TOKO PERTANIAN USAHA YANG TIDAK PERNAH MATI


Toko Pertanian, Toko Tani, Toko Petani, Kediri, Toko Pertanian Murah, Toko Pertanian Lengkap, Agen Dealer, Distributor, Toko OnlineToko pertanian usaha yang tidak pernah mati. Berminat beli sarana pertanian, bisa beli di toko pertanian LMGA AGRO SMS/WA : Hp.08125222117 atau telepon Hp. 082141747141. Kami siap mengirim dengan cepat dan tepat waktu.Ya saya tertarik  mengulas sedikit tentang usaha toko pertanian yang saat ini sudah mengalami tranformasi. Seperti yang kita ketahui bahwa dahulu toko pertanian Identik dengan usaha yang di desa. Lokasi di dekat lahan hamparan sawah serta ada banyak tanaman pendukungnya, serta dilakukan menunggu konsumen sekitarnya.

Prinsipnya dimanapun belanja pertanian pelanggan pasti menghendaki belanja murah dan serta pemilik toko pertanian juga untung. Usaha toko pertanian menjual berbagai macam obat-obatan pertanian, benih, pupuk, alat pertanian dan sarana toko pertanian lengkap.

Tapi judul yang saya tulis tersebut bukan berarti usaha toko pertanian tidak akan pernah mengalami kerugian. Semua peluang itu tergantung bagaimana kita mengelola dan mengatur bisnis toko pertanian kita miliki.

Sekilas info kepada petani semua bila ingin BELANJA ONLINE TERPERCAYA sekaligus lokasi BELANJA ONLINE MURAH  dengan jaminan barang pasti datang ya  TOKO ONLINE MURAH  LMGA AGRO.

Peluang bisnis  toko pertanian ini terus berkembang dan mengalami bentuk penampilan, penyajian sampai berubah dengan cara penjualan dan cara transaksinya. Seiring perjalanan waktu bisnis toko pertanian yang sudah bisnis lama ( Kuno ) dan tradisional ini masih terus banyak peminatnya.

Hal ini karena manusia pada intinya akan selalu menggunakan produk dari proses aktivitas yang bernama bercocok tanam ( bertani ). Karena hanya dengan dari aktivitas bertani dan bercocok tanam ini kemandirian pangan suatu negara akan terwujud. Serta kita akan bisa terjamin kebutuhan pangannya untuk penduduk Indonesia. Kami yakin sepenuhnya bahwa kedepannya hanya negara yang bisa mandiri sumber pangannya yang akan mengalami kejayaan.

Sistem pembayaran dan belanja di masyarakat kita saat ini banyak mengalami perubahan. Apalagi seiring dengan usaha pemerintah yang lagi berusaha menggalakkan E – Money dalam rangka mengurangi uang yang beredar di masyarakat.

Bisnis toko pertanian pun juga mengalami perubahan yang semula sistem konvensional sekarang sudah bermunculan Toko Pertanian Online. Sehingga aktivitas jual beli online sudah di lakukan antar pemilik toko dengan konsumen. Keunggulan jualan online adalah tidak terbatas waktu dan lokasi. Toko pertanian online sangat fleksibel sehingga lebih mudah cara penanganannya.

Saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap transaksi toko pertanian secara on line pun sudah banyak mengalami pertumbuhan yang positif. Salah satu di sebabkan karena semakin mudahnya akses Internet yang ada di negara Indonesia. Serta teknologi penggunaan internet memang dalam 10 tahun ini mengalami perubahan kemudahan aplikasi.

Akses toko pertanian LMGA AGRO harga murah hanya bisa dilakukan lewat komputer dan laptop yang masih terbatas pemiliknya. Serta hanya wilayah Indonesia tertentu yang bisa akses. Sekarang Internet bisa di akses dari Individu penduduk Indonesia lewat Smart Phone nya. Hal inilah yang mempermudah akses traksaksi ke toko pertanian lebih mudah.

Kompetisi toko online pertanian sudah mulai di rasakan, sehingga hanya tempat belanja online pertanian yang bisa memuaskan petani nantinya akan bisa bertahan. Orang yang ingin mempunyai usaha toko pertanian pun sekarang harus bisa menjaga agar bisa menjadi tempat belanja online terpercaya. Peluang usaha toko pertanian yang masih menjanjikan membuat toko pertanian bermunculan di daerah sentra penanaman sayur.

