JUAL BIBIT MELON MERLIN F1 ORANYE BERDAGING TEBAL


MELON MERLIN, JUAL BIBIT MELON MERLIN, BENIH MELON MERLIN F1, LMGA AGRO
MELON MERLIN

Jual bibit melon Merlin F1, bisa di beli di Toko Online LMGA AGRO, harga murah. Hubungi P. Budi 082141747141; SMS/WA 08125222117. Kami mengirim benih melon Merlin ke wilayah Indonesia cepat tepat. Juga menjual benih sayuran, buah, pestisida, pupuk, sarana prasarana pertanian lengkap, menyediakan konsultasi gratis.

BENIH MELON MERLIN TAHAN GEMINI VIRUS

Melon Merlin F1 merupakan benih melon unggul Bintang Asia, tahan virus. Buah Melon Merlin bulat, net kulit buah tebal dan rapat dan berat saat matang sekitar 1.5 – 3 kg per buah. Daging buah tebal berwarna oranye gelap dan berasa manis. Kadar manis sekitar 14 – 15 °brix.

Buah melon Merlin dipanen pada umur 68 – 78 hari setelah tanam. Tanaman tahan terhadap Gemini virus. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai menengah. Kemasan produk benih melon Merlin berisi 550 butir benih.

BUAH MELON MERLIN

Nama latin melon Cucumis melo L termasuk tanaman suku labu-labuan cucurbitaceae. Buah melon dimanfaatkan sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah.

Buah melon sebenarnya bukan tergolong tanaman sepanjang musim (musiman). Pertumbuhannya yang merambat, buah yang berwarna hijau khas dan memiliki net kasar menjadikan buah melon mudah dikenal.

Daging buah biasanya berwarna hijau muda dengan biji banyak di bagian tengah. Aroma harum semerbak menjadi ciri khas buah melon. Seperti juga buah lain, melon juga memiliki kandungan gizi selain rasa segar dari buahnya.

Buah melon terkandung vitamin C tinggi, artinya memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas.  Buah melon juga mengandung vitamin A tinggi yang baik bagi kesehatan mata.

Buah melon mengandung adenosine, yaitu senyawa yang dapat memperlancar aliran darah pada jantung kita. Jika aliran darah lancar, jantung kita akan sehat. Buah melon juga dapat memperlancar pencernaan, mencegah diabetes karena gula buah melon rendah kalori, mencegah stroke dan manfaat lainnya.

BUDIDAYA MELON

Tanaman melon secara umum dapat  tumbuh di dataran menengah yang suhunya agak dingin, yakni pada ketinggian 300-1.000 m dpl. Penanaman di dataran rendah yang ketinggiannya kurang dari 300 m dpl, buah melon akan  tumbuh kerdil dan dagingnya agak kering (kurang berair).

Budidaya Melon lebih banyak berkembang di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 – 250 mdpl karena tingkat serangan penyakitnya lebih rendah dan mudah untuk dikendalikan.

Tanah yang baik untuk budidaya melon adalah jenis tanah andosol atau tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik. Tanah jenis tersebut akan memudahkan akar tanaman berkembang. Tanaman melon membutuhkan air yang cukup banyak. Namun, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan. Ketersediaan  air pada tanaman melon yang berlebihan justru akan menyebabkan tanaman mati dan tidak bisa tumbuh sempurna ( layu mati ).

BACA JUGA : JUAL BENIH MELON ALISHA PANAH MERAH

Suhu yang ideal untuk pertumbuhan tanaman melon adalah suhu yang sejuk dan kering. Suhu yang dibutuhkan berkisar 25-30° C. Tanaman melon tidak dapat tumbuh jika suhu kurang dari 18°C karena ukuran buah kecil-kecil dan rentan serangan jamur.

Budidaya melon kurang baik bila lokasi lahan memiliki kelembaban udara rendah (kering) dan lokasi lahan ternaungi. Tanaman melon menyukai lokasi lahan yang terbuka, tetapi sinar matahari tidak terlalu terik, cukup dengan penyinaran 70%.

Cara Menyemaikan Benih Melon Merlin

Untuk mendapatkan benih yang baik dan tumbuh seragam, maka sebaiknya pilih benih bersertifikat keluaran pabrik benih. Kebutuhan benih disesuaikan dengan luas lahan dengan tambahan senbanyak 10 – 15 % sebagai cadangan saat penyulaman bibit yang rusak.

