RSS

PELUANG MENGGIURKAN BUDIDAYA BAWANG DAUN FREDA DAN FRAGRANT

09 Nov

freda dan fragrant, bawang daun, benih, benih bawang daun, known you seed, bawang daun freda, bawang daun fragrantBawang daun/daun bawang atau bisa dikenal dengan sebutan bawang prei ini termasuk salah satu jenis sayuran yang sangat laris di pasaran. Bagaimana tidak, setiap hari keberadaannya selalu diburu masyarakat untuk dikonsumsi. Bawang daun memiliki rasa yang khas sehingga tak heran jika masyarakat banyak menggunakannya sebagai penyedap masakan. Seperti yang kita ketahui beberapa makanan khas Indonesia seperti soto, martabak telor, bakso, lumpia, telor dadar, sop, cap jay, dll menggunakan bumbu bawang daun sebagai penyedapnya. Bawang daun memang tak bisa lepas dari kebiasaan masak orang Indonesia mulai dari masakan rumah hingga hotel dan restoran sangat mudah kita temui masakan yang menggunakan bawang daun. Maka tak heran jika hal ini menyebabkan permintaan bawang daun sangat tinggi di pasaran dan memberi peluang besar bagi petani untuk membudidayakannya.

CARA BUDIDAYA BAWANG DAUN

1.Pembenih

Pembenihan bawang daun dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui umbi dan biji bawang daun. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal alangkah baiknya pembenihan dilakukan melalui biji. Benih bawang daun dari biji sekarang ini mudah kita dapatkan di toko-toko pertanian dalam bentuk kemasan yang ekonomis seperti benih bawang daun Freda dan Fragrant dari Known You Seed. Berikut tahapan dari pembenihan bawang daun dari biji :

  • Siapkan lokasi persemaian (bedengan dengan lebar 100-120 cm)
  • Tanah bedengan digemburkan dengan kedalaman lapisan 30 cm, masukkan pupuk kandang sebanyak 10 kg, kapur pertanian 3 kg, dan pupuk NPK 0,5 kg. Aduk secara merata. Sebaiknya bedengan yang sudah jadi dijemur terlebih dulu selama 7 hari.arashi, obat anti jamur, fungisida, harga murah, grosir, agen
  • Setelah itu, buat larikan pada bedangan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larikan 10 cm.
  • Taburkan benih, lalu tutup tempat persemaian dengan karung goni basah atau daun pisang. Jangan dibuka! tunggu sampai benih berkecambah baru buka penutup bedengan tersebut.
  • Lakukan penyiraman setiap hari pada benih yang sudah berkecambah. Setelah berumur 1 bulan, bibit bawang daun disarankan untuk disemprot dengan pupuk daun 0,5 gram/liter dan pemberian obat fungisida arashi 0,5 gram/liter campur dengan air lalu semprotkan ke bibit
  • Pada saat bibit sudah berumur 2 bulan ditandai dengan ketinggian tanaman 10-15 cm, bibit sudah dapat pindah tanam di lahan yang sudah disiapkan.

2.Persiapan lahan tanam dan cara penanaman

  • Buat bedengan dengan ketinggian 30 – 40 cm, lebar 0,6 – 1 meter, dan jarak antar bedengan 20 – 30 cm
  • Lakukan pemupukan dasar dengan menambahkan pupuk kandang 10 – 15 ton/ha di tengah bedengan lalu tutup dengan tanah kembali. Apabila pH tanah kurang dari 6,5 , maka lakukan pengapuran dengan memberi kapur pertanian/kapur dolomit sebanyak 1 – 2 ton/ha
  • Buat lubang tanam dengan kedalam 10 cm dan jarak antar lubang 20 cm. Kemudian masukkan bibit hasil persemaian di lubang tanam dan tutup kembali lubang dengan tanah.
  • Waktu penanaman terbaik adalah saat matahari tidak bersinar terik yaitu pada pagi dan sore hari

3.Perawatan

  • Lakukan penyiraman setiap hari pada bibit yang baru pindah tanam
  • Setelah berumur 2 minggu, frekuensi penyiraman dapat dikurangi 2 hari sekali
  • Lakukan penyiangan gulma secara rutin minimal 2 minggu sekali
  • Pemupukan susulan dapat dilakukan 3 kali setelah tanaman pindah tanam. Pemupukan pertama : (umur 7 hari setelah pindah tanam) dengan komposisi pupuk NPK 210 kg/ha, KCL 150 kg/ha dan furadan 7 – 10 kg/ha. Pemupukan kedua : (umur 21 hari setalah pindah tanam) komposisi pupuk NPK 175 kg/ha, KCL 100 kg/ha dan Zkplus 210 kg/ha. Dan aplikasi pemupukan ketiga yaitu pada umur 28 hari setelah pindah tanam dengan komposisi pupuk NPK 70 kg/ha dan Zkplus 240 kg/ha.
  • Bisa juga ditambahkan pupuk cair organik atau pupuk daun dengan cara disiramkan ke media tanam atau disemprotkan langsung secara merata ke daun. Cara ini dilakukan untuk mencegah timbulnya serangan hama dan penyakit pada bawang daun