Selama kurun waktu 5 tahun ke belakang usaha bisnis toko pertanian, alat pertanian, toko tani, pupuk tanaman, mesin pertanian, toko pupuk, toko benih bermunculan pesat. Pertumbuhan usaha toko pertanian ini terlihat nyata di pulau luar Jawa yang merupakan sentra penghasil sayuran.

Persaingan usaha toko pertanian semakin ketat menuntut para pemilik toko pertanian  terus memberi dan meningkatkan kemampuan servicenya kepada pelanggan. Tuntutan service dari petani tidak hanya saat pembelian tapi juga bagaimana service pasca beli barang ( Layanan Purna Jual ).

Cara pemberian layanan purna jual berfungsi agar barang yang di belanjakan bisa memberi nilai manfaat besar bagi penggunanya. Nilai manfaat atas barang yang di belinya tersebut akan membuat petani terus bisa menjadi pelanggan toko pertanian di mana dia membeli barang dan terpuaskan.

Toko pertanian dalam kurun waktu 5 tahun ini banyak bermunculan di berbagai daerah dan kota di Indonesia. Hal ini seiring dengan sistem rayonisasi  wilayah pembagian pupuk bersubsidi yang ada. Apalagi kedepannya akan menganut pembagian pupuk dengan sistem kartu tani. Maka secara tidak langsung akan memicu semakin banyak aktivitas usaha jual pupuk lewat toko pertanian di berbagai wilayah.

Toko pertanian yang sifatnya hanya menjual barang tanpa di sertai dengan kemampuan service konsultasi perawatan tanaman tentunya akan semakin di tinggal oleh konsumennya. Pemilik dan pengelola toko pertanian yang profesional di tuntut agar bisa memberi layanan terbaik.

Semua yang terlibat di toko pertanian mulai dari Custumer Service, Front Office, Bagian Gudang sampai dengan bagian pembelian barang mengetahui dan memahami secara detail akan nilai manfaat barang yang di jual serta yang sudah di beli dari Suplayer.

Barang yang di jual di toko pertanian bisa berupa :benih, bibit, pupuk, obat,  buku pertanian, sarana dan alat pertanian. Mulai alat pertanian yang sifatnya manual seperti cangkul, sabit. Bahkan saat ini bisa menjual alat petanian yang sudah modern seperti diesel untuk pengairan dan mesin pertanian untuk pengairan, alat semprot elektrik, alat tanam sampai dengan alat panen. Nanti kita akan ulas lebih datail lagi.

Tranformasi Toko Pertanian paling banyak mengalami perubahan saat ini adalah cara penjualan produk. Penjualan dan cara transaksi di toko pertanian saat ini sudah mengalami perubahan sistem. Yaitu dari sistem cara bertemu antara penjual dan pembeli, sekarang sudah berubah menjadi sistem Online. Atau sistem jualnya yang dahulu harus ketemu sekarang juga cukup order lewat telepon barang akan dikirim oleh bagian kanvas keliling toko.

Begitu pula dengan sistem pembayaran dahulu transaksi di toko pertanian harus memberi uang langsung sekarang cukup tranfer secara langsung. Atau bahkan sistem pembayaran dengan menggunakan sistem Giro, bisa mundur sesuai dengan kesepakatan antar pelaku dan pengelola toko pertanian.

Seperti saya ulas di atas bahwa sistem pembayaran pemerintah yaitu E – Money yang saat ini lagi ramai di gagas oleh pemerintah nanti juga sudah berlaku di masyarakat. E – Money adalah Kartu Pra bayar Multi fungsi yang di terbitkan oleh lembaga Bank atau ( Lembaga keuangan ) yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai untuk transaksi penjualan.

Tentu toko pertanian dan petani juga di tuntut untuk terus maju menyesuaikan sistem pembayaran yang ada dalam transaksi. Pembayaran  pupuk bersubsidi nantinya petani akan menggunakan E – Money yang di beri nama Kartu Tani yang di keluarkan oleh Bank BNI 46. Adanya sistem pembayaran Elektronik di Kartu Tani maka pupuk subsidi akan semakin kecil untuk di selewengkan penggunaannya. Dengan adanya Sitem E – Money di Subsidi pupuk maka petani harus mau belajar tentang cara pembayaran yang baru ini.

