BUDIDAYA TOMAT LUMINA CAP PANAH MERAH HASIL TINGGI


BUDIDAYA TOMAT LUMINA, TOMAT LUMINA, BENIH TOMAT LUMINA, MENANAM TOMAT LUMINA, CAP KAPAL TERBANG
TOMAT LUMINA

Budidaya tomat Lumina Cap Panah Merah hasil tinggi kualitas bagus. Benih tomat Lumina Cap Panah Merah di jual di toko pertanian on line LMGA AGRO, khusus SMS / WA : Hp. 08125222117 atau telepon Hp. 082141747141. Buah tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dibutuhkan oleh banyak orang. Kandungan vitamin dan zat yang berguna untuk kesehatan tubuh membuat tomat diminati dan dikonsumsi secara berkesinambungan. Melihat kondisi demikian dibutuhkan benih tomat yang berkualitas untuk menunjang keberhasilan budidaya tomat mencapai hasil yang tinggi.

Pengembangan varietas benih tomat untuk mendapatkan benih berkualitas yang diinginkan petani dan masyarakat dilakukan oleh perusahaan benih nasional. Tentunya yang terjangkau untuk harga benihnya oleh petani dan user lainnya. Salah satunya diproduksinya benih tomat Lumina F1. Benih tomat Lumina F1 merupakan benih tomat hibrida yang sudah diuji dan tidak terdampak bercak bakteri pada 10.000 butir benihnya. Dengan harga benih yang relatif terjangkau diharapkan dapat menarik minat petani tomat untuk mengembangkan budidaya tomat Lumina F1 kedepannya.

Untuk mendapatkan hasil produksi dari budidaya tomat Lumina F1 yang optimal, tentunya harus dilakukan proses budidaya secara keseluruhan. Perlakuan dalam hal pemeliharaan dan perawatan tanaman tomat juga harus benar-benar teliti untuk mendapatkan potensi hasil panen yang tinggi. Pencegahan dan pengobatan tanaman yang terserang hama dan penyakit tanaman harus segera dilakukan. Pemilihan pestisida untuk membantu mengatasi kendala tersebut harus sesuai dengan hama penyakitnya dan aturan penggunaan yang berlaku. Sudah banyak praktisi-praktisi pertanian yang memberikan informasi panduan teknik bercocok tanam tomat. Disamping itu juga banyak penyuluh-penyuluh pertanian yang langsung terjun lapangan berinteraksi langsung dengan para petani sayuran. Sehingga banyak petani sayuran maupun masyarakat pencinta budidaya tanaman sayuran yang mengetahui cara menanam tomat yang baik dan benar.

PERSEMAIAN BENIH DAN PENANAMAN BIBIT PADA BUDIDAYA TOMAT LUMINA F1

Untuk menambah informasi dan wawasan bersama, kami bermaksud memberikan ulasan sedikit mengenai cara budidaya tomat Lumina F1 yang secara garis besar sama dengan budidaya tanaman tomat pada umumnya.

Persemaian benih tomat

Persiapkan benih tomat Lumina F1, media semai yaitu wadah semai (tray) dan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1. Sebelumnya benih tomat Lumina F1 rendam pada larutan vitaflora 5 tetes/200ml air selama semalam untuk mempercepat pertumbuhan kecambah. Kemudian benamkan benih kedalam tanah yang sudah dimasukkan pada tray semai dan pelihara sampai 25-30 hari setelah semai. Untuk lokasi semai di luar ruangan, perlu disiapkan bedengan khusus dengan atap peneduh untuk menjaga terkena hujan sehingga tidak merusak benih. Diupayakan tempat semai aman dari gangguan binatang. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan sprayer secara rutin. Setelah bibit tanaman muncul dan dirasa kuat pindahkan  dulu pada polybag untuk menunggu saat yang tepat untuk ditanam.

