RAHASIA PANEN KACANG PANJANG 6 KALI LIPAT


Benih, Kacang Panjang, Katrina, Bintang Citra Asia, Tahan Virus, Virus Gemini, Kemasan Kaleng, Bibit, LMGA AGRO, Harga Murah, Agen, Dealer, Distributor
KATRINA TAHAN VIRUS

Kacang Panjang, siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang banyak di gemari ini jika sudah di olah menjadi sayuran. Kacang panjang sangat enak dan mempunyai rasa yang khas serta mempuyai kandungan nutrisi lengkap jika di olah secara benar. Kacang panjang banyak di gunakan dan di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia baik sebagai sayuran tunggal atau dapat sebagai campuran dengan bahan sayuran yang lain. Kalau dahuhu tanaman kacang panjang di tanam secara tumpang sari, saat ini tanaman kacang panjang sudah banyak di tanam secara tunggal dengan lahan yang luas. Hal ini karena sekarang penyerapan hasil panen kacang panjang dari petani sudah tinggi dan terus meningkat.

Tapi tahukah anda kalau saat ini budidaya Kacang Panjang di lahan pertanian juga bukan suatu hal yang mudah. Kendala yang di hadapi dalam Budidaya tanaman kacang panjang saat ini tidak semudah dahulu atau bahkan kegagalan seringkali terjadi karena adanya serangan Virus Gemini. Karena itu petani harus Extra kerja keras serta lebih banyak biaya agar tanaman yang di Budidayakan bisa terhindar dari serangan virus.

Pada Kesempatan ini akan saya ulas bagaimana budidaya kacang panjang bisa menghasilkan produksi 6 kali lipat dan terhindar dari serangan Virus. Karena dalam Budidaya Tanaman kacang Panjang tidak mungkin bisa menghasilkan produksi yang maximal kalau tanaman yang kita Budidayakan terserang gemini virus Tip budidaya ini saya praktekan sudah berkali – kali serta memberikan hasil yang memuaskan di banding cara hasil cara budidaya petani yang lain, namun baru namun baru kali ini baru bisa sempat tulis agar bisa di adopsi oleh petani dan pembaca semua.

Adapun syarat agar tanaman kacang panjang yang di Budidayakan bisa mengasilkan hasil yang tinggi adalah sebagai berikut :

  • Gunakan benih tahan Virus

Seperti yang saya sampaikan di awal tulisan ini bahwa saat ini permasalahan yang ada dalam budidaya tanaman kacang panjang adalah serangan gemini virus. Tanpa adanya penggunaan benih yang tahan virus nistaya petani akan memperoleh hasil panen kacang panjang yang melimpah. Apalagi kalau kita tanamnya di daerah yang selama ini menjadi sentra budidaya kacang panjang. Benih kacang panjang tahan Virus yang bagus dan produksi tinggi bisa menggunakan Kacang Panjang Parade Tavi, Kacang Panjang Kanton Tavi yang di produksi oleh PT. East West Seed atau menggunankan benih kacang panjang Katrina dari Bintang Citra Asia

  • Pemakaian pupuk dasar dan pupuk Organik  fermentasi

Dalam budidaya tanaman kacang panjang yang menghasilkan produksi berlipat maka di perlukan sumber Nutrisi tanaman  berupa pupuk dasar dan pupuk Organik. Pupuk dasar yang di gunakan tentunya harus mencukupi bagi tanaman dan dengan Nurtrisi kandungan pupuk yang seimbang. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah pupuk dasar yang di perlukan apa saja dan jumlah berapa serta bagaimana cara aplikasinya yang benar.

Guna mendapatkan jawaban tersebut tentunya hanya dengan praktek dan aplikasi di lapang maka kita mengetahui secara langsung hasil Budidaya Tanaman Kacang Panjang kita. Pupuk dasar yang di gunakan dalam luasan 1 Ha adalah sebagai berikut : Za – TSP – KCL dengan perbandingan 100 Kg : 150 Kg : 100 Kg. Sedangkan pupuk kandang hasil fermentasi cara LMGA AGRO sejumlan 3 ton / Ha. Jangan lupa tambahkan kapur dolomit 1.5 Ton / Ha. Kapur Dolomit di perlukan agar tanah di perakaran kacang panjang mempunyai pH tanah yang seimbang.  Ketiga bahan tersebut pupuk organik fermentasi, pupuk dasar dan dolomit di campur merata dan di bagikan di bedengan yang sudah di siapkan. Kedalaman pengadukan ketiga bahan tersebut adalah 20 Cm ( Kedalaman akar kacang panjang )  sehingga diharapkan tanaman kacang panjang akan memperoleh  sumber nutrisi yang berkelanjutan.