Benih yang berasal dari pabrik dipastikan terjamin mutunya. Benih telah diberi fungisida yang dapat tahan terhadap virus. Asalkan selama proses menyemaikan, memperhatikan tahapan perawatannya agar diperoleh bibit yang sehat dan terus berbuah. Amin.

Memasuki tahap penyemaian benih yaitu menyiapkan media tanam. Media yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1. Sebelumnya media harus diayak bila untuk pembibitan agar akar dapat tumbuh maksimal. Kemudian media dimasukkan ke dalam polybag 6 x 8 cm.

Benih Melon Merlin ditanamkan dengan posisi benih yang runcing menghadap ke bawah. Polybag-polybag diatur berjajar rapi menghadap ke timur agar mendapatkan sinar matahari pagi. Persiapkan membuat sungkup, menggunakan rangka dari bambu dan ditutup dengan plastik transparan.

Perawatan Selama Pembibitan Melon Merlin

Bibit harus selalu dalam kondisi lembab dan tidak boleh kurang air. Tanah tidak boleh terlalu becek. Penyiraman dilakukan setiap pagi dengan menggunakan tangki semprot. Jangan melakukan penyiraman saat siang hari. Karena saat siang hari bibit melakukan proses penguapan dan bila disiram air akan mengalami stress dan akhirnya bibit menjadi layu.

Bibit yang digunakan adalah bibit yang baik, sehat, tegak dan kokoh. Penyortiran bibit yang mati dilakukan 5 hari setelah tanam. Pemindahan bibit dapat dilakukan mulai berumur 8 hari setelah tanam.

Persiapan Lahan Menanam Melon Merlin

  1. Persiapan lahan berupa mengolah tanah dengan cara dibajak menggunakan cangkul atau traktor. Pembajakan tanah sampai kedalaman 20 -30 cm. Lalu tanah dibiarkan selama 5 – 7 hari.

  2. Selanjutnya dibuat bedengan lebar 100 – 120 cm, panjang disesuaikan luas lahan ( maksimal 15 meter ). Tinggi bedengan 30 – 40 cm, jarak antar bedengan 40 – 50 cm dan dipergunakan sebagai parit. Kedalaman parit 50 cm.

  3. Pemberian pupuk dasar yaitu Dolomit 2 ton/Ha ( standart ). Pemberian dolomit sesuai pH tanah setempat, rata-rata pemberian dolomit 1.5 – 2.5 ton/ha. Campur dolomit dengan cara dicangkul sampai kedalaman 10 – 15 cm.

  4. Ditaburkan pupuk kandang 5 ton/ha, ZA 150 kg/ha, SP-36 450 kg/ha dan KCL 200 kg/ha dibagi merata ke seluruh bedengan. Bedengan dicangkul agar pupuk tercampur dengan tanah lalu bedengan disiram air hingga basah.

  5. Penutupan bedengan dengan mulsa hitam perak, dilakukan saat siang hari. Dipilih mulsa berukuran 100 – 125 cm. Mulsa dijepit dengan bambu/kayu pada sisi-sisi bedengan.

  6. Membuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam dan setiap bedengan terdapat 2 baris. Jarak antar baris yaitu 60 cm dan jarak antar lubang 50 – 60 cm dalam satu baris. Juga membuat lubang pupuk dengan jarak 15 cm dari lubang tanam.

Penanaman Bibit Melon Merlin

Setelah bedengan dijemur dan umur bibit 8 hari dan telah memiliki 2 – 3 daun, maka saatnya penanaman bibit. Sebaiknya dilakukan saat pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore hari setelah pukul 15.30. Sehari sebelum penanaman bibit, bedengan disiram air hingga basah.

Penyulaman atau pergantian bibit yang tidak tumbuh baik dilakukan dalam waktu 2 minggu. Hal tersebut karena agar tanaman nantinya dapat tumbuh seragam dan dapat menghasilkan buah bersamaan.

Pemupukan Susulan Budidaya Melon Merlin

Pemupukan melon Merlin harus dilakukan secara bertahap sesuai fase pertumbuhannya. Pupuk yang diberikan dalam bentuk larutan ke dalam 200 liter air ( drum pupuk dapat diperoleh di Toko Online LMGA AGRO ). Pupuk diberikan sebanyak 200 cc ( 1 gelas aqua )pada lubang pupuk.