Tranformasi di usaha pertanian ini tentunya akan semakin mempermudah petani semua dan tidak  banyak menghabiskan waktu dan biaya dalam mendapatkan barang pertanian yang di inginkan. Sehingga waktu yang ada lebih bisa di manfaatkan untuk aktivitas berguna lain.

Petani akan lebih banyak waktu untuk lebih berkonsentrasi di pemeliharaan tanaman Budidaya. Petani yang waktunya lebih Konsentrasi ke Budidaya Tanaman akan lebih sukses dan persen kegagalan jadi lebih kecil.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN DI GENGGAMAN PETANI INDONESIA

Guna mengetahui aktivitas yang ada di toko pertanian mari kita simak bersama tentang sidikit ulasan dan aktivitas yang ada di toko pertanian saat ini :

  • MENGENAL BISNIS TOKO PERTANIAN

Kita semua mengetahui bahwa negara Indonesia adalah negara Agraris yang masyarakatnya secara umum mengandalkan  dan beraktifitas di bidang pertanian. Kita juga mengetahui bahwa aktivitas dalam bidang pertanian membutuhkan daya dukung sarana serta prasarana dan alat pertanian sehingga semua bisa berjalan dengan normal.

Disinilah letak pentingnya toko pertanian berada. Modal membuka toko pertanian saat ini tidak sedikit dan termasuk usaha yang padat modal. Hal ini karena saat ini variasi produk pertanian sangat bentuk dan mempunyai variasi manfaat yang berbeda – beda pula.

Toko pertanian, Toko pertanian murah, LMGA AGRO, Harga Murah, Bisnis Pertanian, Usaha pertanian
MULSA PERTANIAN

Semua kebutuhan pertanian tersebut di akomadasi oleh aktifitas yang bernama Toko Pertanian. Kios pertanian menjadi tumpuan petani dalam pengadaan kebutuhan pertanian. Semua kebutuhan petani idealnya bisa di jual dan di cari di toko pertanian. Usaha toko pertanian yang menyediakan barang secara lengkap akan lebih mudah di kunjungi petani dan banyak pelanggan. Hal ini karena toko pertanian yang lengkap sanggup mengakomodasi kebutuhan petani. Apalagi dengan service harga barang yang lebih murah dan layanan pelanggan yang memuaskan.

Sedikit akan saya ulas tentang jenis dan macam barang yang bisa di jual di toko pertanian. Toko pertanian bisa menyediakan dan menjual : Benih, Bibit, Pupuk, Obat pertanian, alat serta sarana pertanian, Jasa pertanian. Dari penjualan ini pengelola bisnis toko pertanian akan mendapatkan keuntungan. Mari kita ulas sekilas tentang kebutuhan petani yang harus di penuhi dan di sediakan secara lengkap oleh toko pertanian.

  • BENIH PERTANIAN

TOKO PERTANIAN, USAHA TOKO PERTANIAN, BISNIS TOKO PERTANIAN, PELUANG USAHA TOKO PERTANIAN, PERTANIAN ON LINE, LMGA AGRO
TOMAT LUMINA

Benih pertanian menjadi kebutuhan rangking pertama yang harus di sediakan di usaha toko pertanian. Tanpa adanya benih proses budidaya tanaman tidak akan pernah ada. Maka benar adanya kalau kita mendengar benih adalah awal dari kehidupan. Apalagi kalau letak usaha toko pertanian kita ada di daerah sentra penanaman.

Kebutuhan benih akan mempunyai perputaran yang cepat. Benih menjadi modal utama petani dalam proses budidaya tanaman. Saat ini benih yang di sediakan harus mempunyai standart benih dan di produksi oleh perusahaan benih yang sudah mempunyai brand kuat. Toko pertanian sebagai wujud usaha akan berhasil apabila menyediakan benih secara lengkap, berkualitas dan mempunyai layanan purna jual.

