Benih Cabe Keriting F1 Hibrida OR Twist 42


BENIH CABE KERITING, BENIH CABE OR TWIST 42, CABE OR TWIST 42
BENIH CABE KERITING

Benih cabe keriting OR Twist 42 di jual harga murah di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) dengan menghubungi SMS/WA 08125222117 atau Bpk. Budi : Telp. 082141747141. Benih cabe keriting banyak dicari petani karena dari tahun ke tahun permintaan pasar atas komoditas cabe keriting terus meningkat seiring maraknya usaha kuliner dan industri makanan.

Di Indonesia khususnya daerah – daerah sentra penanaman cabe, benih cabe keriting F1 OR Twist 42 tidak asing lagi karena banyak petani yang menyukai varietas benih ini karena mudah dalam perawatannya dan menghasilkan buah yang memuaskan.

Budidaya cabe keriting dilakukan besar-besaran karena cabe keriting merupakan salah satu jenis bahan bumbu masakan yang paling banyak dibutuhkan masyarakat setiap harinya terutama oleh pengusaha warung makanan/restoran.

BENIH CABE KERITING F1 HIBRIDA OR TWIST 42

Benih cabe keriting F1 OR Twist 42 merupakan benih cabe Oriental Seed yang tumbuhnya tinggi dan batangnya sangat kuat. Benih cabe keriting F1 OR Twist 42 produk PT Oriental Seed Indonesia memiliki adaptasi yang tinggi terhadap semua tipe tanah dan iklim.

Sebaiknya ditanam pada daerah dataran rendah sampai sedang. Buahnya memiliki panjang 16 – 18 cm, diameter buah 0,7 – 0,8 cm. Rasa buah sangat pedas dan  warna buah merah menyala saat masak.   Bentuk keriting buah cabe keriting ini sangat jelas.

BACA JUGA : CABAI KERITING OR TWIST 42 IDOLA PETANI DAN PEDAGANG

Menanam benih cabe keriting F1 OR Twist 42 banyak disukai petani karena mudah dalam perawatannya dan hasil panen yang memuaskan karena menghasilkan berat buah rata-rata 6 – 7 g. Panen cabe keriting F1 OR Twist 42 dilakukan saat umur tanaman 95 – 100 hst dan potensi hasil 10 – 20 ton/ha.

Benih cabe keriting F1 OR Twist 42 tersedia dalam kemasan 10 g ( kurang lebih 1.800 benih ) dan kebutuhan benih per hektar 120 g.

MANFAAT CABE KERITING UNTUK KESEHATAN

Cabe merah keriting merupakan genus capsicum dimana memiliki peminat yang berlawanan yaitu ada yang suka dan ada yang tidak suka. Cabe merah keriting dapat melezatkan makanan dan menambah nafsu makan. Namun di sisi lain cabe dapat menambah rasa pedas dan panas pada tubuh. Rasa pedas pada cabe keriting memberikan kepuasan dan sensasi tersendiri bagi penggemarnya.

  • Cocok untuk menambah daya tahan tubuh karena cabe keriting terkandung vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Mengkonsumsi cabe dapat membuat badan terasa sehat dan kebal terhadap cuaca yang kurang bersahabat.

  • Cabe keriting bagus untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A.

  • Mengkonsumsi cabe keriting dapat membantu meningkatkan sistem syaraf dan memacu gairah seksual karena hormon endhorphin  yang dihasilkannya.

  • Zat capsaicin yang terdapat pada cabe keriting dapat merangsang nafsu makan kita. Capsaicin mampu merangsang hormon endorphin dalam tubuh yang menyebabkan rasa bahagia dan nikmat.

  • Zat capsaicin dalam cabe keriting juga dapat menyembuhkan flu dan hidung tersumbat yang kita derita. Keberadaan capsaicin dapat mengencerkan lendir dalam hidung yang tersumbat.

  • Manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu mencegah terjadinya jantung koroner sehingga dapat mencegah terjadinya stroke dan penyumbatan darah, juga dapat mengatasi masalah impotensi.

SYARAT TUMBUH MENANAM BENIH CABE KERITING F1 OR TWIST 42

Benih cabe keriting F1 OR Twist adalah cabe merah keriting dataran rendah. Syarat tumbuh menanam benih cabe keriting terdapat 2 hal yang harus diperhatikan yaitu iklim dan jenis tanah.

Benih cabe keriting F1 OR Twist cocok ditanam  di dataran rendah sampai sedang. Iklim yang paling cocok adalah iklim tropis yang bersuhu lembab. Suhu yang baik untuk menanam cabe keriting sekitar 16 – 23 °C.

BACA JUGA : BENIH CABAI KERITING HARGA GROSIR DAN MURAH DI LMGA AGRO

Semua jenis tanah cocok untuk ditanam cabe keriting, syarat tanah yang baik untuk menanam cabe keriting  antara lain kaya akan kandungan organik, gembur, subur, tidak mudah menggenang dan tidak mudah terserang penyakit.

Derajat keasaman tanah yang sesuai antara 5,5 – 6,8. Sebaiknya tidak menanam ditanah liat karena kurang bagus pertumbuhan tanamannnya, namun pilihlah jenis tanah lempung berpasir atau lempung berdebu.

BUDIDAYA CABE KERITING

Pemilihan Bibit Cabe Keriting

BENIH CABE KERITING, CABE OR TWIST 42, BENIH CABE OR TWIS 42, OR TWIST 42
BENIH CABE KERITING

Pemilihan bibit perlu diperhatikan karena bibit yang tidak berkualitas menjadi penyebab utama gagalnya penanaman cabe keriting. Bibit yang baik berasal dari benih yang baik dan berkualitas, selain itu saat ini varietas benih banyak sekali macamnya mulai dari varietas lokal sampai yang memiliki daya hasil tinggi atau hibrida.

Dan baik yang jenis lokal maupun hibrida memiliki karakteristik sendiri- sendiri. Misalnya ada varietas benih cabe keriting yang cocok dan tahan di tanam di dataran tinggi, sedangkan beberapa varietas lain cocok ditanam di dataran rendah. Selain itu, ada benih yang tahan terhadap penyakit, ada yang tidak.

BACA JUGA : CABAI YOSI BUAH SERAGAM DAN RATA

Karena setiap benih memiliki sifat-sifat yang berbeda meskipun ukuran dan bentuk tidak berbeda. Benih yang berkualitas dapat dibeli di toko pertanian atau secara online di Toko Pertanian LMGA AGRO. 

Penyemaian dan Pembibitan Cabe Keriting

Setelah mendapatkan benih cabe keriting hibrida yang kita inginkan, selanjutnya adalah cara menyemai benih atau membuat bibit cabe keriting. Benih akan ditanam pada media dan wadah dan dipersiapkan agar dapat tumbuh di lahan tetap.

Penyemaian diharapkan untuk mendapatkan bibit unggul yang dapat beradaptasi dengan baik di lahan yang sebenarnya hingga panen dan menghasilkan buah cabe keriting seperti yang diharapkan.

  • Penyemaian dilakukan menggunakan wadah polybag agar jarak tanam bisa disesuaikan dan bibit tidak saling berdekatan/berhimpit.

  • Menggunakan media tanam campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1. Jika ingin ditambahkan arang sekam, maka tanah ditambahkan dua kali lipat sehingga campuran tanah, abu sekam dan kompos adalah 2 : 1 : 1.

  • Sebelum digunakan sebagai media, campuran media diayak hingga halus agar benih dapat tumbuh dan berkecambah.

  • Lokasi penyemaian harus terlindung dari paparan sinar matahari langsung dan curahan air hujan.

  • Sebelum benih ditanam, benih direndam dalam air hangat kurang lebih 1 – 3 jam. Benih yang baik adalah yang tenggelam. Lalu benih ditiriskan pada kertas koran setelah kering bisa dibenamkan pada media tanam.

  • Benih cabe keriting yang sudah dibenamkan, ditutup dengan kompos lalu disiram sedikit air. Untuk selanjutnya bibit disiram rutin tiap pagi dan sore. Bibit dapat dipindahkan saat berumur 21 – 24 hari setelah tanam. Bibit yang dipilih adalah bibit yang baik, sehat dan segar.

Persiapan Lahan Menanam Cabe Keriting

  1. Tanah dicangkul atau menggunakan traktor/bajak sampai kedalaman antara 20 – 40 cm. lahan dibersihkan dari rumput-rumput liar, batu dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Untuk memberantas gulma di lahan dapat juga menggunakan herbisida.

  2. Setelah lahan bersih, maka dibuat bedengan lebarnya 1 m dan tinggi bedengan 30 – 40 cm. Jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan luas lahan, maksimal panjang lahan adalah 15 meter.

  3. Drainase harus dibuat dengan benar karena tanaman cabe keriting tidak tahan terhadap air yang menggenang. Genangan dan kelembaban air yang tinggi mengakibatkan layu daun dan bunga yang tumbuh mudah gugur.

  4. Jika pH tanah masih asam, lahan diberi dolomit 2 – 4 ton/ha. Pemberian dolomit saat pembajakan atau pembuatan bedengan.

  5. Pemberian pupuk kandang/kompos sebanyak 20 ton/ha, juga perlu ditambahkan pupuk kimiawi Urea  350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

  6. Untuk menekan pertumbuhan gulma dan menjaga kelembaban tanah, bedengan dapat ditutup mulsa plastik hitam perak. Setelah dipasang mulsa, dibuat lubang tanam dengan jarak tanam  60 – 70 cm. Lubang tanam dibuat secara zig-zag agar penetrasi sinar matahari dapat menyeluruh ke semua tanaman dan sirkulasi udara berjalan baik. Kedalaman lubang tanam sekitar 10 cm.

Cara Menanam Bibit Cabe Keriting

Bibit setelah berumur 3 – 4 minggu atau telah muncul 3 – 4 helai daun telah siap dipindah ke lahan sesungguhnya. Pemindahan bibit dilakukan pada pagi hari atau sore hari dan sinar matahari tidak bersinar terik agar bibit tidak stress karena dalam kondisi menyesuaikan diri.

Penanaman bibit sebaiknya diselesaikan dalam satu hari. Bibit yang dipilih adalah yang seragam pertumbuhannya, normal, sehat, kuat, mulus, tidak terdapat luka atau cacat dan tidak berpenyakit. Polybag wadah bibit disobek pada bagian pinggir untuk mengeluarkan bibit dan tanahnya.

BACA JUGA : JUAL BENIH SAYURAN ONLINE 

Bibit beserta sebagian medianya dimasukkan ke dalam lubang tanam dengan hati-hati jangan sampai terbongkar karena dapat merusak perakaran bibit. Setelah ditanam dan ditutup tanah, bibit disiram air untuk menjaga kelembabannya.

Cara Perawatan Cabe Keriting

  1. Penyiraman dilakukan secara rutin, dengan cara penggenangan atau menggunakan gembor. Jika dengan cara penggenangan lahan tanam dilakukan 2 minggu sekali.

  2. Penyulaman bibit tanaman dilakukan sampai hari ke-7 setelah pemindahan. Apabila tanaman yang rusak atau mati maka segera diganti dengan tanaman  yang baru.

  3. Setelah 7 hari setelah pemindahan bibit, tanaman cabe keriting perlu dipasang ajir agar tanaman berdiri tegak. Tanaman diikatkan pada ajir. Tunas-tunas yang tumbuh dipotong karena tunas-tunas ini tidak produktif. Tunas-tunas terdapat pada ketiak daun. Pemotongan terus dilakukan sampai terbentuk cabang utama dan muncul bunga pertama.

  4. Penyiangan dilakukan terhadap rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman.

Pupuk Tanaman Cabe Keriting

Budidaya cabe keriting disarankan menggunakan pupuk organik karena pupuk organik dianggap merupakan sumber nutrisi alami dan diberikan sesuai prosedur yang benar dan tepat.

Pemberian pupuk sesuai dosis dan umur yang tepat mampu menghasilkan tanaman cabe yang berbuah lebat dan hasil panen yang optimal.

Pemberian pupuk diberikan saat pemindahan bibit ke lahan tetap, yaitu 3 minggu setelah penanaman benih. Pemberian pertama menggunakan pupuk kandang ( pupuk organik ).

Pemberian pupuk kandang setiap 20 hari sekali dengan diselingi pemberian pupuk an-organik ( KCl, SP-36, Urea, Phonska dan lain sebagainya ).

BACA JUGA : BUDIDAYA CABE LABA F1 PANAH MERAH, PETANI UNTUNG  NYATA

Panen Tanaman Benih Cabe Keriting

Panen benih cabe keriting OR Twist 42 dilakukan pada umur 95 – 100 hst dan pemetikan dapat dilakukan terus menerus dan dilakukan pemetikan selanjutnya 3 – 4 hari sekali.

Namun ada beberapa petani yang memanen tanaman cabe setiap hari tergantung dengan situasi pasar. Hasil cabe yang memuaskan hanya sampai 6 – 7 bulan saja. Untuk cabe keriting Twist potensi hasilnya mencapai 20 ton/ha.

Demikian ulasan tentang benih cabe keriting F1 OR Twist 42 dan cara menanam cabe keriting yang baik dan benar.

Untuk lebih jelas tentang benih dan cara budidayanya dapat menemui di Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian benh cabe keriting dan  tanaman hortikultura lain. Hubungi LMGA AGRO di CP Budi : Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117. Selamat mencoba .

Iklan