CARA MENANAM TOMAT SERVO PANAH MERAH HASIL 5 KG


CARA MENANAM TOMAT SERVO PANAH MERAH, TAHAN VIRUS, HARGA MURAH, LMGA AGRO

Cara menanam tomat  Servo Panah Merah hasil 5 Kg. Jual murah benih tomat Servo Hp. 082141747141 khusus SMS / WA : Hp. 08125222117. Pengalaman ini saya sajikan dalam bentuk tulisan semoga bisa mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pembaca semua. Kenapa saya mengulas Cara menanam tomat Servo, karena benih tomat varietas Servo ini banyak di tanam oleh petani tomat dataran rendah. Harapan cara menanam tomat Servo  hasil 5 Kg ini bisa di praktekan. Akan lebih senang kalau ada yang menyempurnakan.

Tanaman tomat siapa yang tidak mengenal dan tahu dengan tanaman sayur yang satu ini. Buahnya banyak di butuhkan dan di konsumsi untuk kebutuhan sehari hari.  Baik untuk keperluan rumah tangga, untuk kecantikkan ( Marker tomat ) atau untuk keperluan bahan industri seperti untuk bahan saos.

Tetapi fokus yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah cara menanam tomat Servo Cap Panah Merah sehingga bisa menghasilkan 5 Kg per batang. Seperti kita ketahui saat ini dengan perkembangan lingkungan Budidaya tanaman tomat yang tidak mendukung menyebabkan produktivitas petani dalam menanam tomat mengalami penurunan produksi.

Saat rata – rata produksi tanaman tomat untuk jenis tomat sayur di dataran rendah berkisar 3 Kg itu pun terkadang di peroleh dengan cara dan usaha yang sudah luar biasa. Mari kita kupas tuntas cara menanam tomat Servo Panah Merah yang bisa menghasilkan 5 Kg / batang.

BACA JUGA : BENIH SERVO MERAJAI PASAR TOMAT SAYUR

Langkah – langkah yang harus di siapkan dan di lakukan dalam cara budidaya tomat Servo Cap Panah Merah hasil 5 Kg per pohon antara lain :

  • Pemilihan dan persiapan lahan untuk  mananam tomat Servo

Kita semua memahami bahwa lokasi dan kodisi tanah yang akan di gunakan untuk menanam tomat Servo Cap Panah Merah ini harus : Baru ( bukan bekas lahan satu famili ), Saluran Drainasenya bagus, lokasi agak miring dan yang terakhir sumber airnya mudah.

  • Pengolahan Lahan menanam  tomat Servo

Pengolahan lahan dapat di lakukan dengan mencangkul atau lebih baik dengan cara membajak sehingga lapisan olahnya bisa lebih dalam. Dalam menanam tomat Servo guna memperoleh hasil yang maksimal maka lapisan olahnya minimal adalah 30 Cm dengan harapan nanti akar bisa berkembang dengan sempurna.

Bentuk lahan yang akan di gunakan untuk menanan tomat Servo dengan panjang bedengan max 15 meter, Lebar bedengan 110 Cm, Kedalaman Parit  25  Cm ( untuk musim kering ) dan 40 Cm ( untuk musim penghujan ) dengan lebar parit  60 Cm dan ketinggian bedengan 30 Cm.

  • Gunakan benih tomat  Servo Cap Panah Merah 

Dalam hal ini kita akan menanam tomat Servo produk Panah Merah yang sudah terbukti tahan Virus serta benih terbaik yang ada saat ini. Karena menurut kami hanya dengan menggunakan benih tomat dataran rendah yang terbaik hasil budidaya tomat sayur ini akan bisa mencapai 5 Kg.

Semai dahulu benih tomat Servo di pematang persemian yang sudah di siapkan terlebih dahulu. Nanti benih tomat akan kita pindah tanam setelah 18 hari setelah semai. Umur pindah tanam dari persemaian jangan lebih dari 18 hari karena akan menyebabkan pertumbuhan tidak normal.

  • Aplikasi pupuk dasar menanam tomat Servo Panah Merah

Cara menanam tomat Servo Cap Panah Merah bisa mencapai 5 Kg / Batang ini, salah satu kunci suksesnya terletak di Aplikasi pupuk dasar. Karena itu di bab ini jangan sampai ada kesalahan. Pupuk dasar yang di gunakan terdiri dari pupuk Kimia yaitu ZA, TSP dan KCL.

Pupuk organik hasil Fermentasi ( BACA JUGA : Cara pembuatan bisa baca disini ) serta kapur dolomit. Tanpa adanya pupuk yang mencukupi dan berimbang maka hasi buah tomat tidak akan memuaskan.

Pupuk dasar berfungsi untuk menyediakan Nutrusi yang cukup saat menanam tomat Servo sehingga selama pertumbuhan tanaman bisa berjalan normal. Yang menjadi pertanyaan kita semua tentunya berapa dosis pupuk kimia, organik dan Dolomit dalam luasan 1 Ha tanaman tomat.

Dosis dalam luasan 1 Ha tanaman tomat digunakan adalah sebagai berikut : Za : TSP : KCl dengan perbandingan 200 Kg : 300 Kg : 250 Kg. Untuk pupuk organik Fermentasi : Kapur pertanian adalah 4 Ton : 2 Ton.

Cara Aplikasi pupuk dasar, Pupuk organik Fermentasi dan Dolomit adalah dengan cara mencapurkan secara merata ke dalam bedengan yang sebelumya sudah di siapkan ( dibagi merata ) dengan kedalaman 25 Cm ( Kedalaman akar tanaman tomat ). Dengan cara seperti ini maka selama menanam tomat Servo maka kebutuhan nutrisinya akan tercukupi.

Perlu kami sampaikan berdasarkan pengalaman yang sudah kami lakukan Sumber dasar organik yang tebaik adalah yang menggunakan pupuk kandang kotoran kambing. Dengan bahan dari kotoran kambing Nutrisi lebih lengkap serta peluang tanaman terserang layu bakteri dan jamur lebih kecil.

BACA JUGA : CARA PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI PADAT LMGA AGRO

  • Pemupukan Susulan menanam Tomat Servo  Panah Merah hasil 5 kg

CATATAN MOHON DI MENGERTI : Perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa pemupukan di lakukan dengan cara melarutkan ke dalam Drum volume 200 liter air. Setiap tanaman diberi pupuk 1 gelas Aqua ( 200 Ml ) di lubang pupuk ( Jarak 20 Cm dari lubang tanam ).

Berikut ini akan kami lampirkan pupuk yang di butuhkan serta dosis pupuk yang tepat untuk menanam tomat Servo hasil 5 Kg / Batang.

  1. Cara pemupukan pertama ( 10 HST ) lakukan pengocoran pupuk tanaman Tomat Servo  dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat  dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 1 Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 2 Liter  dalam 1 drum

  2. Cara pemupukan kedua ( 20 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Tomat Servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 100 Gr : 3 Liter  dalam 1 drum

  3. Cara pemupukan ketiga ( 30 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Tomat Servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi  dengan perbandingan 4 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter

  4. Cara pemupukan keempat ( 40 HST )  lakukan pengocoran pupuk tanaman Tomat Servo dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesum Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 5 Kg : 1 Kg : 500 : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter

  5. Cara pemupukan selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali dengan dosis pupuk seperti pemupukan ke empat . Pemupukan harus tetap di lakukan walau sudah panen.

BACA JUGA :  CARA PEMBUATAN PUPUK CAIR FORMULA KHUSUS LMGA AGRO

Setelah mengetahui dosis pupuk dan cara aplikasi pupuk maka untuk cara menanam tomat Servo hasil 5 Kg / pohon yang harus di ketahui adalah pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan tanaman ini harus di lakukan dengan benar dan tepat waktu. Fungsi pupuk dasar dan dosis pemupukan yang tepat tidak ada artinya tanpa di sertai dengan pemeliharaan yang baik.

Tata cara pemeliharan menanam tomat Servo Panah Merah hasil 5 Kg / batang yang harus dilakukan adalah :

  •  Penyulaman  tanaman  tomat Servo  Panah Merah

Langkah penyulaman tanaman di maksudkan untuk mengganti tanaman kecil yang mati atau kerdil karena tertinggal pertumbuhannya karena adanya serangan Hama serta penyakit. Penyulaman tanaman saat menanam tomat Servo Cap Panah Merah harus di lakukan sedini mungkin, biasanya kami melakukan maksimaql 10 hari setelah tanam. Penyulamam sedini mungkin di maksudkan agar tanaman tidak mengalami ketertinggalan.

  • Penyiangan gulma  saat menanam Tomat Servo  Panah Merah

Tanaman tomat yang ada di lahan akan banyak di tumbuhi oleh rumput liar yang mengganggu tanaman tomat. Penyiangan rumput perlu di lakukan sedini mungkin agar tidak menggaggu tanaman utama. Titik kritis umur tanaman tomat adalah 20 – 45 hari setelah tanam.

Penyiangan rumput juga di maksudkan gar tidak di gunakan sebagai inang Hama terutama yang menyebabkan serangan virus. Penyiangan selanjutnya di sesuaikan dengan tingkat pertumbuhan rumput yang ada di sekitar tanaman.

BACA JUGA : PANAH MERAH INDONESIA BENIH SAHABAT PETANI

Penyiangan dapat di lakukan secara manual dengan cara mencabut rumput atau dengan menggunakan alat seperti cangkul dan sabit. Hati – hati apabila ingin melakukan penyiangan dengan menggunakan obat pembasmi rumput.

  • Pewiwilan tunas air saat menanam Tomat Servo

Pewiwilan tunas air saat menanam tomat Servo harus di lakukan sedini mungkin. Jangan menunggu tunas air besar sehingga mengganggu batang utama. Karena Tomat Servo jenisnya adalah tomat Semideterminate maka pewiwilan tunas air hanya di lakukan terhadap Tunas air yang berada di bawah Cabang Y. Pewiwilan tanaman tomat juga bertujuan

  • Pengurangan buah per tandan saat menanam tomat Servo

Pengurangan tomat dalam tandan tanaman perlu di lakukan saat budidaya tanaman tomat Servo agar di peroleh hasil buah besarnya seragam. Idealnya buah per tandan adalah 5 – 6 buha per tandan. Kalau per tandan lebih dari itu maka sebaiknya buah di kurangi selagi masih kecil.

  • Pengairan  saat  menanam tomat Servo Panah Merah

Pengairan dalam menanam tomat Servo ini di maksudkan agar tanaman tercukupi kebutuhan air nya selama penanama tomat.  Kekurangan air akan menyebabkan gannguan pertumbuhan tanaman tomat antara lain :  Kerdil, Layu, Serangan penyakit serta hasil panen kuramg maksimal. Pengairan yang terlambat menyebabkan penyerapan pupuk dasar menjadi terlambat dan susah untuk di serap tanaman.

  • Pengendalalian Hama dan Panyakit tomat

Hama yang sering menyerang tanaman tomat adalah : Ulat Grayak,  Penggerek Biji, Ulat Bunga, Lalat buah serta Kutu ( Mite dan Mizus ). Dari yang saya sebutkan di atas yang perlu mendapatkan pemantauan  serius adalah  Kutu Mite dan Kutu Kebul. Kedua kutu tersebut adalah penyebab tanaman kacang panjang terserang Virus ( Kuning ).  Kerusakan yang di akibatkan oleh adanya serangan Gemini Virus.

BACA JUGA : MENANAN SAYUR SUKSES DAN BEBAS LAYU

Penyakit yang banyak menyerang tanaman tomat adalah layu yang di sebabkan oleh serangan jamur dan Bakteri. Kedua penyakit tersebut sebaiknya di lakukan pencegahan. Cara pencegahan dan mengatasi tanaman layu Jamur dan bakteri adalah dengan menggunakan ARASHI.

Obat jamur Arashi ini sudah banyak di pakai oleh petani di seluruh Indonesia dan di kenal ampuh dalam mencegah dan mengatasi layu tanaman. Arashi dapat di aplikasikan dengan dosis 1 Gram / Liter air tanaman saat berumur : Awal Tanam, 35 Hari setelah tanam dan 60 Hari setelah tanam.

  • Panen Tomat Servo Cap Panah Merah hasil 5 Kg

Saat yang di tunggu – tunggu adalah waktu panen tomat.  Tomat Servo dapat dilakukan pertama kali panen saat tanaman berumur 70 Hari setelah tanam. Ciri – ciri tomat yang bisa di panen adalah yang sudah berwarna merah mengkal. Interval panen tomat sayur dapat di lakukan 5 hari sekali. Waktu panen yang tepat saat pagi hari maximal sampai jam 10 dan sore hari.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN USAHA YANG TIDAK PERNAH MATI

Demikian artikel berjudul “CARA MENANAMAN TOMAT SERVO HASIL 5 KG PER BATANG ” kami tulis. Penulis berharap  tulisan ini tidak hanya sebagai bahan bacaan saja. Semoga yang mau aplikasi cara Budidaya yang saya tulis ini bisa memperoleh hasil  berlipat atau bahkan kalau perlu bisa menyempurnakan tulisan saya sehingga hasilnya bisa lebih tinggi.

Apabila ada yang kurang jelas tentang materi cara menanam tomat Servo hasil 5 Kg bisa menghubungi Toko Pertanian Online  LMGA AGRO. Untuk SMS / WA di Hp. 0812 5222 117 atau untuk telepon di CP. BUDI Hp. 082 141 747 141. Toko Pertanian Online LMGA AGRO menyediakan layanan Konsultasi Online Gratis Budidaya tanaman. Silakan di manfaatkan, kami siap membantu memberi solusi Budidaya Tanaman anda agar terbebas dari kegagalan.

 

 

 

Iklan