Toko pertanian masa ini harus mempunyai layanan purna jual benih yang kuat di petani. Toko pertanian bisa menjual benih yang di produksi oleh perusahaan yang sudah banyak di kenal dan banyak di gunakan oleh petani. Penih tersebut antara lain produk dari : Bisi International Merk Cap Kapal Terbang, East West Seed merk Cap Panah Merah, Bintang Citra Asia ( BCA ), Sakata Seed Jepang, Known You Seed Taiwan, Primasid, Agrosid, Takii Seed, Oriental Seed, Tani Murni, Agri Makmur Pertiwi.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN DI BERBAGAI KOTA INDOENSIA

Kami menganjurkan kepada toko pertanian yang baru mengawali usahanya untuk menjual dan menyediakan benih yang banyak di gunakan oleh petani di sekitar anda. Dengan cara ini maka toko pertanian tidak akan mengalami kerugian serta toko akan ramai pengunjung. Seiring dengan umur dan kemajuan toko pertanian anda maka sambil melengkapi stock sarana dan prasarana kebutuhan pertanian di toko pertanian yang anda kelola.

Pejualan benih pertanian di toko harus selalu di perhatikan kadaluarsa dari benih. Karena benih akan mengalami turun daya tumbuhnya kalau sudah lama dan di simpan dengan cara yang salah. Tempat penyimpanan benih sayuran dan lain – lain harus terhindar dari panas matahari langsung. Tempat penyimpanan juga harus kering, tidak boleh dalam keadaan lembab.

Selain menjual benih usaha toko pertanian juga bisa didampingi dengan usaha menjual bibit pertanian, yaitu dengan membuka usaha pembibitan tanaman sayur. Karena banyak petani yang maunya membeli bibit secara langsung. Ataupun petani yang mengalami banyak gangguan saat menyemai atau pindah tanam sehingga membutuhkan bibit pertanian. Usaha pembibitan tanaman adalah salah satu usaha di luar toko pertanian yang prospeknya cukup menjanjikan.

  • PUPUK PERTANIAN

Toko pertanian agar bisa mempunyai banyak pelanggan petani juga harus menjual segala kebutuhan pertanian berupa pupuk. Pupuk pertanian yang di jual bisa berupa pupuk subsidi maupun pupuk non subsidi. Usaha toko pertanian yang baru saja buka tentu cukup melengkapi dengan pupuk non subsidi secara lengkap. Kebutuhan akan pupuk menjadi kewajiban bagi petani. Bebarapa pupuk yang bisa di jual antara lain adalah : NPK, TSP, KCL, ZK, KNO3, Pupuk Daun, Urea, Za, Pupuk cair, Pupuk Organik dan masih banyak lagi. Atau kalau modal ada bisa menjadi distributor pupuk untuk produksi tertentu. Menyediakan kebutuhan pupuk petani di toko pertanian secara lengkap akan mampu mengundang banyak petani datang. Karena hanya beli di satu lokasi semua kebutuhan dalam proses menanam tanaman sudah ada semua.

  • OBAT PERTANIAN ( PESTISIDA )

Toko pertanian juga harus mampu menyediakan pestisida pertanian secara lengkap serta harga murah. Pestisida ( obat ) pertanian saat ini banyak di gunakan oleh petani. Perusahaan pestisida pun sekarang banyak bermunculan. Selaku pengelola usaha toko pertanian kita harus bisa bijak, memilah dan memilih pestida yang kita jual.

Semua itu dengan tujuan agar toko pertanian kita bisa tumbuh dan dengan layanan memuaskan. Macam – macam pestisida harus jual secara lengkap. Baik itu fungisida, herbisida, insektisida, akarisida, rodentisida, moluskisida. Pengelola usaha toko pertanian harus pandai memprediksi dan menyediakan secara lengkap serta yang banyak di gunakan oleh petani.

Apabila usaha toko pertanian baru maka harus di surve dahulu jenis, kemasan, serta perusahaan yang produksi. Sediakan obat pestisida pertanian yang sesuai dengan permintaan petani lingkunga terdekat. Toko pertanian harus memahami bahan aktif, cara kerja serta dosis aplikasi di tanaman. Sehingga akan bisa memberi instruksi yang tepat kepada pelanggan petani yang menjadi pelanggan kita. Hal ini menjadi salah satu kunci sukses kita dalam usaha bisnis penjualan pestisida.