4.Panen

  • Bawang daun sudah dapat dipanen pada umur 2,5 bulan setelah tanam
  • Tanaman bawang daun yang telah siap panen memiliki ciri-ciri jumlah anakan banyak maksimal 7-10 anakan dan beberapa daun telah menguning
  • Waktu panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk mengurangi transpirasi pada tanaman
  • Bersihkan hasil panenan dari tanah yang menempel dan cuci bersih dengan air mengalir/disemprotkan
  • Lakukan penyimpanan hasil panen bawang daun pada suhu 0,8 – 1,4° C dengan tujuan untuk menekan penguapan dan kehilangan bobot sehingga bawang daun tetap segar ketika dipasarkan.

bawang daun freda, freda, benih, benih bawang daun, known you seed jual benih, murah, harga grosir, tahan penyakit, dataran tinggiBenih bawang daun unggulan yang saat ini menjadi idola petani adalah bawang daun Freda dan bawang daun Fragrant dari Known You Seed. Kedua benih bawang daun ini memiliki karakteristik unggulan yang sama yaitu pertumbuhan kuat, kokoh, dan seragam; tahan penyakit; tidak cepat berbunga; waktu semai hingga panen 130 hari dan tinggi tanaman mencapai 60 cm. Hanya saja hal yang menjadi pembeda dari kedua bawang daun ini ialah daya/tempat adaptasinya. Bawang daun Freda cocok beradaptasi di wilayah dataran tinggi dan tahan suhu dingin antara 15 – 28° C sedangkan Bawang daun Fragrant cocok beradaptasi di wilayah dataran rendah dan tahan suhu panas, kering, dan lembab. Pembedaan tempat adaptasi dari kedua jenis bawang daun tersebut tentu sangat memudahkan semua petani yang ingin memulai bisnis budidaya bawang daun baik yang di dataran rendah ataupun di dataran tinggi dengan memilih benih yang sesuai.

PELUANG PASAR BAWANG DAUN

Peluang pasar bawang daun Freda dan Fragrant dari Known You Seed sangatlah menjanjikan. Kedua jenis bawang daun tersebut mudah dalam cara penanaman dan perawatannya. Tidak membutuhkan pupuk dalam jumlah banyak dan biaya produksi yang rendah. Namun hasil panen yang diperoleh sangat bernilai ekonomis dan mudah diserap pasar. Potensi pasar yang luas dan besar membuat peluang usaha budidaya bawang daun berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar pula bagi petani.

Budidaya bawang daun Freda dan bawang daun Fragrant memang sangatlah menggiurkan. Kedua bawang daun ini memiliki potensi hasil yang sangat besar. Hasil panen per bawang daun fragrant, fragrant, benih, benih bawang daun, tahan penyakit, dataran rendah, jual benih, murah, harga grosir, satuan luas pun cukup tinggi. Jika kebutuhan benih untuk budidaya Freda dan Fragrant per hektar sekitar 1400 gram/ha dengan berat rata-rata 300 gram/tanaman setidaknya akan didapat hasil panen sekitar 84 ton/ha. Kemudian mari kita kalkulasi dengan harga di pasar. Apabila harga bawang daun di pasar saat baik mencapai rata-rata Rp 10.000/kg nya. Dengan potensi hasil bawang daun Freda dan Fragrant, maka satu hektar lahan bisa meraup omzet sedikitnya sekitar Rp 840 juta. Padahal untuk budidaya bawang daun, biaya produksi yang dikeluarkan petani cukup rendah. Untuk pembelian benih perhektarnya saja hanya dibutuhkan biaya kurang lebih Rp 5 jutaan ditambah biaya lain-lain termasuk biaya tenaga kerja, perawatan, dan pendistribusian kurang lebih sekitar Rp 20 juta. Jadi modal keseluruhan untuk budidaya kurang lebih sekitar Rp 25 juta dan sekarang coba bandingkan dengan keuntungan yang didapat? tentu sangat mengiurkan bukan?

Bagi petani yang mau untung besar, ayo segera mulai budidaya bawang daun dengan benih bawang daun Freda dan Fragrant. Budidaya bawang daun dengan biji/benih kemasan seperti Freda dan Fragrant lebih menguntungkan daripada menggunakan umbi. Benih bawang daun kemasan memiliki harga yang murah dan tersedia dalam ribuan calon tanaman dalam kemasan. Sedangkan melalui umbi, cara budidaya akan membutuh waktu lama karena kita harus menyotir umbi mana yang baik untuk dijadikan benih dan hanya tersedia dalam kebutuhan benih yang sedikit. Akan tetapi dengan hadirnya benih bawang daun kemasan Freda dan Frangrant dari Known You Seed, petani jadi lebih dimudahkan. Benih tinggal ditanam dan tak lupa harus diberi perawatan yang baik dan benar sesuai cara budidaya bawang daun di atas. Dengan begitu hasil panen yang diperoleh pun akan maksimal dan menghasilkan keuntungan besar.

Demikian ulasan tentang Peluang Menggiurkan Budidaya Bawang Daun Freda dan Fragrant. Benih Bawang Daun Freda dan Bawang Daun Fragrant dari Known You Seed tersedia dalam kemasan 10 gram/sachet, apabila berminat benih bawang daun ini bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim seluruh pesanan Anda dimana pun termasuk ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 November 2016 in Benih, Budidaya, Peluang budidaya

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: