  • Pemupukan susulan tanaman bawang daun Freda dapat dilakukan 3 kali setelah pindah tanam.

  • Pemupukan I ( 7 hari setelah pindah tanam ) komposisi pupuk NPK 210 kg/ha, KCl 150 kg/ha dan Furada 7 – 10 kg/ha. Pemupukan II ( umur 21 hari setelah pindah tanam ) komposis pupuk NPK 175 kg/ha, KCl 100 kg/ha dan ZK plus 210 kg/ha. Pemupukan III (umur 28 hari setelah pindah tanam) komposisi pupuk NPK 70 kg/ha dan ZK plus 240 kg/ha.

  • Bila perlu ditambahkan pupuk organik Cair atau pupuk daun dengan cara disiramkan langsung ke daun. Cara ini untuk mencegah serangan hama dan penyakit daun bawang.

  • Penimbunan/pengguludan. Penimbunan dilakukan pada pangkal batang daun bawang. Bertujuan untuk mendapatkan warna putih pada batang semu bawang daun. Bawang daun yang berkualitas adalah memiliki batang semu berwarna putih dengan panjang kurang lebih 1/3 dari keseluruhan panjang tanaman daun bawang.

  • Penimbunan di tanaman bawang daun Freda dilakukan bertahap untuk mencegah pembusukan batang dan daun terutama saat tanaman masih muda.

Pengendalian Hama dan Penyakit Daun Bawang Freda

Hama yang sering ditemui pada pertanaman bawang daun yaitu :

  • Agrotis sp. menyebabkan batang daun bawang terpotong dan putus sehingga tanaman menjadi mati.

  • Spodoptera exigua adalah ulat bawang yang memakan daun dari tanaman. Pengendalian ulat bawang secara mekanis yaitu mengumpulkan kelompok telurnya dan dimusnahkan.

  • Thrips tabacci adalah serangga yang menghisap cairan daun.

Penyakit yang menyerang pertanaman bawang daun yaitu :

  • Erwinia carotovora yang gejalanya yaitu busuk lunak, basah dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

  • Alternaria porri timbulnya bercak unggu yang menyerang daun. Pengendalian secara mekanis yaitu melakukan pergiliran tanaman dan sanitasi tanaman agar lingkungan tidak lembab. Kondisi kebun yang kotor dan lembab menyebabkan penyakit cepat berkembang.

BACA JUGA : BAWANG DAUN FRAGRANT UNTUK DATARAN RENDAH

Panen dan Pascapanen Daun Bawang Freda

Umur panen daun bawang Freda mulai dari semai yaitu 120 – 150 hari. Potensi hasil 7 – 15 ton/ha. Pemanenan daun bawang Freda  dilakukan dengan cara mencabut seluruh tanaman berikut akarnya. Akar dan daun yang busuk dipotong agar daun bawang tahan dalam pengangkutan dan penyimpanan.

DAUN BAWANG FREDA, KNOWN YOU SEED, BENIH BAWANG DAUN, HARGA MURAH, LMGA AGRO
BENIH DAUN BAWANG FREDA

Ciri-ciri tanaman daun bawang Freda Know produk  You Seed Taiwan   yang siap dipanen yaitu jumlah anakan berjumlah 7 – 10 anakan dan sebagian daun telah menguning. Waktu panen dilakukan pagi atau sore hari untuk menghindari transpirasi tanaman.

Tanaman daun bawang Freda yang dipanen dibersihkan dari tanah yang menempel dan cuci bersih dengan air mengalir atau disemprotkan air. Penyimpanan hasil panen daun bawang pada suhu 0.8 – 1.4 °C. Suhu tersebut bertujuan untuk menekan penguapan dan kehilangan bobot tanaman agar tetap segar.

Sortasi sederhana yaitu dengan menggabungkan rumpun yang berdaun besar sendiri dan yang berdaun lebih kecil sendiri. Pengikatan rumpun bawang daun Freda  dilakukan dengan memberi alas koran/kertas pada daun bawang agar ikatan tidak mengenai batang langsung.

Demikian ulasan Kami tentang benih daun bawang Freda dan cara budidaya daun bawang hingga panen dan pasca panen. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA : PELUANG DAN CARA BUDIDAYA BAWANG DAUN DAR BIJI

Bila Anda tertarik menanam daun bawang Freda dari Known You Seed, benih tersedia di Toko Online LMGA Agro. Hubungi Bapak Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Bila ingin bertanya-tanya tentang budidaya tanaman, kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis.

LMGA Agro juga menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim ke seluruh  wilayah Indonesia dengan cepat dan tepat semua pesanan Anda.

 

 

 

 

Iklan