Kesalahan dalam merekomendasi penggunaan pestisida pertanian akan bisa menyebabkan kerugian pada pengguna. Bahkan yang parah bisa menyebabkan keracunan pada diri petani.

  • ALAT PERTANIAN

Toko pertanian juga harus menyediakan sarana kebutuhan pertanian yang berupa alat pertanian sebagai sarana pendukung pertanian. Bisnis toko pertanian mampu menyediakan pertanian secara lengkap akan mempunyai banyak mitra petani. Karena petani akan dengan mudah mencar barang.

Alat pertanian ada yang sifatnya mesin pertanian atau tenaga listrik, ada juga yang sifatnya manual. Semuanya digunakan untuk daya dukung petani dalam bercocok tanam. Alat dan sarana pertanian lain yang bisa di jual antara lain adalah : Tanki serta suku cadang sprayer, Diesel pengairan, Tray semai, alat kocor tanaman, pelubang mulsa, mesin tanam, alat timbang, mulsa pertanian, polybag semai, cangkul, sabit, hand traktor, mesin pemotong padi, mesin perontok padi, mesin selep padi, mesin tanam padi, power sprayer dan masih banyak lagi. Alat pertanian yang saya sebutkan di atas baru sabagian saja.

Alat pertanian tersebut akan selalu berkembang baik teknologi dan jenis barangnya. Semua tentu dengan satu tujuan yaitu untuk meningkatkan produktivitas dalam proses pertanian.

  • PERALATAN USAHA TOKO PERTANIAN 

Perlu dilakukan penataan yang rapi dan menarik dalam usaha Toko Pertanian. Hal ini agar barang yang kita jual menarik serta mudah di jangkau sehingga akan membantu dalam kecepatan layanan. Penataan dan display produk ini akan sangat memerlukan peralatan antara lain : Etalase, Neon Box, Rak, Alat timbang, Gunting, Cutter, Alat tulis, meja kursi, lampu penerangan dan lain – lain.

  • BARANG DAN SETTING HARGA TOKO PERTANIAN

Untuk barang agar kita tidak terlalu berat di modal tentunya kita menyetok barang yang menjadi permintaan petani area toko pertanian berada. Untuk setting harga jual tentunya agar kita bisa bersaing bisa mengikuti setting harga toko yang sudah ada. Atau menyeting harga sendiri untuk produk pertanian yang nama dan kemasannya baru.

Prinsipnya semua pembeli dan pelanggan kita menghendaki belanja murah dan aman. Setting harga yang tepat akan membuat toko pertanian kita laku dan banyak pelanggan. Setting harga bertingkat bisa di terapkan untuk membedakan harga untuk Individu, di jual lagi atau Grosiran.

Toko Pertanian jual murah dan lebih lengkap akan banyak pelanggan petani serta akan lebih ramai. Harga murah menjadi salah satu parameter belanja petani. Untuk mendapatkan harga bersaing toko harus punya supplier toko pertanian yang murah, aman dan kuat. Terutama toko yang sudah jadi agen, dealer dan distributor perusahaan pertanian.

  • TENAGA KERJA DAN SISTEM PENJUALAN TOKO PERTANIAN

Kita semua mengetahui bahwa persaingan di usaha toko pertanian saat ini sudah sangat ketat. Karena itu perlu persiapan matang sehingga toko yang kita dirikan bisa bersaing dan terus besar. Kita bisa menentukan sistem penjualan toko pertanian kita secara konvensional atau dengan sistem jual beli online. Karena itu kita harus melengkapi ketrampilan tenaga kerja dan penunggu yang ada di toko pertanian dengan ketrampilan di Bidang Pertanian.

Pemahaman (Hama dan Penyakit) serta pengetahuan tentang fungsi dan peran barang yang kita jual serta sitem penjualan yang kita pilih. Sistem penjualan dengan perangkat Komputer perlu di lakukan sehingga semua barang tercatat dan terdeteksi keluar masuknya.

  • SISTEM GUDANG TOKO PERTANIAN

Toko Pertanian, Harga Murah, LMGA AGRO, Kios Pertani, Toko Pertanian On Line, Dealer, Agen, Distributor, Barang Pertanian, Jual sarana PertanianGudang sebagai tempat penyimpanan barang dan pengaturan keluar masuknya barang harus benar – benar tertulis dan terdeteksi. Managemen Gudang harus diterapkan untuk menghindari kerugian usaha karena salah stock atau salah penyimpanan. Karena itu penerapan hukum ( FIFO First In First Out harus selalu di tekankan untuk menghindari barang yang rusak. Sudah saatnya gudang toko pertanian di isi oleh tenaga kerja yang terampil serta di lengkapi dengan sistem komputer ( Program Gudang ) sehinga layanan menjadi cepat dan mudah.

Gudang toko pertanian juga harus mempunyai standart terutama dalam hal : luas gudang, jenis barang yang di simpan,kekuatan gudang, bebas dari banjir, bocor saat hujan dan sirkulasi udara yang baik. Standart itu harus selalu di kontrol dan di awasi sehingga barang yang di simpan tidak akan banyak mengalami kerusakan.

  • LOKASI USAHA TOKO PERTANIAN

Pilihlah lokasi usaha Toko Pertanian yang Strategis serta penduduknya beraktifitas Agraris. Lokasi Toko pertanian bisa memilih di dekat sawah, tepi jalan atau dekat pasar induk sayur sehingga banyak di lalui oleh petani dan pedagang pasar. Lokasi akan sangat menentukan jumlah pengunjung harian sehingga akan berpengaruh di omset penjualan.

  • LAYANAN PURNA JUAL TOKO PERTANIAN

Layanan purna jual mempunyai pengertian sebagai bentuk layanan yang di lakukan oleh perusahaan ( Toko Pertanian ) sebagai bentuk tanggung jawab dari produk yang di jualnya. Saat ini toko petanian yang ingin banyak pelanggannya harus mempuyai bentuk layanan yang bisa memuaskan dan mengikat pelanggan sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia.

Bentuk dan sistem layanan purna jual bahkan sudah menjadi persyaratan utama bagi usaha pertanian. Bentuk layanan purna jual ini banyak di cari petani sehingga mereka mempunyai tingkat rasa aman bila belanja di toko pertanian. Saat ini layanan purna jual yang paling Favorit bagi petani adalah tentang Konsultasi Budidaya Tanaman sehingga petani terhindar dari kerugian dan gagal panen.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN ON LINE YANG DIPERCAYA PETANI

Sudah saat nya petani mendapatkan lokasi BELANJA ONLINE TERPERCAYA sekaligus lokasi BELANJA ONLINE MURAH  mau bukan????? Jawabannya ada di toko TOKO ONLINE MURAH  LMGA AGRO.

Petani dan toko pertanian yang belanja di LMGA AGRO berasal dari berbagai kota di Indonesia. Antara lain toko pertanian di Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Bangka, Lampung, Jakarta, Riau, Pekanbaru, Pontianak, Bekasi, Blitar, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jember, Yogjakarta, Jombang, Karawang, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Medan, Mojokerto, Palembang, Ponorogo, Pontianak, Purwokerto, Salatiga, Samarinda, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, Banyuwangi, Probolinggo, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Lamongan, Banjarnegara, Garut, Ambon, Jayapura, Maluku, Manado, Kendari, Tuban, Pati, Blora, Rembang, Klaten, Sragen, Mataram, Bima, Flores, Timika. Daerah di atas adalah sebagian asal kota pelanggan yang pernah membeli di toko pertanian kami.

Kami berusaha memberi layanan yang terbaik. Walaupun pelanggan berasal dari kota di Indonesia yang jauh jaraknya, kami berusaha mengirim barang cepat dan tepat waktu.

TOKO PERTANIAN PETANI INDONESIA

Demikian sekilas tentang peluang usaha toko pertanian ini kami ulas. Semoga bisa membuka dan menambah wacana bagi pembaca semua yang ingin berusaha di toko pertanian. Apabila membutuhkan bantuan kelengkapan usaha toko pertanian anda bisa menghubungi Toko Pertanian Online LMGA AGRO kami siap mengirim dengan jaminan barang pasti datang.

Apabila ingin belanja Online produk petanian silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di SMS/Wa : Hp. 081 25222 117 atau telepon di CP. Budi Hp. 082 141 747 141. Kami juga menyediakan layanan Konsultasi Gratis Budidaya tanaman pertanian anda.