Menjaga jarak tanam bibit tanaman

Pastikan untuk memberi bibit banyak ruang untuk tanaman bisa tumbuh bercabang. Kondisi yang terlalu padat jarak antar tanaman menghambat pertumbuhan mereka dan menyebabkan penyakit di kemudian hari. Lakukan pemindahan benih yang sudah keluar daun pertamanya pada pot diameter 10cm tersendiri sehingga lebih maksimal tumbuhnya.

Sinar matahari ataupun pencahayaan buatan yang cukup

Untuk mempercepat pertumbuhan bibit tomat Lumina F1 perlu adanya pencahayaan yang cukup baik secara alami maupun buatan. Agar suhu tumbuh tetap terjaga. Untuk daerah yang dingin dengan minim sinar matahari bisa menggunakan bantuan pencahayaan buatan seperti halnya budidaya di dalam rumah kaca. Pencahayaan buatan tersebut dilakukan selama 14 -18 jam setiap hari dengan diatur jarak sumber cahaya dengan bibit tomat Lumina F1. Hal ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit tanaman seragam.

BACA JUGA : PERSEMAIAN SEHAT DAN TERHINDAR DAMPING OFF
OLAH LAHAN DAN PENANAMAN BIBIT BUDIDAYA TOMAT LUMINA F1

Diperlukan sirkulasi udara yang baik

Budidaya tomat Lumina F1 di alam terbuka akan terbantu dengan sirkulasi udara yang alami, hembusan angin dapat membantu untuk mengembangkan batang menjadi kuat. Apabila budidaya dilakukan dalam ruangan tertutup maka diperlukan bantuan alat untuk menciptakan hembusan udara yang bisa diatur semisal kipas angin. Kipas angis diatur bergerak dinamis / memutar dan lakukan selama 5-10 menit, 2xsehari, dengan jarak jangan terlalu dekat dengan bibit tanaman.

Pemasangan mulsa plastik pada lahan tanam

Persiapkan lahan tanam, usahakan pH tanah lahan tanam pada 6-7 apabila kurang campurkan dolomit agar bisa terpenuhi unsur pH tanahnya. Olah lahan tanam dengan cangkul atau bajak, buat bedengan, pasang mulsa dan diamkan beberapa hari. Bedengan bisa ukuran lebar 120cm untuk tanaman doble dan zig-zag, 60cm untuk sistem single/ tanam tunggal. Berikan pupuk dasar pada lahan tanam berupa pupuk kandang 6 ton/ha, Za 150kg/ha, TSP 350kg/ha, KCL 400kg/ha. Kemudian ratakan pupuk dasar pada lahan dan usahakan berada 20cm dibawah permukaan tanah bedengan. Ukuran komposisi pupuk dasar bisa menyesuaikan luasan lahan.

Pasang mulsa plastik untuk menjaga suhu lahan agar tetap hangat karena pertumbuhan tanaman tomat sangat dipengaruhi oleh panas. Area tanam ditutup oleh mulsa plastik hitam atau merah untuk beberapa minggu, untuk mendapatkan tingkat kehangatan yang ekstra. Lahan didiamkan terlebih dahulu selama beberapa minggu sebelum tanam bertujuan untuk memutus siklus jamur, bakteri dan nematoda yang mungkin ada. Bisa juga menggunakan tumpukan jerami kering untuk membantu menjaga suhu tanah denga cara ditebarkan diatas lahan dengan merata.

OLAH LAHAN DAN PENANAMAN BIBIT PADA BUDIDAYA TOMAT LUMINA F1

Penanaman bibit tomat

Lubangi lahan tanam yang sudah siap tadi dengan pelubang mulsa dan buat jarak 60 x 70 cm.  Pindahkan bibit tomat Lumina F1 pada lubang tanam, lebih baik pada sore hari agar bisa adaptasi dan tidak layu. Pada saat pemindahan jangan sampe bibit menyentuh lahan tanam untuk menghindari tanaman tidak terkena patogen dari tanah dan tidak busuk nantinya. Perlu diperhatikan dalam pemindahan bibit tomat yaitu mengenai waktu tanam tepat musim yang sesuai morfologi tanaman tomat itu sendiri. Dan jarak tanam jangan terlalu rapat, untuk memberikan keleluasaan pertumbuhan bibit dan mudah dalam pengelolaannya. Jangan lupa buat juga saluran irigasi diantara bedengan selebar 50cm dan dalam sekitar 30cm untuk menampung air pada musim kemarau. Dan dalam saluran irigasi diubah menjadi 50cm pada saat musim penghujan.