Cara Fermentasi pupuk kandang bisa di baca di artikel berjudul : Resep pupuk tanaman cabai hasil tinggi, bebas virus dan layu yang saya di Website : http://www.lmgaagro.web.id tanggal 1 Januari 2015  ( http://www.lmgaagro.web.id ). Perlu saya sampaikan bahwa materi dasar dalam pembuatan pupuk kandang organik yang terbaik menggunakan pupuk kandang kotoran kambing. Sebenarnya tulisan tentang cara pembuatan pupuk Fermentasi ala LMGA AGRO sudah banyak di praktekkan oleh banyak petani di Indonesia dan sudah melaporkan kalau tanamannya bisa meningkat drastis hasilnya.

  • Pemupukan susulan tanaman kacang panjang

Yang harus di perhatikan lagi adalah bagaimana  kemampuan petani dalam aplikasi pupuk susulan dalam Budidaya Tanaman Kacang Panjang. Kita semua mengetahui bahwa tanaman kacang panjang mempunyai kemampuan untuk Fiksasi pupuk Nitrogen, sehingga kebutuhan unsur N bisa di cukupi oleh tanaman sendiri. Pemupukan susulan menggunakan pupuk yang pas dan berimbang membuat tanaman kacang panjang menjadi lebih tahan Hama Penyakit, Umur petiknya panjang dengan tonase hasil tinggi. Berikut pemupukan susulan yang biasa di lakukan oleh LMGA AGRO dalam rangka mendapatkan hasil panen kacang panjang yang berlipat :

CATATAN PENTING : DRUM PELARUT PUPUK KAPASITAS 200 LITER, PER TANAMAN APLIKASI 1 GELAS AQUA ( 2OO ML AIR ), JARAK                                                LUBANG  PUPUK 20 CM DARI LUBANG TANAM ( Jangan di langgar ya !!!! )

  1. Pemupukan pertama ( 10 HST ) lakukan pengocoran pupuk tanaman Kacang Panjang dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG dan Magnesum Sulfat dengan perbandingan 1 Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr  dalam 1 drum

  2. Pemupukan kedua ( 20 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Kacang Panjang dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP dan Magnesum Sulfat dengan perbandingan 2 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 100 Gr  dalam 1 drum

  3. Pemupukan ketiga ( 30 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Kacang Panjang dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK dan Magnesum Sulfat dengan perbandingan 2 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 500 Gr : 250 Gr

  4. Pemupukan keempat ( 45 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Kacang Panjang dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK dan Magnesum Sulfat dengan perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 500 Gr : 250 Gr

  5. Pemukan selanjutnya dilakukan interval 7 – 10 hari sekali dengan dosis pupuk seperti pemupukan ke empat

  • Pupuk Daun Tanaman Kacang Panjang

Pupuk daun  sistem aplikasi pupuk yang di lakukan dengan meyemprot bagian daun tanaman. Pemupukan dapat menggunakan Mutrisi yang mengandung N, P, K, Ca dan Unsur mikro tanaman. Pemupukan di lakukan dengan Interval 5 hari sekali.

  • Pemeliharaan tanaman kacang panjang yang baik dan benar

Pemeliharaan tanaman Kacang Panjang saya bagi menjadi beberapa bagian antara lain : Penyulaman tanaman, Penyiangan Gulma Tanaman, Pewiwilan Tunas air kacang Panjang, Pengairan tanaman kacang panjang, Pengendalian Hama dan Penyakit kacang Panjang dan Panen kacang panjang. Mari kita bahas satu persatu faktor pendukung budidaya tanaman kacang panjang ini agar memperoleh hasil 6 kali lipat dari biasanya.

Penyulaman tanaman kacang panjang

Lakukan penyulaman kacang panjang maximal 10 hari setelah tanam. Penyulaman tanaman yang di lakukan secara tepat ( Maximal 10 hari tanam ) menciptkan tanaman yang seragam serta yang nantinya akan memudahkan dalam perawatan dan waktu panen akan serentak. Gunakan benih Kacang Panjang yang sama untuk melakukan penyulam yang jenisnya sama dengan awal tanam.

Penyiangan Gulma ( rumput ) tanaman

Penyiangan gulma  perlu dilakukan di tanaman kacang panjang. Gulma yang banyak serta terlambat dalam penyiangan akan mengganggu pertumbuhan tanaman serta menjadi Inang tempat sembunyinya kutu penyebab virus. Virus tanaman yang menyerang di tanaman utama bisa jadi karena berasal dari adanya rumput yang tidak di kendalikan. Waktu ideal untuk menyiang tanaman adalah saat tanaman kacang panjang berumur 2 – 3 minggu. Umur tersebut adalah periode kritis kacang panjang yang kita pelihara. Penyiangan selanjutnya di sesuaikan dengan tingkat pertumbuhan rumput yang ada di sekitar tanaman. Penyiangan dapat di lakukan secara manual dengan cara mencabut rumput atau dengan menggunakan alat seperti cangkul dan sabit. Hati – hati apabila ingin melakukan penyiangan dengan menggunakan obat pembasmi rumput.