Pupuk susulan I, pada umur 7 hari setelah tanam, yaitu pupuk NPK sebanyak 4 kg dalam satu drum pupuk.

Pupuk susulan II, pada umur 14 hari setelah tanam, yaitu pupuk NPK 16 sebanyak 6 kg + KNO3 Merah 2 kg per drum.

Pupuk susulan III dan IV, pada umur 20 dan 30 hari setelah tanam atau menjelang pembungaan, yaitu pupuk NPK 5 kg/drum, TSP 3 kg/drum, KCl 2 kg/drum dan KNO3 Merah 1 kg/drum.

Pupuk susulan V, pada umur 40 – 45 hari setelah tanam, yaitu pupuk NPK 5 kg/ drum, TSP 3 kg/drum, KCl 2 kg/ha, KNO3 Putih 1 kg/drum, MKP 1 kg/drum, Calcium Fertilizer 1 kg/ha, Magnesium Sulfat 500 g/Ha.

Pengairan Budidaya Melon Merlin

Sampai pada umur 2 minggu setelah tanam, pengairan dilakukan tiap hari atau 2 hari sekali pada pagi atau sore hari. Pengairan dilakukan dengan cara air dialirkan di parit hingga setinggi 2/3 tinggi bedengan. lalu air disiramkan ketiap tanaman dengan hati-hati. Bila air kurang cukup, maka dilakukan penyiraman menggunakan gembor.

BACA JUGA : BUAH MELON F1 A PLUS, BUAH BESAR TAHAN PENYAKIT

Pemangkasan dan Pengikatan Tanaman Melon Merlin

TALI SALARAN MELON MERLIN, HARGA MURAH
TALI SALARAN

Setelah tanaman berumur 12 hari sejak dipindah atau tanaman telah ada daun 5 helai maka batang diikatkan pada ajir. Pengikatan tanaman dilakukan 3 hari sekali hingga ikatan mencapai ujung ajir.

Pemangkasan cabang lateral yang tumbuh dari pangkal batanghingga ruas ke-8 sampai ruas ke-12. Cabang tanaman yang dipelihara ruas ke-9 sampai ke-11. Selanjutnya saat memasuki pembentukan buah sebesar telur, menyisakan 1 buah yang besar dan bentuknya normal.

Kebersihan Kebun Budidaya Melon Merlin

Kebersihan kebun berupa membersihkan kebun dari gulma/rumput. Juga dari sisa kotoran, daun-daun kering, ranting dan cabang sisa pemangkasan. Kebun yang bersih dapat mencegah datangnya penyakit pada tanaman.

BACA JUGA : UNTUNG TINGGI DENGAN BUDIDAYA MELON ACTION 

Panen dan Pasca Panen Melon Merlin

Panen buah melon dilakukan saat buah sudah masak penuh, karena buah yang telah dipetik tidak dapat matang sendiri. Penyemprotan pestisida dihentikan 2 minggu sebelum panen. Waktu panen ditentukan dengan mengamati penampilan fisik buah dan dari umur tanaman.

MELON MERLIN, MELON MERLIN F1, JUAL BIBIT MERLIN, JUAL BENIH MERLIN, LMGA AGRO
MELON MERLIN

Buah melon yang matang ditandai dengan net buah yang terbentuk sempurna, tebal, rata dan keras. Terdapat retakan di pangkal tangkai buah, warna kulit buah berubah seperti dari hijau tua menjadi kekuningan. Kulit buah melon halus tidak berbulu, muncul aroma khas buah melon dan tungkai buah berwarna kekuningan.

Panen dilakukan pada pagi hari pukul 08.00 – 11.00. Dalam satu luasan kebun, panen dilakukan secara bertahap dan maksimal dua kali seminggu dengan selang waktu 2 – 3 hari.

Demikian ulasan kami tentang benih Melon Merlin F1 Bintang Asia tahan virus Gemini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.  Apabila ada pembaca yang mau menanyakan lebih lanjut dan menbutuhkan Benih  Melon Merlin F1 Bintang Asia, bisa menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO ( selaku Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) dengan menghubungi Bapak Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117

 

 

Iklan