RSS

BUNGA KOL F1 AQUINA IDOLA PETANI DATARAN TINGGI DARI PANAH MERAH

19 Nov

aquina, benih, bunga kol, benih bunga kol, bunga kol aquina, benih bunga kol aquina, f1 aquina, panah merahBunga kol merupakan tanaman sayur semusim berbatang lunak dan memiliki daur hidup singkat minimal sekitar 4 bulan dan maksimal sekitar 1 tahun. Tanaman dengan nama latin Brassica oleraceae var. Botrytis ini termasuk ke dalam golongan tanaman sayur famili Brassicaceae (kubis-kubisan). Tanaman dengan famili Brassicaceae (kubis-kubisan) dapat dibedakan menjadi 5 jenis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kubis Krop. Kubis ini memiliki daun-daun yang dapat membentuk krop hingga warnanya berubah menjadi putih. Contohnya : kubis Green Nova, kubis Green Auntumn, kubis merah, dll.
  2. Kubis Umbi. Kubis ini memiliki ciri-ciri bagian dasar batangnya di bawah atau di atas tanah membesar membentuk umbi. Contohnya : kolrabi.
  3. Kubis Daun. Kubis ini sering disebut dengan kubis kampung. Contohnya : kale dan kailan.
  4. Kubis Tunas. Kubis ini biasanya membentuk krop kecil pada setiap tunas-tunasnya hingga dalam satu tanaman dipenuhi oleh banyak krop-krop kecil. Contohnya : Brusselssprout.
  5. Kubis Bunga. Kubis ini memiliki bakal bunga yang mengembang berbentuk bulat dan berwarna putih kekuning-kuningan. Contohnya : bunga kol.

Dari kelima jenis kubis tersebut, tanaman yang kita bahas kali ini bunga kol, termasuk ke dalam salah satunya yaitu jenis kubis bunga. Selain disebut dengan bunga kol atau kubis bunga, tanaman sayur ini juga dikenal dengan sebutan lain yaitu kembang kol dan bloemkool.

Sebagai sayuran, bunga kol cukup banyak diminati oleh setiap lapisan masyarakat. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi dan manfaat dari bunga kol menjadi alasan kenapa masyarakat mengonsumsi bunga kol. Bunga kol sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan protein, vitamin, dan mineralnya yang tinggi serta kadungan lemak jenuhnya yang sedikit. Untuk mengambil gizi dan mengonsumsinya masyarakat biasa mengolahnya menjadi aneka sayur seperti sop, cap jay, tumis, acar, dsb.

Tak sedikit orang yang suka mengonsumsi bunga kol sehingga menjadikan permintaan bunga kol sangat tinggi di pasaran. Tingginya permintaan pasar ini menandakan bahwa potensi pasar bunga kol masih cukup luas dan terbuka lebar. Tak heran jika hal ini tidak dilewatkan begitu saja oleh para petani. Petani semakin gencar melakukan budidaya bunga kol dan memperluas area tanamnya. Seperti bisa kita lihat di sentra – sentra budidaya bunga kol dataran tinggi, jika awalnya hanya terletak di daerah Jawa Barat yaitu Lembang, Cisarua, dan Cibodas. Tapi saat ini telah menyebar di sentra – sentra produksi sayur lainnya seperti Bukit Tinggi (Sumatera Barat), Pangalengan, Maja, Garut (Jawa Barat), Kopeng (Jawa Tengah), dan Bedugul (Bali). Selain itu bahkan di daerah dataran rendah pun juga terdapat area budidaya bunga kol yang lumayan luas dengan menggunakan varietas benih khusus dataran rendah.

Permintaan pasar yang tinggi dan bertambah berkembangnya area tanam bunga kol direspons pula dari beberapa produsen benih dengan memproduksi berbagai macam varian benih bunga kol dengan keunggulannya masing-masing. Hal ini tentu saja sangat membantu dan memudahkan petani dalam mencapai kesuksesan budidaya. Benih bunga kol yang telah diproduksi dan beredar di pasaran sudah banyak antara lain ada benih bunga kol F1 PM 126 dari Panah Merah, bunga kol F1 White Shot dari Sakata, bunga kol F1 Orient dari Cap Kapal Terbang, bunga kol F1 Mona dari Panah Merah, bunga kol F1 Snow White dari Known You Seed, bunga kol F1 Kusuma dari Benih Pertiwi, dan bunga kol F1 Aquina dari Panah Merah.

Dalam melakukan budidaya bunga kol, pemilihan benih yang tepat sangat penting dilakukan selain dari teknik budidaya yang baik dan benar. Pemilihan benih harus dipertimbangkan betul dan disesuaikan dengan hasil yang ingin dicapai pada saat panen, karakteristik tanaman yang diinginkan dan kesesuaian dengan ketinggian tempat budidaya. pemilihan benih yang tidak tepat tentu saja akan mempengaruhi hasil panen. Tanaman jadi tumbuh tidak seperti yang diinginkan begitu pula hasil panennya tidak akan maksimal.

Sebagai pusat produksi atau sentra budidaya bunga kol yang paling banyak yaitu di dataran tinggi, pemilihan benih harus dilakukan secara tepat. Benih bunga kol sekarang ini tersedia dalam 2 varian yaitu khusus dataran tinggi dan dataran rendah. Untuk itu petani yang ingin memulai budidaya bunga kol sebaiknya harus hati-hati dan mengecek dulu apakah benih bunga kol tersebut cocok di budidayakan di daerah tersebut ataukah tidak. Hal ini dengan tujuan agar petani tidak menyesal pada waktu panen tiba. Karena bagaimanapun jika benih terlihat bagus luarnya tapi tidak cocok untuk daerah budidayanya, akan percuma saja benih tidak dapat berpotensi maksimal dan bahkan benih tidak dapat tumbuh serta berakibat gagal panen. Hal tersebut tentu tidak diharapkan oleh petani semua, kan?

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, sebagai contoh salah satu pemilihan benih bunga kol yang tepat untuk dataran tinggi adalah dengan menggunakan benih bunga kol F1 Aquina. Benih bunga kol F1 Aquina merupakan benih bunga kol hibrida hasil produksi dari produsen benih PT EAST WEST SEED INDONESIA Cap Panah Merah. Benih ini memiliki keunggulan – keunggulan antara lain :

  • Bunga kol F1 Aquina direkomendasikan untuk ditanam di dataran tinggi
  • Tanaman F1 Aquina vigor dan toleran panas
  • Tanaman tahan terhadap serangan busuk hitam dan embun bulu
  • Umur panen sekitar 60-65 HST
  • Bunga kol Aquina memiliki krop padat
  • Berat bunga kol F1 Aquina 1,3 kg/krop dengan potensi hasil 25-30 ton/ha

Krop yang padat dan tertutup sempurna menjadikan bunga kol F1 Aquina tidak mudah rusak dan disenangi pasar. Potensi hasilnya pun juga tinggi dan tahan terhadap serangan penyakit sehingga menjadikan bunga kol Aquina ini sebagai idola petani terutama petani di dataran tinggi.

Bunga Kol F1 Aquina Idola Petani Dataran Tinggi dari Panah Merah bisa didapatkan benihnya di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 November 2016 in Benih

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: