BUAH RENYAH TERONG BULAT ARENA, POTENSI HASIL TINGGI


terong, benih, terong unggul, terong lalap, terong bulat, lmga agro, benih terong, toko pertanianTanaman terong (Solanum melongena L.), termasuk jenis tanaman sayur dalam family solanceae yang telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia secara luas. Terong memiliki beberapa jenis ada terong ungu, terong hijau, terong putih, terong lalap, dll. Tanaman terong sangat mudah dibudidayakan terutama jenis terong lalap. Terong lalap memiliki bentuk kecil dan bulat. Terong lalap atau terkadang disebut terong bulat memiliki dua warna, ada yang berwarna hijau dan ungu.Terong lalap dapat dibudidayakan dalam skala besar maupun kecil baik di lahan perkebunan, sawah, ladang, dan perkarangan rumah.

Terong lalap umumnya mempunyai tekstur daging empuk dan renyah serta rasa yang manis. Tak heran jika terong ini sangat diminati masyarakat. Terong lalap dapat dinikmati secara langsung sebagai lalapan ataupun diolah menjadi anaka kuliner seperti tumis terong, semur terong, sambal terong, dsb.Terong ini pun juga kaya akan kandungan gizi. Terong lalap mengandung: energi 17.4 kal, protein 1.2 gr, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg hingga 2.8 mg, potassium 187.0 mg dan air 92.5 gr. Terong ini juga mengandung striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon yang dapat menghambat kekejangan saraf (epilepsi). Khasiat terong lalap lainnya diantaranya dapat memelihara kelangsingan tubuh, mengendurkan urat-urat syaraf, mengendalikan stres, melancarkan air seni, menyebuhkan sakit perut, menerunkan tekanan darah tinggi, dsb.

Terong lalap dapat tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1 mdpl hingga 1200 mdpl dengan suhu sekitar 18-20 derajat celcius. Intensitas cahaya yang penuh sangatlah dibutuhkan dalam proses pembentukan warna buah. Terong lalap dapat tumbuh dengan baik pada tanah lempung berpasir dan mengandung abu vulkanis dengan tingkat keasaman (pH) tanah sekitar 5-6. Waktu penanaman terong yang tepat adalah pada awal musim kemarau.

Tanaman terong lalap biasa dibudidayakan melalui biji yang diambil dari buah terong yang sudah tua kemudian dikeringkan. Namun sekarang, petani tidak perlu repot membuat benih terong sendiri. Benih terong dalam kemasan pabrikan sudah banyak beredar di pasaran dan sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian dengan berbagai varietas. Berikut macam-macam benih terong tersebut: varietas terong ungu ( Sri Long dari Known You Seed, Lezata dari Panah Merah, Yumi dari Panah Merah, Prince dari cap Kapal Terbang, dll), terong hijau (Ratih Hijau dari Cap Kapal Terbang, Hijau Kuat dari Known Yuo Seed, Milano dari Panah Merah, dll,terong lalap/bulat (Kanari dari Bintang Asia, Pipit dari Muriara Bumi, Arena dari Cap Bunga Matahari)

BACA JUGA : BENIH TERONG

Terong lalap memang tidak sepopuler terong ungu ataupun terong hijau. Namun, potensi budidaya dan pemasaran dari terong ini tentu masihlah cukup besar. Saat ini terong bulat atau terong lalap mulai banyak dikonsumsi karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu rasadan bentuknya yang bulat kecil menjadi daya tarik sendiri bagi terong ini. Jenis terong bulat yang banyak ditanam adalah benih terong bulat unggul. Benih terong bulat unggul pabrikan sudah banyak beredar saat ini, jadi petani tidak perlu repot untuk membuat benih terong sendiri. Salah satunya adalah Terong Bulat Arena Cap Matahari. Terong Bulat Arena bisa menjadi pilihan petani karena potensi hasilnya yang tinggi. Buahnya yang lebat, bisa mencapai 4 kg/tanaman. Potensi ini tentu sangat menguntungkan petani. Percabangan yang banyak dan produktif serta persentasi bunga menjadi buah yang tinggi menjadikan tanaman Terong Bulat Arena memiliki potensi hasil yang tinggi.

Adapun karekteristik dari terong bulat Arena Cap Matahari sebagai berikut:

  • Buah terong Arena berwarna hijau disertai lurik putih.
  • Tanaman terong Arena memiliki percabangan banyak serta sangat produktif.
  • Potensi hasil tanaman sekitar 4 kg/batang
  • Buah berbentuk bulat dengan panjang 4 cm dengan diameter 5 cm.
  • Terong bulat Arena sangat toleran terhadap serangan penyakit layu jamur dan layu bakteri yang banyak menyerang tanaman terong saat ini.
  • Tanaman terong unggul Arena dapat dipanen pada umur 50 HST
  • Daging buah terong Arena keras, renyah dan buah mudah jadi.
  • Kebutuhan benih 200 gram /ha

Buah renyah Terong Bulat Arena, potensi hasil tinggi menjadi keunggulan dari terong ini. Terong Arena cocok menjadi pilihan petani untuk memulai budidaya terong dengan hasil panen memuaskan. Benih terong Arena Cap Matahari tersedia dalam kemasan 10 gram/sachet. Apabila berminat benih terong bulat Arena bisa anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Toko Online LMGA Agro menyediakan benih-benih tanaman hortikultura, pestisida, alat-alat dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA Agro siap mengirimkan pesanan ke seluruh Indonesia dengan menggunakan jasa ekspedisi terpercaya seperti POS, JNE, TIKi, KI8, Indah Cargo, Rosalia dan beberapa ekspedisi kapal laut. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA Agro di CP Bpk. Budi Telp.   082 141 147 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Iklan