BACA JUGA : BENIH TOMAT LUMINA PESAING TOMAT SERVO

Atur penanaman bibit tanaman untuk mendapatkan akar yang kuat

Tanam bibit tomat Lumina F1 lebih dalam lagi sampai ke beberapa daun teratas. Saat ditanam dengan cara ini, tomat mampu mengembangkan akar di sepanjang batangnya. Dan lebih banyak akar akan menghasilkan tanaman yang lebih kuat. Atau bisa membuat parit dangkal dan menanamnya menyamping dan pada akhirnya batang tumbuh tetep mengarah ke arah sinar matahari / ke atas. Untuk tanaman tomat Lumina F1 yang sudah mulai tinggi dibuatkan perambatan (ajir) dan diikat oleh tali salaran  tiap 20cm pertumbuhan ke atas agar bisa lurus.

Pemotongan daun bawah

Untuk tanaman yang tinggi sudah mencapai  100-110cm, potong daun yang bawah dengan jarak 30-50cm dari pangkal batang tanaman. Itu adalah daun tertua atau daun pertama keluar. Penyebab mulai munculnya serangan jamur berasal dari daun tertua. Hal ini karena paling sedikit mendapat sinar matahari dan aliran udara setelah tanaman tinggi. Dan dekat dengan tanah sehingga mudah terkena patogen yang berasal dari tanah. Perlu juga dilakukan penyemprotan pestisida untuk menangkal serangan tersebut.

BACA JUGA : PUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN
PEMUPUKAN DAN PENYIRAMAN PADA BUDIDAYA TOMAT LUMINA F1

Pemupukan tanaman tomat

Untuk menghindari penumpukan residu akibat mengkonsumsi buah hasil penggunaan pupuk kimia secara terus menerus sebaiknya digunakan pupuk organik saja. Penggunaan pupuk kandang dirasa lebih tepat, karena bisa memperbaiki sifat biologis dan kimia tanah. Juga bisa memperbaiki fisik tanah. Kandungan nitrogennya juga bagus untuk membantu fase vegetasi tanaman yang banyak butuh nitrogen. Pada pemupukan tanaman tomat Lumina F1 penggunaan pupuk anorganik bisa dilakukan pada saat pengamatan pertumbuhan. Apabila pertumbuhan kurang bagus untuk fase generatif dan vegetatif karena tanah kekurangan phosfor atau kalium maka gunakan pupuk NPK yang komposisi PK lebih tinggi dari N. Atau sebaliknya tanah kekurangan unsur nitrogen, maka komposisi pupuk NPK yang digunakan  harus besar di zat nitrogennya.  Apabila sudah dirasa lahan unsur haranya seimbang gunakan komposisi NPK yang seimbang pula. Untuk pupuk susulan pada saat proses tumbuh bisa diberikan campuran Za, TSP, KCL dengan perbandingan 1:1:1 sebanyak 1-2gram/pertanaman.

Pemupukan ini diberikan pada saat usia tanaman mencapai 1 minggu setelah tanam. Untuk dosis 5gram/tanaman campuran pupuk susulan tersebut diberikan pada saat usia tanaman 2-3minggu setelah tanam. Pemberian pupuk apabila lahan ditutupi mulsa menggunakan alat kocor.

Penyiraman tanaman tomat

Waktu penyiraman tanaman tomat Lumina F1 yang baik pada saat sore hari dengan tujuan memberikan penguat tanaman pada malam hari nantinya dan menggantikan yang sudah menguap sedari pagi ke siangnya. Penyiraman diusahakan tidak mengenai daun secara langsung karena mengakibatkan tanaman mudah terserang virus dan penyakit. Dengan menggunakan kocor,kocori pada pangkal batang. Dengan adanya saluran irigasi pada samping bedengan juga bisa membantu menjaga kelembaban dan unsur air lahan tanaman tomat Lumina F1. Selain juga berfungsi sebagai saluran pembuangan kelebihan air pada saat musim penghujan.

BACA JUGA : CARA BUDIDAYA TOMAT YANG BAIK DAN BENAR
PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PADA BUDIDAYA TOMAT LUMINA F1

Penyiangan dan pemangkasan

Penyiangan dilakukan apabila disekitar tanaman tomat Lumina F1 tumbuh gulma seperti rumput yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Penyiangan dapat dilakukan langsung dicabut dengan menggunakan tangan dan alat bantu seperti cangkul. Biasanya dilakukan 2-3 kali atau menyesuaikan kondisi lahan tanam. Pemangkasan pada tanaman tomat perlu dilakukan untuk peremajaan tanaman, mengurangi daun supaya mempercepat proses pemasakan. Selain itu untuk  mempercepat pembuahan, membentuk pohon agar berbunga dan berproduksi dengan baik. Pemangkasan bisa dilakukan untuk bagian tanaman yang dirasa kurang perlu seperti ranting, cabang, memotong tunas air yang tumbuh di sela-sela percabangan. Tunas-tunas tersebut bisa mengurangi konsentrasi nutrisi pada buah dan pertumbuhan ideal sehingga mengakibatkan tanaman kurang produksinya. Sebagai contoh dalam 1 pohon bisa disisakan 2-3 cabang dan yang lainnya dipangkas. Sedang untuk yang sudah muncul buah pada masing-masing cabang yang disisakan, kurangi buah yang kelihatan jelek dan sisakan 4-5 buah saja. Hal ini untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik dan cukup nutrisi.

BACA JUGA : CARA DAN STRATEGI JITU UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI LAYU JAMUR DAN BAKTERI PADA TANAMAN TOMAT

Pengendalian hama dan penyakit tanaman tomat

Penyakit yang menyerang tanaman tomat Lumina F1 berupa penyakit Layu, yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Untuk pengendaliannya bisa mengunakan Arashi 100gram yang dilarutkan pada air 200liter, kemudian dikocorkan pada pangkal batang tanaman. Dosis  Arashi 100gram untuk 1000 tanaman. Untuk aplikasi Arashi tidak boleh dicampur dengan pestisida atau pupuk lainnya (aplikasi tunggal). Untuk Hama tanaman tomat Lumina F1 adalah ulat. Serangan ulat ini dikendalikan dengan menggunakan pestisida misal Prevathon, Curacron. Untuk dosis pemakaian mengikuti aturan yang berlaku. Untuk hama kutu, tungau yang menjadi vektor virus penyakit tanaman tomat, pengendaliannya menggunakan Insektisida. Beberapa insektisida untuk mengatasi masalah penyakit yang disebabkan oleh virus seperti Promectin 60EC, Winder 100EC, Winder 70WP dengan kombinasi Akarisida Samite.

LAYANAN KONSULTASI MENGENAI BUDIDAYA TANAMAN
BUDIDAYA TOMAT LUMINA
BUDIDAYA TOMAT LUMINA

Demikian ulasan singkat mengenai budidaya tomat Lumina F1 yang bisa kami berikan. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas, detil dan terperinci mengenai budidaya tomat Lumina F1 bisa langsung menghubungi kami. Kami juga melayani konsultasi seputar pertanian. Toko pertanian Online LMGA AGRO harga murah, jual benih, pupuk, obat  dan alat pertanian. Silahkan hubungi P.Budi Telp. 082141747141 atau SMS/WA: 08125222117. Layanan kami menjangkau seluruh Indonesia.

Iklan