Pewiwilan Tunas air kacang panjang

Langkah pewiwilan tanaman seringkali tidak di lakukan oleh petani. Padahal salah satu kunci sukses melipat gandakan produksi salah satunya di aktivitas ini. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah pewiwilan yang bagaimana yang bisa meningkatkan hasil tanaman kacang panjang. Pewiwilan tanaman bertujuan agar tanaman kacang panjang bisa tumbuh membentuk tubuh tanaman yang kuat serta mengurangi tunas serta cabang tanaman yang kurang produktif. Yang lebih penting lagi adalah dengan di lakukan pewiwilan tanaman maka cahaya masuk dan sirkulasi udara  yang ada di sekitar tanaman menjadi Normal. Pewiwilan tanaman juga akan mencegah tanaman terhindar dari hama penyakit. Tanaman kacang panjang harus di wiwil tunas awal yang tumbuh dari 1 sampai 5 yang tumbuh. Selain itu jika di rasa daunnya terlalu lebat perlu di lakukan penguramgan daun terutama jika penanaman di lakukan di musim penghujan.

Pengairan Kacang Panjang

Pengairan kacang panjang di lakukan setiap tiga hari sekali atau melihat kondisi tanaman dan lingkungan. Kalau ingin lebih mudah dan hemat dalam biaya pengairan maka sistem pengairan kacang panjang dapat di lakukan dengan menggunakan sistem infus seperti yang sering di lakukan di tanaman semangka Non biji, cabe, melon. Pengairan tidak boleh terlambat sehingga akan menggangu pertumbuhan tanaman. Pengairan yang terlambat akan menyebabkan penyerapan pupuk menjadi terhambat.

Pengendalalian Hama dan Panyakit tanaman kacang panjang

Untuk Hama yang sering menyerang tanaman kacang panjang adalah : Ulat Grayak,  Penggerek Biji, Ulat Bunga, Lalat buah serta Kutu ( Mite dan Mizus ). Dari yang saya sebutkan di atas yang perlu mendapatkan perhatian yang serius adalah adamya Kutu Mite dan Kutu Kebul. Kedua kutu tersebut adalah penyebab tanaman kacang panjang terserang Virus Gemini ( Kuning ).  Kerusakan yang di akibatkan oleh adanya serangan Gemini Virus.

Sedangkan penyakit yang menyerang tanaman kacang panjang adalah Layu akibat serangan Bakteri dan Jamur. Cara pencegahan dan mengatasi tanaman layu Jamur dan bakteri adalah dengan menggunakan ARASHI. Obat jamur Arashi ini sudah banyak di pakai oleh petani di seluruh Indonesia dan di kenal ampuh dalam mencegah dan mengatasi layu tanaman. Arashi dapat di aplikasikan dengan dosis 1 Gram / Liter air tanaman saat berumur : Awal Tanam, 35 Hari setelah tanam dan 60 Hari setelah tanam.

Panen Kacang Panjang

Kacang Panjang dapat di lakukan pemanenan saat tanaman berumur 45 Hari setalah tanam. Ciri kacang panjang yang siap panen adalah kacang panjang mudah panah dan panjang mencapai ukuran maximal. Saat panen kacang panjang jangan sampai polongnya menonjol. Interval panen kacang panjang yang baik adalah 2-3 hari sekali. Waktu panen yang tepat saat pagi hari maximal sampai jam 10 dan sore hari.

Demikian artikel berjudul “RAHASIA PANEN KACANG PANJANG 6 KALI LIPAT” ini kami tulis. Kami berharap tulisan ini tidak hanya sebagai bahan bacaan saja. Semoga yang mau aplikasi cara Budidaya yang saya tulis ini bisa memperoleh hasil  berlipat atau bahkan kalau perlu bisa menyempurnakan tulisan saya sehingga hasilnya bisa lebih tinggi.

Apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi Toko Pertanian Online  LMGA AGRO, untuk SMS / WA di Hp. 0812 5222 117 atau untuk telepon di CP. BUDI hp. 082 141 747 141. Toko Pertanian Online lMGA AGRO menyadiakan layanan Konsultasi Online Gratis Budidaya tanaman. Silakan di manfaatkan, kami siap membantu memberi solusi Budidaya Tanaman anda agar terbebas dari kegagalan.

Iklan